MUSYAWARAH UMUM ANGGOTA (MUA) KE-0I PERSATUAN PELAJAR DAN MAHASISWA LANNI JAYA (PPM – LJ) DI MANADO SULAWESI UTARA PERIODE

2011 – 2012

TATA TERTIB PERSIDANGAN

STERING KOMITE DI

SUSUSN

MUSYAWARAH UMUM ANGGOTA (MUA) DI MANADO SULAWESI UTARA 2011

BAB I STATUS DAN KEWENANGAN MUSYAWARAH UMUM ANGGOTA (MUA) KE-VII Pasal 1 STATUS 1. Musyawarah Umum Anggota PPM – PJ Sulawesi Utara adalah forum tertinggi pengambilan keputusan pelaksanaan sepenuhnya adalah kedaulatan organisasi yang ada di tangan anggota. 2. Keputusan dan ketetapan musyawarah umum anggota PPM – PJ Sulawesi Utara bersifat mengikat bagi seluruh anggota. Pasal 2 KEWENANGAN MUSYAWARAH UMUM ANGGOTA 1. Menetapkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART). 2. Menetapkan Garis-garis Besar PPM – PJ Sulawesi Utara Periode 2010 – 2012.
3. Meminta

pertanggungjawaban

Badan

Pengurus

Perkumpulan

Pelajar dan Mahasiswa Puncak Jaya (PPM – PJ) Sulawesi Utara masa bakti 2008 – 2010. 4. Memilih dan mengingat serta memperhatikan BP (PPM – PJ) Sulawesi Utara masa bakti 2008 – 2010. 5. Menetapkan Musyawarah keputusan dan ketetapan organisasi dalam dan Umum Anggota (MUA) Perkumpulan Pelajar

Mahasiswa Puncak Jaya (PPM – PJ) Sulawesi Utara.

BAB II PENYELENGGARAAN MUSYAWARAH UMUM ANGGOTA Pasal 3 MUA diselenggaran oleh Tim Peduli PPM – PJ Sulawesi Utara melalui Panitia MUA Ke-VII Tahun 2010. BAB III PESERTA MUSYAWARAH UMUM ANGGOTA Pasal 4 1. Musyawarah Umum Anggota (MUA) dihadiri oleh peserta, peninjau dan anggota kehormatan.
2. Peserta MUA adalah anggota yang sudah diterima sah oleh BP.

PPM – PJ Sulawesi Utara. 3. Peninjau adalah : a. b. c. Para Anggota Simpatisan. Para Anggota Kehormatan Para Undangan BAB IV HAK BICARA DAN HAKL SUARA SERTA KEWAJIBAN PESERTA Pasal 5 HAK BICARA DAN HAK SUARA 1. Peserta berhak : a.
b.

Atas satu suara yang dapat digunakan dalam pengambilan Mengajukan pertanyaan. Usul/pendapat baik lisan atau

keputusan. tertulis atas seizin pimpinan sidang.

c.

Hak bicara dan hak suara khusus dari asal Distrik Mulia,

Distrik Illu, Distrik Sinak, Distrik Ilaga, Distrik Beoga dan Fawi yang memiliki hak dipilih dan hak memilih. 2. Peninjau berhak : a. b. Mengajukan usul/pendapat lisan atau tertulis seizin pimpinan Setiap peninjau mempunyai hak, kesempatan yang sama sidang. untuk mengeluarkan pendapat yang bersifat membangun namun tidak diperbolehkan untuk interupsi. 3. Setiap anggota kehormatan berhak untuk masukan memperbaiki dan mengarahkan dalam sidang berlangsung. Pasal 6 KEWAJIBAN PESERTA 1. Setiap peserta wajib mengikuti acara persidangan dari awal hingga akhir, menggunakan tanda peserta menempati tempat duduk yang sudah disediakan dan mengisi daftar hadir setiap acara persidangan berlangsung. 2. Setiap peserta wajib berperilaku sopan dan tertib selama persidangan berlangsung. 3. Setiap peserta meninggalkan ruang sidang harus seizin pimpinan sidang. 4. Setiap peserta yang tidak tertib diberi teguran dan peringatan, sampai tiga kali, maka akan dikeluarkan dari ruangan sidang dengan seizin peserta sidang. BAB V WAKTU DAN TEMPAT Pasal 7

Pimpinan sidang dipilih oleh peserta sidang.1. 3. Sidang Khusus Perumusan dipimpin oleh Ketua dan Sekretaris yang dipimpin oleh peserta sidang. MUA Ke-VII 2010 Perkumpulan Pelajar dan Mahasiswa Puncak Jaya (PPM – PJ) Sulawesi Utara dilaksanakan di Manado. Pimpinan sidang berwenang menegur dan memberikan peringatan kepada peserta sidang. MUA Ke-VII 2010 Perkumpulan Pelajar dan Mahasiswa Puncak Jay (PPM – PJ) Sulawesi Utara dilaksanakan pada tanggal 2. Sidang Pleno dipimpin oleh pimpinan siding tetap. Pimpinan sidang tetap terdiri dari satu orang ketua. 2. 4. . tiga orang anggota. Sidang Komisi dipimpin oleh Ketua dan Sekretaris Komisi. Pasal 9 BENTUK PERSIDANGAN 1. Pemilihan siding tetap akan di pilih oleh peserta siding. Sidang dikatakan sah apabila minimal ½ (seperdua) ditambah satu dari seluruh peserta sidang. Pimpinan sidang tetap bertugas untuk memimpin persidangan merangkum saran. satu orang sekretaris. 5. 4. 3. tanggapan. 2. BAB VI PIMPINAN SIDANG TETAP DAN BENTUK PERSIDANGAN Pasal 8 PIMPINAN SIDANG TETAP 1. maupun usulan serta meluruskan mempertemukan perbedaan pendapat.

4. 2. Keputusan dapat diambil bila sidang memenuhi forum (jumlah peserta sidang keseluruhan) atau minimal ½ ditambah satu dari total peserta sidang yang hadir. . Apabila forum tidak tercapai. Tiga ketukan untuk membuka. 3. 2. b. 3. Lima ketukan untuk teguran atau peringatan. dan dinyatakan sah. Pengambilan keputusan dapat ditandai dengan : a. apabila tidak tercapai kesepakatan.BAB VII PENGAMBILAN KEPUTUSAN DAN KETENTUAN PALU SIDANG Pasal 10 PENGAMBILAN KEPUTUSAN 1. Keputusan diambil berdasarkan kata mufakat. Satu ketukan untuk atas kesepakatan peserta sidang yang Satu ketukan untuk pengalihan dan penerimaan palu sidang. Pasal 11 KETUKAN PALU SIDANG 1. maka keputusan diambil berdasarkan suara terbanyak/voting. Dua kali ketukan untuk pengalihan sidang pleno. menskor dan menutup sidang. sidang ditunda/diskor selambatlambatnya 30 menit setelah itu sidang dapat dibuka kembali. diambil oleh pimpinan sidang.

b. 3. C dan D. b. Organisasi PPM-PJ Sulawesi Utara. Jumlah anggota Komisi MUA adalah peserta dan peninjau yang terbagi dalam Komisi A. d. Format tunggal Paket Demokrasi Aklamasi . Sistim pemilihan bersifat : a. c. 2. Pimpinan Komisi terdiri dari seorang Ketua dan seorang Sekretaris yang dipilih dari Komisi tersebut. Pemilihan bersifat musyawarah dan mufakat. BAB IX TATA TERTIB PEMILIHAN DAN TATA CARA PEMILIHAN SERTA PERHITUNGAN SUARA Pasal 13 TATA TERTIB PEMILIHAN 1. 3. B. Sulawesi Utara. d. c.BAB VIII KOMISI-KOMISI MUA Pasal 12 1. (ART) PPM-PJ Sulawesi Utara. 2. Komisi A bertugas membahas Anggaran Dasar (AD) PPM-PJ Komisi B bertugas membahas Anggaran Rumah Tangga Komisi C bertugas membahas Garis-Garis Besar Haluan Komisi D bertugas membahas kriteria pemilihan. Pelaksanaan pemilihan dilaksanakan oleh pimpinan sidang. sebelum memasuki Sidang Komisi. Komisi-komisi MUA terdiri dari : a.

4. Pasal 14 TATA CARA PEMILIHAN 1. maka akan dinyatakan gugur. 3. Bakal calon yang lolos kriteria ditetapkan dan diumumkan sebagai calon oleh pimpinan sidang. 6. 7. . Calon terpilih adalah yang memenuhi kriteria. Kelengkapan struktur kepengurusan akan dilengkapi oleh Badan Formatur. 6. 5. Pemilihan suara dilaksanakan secara tertulis seluruh peserta sidang pada belangkot kertas yang berstempel panitia. Para calon diajukan pada saat sidang pleno pemilihan dengan mengacu pada pernyataan/kriteria hasil sidang komisi. 5. 9. Bakal Calon Mahasiswa asal Kabupaten Puncak Jaya berhak memilih dan dipilih. Bakal calon yang terpilih dinyatakan kesediaannya oleh pimpinan sidang dihadapan peserta sidang. 8. 4. Setiap calon diberikan kesempatan untuk menyampaikan orasi singkat kurang lebih 10 menit. Penjaringan/pengajuan nama bakal calon diajukan secara lisan oleh peserta sidang. 2. Pemilihan hanya dilaksanakan sekali dengan ketentuan calon yang memperoleh jumlah suara terbanyak dinyatakan sebagai Ketua Terpilih. Ketertiban pemilihan adalah tanggung jawab seluruh peserta sidang. Bakal calon yang bersedia dibacakan kriterianya oleh pimpinan sidang dan apabila tidak memenuhi syarat.

Kriteria Umum a. 2. BAB X BADAN FORMATUR Pasal 17 1. Batas Semester V s/d IX. b. c. Organisasi PPM-PJ.Pasal 15 TATA CARA KRITERIA UMUM DAN KRITERIA KHUSUS 1. Status tidak berkeluarga. senioritas PPM-PJ Sulawesi Utara . Apabila dalam perhitungan suara terjadi kesamaan jumlah total suara terbanyak maka pemilihan diulang kembali. Bebas dari penyimpangan dalam Organisasi PPM-PJ. Bakal calon berketentuan berjiwa Pancasila dan berjiwa Tidak pernah terlibat dari organisasi terlarang. Pengarah. Badan Formatur terdiri dari : a. c. Pasal 16 PERHITUNGAN SUARA 3. Perhitungan suara dilaksanakan oleh pimpinan sidang dibantu oleh tiga saksi dari unsur peserta atau peninjau. b. Kriteria Khusus Ketua Terpilih Dua orang unsur BP PPM-PJ Manado Sulawesi Utara Demisioner c. a. b. Bebas dari Narkoba yang terlarang. 4.

PPM-PJ sulawesi Utara 2010-2012 diumumkan paling lambat satu/dua minggu setelah musyawarah umum anggota MUA Ke-VII Sulawesi Utara. Hal-hal yang belum diatur di Tata Tertib ini akan diatur oleh dan ditetapkan dalam secara bersama Sidang Pleno Musyawarah Umum Anggota (MUA) Ke-VII PPM-PJ Sulawesi Utara. .2. Setiap perubahan dan atau penambahan Tata Tertib ini harus ditetapkan menurut Tata Cara Pengambilan Keputusan. Susunan lengkap BP. BAB XI PELANTIKAN PENGURUS Pasal 18 Hal-hal yang berkaitan dengan Badan Pengurus PPM-PJ Sulawesi Utara masa bakti 2010-2012 akan diatur oleh Badan Formatur dan Panitia Pelaksana Musyawarah Umum Anggota (MUA). menyusun dan menyempurnakan komposisi kepengurusan Badan Pengurus PPM-PJ Sulawesi Utara masa bakti 2010-2012. 2. BAB XII KETENTUAN TAMBAHAN Pasal 19 1. 3. Badan Formatur bertugas merumuskan.

45 Wita PIMPINAN SIDANG TETAP: Yuliman Enembe Ketua Nipur Karoba Sekretaris Dino L.BAB XIII PENUTUP Pasal 21 Demikian ketentuan ini dibuat untuk menjadi ketentuan resmi Musyawarah Umum Anggota (MUA) VI PPM-PJ Sulawesi Utara. 2010 PUKU:12. Wonda Anggota I Luter Tombeanal Anggota II Yemto Tabo Anggota III . PADA TANGGAL :25 Sebtenber . dan ditetapkan sejak tanggal DITETAPKAN DI : MANADO.

karena dapat merupakan pengalaman dari kemauan mahasiswa/i Anggota PPM-PJ yang berdomisili di Sulawesi Utara dan Gorontalo untuk tetap pertahankan jati dirinya sebagai suatu komunitas Perkumpulan Pelajar dan Mahasiswa Puncak Jaya (PPM-PJ) yang berorientasi . Keberadaan Perkumpulan Pelajar dan Mahasiswa Puncak Jaya (PPM-PJ) Sulut adalah salah satu hal yang positif.RANCANGAN GARIS-GARIS BESAR HALUAN ORGANISASI (GBHO) PERKUMPULAN PELAJAR DAN MAHASISWA PUNCAK JAYA (PPM-PJ) DI MANADO SULAWESI UTARA BAB I PENDAHULUAN A. sehingga di kelak nanti menjadi pemimin-pemimpin yang berwawasan luas disertai takut akan Tuhan. sehingga melalui menerapkan program kerja dapat menghasilkan mahasiswa/i yang kreatif. dan asas organisasi yang merupakan landasan berbijak demi kemajuan organisasi dalam rangka pencapaian tujuan bahkan mengalami kegagalan. sehingga organisasi sudah seharusnya mampu bersikap dan menganalisa serta menyesuaikan diri dalam setiap perkembangan. serta tangkap terhadap segala perubahan dalam tantangan sosial dan dalam kehidupan beragama. Dasar Pemikiran Tuntutan zaman disertai dengan perkembangan globalisasi dan modernisasi diambil seluruh aspek kehidupan menjadikan organisasi cenderung menjadi rigrit/kaku. sehingga Perkumpulan Pelajar dan Mahasiswa Puncak Jaya (PPM-PJ) Sulut bertekad untuk menyusun strategi dalam rangka mengembangkan karakter dan pola pikir anggota melalui program kerja organisasi.

Membangun solidaritas/kebersamaan mahasiswa PPM-PJ Sulawesi Utara. 3. PPM-PJ dapat merangkul/menghimpun setiap mahasiswa PPM-PJ yang sedang menekuni ilmu di kota studi Sulawesi Utara. C. Motto dan Visi – Misi Organisasi PPM-PJ Perkumpulan Pelajar dan Mahasiswa Puncak Jaya (PPM-PJ) memiliki motto dan visi – misi sebagai berikut : Motto Visi : Besatu Berkarya dan Berhasil : PPM-PJ sebagai wadah kader-kader kesadaran sosial masa iman dan yang berorientasi PPM-PJ. depan takwa . Misi : 1. Pengertian Garis-Garis Besar Haluan Organisasi (GBHO) GBHO adalah Garis-garis Besar Haluan Organisasi yang ditetapkan bersama dengan tujuan memberikan arah dan pedoman bagi organisasi guna mencapai tujuan yang efisien dan efektif.membuka isolasi dan mengembangkan pelayanan serta merevitalisasi secara lembaga maupun secara individu dalam supra struktur kemajuan pembangunan di Kabupaten Puncak Jaya. Melaksanakan kegiatan lain yang sah dan sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga. B. 2. kepada menghasilkan mengembangkan Tuhan.

Dekien Wakur 5.Pemerintah provinsi Manado Sulut Penasehat : 1.IP Pengarah : 1. Thomas Tabuni. Dono Lanny Wonda. Pdt Fhilemon Wenda Assa 2.SE 4.Tanius Tabuni.S. Bapak Erry Wonda.Thomas Wenda. Iskandar Wonda. Pdt.Th 3. Wenda Badan Pengurus Harian Ketua Wakil Ketua Sekretaris Umum : Kemi Wonda : Pius Enembe : Itheko Tabuni .P 2. Wemi Kogoya 5. Amd.S.Sos 2. Mura Wonda . Yuliman Enembe 4. Jecky Kogoya Pembina : 1.BAB II PROGRAM KERJA Struktur Pelindung pengurusan organisasi Perkumpulan Pelajar dan Mahasiswa Puncak Jaya adalah sebagai berikut : : 1.SH 4. Tabuni.ak. Pemerintah Puncak Jaya 2.S.IP 3.S. S. Titus D.P.SE 3. Yes G.

BIRO : Budi R. MENTAL DAN SPRITUAL Kooordnator: Ibu Lina Wonda Kogoya 1. BORO PENDIDIKAN DAN PENALARAN Koordinator: Kities Wenda 1. Ardi Tabuni IV. Yalemi Wenda 4. Wenda Milly : Yaminus Morib : Pipite Yigibalom : I. Enus Weya 3. Yodies Kogoya.IP 2. Tirinus Yikwa 4. Wailes Penggu 3.Operius Yoman 2. Mesina Wonda II.S. Yulimina Wenda III. Manase Towolom 2. BIRO MINAT DAN BAKAT Koordinator : Dain Weya . Yully Weya 5. Manase Tenouye 3. Yedison Wenda 6. BIRO HUMBUNGAN MASYARAKAT Koordinator: Wendi Yoman 1.Wakil Sekretaris Bendahara Umum Wakil Bendahara BIRO .

BIRO KEAMANAN Koordinator : Dropius Wenda 1. Jecky Wandikmbo 2. Toter A. Wakur 2. BIRO KESEJAHTRAAN Koordinator: Norinus Tabuni 1. Eko Murib 3. Noi Yigibalom 2. Miles Enembe 3. Yally Kogoya VI. Wendimur Weya 3. Frans Yikwa VII. Linus Yigibalom 2.1. Yadiles Kogoya V. Depinus Tabuni 3. BIRO KADERNISASI DAN ORGANISASI Koordinator : Yos Wenda 1. Milly Enembe RAYON – RAYON Rayon ManadoTenggah Tondano Koord: Jhon Kogoya Basmin Weya Koord : Ney Yigibalom Koord: Rayon Malalayang Rayon Program kerja PPM-PJ Sulut disusun berdasarkan kebutuhan organisasi antara lain adalah : .

Program Jangka Pendek a. Bidang Mental dan Spiritual 1. Belajar dasr – dasar kepemimpinan 1 minggu sekali III. Evaluasi Anggota 6 bulan sekali 3. Bidang Minat dan Bakat 1. Diskusi gabungan 2 bulan sekali b. Program Jangka Panjang a. Program Jangka Pendek a. Evaluasi Tiap Rayon 1 bulan sekali II. Diskusi rayon satu minggu sekali b. Program Jangka Menengah a. Program Jangka Menengah a.I. Diskusi ilmiah 2 minggu sekal b. Hari HUT PPM-PJ 2. Pengambilan data 3 bulan sekali 3. Bidang Pendidikan dan Penalaran 1. Evaluasi Badan Pengurus 3 bulan sekali c. Diskusi 2 bulan sekali b. Program Jangka Panjang a. Penerimaan anggota baru Tiap tahun b. Perayaan Natal b. Pertandingan pertadingan antar kabupaten yang mengadakan . Program Jangka Panjang a. Acara pelepasan selesai studi Parah senyoritas 2.

c. BP. Program Jangka Menengah dan Pendek a. b.Biro Minat dan Bakat a. Program Jangka Menengah a. BP. Diskusi olaraga satu bulan sekali b.Bidang Pengawasan dan Organisasi 1. Mengordinasi Pemda Puncak Jaya dalam hal kesejhtraan anggota 2. Program Jangka Panjang a. Mengawasi seluruh program organisasi V. Pelatihan music 2 bulan sekali c.PPMPJ Kunjungi anggota 3 bulan sekali b.2. c. Dimana anggota berada mendekati melalui pendekatan komunikasi 3. Latihan music tiap rayon pewakilan 2 orang IV. VI.PJ Sulut ditetapkan pada tanggal . b. Garis . Bidang Kesejahteraan 1. Program Kerja a. Program Jangka Pendek a.garis besar haluan ini ditetapkan melalui (MUA) PPM .

Ketetapan No. 4. Ditetapkan di : Manado Pada tanggal : 25 sebtember 2010 Pukul : 12. : 02/TAP-MUA/PPM-PJ/2010 tentang Pengesahan Laporan Pertanggungjawaban Agenda-agenda Organisasi PPM-PJ di Manado Sulawesi Utara dan Pengesahan Pengurus Demisioner Periode 2010-2012. : 01/TAP-MUA/PPM-PJ/2010 tentang Pengesahan Tata Tertib Sidang Musyawarah Umum Anggota (MUA) – VI PPM-PJ Sulut 2010-2012. Ketetapan No.MUSYAWARAH UMUM ANGGOTA (MUA) KE-VII PERKUMPULAN PELAJAR DAN MAHASISWA PUNCAK JAYA (PPM – PJ) DI MANADO SULAWESI UTARA 2010 – 2012 HASIL-HASIL KEPUTUSAN DAN KETETAPAN-KETETAPAN MUA Dengan rahmat Allah Yang Maha Kuasa melalui Musyawarah Umum Anggota MUA PPM-PJ telah menghasilkan empat keputusan : 1. : 03/TAP-MUA/PPM-PJ/2010 tentang Pengesahan Laporan Hasil-hasil Sidang Komisi Musyawarah Umum Anggota (MUA) Ke-VII PPM-PJ Sulut 2010-2012. Ketetapan No. Wonda Anggota III Luter Tombeanal Anggota I Yemto Tabo Anggota II . : 04/TAP-MUA/PPM-PJ/2010 tentang Pengesahan Hasil Pemilihan MUA PPM-PJ Sulut 2010-2012.45 wita PIMPINAN SIDANG TETAP Yuliman Enembe Ketua Nipur Karoba Sekretaris Dino L. 2. 3. Ketetapan No.

Yang menjadi anggota Perkumpulan Pelajar dan Mahasiswa Puncak Jaya (PPM-PJ) yang berdomisili di Manado Sulawesi Utara yang telah terdaftar di organisasi secara sah 2. Anggota Perkumpulan Pelajar dan Mahasiswa Puncak Jaya adalah status sebagai pelajar dan mahasiswa yang kuliah di berbagai Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di daerah Propinsi Sulawesi Utara. . Bagi mereka yang berdomisili lain menyatakan dirinya menjadi anggota PPM-PJ membawa Surat Rekomendasi secara tertulis dari BP pengurus lama kepada BP-PPM-PJ Manado – Sulawesi Utara dinyatakan sah. Yang menjadi anggota sah Perkumpulan Pelajar dan Mahasiswa Puncak Jaya (PPM-PJ) adalah bagi mereka yang menerima anggota baru dari BP PPMPJ. 2. Penerimaan anggota baru yang dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Badan Pengurus kepada Bidang Pendidikan dan Penalaran. 3. Bagi mereka yang berdominasi lain menyatakan diri menjadi anggota dengan menyampaikan secara tertulis kepada Badan Pengurus Perkumpulan Pelajar dan Mahasiswa Puncak Jaya (PPM-PJ) di Manado Sulawesi Utara.MUSYAWARAH UMUM ANGGOTA (MUA) KE – VI PPM-PJ SULUT PIMPINAN SIDANG TETAP ANGGARAN RUMAH TANGGA BAB I KEANGGOTAAN Pasal 1 Anggota 1. Pasal 2 Tata Cara Penerimaan Anggota Baru 1. 3.

Anggota Perkumpulan Pelajar dan Mahasiswa Puncak Jaya (PPM-PJ) dapat diterima sah apabila memenuhi syarat yang ditetapkan PPM-PJ.Pasal 3 Syarat-syarat Keanggotaan 1. 2. Setiap anggota berkewajiban bergabung dalam organisasi Perkumpulan Pelajar dan Mahasiswa Puncak Jaya (PPM-PJ) yang ada. Anggota Perkumpulan Pelajar dan Mahasiswa Puncak Jaya di Manado Sulawesi Utara yang dapat diterima secara sah dari BP. 3.PPM-PJ di Manado Sulawesi Utara. Pasal 5 Kewajiban Anggota 1. 3. Pasal 4 1. 2. maka pengurus berhak mengambil tindakan sesuai dengan peraturan organisasi anggaran dasar AD PPM-PJ. 2. Apabila tidak dipindahkan. Berhak berbicara dan mengucapkan pendapat dalam organisasi PPM-PJ. Berhak mendapatkan perilaku adil untuk memilih dan dipilih dalam kepengurusan Perkumpulan Pelajar dan Mahasiswa Puncak Jaya (PPM-PJ). Berhak dari segi dan bentuk apapun sesuai aturan organisasi Perkumpulan Pelajar dan Mahasiswa Puncak Jaya (PPM-PJ). 3. Setiap anggota yang berkewajiban berdominasi organisasi Perkumpulan Pelajar dan Mahasiswa Puncak Jaya (PPM-PJ) dan BP di Sulawesi Utara. Pasal 6 Kepribadian Anggota . Setiap anggota berkewajiban untuk bertanggung jawab dalam semua usaha untuk pencapaian tujuan Perkumpulan Pelajar dan Mahasiswa Puncak Jaya (PPM-PJ) di Manado Sulawesi Utara.

b. Anggota 1. Apabila tidak di indahkan. 3. 3. 2. maka pengurus berhak mengambil tindakan sesuai dengan mekanisme organisasi yang ada. Memberikan peringatan teguran pertama secara lisan. maka anggota berhak mengadakan rapat luar biasa untuk memecat dan menghentikan dari jabatan pengurus. Pasal 7 Pelanggaran Perbuatan pengurus maupun anggota yang melanggar anggaran dasar dan anggaran rumah tangga dan pengaturan organisasi akan diselesaikan lewat prosedur organisasi yang berlaku dan mengambil keputusan dalam rapat dengan cara : a. Apabila tidak di indahkan. Pengurus 1.Kepribadian seorang anggota ke daerah lain harus sepengetahuan Badan Pengurus Perkumpulan Pelajar dan Mahasiswa Puncak Jaya (PPM-PJ) di Manado Sulawesi Utara. Peringatan kedua membuat pernyataan secara tertulis dan dibacakan di depan anggota. Peringatan kedua secara forum dalam rapat umum anggota PPM-PJ akan ditegur. . 2. Memberikan peringatan teguran secara lisan oleh pembina dan pengarah.

Pelindung 2. Bidang Kaderisasi dan Organisasi 4. Koordinator Bidang 1. Koordinator bidang 7. Bidang Kesejahteraan 5. Wakil Sekretaris 4. Bidang Humas 6. Bidang Keamanan 8. Koordinator rayon c. Pembina 4. Wakil Bendahara 6. Bendahara 5. Bidang Pendidikan dan Penalaran 3. Ketua dan wakil ketua 2. Pengarah b. Bidang Minat dan Bakat 7. Susunan Badan Pengurus Harian 1. Bidang Kewanitaan . Bidang Mental dan Spiritual 2. Susunan Pengurus adalah 1.BAB III SUSUNAN PENGURUS Pasal 8 Susunan Pengurus a. Sekretaris 3. Penasehat 3.

Rayon Tondano 2. 2. Mahasiswa Puncak Jaya (PPM-PJ) di Manado Sulawesi Utara. Penasehat. Pelajar dan Mahasiswa Puncak Jaya (PPM-PJ) di Manado Sulawesi Utara. Pelindung adalah Allah Tritunggal yang berkuasa atas kita hidup dan Di Sulawesi Utara sebagai induk organisasi Perkumpulan Pelajar dan Melindungi dan memperhatikan terhadap anggota Perkumpulan kehidupan. Pembina dan Pengarah a. Rayon Manado Tengah Pasal 9 Tugas dan Wewenang Pelindung. Pembina 1. 2.d. 3. d. Pengarah 1. anggota demi kelangsungan organisasi. . c. 2. Pembina adalah senior yang diangkat dan ditunjuk memberikan Memberikan pembinaan sewaktu-waktu kepada Pengurus dan wewenang dan input yang positif dalam organisasi PPM-PJ. Pengarah adalah senior yang diangkat dan ditunjuk mengarahkan setiap operasional kegiatan Pengurus dalam organisasi untuk mencapai tujuan. b. Koordinator Rayon 1. Pengarah berkewajiban mendampingi dan mengarahkan setiap kegiatan operasional pengurus dan anggota. motivasi kepada pengurus dan anggota apabila melakukan pelanggaran dalam organisasi dan rayon. Rayon Malalayang 3. Pelindung 1. Penasehat Memberikan nasehat.

Bertindak atas nama pengurus memberikan laporan pertanggungjawaban kegiatan-kegiatan Perkumpulan Pelajar dan Mahasiswa Puncak Jaya (PPMPJ) selama masa jabatannya berakhir di muka forum MUA. 2. 3. 1. Sekretaris administrasi organisasi Perkumpulan Pelajar dan 1. Menata dan menyusun seluruh inventaris organisasi. Pengarah. 6. Membantu Sekretaris dalam menyelesaikan penanganan administrasi 1. Bertindak atas nama Pengurus menyelesaikan masalah-masalah organisasi secara interen dan eksteren. 7. 5. 2.Pasal 10 Badan Pengurus Harian a. Memimpin kegiatan-kegiatan pengurus dan mengatur pembagian serta . b. Wakil Ketua Tugas dan wewenang Wakil Ketua adalah untuk membantu Ketua dalam melaksanakan tugas sesuai dengan pemberian wewenang yang dilimpahkan dan melaksanakan tugas apabila Ketua ada halangan atau keluar daerah. Menyelesaikan Mahasiswa Puncak Jaya (PPM-PJ) di Manado Sulawesi Utara. 2. Ketua mempunyai tugas mengangkat dan menghentikan staf pengurus yang tidak berfungsi berdasarkan hasil keputusan Rapat Badan Pengurus. Melaksanakan tugas apabila sekretaris ada halangan/keluar daerah. Ketua pelaksanaan tugas-tugas koordinator bidang dan koordinator setiap rayon masing-masing. Pembina. 3. d. Mengkoordinasi kepada Koordinator Bidang dan Koordinator Rayon dalam menjalankan program kerja yang telah ditetapkan melalui MUA. 4. Wakil Sekretaris Perkumpulan Pelajar dan Mahasiswa Puncak Jaya (PPM-PJ) di Manado Sulawesi Utara. Untuk mengatur dan menata bagian organisasi secara baik dan teratur. Bertindak atas nama Pengurus melaksanakan konsultasi timbal balik dengan Penasehat. Mengawasi dan mengontrol seluruh keberadaan anggota. c.

Menyampaikan aspirasi anggota Rayon kepada Badan Pengurus Harian dan menyampaikan hasil keputusan Badan Pengurus Harian kepada setiap anggota rayon masing-masing. Pasal 12 Wewenang Koordinator Rayon 1. Koordinator Rayon adalah perpanjangan tangan dari Badan Pengurus Harian. Bendahara atas perbendaharaan organisasi Perkumpulan Pelajar dan Mahasiswa Puncak Jaya (PPM-PJ) di Manado Sulawesi Utara secara jujur dan benar. Membantu Bendahara dalam mengelola keuangan organisasi dalam . f. Masing-masing koordinator bidang mempunyai tugas untuk melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan kepada Pengurus Harian setelah kegiatan dilaksanakan. 3. 1. Pasal 11 Tugas dan Wewenang 1. 2. Koordinator Bidang dapat menjalankan tugas sesuai program kerja yang telah ditetapkan. Memegang dan mengelola keuangan organisasi dan bertanggung jawab 2. Untuk melaksanakan program kerja Badan pengurus Harian dan mengkoordinir kegiatan yang dilakukan di rayon. 1. Wakil Bendahara Perkumpulan Pelajar dan Mahasiswa Puncak Jaya (PPM-PJ) di Manado Sulawesi Utara. 2. 2. Melaksanakan tugas apabila Bendahara berhalangan atau keluar daerah.e. Menyusun dan melaporkan keadaan keuangan setiap akhir bulan di hadapan seluruh anggota PPM-PJ Manado Sulawesi Utara.

Sumber Dana Perkumpulan : Pelajar dan Mahasiswa Puncak Jaya (PPM-PJ) di Manado Sulawesi Utara dapat diperoleh kegiatan organisasi. Pemeriksaan pembukaan keuangan dapat dilakukan setiap akhir triwulan. Dana iuran anggota dapat dipergunakan untuk kegiatan-kegiatan organisasi. Pasal 15 Tim Audit Keuangan 1. Pembina dan Pengarah. Pasal 14 Penggunaan Keuangan 1. Sumber dana Perkumpulan Pelajar dan Mahasiswa Puncak Jaya (PPM-PJ) di Manado Sulawesi Utara diperoleh dari iuran anggota. 2. 2. 2. Pengontrol dan pemeriksa keuangan Perkumpulan Pelajar dan Mahasiswa Puncak Jaya (PPM-PJ) di Manado Sulawesi Utara dapat dilaksanakan oleh Penasehat. Sumber dana dari Perkumpulan Pelajar dan Mahasiswa Puncak Jaya (PPMPJ) di Manado Sulawesi Utara diperoleh dari para donatur lainnya dianggap sah. BAB V RAPAT ANGGOTA/FORUM Pasal 16 .BAB IV KEUANGAN Pasal 13 Sumber Dana 1. 3. Dana donatur lain tidak terkait dapat dipergunakan untuk kesejahteraan organisasi.

BAB VI MUSYAWARAH UMUM ANGGOTA (MUA) Pasal 18 Musyawarah Musyawarah Umum Anggota satu periode dapat dilaksanakan sekali dalam dua tahun. . sedangkan peninjau mempunyai hak bicara. Pembina. MUA dinyatakan sah jika dihadiri oleh 2/3 jumlah anggota Perkumpulan Pelajar dan Mahasiswa Puncak Jaya (PPM-PJ) yang hadir.Rapat Anggota Rapat anggota merupakan forum tertinggi. Apabila BP Pengurus tidak melaksanakan tugas dan tanggung jawab maka anggota dapat dikoordinir kembali. Rapat dilakukan sekurangkurangnya tiga bulan untuk Pengurus dan 6 bulan untuk evaluasi. Pengarah serta Peninjau. Pasal 17 Rapat dilaksanakan apabila 2/3 jumlah anggota yang hadir dianggap sah. Pengurus mengambil keputusan berdasarkan jumlah suara yang terbanyak. Peserta Sidang MUA mempunyai hak suara dan hak bicara. Penasehat. Jika musyawarah dan mufakat tidak berhasil maka diambil keputusan atas dasar voting oleh pengurus. Rapat Umum Anggota (PPM-PJ) Di Manado Sulawesi Utara. Pasal 19 Musyawarah Umum Anggota Peserta MUA terdiri dari Badan Pengurus PPM-PJ Anggota. Sekretaris dan Anggota. Rapat Umum Anggota dapat dilaksanakan jika ada masalah dalam kepengurusan. Pimpinan sidang MUA dipilih oleh peserta sidang MUA yang terdiri dari seorang Ketua.

Laporan pertanggungjawaban Badan Pengurus dibuat setelah 6 bulan sebelum berakhirnya masa bhakti. Penetapan hasil keputusan MUA. Hal-hal yang belum tercantum tata tertib ini diatur dalam peraturan tersendiri selama sepanjang tidak bertentangan dengan tata tertib itu. Pasal 22 1.MUA sementara berlangsung anggota yang terdaftar dalam daftar hadir dalam sidang tetapi tidak diikuti serta dalam pemungutan suara dianggap abstain dan tidak diperkenankan perolehan suara apabila waktu pemungutan suara sudah lewat. Setelah berakhirnya masa bakti maka dipilih kembali melalui MUA. Pasal 20 Kriteria BAB VII MASA BAKTI. PEMILIHAN. setelah itu MUA dianggap sah untuk dilanjutkan. PENGANGKATAN STAF DAN PELANTIKAN Pasal 21 Masa Bakti Badan Pengurus 1. dilakukan satu kali ketukan palu oleh pimpinan sidang. Dalam sidang MUA anggota yang hadir dalam keadaan dapat mengganggu jalannya sidang tidak diperbolehkan keikutsertaan dalam sidang umum. . 2. Satu periode dua tahun. Bila pertanyaan di atas tidak dapat dipenuhi maka MUA dimundurkan paling lama 1 x 24 jam.

Sistem Pemilihan Badan Pengurus Pasal 24 Pelantikan Pengurus 1. Pasal 23 Pemilihan Pemilihan Badan Pengurus Harian hanya berhak dilakukan oleh Forum Musyawarah Umum Anggota (MUA). Penasehat atau hamba Tuhan. Pelantikan pengurus dilakukan di muka forum resmi diawali dengan ibadah dan dilantik. dilakukan setiap periode dengan peraturan organisasi.2. . BAB VIII MOTTO DAN ATRIBUT PPM-PJ Pasal 27 Motto Motto Perkumpulan Pelajar dan Mahasiswa Puncak Jaya (PPM-PJ) di Manado Sulawesi Utara. Sekaligus dilakukan oleh Pelindung. 2. Pengurus membacakan sumpah janji di muka anggota. Pemilihan Badan Pengurus dapat dilakukan secara demokratis. Laporan pertanggungjawaban Badan Pengurus dilaporkan secara tertulis di muka sidang MUA sesudah berakhirnya masa bakti. Pasal 26 Serah Terima Jabatan Penyerahan serah terima jabatan dilakukan setelah acara pelantikan.

misi dan tekad serta pandangan yang bersifat utuh yang harus dan terus diprakarsasi oleh PPM PJ Sulawesi Utara. Pasal 30 Warna pada Gambar dan Arti 1. 2. Keterangan Bentuk Luas bentuk lingkaran. 3. Berkarya dan Berhasil” Pasal 28 BENTUK LAMBANG ORGANISASI A. Tulisan warna hijau menunjukkan moto : Bersatu. . berkarya dan berhasil. Warna coklat menunjukkan jabat tangan secara budaya. Berkarya dan Berhasil. Dua lingkaran luar dalam dan tulisan berwarna hijau menunjukkan gunung. Di dalam lingkaran ada goresan nama organisasi dan nama kabupaten kedudukan organisasi. Lingkaran luar menggambarkan ikatan kesatuan PPM-PJ. Lingkaran dalam menggambarkan komitmen/tekad yang sudah bulat. 3. 2.“Bersatu. Jabat tangan secara budaya yang terletak di dalam lingkaran pada posisi yang menghubungkan lingkaran luar dalam. Keterangan Gambar 1. Pengertian Lambang PPM-PJ Lambang PPM-PJ adalah cermin kepribadian. Jabat tangan secara budaya menjadi satu tujuan untuk bersatu. B. visi.

3. 2. harus memenuhi syarat dengan koridor organisasi atau yang berlaku dalam AD dan ART PPM-PJ. Panjang 1 meter Lebar ½ b. Ukuran Bendera 1. Sarana dan prasarana. BAB IX ATURAN TAMBAHAN Pasal 33 Peringatan 1. Tulisan pada Bendera terdiri dari 1. Memperingati Natal Yesus Kristus. 2. Pasal 32 Cap Stempel 1. Memperingati HUT PPM-PJ di Manado Sulawesi Utara. Yang akan memisahkan diri dari Organisasi Induk (PPM-PJ). Syarat-syarat organisasi harus memenuhi syarat sebagai berikut : a. Warna Bendera Putih c. 2. . Penggunaan bendera dapat digunakan dalam acara ulang tahun PPM-PJ di Manado Sulawesi Utara . Tertulis nama organisasi Lambang organisasi di tengah Di keliling dengan benang coklat d. Bentuk lingkaran 2.Pasal 31 Bendera dan Panji a. Pasal 34 Aturan Tambahan 1. Dalam lingkaran mengelilingi nama organisasi Perkumpulan Pelajar dan Mahasiswa Puncak Jaya (PPM-PJ) di Manado Sulawesi Utara. 2.

Yemto Tabo (Nipu Sekret . Kedudukan organisasi harus jelas.) aris Anggota 1. Badan Pengurus PPM-PJ mengeluarkan rekomendasi harus lewat Penasehat. dan akan diputuskan lewat Musyawarah Umum Anggota (MUA). tertulis. Selaku Badan Pengurus dilarang keras mengeluarkan rekomendasi tanpa sepengetahuan seluruh Anggota PPM-PJ. Wonda 2. Luther Beanal 3. Dapat rekomendasi dari Organisasi Induk dengan syarat sebagai berikut: a. Pengarah Organisasi melalui musyawarah untuk mufakat. Pembina. BAB X PENUTUP Pasal 35 Hal-hal yang belum diatur dalam AD dan ART ini akan diperbaharui sesuai kebutuhan pada forum MUA. Ditetapkan : di Manado Hari Pukul : Sabtu : 17.b. b. c. Jumlah anggota maksimal 100 orang.00 wita Pada tanggal : 25/09/2010 PIMPINAN SIDANG TETAP (Yuliman Enembe. c. Dino L. Mengajukan permohonan penerbitan rekomendasi secara lisan. 3.) Ketua r Karoba.

.

PEMILIHAN BADAN PENGURUS VII.PENJELASAN SINGKAT TENTANG KONDISI ORGANISASI OLEH PARA SENIOR V. PEMILIHAN PIMPINAN SIDANG TETAP IV. PEMBAHASAN AGENDA-AGENDA SIDANG II. SIDANG-SIDANG KOMISI VI. PEMBAHASAN TENTANG TATA TERTIB SIDANG III. SIDANG BADAN FORMATOR .AGENDA-AGENDA SIDANG I.

Oleh karena itu mahasiswa asal Kabupaten Puncak Jaya memandang perlu untuk membuat Anggaran Dasar. menyatukan tekad dengan tidak memandang perbedaan suku. Bahwa dalam perjalanan sejarah bangsa-bangsa telah terbukti mahasiswa memainkan peran yang sangat penting dan strategis dalam ikut menentukan arah dan gerak langkah negara ini dalam semua aspek kehidupan. damai sejahtera berdasarkan Pancasila UUD 1945 dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan semangat Bhineka Tunggal Ika )berbeda-beda tetapi satu) merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat dan komponen termasuk mahasiswa yang merupakan tulang punggung demi terwujudnya cita-cita nasionalisme lebih khususnya tanah air papua. ditangani dan dihormati di lingkungan pergaulan baik nasional regional maupun internasional. Bahwa tujuan utama yaitu menuntut ilmu pengetahuan dan teknologi mahasiswa juga memiliki tugas mulia yaitu sebagai kekuatan moral. Bahwa agar dalam menjalankan tugas dan peranannya dapat terlaksana secara maksimal seluruh mahasiswa Puncak Jaya harus mendapatkan barisan bergandengan tangan menyelaraskan langkah. agama.ANGGARAN DASAR PEMBUKAAN Bahwa terwujudnya masyarakat yang adil. makmur. ras. antara golongan sebagai penggalang tetap menerima kebhinekaan sebagai rahmat Tuhan yang harus disyukuri sebagai bukti kemahakuasaanNya. melaksanakan fungsi kontrol bagi pemerintah dalam melaksanakan setiap kebijakannya agar senantiasa berpihak kepada kepentingan rakyat termasuk masyarakat yang adil dan makmur. angaran rumah tangga dan garis-garis besar haluan organisasi (GBHO) . mahasiswa yang berintegritas tinggi dengan kompetensi ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat dipertanggungjawabkan syarat mutlak untuk mewujudkan Puncak Jaya yang unggul.

2. b. ras dalam bingkai kekeluargaan. 3.BAB I NAMA. Pasal 3 PPM-PJ bersifat kekeluargaan dan pembinaan. kepribadian peningkatan IPTEK dan kualitas mahasiswa asal Puncak Jaya. Pasal 4 PPM-PJ berfungsi : a. agama. Nama organisasi ini Perkumpulan Pelajar dan Mahasiswa Puncak Jaya disingkat (PPM-PJ). . Sebagai wadah untuk pembinaan dan pembentukan karakter tanpa memandang latar belakang suku. Saran-saran untuk pengembangan integritas. PPM-PJ berkedudukan di Manado Sulawesi Utara. BAB II AZAS DAN FUNGSI Pasal 2 PPM-PJ berasaskan Pancasila dan UUD 1945. WAKTU. PPM-PJ didirikan pada tanggal 08 Oktober 2000 di Manado Sulawesi Utara dengan waktu yang tidak ditentukan. TEMPAT – KEDUDUKAN Pasal 1 1.

Mempertahankan Pancasila dan UUD 1945. MOTTO DAN KOMITMEN . Meningkatkan kualitas intelektual dan penguasaan IPTEK Melaksanakan berbagai kegiatan organisasi untuk tercapai serta integritas kepribadian yang tinggi. visi ikatan mahasiswa Puncak Jaya. Pasal 6 Guna mencapai tujuan sebagai mana pada Pasal 5 di atas PPM-PJ memiliki tugas pokok : d. g. TUGAS KEGIATAN Pasal 5 Tujuan didirikannya PPM-PJ adalah sebagai wadah kekeluargaan dan pembinaan yang mengikat dan mempererat persatuan seluruh mahasiswa asal Kabupaten Puncak Jaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. diatur dalam peraturan organisasi yang dikeluarkan oleh Badan Pengurus. f. Serta membangun hubungan pemerintah harmonis sesama mahasiswa Puncak Jaya di Sulawesi Utara dengan pemerintah maupun antara sesama mahasiswa Papua di Sulawesi Utara. e. Ketentuan tentang Departemen/Biro Kegiatan sebagaimana tersebut pada pasal 7 ayat (1) di atas. MISI. Membangun hubungan yang baik antara mahasiswa Puncak Jaya dan pemerintah. Guna pencapaian tujuan (pasal 5) dan demi maksimalnya pelaksanaan tugas pokok (pasal 6) maka PPM-PJ membentuk sejumlah Departemen/Biro Kegiatan. 2. sesama mahasiswa Puncak Jaya maupun mahasiswa Papua dengan semangat kekeluargaan.BAB III TUJUAN. Pasal 7 1. BAB IV VISI.

3. Trias Komitmen Mahasiswa Puncak Jaya tercantum dalam peraturan organisasi yang dikeluarkan oleh Badan Pengurus PPM-PJ. PPM-PJ memiliki atribut yang terdiri dari lambang (logo). unggul dalam penguasaan IPTEK mencintai dan rela berkorban demi tercapainya visi organisasi. Pasal 11 1. Ketentuan atribut dan kegunaannya diatur dalam mekanisme organisasi yang dikeluarkan oleh Badan Pengurus. 2. bendera. BAB VI KEANGGOTAAN Pasal 13 . berintegritas tinggi. serta memiliki kecintaan terhadap daerah dengan dilandasi oleh semangat kekeluargaan. PPM-PJ memiliki komitmen yang disebut Trias Komitmen Mahasiswa Puncak Jaya. dll. stempel. Pasal 9 PPM-PJ memiliki misi yaitu membina dan membentuk mahasiswa Puncak Jaya yang takut akan Tuhan. Yabu Erowok yang artinya : Bersatu. Trias Komitmen Mahasiswa Puncak Jaya adalah pernyataan kebulatan tekad perjuangan anggota demi tercapainya tujuan visi organisasi. panji-panji. pakaian seragam. 2. BAB V ATRIBUT Pasal 12 1. Berkarya dan Berhasil. dan tinggi pengabdian. Pasal 10 PPM-PJ memiliki motto yaitu.Pasal 8 PPM-PJ memiliki visi yaitu membentuk mahasiswa Puncak Jaya yang tinggi ilmu.

BAB VIII WILAYAH KERJA Pasal 15 1. 3.PJ. Ketentuan lebih lanjut tentang pembagian wilayah Koordinasi dan Koordinator wilayahnya sebagaimana dimaksud pada pasal 15 ayat (2) diatur dalam peraturan organisasi yang dikeluarkan oleh BP. 2. BAB IX ALAT KELENGKAPAN ORGANISASI Alat kelengkapan PPM-PJ terdiri dari : 1. Badan Pengurus disingkat badan pengurus meliputi seluruh wilayah Koordinator Wilayah disingkat KORWIL meliputi wilayah Propinsi Sulawesi Utara Kabupaten/Kota studinya. b. 2. 2. Dalam rangka koordinasi kegiatan. PPM. Musyawarah Umum Luar Biasa .1. PPM-PJ memiliki struktur wilayah kerja sebagai berikut : a. Ketentuan yang lebih lanjut tentang hak dan kewajiban anggota sebagaimana dimaksud pada pasal 14 ayat (1) diatur dalam Anggaran Rumah Tangga PPM-PJ. Keanggotaan PPM-PJ bersifat terbatas bagi pelajar dan mahasiswa asal Kabupaten Puncak Jaya. Seluruh anggota PPM-PJ memiliki hak dan kewajiban yang sama. BAB VII HAK DAN KEWAJIBAN ANGGOTA Pasal 14 1. Ketentuan mengenai persyaratan anggota PPM-PJ sebagaimana tersebut pada pasal 13 ayat (1) diatur dalam Anggaran Rumah Tangga PPM-PJ. Musyawarah Umum Anggota (MUA) 2. beberapa basis perguruan tinggi dalam satu Kabupaten/Kota studi digabungkan dalam wilayah koordinasi berada di bawah seorang koordinator dengan sebutan Koordinator Wilayah.

Rapat Kerja 5. Pembina/Pengarah .3. Rapat Kerja Badan Pengurus Pusat BP 4.

Rapat Kerja BP dilaksanakan setiap kali dalam setahun. a. b. Membahas. kepengurusan musyawarah umum anggota atau musyawarah umum luar biasa. Musyawarah Umum Luar Biasa mempunyai wewenang sama dengan MUA dengan ketentuan : a. e. menilai dan menerima pertanggungjawaban BP Tangga organisasi. c. sesuai dengan AD/ART. dan berwenang mengadakan evaluasi terhadap pelaksanaan program organisasi dan menetapkan penjabaran program kerja tahun berikutnya. Mengubah dan menetapkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Menetapkan program umum organisasi. Diadakan oleh Badan Pengurus atas usulan sekurang-kurangnya 2/3 BP wajib (PPM-PJ) melanggar AD/ART atau gagal dalam koordinator wilayah apabila kelangsungan organisasi dalam keadaan terancam. b. memberikan pertanggungjawaban pelaksanaan Musyawarah Umum. Musyawarah Umum Anggota adalah : Pemegang kekuasaan tertinggi organisasi. . dan peraturan organisasi lainnya. Memilih dan menetapkan Badan Pengurus PPM-PJ. Apabila BP PPM-PJ tidak lagi dapat melaksanakan tugasnya maka Umum Luar Biasa dilaksanakan atas undangan Musyawarah pembina/pengarah. Badan Pengurus berwenang menentukan kebijaksanaan tingkat BP sesuai dengan AD/ART.Pasal 17 1. dan diadakan sedikitnya satu kali dalam 2 (dua) tahun. dengan wewenang : a. Keputusan Musyawarah Umum Luar Biasa Peraturan organisasi lainnya. BP melaksanakan amanat musyawarah umum/anggota. Dengan memperhatikan Keputusan Musyawarah Umum Luar Biasa BP berkewajiban melaksanakan segala ketentuan dan kebijaksanaan menetapkan dan mengesahkan Personalia Koordinator Wilayah. 2. b. PPM-PJ. 3. c. d. 4. Membentuk badan-badan lain yang dipandang perlu.

tentang perkembangan organisasi. Bila terjadi kevakuman di tingkat BP atas usulan sekurang-sekurangnya 2/3 wilayah koordinasi maka pembina pengarah dapat mengundang pelaksanaan musyawarah luar biasa. Pembina Pengarah berwenang memberikan saran atau usulan kepada Badan Pengurus. Bantuan perorangan. Iuran rutin bulanan anggota. maka keputusan dianggap sah bila disetujui oleh sekurang-kurangnya 2/3 dari jumlah peserta yang hadir. 2. Memberi pertanggungjawaban evaluasi tahunan Melaksanakan 5. .pada Musyawarah Umum Anggota. Usaha-usaha yang lain. mengambil keputusan perubahan AD/ART. Keuangan organisasi diperoleh dari : a. apabila dihadiri oleh sekurang-kurangnya 2/3 dari jumlah peserta yang berhak. Semua jenis Musyawarah Umum dan rapat sebagaimana tersebut pasal 17 adalah sah. maka keputusan diambil berdasarkan suara terbanyak. atau lembaga yang tidak mengikat. b. serta pemilihan pimpinan. d. Dalam Musyawarah Anggota. Umum namun apabila untuk hal tersebut tidak memungkinkan. Bantuan dari Propinsi/Pemerintah Daerah. BAB X FORUM DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN Pasal 18 1. a. c. BAB XI KEUANGAN Pasal 19 1. 3. c. Pengambilan keputusan pada dasarnya dilakukan secara musyawarah umum anggota atau mufakat.

Musyawarah sebagaimana yang dimaksud dalam pasal 20 ayat (1) dinyatakah yang hadir. sah apabila dihadiri oleh sekurang-kurangnya 2/3 dan keputusannya sah apabila disetujui sekurang-kurangnya 2/3 jumlah peserta . Dalam hal terjadi pembubaran organisasi. maka segenap kekayaan organisasi diserahkan kepada institusi/lembaga disetujui oleh Musyawarah Umum sebagaimana tersebut pada pasal 20 ayat (1) dan (2). Yang berhak membubarkan PPM-PJ adalah Musyawarah Umum Luar Biasa yang khusus diadakan untuk kepentingan tersebut. Apabila terjadi perbedaan penafsiran terhadap ketentuan dalam AD.2. 2. Perubahan terhadap Anggaran Dasar ini hanya dapat dilakukan oleh Musyawarah Umum Luar Biasa. Ketentuan yang lebih lanjut tentang pengelolaan keuangan organisasi sebagaimana dimaksud diatur dalam AD/ART PPM-PJ. BAB XIII KETENTUAN PERALIHAN Pasal 21 1. 2. Pengelolaan keuangan organisasi dilaksanakan secara tertib sesuai dengan aturan organisasi yang berlaku pada AD/ART yang berlaku. maka tafsir yang sah ditetapkan oleh BP dan dipertanggungjawabkan dalam Musyawarah Umum Anggota. BAB XII PEMBUBARAN Pasal 20 1. 3. 3.

Untuk pertama kalanya AD/ART PPM-PJ serta susunan Badan Pengurus ditetapkan oleh para pendiri PPM-PJ. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga PPM-PJ merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya. 25 September 2010 KUASA PENDIRI PERKUMPULAN PELAJAR DAN MAHASIWA PUNCAK JAYA (PPM-PJ) . 4.BAB XIV PENUTUP Pasal 22 1. Anggaran Dasar ini berlaku sejak tanggal ditetapkan. Hal-hal yang belum diatur dalam AD ini akan diatur selanjutnya dalam ART atau peraturan organisasi lainnya yang tidak bertentangan dengan AD/ART. 2. Ditetapkan di Manado Pada tanggal. 3.

30 09.00-11.00 15.00-09.00-16.30-15.00-06.00-14.00 09.00 14.00 17.00-09.30-10.30 07.00-13.30-12.00 PEMBUKAAN LAPORAN KEGIATAN TOPIK MATERI PERSIAPAN DAN MASUK DALAM RUANGAN DOA PEMBUKAAN PEMBUKAAN SIDANG MUA LAPORAN PANITIA MUA PENGESAHAN AGENDA MUA PENGESAHAN TATIB SIDANG PEMILIHAN PIMPINAN SIDANG TETAP LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN PENGESAHAN LAPORAN PENGESAHAN DEMISIONER IBADAH PENERIMAAN ANGGOTA BARU KOMISI A : AD KOMISI B : ART KOMISI C : GBHO KOMISI D : REKOMENDASI-REKOMENDASI DAN GBPK MAKAN SIANG LAPORAN HASIL SIDANG KOMISI PENGESAHAN HASIL SIDANG PENGAJUAN NAMA BAKAL CALON PEMUNGUTAN SUARA PERHITUNGAN SUARA PENGESAHAN BERITA ACARA PEMBENTUKAN FORMATUR SIDANG DISKOR DALAM JANGKA WAKTU YANG TIDAK DITENTUKAN DOA 10.00 11.MUSYAWARAH UMUM ANGGOTA (MUA) PERKUMPULAN PELAJAR DAN MAHASISWA PUNCAK JAYA (PPM – PJ) JADWAL ACARA MUA WAKTU 06.00 13.30 13.00 SIDANG PLENO I PENGESAHAN SIDANG PLENO II PENGESAHAN SIDANG PLENO III PENGESAHAN ISTIRAHAT SIDANG PLENO IV SIDANG PLENO V PENGESAHAN SIDANG PLENO VI PENUTUP - .

maka akan diterima sebagai anggota PPM-PJ secara sah. harus ada rekomendasi dari BP.REKOMDASI-REKOMDASI BAB I 1. PPM-PJ di manado Sulawesi utara. kota studi tersebut.karena memenuhi syarat-syarat tersebut di atas.PJ di Manado Sulawesi Utara Memisahkan diri dari wadah sendiri harus memenuhi persyaratan volume mahasiswa minimal 50 dan maksimal 20 orang di sertai dengan surat permohgonan sebelumnya. 3. Apabila mahasiswa /anggota PPM-PJ dari kota studi manado sulawei utara pinda ke kota studi lain harus memberikan rekomendasi dari BP. 2. . Mua ke VII PPM-PJ di manado Sulawesi utara ini yang memenuhi isyarat untuk diberikan rekomdasi adalah: Gorongtalo dan Puncak Papua . Mahasiswa transfer dari kota studi lain. 4. 5. PASAL I Apa bila memisahkan wadah dari organisasi induk harus meberikan rekomedasi oleh BP.PPM.

Luther Beanal E. Pimpinan sidang tetap Musyawara Umum Anggota (MUA) yang ke VI periode 2010-2012: A. Wonda D. Tololiu Supit Teling Atas BERITA ACARA I. Yento Tabo Nama-nama tersebut Menetapkan secara resmi sebagai badang pengurus terpilih periode 2010-2012 atas nama saudara KEMI WONDA. Pada hari sabtu 25 sebtember 2010 jam 14-20 wita bertempat di gedung pingkan matidas yang bertanda tangan di bawah ini . Di tetapkan di: Manado Pada Tanggal : 25/09/2010 Pukul : 18. Degan demikian berita acara ditetapkan sebagai badang pengurus yang telah terpili masa bakti 2010-2012. Dengan kehadiran Musyarah Umum anggota Perkumpulan Pelajar dan Mahasiswa Puncak Jaya di Manado Sulawesi Utara pada hari sabtu tanggal. Yuliman Enembe B. Dain Weya 2.25/sebtember/2010. Dino L. Di gedung Pingkan Matindas Manado adalah jumlah anggota 158 orang Mahasiswa berhak memilih dan di pilih. Dan pada saat perhitungan hasil pemungkutan suara terbanyak adalah: 1. Nipur Karoba C.PERKUMPULAN PELAJAR DAN MAHASISWA PUNCAK JAYA (PPM-PJ) DI MANADO SULAWESI UTARA MOTTO: “Bersatu. Kemi Wonda memperoleh suara terbanyak dengan jumla 70 orang 2. 1. Sebagi bakacolon pengurus di bawa ini adalah: 1. Budi wenda milly Tiga orang tersebut pimbinan sidang tetap menetapkan sebagai calon badan pengurus periode 20101-2012. Dain Weya memperoleh suara jumlah 56 orang 3. Iteko Tabuni 4. seluruh hak dan ketetapan atau kelengkapan menyankut organisasi PPM-PJ melekat kepadanya. berkarja dan berasil” Sekretariat: Astrama Mahasiswa Puncak Jaya Jln. Budi wenda tidak lolos dari kriteria . Iteko tabuni memperoleh suara jumlah 5 orang 4.05 Wita II. Kemy Wonda 3.

Bertempat di Asrama Mahasiswa Puncak Jaya Jl.Dengan demikian suara yang terbanyak adalah KEMI WONDA sebagai badan pengurus Perkumpulan Pelajar dan Mahasiswa Puncak Jaya di Manado Sulawesi Utara periode 2010-2012.05/Oktober/2010. III. Pelabntikan Badan Pengurus Baru Pelantikan badan pengurus Panitia Musyawarah Umum Anggota (MUA) di selengarakan pada taggal. .Tololiu Supit Teling Atas di Manado Sulawesi Utara.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful