LAMPIRAN

y

Sejarah Oven Microwave :

Penggunaan frekuensi ultra tinggi/gelombang mikro untuk memanaskan material/bahan yang bersifat isolator sebenarnya telah mulai diujicoba pada tahun 1930, namun efeknya terhadap makanan ditemukan secara tidak sengaja pada tahun 1945. Adalah Percy Spencer seorang ilmuwan independen dari Amerika yang secara tidak sengaja menemukan hal tersebut. Ketika itu ia tengah bekerjasama dengan Raytheon untuk memproduksi magnetron bagi penggunaan radar. Magnetron adalah tabung vakum yang menghasilkan gelombang mikro lazim digunakan oleh perangkat radar untuk mendeteksi objek di angkasa. Kala itu Spencer tengah berdiri di hadapan perangkat radar yang berisi magnetron aktif. Lambat laun dia menyadari bahwa coklat (candybar) dalam kantongnya mulai meleleh akibat radiasi gelombang mikro dari magnetron tersebut. Spencer kemudian mulai melakukan eksperimen dengan popcorn dan telur. Eksperimen tersebut membuahkan hasil meski telur2 yang dicoba meledak ketika ³ditembak´ dengan gelombang mikro. Spencer kemudian membangun kotak dengan bahan metal untuk membungkus makanan tersebut ketika sedang proses penembakan oleh gelombang mikro. Dengan adanya kotak tersebut ternyata waktu yang dibutuhkan untuk mematangkan berbagai makanan menjadi jauh lebih singkat, hal ini karena temperatur dalam kotak meningkat drastis dengan tidak adanya kebocoran energi gelombang mikro. 8 Oktober 1945, Raytheon mempatenkan proses memasak dengan gelombang mikro hasil penemuan Percy Spencer dan metode tersebut langsung diujicoba untuk kalangan industri dengan memadukan oven biasa yang diberi gelombang mikro untuk proses memasak. Tahun 1947, Raytheon menciptakan Radarange, yaitu oven microwave pertama di dunia. Spesifikasi dan dimensi Radarange termasuk tidak lazim dibanding dengan oven saat ini, dapat dibayangkan Radarange memiliki tinggi 1.8 meter, dilengkapi dengan pendingin air, dan dijual bagi kalangan pengusaha dengan harga USD5000. Bukan itu saja, konsumsi listriknya pun termasuk fantastis yaitu 3000 watt, 3 x lipat dari oven microwave modern. Tahun 1954, Radarange diproduksi bagi kalangan umum/rumah tangga dengan harga USD2000-3000 dan dengan perkembangan teknologi magnetron, konsumsi listriknya turun menjadi 1600 watt. Tahun 1967 Raytheon bekerjasama dengan Amana Corp. memproduksi Radarange dengan model yang dapat diletakkan diatas meja dapur. Dengan semakin meluasnya penggunaan oven microwave dan penjualan lisensi oleh Raytheon pada pihak ketiga, maka harga penjualan oven microwave dapat diturunkan menjadi USD495.

L1

Litton juga mengembangkan teknologi baru pada magnetron oven sehingga oven dapat dihidupkan dalam kondisi tanpa beban (tanpa ada benda di dalam oven). o Masak makanan kecil. menutup makanan dengan penutup vented setiap kali memasak atau pemanasan ulang. o Untuk mencegah makanan dari mengering. Microwave (kata ini menjadi standar sejak medio 70-an) yang awalnya hanya diaplikasikan bagi industri skala besar. ini mungkin arus panas logam cukup panas untuk menyebabkan kebakaran. waktu kurang. hal ini didukung pula dengan masuknya teknologi mikroprosesor yang membuat penggunaan microwave pun semakin jauh lebih mudah. di bawah 2 inci diameter. Oleh karena itu. alhasil ketika model dan teknologi baru ini diperkenalkan pada khalayak melalui pameran kamar dagang dan industri di Chicago. Model inilah yang umum digunakan sampai saat ini. pertumbuhan oven microwave meningkat dengan pesat hingga mencapai angka penjualan 1 juta oven microwave pada tahun 1975. o Selalu gunakan lebih sedikit garam dan bumbu dari biasanya saat memasak dalam microwave. memasuki akhir tahun 70-an telah menjadi standar perlengkapan dapur rumah tangga. jumlah ini meningkat menjadi 25% pada tahun 1986 dan pada saat ini hampir 90% dapur rumah di AS telah dilengkapi dengan microwave. Pada tahun yang sama oven microwave juga masuk ke pasar Jepang dan oleh ilmuwan2 Jepang teknologi magnetron direkayasa sehingga dapat menghasilkan unit magnetron yang lebih baik menggunakan komponen yang jauh lebih murah. bukan ide yang baik untuk menggunakan kontainer logam dalam microwave. Ditambah dengan semakin banyaknya industri yang bergerak di bidang yang sama.Model oven microwave modern pertama kali diluncurkan oleh Litton Industries. alhasil harga penjualan microwave dapat lebih ditekan lagi. L2 . y Hal-hal yang penting dalam penggunaan oven microwave o Jangan menggunakan wadah logam di microwave? Microwave menyebabkan arus mengalir dalam logam. o Makanan benar-benar matang jika bagian bawah plat terasa hangat di tengah. hanya Litton yang bergerak di bidang bisnis restoran. Saat itu kebanyakan sistem oven microwave dibuat oleh perusahaan kontraktor di bidang pertahanan keamanan. karena panas menembus lebih cepat dari semua pihak. Pada tahun 1971 hanya 1% dapur rumah di AS menggunakan microwave. karena ini menarik keluar kelembaban dan akan tegar makanan. Tambahkan garam kemudian dalam proses memasak.

Oleh dinding cavity gelombang mikro dipantulkan kemudian melewati kontainer (wadah makanan) yang mempunyai kerugian dielektrik kecil (gelas. gelombang mikro yang memancar kesegala arah melalui antena dikumpulkan / disearahkan oleh wave guide menuju cavity. karena memasak makanan insidens lebih lambat dari makanan berpori.o Gunakan air kurang bila microwave. o Memasak makanan padat untuk lebih banyak waktu di microwave. Didalam wave guide. o Atur makanan dengan bagian-bagian paling tebal. o Aduk cairan secara berkala saat microwave. Gelombang mikro dari antena dikirimkan ke cavity yang terbuat dari logam melalui pemandu gelombang (wave guide) yang juga terbuat dari logam. ke tengah bagian hidangan dan pusat ke luar. dan aduk bagian luar. karena waktu memasak yang lebih pendek. y Pola Gelombang Mikro Pada Microwave Oven Pada Microwave Oven. karena mereka teruskan memasak selama beberapa menit setelah mereka dikeluarkan dari oven microwave. Spread satu porsi hidangan utama dalam lapisan bahkan di piring. Ini menyetarakan suhu seluruh makanan. dan sayuran besar di luar makanan piring dan cepat-untuk-panas yang lebih sedikit padat di tengah. osilator / magnetron memancarkan gelombang mikro ke segala arah melalui antena dalam bentuk garis lurus kemudian mengalami pemantulan. lilin handuk kertas atau kertas untuk mengarahkan panas kembali ke dalam makanan. keramik) dengan kehilangan energi yang sedikit. gelombang mikro berubah menjadi energy panas yang memasak makanan. Tetapi pada saat gelombang mikro mengenai bahan yang mempunyai kerugian dielektrik yang besar seperti makanan. o Pastikan untuk tidak menghalangi ventilasi dari oven microwave. Tutup ini makanan dengan piring. o Microwave memasak makanan membutuhkan beberapa waktu berdiri. yang masak lebih cepat. transmisi atau penyerapan (absorbsi) pada saatmengenai bahan/ material tertentu. atau oven akan terlalu panas. kertas. L3 .

y Struktur Mekanikal Microwave Struktur Mekanikal Microwave 1. 4. 3.Pengancing pintu (door latch) Untuk mengaitkan pintu agar menutup dengan rapat. 3.Lampu oven Secara otomatis menyala bila pintu dibuka atau selama memasak untuk menerangi cavity. Konveksi : Makanan dimasak melalui media udara yang dipanaskan seperti pemanggang roti. Pemanasan langsung : Makanan dimasak melalui sentuhan langsung dengan api. kuali. 2.Pintu (door) Tempat keluar-masuknya makanan dan menghalangi keluarnya gelombang mikro dan emisi panas ke pemakai pada saat memasak. L4 . 4. 2. 5. oven listrik. Contohnya adalah Microwave Oven.Layar kaca jendela (window screen) Layer tembus pandang untuk melihat makanan tetapi tidak dapat dilewati oleh gelombang mikro.Cavity Ruang tempat memasak dimana terdapat medan listrik gelombang mikro. baskom dll.y Jenis-Jenis Pemanasan Pada Microwave Oven Jenis-jenis pemanasan dalam kaitanya dengan cara memasak makanan adalah : 1. Radiasi / Dielektrik : Makanan dimasak melalui pancaran radiasi gelombang mikro yang diserap oleh makanan. Media udara yang dilalui oleh pancaran gelombang mikro tersebut tidak ikut dipanaskan. Konduksi : Makanan dimasak melalui sentuhan dengan media logam yang dipanaskan seperti panci.

6.Wave gide (pemandu gelombang) Saluran transmisi yang terbuat dari logam yang berongga udara sehingga gelombang mikro dapat merambat dari magnetron ke cavity. 10.Meja putar (turn table) Memutar wadah makanan agar makanan dimasak dengan merata .Panel control Tombol pengatur keluaran daya gelombang mikro dan untuk memilih fungsi 8.Display (tampilan LED 7-segment) 7. L5 .Bantalan pemandu (guide roller) 11.Tombol pintu (membuka / menutup) 9.Wadah memasak (cooking tray) Wadah tempat makanan yang terbuat dari gelas tahan panas 12.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful