PAPER BIOKIMIA

ADRENALIN
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah biokimia 2 Dosen Pengampu : Drs. H. Sugiharto, Apt., M.S.

Disusun Oleh : Azmi Akbar Anggoro S. K3307017 K 3307014

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA 2010
1

10 2 . Fungsi Fisi l gis 3.. Aki at kekurangan atau kelebihan hormon DAFTAR PUSTAKA ««««««««««««««««««« 8 «««««««««««««««««««««. Kelenjar Penghasil 4.DAFTAR ISI DAFTAR ISI PENDAHULUAN ISI 1. St t Ki i «««««««««««««««««««««« 2 «««««««««««««««««««««« 3 «««««««««««««««««««««« 5 ««««««««««««««««««« 5 ««««««««««««««««««« 5 ««««««««««««««««««« 7 2.

PENDAHULUAN Hormon (dari bahasa yunani hormon berarti ³merangsang´) adalah sinyal kimiawi yang disekresikan ke dalam cairan tubuh. menyelamatkan nyawa ratusan penumpang. misalnya. Dengan demikian. Diantara berbagai macam hormon yang dihasilkan di dalam tubuh manusia. dan lebih siaga. jika jumlah darah dalam tubuh kita setara dengan sebuah danau bergaris tengah 100 meter dan kedalaman dua meter. Meskipun merupakan salah satu hormon penting. cairan ini membuat mereka lebih kuat. Pada saat yang sama. Hormon bisa mencapai semua bagian tubuh. menyebabkan lebih banyak darah dan gula dikirimkan ke otak dan membuatnya lebih siaga. Hormon ini bahkan menggandakan kemampuan fisik seolah-olah orang-orang itu telah meminum ramuan amat mujarab untuk memberi mereka kekuatan. dan mengkomunikasikan pesan ±pesan yang bersifat mengatur di dalam tubuh. Cairan ini mengirimkan tanda bahaya ke sel-sel otak sang pilot. salah satunya adalah adrenalin. cairan ini meningkatkan detak jantung dan tekanan darah. Otot dan anggota badannya menjadi lebih sangat terpusat dan peningkatan kadar gula darahnya memberinya tenaga tambahan yang dibutuhkannya. Sebagian orang berutang nyawa pada suatu hormon ajaib bernama adrenalin ini. ada suatu hal yang sangat penting yang biasanya dilupakan wartawan. paling sering kedalam darah. lebih cepat. yang menyelamatkan nyawa pilot dan para penumpang adalah cairan hebat tersebut di atas. misalnya sel ± sel target akan terseleksi sementara jenis ± jenis sel lain akan mengabaikan sinyal dari hormon tersebut. yang mengancam akan menjatuhkan pesawatnya. 3 . adrenalin di dalam darah kita akan sama dengan sesendok teh cairan yang dituangkan ke dalam danau. seorang pilot menyadari kerusakan mesin di pesawatnya saat terbang. Setelah kerusakan mesin. tetapi hanya untuk jenis ± jenis sel tertentu saja (sel target) yang memiliki kemampuan untuk memberikan respon terhadap sinyal tersebut. Telah dihitung bahwa. sehingga ia mampu bergerak lebih cepat dan lebih siaga. lebih cekatan. Tetapi. hormon tertentu yang bersirkulasi dalam aliran darah akan menimbulkan respons spesifik (perubahan dalam metabolisme). anehnya kadar adrenalin di dalam aliran darah sangat kecil daripada kerja yang dilakukannya. Misalnya. si pilot berjiwa pahlawan ini mendaratkan pesawatnya dengan aman di bandara. Daya tampung sistem pernapasannya naik sehingga ia mampu menggunakan lebih banyak oksigen (dan lebih banyak darah yang dapat mengalir ke sel-sel otak dan ototnya). Saat orang-orang ini dalam bahaya.

Paper ini disusun untuk memberikan gambaran mengenai hormon yang sangat penting dan bermanfaat bagi kehidupan manusia. yaitu hormon adrenalin. 4 . Segala sesuatu mengenai hormon ini akan dipaparkan dalam paper ini.

aktivitas metabolisme). tombol peringatan di dalam tubuh ditekan. dan otak mengirimkan perintah secepat kilat ke kelenjar adrenal. ototnya harus bekerja lebih cepat. atau berkelahi lebih kuat melawan bahaya. Bayangkan kebutuhan orang yang menghadapi sebuah keadaan berbahaya: ia harus cepat.methylamino) ethyl) benzene-1.(1-hydroxy-2.2-diol 2. Hormon adrenalin juga memiliki nama kimia. tekanan darahnya harus meningkat. Menyempitkan pembuluh darah tertentu. Saat ada bahaya. melarikan diri lebih cepat. yang sesuai dengan aturan tata nama senyawa IUPAC yaitu : (R) .ISI 1.4 . Beberapa ungsi dari hormon adrenalin adalah : Menaikkan konsentrasi gula darah (kadar glukosa darah) dengan menaikkan kecepatan glikogenolisis di dalam liver. meningkatkan pasokan oksigen dan glukosa ke otak dan otot (denga meningkatkan n denyut jantung. dan jantungnya harus berpacu lebih cepat. Maka. ia akan mampu berlari lebih cepat. hal ini juga menandakan bahwa hormon adrenalin atau epine rin termasuk dalam kelas amina. Kebutuhan isik orang biasa tentunya tak akan sama dengan orang yang sedang dalam bahaya. Fungsi Fisiologis Seperti telah kita ketahui bahwa hormon adrenalin memiliki man aat dan sangat diperlukan bagi tubuh manusia. Sel-sel di bagian dalam kelenjar adrenal lalu beralih ke keadaan siaga dan melepaskan hormon adrenalin untuk menghadapi keadaan 5 . hormonini memiliki rumus struktur sebagai berikut : Dari gambar struktur di atas terlihat ada unsur NH disana. Struktur Kimia Hormon adrenalin sering juga disebut sebagai hormon epine rin.

dan karena itu. Sambil melebarkan pembuluh darah ke jantung. dan otot. Di sisi lain. Korteks adrenal berperan penting mengurangi ketegangan (stres) pada tubuh. ACTH merangsang korteks adrenal. mendorong pembuatan kortikosteroid. dan otot. Saat tubuh mengalami ketegangan yang parah. molekul-molekul ini melebarkan pembuluh darah menuju jantung. jumlah darah yang hilang dapat dikurangi. otak. hipotalamus mengirimkan perintah ke kelenjar pituitari agar melepaskan ACTH (hormon adrenokortikotropis). adrenalin menyempitkan pembuluh yang mengalir ke hati dan kulit untuk memastikan adanya bantuan tambahan yang dibutuhkan tubuh. Akibatnya. Molekul-molekul adrenalin bercampur dengan darah dan menyebar ke seluruh bagian tubuh.darurat. Sel-sel yang mengelilingi pembuluh mematuhi adrenalin dan mengalirkan lebih banyak darah yang dibutuhkan jantung. darah tambahan yang dibutuhkan oleh otak. Ada satu alasan lagi bagi penurunan jumlah darah yang dipompakan ke kulit: dalam hal kemungkinan luka. otot. Dengan cara ini. molekul adrenalin mengetahui apa yang 6 . Molekul-molekul adrenalin memiliki fungsi khusus dalam pembuluh vena dan arteri yang memastikan bahwa organ-organ penting menerima lebih banyak aliran darah di saat bahaya. dan jantung dapat dipasok. penyebab pucatnya kulit jika kegemparan yang berlebihan adalah karena jumlah darah yang dipompa ke kulit lebih sedikit Kesalahan tak pernah terjadi yang melebarkan pembuluh ke jantung (atau otak) yang menyempitkan pembuluh ke hati (atau kulit). Kortikosteroid ini memastikan produksi glukosa dari molekul-molekul seperti protein. yang tak mengandung karbohidrat. tubuh menerima tenaga tambahan dan tekanan pun berkurang. Karena itu. otak.

Selain itu. dan perintah seperti apa harus diberikan. ketika menuju jantung. Ketika molekul adrenalin mencapai sel-sel otot.harus dilakukan. Molekul adrenalin yang masuk ke hati memerintahkan sel-sel yang ada di sana agar mencampur gula dengan darah. 7 .6 gram di atas kedua ginjal yang juga amat penting. molekul adrenalin menyebabkan pembuluh melebar. Hormon kecil renik ini mengatur garis tengah ratusan pembuluh darah di dalam tubuh kita ke mana darah harus diarahkan. otot dapat menegang jauh lebih kuat. Lebih-lebih. Molekul kecil ini mengetahui apa yang harus dilakukan dan kapan. Ini menyebabkan jumlah gula darah meningkat dan mengalirkan bahan bakar tambahan yang dibutuhkan otot. tetapi kebanyakan orang tak mengetahui bahwa ada dua potong jaringan kecil yang beratnya masing-masing 5 . Kegiatan hormon adrenalin di dalam tubuh ini membutuhkan kecerdasan. Kelenjar penghasil Hampir semua orang mengetahui bahwa ada dua ginjal dan bahwa keduanya sangat penting. ketika menuju pembuluh darah. dan keahlian tinggi. organ-organ beserta fungsi-fungsinya. pengetahuan. tubuh disiagakan karena adanya hubungan antara otak dan kelenjar adrenal. 3. Ini membuat jantung berdetak lebih cepat dan menyalurkan tenaga tambahan yang dibutuhkan otot. Bagi setiap organ tubuh. molekul mempercepat penegangan sel-sel jantung. tanda bahaya tak pernah dibunyikan. dan tak pernah membuat kesalahan seperti kapan tubuh harus keluar dari keadaan darurat. molekul adrenalin sangat memahami ke sel mana harus menuju. hal ini menunjukkan bahwa molekul adrenalin sangat akrab dengan sel-sel. kerja adrenalin berbeda. ketika tubuh tak memerlukannya. Dalam keadaan bahaya.

Yang pertama adalah bagian luar kelenjar adrenal (korteks adarenal).bagian dalam kelenjar adrenal. yang dikenal dengan nama kelenjar adrenal. yang kedua adalah bagian dalam kelenjar adrenal (medulla adrenal). Kelebihan maupun kekurangan hormon di dalam tubuh dapat memberikan dampak yang merugikan bagi tubuh itu sendiri. seperti halnya dengan jumlah hormon di dalam tubuh manusia. kelenjar adrenal akan menghasilkannya sehingga Anda dapat menjadi lebih kuat. Hormon-hormon yang dihasilkan oleh kedua kelenjar ini sangat penting sehingga pelepasan terlalu banyak atau terlalu sedikit hormon-hormon itu akan menyebabkan kematian. 4. yang menghasilkan d ua hormon. lebih cepat. Berikut adalah akibat dari kelebihan dan juga kekurangan hormon adrenalin di dalam tubuh manusia : 8 . Anda akan diberikan kekuatan sekitar dua kali lipat biasanya sehingga dapat melawan sumber bahaya (atau melarikan diri darinya) untuk menyelamatkan hidup Anda. Jika dibutuhkan. Jika dalam bahaya. Akibat kelebihan dan kekurangan hormon adrenalin Segala sesuatu harus berdasarkan atas keseimbangan. Anda memilikinya di dalam diri Anda saat ini. dan jau lebih h siaga. yang menghasilkan tiga hormon. Demikian juga dengan hormon adrenalin. masing-masing adalah sebuah laboratorium yang terpisah. dan bila kekurangan maka manfaat dari hormon itu sendiripun akan kurang. Setiap orang memiliki hormon ini di dalam dirinya sepanjang hidupnya. Adrenalin (epinefrin) dihasilkan dan disimpan dalam medulla adrenal . akan tetapi bila berlebihan tetap akan merugikan tubuh. Walaupun dengan manfaat dan kegunaan yang beragam.Saat kita mengamati kelenjar-kelenjar ini.

9 . Beberapa mengalami gangguan usus. penurunan berat badan. kelelahan. pusing. depresi. nyeri otot dan sakit pinggang. peningkatan pigmentasi kulit. - Kelebihan hormon adrenalin dalam tubuh dapat menyebabkan gangguan yang ditandai dengan serangkaian jantung berdebar. Hal ini akan memicu peningkatan tekanan darah permane n dan wajah menjadi pucat. denyut nadi yang cepat. perasaan takut. peningkatan tekanan darah.- Kekurangan hormon adrenalin dalam tubuh dapat menyebabkan pening.

Jakarta : Erlangga http://lppm.org/wiki/Adrenalin diakses tanggal 15 Juni 2010 http://en. BIOLOGI.org/wiki/Epinephrine diakses tanggal 15 Juni 2010 10 .wikipedia.wikipedia.com/indo/buku/hormon/hormon_06.htm diakses tanggal 15 Juni 2010 http://id.rumahkucing.harunyahya. 2004.php?option=com_content&view=article&id=1282:10 hormon-penting-tubuh-manusia&catid=38:warta-iptek&Itemid=50 diakses tanggal 15 Juni 2010 http://www.com/index. Reece.DAFTAR PUSTAKA Campbell. dan Mitcheel.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful