POSTING BY : TRI YULIANTO JUNE.06.

2011

AWAN PENGHALANG PEMAHAMAN Oleh: Gede Prama Di suatu malam yang suntuk, ada beberapa bapak muda dengan wajah lesu dan layu menunggui isterinya melahirkan. Dalam suasana sepi penuh penantian, tiba-tiba keluar dari pintu seorang dokter dengan senyum gembira. Sambil menyalami seorang bapak, dokter ini berucap : "Selamat, anak Anda kembar dua". Seperti sudah tahu sebelumnya, bapak tadi berucap datar : "Saya sudah tahu dokter, karena telah lama saya bekerja di dua kelinci". Empat puluh lima menit kemudian, dokter yang sama keluar lagi lengkap dengan senyumnya yang khas. Kali ini yang disalami seorang bapak yang lain : Anda hebat, anak Anda kembar tiga". Mirip dengan bapak tadi, iapun hanya berucap datar : "saya juga sudah ramalkan dokter, karena sejak dulu saya bekerja di tiga roda". Satu jam setelah kejadian terakhir, keluar lagi dokter yang peramah ini. Kali ini ia senyum penuh keheranan. Sambil menyalami bapak yang lain, ia berucap kagum : Anda paling hebat, anak Anda kembar empat !". Tanpa ada tanda-tanda kejadian ini disutradarai manusia, bapak yang memiliki anak kembar empat ini juga hanya menjawab biasa-biasa saja : "saya sudah duga dari dulu dokter, karena saya bekerja di empat sekawan". Setelah mendengar dialog antara dokter dengan suami-suami pasien ini, tiba-tiba saja seorang bapak jatuh pingsan. Dan repotlah semua pihak dibuatnya. Setelah tidak sadarkan diri selama dua jam, dan membuat banyak orang khawatir, tibatiba ia sadar dan langsung bertanya pada dokter : "nasib isteri saya bagaimana dokter, sebab saya bekerja lama di Auto 2000 ?". Nah sebelum tertawa disamakan dengan kegiatan teroris, karena akhir-akhir ini banyak penguasa amat takut sama teroris, sebaiknya Anda tertawalah sebanyak-banyaknya. Lebih banyak Anda tertawa lebih bagus. Terutama mentertawakan kedunguan pikiran sebagai jembatan pemahaman. Berbeda dengan jembatan yang sebenarnya yang menyeberangkan siapa saja dari satu daratan ke daratan lain tanpa perlu melakukan pemerkosaan, pikiran menyeberangkan manusia dari satu pengertian ke pengertian lain lengkap dengan pemerkosaannya. Serupa dengan lelucon di atas, ada banyak sekali manusia yang pikiran dan mind-nya tidak menjadi jembatan pengertian, sebaliknya malah menjadi awan penghalang pengertian. Ada Amerika yang pengertiannya tentang Afghanistan menjadi demikian menyimpang, ada Osama yang pemahamannya tentang Amerika jauh panggang dari api. Dalam keseharian saya bertemu banyak sekali orang yang mata dan penglihatannya dibuat demikian kotor oleh mind dan pikiran. Ketika tulisan ini dibuat, saya barusan habis dimaki-maki dan dibentak-bentak oleh seorang sahabat pengusaha yang sejarah hidupnya banyak sekali dipermainkan dan dikhianati orang. Sehingga kehadiran orang lain seperti saya, dipotret dengan kaca mata kecurigaan yang diproduksi pengalaman masa lalu. Dan sayapun tampil dengan potret penjahat di wajah mind demikian.

Dalam tataran pengertian ini, saya rindu sekali dengan J. Krishnamurti, penulis karya spektakuler dengan judul "Freedom From The Known". Dimana tugas setiap orang yang menginginkan kejernihan dalam hidup adalah "to set him/herself totally and unconditionally free". Membuat diri kita bebas secara total tanpa syarat dari segala keterkondisian. Keterkondisian yang datang dari luar (pengetahuan, pengalaman, ideologi, agama, dll) lebih mudah untuk diseleksi dan dipilah-pilah, karena memang ia berasal dan berada di luar. Akan tetapi, keterkondisian yang datang dari dalam seperti keyakinan dan kepercayaan, ia lebih bahaya dari sekadar musuh dalam selimut. Keterkondisian dari luar mirip dengan tamu yang datang berkunjung, dan kalau kita tidak suka tinggal menutup pintu rumah kehidupan rapat-rapat. Tetapi keyakinan dan kepercayaan kita sendiri, ia adalah pemilik rumah kehidupan itu sendiri. Disamping berada di dalam rumah, sulit dibayangkan kita bisa mengusir pemilik rumah dari rumahnya sendiri. Di satu kesempatan, Krishnamurti pernah berucap : It is words, explanations, memories, that clouds the understanding of the fact . Kata-kata, penjelasan, ingatan adalah rangkaian awan yang bisa menutupi pengertian. Dan lebih berbahaya lagi, ada tidak sedikit orang yang mengidentikkan pengertiannya dengan awan-awan penghalang tadi. Dalam pengalaman saya berinteraksi dengan orang yang memorinya penuh dengan kecurigaan, setiap kata dan penjelasan selalu " sekali lagi selalu - dikaitkan dengan memori masa lalu yang diyakininya. Sebagai akibatnya, setiap usaha untuk melihat kejadian dan orang baru, selalu dihalangi oleh memori masa lalu. Lebih dari itu, maka kejadian dan orang barupun terlihat persis sama dengan kejadian dan orang kemaren dulu. Kalau saja semua orang seperti ini, saya, Anda dan semua orang kualitas penglihatannya lebih buruk dari kualitas penglihatan orang-orang buta. Pengetahuan, kearifan, kebijaksanaan, ideologi dan bahkan agama sekalipun, lewat begitu saja di depan mata tanpa sempat kita selami pada kedalaman-kedalaman pengertian yang penuh keheningan. Oleh karena alasan itulah, telah lama saya terbang di dunia pengertian melalui dua sayap : hening dan ikhlas. Jangankan dipecat, matipun ikhlas. Keduanya tidak memerlukan kata-kata, penjelasan apa lagi memori. Mirip dengan sudah sampai di ketinggian, agar tetap bisa tinggal di sana, tugas kita sekarang adalah menendang tangga-tangga yang membawa kita sampai di sini. Termasuk menendang tulisan yang tidak menarik ini !

Belum lagi ditambah dengan kekerasan-kekerasan tersembunyi lainnya. Nyatanya. dengan resiko ditertawakan orang. diharapkan bercak dan aliran darah bisa dihilangkan. Yang jelas. formal religion no. setelah kekerasan muncul. mereka muncul sebagai pahlawan.ajah kekerasan di sanasini. mari kita sama-sama ulas persoalan dianaktirikannya kedamaian oleh kekerasan. banyak orang yang tingkat penghormatannya lebih rendah di bandingkan daerah Jawa lainnya terhadap nama Gajah Mada. Poso. Dulunya. bahkan ada yang menjadi penguasa baru. tapi menjadi santapan wacana yang digemari. setelah kemerdekaan direbut dan pembangunan dijalankan. beberapa tokoh publik dan organisasi masyarakat " kalau tidak mau dikatakan kebanyakan " malah "mendulang" hasil dari kekerasan. mereka menuduh lembaga terakhir sudah tidak berfungsi lagi sebagai pembawa misi perdamaian. sulit diingkari kenyataan. tidakkah rezim yang sedang berkuasa ini adalau output dari mesin raksasa yang bernama kekerasan ? Kalau mesinnya mesin kekerasan. Industri keuangan dan perbankan yang dirampok orang di sana-sini.BIARKAN KEDAMAIAN BICARA Oleh: Gede Prama Dalam jangka waktu yang amat lama. Mereka yang diteropong oleh Naisbitt masuk ke dalam kotak spirituality yes. pembakaran dan sejenisnya. mungkin menyebut agama telah gagal. . semakin banyak berita kekerasan muncul dalam wacana publik. Yang jelas. Hubungan industrial yang ditandai banyak demonstrasi. baik di masa orde lama. Irian Jaya. Uang negara yang dijarah dari dulu hingga sekarang. Ambon. Tidak juga menghasilkan pahlawan dan penyelamat. wacana publik kita ditandai oleh kekerasan yang memperkuda kedamaian. orde baru. Di Jawa Barat sana. Sejarah manusia yang memang membawa kekerasan ke mana-mana. Aceh. Kadang saya malah bertanya penuh keraguan. penyelamat. Mereka yang antikekuasaan akan menunjuk hidung kekuasaan sebagai biang keladi. serta semakin banyak orang mau membaca dan terlibat wacana. jauh sebelumnyapun sejarah kita sudah ditandai oleh wajah. Entah mana yang lebih mewakili. pemogokan. ada tidak sedikit orang yang berharap agar kedamaian diberi kesempatan untuk berbicara. Tidak hanya setelah republik ini merdeka. Boleh saja dia tidak menarik selera wacana banyak orang. Pemerhati pendidikan lain lagi. atau karena publik lebih tertarik dengan topik-topik kekerasan. Apa lagi yang ada di balik ini semua kalau bukan sejarah kekerasan. Bercak dan aliran darah ada di mana-mana. bukankah menjadi hak azasi setiap orang untuk hidup damai ? Dibandingkan terlalu banyak bertanya. adilkah kalau kita mengharapkan output kedamaian dari sana ? Anda jawab sendirilah pertanyaan-pertanyaan penuh keraguan tadi. Buktinya. Sejarah masa penjajahan apa lagi. Jakarta hanyalah sebagian saja dari sekian banyak kekerasan mengerikan. semakin laris medianya. bahkan sampai sekarangpun ia masih menjadi berita di hampir setiap media. Tidak membuat media menjadi laris manis. Anda mungkin sudah mahfum. Dan deretan panjang kekerasan lainnya. Akan tetapi.

Demikian khususnya. Akankah kita biarkan kedamaian menjadi kuda bisu yang ditunggangi kekerasan ? . keakuan memang sudah menjadi sumber pertengkaran di mana-mana. batallah pertengkaran yang sudah direncanakan terlebih dahulu ini. Salah satu laporan majalah Fortune . Kedamaian ( demikian mereka meyakini ) adalah syarat utama dari produktivitas. Cerita ilustratif ini menunjukkan. Bedanya dengan kekerasan yang datang tanpa diundang. apa yang bisa kita capai kalau setiap hari isinya hanya pertengkaran ? Ada yang bertanya.Izinkan saya meneropong persoalan ini di tingkat individu. Namun. bukankah kedamaian akan lebih terasa nikmatnya kalau kita pernah mengalami kerusuhan ? Tentu saja. Dan sepakatlah mereka untuk memulai pertengkaran. sehingga memerlukan biaya yang amat besar. Mirip dengan keluarga di rumah. Sang isteri berkata dengan nada membentak : "ini ketela kesukaanku !". kesediaan dan kesabaran untuk senantiasa awas dengan keakuan tadi. kemudian menjawab dengan penuh kesabaran : "ya itu memang kesukaanmu. Bibit-bibit keakuan terakhir bisa bersumber dari keyakinan dan perasaan benar. harga diri yang tinggi. dan marilah kita makan sama-sama seperti biasa". dll. keserakahan akan harta dan tahta. Ada sebuah kualitas pribadi yang berperan besar dalam memproduksi kekerasan. Dalam keakuan. terutama dengan hadirnya kekerasan di banyak pojokan ruang publik. untuk mengundang sejumlah rahib Buda sebagai pelatih. banyak sekali hal yang sebenarnya berasal dari kedamaian sekalipun. bisa berubah menjadi kekerasan. Dan suaminya berfikir sejenak. ada kebutuhan untuk sekali-sekali bertengkar satu sama lain. apa yang mereka sebut dengan mistik-mistik baru dunia usaha adalah kecenderungan sejumlah raksasa usaha di sana. Ternyata. Suatu hari. kedamaian memerlukan "undangan" khusus agar dia datang. kehidupan merupakan hasil dari dialektika. sudah dan akan terus membantu proses menuju kedamaian.( maaf saya lupa edisinya) pernah melaporkan sebuah kecenderungan yang mereka sebut dengan the new corporate mystiques. mengajari ekskekutif hidup dalam kedamaian. Coba bayangkan sepasang suami isteri yang sudah sejak lama hidup damai di hutan tanpa gangguan berarti. kita bisa melakukan dan mencapai lebih banyak hal. Maka. Sebab. Mirip dengan kehidupan kita sekarangsekarang ini. sulit diharapkan berhasil optimal kalau salah satunya jauh lebih dominan dibandingkan yang lain. Dalam kedamaian. Dan dialektika terakhir. Melainkan. Dia bernama Aku. Bukan untuk mengajak orang masuk agama Buda.

kita sedang melukis diri kita sendiri. semua orang hanya mau bercakap-cakap yang positif saja. ia bisa menerka percakapan apa yang terjadi di balik banyak lukisan. juga berhobi memproduksi penyakit yang akan dihadiahkan pada tubuhnya sendiri. Sehingga bagi siapa saja yang cukup peka untuk memaknai karya seni. Demikian juga sebaliknya. Dari penyakit fisik sampai dengan penyakit psikis. Dan percakapan adalah kuas. orang yang isi percakapannya hanya dan hanya negatif. entah tatkala berhadapan dengan banyak perkara. menempatkan orang lain dalam posisi tidak pernah benar. kita manusia biasa memiliki juga hasil dari percakapan panjang kita bersama diri sendiri. tentu dihadang tantangan yang lebih besar. Orang-orang yang terlalu lama memformat lukisannya dengan percakapan-percakapan negatif.BICARA BAIK ATAU DIAM Ada sejenis kecemburuan tersendiri kalau saya melihat seorang pelukis sedang melukis. Dan hasil yang paling representatif adalah badan yang kita bawa kemana-mana selama hidup. entah di manapun kita selalu bercakap-cakap dengan diri sendiri. Perhatikan badan dan sinar mukanya. atau bersembunyi di balik kesenangan sesaat. layak dicermati kembali bagaimana persisnya kita bercakap-cakap dengan diri sendiri setiap harinya. orang-orang seperti ini sedang memukul. Agak berbeda dengan pelukis di mana lukisanlah salah satu hasil percakapannya dengan diri sendiri. bukankah berbeda sekali dengan orang lain yang percapakannya lebih banyak berisi hal-hal yang positif ? Lebih dari sekadar memiliki wajah berbeda. Ia juga berakar dalam pada wilayah-wilayah di luar kesadaran. Dilihat dalam bingkai berpikir seperti ini. sampai dengan suka berkelahi dengan banyak orang. Tidak hanya sejak bangun pagi sampai tidur malam kita melakukan percakapan. Melalui kegiatan bercakapcakap dengan diri sendiri. Sayangnya. Berbagai jenis penyakit siap menawarkan diri secara amat suka rela kepada orang-orang jenis ini. Kalau kemudian lukisan kehidupannya berwajah hancur lebur. warna yang menjadi bahan-bahan kita dalam melukis. kertas. Mirip dengan pelukis. bahkan ketika tidurpun kita bercakap-cakap dengan diri sendiri. tentu bukan karena sengaja dihancurkan orang lain. Atau kalau mau lebih dalam. . seorang pelukis kemudian mengungkapkan hasil percakapan tadi ke dalam sebuah lukisan. dengki. Di luar kesengajaan mereka. apapun yang kita percakapkan dengan diri sendiri akan memberikan warna terhadap lukisan (baca : wajah) kita sendiri. iri. hidup ini isinya serupa dengan kegiatan melukis. Coba Anda perhatikan orang-orang yang suka sekali bicara negatif. Di sinilah letak tantangannya. menusuk dan bahkan menghancurkan badan dan jiwanya. Kalau semuanya bisa digerakkan dari tataran kesadaran semata. Dalam tingkat penyederhanaan tertentu. Entah ketika di depan cermin. Bedanya dengan pelukis. jiwa adalah salah satu hasil lain dari percakapan jenis terakhir ini. Dalam bingkai renungan seperti ini. kekuatan di balik percakapan tidak saja berada di wilayah kesadaran. ada aspek yang disengaja ada juga aspek yang tidak disengaja. Dari ngerumpi kejelekan orang lain.

Sekaligus memberikan kompas. percakapan memang kendaraan yang amat menentukan dalam hal ini. Dari serangkaian contoh ini. tetapi menangkap esensi yang paling esensi. itulah yang sedang saya percakapkan dengan sang diri ketika tulisan ini dibuat. kalau tidak bisa diamlah.Akan tetapi. Bentuk tubuh yang tidak menarik sebagai contoh lain. Tampaknya terlalu sederhana. kenapa tidak dibelokkan menjadi serakah belajar dan berusaha. ke arah mana perjalanan percakapan sebaiknya dilakukan. . Kalau ada yang menyebutnya susah. Karena mirip dengan lukisan indah yang senantiasa dihasilkan pelukis dengan penuh perjuangan. Namun tertawa dengan cara mentertawakan kekurang fisik orang lain tentu saja layak untuk dikurangi. atau juga kekurangan diri sendiri. Dan atas rahmat Tuhan lukisan kehidupanpun mungkin berwajah lebih menarik. Bicaralah hal-hal yang baik saja. Serakah misalnya. Sebagaimana telah dikemukakan sebelumnya. demikian juga dengan lukisan kehidupan. akankah kita membuat lukisan diri sendiri yang berwajah indah. Setidaknya. or be silent. atau bopeng mengerikan di sana-sini. Kebiasaan mumpung sebagai contoh lain. kenapa tidak digunakan sebagai cambuk untuk mengembangkan kecantikan dari dalam diri. pilihan diserahkan ke kita. Demikian juga ketika melihat kekurangan orang lain. Iri hati juga serupa. namun curiga apa lagi menuduh orang lain tanpa bukti mungkin perlu rem yang menentukan dalam hal ini. Waspada dan hati-hati juga tidak salah. tentu saja tidak salah. Seorang sahabat jernih pernah memberikan pedoman amat sederhana dalam hal ini : speak good. atau diam sekalian. Kita hanya perlu mengingat sebuah kalimat sederhana : bicaralah yang baik. bisa saja energi-energi iri hati digunakan sebagai mesin pendorong kemajuan yang amat menentukan. Tertawa tentu saja boleh dan bahkan sehat. mumpung berkuasa kenapa tidak segera menjadi contoh dari hidup yang lurus dan bersih. Terutama disiplin untuk mendidik mulut dan pikiran. yang diperlukan sebenarnya kesediaan untuk senantiasa berdisiplin di dalam diri. serta membelokkan setiap energi negatif ke tempat-tempat yang lebih produktif. seberapa besarpun tantangannya.

atau cintaseorang pria kepada seorang wanita. yang menyebut hanya ada satu puncak yaitu cinta. Kerap saya ragu dan bingung. Seorang peserta lokakarya yang amat sarkastis di awal. Yang diharapkan bisa membunuh seorang hakim yang membongkar kasus lama.CINTA MEMBUAT KITA BERSAYAP Entah dari mana datangnya kekuatan. Merasa takut dan tidak puas dengan hasil format terhadap Mel Gibson. mengumpulkan pengetahuan lewat internet. Sekali lagi. yang lebih mengagumkan adalah cerita film ini. Dalam presentasi di depan petinggipetinggi Citibank Indonesia dari country manager sampai dengan semua vice president saya bertemu dengan banyak sekali orang pintar dengan jam terbang yang mengagumkan. memang dilatarbelakangi oleh dunia intelejen yang penuh teka-teki. Akan tetapi. . kerakusan dan keserakahan. Saya bertemu dengan banyak manusia yang amat beragam. di akhir malah memeluk saya sambil memberikan hadiah sepasang sepatu mahal. Di akhir cerita.Entah cinta sang hakim pada puterinya. Film inspiratif yang dibintangi Mel Gibson dan Julia Roberts ini. Mirip dengan guru Aikido yang bernama Morihei Ueshiba. Hal yang sama juga terjadi. menantang dan kadang kejam. diformat ulang agar ia menjadi seorang pembunuh yang berdarah dingin. namun bolak-balik saya didamparkan pada puncak ide yang bernama cinta. membaca ribuan buku. merendahkan. ia pun dikejar dan disiksa. Mel Gibson dan Julia Roberts memang bermain mengagumkan. yang jelas seluruh energi cinta ini menghentikan energi membunuh Mel Gibson yang penuh dengan format penguasa. dicerahkan oleh pergaulan yang demikian luas. Ada yang sombong. semua itu lewat tanpa halangan yang menakutkan. ia selamat berkat sayap yang bernama cinta. Kemudian. dengan modal sayap yang bernama cinta. perjalanan ide saya juga demikian. Mel Gibson memorinya diacak-acak dan dihancurkan. ketika melakoni diri menjadi konsultan yang harus berhadapan dengan pengusaha-pengusaha sukses yang kaya raya. Dari bacaan. menghina sampai dengan kagum penuh pujian. Namun. Untuk tujuan kekuasaan yang penuh kekejaman. Bahkan sampai mengerahkan seluruh komponen aparat keamanan. Demikian juga ketika saya bersama anak-anak menonton film The Theory of Conspiracy di HBO suatu malam pertangahan Maret 2000. begitu Mel Gibson siap membunuh sang hakim. majalah. koran. Akan tetapi. diperkaya oleh film yang sempat saya tonton. maupun tontotan. ia melihat cinta seorang hakim terhadap puterinya (Julia Roberts) yang menawan. semuanya berujung pada lorong yang bernama cinta. secara amat romantis Mel Gibson bertutur apik : love gives us wing. tanpa usaha yang terlalu keras. Kalimat apik terakhir ini mengingatkan saya pada sejumlah pengalaman berat. setelah belajar jauh ke negeri orang bertahun-tahun. Demikian juga ketika diajak keliling Indonesia oleh Tupper Ware. pergaulan.

alam semesta. Untuk kemudian. memberi semampu mungkin ke anak. tetangga. Tidak hanya tinggi dalam prestasi materi. Dan ini sebenarnya tidak sulit. orang-orang seperti ini belakangan tidak sedikit yang menaruh hormat yang tinggi. Cinta memang bisa demikian memabukkan kalau tidak dibingkai dengan kedewasaan dan kearifan. Mencintai juga lebih hebat dibandingkan dengan saya. inovasi. Entah dari mana datangnya kekuatan. pengalaman pribadi saya.bagaimana orang yang demikian bermusuhan awalnya menjadi demikian bersahabat. Bahwa cinta bisa membuat kita bersayap. orang tua. Imajinasi. anak. jangan pernah lupa. Seperti Mel Gibson yang mengalahkan format teknologi yang demikian mengagumkan namun kejam. membagi sebagian kecil rejeki ke orang-orang bawah yang memerlukan. cinta membuat kita bersayap. akan banyak gunanya kalau kita membanjiri diri kita dengan cinta. Lebih dari itu. Saya menyisakan sebagian kecil makanan di pinggir piring setiap kali makan. meletakkan daun talas di kolam ikan agar ikan makan dengan lahap. Istri. Tuhan adalah sumber dan sekaligus tempat penyaluran cinta. It's a touch when I feel bad. sebagaimana burung yang bersayap. Dan kemudian membuat tubuh dan jiwa ini terbang demikian enteng dan ringan. tubuh dan jiwa ini juga menikmati kebebasan yang demikian mengagumkan. tetapi juga tinggi dalam prestasi spiritual. Kepala saya pernah diinjak dan dikencingin orang lain. maupun lagunya Boyzone. Anda saya yakin punya cara yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan saya. Dalam politik perkantoran juga sama. ia berfungsi persis seperti sayap besar dan tangguh. terbang tinggi-tinggi dalam kehidupan. Dan siap membawa kita kemana saja kita pergi dalam kehidupan. . inspirasi datang demikian mudahnya dalam kehidupan yang bersayapkan cinta. saya baru saja sadar. Coba perhatikan lirik lagu Boyzone yang berjudul Every Day I Love You. suami. isteri dan orang tua. Namun begitu ia berada dalam bingkai kedewasaan dan kearifan. meletakkan segenggam nasi di pinggir taman rumah agar dimakan oleh burung-burung gereja yang datang setiap pagi. Energi cinta tersedia demikian melimpah di manamana. Dan setelah mendengar pesan Mel Gibson bahwa love gives us wing. Bercermin dari filmnya Mel Gibson. Kita bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja baik dengan biaya mahal maupun murah. Namun. It's a smile when I get mad. Bahkan ada yang melakukannya di depan umum.

muncul kegigihan dan kemampuan untuk memimpin. Sangat orisinil. Dalam tiap pekerjaan yang Anda pilih. Kemudian setelah Anda benar-benar bebas dan independen. lalu lihat artinya? (misalnya Anda lahir tanggal 25 desember 1998. Anda bisa melihat banyak sudut pandang dalam tiap argumen atau situasi. Anda harus belajar untuk berdiri di atas kedua kaki dan tidak tergantung pada orang lain. dan sulit untuk independen. dan Anda selalu merasa harus mengikuti keyakinan Anda sendiri. belajarlah untuk menjadi pemimpin. Sebagai pemimpin alami. tapi mereka bisa gagal bila menjadi pengikut. Anda berbakat sebagai seorang penemu atau inovator. . dan karenanya orang-orang akan mencari Anda sebagai penengah. Baik fisik maupun karakter. Jika berada pada titik terburuknya. Ada dua bagian dalam proses mencapai hal ini: pertama. Jika seseorang dengan angka garis hidup 1 ini belum berevolusi dengan baik. dan politikus mempunyai angka "Garis Hidup" 1. energi angka 1 ini bisa membuatnya menjadi egois. Dengan kekuatan ini. tapi ini justru menyisakan sedikit waktu bagi mereka untuk memperoleh kesenangan yang didapat dari keindependenan. dan menunjukkan sisi negatifnya. Semangat dan potensi tersebut datang dari kedalaman kekuatan yang dimiliki. Mereka yang mempunyai angka garis hidup 1 penuh dengan inspirasi kreatif. Anda mempunyai pengaruh untuk mengambil alih tiap situasi.GARIS HIDUP ANDA Angka-angka dalam tanggal lahir Anda menyimpan banyak makna. Anda memiliki keinginan-keinginan pribadi yang sangat kuat. sikap independen Anda akan terlihat. Jumlahkan sampai menjadi satu angka. pemimpin perusahaan. jumlahkan 25 + 12 + 1998 == 2 + 5 + 1 + 2 + 1 + 9 + 8 + 8 == 36 == 3 + 6 == 9) Garis Hidup 1 Misi hidupnya adalah untuk bisa selalu independen. Garis Hidup 2 Karakter positif dari mereka yang tanggal lahirnya berjumlah 2 adalah kepekaan yang umumnya memiliki kemampuan halus untuk bersikap adil dan seimbang. Banyak jenderal. Banyak dari mereka yang menghabiskan sebagian besar berusaha melepaskan ketergantungan mereka pada orang lain. dan memiliki antusiasme dan dorongan untuk mencapai banyak hal. Terlalu percaya diri dan tidak sabaran. Orang dengan garis hidup 1 harus keluar dari lingkungan yang membuat mereka mudah untuk tergantung. justru yang tampak adalah sisi karakternya yang tergantung pada orang. Orang-orang yang mempunyai angka garis hidup satu ini selalu mempunyai potensi yang hebat untuk menjadi pemimpin.

keindahan dan kesenangan. Ada perhatian yang tulus terhadap orang lain. akting. Orang orang dengan garis hidup 3 yang telah mengasah bakatnya mempunyai bakat kreatif yang istimewa. tapi lebih penting lagi. Anda jujur dan terbuka dalam pikiran. seseorang yang mampu untuk mendengarkan. ekspresi. Pembicara yang trampil dalam arti bukan hanya seseorang yang menyenangkan untuk didengar. sosialisasi. tempat Anda mempraktekkan kemampuan untuk menggabungkan orang-orang dari bermacammacam latar belakang. serta membagi kemampuan kreatif Anda dengan dunia. Anda mampu menyelesaikan berbagai perselisihan dengan cara yang berkelas. tidak cocok dalam dunia bisnis dan walau karakter positifnya menonjol sekalipun.Dalam peran ini. Seorang kolektor alami. dalam arti jarang membuang benda-benda yang (walaupun bagi orang lain sudah pasti dibuang) masih ada gunanya bagi Anda. tidak suka merendahkan diri untuk berargumen. social dan terbuka. Sisi negatif angka garis hidup 2 ini tidak terlalu membawa masalah. dan juga mengerti bagaimana membuat orang lain merasa diterima. . Mengasah kemampuan Anda dalam ekspresi kreatif adalah misi tertinggi bagi angka garis hidup ini. Karakter mereka hangat dan bersahabat. jika sisi negatifnya yang lebih dominan. dan kreativitas sebagai pelajaran yang harus ditempuh dalam hidupnya. Garis Hidup 3 Bagi mereka yang jumlah angka hari lahirnya 3. Anda cenderung berhasil dalam segala kegiatan kelompok. Entertainer kelas dunia. orang-orang yang berkilau dan optimistik termasuk di dalamnya. Halangan dan kesulitan terbesar yang bisa Anda temui adalah kepasifan dan suatu kondisi apatis dan kelambatan. Tidak perlu dijelaskan lagi bahwa mereka dengan angka ini. mereka lebih suka dalam lingkungan yang akrab dan kurang kompetitif. biasanya dalam verbal. Potensi imajinasi kreatif selalu ada. Etiket dan diplomasi merupakan cara Anda berhubungan dengan orang setiap saat. Anda adalah manusia rutinitas yang merasa nyaman untuk selalu mengikuti kebiasaan lama. pembicara yang baik. Tapi Anda adalah seorang master dalam berkompromi dan mempertahankan harmoni dalam lingkungan. ucapan maupun tindakan. Hal-hal baru untuk dicoba bukanlah kesukaan Anda. Sisi cerah bagi orangorang ini bertema harmoni. dan ingin yang terbaik bagi orang lain. tulisan. Juga sikap pesimis dan bisa hanya sedikit hal-hal yang dicapainya. walaupun bisa berupa hal yang laten. atau semacamnya. Anda berpikir yang terbaik tentang mereka. karena mereka tidak selalu tergerak untuk mengembangkan potensi ini. Misi yang harus dicapainya dalam hidup adalah kesuksesan dalam berekspresi. Mereka adalah individu-individu yang selalu diterima dengan baik dalam setiap situasi sosial.

Sifat Anda yang ramai itu mendukung Anda untuk bisa melesat. Anda mempunyai tata krama yang baik dan tampaknya cukup peka akan perasaan dan emosi orang lain. seringkali tanpa kekhawatiran akan hari esok.Sikapnya melihat kehidupan hampir selalu positif. Kemampuan Anda seringkali tersebar dan jadi kehilangan fokus. Anda tidak suka pada orang-orang yang superfisial. walaupun itu salah. Jika kesabaran dan kegigihan merupakan sifat Anda sehari-hari. sikap mereka dalam hidup bisa sangat ringan sampai membuatnya jadi superfisial. dan Anda sendiri terlalu terbuka dengan semua perasaan Anda. dan membumi. Mereka dengan angka garis hidup 3 ini adalah teka-teki. Anda selalu mengharap banyak dari diri sendiri sama seperti Anda mengharap banyak dari orang lain. ataupun netral. dan tidak dikeluarkan saat Anda tidak ada uang. maka kesuksesan besar akan didapatkan dalam hidup. Sisi negatifnya. Cara Anda yang ulet dalam mencapai tujuan hampir seperti obsesi. Anda tidak terlalu pandai menangani perihal keuangan karena tidak menganggap penting hal itu. teater. dan pembawaannya riang dan terbuka. penuh inspirasi. ataupun mampu seluruhnya. apalagi jika Anda mampu memfokuskan energi dan talenta Anda pada minat yang tepat. berarti Anda bisa dipercaya. disain interior. Anda adalah anggota masyarakat yang bisa diandalkan. Jaga agar tidak selalu mengkritik orang. tapi sangat erat dan sekali bersahabat biasanya sepanjang hidup. musik. Pola pikir Anda tidak mudah untuk berubah dan begitu yakin dalam cara Anda menangani persoalan. Sekali sebuah keputusan dibuat. dan represif atau tidak fleksibel terhadap gagasan baru. Anda mempunyai kemauan kuat yang seringkali disalahtafsirkan sebagai sifat keras kepala. Sulit bagi Anda untuk menetap di satu tempat. Sisi negatif dari 4 ini adalah sikap yang terlalu dogmatis. Garis hidup 3 ini memberikan kemampuan di atas rata-rata dalam seni. Anda bisa menghadapi banyak halangan dalam hidup dengan efektif dan langsung kembali bersemangat. 4 . benar. ataupun terlalu optimistik. Baik melukis. Misi dalam hidup adalah belajar untuk mendapat perintah-perintah atau tugas dan melaksanakannya dengan dedikasi dan keuletan. menulis. praktis. Anda merupakan pasangan ideal dalam kehidupan perkawinan dan juga partner bisnis yang bisa diandalkan. Setia dan mengabdi. dan selalu mencari stimulasi dari orang-orang yang sealiran. Hidup dijalani sepenuhnya. dan Anda seringkali berganti mood dan cenderung menghindar. Anda selalu gembira. akan langsung dilanjutkan sampai mencapai konklusi. Sebagai organisator dan perencana yang hebat karena kemampuan Anda melihat persoalan dengan cara praktis. Garis Hidup 4 Bila jumlah angka dalam ulang tahun Anda 4. tidak sabaran. Mungkin tidak banyak teman-teman Anda. Uang akan dibelanjakan saat Anda punya. Garis hidup 4 ini berhubungan dengan elemen bumi yang memberikan kekuatan dan perasaan realistis. berpandangan sempit. lansekap.

Juga penting untuk memilih pekerjaan yang menantang pikiran Anda dan bukannya tugas-tugas yang rutin. Garis Hidup 6 Sangat berbeda dengan nomer 5. Sumbangan terbesar yang Anda berikan dalam kehidupan ini adalah memberikan advis. dan pengertian adalah beberapa karakter Anda. Kesukaan pada sensasi dan petualangan bisa menjadikan diri Anda mengutamakan kepuasan diri dan tidak peka pada perasaan orangorang di sekitar Anda. Kemampuan Anda memahami masalah orang lain. Garis Hidup 5 Minat dan kemampuannya banyak. dan tidak ada ikatan. Karir terbaik adalah yang berurusan dengan banyak orang. dan senang berbagi dengan orang lain. Garis hidup ini temanya adalah kepemimpinan karena kemampuannya dalam memberi teladan dan kesediaan untuk bertanggung jawab. Kebijaksanaan. Anda selalu antusias untuk mengeksplorasi hal-hal baru. Anda ingin selalu bebas. Hal ini menjadikan Anda selalu bersedia menanggung beban kelompok dan siap untuk menolong. dan ini sudah menjadi karakter Anda . jika digunakan secara salah menjadikan Anda tidak mempunyai rasa tanggung jawab dalam tugas maupun pengambilan keputusan dalam kehidupan rumah tangga maupun bisnis. Penting bagi Anda untuk bergaul dengan orang yang mempunyai selera dan pola pikir yang tidak jauh berbeda. Anda seringkali terdorong untuk bertindak dengan kekuatan dan belas kasihan. pelayanan dan dukungan. Bisa dalam bentuk nyata ataupun hanya dalam pikiran. Anda tidak menyukai rutinitas. karakter garis hidup 6 yang paling menonjol adalah rasa tanggung jawab yang besar. Selalu berusaha mencari jawaban bagi misteri kehidupan. suka bersenang-senang. sehingga pekerjaan sehari-hari yang harus langsung diselesaikan bukan untuk Anda. Energi yang ada dalam angka garis hidup 5 ini. Anda simpatik. petualang. dan bahagia jika berguna bagi orang lain. tapi tidak mempunyai arah. serta hindari orang-orang serius dan banyak menuntut. kepribadian ini sangat hedonis. Juga seringkali tidak jelas akan keinginan Anda sendiri. Anda idealis. Orang-orang dengan garis hidup 5 ini adalah komunikator hebat. angka garis hidup 5 ini sangat tidak bisa diandalkan dan menomorsatukan diri sendiri. Sebaliknya dari 4. dan progresif adalah beberapa gambaran bagi mereka yang angka garis hidupnya 5. Apapun itu. keseimbangan. Cinta akan petualangan merupakan tema hidup Anda. Banyak potensi Anda. Bagi sebagian besar. baik membantu dalam hal mental maupun materi. dan tidak mau memikirkan esok hari. tapi yang terpenting adalah Anda harus punya kebebasan untuk mengekspresikan diri Anda setiap saat. hidup untuk hari ini. Bagi mereka yang berada di titik ekstrim negatif.yang negatif punya kecenderungan buruk untuk terlibat terlalu dalam dengan rutinitas sehari-hari dan sering kurang tanggap dengan hal-hal yang lebih luas sehingga tidak jarang kehilangan banyak kesempatan besar yang sekali-sekali datang. dan tahu bagaimana memotivasi orang lain. Hal ini membuat Anda guru yang baik. independen.

Mudah bagi Anda untuk mengetahui adanya kebohongan dan Anda bisa mengenali mana orang-orang yang jujur. Realistis memandang hidup. Anda butuh ketenangan agar bisa mengenali isi hati Anda. Jika karakter buruknya terpupuk. walaupun tidak selalu berkembang seperti ini. bagi garis hidup 6 ini. itu untuk seumur hidup. Seorang intelektual. Dalam bekerja. bukan hal yang disukai. Karena selalu merasa harus bertanggung jawab. hindari terlalu banyak mengkritik diri sendiri maupun kepada orang lain). Anda menjadi seorang pesimis. Dalam banyak hal. walaupun begitu. jika sekali-sekali Anda terpaksa tidak merasa bertanggung jawab. banyak orang. Anda tidak mudah percaya pada saran orang lain. tapi analitis dan tidak terlalu terbuka. Anda mengevaluasi situasi dengan cepat dan benar. Anda sama sekali bukan seseorang yang senang berkumpul dengan orang banyak. dan merasa paling benarsendiri. Jika energi angka 7 dalam garis hidup ini digunakan secara negatif. Anda bersedia untuk mengeluarkan tenaga lebih dari yang diminta. Anda lebih cocok hidup di jaman yang jauh sebelum masa sekarang. keluarga dan teman-teman. Tidak banyak teman Anda. Angka ini juga bersifat spiritual dan sejak kecil sudah menunjukkan kebijaksanaan. jauh dari segala keramaian kehidupan modern. Keramaian. tapi sekali Anda menerima seseorang sebagai teman. memaksakan pendapat sendiri dan mengurusi masalah orang lain. dan penuh rahasia.sejak kecil. maka beban yang dibawanya akan terasa sangat berat. bagi Anda yang terpenting dalam hidup adalah rumah. Anda selalu mengumpulkan pengetahuan baru dalam setiap hal yang Anda temukan. Kekuatan hebat dalam diri Anda terlihat pada dalamnya cara berpikir. Bila individu ini tidak menjalani hidup . Tentu ada sisi negatif pada tiap orang. mana yang tidak. sehingga tidak ada masalah dalam berhubungan dengan orang tua maupun muda. maka ada kecenderungan untuk berlebih-lebihan. karena Anda seorang perfeksionis yang mengharapkan tiap orang memenuhi standar performa yang tinggi. mudah berselisih. Anda memang senang menyendiri. Garis Hidup 7 Mereka yang angka garis hidupnya 7. Anda akan mengerjakannya sampai selesai. Anda tidak akan menerima begitu saja sebuah pandangan tanpa mengetesnya dan memperoleh konklusi sendiri. ilmiah. dan sikap Anda yang tertutup dianggap sebagai mengambil jarak. Pengalaman-pengalaman dan intuisi memandu Anda dalam bertindak. Memang dugaan-dugaan Anda seringkali tepat. dan selalu mencari ilmu. Anda akan sangat merasa bersalah dan akan memberi dampak yang merusak bagi hubungan dengan orang lain. tidak pedulian. dan selalu bisa diandalkan oleh keluarga. Selain itu. Itu tidak benar sama sekali. berjiwa damai dan penyayang. Juga harus dihindari. dan karena Anda tahu benar akan hal ini. Anda harus menghindari kecenderungan terlalu banyak menerima tanggung jawab dan diperbudak oleh orang lain. Anda selalu mengikutinya.

sifat negatif 7 ini bukanlah karakter yang umum. Anda diberkahi dengan potensi hebat untuk menciptakan gagasangagasan yang maju. sulit untuk menghapusnya dengan mudah karena Anda merasa bahwa sudah seharusnya dunia selalu memperlakukan Anda dengan baik. kemudian tinggi di saat berikutnya. Singkatnya. Anda tahu benar bagaimana mengelola diri dan lingkungan Anda. sehingga keluarga. Hal ini menimbulkan rasa terasing dan kesendirian. sedikit sekali waktu untuk impianimpian dan khayalan. Fokus Anda kebanyakan mengenai uang dan kekuatan manipulasi yang ada di dalamnya. serta juga keuletan dan kemandirian untuk merealisasikannya. dan pendekatan Anda yang efisien itu terasah. kemampuan organisasi. penuh dorongan dan kompetitif. Jarang stabil. dengan semua karakter itu Anda sangat siap untuk berkompetisi dalam dunia bisnis atau area lain yang bersifat pertandingan. rumah. Anda independen. Ini adalah misi yang harus Anda pelajari dalam hidup. Kepribadian garis hidup 7 ini egois dan manja.teman di lingkungannya. sebagai suatu hal yang berdampingan dengan kesuksesan materi. Bila ambisi. Garis Hidup 8 Fokus Anda adalah mendapatkan kepuasan yang didapat dari dunia kebendaan. Garis Hidup 9 Sifat-sifat utama mereka yang angka garis hidupnya 9 adalah: rasa kasih pada sesama dan sikap yang sangat humanis. Juga. semua ini . Praktis dan stabil dalam usaha mencapai tujuan-tujuan. Anda harus mencoba untuk selalu menghargai pendapat orang lain. tidak ada hal yang tidak bisa Anda capai. Ia menjadi sebuah pribadi yang sulit karena tidak bisa memikirkan kepentingan orang lain. juga seorang individu yang tidak punya sifat rasialis dalam bentuk apapun. Jika Anda merasa memiliki sifat-sifat ini. Biasanya angka ini menghasilkan individu yang sangat dipercaya dan pribadi terhormat. Keuntungan materi dan penghargaan menjadi hal paling penting. serta sukses dalam materi. Garis Hidup 8 adalah orang-orang yang percaya diri.dengan benar dan tidak belajar dari pengalaman. praktis dan membumi. kuat. Tentu saja. berada di titik rendah pada satu saat. Anda punya keyakinan yang membuat Anda berani Sifat negatif mereka dengan garis hidup 8 kadang-kadang bisa seperti diktator dan seringkali menahan antusiasme dan usaha dari teman. Rutinitas Anda sehari-hari meliputi hubungan-hubungan bisnis. Garis hidup 8 ini mungkin yang paling menganggap penting status dan kelas. Perasaan emosional sering ditekan dalam diri garis hidup 8 yang negatif. Untungnya. Emosi angka ini seringkali ekstrim. kuatnya kepribadian tersebut malah membuat berkurangnya perasaan dekat Anda terhadap orang-orang sekitar. Jika karakter 8 ini berkembang dengan benar. dan kedamaian hati justru terabaikan.

akan Anda lakukan. toleran dan berwawasan luas. Kalau pasangan sama seperti Anda. karena tidak mudah untuk mendapatkan keseimbangan yang paling tepat. Anda kurang tepat untuk berada dalam lingkungan bisnis yang kompetitif. maka hubungan tersebut akan bahagia dan bertahan. Membina hubungan justru sulit bagi Anda. tapi sulit secara materi. tapi Anda memang seseorang yang berperasaan peka bagi mereka yang kurang beruntung dibandingkan diri Anda. . Pemahaman Anda yang dalam terhadap kehidupan terkadang terealisasi dalam bentuk seni dan literatur. musik. Bahkan orang-orang bergaris hidup 9 yang tidak terlalu istimewa saja memiliki pribadi yang sangat berbelas kasih. nomer 9 mempunyai sisi negatifnya. Profesi menolong dan menyembuhkan adalah pilihan yang tepat bagi mereka dengan angka garis hidup 9. Anda sangat peka dan memandang sekitar diri Anda dengan rasa kasih. penyembuh dan pendidik. Untuk kebaikan banyak orang. Hakim. Anda punya kemampuan untuk berteman dengan mudah. bagaikan tersesat di jalan yang benar. Dengan garis hidup ini Anda sanggup mengekspresikan perasaan emosi terdalam dengan melukis. Tujuan hidup garis hidup 9 ini bersifat filosofis. khususnya yang bermasalah dan kurang beruntung. Anda dengan angka garis hidup yang tertinggi ini berada pada posisi kehidupan yang tinggi dan dengan sendirinya mempunyai banyak tanggung jawab. Perhatian pada orang lain membuat diri Anda sangat sosial. walaupun kualitas kepribadian beberapa dari Anda sedemikian istimewanya sehingga menghasilkan penghargaan secara materi yang luar biasa. Anda seringkali harus bersikap tidak mengutamakan diri sendiri dan melepaskan hal-hal kebendaan. masalah akan timbul. bila Anda memilih individu yang membumi dan mementingkan materi. Keuntungan materi tidak terlalu penting. Seperti halnya dengan angka garis hidup lain. yaitu mempunyai sifat memberi. Anda diberi berkah oleh Tuhan berbentuk kemampuan untuk memahami orang. sangat kuat. Keinginan untuk menolong orang. menulis. Anda seorang romantis dan dalam cinta dan gairah. yang jika digunakan dengan benar bisa sangat bermanfaat bagi orang lain.terlihat seperti daftar sifat yang terlalu sempurna. Tapi sering juga ada kesulitan untuk menemukan media yang tepat sebagai jalan hidup Anda. Walaupun tentu orang-orang yang cenderung ke titik negatif 9 lebih sedikit dari yang karakter positifnya besar. atau bentuk seni yang lain. Dan jika Anda ada dalam posisi yang bisa membantu. Biasa bagi mereka untuk menentang arus realitas dan tantangan yang ada di dalamnya. Orang-orang dengan mudahnya menyukai mereka dengan angka garis hidup 9 karena Anda simpatik. karena orang-orang tertarik pada kepribadian Anda yang terbuka dan seperti magnet. seringkali mempunyai energi 9 ini. pemimpin spiritual. Di lain sisi. Kebaikan Anda juga sering disalahgunakan dan Anda juga tidak jarang dikecewakan oleh orang lain.

manusia-manusia seperti Lyotard. jejak-jejak pemahaman agama seperti ini pun sudah semakin minim pengikutnya. Sejarah Bali Dengan tetap sadar akan perlunya kerendahatian di depan bentangan sejarah. Demikian kakunya gambar yang ada di kepala. Demokrasi yang menjadi salah satu barometer terpenting peradaban modern. untuk percaya bahwa sifat memberi serta tidak adanya ambisi pribadi bisa sangat membahagiakan.Mungkin sulit bagi Anda dengan 9 yang negatif. Dikaguminya tokoh-tokoh Sufi seperti Jalaludin Rumi di Barat. sehingga seluruh gambar pemahaman yang lain tidak punya pilihan lain terkecuali dimusnahkan. sebagian adalah tokohtokoh pluralitas. hanya manusia-manusia yang enggan bertumbuhlah yang masih memeluk erat-erat fanatisme dan absolutisme. didengarnya pesan-pesan Dalai Lama oleh banyak sekali manusia yang bukan beragama Buddha. belakangan muncul kejenuhan akan hal-hal absolut. juga berdiri di atas fundamen kokoh yang bernama pluralitas. sebenarnya sejarah Pulau Bali juga menyisakan tidak sedikit jejak-jejak pluralitas. Derrida datang membawa kesegaran melalui bendera-bendera merayakan perbedaan. dugunakannya Baghawad Gita sebagai acuan tidak saja dalam komunitas Hindu. mungkin . Tokoh-tokoh yang dicatat rapi dalam sejarah Bali. hanyalah sisa-sisa fanatisme yang dibawa oleh sejarah pemahaman yang absolut. GENTA-GENTA SIWA-BUDDHA Pluralitas alias penghargaan atas perbedaan. Mpu Kuturan (seorang pendeta Buddha Mahayana) menyatukan banyak sekali sekte di abad ke-10-11 melalui konsep tri kahyangan. Dan. Agama sebagai serangkaian pengetahuan juga serupa. Harus disadari dan diterima bahwa kepuasan dan kebahagiaan-kebahagiaan kecil jangka panjang bisa diperoleh dengan mengasah sifat manusiawi yang alami dalam garis hidup ini. Kalau saja Mpu Kuturan seorang tokoh fanatik dan pengikut pendekatan absolut. Sehingga dalam totalitas. Setelah lama sekali pemikiran Cartesian dan Newtonian melakukan pengabsolutan terhadap banyak sekali tesis. Foucault. demikian berwibawanya karya-karya Kahlil Gibran di banyak belahan dunia. itulah salah satu tiang utama masyarakat modern. hanyalah sebagian bukti kalau tembok-tembok fanatisme semakin kecil dan semakin kecil. dikutipnya doa Santo Fransiscus dari Asisi tidak saja dalam kalangan umat Katolik. Tidak saja kehidupan publik yang keajegannya berutang pada pluralitas. Demikian absolutnya pemahaman di kepala sampaisampai berani memusnahkan nyawa orang lain. Dan. Teroris lengkap dengan bom dan darahnya. Sulit sekali membayangkan ada demokrasi tanpa penghargaan atas perbedaan. sejarah pengetahuan manusia juga berutang.

Sarana upacara juga tidak kalah sakralnya bagi orang Bali. indahnya. dan sarana upacara seperti ini. Baik di Besakih maupun di Ulun Danu Batur. Eisman Jr. Bali juga serupa.yang dipercaya sebagai kendaraan mantra yang sangat utama -. but it is one. Siwa-Buddha itu satu. Meminjam argumen sebuah tesis di Universitas Gajah Mada tahun 1967 yang ditulis oleh IGN Anom. Ternyata sejarah bertutur tidak. bagian atasnya sangat mirip dengan Lingga sebagai simbolik Siwa. di Batur disebut Pura Ponco yang juga berlokasi di tempat yang sangat utama. Dang Hyang Dwijendra juga serupa. Dan. sebenarnya tetua Bali sedang membukakan pintu-pintu pluralitas yang demikian indahnya. Sebuah pengakuan akan pluralitas Siwa-Buddha yang amat eksplisit. Fred B. sastra.ketika itu orang Bali akan dipaksa (atau setidak-tidaknya dipersuasi) untuk menjadi pemeluk Budhha Mahayana. Dan. ternyata genta -. Kendati punya reputasi mengagumkan dalam bentuk mendampingi Raja Dalem Waturenggong membawa Bali ke zaman keemasan di abad ke-16. Tempat ibadah adalah ruang-ruang sakral di Bali. Selain tokoh dan tempat ibadah. satu untuk Siwa satu lagi untuk Buddha. tatkala berbicara tentang tempat ibadah. di antara sekian banyak sarana upacara yang disakralkan adalah genta. menerjemahkannya dalam Bali. there are not two truth. Di Besakih disebut Pura Syahbandar (lokasinya hanya beberapa meter dari Pura Sunaring Jagat). . Di Pura Ulunsiwi di Jimbaran ada dua pintu di bagian timur dari Meru. di kedua tempat suci ini di ruang utamanya juga menghadirkan monumen pluralitas yang amat mengagumkan. bahkan dilengkapi melalui bangunan baru ketika itu berupa Padmasana. Kendati beliau seorang pendeta Siwa-Buddha tetap saja pendekatan lain memiliki ruangan untuk bertumbuh di Bali ketika itu. sulit sekali untuk tidak memulainya dengan Pura Rwa Bhineda (Pura Purusa di Besakih. di ruang utamanya masih menyisakan tempat pemujaan untuk dua agama (Hindu dan Buddha). Potret-potret sejarah dalam bentuk tokoh. peninggalan Mpu Kuturan dalam bentuk Meru tetap dihormati. Melalui kalimat indah bhineka tunggal ika tan hana dharma mangrwa. bukan dua. sastra tetua Bali juga banyak ditandai pluralitas. ''Sekala & Niskala'' dengan sederhana: it is different. Dan. seperti sedang berbisik penuh kerendahanhatian: tidak saja di Barat pluralitas itu menjadi ladang-ladang subur pertumbuhan. Suthasoma adalah salah satu sastra acuan yang utama. tempat ibadah. Bagian bawah genta menyerepai Stupa. Pura Pradana di Ulun Danu Batur).dibuat di atas pluralitas juga.

Entah seberapa banyak sahabat di Bali yang juga menaiki tangga-tangga ke-Buddha-an. sejak belasan tahun yang lalu. Ini juga sebuah pluralitas sebagai ladang pertumbuhan. filsafat Buddha memberikan penekanan amat besar akan perlunya tindakan. Tatkala ini juga ditelusuri penuh cinta dan keikhlasan di depan Tuhan. ada sinar Tantrayana yang muncul: hening. siangmalam. Ambillah semuanya! Biarlah hamba hidup dengan yang satu ini: cinta yang murni akan diri-Mu! . sehingga keduanya layak dihargai. ada yang berbisik dari dalam sini: words make you come closer but jus till the gate. only actions bring you inside. Dalam konstruksi genta. namun setelah belasan tahun menelusuri filsafat-filsafat Buddha. Sehingga bisa dimaklumi. Kata-kata memang bisa membuat manusia mendekat. semuanya dibangun dari bawah. Pandangan pertama mengatakan kalau Buddha kita di Bali adalah Buddha Bairawa. tiba-tiba saja ada ketertarikan yang mendalam untuk belajar Buddha sebagai filsafat hidup. untuk bisa meraih tongkat Lingga untuk sampai di tingkat ke-Siwa-an. Sebuah sudut pandang yang layak dihargai. makin kuat tanah-tanah Bali mengirim pesan-pesan kerinduan untuk sering pulang. sebagaimana bangunan lainnya. kaya-miskin. Kembali ke konsep pluralitas sebagai lahan-lahan subur pertumbuhan. Namun. tetapi hanya sampai di gerbang. layak direnungkan kembali perjalanan sejarah Bali yang sebagian juga berdarah karena absolutisme dan fanatisme. Dan. kalau Buddha ditafsirkan secara berbeda-beda di Bali. Untuk itulah orang-orang Hinayana memberikan porsi sangat besar untuk sebuah bidang: disiplin diri! Ketika disiplin diri diikuti secara serius. Di Barat. Ini tentu saja terbalik dengan orang-orang fanatik yang absolut itu. Jutaan manusia tersentuh ajararan Sufi ala Rumi tanpa berganti agama menjadi Islam.Genta-genta Siwa-Buddha Disinari cahaya-cahaya sejarah seperti di atas. Jutaan manusia mendengarkan saran-saran Dalai Lama tanpa berganti KTP menjadi Buddha. Pandangan kedua yang sama layaknya untuk dihargai adalah Buddha sebagai filsafat. di mana mereka hanya mengenal penghormatan diri yang tinggi. Setiap manusia di setiap sejarah sama-sama punya tugas yang sama: bertumbuh! Dan. di tingkat terakhir. Makin dipelajari. mengkritik diri sendiri. ada jutaan manusia yang belajar Bhagawad Gita tanpa masuk agama Hindu. Makanya bisa dimaklumi kalau Dalai Lama pernah berucap tentang esensi nilai-nilai ke-Buddha-an dalam sebuah bahasa sederhana: menghormati orang. hidup-mati. cahaya-cahaya Mahayana muncul melalui sebuah kata: kebijaksanaan. mungkin saja ada kekhilafan penafsiran. Menyangkut getaran-getaran rasa. Hal serupa juga layak direnungkan ketika kita belajar membunyikan genta-genta Siwa Buddha di Bali. Kebenaran manusia mana pun memang hanya bisa sampai di tingkatan probabilistik. benar-salah. Entah kekuatan apa yang membimbing. makin sejuk batin di dalam. Bali dalam bentangan sejarah ratusan tahun bertumbuh di atas pluralitas Siwa-Buddha. serta kritik yang menyakitkan terhadap orang lain. sepi. surga-neraka. seorang mistikus asli India bernama Ramakrishna pernah melafalkan doa seperti ini: Tuhan. mungkin ada baiknya untuk saling menghargai. Dan. damai. Hanya tindakan yang bisa membawa manusia masuk ke dalam. Engkau memiliki baik-buruk. sukses-gagal. Siwa-Buddha memang dibaca dari atas (baca: Siwa) kemudian baru ke bawah (baca: Buddha).

betapa indahnya kebebasan. Maafkan juga tulisan ini yang dibolak-balik juga hanya bisa mengantar sampai di gerbang saja. kesulitan memang terasa seperti semprotan panasnya api mesin las. berhenti merindukan maupun menolak kemudian tersedia kebebasan. ada mahluk yang amat berguna dan amat dibutuhkan dalam pengalaman-pengalaman menyakitkan ini. Semua tahu. Tidak semua sahabat fasih memberikan nasehat. Dan sebagaimana logam yang sedang dibuat menjadi patung indah. kencangnya cubitan tang. agar sejarang mungkin digoda oleh keadaankeadaan sulit. Maafkan juga saya. yang hanya bisa mengantar sampai di gerbang saja.Sebuah percakapan suci antara Raja Janaka (ayahanda Dewi Sita) dengan gurunya bernama Asthavakra kemudian diberi judul ''Asthavakra Gita'' (diterjemahkan Thomas Byron menjadi ''The Heart of Awareness''). saya sering mendidik diri untuk ikhlas ketika kesulitan datang berkunjung. ia bernama sahabat. maafkanlah kata-kata yang hanya bisa mengantar kita manusia sampai di gerbang saja. . Tetapi tetap saja ada sisa-sisa ketakutan . Ah. Rumus besi kehidupan seperti ini. pernah bertutur nilai-nilai ke-Siwa-an seperti ini: when the mind desire nothing. maka seterpaksa apapun hanya keikhlasanlah satu-satunya modal berguna dalam hal ini. Sebagian lagi yang dihinggapi oleh kemewahan hidup ala anak-anak kecil. atau malah tidak enaknya bau cat yang menyelimuti selu! ruh badan patung logam. Senyum penerimaan terhadap kesulitan memang terasa kecut di bibir. bahkan juga berlaku untuk seorang raja dan p! enguasa yang paling berkuasa sekalipun. tapi karena ia sudah saatnya datang berkunjung. Pelukan-pelukan kebijakan seperti inilah yang datang ketika sang hidup sempat membanting saya dari sebuah ketinggian. Cuma selebar apapun goresan luka yang dibuat oleh kesulitan.dan bahkan mungkin trauma . kesehatan. Kebanyakan juga setuju kalau masa-masa sulit ini bukanlah keadaan yang diinginkan. Syukur-syukur bisa tersenyum memeluk kesulitan. Ah. kehidupan karir. atau kehidupan pribadi yang diguncang badai. dihajar oleh palu besar.(*) HADIAH TERBAIK UNTUK DIRI SENDIRI Setiap orang pernah mengalami masa-masa sulit dalam kehidupan. Sadar akan hal inilah. grieve for nothing. grasping nothing.yang membuat kita manusia menghindar dari kesulitan. Tidak dibuat sakit dan frustrasi saja saya sudah sangat bersyukur. dan kita tidak punya pilihan lain terkecuali membukakan pintu rumah kehidupan. mau membuang jauh-jauh. Ia sama indahnya dengan salah satu bait kakawin tua di Bali yang berbunyi: magentha suara ning sepi. Ketika pikiran berhenti memilih. sekencang apapun kita menjauh dari kesulitan. kalau badan dan jiwa ini kemudian akan menjadi 'patung logam' yang lebih indah dari sebelumnya. turns nothing awaythen you are free. Akan tetapi. ia tetap akan menyentuh badan dan jiwa ini di waktu-waktu ketika ia harus datang berkunjung. without joy or anger. Sakit memang. atau lari sekencang-kencangnya dari godaan hidup sulit. memang berlaku pada semua manusia. Ada masa sulit dalam berumah tangga. Sebagian orang bahkan berdoa. menyakitkannya goresan-goresan amplas kasar.

Cuman. sedikit diantara semua teman yang banyak ini kemudian bisa menjadi sahabat. Kemana-mana namanya dipanggil orang. kesediaan untuk menjaga rahasia. Ia berucap sederhana : 'saya bangga jadi teman Anda'. setiap sahabat yang memberi perhatian dan empati pada sahabat lainnya. Namun nasehat serta keteladanan hidupnya kadang mengagumkan. Bercermin dari kenyataan inilah. ketika itu juga mengalami the joy of giving. dalam memberi kita sebenarnya sudah diberi. sebagai tanda ia bukanlah berasal dari sekolah yang terlalu membanggakan. Dari segi pendidikan formal ia hanya tamatan SMU. memberi dengan harapan agar diberi kelak. cinta buat para sahabat. seorang sahabat yang membaca harian Kompas yang memberitakan bahwa saya mengundurkan diri dari jabatan presiden direktur di sebuah kelompok usaha amat besar di negeri ini. Ada memang orang yang memiliki banyak sekali teman. mengirim SMS dan bahkan menyempatkan diri berkunjung ke rumah. dalam dunia persahabatan. Seorang tetangga menelpon. seorang sahabat lama yang tinggal di Surabaya menelepon. Tidak untuk memberikan ceramah. Ijazah lengkap dengan gelarnya yang mentereng juga bisa meningkatkan percaya diri. rupanya sahabat adalah hadiah paling berharga yang bisa kita berikan pada diri kita sendiri. empati. Inilah . Ketika itu juga seperti ada beban di bahu yang berkurang jauh beratnya. Bahkan. Di kantor saya memiliki sejumlah bawahan yang datang sama manisnya baik ketika dipuji maupun setelah di! maki. hanya untuk mendengar. kalau kita perlu menabung perhatian. tanpa bermaksud menggurui ia mengutip kata-kata indah Confucius : 'Manusia salah itu biasa. baik mobil mewah. sinaran mata yang berisi empati. Bahkan SMU tempat ia bersekolah dulu sudah bubar. Jumlahnya memang tidak akan pernah banyak. Di rumah saya memiliki seorang sahabat yang amat mengagumkan. Sehingga patut direnungkan. Akan tetapi. maka saya lebih memusatkan diri untuk mencari dan membina sahabat. Melainkan. Cuma sesedikit apapun jumlahnya. sahabat tetap sejenis hadiah terbaik yang bisa kita bisa berikan buat diri sendiri. langsung menelepon saya dari tempat yang jauh. sebagaimana cerita dan pengalaman di atas. Mobil mewah memang bisa membawa kita ke tempat jauh lengkap dengan gengsinya. Apa yang mau saya tuturkan dengan semua ini. tetapi menarik pelajaran dari kesalahan itu baru luar biasa'. Rumah mewah memang bisa meningkatkan kenyamanan tinggal sekaligus meningkatkan kelas. Secara lebih khusus ketika kita ditimpa kesulitan yang menggunung. sahabat menjadi permata berlian yang amat berguna dalam keadaan-keadaan ini.Tetapi dengan kesediaannya untuk mendengar. Ketika tulisan ini dibuat. rumah mewah maupun ijazah tidak bisa menghadirkan empati yang menyentuh hati Di sebuah Sabtu pagi. Dalam arti. Seorang sahabat dekat yang memimpin sebuah raksasa teknologi informasi bahkan mengatakan bangga menjadi sahabat saya. Tidak untuk berdagang dengan kehidupan. Bahkan ia lebih sedikit dari jumlah jari tangan.

ketakutan sudah menjadi beban berat kehidupan yang digendong orang ke mana-mana. perjalanan kehidupan terasa sangat berat. yakni persahabatan. Terpusat pada proses yang sedang terjadi. buku ini mengutip pendapat Chuang Tzu : Flow with whatever may happen and let your mind be free : Stay centered by accepting whatever you are doing. itu modal kedua. setelah mengunjungi kolam-kolam kejernihan. Ia justru lebih sering datang ketika kita amat membutuhkannya. Demikian juga dengan kehidupan. Dan ketika lelah. Tidak sedikit yang mengatakan tersentuh. Setelah didengarkan secara sabar. Dengan latar belakang gambar air terjun alami nan indah. pernah menghadirkan pesan menyentuh. Seperti sedang mewawancarai calon karyawan. terpaksa harus kotor karena kesukaan untuk takut. kehidupan tidak saja terus berjalan. Mengalir itu modal pertama. Tetapi yang lebih inspiratif. Serupa dengan aliran air di sungai. Ketika hidup sudah mengalir dengan apa saja yang mungkin terjadi. ada beban khawatir tentang sekolah putera-puteri. ada rasa bersalah terhadap masa lalu yang tidak berdosa. sayapun pernah menggendong beban-beban berat yang tidak perlu. Inilah sekelumit kehidupan dalam kekinian. Ada beban takut masa depan. ada rasa khawatir ditinggal orang-orang tercinta. Dia kira pesan SMS di atas datang dari wanita lain dan nama saya hanya dipinjam sebagai judul tipuan. Salah satunya melalui SMS. Pada sebuah kesempatan. Kalau kemudian. ia juga tidak hanya datang ketika hari raya atau ulang tahun. HARTA KARUN DARI AIR TERJUN Ada berbagai macam cara melakukan silaturahmi. This is the ultimate. kemudian dengan modal tadi manusia belajar "terpusat" dengan menerima proses yang sedang terjadi. Dan ditutuplah telepon dengan keras tanpa mengucapkan terimakasih. Tidak hanya Ibu tadi. keteduhan dan ketenteraman yang dibawakan air terjun rupanya. kadang saya mengunjungi sejumlah teman melalui SMS. Dalam salah satu kunjungan saya pada kejernihan. salah satu SMS tadi dikirim dengan gambar kupu-kupu diikuti pesan sederhana : "kupu-kupu ini membawa dompet yang isinya tidak pernah habis. Di mana kecurigaan. lebih karena manusia sendiri yang rela menggendongnya ke mana-mana. ada keindahan. kelenturanlah yang membuat air bisa melewati setiap rintangan. baru mengunjungi kejernihan." Banyak sahabat yang berespon positif dan merasakan diri ini hadir dalam kehidupan mereka sesaat kemudian. Ada seorang peneliti yang pernah meneliti ciri-ciri kejiwaan orang . sebuah buku sederhana berjudul Zen Path To Harmony yang berisi kumpulan gambar dan tidak jelas siapa editornya.hadiah terbaik yang bisa dihadiahkan ke diri sendiri. di sebuah kesempatan pernah ada suara Ibu yang marah-marah ke saya akibat pesan SMS di atas. tatkala itu juga perjalanan sampai di puncak kehidupan. Ia tidak dibungkus kado. Hanya saja. Akan tetapi. Dan karena keterbatasan waktu dan tenaga. kekakuan. ditanyalah saya ke sana dan ke mari. Masa lalu yang sebenarnya bersih dan jernih. ngotot dan memaksa. rupanya ia curiga sama suaminya. Pertama kali pesan ini terbaca mata.

Air terjun simbolik tadi sebenarnya ada di mana-mana. justru dalam mengalir itu sendirilah terletak banyak misteri kehidupan yang tidak bisa diberikan oleh reputasi. melalui kesukaan orang untuk hidup secara ngotot akan hasil. Rupanya. sungguh sebuah kegiatan yang mencelakakan. kengototan di semua tempat dan semua keadaan. kemudian jadi kekayaan yang terbuang percuma. inilah yang kerap disebut dengan pencerahan. lebih delapan puluh persen dari lima ratus responden menunjukkan tanda-tanda hidup yang ngotot dan kaku. ikan mati kehausan di dalam air!" . Apa lagi kengototan tadi bertemu dengan pikiran yang tidak pernah terpusat di hari ini.yang pernah terkena serangan jantung. Lebih-lebih kalau kengototan itu ditujukan ke orang yang kita temui di cermin setiap harinya. yang tersembunyi di air terjun yang kita bawa kemana-mana. Suara-suara jernihnya pun berbisik setiap saat. Tidak selamanya sikap ngotot dan kaku itu berwajah buruk tentu saja. Dan tentu saja boleh menyebutnya demikian. Sangat sedikit orang yang pernah sampai di sana. kalau harta karun yang demikian berharga. melainkan juga wajah kehidupan kita hadir di diri sendiri maupun orang lain dengan penuh kerut. kemudian telinga-telinga kehidupan menjadi tuli akan suara terakhir. jauh juga dari dari kejernihan. kita bawa ke mana-mana. Dengan kesadaran seperti ini. Lebih-lebih kalau keadaan mengalir tadi dilengkapi dengan keterpusatan pada proses yang sedang terjadi ? dan menyongsong hasilnya hanya dengan kendaraan keikhlasan. harta dan bahkan tahta. tentu saja tidak disarankan untuk meninggalkan pekerjaan. dalam kedalaman kolam kontemplasi. harta karun kehidupan terakhir tersembunyi di setiap air terjun. keadaan seperti ini juga yang membuat Kabir pernah tertawa : "Saya tertawa. Sejumlah sahabat jernih menyebutkan. Banyak kemajuan justru didorong oleh kengototan untuk mencapai tujuan. Ada yang menyebut kehidupan mengalir seperti ini sebagai sikap pasrah yang tidak produktif. Saya tidak berani menghakimi kehidupan demikian sebagai kehidupan yang keliru. Jauh dari keseharian. Cuman. Cuman. Dan ternyata. Hanya merasa sayang saja. Cuman. Tidak hanya sering memproduksi penyakit. keluarga dan bahkan masyarakat untuk pergi ke air terjun. Jadilah ia semacam kombinasi yang berujung pada kehidupan tidak nyata. Lebih dari sekadar sayang karena terbuang.

Ada semacam keraguan. Raganya sudah lama tidak lagi bersama kita. ada banyak sekali undangan seminar. ia mengalir lentur persis seperti aliran air di sungai. dan bisa jadi malah pencerahan. Demikian juga dengan ratusan audiens yang menghadiri seminar saya di Surabaya. Mungkin ada yang mengkernyitkan alisnya tanda tidak percaya. wawancara dan talk show dengan tema ini yang datang ke saya. kita sering lupa kalau ayunan manapun memerlukan fondasi yang kokoh. Di kelompok usaha Ciputra kerap diundang di mana saya untuk pertama kali Bapak Ir. Dan kembali ke soal kepemimpinan. Mungkin ada yang bertanya. Dan kepemimpinan. ayunan manapun akan roboh. media cetak sampai rapat-rapat di perusahaan besar. ternyata ada banyak sekali orang yang dahaga mendengarkan suara-suara hati. Hanya saja. televisi. . semuanya amat dan teramat tertarik dengan topik ini. Terinspirasi dari sinilah. tidak ada fondamen yang lebih kokoh dari fondamen yang bernama sang hati. Seolah- olah tidak ada dunia di luar bandul tadi. Tidak langsung membuat jadi kaya raya tentunya. Seperti mau bertutur ke kita. Sudah menjadi tugas setiap ayunan kalau ia harus berayun. induividualisme. Ciputra bersedia mendengarkan penuturan saya sampai habis. Dalam banyak keadaan. Bukan tidak mungkin malah akan hidup selamanya. kedamaian. Tergantung pada keadaan yang sedang dihadapi. Mirip dengan ayunan. ada yang mengandaikan kalau tubuh dan jiwa ini mulai bersayap. Tetapi ada kesejukan. Wacana kepemimpinan sejauh ini terlalu banyak diwarnai oleh ayunan bandul otokratik-demokratik. Tetapi ide dan tata nilai kepemimpinannya masih hidup sampai dengan sekarang. Sebutlah nama-nama seperti Mahatma Gandhi dan George Washington. Untuk kemudian. adakah orang yang tertarik dengan topik-topik ini ? Namun di luar dugaan. Dan dalam pelukan-pelukan terakhir. kemudian saya mencoba menelusuri sebuah lorong yang agak lain : hati. Terbang dan pergilah dia ke tempat yang jauh. Dari radio. Sebab. Tidak juga mendadak sontak jadi hebat. bahkan bisa berkuasa selamanya sekali lagi selamanya.HATI PENUH DENGAN INSPIRASI Oleh: Gede Prama Menyusul diluncurkannya kaset saya dengan judul Memimpin Dengan Hati . Mereka seperti terbius dengan ideide yang bersumber pada sang hati. ia bukanlah sebuah perkara yang terlalu sulit. Dan di akhir presentasi. kenapa mesti hati? Izinkan saya mengajak Anda masuk ke dalam dunia wacana yang agak lain. tanpa fondasi terakhir. ada tidak sedikit orang yang mulai menyadari batas-batas egoisme. dan materialisme untuk kemudian kembali ke hati. berpelukan rapi dengan hidup dan kehidupan. mengajak saya bertutur bagaimana beliau sering kali diselamatkan oleh suara-suara sang hati. Lebih dari sekadar kokoh. kepemimpinan siapapun senantiasa berayun. sejumlah pemimpin yang memimpin dengan hati. demikian juga saya ketika pertama kali menuliskan cerita tentang nyanyian-nyanyian sang hati.

menyeramkan dan tanpa tujuan. imajinasi. fantasi bukanlah sesuatu yang sulit ditemukan di sana. dan mengetahui indah dan nikmatnya berada di sana. terserah Anda memulianya dari mana. Coba kita renungkan kembali. kalau kita bisa bertemu Tuhan di sana. jangankan mendengarkan suara-suara hati. Mata mau melihat yang indah-indah. Mirip dengan tubuh dan jiwa ini yang ditarik ke mana-mana oleh panca indera. begitu panca indera terkendalikan. Demikian juga unsur-unsur panca indera yang lain. Saya memulainya dengan mengendalikan mulut. Pengendalian terakhir penting. dari mana pemimpin-pemimpin kaliber seperti Mahatma Gandhi. Untuk itulah. bukan tidak mungkin enggan kembali ke lorong-lorong lain. Konosuke Matsushita memperoleh inspirasi sehingga kehidupannya begitu bersinar bagi orang lain ? Bukankah ia memperolehnya dari perjalan di lorong-lorong sang hati ? Bukankah orang-orang ini bisa disebut berkuasa selamanya ? Kalau kekuasaan saja bisa mereka genggam selamanya. Dalai Lama. Lebih dari sekadar menghadirkan keheningan dan kekhusukan. Melainkan juga penuh dengan pohon dan bunga-bunga inspirasi.Kerap ada yang bertanya. sudah saatnya belajar mengendalikan kelima kuda yang bernama panca indera. Namun. Terutama untuk pergi menelusuri lorong-lorong sang hati. Mulut mau makan enak. rekan saya punya sebuah cerita tentang kereta yang ditarik lima kuda. Ia bertaburan di setiap pojokan ke mana mata menoleh. paling tidak untuk mulai mengendalikan keliaran panca indera. Dalam tubuh dan jiwa yang sepenuhnya ditarik oleh panca indera. tubuh dan jiwa lari ketakutan. Lady Diana. Belum sempurna tentunya. Ide. Sekali seseorang pernah sampai di lorong terakhir. Tetapi cukup memberikan inspirasi bagi sebuah hidup yang penuh keheningan. Ibu Theresa. adakah cara yang bisa membuat sang hati rajin bernyanyi ? Saya tidak berpretensi bisa mengajari Anda dalam hal ini. Anda tertarik ? . Ia tidak hanya indah dan menakjubkan. Belajar dari sini. kemudian diikuti oleh hadirnya keheningan dan kekhusukan. siapa saja yang mau mendengarkan suara-suara hati. apa lagi hal-hal kecil lainnya. saya masih terus rajin mengajak diri untuk sesering mungkin masuk lorong-lorong sang hati. George Washington. Seorang sahabat bahkan pernah bertutur. energi-energi yang terbuang percuma oleh panca indera bisa dimanfaatkan untuk kepentingan yang lebih berguna.

puisi yang lahir dari sumber cinta sebagai perasaan. jatuh cinta itu terjadi pada orang dengan lawan jenis. cara bicara lawan jenis kita. syair. Umumnya. Negeri ini dideklarasikan secara amat gagah berani melalui cinta duet Sukarno-Hatta. Biasanya yang lama diingat orang melalui kejadian-kejadian jatuh cinta adalah perasaan-perasaan yang ada di dalam. Demokrasi Amerika berutang amat banyak pada cinta George Washington. gembira. yang membuat badan dan jiwa ini demikian perkasanya. Usahawan yang berhasil menggunakan tenaga maha besar ini untuk menekuni seluruh pekerjaannya. Coba perhatikan pengalaman jatuh cinta kita masing-masing. Ada dimensi kedua dari cinta yang layak dicermati setelah cinta sebagai perasaan. Memegang tangan pasangan saja membuat jantung berdebar. takut kehilangan. film. Anda bisa bayangkan. tangisan dan sejenisnya. Banyak orang yang dijemput keajaiban karena kemampuan untuk membangkitkan tenaga maha dahsyat ini. Ia adalah tanda-tanda hadirnya sebuah kekuatan yang dahsyat. Ia tidak semata-mata bertemunya dua hati yang cocok kemudian menghasilkan jantung yang berdebar-debar. semua terlihat bersinar dan menyenangkan. semuanya tampak pas dan sempurna. Mulut ini seperti dengan cepatnya berteriak : bisa ! Bermula dari pemahaman seperti inilah maka Deepak Chopra dalam The Path To Love. Hampir tidak ada penugasan dari lawan jenis yang kita cintai yang tidak bisa diselesaikan. Melihat matanya yang dibalut senyum bisa membuat terkenang-kenang selamanya. Sebutlah kata senang. Kaum agamawan nan bijaksana menggunakan kekuatan terakhir sebagai sarana untuk bertemu Tuhan. Banyak sudah lagu. yakni cinta sebagai sebuah kekuatan (power). Memperhatikan rambut. berdebar.JATUH CINTA SEBAGAI KEJADIAN SPIRITUAL Oleh: Gede Prama Setiap orang pernah jatuh cinta. Kata-kata pertama yang menunjukkan lawan jenis kita tertarik dan jatuh cinta pada kita. tata krama. itu hanyalah sepenggal pemahaman tentang cinta sebagai perasaan. cara berpakaian. tentara Inggris yang demikian perkasa harus pergi dari India karena kekuatan cinta Mahatma Gandhi beserta pejuang lainnya. bisa menjadi satu rangkaian kalimat yang terdengar di telinga setiap hari. sinetron. Raksasa elektronika Matsushita Electric . Seolah-olah disuruh memindahkan gunungpun rasanya bisa. Kalau kemudian banyak yang memberikan kesan cinta itu cengeng. Persoalannya kemudian. menyebut bahwa jatuh cinta adalah sebuah kejadian spiritual. tetap saja tidak bisa mewakili seluruh nuansa jatuh cinta. Tidak ada satupun kata-kata yang bisa mewakili perasaan jatuh cinta. novel. Pekerja yang menyadari kekuatan ini menggunakannya untuk bekerja mencari harta di jalan-jalan cinta. lemah. Inilah rangkaian hal yang membuat cinta diidentikkan dengan perasaan (feeling). ingin selalu bersama. Ibu yang mencintai keluarganya mengabdikan seluruh tenaganya untuk mencintai anak dan suaminya. untuk apa kekuatan dahsyat tadi dilakukan. cemburu. Dan pada akhirnya membuat kita seperti memiliki dunia ini seorang diri. bergetar. bahagia. Ada kekuatan maha dahsyat yang ada di dalam diri.

wajah pegunungan. Wanita perkasa dengan nama Kartini mengambil resiko yang demikian tinggi untuk mengangkat derajat kaumnya. bawahan. kalau tanpa modal cinta yang mengagumkan. Bergabung dengan orang lain hanyalah sebuah ilusi. Boleh saja Anda menyebut rangkaian bukti ini sebagai serangkaian kebetulan. kata manapun tidak bisa mewakilinya. atasan. Microsoft sampai sekarang masih dipangku oleh kecintaan manusia luar biasa yang bernama Bill Gates. pernah mengungkapkan. menggembirakan. apa lagi yang ada di baliknya kalau bukan kekuatan-kekuatan cinta. keluarga. Di bagian lain bukunya. daun di pohon. mengagumkan dan menakjubkan. Dari sinilah sang kehidupan kemudian menarik kita tinggi-tinggi ke rangkaian realita yang oleh pikiran biasa disebut luar biasa. Ada yang menyebut Diri sejati terakhir dengan sebutan Tuhan. setiap lembar daun di pohon apapun terlihat seperti sehalaman buku suci yang penuh inspirasi. demikian juga dengan pekerjaan. Chopra menulis : merging with another person is an illusion. tapi bergabung dengan sang Diri yang sejati. suara ombak. Dan yang paling penting. Ia mendamaikan. dan masih banyak lagi sebutan lainnya. Jatuh cinta sebagai kejadian spiritual. Apapun nama dan sebutannya. tetapi saya lebih setuju dengan Deepak Chopra yang menyebut bahwa jatuh cinta adalah sebuah kejadian spiritual. mencerahkan. ada yang menyebutnya dengan inner life. desir angin. Setiap suara air adalah nyanyian-nyanyian rindu yang menyentuh kalbu. semuanya kelihatan serba sempurna. Seorang sahabat yang kerap jatuh cinta seperti ini.dibangun di atas tiang-tiang cinta Konosuke Matsushita. yang dituju adalah bergabungnya diri kita dengan Diri yang sejati. dalam keadaan jatuh cinta. ada yang memberinya sebutan kebenaran. Setiap hembusan angin adalah pelukan-pelukan tangan kekasih yang amat menyentuh. Sulit membayangkan bagaimana seorang Jenderal besar Sudirman bisa memimpin pasukan melawan Belanda dengan badan yang sakit-sakitan. merging with the Self is the supreme reality . itulah sebuah realita yang maha utama. demikian juga dengan jatuh cinta sebagai kejadian spiritual. di mana semua unsur badan dan jiwa ini demikian kuat dan perkasanya. Yang ada hanya : ahhhhh ! Serupa dengan pengalaman jatuh cinta ketika kita masih muda. ketika Anda menemukannya. Anda tertarik ? . Air sungai.

mind manusia telah berkembang menjadi kekuatan-kekuatan pengikat yang demikian memasung. Namun. rupanya kita manusia juga bisa memiliki kualitaskualitas terakhir. Pendidikan yang pada awalnya diniatkan berfungsi sebagai jendela-jendela kejernihan. apa lagi diselami dalam samudera-samudera kalbu yang maha luas. ia telah membawa banyak peserta didik terasing dari kealamiannya sendiri. terlepas dari godaan dan canda terakhir. Apapun halangannya. Salah satu yang layak untuk diperhatikan adalah pendidikan dan pengalaman. stress. Sebagaimana dituturkan dan diyakini banyak penulis. membuat saya memiliki jadwal terbang yang cukup padat. Namun. Bahkan. apapun warna dan jenis awannya. Dan semakin dicermati serta dipelajari. ia juga menghadirkan peta-peta dari masa lalu yang kerap membuat orang jadi terasing dari kesehariannya. Oleh karena berbagai sebab dan faktor. Ia yang tadinya lahir secara alami.KEALAMIAN DITEMUKAN DALAM DIAM Oleh: Gede Prama Kesibukan kerja yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. ia memang bisa menjadi guru terbaik. Ingin rasanya memiliki kualitas kebebasan dan keikhlasan sebagaimana awan. Memang. banyak manusia yang sudah kehilangan sifat alami mind-nya. teduh dan terang. Oleh dua faktor terakhir. penderitaan. Hampir setiap minggu saya terbang. ada yang bercanda dan mengatakan kalau saya ini laki-laki panggilan. izinkan saya bertutur ke Anda. rantai mind diciptakan dan mesti dibuka oleh pemiliknya sendiri. ada sebuah kegiatan yang kerap saya lakukan kalau sedang terbang : melihat dan mengamati awan. Ada juga yang mengatakan tidak mungkin. Kadang ada hamparan awan yang serupa dengan salju yang putih bersih dan terhampar luas. Bedanya dengan rantai sebenarnya yang bisa dimintakan tolong orang lain untuk membukanya. Pengalaman juga serupa. ada banyak sebab yang tersembunyi di balik hidup yang dirantai mind. jernih. Depresi. Beberapa pramugara dan pramugari Garuda bahkan mengenali saya karena terlalu sering bertemu di pesawat. malah berkembang sebaliknya. Melalui logika-logikanya yang keras (baca : benar-salah). karena saya teramat sering dipanggil orang untuk urusan jadi pembicara publik dan konsultan. halangan-halangan manusia yang menggembok kita untuk memiliki kualitas kebebasan dan keikhlasan seperti awan. pandangan yang tidak jernih dan apapun namanya semuanya bermula dari rantai pengikat terakhir. Ada juga awan yang tipis dan terbang ringan ditiup angin. . Ada yang menyebutnya sulit tentunya. akar dari semua ketidakbebasan dan ketidakikhlasan manusia adalah mind. Dan tentu saja mereka benar. awan memiliki kemewahan luar biasa yang tidak dimiliki kita manusia : kebebasan dan keikhlasan. namun tidak jarang terjadi. oleh pengalaman dan pendidikan sudah dirubah menjadi kekuatan-kekuatan yang sebaliknya. Ada juga awan tebal dan hitam yang kerap membuat pesawat bergoyang-goyang keras.

ada baiknya kalau kita kembali merenungkan sifat-sifat alami mind kita. semua memulainya di tempat yang alami. manusia seperti melihat tempat tadi untuk pertama kalinya. oleh upaya sengaja maupun tidak sengaja. . Bukankah terjadi kebanyakan di kota-kota di mana kealamian diidentikkan dengan keluguan dan kebodohan ? Mungkin saja saya bias. atau penyakit korupsi yang tidak sembuh-sembuh. Setiap anak-anak memulai kehidupan intelektualnya dengan serangkaian pertanyaan bukan jawaban. kealamian yang menjadi awal sekaligus akhir ini. ia juga memproduksi keterikatan-keterikatan yang membuat manusia terasing. sebanyak apapun pengalaman orang. perampokan yang mengerikan. ia sering kali tersembunyi rapi dalam silence. Maka bisa dimaklumi. yang mengenal wacana sebagai kendaraan kemajuan. Dan berbeda dengan pendidikan serta pengalaman. Coba perhatikan suara bayi yang baru lahir. kalau kota besar disamping memproduksi banyak uang. Apa lagi diam yang dibimbing oleh keikhlasan. ia mulai dengan sebuah kealamian.Sebagaimana diyakini banyak orang dalam tradisi Zen. kealamian bahkan diberi stempel menyedihkan : lugu dan bodoh. angka perceraian yang meningkat tajam. Dan ketika kembali. Kealamian malah berjalan sebaliknya. bukan tidak mungkin kejernihan menjadi sahabat karibnya sang hidup. Hal yang tidak jauh berbeda juga terjadi dalam mind manusia. kejujuran dan bahkan kebijakan. Tidak untuk dinilai. dan berakhir di tempat yang sama. Belajar dari sini. perjalanan hidup sering diibaratkan dengan perjalanan dari satu tempat. namun kealamian di manapun adalah sahabat kejernihan. Sayangnya. Entah itu di Inggris maupun Prancis. sudah mulai terkikis secara meyakinkan dalam kehidupan banyak orang. kecerdikan dan keahlian dipuja-puja sebagai mesin uang yang meyakinkan. Demikian juga dengan anak-anak yang memulai dunia sekolah. semuanya memiliki suara tangisan yang amat serupa. semuanya mulai dengan belajar huruf dan angka. setinggi apapun pengetahuan. Ini berarti. Dan siapapun manusianya. atau mungkin saja Anda menyebut saya lugu dan bodoh. kita hanya memerlukan satu kegiatan : diam. Sebagaimana awan. Makanya. saya masih ingat sekali apa yang pernah dituturkan seorang sahabat dengan kehidupan meditatif yang mengagumkan : naturalness is found in silence. di Australia atau di Amerika. layak dipertimbangkan untuk kembali ke tempat di mana kita memulainya dulu. apa lagi untuk dihakimi. Coba lihat anak-anak yang terkena narkoba. Di kota-kota besar di mana kepintaran.

