Bab 1: Pendahuluan

Bab 1: Pendahuluan
Isi: • Pengertian Ilmu Elektronika • Terminologi/Peristilahan: Komponen Elektronika Rangkaian Elektronika Sistem Elektronika

(C)2006 Muchlas, Dasar Elektronika/ Elektronika I

1

gas. dan bahan semikonduktor. SEMIKONDUKTOR (C)2006 Muchlas. IPTEK ELEKTRONIKA PENGENDALIAN PARTIKEL BERMUATAN RUANG HAMPA. GAS. Dasar Elektronika/ Elektronika I 2 .Bab 1: Pendahuluan Pengertian Elektronika Elektronika adalah ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) tentang pengendalian partikel bermuatan di dalam ruang hampa.

Contoh: piranti tabung hampa (vacuum tube) adalah piranti yang ada pada radio-radio “kuno”. Radio “Kuno” Radio “Modern” Electron vacuum tube 3 (C)2006 Muchlas. Dasar Elektronika/ Elektronika I .Bab 1: Pendahuluan Pengertian Elektronika • Elektronika yang berhubungan dengan pengendalian partikel bermuatan dalam ruang hampa akan mempelajari piranti-piranti elektronika seperti pentode tabung hampa atau tabung elektron.

CRT • Pesawat TV Elektronika yang berhubungan dengan pengendalian partikel bermuatan dalam gas akan mempelajari piranti-piranti elektronika seperti tabung-tabung foto jenis gas (gas-type phototubes) yang digunakan dalam industri per-film-an sebagai sound-on-film sensors. Dasar Elektronika/ Elektronika I 4 .Bab 1: Pendahuluan Pengertian Elektronika • Contoh piranti elektronika tabung hampa lainnya adalah CRT (cathode-ray tube) atau tabung sinar katode yang banyak dijumpai pada pesawat televisi dan osiloskop (CRO: cathode-ray oscilloscope). (C)2006 Muchlas.

Bab 1: Pendahuluan Pengertian Elektronika • Elektronika yang berhubungan dengan pengendalian partikel bermuatan dalam semikonduktor akan mempelajari pirantipiranti elektronika semikonduktor seperti diode (gambar b). dan IC (gambar c). transistor (gambar a). Dasar Elektronika/ Elektronika I 5 . (C)2006 Muchlas.

Bab 1: Pendahuluan Komponen Elektronika Berdasarkan Respons Output Terhadap Inputnya • Komponen: Elemen terkecil dari rangkaian/sistem elektronik. KOMPONEN AKTIF KOMPONEN ELEKTRONIKA KOMPONEN PASIF (C)2006 Muchlas. Dasar Elektronika/ Elektronika I 6 .

Contoh komponen aktif: Transistor Transistor merupakan komponen elektronika dengan 3 elektrode. Dasar Elektronika/ Elektronika I 7 . serta mengubah energi dari satu bentuk ke bentuk lainnya.Bab 1: Pendahuluan Komponen Elektronika Berdasarkan Respons Output Terhadap Inputnya • Komponen Aktif: Komponen yang dapat menguatkan dan menyearahkan sinyal listrik. Beberapa bentuk transistor (C)2006 Muchlas.

CKT . karena merupakan komponen aktif.Bab 1: Pendahuluan Komponen Elektronika Berdasarkan Respons Output Terhadap Inputnya Contoh komponen aktif: Transistor Jika menjadi komponen dalam rangkaian penguat. Dasar Elektronika/ Elektronika I 8 File Simulasi: CE. Ouputnya sinyal AC yang dikuatkan Transistor Inputnya sinyal AC (C)2006 Muchlas. maka transistor dapat menguatkan sinyal listrik. Dalam hal ini inputnya dimasukkan ke titik B dan outputnya diambil dari titik A.

Dasar Elektronika/ Elektronika I 9 . maka hasilnya adalah: Output (Titik A) Input (Titik B) (C)2006 Muchlas.Bab 1: Pendahuluan Komponen Elektronika Berdasarkan Respons Output Terhadap Inputnya Contoh komponen aktif: Transistor Jika digunakan osiloskop untuk mengamati input dan output rangkaian penguat dengan transistor.

Outputnya Sinyal DC Inputnya Sinyal AC (C)2006 Muchlas. Pada contoh di bawah ini. yang dapat digunakan untuk menyearahkan sinyal listrik. diode merupakan komponen dari rangkaian penyearah sinyal AC menjadi DC.CKT .Bab 1: Pendahuluan Komponen Elektronika Berdasarkan Respons Output Terhadap Inputnya Contoh komponen aktif: Diode Bentuk Diode Diode adalah piranti elektronika dengan dua elektrode. sehingga termasuk komponen aktif. Dasar Elektronika/ Elektronika I 10 File Simulasi: PSETGEL.

Dasar Elektronika/ Elektronika I 11 .Bab 1: Pendahuluan Komponen Elektronika Berdasarkan Respons Output Terhadap Inputnya Contoh komponen aktif: Diode Jika dilakukan pengukuran dengan osiloskop menghasilkan: Bentuk Gelombang Input: Sinusoidal (AC) di titik B Bentuk Gelombang Ouput: DC Berdenyut (C)2006 Muchlas.

RESISTOR LED MENYALA BATERE K A K A Bentuk LED Rangkaian LED (C)2006 Muchlas. maka LED tersebut akan menyala. Dasar Elektronika/ Elektronika I 12 . LED termasuk komponen aktif karena dapat mengubah suatu bentuk energi (listrik) ke bentuk lainnya (cahaya).Bab 1: Pendahuluan Komponen Elektronika Berdasarkan Respons Output Terhadap Inputnya Contoh komponen aktif: LED (light emitting diode) Jika dihubungkan dengan sumber tegangan seperti pada rangkaian di bawah ini. Jadi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful