NASKAH VIDEO PEMBELAJARAN

Judul Program Sasaran Kompetensi

: Etika dalam Kehidupan Masyarakat : Masyarakat Luas : 1. Menguasai prinsip dasar etika yang terkandung dalam Pancasila. 2. Mampu mengaplikasikan prinsip dasar etika dalam kehidupan bermasyarakat.

Durasi Penulis Naskah

: 30 ± 45 menit. : 1. Aisha Salimah 2. Andi Nur Faizah 3. Bety Prastiwi 4. Debby Rahmawati 5. Nurlela

Penelaah Materi Penelaah Media Produksi

: : :

A. PENGANTAR Pancasila merupakan landasan utama dalam kehidupan bermasyarakat. Salah satu sila yang erat kaitannya dengan etika adalah sila ke-2 yang berbunyi ³kemanusiaan yang adil dan beradab´. Dalam sila kemanusiaan yang adil dan beradab terkandung nilai bahwa negara harus menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia sebagai makhluk yang beradab. Oleh karena itu dalam kehidupan kenegaraan terutama dalam peraturan perundang-undangan negara harus mewujudkan tercapainya tujuan ketinggian harkat dan martabat manusia, terutama hak-hak kodrat manusia sebagai hak asasi harus dijamin dalam peraturan perundang-undangan negara. Kemanusiaan yang adil dan beradab mengandung nilai suatu kesadaran sikap moral dan tingkah laku manusia yang di dasarkan pada potensi budi nurani manusia dalam hubungan dengan norma-norma dan kebudayaan pada umumnya baik terhadap diri, sesama manusia, maupun lingkungan. Nilai kemanusiaan yang adil dan beradab adalah perwujudan nilai kemanusiaan sebagai makhluk yang berbudaya, bermoral, dan beragama.

dan menghindari hal-hal tindakan yang buruk. Seperti tawuran. SETTING Presenter berada di studio dengan latar belakang dekorasi lambang pancasila. NO SCENE NASKAH VISUAL Muncul LOGO GUNADARMA. CUPLIKAN VIDEO PEMBUKAAN AUDIO Lagu garuda pancasila KETERANGAN 1 2 Cuplikan kilasan video pelanggaran . pelanggaran lalu lintas. disusul dengan persembahan judul ETIKA DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT. sedangkan etika adalah untuk pengkajian sistem nilainilai yang berlaku. aturan lalu lintas. pembuat program disertai tulisan VIDEO PEMBELAJARAN PANCASILA SEBAGAI ETIKA POLITIK. Kemudian. masyarakat diharapkan untuk menyadari etika dalam kehidupan sehari-hari. memiliki intonasi nasional. moral dan etika sering terabaikan. Oleh karena itu. F. Etika juga disebut adat kebiasaan atau cara hidup seseorang dengan melakukan perbuatan yang baik (kesusilaan). Etika dan moral lebih kurang sama pengertiannya. dalam bermasyarakat. tidak hanya sekedar teori tetapi juga harus diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat. buruk. dan membuang sampah sembarangan. beberapa video pelanggaran etika maupun yang menaati etika. tetapi dalam kegiatan sehari-hari terdapat perbedaan. baik. penjelasan presenter mengenai definisi etika secara umum. dengan bantuan video pembelajaran ini. PROPERTI E. D. Hal itu kita sebut dengan etika.Dalam kehidupan masyarakat yang adil dan beradab. Namun. suara menarik. ditutup dengan ajakan presenter untuk menerapkan etika dalam kehidupan bermasyarakat khususnya pada kehidupan pelajar. Dia duduk di belakang meja. Tampilan dimulai dengan video hasil wawancara kepada beberapa kalangan masyarakat. C. Khususnya dalam kehidupan pelajar. seperti benar. B. dan lingkungan. PEMAIN TALENT Presenter seorang pria /wanita . aturan lalu lintas. tidak lepas dari aturan sikap dan moral. SINOPSIS Program video ini menampilkan perilaku-perilaku masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. yaitu moral atau moralitas untuk penilaian perbuatan yang dilakukan. Di atas meja terdapat sebuah vas bunga dan sebuah notebook. salah. dan tanggung jawab. dan lingkungan.

atau bagimana kita harus mengambil sikap bertanggungjawab berhadapan dengan berbagai ajaran moral. menurut Suseno. 4 MENAMPILKAN VIDEO WAWANCARA DARI BEBERAPA KALANGAN MASYARAKAT MENGENAI ETIKA Video wawancara dengan mahasiswa . sebenarnya etika merupakan suatu pemikiran kritis dan mendasar tentang ajaran-ajaran dan pandangan pandangan moral. Namun. etika adalah suatu ilmu yang membahas tentang bagaimana dan mengapa kita mengikuti suatu ajaran moral tertentu. dapat kita lihat dalam video . apakah pengertian etika tersebut sudah benar-benar dipahami oleh masyarakat? Berikut cuplikan hasil wawancara kami kepada beberapa kalangan masyarakat mengenai etika. 6 7 8 MENAMPILKAN VIDEO MASYARAKAT YANG MENAATI ETIKA MENAMPILKAN VIDEO MASYARAKAT YANG TIDAK MENAATI ETIKA Ajakan presenter kepada Pemirsa. 5 Presenter menjelaskan mengenai pengertian etika. 3 Presenter membuka acara Presenter: Pemirsa. Etika sangat luas ruang lingkupnya. hanya dititik beratkan pada lalulintas. dan lingkungan. pelajar. karyawan . dalam pembahasan kali ini. Lalu. Namun. sejauh manakah masyarakat mengaplikasikan etika dalam tiga poin tersebut? Berikut cuplikannya.sekitar 1 menit. etika telah dipelajari sejak kita duduk di bangku sekolah dasar. Presenter: Jadi. pegawai .

Begitu sedihnya apabila hal ini terus terjadi. marilah kita mulai dari sekarang untuk mengaplikasikan etika tersebut. Tak terbayangkan. belum diaplikasikan. Etika hanya menjadi teori.audience bahwa banyak masyarakat kita yang masih belum menyadari etika. Oleh karena itu. Namun. siapa lagi? 9 PENUTUP . Kalau bukan kita. betapa semrawutnya bangsa kita dimasa mendatang.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful