Manajemen Pemasaran Terhadap Produk SIDOMUNCUL Definisi Pemasaran dan Manajemen Pemasaran Menurut Philip Kotler, pemasaran adalah

proses sosial dan manajerial yang

promosi dan distribusi ide, barang dan jasa

untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujua

1.1 Kebutuhan, Keinginan dan Permintaan Titik tolak pemasaran terletak pada kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan manusia adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Orang membutuhkan sandang , pangan, rumah, rasa aman, dicintai, harga diri, dan aktualisasi diri untuk hidup. kebutuhan kebutuhan yang lebih mendalam. Orang Amerika membutuhkan tetapi keinginannya adalah nasi.

erhadap

makan

uan dan kesediaan untuk membelinya. Keinginan menjadi permintaan jika

didukung daya beli. Banyak

1.2 Produk Produk adalah segala sesuatuyang dapat ditawawarkan untuk memuaskan suatu kebutuhan dan keinginan. Pelanggan memuaskan kebutuhan dan keinginannya lewat produk. Istilah lain dari produk adalah penawaran atau pemecahan. Produk dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu barang fisik, jasa dan

nsultasi, praktikum) dan gagasan (menemukan diri,

bekal masa depan, persaudaraan). Hotel menyed

Produk PT Sido Muncul Kuku Bima Type: Serbuk Kuku Bima Ginseng Type: Serbuk Kuku Bima TL Plus Tribulus Type: Serbuk Tolak Angin Anak Type: Fls Kuku Bima Ener-G Type: Botol Kuku Bima TL Type: Serbuk Tolak Type: Saset Angin

Tolak Angin Ekstra Hangat Type: Tablet

ering mengangk t masuk angin. Nilai dap Manfaat (Kepuasan) yang dirasakan Harga (Biaya) Nilai sebagai senjata untuk bersaing harus mempunyai strategi kepemimpinan biaya dalam menciptakan ke . Itu pun masih bernama Antingin dan belum digarap secara benar. kaplet obat anti-angin -? sekaligus meningkatkan popularitas Basuki. Harga dan Manfaat Intisari pemasaran adalah menciptakan nilai pelanggan lebih besar daripada yang adalah perkiraan pelanggan atas seluruh kemampuan produk untuk memuaskan kebutuhannya. Retna Widawati. mengakui.3 ilai. Manajer Produk SM. bersa N 1. Tolak Angin merupakan salah satu p pastinya. m tulang punggung perusahaannya. Produk obat masuk angin ini melejit tanpa kendala berarti. Miliaran rupiah dihabiskan PT Deltomed Laboratories untuk Antangin. Bahkan kini.Tolak Angin Flu Type: Fls Tolak Angin Permen Type: Tablet Hisap kan produknya. Barulah pada 1997. menghiasi layar kaca. 1970-an.

Sesungguhnya saat itu tahun 1999 sudah ada jamu sejenis Antangin yang olak Angin kalah moncer ketimbang Antangin. n adalah satu-satunya obat masuk angin berbentuk kaplet. Barangkali karena suasana krisis moneter waktu itu.4 Kepuasan Pelanggan. sehingga lebih praktis dan lebih mudah di . ha 1.nsep nilai guna sementara kebutuhan dalam pemasaran syariah ditentukan oleh konsep maslah berdaya guna secara moral. Kepuasan pelanggan dalam pemasaran syariah tidak han produk itu jika produk itu haram. Kepuasan pelanggan merupakan perasaan senang atau kecewa dari pelanggan langgan sangat puas atau sangat senang.

i yang 50%-7 uba yang. Itu pun. sosial-budaya. Pernah pada 1998 SM mencoba meluncurkan Tolak Angin berb sebagai endorser .6 Konsep pemasaran strategis Konsep pemasaran strategis adalah konsep pemasaran yang mengubah fokus makro. usaha itu tidak berhasil. 1. dan praktis hanya DL dan SM yang beriklan. dianggap dapat diterima oleh semua kalanga . masyrakat dan pemerintah. demografi. Jaringan pemasaran terdiri dari perusahaan dan semu iklan yang mewakili keluarga Cina yang sudah lama tinggal di Indonesia dan telah terbiasa dengan 1. DL bisa mendapatkan bonus Antangin terlihat menonjol. Namun. Perubahan lainnya adala pelanggan. memberikan diskon karena krisis moneter. manajemen.ketat. berdasarkan hasil survei. spesifikasi masing-masing berbeda. ekonomi. berdasarkan hasil survei yang dilakukan SM.5 Jaringan Pemasaran Pemasaran hubungan merupakan praktek membangun hubungan jangka sahaan yang disebut jaringan pemasaran. SM lebih fokus memasarkan Tolak Angin cair. Tolak Angin cair dapat tumbuh stabil dan mulai dapat nurut Wiwied. karyawan. hukum-politik dan teknologi. Waktu itu.

Sampai Juni 2003. uga agresif beriklan. iklan pun dibuat sederhana. terutama diterima oleh kalangan menengah-atas. ia dari k ebelumnya lebih fokus pada gerai tradisional dan pedagang jamu seduh. Masih menurut data Nielsen Media Research. diubah dengan mulai menampilkan modernisasi pabrik dan semakin yakin akan khasiat dan higienitas produk ini. n lebih informas nikasi dengan meluncurkan tema ?orang pintar?. berturut-turut SM menggunakan Rhena menganggap figur-figur tersebut merupakan orang pintar di bidang masing-masing. asti. Sekarang mereka me asil dengan Antangin dalam bentuk kaplet. menggunakan multi-agen. S ." ungkap Wiwied. gah? bawah." jelasnya." ujarnya lagi. kini mereka juga mulai men anak perusahaan SM-mereka juga bekerja -sama dengan PT Kebayoran Farma untuk menggarap pasar apotek dan toko obat. bertema lelucon. ma 2002 SM menghabiskan Rp 23 miliar untuk berpromosi di berbagai media. Sejak itu." ujarnya. bagai produk menengah yang dekat dengan khalayak luas. m penjualan untuk biaya promosi. Alasannya sederha nontradisional. tahun 2002 DL menghabiskan Rp DL telah merogoh kocek Rp 7. a.kalangan menengah-bawah yang merupakan pasar terbesar produk ini tidak kaget. mengungkapkan bahwa SM cukup banyak mendapatkan konsumen baru. sebelumnya mereka hanya tapi juga nasional. penjualan kami melonjak sampai 100%. mencoba menunjukkan bahwa produknya d endorser produk ini. Adapun yang dilakukan SM. tahun ini DL mulai mengincar pasar yang lebih luas lagi. Mulyo menjelaskan. DL tetap meluncurkan iklan dengan versi yang lebih modern. Sosok Basuki dipertahankan. "Tahun pertama.28 miliar untuk mempromosikan produknya." ujarnya." kata Wiwied.

" kata Wiwied seraya menyebutkan. Untuk menunjukkan peluncuran varian baru produknya. Lagi pula. Rp 1. "Kami melihat pasar obat kategori kaplet sudah cukup aman.orser ." ungkapnya. DL menduetkan Basuki dengan Peggy Mel pun sama. Antangin JRG berhasil menyabet penghargaan sebagai produk yang paling memuaskan di kate Antangin dapat diterima oleh konsumen. dari sisi kualitas produk. kategori cair." ujar Mulyo. strategi komunikasi SM yang lebih fokus pada segmen dibanding Antangin. cair merupakan tantangan langsung DL terhadap SM. Antangin masu kan di menenga u ini." ujarnya. akan pelayan menikmati ritual minum jamu masih cukup besar. konsisten meningkatkan kepuasan pelanggannya. harga dan pertumbuhan penjualan sebesar 35%. kontribusi To .200/ sachet .

22.: MANAJEMEN PEMASARAN Mata Kuliah Dosen Pengasuh: EKA MARYANTINI. SE Pokok Bahasan: PRODUK SIDOMUNCUL PADA MARKETING MIX DISUSUN OLEH Abdul Halim 09.0077 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful