2011

Tim Microteaching Pend.Biologi_DIK_A_08 1. Hermaulina Hutagaol 2. Meiliisa Aritonang 3. Daniel Manahan 4. Era Erhasil 5. Erlin Sihite 6. Oktavia 7. Novita Arishandy 8. Dika Imara 9. Sony Lamhot 10. Mulyadi

PERANGKAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BIOLOGI SEKOLAH MENENGAH ATAS

FUNGI
Contoh dikembangkan berdasarkan Permendiknas No. 41 tahun 2007 dan berbasis pendidikan karakter

Perangkat RPP Biologi: Fungi

1

Kunci LKS 1. Membandingkan Fungi dengan makhluk hidup lainnya 3. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup KD : 2.Ciri-ciri jamur meliputi: y Ciri struktur y Cara hidup 2.4 Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis-jenis jamur berdasarkan hasil pengamatan. dan kajian literatur serta peranannya bagi kehidupan Penilaian Teknik Tes Tes Bentuk Instrumen Tes Tulis Tes Tulis Contoh Instrumen LP-1 LP-1 Materi Pembelajaran 1. 2. Proses produksi yang memanfaatkan jamur Kegiatan pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Produk Alokasi Waktu Sumber Belajar o Melalui gambar-gambar pada Slide Power Point dan macro media flash melakukan diskusi dan tanya jawab untuk mengamati cirri-ciri jamur secara umum o Berdasarkan LKS 1. Mendeskripsikan ciri-ciri Fungi 2.Macam-macam spora yang dihasilkan jamur meliputi: y Spora aseksual y Spora seksual 3. merencanakan dan melakukan eksperimen untuk mengetahui jenis jamur o Membuat laporan hasil eksperimen secara berkelompok. LKS 2: Fermentasi Tes Tes Tulis LP-1 bahan makanan dengan jamur 3. 1. Peranan jamur bagi manusia 5. Menyelidiki Fungi yang hidup disekitar kita 4 x 45¶ 1. LP 2: Proses + Kunci 2 . Klasifikasi jamur 4. Mengenali Fungi berdasarkan ciri morfologinya 4.Perangkat RPP Biologi: Fungi SILABUS Nama Sekolah Kelas/Semester Mata pelajaran SK : SMA Negri 1 Medan : X/1 : Biologi : 2. LP 1: Produk + Kunci Tes Asesmen Kinerja Proses LP-2 5. LKS 1: Mengamati jenis jamur 2. percobaan. Memberikan contoh peranan Fungi bagi kehidupan Proses 5. Tes Tes Tulis LP-1 4.

Afektif: Karakter Menunjukkan perilaku berkarakter. tanggung jawab.Perangkat RPP Biologi: Fungi Materi Pembelajaran Kegiatan pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen Alokasi Waktu Sumber Belajar o Berdasarkan LKS 2. peduli. komunikasi 10. Melakukan pengamatan jamur menggunakan mikroskop dan kaca pembesar 6. Tabel Spesifikasi Lembar Penilaian Keterampilan Sosial Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial. meliputi : Teliti. Silabus Pengamatan Keterampilan Sosial LP-5 3 . terbuka dan menghargai pendapat teman 7. LP 4: Pengamatan Pengam atan Pengamatan perilaku berkarakter LP-4 Perilaku Berkarakter 8. meliputi: Bertanya. LP 3: Psikom otor Tes Assesmen Kinerja Psikomotor LP-3 + RTK o Selain itu. dalam kegiatan belajar mengajar diupayakan memberikan pengalaman belajar kepada siswa agar siswa mampu mengembangkan karakter dan keterampilan sosialnya yang terintegrasi selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. menyumbang ide Pengam atau pendapat. membuat fermentasi bahan makanan dengan jamur o Melalui gambar-gambar pada Slide Power Point dan Macro media Flash melakukan diskusi dan tanya jawab untuk menemukan klasifikasi jamur dan peranannya Psikomotor 6. LP 5: Pengamatan Keterampilan Sosial 9. jujur. bekerja sama. menjadi atan pendengar yang baik.

komunikasi. Mendeskripsikan ciri-ciri fungi 2. Produk 1. Melakukan pengamatan fungi yang ada di air kolam dengan mikroskop dan kaca pembesar Afektif: a. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup : SMA NEGERI 1 MEDAN : X/1 : Biologi : 4 x 45 Menit Kompetensi Dasar 2. A. meliputi Teliti. 2. Karakter Menunjukan perilaku berkarakter. Siswa mampu membandingkan Fungi dengan makhluk hidup lainnya secara mandiri sesuai dengan deskripsi yang ada pada kunci LP produk.Perangkat RPP Biologi: Fungi RPP Biologi SMA: Fungi Sekolah Kelas/Semester Mata Pelajaran Waktu Standar Kompetensi 2. Proses 5. percobaan. tanggung jawab. Tujuan Pembelajaran Kognitif a. menyumbang ide atau pendapat. Keterampilan Sosial Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial. bekerja sama. Membandingkan fungi dengan makhluk hidup lainnya 3. meliputi: Bertanya. terbuka dan menghargai pendapat teman b. jujur. Mengenali fungi berdasarkan ciri morfologinya 4. menjadi pendengar yang baik. peduli.4 Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis-jenis jamur berdasarkan hasil pengamatan. Menyelidiki fungi yang hidup di sekitar lingkungan Psikomotor 6. Siswa mampu mendeskripsikan ciri-ciri kingdom Fungi secara mandiri sesuai deskripsi yang ada pada kunci LP produk. dan kajian literatur serta peranannya bagi kehidupan Indikator Kognitif: a. Memberikan contoh peranan fungi bagi kehidupan b. Produk 1. .

meliputi: Teliti. b. Ciri-ciri jamur meliputi: Ciri struktur dan Cara hidup Macam-macam spora yang dihasilkan jamur meliputi: Spora aseksual Spora seksual Klasifikasi jamur Peranan jamur bagi manusia Proses produksi yang memanfaatkan jamur Materi pembelajaran secara rinci terlampir C. peduli. tabel pengamatan. 2. terbuka dan menghargai pendapat teman sesuai dengan lembar pengamatan perilaku berkarakter. Siswa mampu memberi contoh peranan Fungi dalam kehidupan secara mandiri sesuai dengan deskripsi yang ada pada kunci LP produk. Diberikan mikroskop dan perlengkapannya. Afektif a. variabel respon. bekerja sama.melaksanakan eksperimen. definisi operasional variabel respon. menyumbang ide atau pendapat. analisis. tanggung jawab. Diberikan alat dan bahan dan LKS 1 SMA. Model: Pembelajaran Kooperatif (MPK) 2. Model Pembelajaran: 1. Psikomotor 6. Karakter: Selama proses pembelajaran siswa terlibat dan dapat menunjukkan kemajuan dalam perilaku berkarakter. 3. komunikasi sesuai dengan lembar pengamatan keterampilan sosial. meliputi: bertanya. siswa dapat merancang dan melakukan eksperimen untuk menyelidiki Fungi yang terdapat di air kolam (Rumusan masalah. Proses 5. jujur. 4. variabel manipulasi. b. menjadi pendengar yang baik. definisi operasional varaibel manipulasi. B. 4. Siswa mampu mengenali Fungi berdasarkan ciri morfologinya secara mandiri sesuai dengan deskripsi yang ada pada kunci LP produk. kesimpulan). Metode: diskusi dan tanya jawab .Perangkat RPP Biologi: Fungi 3. Materi Pembelajaran: 1. 5. siswa mampu menggunakan mikroskop dan kaca pembesar untuk mengamati Fungi yang hidup di disekitar lingkungan sesuai dengan rincian tugas kinerja yang ditentukan. Keterampilan sosial: Selama proses pembelajaran siswa terlibat dan dapat menunjukkan kemajuan dalam keterampilan sosial. hipotesis. variabel control. skema.

Penilaian oleh Pengamat 1 2 3 4 Penilaian oleh Pengamat 1 2 3 4 . ) memfasilitasi siswa dalam membedakan klasifikasi Fungi . siswa menyumbang ide atau pendapat. guru membimbing siswa untuk peduli dengan cara membantu teman yang membutuhkan dengan menunjuk beberapa siswa untuk membantu guru membagikan LKS 1 (Fase 3 MPK: Pengelompokkan peserta didik). Selanjutnya membagikan LKS 1 kepada tiap kelompok. menyajikan informasi berupa rumusan masalah dengan mengacu pada LKS 1 tentang Mengamati jenis jamur (Fase 2 MPK: Penyampaian Informasi) Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok kooperatif. Diharapkan selama diskusi dan tanya jawab tersebut. Ketika guru menunjukkan berbagai gambar tersebut. serta tidak mencela pendapat teman dengan kasar. Langkah-langkah kegiatan Pertemuan Pertama (2 x 45 menit) Untuk Tujuan Pembelajaran No: 1. Media Macro Flash 1. dan tujuan afektif Pembukaan (+ 5 menit) Kegiatan Memotivasi siswa dengan menunjukkan beberapa contoh Fungi yang berperan dalam kehidupan sehari-hari. psikomotor dan afektif (Fase 1 MPK: menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa) Inti (+ 80 menit) Kegiatan Penggalan 1 Dengan tanya jawab dan diskusi menggunakan gambar-gambar (Slide 1. sementara siswa lain mendengarkan pendapat temannya dan terbuka ketika mendengarkan pendapat teman. 6. misalnya: menunjukkan gambar Fungi yang hidup di air kolam. Selanjutnya. Ketika mendistribusikan LKS. setiap kelompok terdiri dari 2 ± 3 siswa. 2. guru memulai diskusi dengan menanyakan kepada siswa ³Apakah Fungi termasuk tumbuhan atau tidak ?´ dan pertanyaan-pertanyaan pengarah sejenis lainnya. 2.Perangkat RPP Biologi: Fungi D. 5. Tanya jawab dan diskusi digunakan untuk mengarahkan siswa kepada tujuan pembelajaran yang meliputi kognitif.

untuk memantapkan pemahaman. perlu juga untuk memberikan pengalaman belajar agar yang pandai membantu teman yang membutuhkan bantuan (Fase 4 MPK) Meminta setiap kelompok menunjukkan kreativitasnya dan berfikir logis dalam merumuskan definisi operasional tersebut. Bila ada siswa yang menunjukkan karakter tidak peduli.Perangkat RPP Biologi: Fungi Membimbing siswa merumuskan hipotesis atas rumusan masalah yang telah diberikan di LKS 1 dengan cara meminta siswa jujur mengatakan apa adanya bila belum dapat merumuskan hipotesis dan meminta siswa yang pandai untuk peduli dengan cara membantu teman yang membutuhkan bantuan (Fase 4 MPK: Pembimbingan) Membimbing siswa mengidentifikasi variabel manipulasi. Guru perlu menekankan perlunya siswa secara jujur dengan mengatakan apa adanya ketika mereka belum memahami. memberikan suatu rumusan hipotesis lain dan menunjuk siswa untuk menyumbang ide dan meminta siswa lain menjadi pendengar yang baik saat temannya menyampaikan idenya tentang variabel yang sudah diidentifikasi. Selanjutnya. bekerja sama dan ikut bertanggung jawab atas terselesaikannya tugas itu. Siswa yang menunjukkan toleransi terhadap perbedaan segera diberi pujian sebagai umpan balik agar karakter ini diikuti siswa lain. Selain itu. Siswa yang mencela ide teman secara tidak santun segera diingatkan agar tidak ditiru temannya (Fase 5 dan 6 MPK). Guru perlu menekankan perlunya ketelitian dan kejujuran . Penggalan 3 Membimbing kelompok mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan dalam melaksanakan eksperimen sesuai prosedur yang tertulis di LKS 1 dan membimbing siswa melakukan pengisian terhadap tabel pengamatan. variabel respon. tidak bekerja sama segera diingatkan (Fase 4 MPK). dan variabel kontrol. tidak teliti atau menunjukkan karakter tidak bertanggung jawab. dengan cara memberikan contoh terlebih dahulu bagaimana cara mengidentifikasi variabel berdasarkan LKS 1. Penggalan 2 Membimbing siswa merumuskan definisi operasional variabel manipulasi dan variabel respon dengan cara memberi contoh terlebih dahulu dengan mengacu pada Kunci LKS 1. Setiap siswa didorong untuk peduli. (Fase 4 MPK) Melakukan evaluasi formatif dengan cara meminta satu-dua kelompok untuk secara bergiliran bertanggung jawab dan melakukan yang terbaik untuk mengkomunikasikan hasil kelompoknya dengan mempresentasikan kinerjanya dan ditanggapi kelompok lain. (Fase 4 MPK).

menghargai ketika terdapat perbedaan pendapat serta belajar bertoleransi (Fase 4. Penggalan 6 Membimbing kelompok menarik kesimpulan dengan mengacu pada LKS 1. Penggalan 5 Membimbing kelompok melakukan analisis dengan mengacu pada LKS 1. Siswa perlu diingatkan agar tetap mengutamakan toleransi (keterbukaan) saat ada perbedaan pendapat dalam menarik kesimpulan. (Fase 6 MPK: Reward)) . Ditekankan perlunya kerjasama. (Fase 5 MPK) Memberikan penghargaan kepada individu dan kelompok yang berkinerja baik dan amat baik dalam kegiatan belajar mengajar tersebut. (Fase 4 MPK) Melakukan evaluasi formatif dengan cara meminta satu-dua kelompok mempresentasikan kinerjanya dan ditanggapi kelompok lain.Perangkat RPP Biologi: Fungi dalam melakukan pengamatan dengan mencatat hasil pengamatan apa adanya di dalam tabel. terbuka dan mendengarkan ide teman dalam tugas analisis ini (Fase 4 MPK). Penggalan 4 Membimbing siswa membuat skema klasifikasi Fungi Melakukan evaluasi formatif dengan cara meminta satu-dua kelompok mempresentasikan skemanya dan mengkomunikasikan pekerjaannya kepada kelas dengan melakukan yang terbaik untuk memberi kemudahan guru melakukan evaluasi formatif dan memberi kesempatan siswa lain untuk belajar menjadi pendengar yang baik. Satu-dua kelompok diminta mengisi menjawab pertanyaan sebagai upaya untuk mengorganisasikan data di papan tulis dan mengkomunikasikan pekerjaannya kepada kelas dengan melakukan yang terbaik dan jujur dengan mengatakan apa adanya untuk memberi kemudahan guru melakukan pembimbingan dan melakukan evaluasi formatif dan memberi kesempatan siswa lain untuk belajar menjadi pendengar yang baik. 5 MPK). Guru meminta siswa untuk bertanggung jawab terhadap kebersihan tempat kerja yang harus tetap dijaga setelah bekerja dalam kelompok (Fase 4 MPK). Melakukan evaluasi formatif dengan cara meminta satu-dua kelompok mempresentasikan hasil analisisnya dan mengkomunikasikan pekerjaannya kepada kelas untuk memberi kemudahan guru melakukan evaluasi formatif dan memberi kesempatan siswa lain untuk belajar menjadi pendengar yang baik. menghargai ketika terdapat perbedaan pendapat serta belajar bertoleransi (Fase 4. menghargai ketika terdapat perbedaan pendapat (Fase 4. 5 MPK). dan Fase 5 MPK: Evaluasi formatif).

Guru mereview tugas rumah siswa (Pengayaan LKS 2 SMA) dengan meminta dua orang wakil siswa untuk mengkomunikasikan hasil terbaiknya untuk mengenai daur hidup Fungi mirip jamur. bersifat terbuka dan tidak mencela Penilaian oleh Pengamat 1 2 3 4 . Sebagai pengayaan. Diharapkan siswa menyumbang ide atau pendapat. merangkum tentang ciri-ciri Fungi dan klasifikasi fungi dengan bantuan Media Slide Power Point dan Media Macro Flash. serta tidak mencela pendapat teman dengan kasar. siswa diminta mengerjakan kegiatan secara mandiri di luar jam pelajaran LKS 2 untuk memberikan latihan lanjutan tentang daur hidup Fungi Keterangan bagi pengamat dalam menilai 1: tidak dilakukan sama sekali (tidak baik) 2: dilakukan sebagian kecil (kurang baik) 3: dilakukan sebagian sesuai prosedur (cukup baik) 4: dilakukan sesuai prosedur (baik) Penilaian oleh Pengamat 1 2 3 4 Pertemuan Kedua (2 x 45 menit) Untuk tujuan pembelajaran 3.Perangkat RPP Biologi: Fungi Penutup (+ 5 menit) Kegiatan Membimbing siswa. sehingga siswa dapat mengetahui reproduksi dari Fungi. Memberikan tugas rumah berupa laporan eksperimen yang sudah dikerjakan berdasarkan LKS 1. Guru mengarahkan jalannya review tugas dengan memberikan penghargaan terhadap sumbangan ide/jawaban siswa yang terbagus. Guru juga memberikan pujian terhadap siswa yang mampu mendengarkan pendapat temannya dengan baik. 4. dan tujuan afektif Pembukaan (+ 15 menit) Kegiatan Guru mengingatkan materi sebelumnya tentang langkah-langkah yang digunakan ketika melakukan eksperimen untuk mengetahui cirri umum Fungi dan peranannya. sementara siswa lain menghargai pendapat temannya dan terbuka ketika mendengarkan pendapat teman.

Memotivasi siswa dengan memberikan pertanyaan seperti ³Fungi sejati sama dengan tumbuhan ?´ . psikomotor. Selanjutnya dikomunikasikan tujuan yang mencakup produk. Macro flash 1 dan 2 ). Selain itu guru juga selalu mendorong siswa untuk mengkomunikasikan hasil terbaiknya ketika menyumbang ide atau berpendapat. Melalui gambar animasi Fungi dan daur hidupnya (Media Flash 3 dan 4) dan gambar-gambar tentang daur hidupnya (Slide 1) memberikan bimbingan lanjutan tentang daur hidupnya dan perannya dalam kehidupan kehidupan sehari-hari dengan metode tanya jawab dan diskusi (Fase 2 MPK). guru juga memberikan pengalaman belajar untuk membentuk afektif siswa dengan menekankan perlunya siswa bersikap jujur dengan mengatakan apa adanya ketika belum memahami. sementara siswa lain harus mendengarkan pendapat temannya dan bersikap terbuka ketika mendengarkan pendapat teman. keterampilan sosial dan karakter yang akan dicapai melalui pembelajaran (Fase 1 MPK).Perangkat RPP Biologi: Fungi pendapat temannya (Fase 1 MPK). dan menghimbau siswa lain untuk peduli dan terbuka terhadap jawaban siswa lain. Guru mengarahkan jawaban siswa dengan analogi jamur dengan tumbuhan. Penilaian oleh Pengamat 1 2 3 4 . proses. serta tidak mencela pendapat teman dengan kasar. Ketika proses tanya jawab dan diskusi dalam upaya untuk menemukan konsep. Inti (+ 70 menit) Kegiatan Melalui tanya jawab dan diskusi mengarahkan siswa untuk menemukan dan memahami cirri umum Fungi dan perannya dalam kehidupan melalui gambar-gambar (Slide 1.

Taylor. Rincian Tugas Kinerja LP 3 8. Buku Siswa: Syamsuri. Fosbery. D.. W. LKS 1: Pengamatan jenis jamur LKS 2: Fermentasi makanan dengan jamur Kunci LKS 1. LP 2: proses. Boston: Allyn & Bacon. 53-63. R. Kunci LP 2. Silabus 9. 4. 2006. Depdiknas: Jakarta . D. LP 5: Pengamatan Keterampilan Sosial 7. Keterangan bagi pengamat dalam menilai 1: tidak dilakukan sama sekali (tidak baik) 2: dilakukan sebagian kecil (kurang baik) 3: dilakukan sebagian sesuai prosedur (cukup baik) 4: dilakukan sesuai prosedur (baik) Catatan: Evaluasi dilakukan pada jam tersendiri dengan menggunakan format LP1: Produk. Istamar. Kunci LKS 2. Kunci LP 1. Johnson. LP 3: Psikomotor. Sumber Pembelajaran 1. T. LP 4: Pengamatan Perilaku Berkarakter. 2007. Slide 1 10.Perangkat RPP Biologi: Fungi Penutup (+ 5 menit) Kegiatan Guru membimbing siswa untuk merangkum tentang apa yang sudah diperoleh dalam pembelajaran terkait dengan klasifikasi dan peranan Fungi dalam kehidupan Tugas pengayaan di rumah: Membuat Presentasi dalam bentuk Power Point dengan bahan/informasi dari internet. 3. Tabel Spesifikasi LP 1: Produk. M. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Cambridge: Cambridge University Press. pp.. 5. dkk. A Manageable and Cooperative Process. Biologi untuk SMA kelas X semester 1. Depdiknas. 6. 2007. Gregory. & Johnson. Media Flash 1. dan 2 Daftar Pustaka Jones. Meaningful Assessment. LP 2: Proses. LP 3: Psikomotor. Penilaian oleh Pengamat 1 2 3 4 E. Jakarta: Penerbit Erlangga 2. 2002.. LP 4: Lembar pengamatan karakter dan LP 5: Lembar pengamatan keterampilan sosial. et al. J. R. Biology As-A Level.

Menyelidiki Fungi yang ada di lingkungan sekitar Psikomotor 6. 6. 8.8. dan 11 Butir 10 Dipercayakan kepada judgement Penilai/Guru Dipercayakan kepada judgement Penilai/Guru Seluruh RTK itu minimal memperoleh penilaian Menunjukkan kemajuan dan dipercayakan kepada judgement Penilai/Guru. Seluruh RTK itu minimal memperoleh penilaian Menunjukkan kemajuan dan dipercayakan kepada judgement Penilai/Guru. 7 Butir 4. 4 .9 Butir 5. dan 10 LP 4 Karakter: RTK 1.Perangkat RPP Biologi: Fungi Tabel Spesifikasi Penilaian Indikator Produk 1. 4. 5. . 2. komunikasi LP 5 Keterampilan Sosial: RTK 1.2. bekerja sama. 9 dan 10 LP 3 Psikomotor: RTK 1. terbuka dan menghargai pendapat teman LP dan Butir Soal LP 1 Produk Butir 1. 9. 6. 7. 9. 6. 5. 6. 6. tanggung jawab.3 Butir 4. 2. 3. 5.3 Kunci LP dan Butir Soal Kunci LP 1 Produk Butir 1. 4. 3. Membandingkan Fungi dengan makhluk hidup lainnya 3. Melakukan pengamatan Fungi dengan menggunakan mikroskopdan kaca pembesar Karakter: Jujur. 7. Memberikan contoh peranan Fungi bagi kehidupan Proses 5. 3.. 7. 9 Butir 5. 3. peduli. Mengenali Fungi berdasarkan ciri morfologinya 4. 8. Mendeskripsikan ciri-ciri Fungi 2. 4.2.8. 10.7 Butir 10 LP 2 Proses: RTK 1. Keterampilan Sosial Bertanya. 2. 2. menyumbang ide atau berpendapat. menjadi pendengar yang baik. 8.

a. Jamur dalam klasifikasi dua kingdom dimasukkan dalam dunia tumbuhan. a. a. Hal ini disebabkan karena jamur dan tumbuhan memiliki kesamaan dalam hal berikut ini. kecuali«. Bagian tubuh jamur yang berfungsi untuk menyerap makanan adalah«. spora 5. glukan 4. ada yang memiliki pigmen warna 2. kitin b. polifosfat d. miselium vegetatif d. a. septum c. eukariot b.. hifa senotik b. spora b. memiliki klorofil c.. Dinding sel jamur sebagian besar tersusun atas«. ion-ion anorganik c. miselium generatif c. tidak bisa bergerak aktif d.Perangkat RPP Biologi: Fungi LEMBAR PENILAIAN 1: PRODUK A. memiliki membran sel c.. Hifa jamur yang bercabang-cabang membentuk«. Pilihan Ganda Pilihlah salah satu jawaban dengan memberikan tanda silang (X) pada pilihan jawaban yang paling benar ! 1. miselium d. memiliki dinding sel d. bersifat heterotrof e. houstorium e. Berikut ini adalah ciri-ciri jamur. tubuh buah . memiliki dinding sel b. kecuali«. a. lipid e. memperoleh makanan secara autotrof e... eukariot 3.

sporangiospora b. zoospora b. mensekresikan enzim hingga makanan rusak d.. a. Rhizopus stolonifer ± zigospora b. blastospora e. bersimbiosis dengan organisme lain 7. membusukkan materi organik b. a.. sakospora . a. Sacaromyces cereviceae ± askospora d. hubungan yang tidak benar adalah«. Gambar tersebut adalah struktur yang akan menghasilkan«. mikoriza c. hifa d. berikut ini hubungan antara jenis jamur dan spora seksual yang dihasilkan. zoospora 10.Perangkat RPP Biologi: Fungi e. basidiospora c. spora 8. a. bersifat parasit pada tumbuhan atau hewan c. sporangiospora c. Auricularia politricha ± basidiospora 9. konidiospora d.. Perhatikan gambar struktur jamur berikut. septum 6. lumut kerak b. a. zigospora e. Jamur dikelompokkan menjadi tiga divisi berdasarkan spora seksual yang dihasilkan. konidiospora d. Spora aseksual pada jamur Basidiomycota adalah«.. miselium e. hubugan mutualistik antara jamur dengan akar tanaman membentuk«. Puccinia graminis ± askospora e. menyebar tosin hingga makanan beracun e. Jamur memperoleh nutrisi dengan cara sebagai berikut. kecuali«.. Mucor mucedo ± zigospora c.

B D A C C D B D C 10. 5. 2. E . 9. 3. 8. 6.Perangkat RPP Biologi: Fungi KUNCI LEMBAR PENILAIAN : 1 1. 7. 4.

dan rancangan tabel data. Definisi operasional variabel manipulasi ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------f. dan variabel kontrol. Definisi operasional variabel respon ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------g. Variabel respon ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------d. Dalam rancangan eksperimen Anda. Hipotesis ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------b. Variabel manipulasi ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------c. identifikasi variabel meliputi variabel manipulasi. Rancang eksperimen untuk menjawab pertanyaan : ´ Bagaimana Apakah jenis bakteri pada apel berpengaruhi terhadap pembusukan pada apel busuk ?´.Perangkat RPP Biologi: Fungi LEMBAR PENILAIAN 2 : PROSES 1. definisi operasional variabel manipulasi dan respon. rincian meliputi hipotesis. variabel respon. Variabel kontrol --------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------e. Prosedur: ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- . Jawab: a.

Laksanakan rancangan eksperimen yang sudah kamu tentukan.Apakah hipotesis yang sudah ditentukan diterima? ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------Rumuskan kesimpulan yang kamu peroleh. k. j. ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- . Rancangan tabel data: i.Perangkat RPP Biologi: Fungi ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------h. Buatlah grafik yang menyatakan hubungan antara konsentrasi gula (pada sumbu X) dan panjang potongan jaringan mentimun (pada sumbu Y). Kesimpulan: . selanjutnya isikan pada tabel data.

Guru 2011 Siswa ( ) ( ) . 2. Siswa diijinkan mengases kinerja mereka sendiri dengan menggunakan format ini. «««««««. 3. Format Asesmen Kinerja Proses Skor Rincian Tugas Kinerja Maksimum Skor Asesmen Oleh Oleh siswa Guru sendiri No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Merumuskan hipotesis Mengidentifikasi variabel kontrol Mengidentifikasi variabel manipulasi Mengidentifikasi variabel respon Mendefinisikan secara operasional variabel manipulasi Mendefinisikan secara operasional variabel respon Menentukan prosedur penelitian Melaksanakan penelitian Mencatat seluruh hasil pengamatan dalam tabel data dan membuat grafik Menarik kesimpulan Skor Total 10 10 10 10 10 10 10 10 10 10 100 ««... Berikan format ini kepada siswa sebelum asesmen dilakukan. Penentuan skor kinerja siswa mengacu pada Format Asesmen Kinerja di bawah ini.Perangkat RPP Biologi: Fungi KUNCI LEMBAR PENILAIAN 2: PROSES Prosedur: 1.

Variabel manipulasi banyaknya jamur 3. Hipotesis: banyaknya (volume) karbol yang digunakan untuk membersihkan jamur yang hidup di bebatuan 2. Variabel respon jenis jamur dan koloninya 4. 5. begitu seterusnya. Prosedur: a. variabel respon.. menyemprotkan karbol yang 250 ml karbol kepada batu 1 dan 2. dan membaginya menjadi 25 ml. Rancangan tabel data dan kemungkinan data yang ada: No 1 2 3 Volume karbol 25 ml 50 ml 75 ml % jamur yang sisa %jamur yang sisa . Definisi operasional variabel respon banyaknya jamur yang akan dibersihkan 7. Dalam rancangan eksperimen Anda. definisi operasional variabel manipulasi dan respon. dan rancangan tabel data. amati yang terjadi. Variabel kontrol volume karbol. Menyiapkan 150 ml karbol. identifikasi variabel meliputi variabel manipulasi. jenis jamur yang tumbuh. 8. d. Jawab: 1. menyiapkan 6 koloni jamur yang hidup di bebatuan ( koloninya sedikit) satunya lagi banyak ) c. Definisi operasional variabel manipulasi volume karbol mempengaruhi eksistensi jamur 6. rincian meliputi hipotesis. dan variabel kontrol. 50 ml dan 75 ml karbol b.Perangkat RPP Biologi: Fungi Rancang eksperimen untuk menjawab pertanyaan: ³Apakah ada pengaruh banyaknya karbol yang digunakan untuk membersihkan jamur di bebatuan dengan eksistensi jamur?´.

karena jamur itu resisten terhadap karbol. Grafik dapat bervariasi. . masing-masing sumbu (baik X maupun Y) memiliki satuan 10. Kesimpulan volume karbol tidak mempengaruhi eksistensi jamur. Beberapa yang perlu diperhatikan adalah: a. tidak . medukung hipotesis.Perangkat RPP Biologi: Fungi 9. sumbu X menunjukkan volume karbol dan sumbu Y menunjukkan sisa jamur yang hilang b.

got dan jerami 2. Penentuan skor kinerja mengacu pada Format Asesmen Kinerja di bawah ini. Siswa diijinkan mengases kinerja mereka sendiri dengan menggunakan format ini. Dengan menggunakan pemutar halus (mikrometer) mengatur posisi preparat sehingga gambar sel tampak jelas. 4.Perangkat RPP Biologi: Fungi LEMBAR PENILAIAN 3: MENGGUNAKAN MIKROSKOP Petunjuk: 1. Memutar lensa objektif pada pembesaran lemah. Siapkan sebuah mikroskop dengkap dengan kaca benda dan kaca penutup serta air kolam. cermin dan diafragma pada posisi simpan (tidak digunakan) Skor Total 10 10 10 10 10 10 10 10 10 10 100 . Menggambar fungi yang diamati Mengatur posisi lensa objektif. Berikan format ini kepada siswa sebelum asesmen dilakukan. 3. Memutar pembesaran lemah ke pembesaran kuat. Menjepitkan kaca benda dengan penjepit. Dengan pemutar lensa kasar (makrometer) mengatur posisi preparat sehingga tampak sel epidermis dengan jelas. Format Asesmen Kinerja Psikomotor Skor Maksimum Skor Asesmen Oleh Oleh siswa Guru sendiri No Rincian Tugas Kinerja 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Membuka diafragma mikroskop Mengatur cermin untuk mendapatkan cahaya Meletakkan preparat pada meja benda.

D. Meaningful Assessment.Perangkat RPP Biologi: Fungi LP 4 : Format Pengamatan Perilaku Berkarakter Petunjuk: Untuk setiap perilaku berkarakter siswa diberi nilai dengan skala berikut ini: A = Sangat baik B = Memuaskan C = Menunjukkan kemajuan D = Memerlukan perbaikan Perilaku Berkarakter No. R. 2002. T. .. «««««««2011 Pengamat ( ) Sumber: Johnson. Nama Siswa NIS Ketelitian Kejujuran Peduli Komunikasi Kerja Sama Terbuka dan Menghargai Teman 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 ««. dan Johnson.. A Manageable and Cooperative Process. Boston: Allyn & Bacon.W.

NIS Menyumbang Siswa Bertanya Pendengar Ide/Pendapat yang Baik 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 Komunikasi ««. «««««««.Perangkat RPP Biologi: Fungi LP 5 : Format Pengamatan Keterampilan Sosial Petunjuk: Untuk setiap keterampilan sosial siswa diberi nilai dengan skala berikut ini: A = Sangat baik B = Memuaskan C = Menunjukkan kemajuan D = Memerlukan perbaikan Keterampilan Sosial Nama Menjadi No.... 2011 Pengamat ( ) .

Perangkat RPP Biologi: Fungi .