jadi pengusaha. Pedagang. Dengan . pilihan yang tersedia memang amat melimpah. salah seorang orang bijak dari timur pernah menganjurkan sebuah jalan: contentment is the greatest wealth. Dan tentu saja tidak dilarang untuk berpikir seperti ini. tentu bisa dikira dan dituduh miring. serta amat jarang bisa merasakan sinar matahari di kulit. Yang jelas. ada yang lapar dengan kekaguman orang. segera akan mengerti. Terutama dengan kaya materi manusia bisa melakukan lebih banyak hal. keluarga. Sekaligus memberikan pilihan mengagumkan. ikut MLM. Terutama karena hidup serta alam memang berputar melalui hukum-hukum kerja. dewasa mengungsi ke lembaga pernikahan. namun terimalah hasilnya dengan rasa cukup. Ada yang mengira menganjurkan kemalasan. tentara. Tentu agak unik kedengarannya. ada yang menuduh sebagai antikemajuan. kerja kerasnya juga berputar. pilihan menjadi kaya tentu sebuah pilihan yang bisa dimengerti. pulang malam dalam kelelahan. petani.KEKAYAAN MANUSIA YANG TERBESAR SEORANG sahabat yang mulai kelelahan hidup. Bukan merasa cukup kemudian berhenti berusaha dan bekerja. Sebagian bahkan mengambil jalan-jalan pintas. Dan tentu saja sudah menjadi hak masing-masing orang untuk memilih jalur bagi diri sendiri. Objek sekaligus subjek yang dikejar dalam hidup memang bermacam-macam. ketika tugas dan kerja keras sudah dipeluk dengan perasaan cukup. penekun spiritual sampai dengan tukang sapu. memang merasa cukuplah kekayaan manusia yang terbesar. berangkat ke kantor. supir. ada yang mengejar keterkenalan. bekerja dan lakukan tugas masing-masing sebaik-baiknya. Sekali lagi bukan. tidak sedikit kepalanya yang diisi oleh gambar-gambar hidup agar cepat kaya. tua mengungsi di rumah sakit). Dan ada yang berbeda jauh di dalam sini. Terutama di zaman yang serba penuh dengan hiruk pikuk pencarian keluar. Namun rasa syukurnya mengagumkan. Tidak saja dengan diri sendiri. sampai dengan jadi pejabat tinggi. memimpin perusahaan. Cuma. Dan soal jalur mana untuk menjadi kaya yang akan ditempuh. pegawai. Sekaligus membukakan pintu bagi perjalanan kehidupan yang penuh kemesraan. manusia bisa berjalan lebih jauh di jalan-jalan kehidupan. kemudian bertanya: untuk apa hidup ini? Ada juga orang tua yang sudah benar-benar lelah mengungsi (kecil mengungsi di rumah orang tua. pejabat. Namun yang paling banyak mendapat pengikut adalah mereka yang berjalan atau berlari memburu kekayaan (luar maupun dalam). Menyebut cukup sebagai kekayaan manusia terbesar. Namun. Ada yang mencari kekayaan. Dengan kekayaan di dalam. tetangga serta teman. pengusaha. Tugasnya berjalan. pagi bangun. ada yang demikian seriusnya di jalan-jalan spiritual sampai mengorbankan hampir segala-galanya. Dari jualan asuransi. bagi setiap pejalan kehidupan yang sudah mencoba serta berjalan jauh di jalur-jalur "cukup". dan juga bertanya serupa.

The sacred path of the warrior). dll) serba terhubung. namun pintar mengagumkan di dalam. makian. tinggal di Jakarta (Sinar Harapan) . kekaguman. matahari. Ini bisa terjadi. batu. Hanya keberanian untuk melatih dirilah yang bisa membukakan pintu dalam hal ini. bahwa dalam hidup yang sebagaimana adanya (bukan yang seharusnya) kita bisa menemukan kehidupan berguna sekaligus pelayanan bermakna buat pihak lain. bersih. Yang ada hanya rasa cukup yang bersahabatkan hening. karena rasa cukup membawa manusia pelan-pelan mengurangi ketergantungan akan penilaian orang lain. Hidup yang ideal memang kaya di luar sekaligus di dalam. pujian. namun luar biasa pengalaman di dalamnya. manusia seperti terlempar dengan nyaman ke sarang laba-laba kehidupan. Biasa tampak luarnya. di hutan yang paling sepi sekalipun ia menemukan banyak teman. sekaligus memperkotor di bagian lain (seperti sapu). Awalnya. we can find a good and meaningful human life that will also serve others. tetumbuhan. Lantai bersih tanpa membuat debu terbang. jernih sekaligus kaya. Salah satu manusia yang sudah sampai di sini bernama Susana Tamaro. as it is. ia menulis: this basic wisdom of Shambala is that in this world. Manusia lain yang juga sampai di sini bernama Chogyum Trungpa. dinilai buruk sekaligus bodoh pun tidak ada masalah. serta rasa cukup di lain sisi. Dan setiap pencarian kekayaan ke luar yang tidak mengenal rasa cukup. apa lagi diselimuti ketakutan. di salah satu karyanya yang mengagumkan (Shambala. akan datang suatu waktu dimana amat bahagia dengan hidup yang bodoh di luar. Bagi yang belum pernah mencoba. apapun memang diikuti keterpaksaan. Itulah kekayaan yang mengagumkan. langit. air. awan. Dan hening ibarat lap pel. hanya menjernihkan sebagian. hidup di titik pusat berbekalkan rasa cukup memang tidak terbayangkan. Dalam novel indahnya berjudul 'pergi ke mana hati membawamu' ia kurang lebih menulis: kata-kata ibarat sapu. Namun di titik pusat. jernih tanpa menimbulkan dampak negatif. kebencian dan kata-kata manusia sejenis. That is our richness. keraguan dan iri hati. tidak ada putaran. sekaligus menyediakan rasa aman nyaman di sebuah titik pusat. Orang tua mengajarkan hidup berputar seperti roda. Dengan kata lain. Namun begitu merasa cukup menjadi sebuah kebiasaan. Tidak saja dalam keramaian manusia menemukan banyak kawan. Ketika dipakai menyapu. Dalam terang cahaya pemahaman seperti ini. Jangankan dinilai baik dan pintar. lantai lebih bersih namun debu terbang ke mana-mana. binatang. Dan ini bisa ditemukan orang-orang yang mampu mengkombinasikan antara kerja keras di satu sisi. rupanya merasa cukup jauh dari lebih sekadar memaksa diri agar damai. Di mana semuanya (manusia. Sedangkan hening di dalam bersama rasa cukup seperti lap pel.semua perwujudan Tuhan manusia mudah terhubung ketika rasa syukurnya mengagumkan. mudah sekali membuat manusia terguncang menakutkan di pinggir roda. *** Gede Prama adalah pencinta keheningan. Bila orang-orang seperti ini berjalan lebih jauh lagi di jalan yang sama.

saat pelantikanpun masih ada perasaan mendua : apakah ini berkah atau musibah ? Lebih-lebih keesokan harinya. namun bagi saya ini adalah sebuah momentum besar untuk melakukan perenungan dalam keheningan. ia senantiasa menjalankan tugasnya. Umumnya. Mirip dengan matahari yang menyinari alam semesta. Sebagai manusia biasa yang masih memiliki kekuatan emosi di dalam sini. Disebut khusus. di salah satu keheningan meditasi. sebuah ide lama muncul di kepala : tidak sombong ketika di atas. sekaligus berpesan hatihati. ada serangkaian ide yang sempat terlintas di kepala. demikian ide itu melayang-layang dibawa pikiran. Matahari mendalami sekali apa yang disebut seorang guru Yoga sebagai the art of letting go. hampir semua sahabat mengucapkan selamat. tugas kita hanya melaksanakan tugas. saya hanya bisa berjalan tegak ke depan. Akan tetapi. Ternyata saya diingatkan lagi akan pentingnya kembali ke azas yang paling dasar : tidak sombong ketika di atas. keraguan memang kadang datang sebagai pengunjung. Entah bagaimana Anda bisa menarik manfaat dari kejadian ini. Siapa saja meresapi prinsip terakhir secara amat mendalam. Lihatlah matahari. bagaimana menanamkan semua ini ke dalam akar-akar kesadaran. tidak bersedih tatkala di bawah . Mirip dengan ketika pertama kali seorang sahabat mendekati saya agar bersedia menjadi pioneer. harian Kompas memberitakannya dengan tulisan besar di halaman ekonominya. ada satu ciri menarik matahari yang layak direnungkan dalam hal ini. Namun. Seni membiarkan semuanya berlalu secara alami. Seorang sahabat penyiar di radio Female Jakarta. tetapi juga bagi siapa saja yang berada di dekatnya. tidak bersedih tatkala di bawah. Terutama karena mereka khawatir saya bisa kehilangan kejernihan dan kejujuran. Dalam cahaya kesadaran seperti ini. demikianlah pikiran yang sudah berakar dalam pada kesederhanan kehidupan tadi. itulah kesederhanaan kehidupan yang amat mencerahkan . tapi dengan sayap-sayap cinta dan keikhlasan. Masih belajar dari matahari. karena di hari itu saya dilantik menjadi orang nomer satu (CEO) sebuah holding company yang membawahi sekumpulan perusahaan yang sempat menjadi perdebatan panas di negeri ini. Persoalannya kemudian. membiarkan semuanya berjalan melaui hukum-hukum alami. apa pesan-pesan yang mau dihadirkan di balik semua ini. Anda akan bisa menyelesaikannya . Rupanya. mengirim SMS : Tugas ini memang berat. Ketakutan adalah sejenis ketidakyakinan kepada Tuhan .KESEDERHANAAN YG PALING MENCERAHKAN Oleh: Gede Prama Tanggal 7 Desember 2001 adalah salah satu hari yang "khusus" dalam hidup saya. Lama sempat saya bertanya pada sang keheningan. Demikian juga ketika hari khusus di atas tiba. Seperti mengajarkan ke kita setiap hari. plus sebuah kata klise yang teramat sering saya kutip : ikhlas. Sisanya. Maka berdatanganlah telepon dan pesan-pesan SMS yang mesti dilayani satu per satu. Tidak saja bagi dirinya sendiri. segelintir sahabat dekat mengirimkan berita duka cita : ikut berduka cita akan diangkatnya Gede Prama di posisi baru . . pikirannya bersinar terang benderang.

tidak ada pilihan lain kecuali berusaha sekuat tenaga. Sebagaimana roda berjalan. cara-cara seperti ini layak untuk dipertimbangkan. kalau sudah ikut lentur berputar bersama sang roda. biarkan sang alam bekerja dalam hukum-hukumnya sendiri.Sayangnya. kita manusia kerap serakah. apa kendaraan yang saya gunakan. kalau banyak orang menghabiskan hampir semua waktunya dengan tangan mengepal (baca : mempertahankan apa yang ada di tangan dan berjuang untuk selalu mendapat). Tentu saja tergantung pada apa yang kita sebut dengan hasil. Kalau pengertian tentang hasil adalah materi yang banyak dalam jangka pendek. Dengan tidak ada maksud membelokkan Anda. saya sedang mendidik diri untuk tidak sombong ketika di atas. ingin agar kedudukan di atas ini bertahan selamanya. Keserakahan macam inilah yang menjadi musuhnya kejernihan dan pencerahan. Dan jika ada yang bertanya. Ada tidak sedikit orang dan sahabat terutama yang suka ngotot terhadap kehidupan yang ragu. ya itu tadi. Dari yang besar sampai yang kecil. Cuman kalau ukuran hasilnya adalah kedamaian dalam jangka panjang. bukankah tidak ada yang namanya keadaan permanen untuk senantiasa di atas ?. Sebab the art of letting go terletak pada sektor hasil. Dan setiap menoleh ke jalan-jalan di belakang. dan tidak bersedih tatkala di bawah. apa lagi memaksa Anda untuk ikut saya. Bukan untuk membuang-buang apa yang sudah kita miliki. Tentu saja ini perlu diluruskan. baik ke dalam maupun ke luar. Lagian. Apa lagi kalau tidak perduli sama sekali pada dampak-dampak jangka panjang. melainkan merelakan dan mengikhlaskan alam bekerja dengan rumusan-rumusannya sendiri. bukankah di atas dan di bawah sama indah dan nikmatnya ? . mungkin ada saatnya untuk membuka tangan. Begitu ia sudah dilakukan secara maksimal. bukalah tangan. Menyangkut usaha. akankah cara hidup demikian bisa membuahkan hasil atau tidak. Kehidupan Anda adalah pilihan Anda sendiri. Kemana Anda berbelok adalah hak Anda sendiri. Ada yang mengartikannya dengan sikap pasrah yang pasif. Tatkala di bawah memohon ke Tuhan agar semuanya cepat berlalu. kehidupan saya ditandai oleh banyak sekali monumen rasa syukur. keraguan tadi bisa dimaklumi. bukan dalam usaha. Ketika sedang di atas. hampir setiap belokan isinya adalah monumen rasa syukur. Bercermin dari sini.

Bahkan. isi mind memiliki pengaruh yang besar dalam hal bagaimana mata melihat dunia. dalam beberapa bukti (seperti udara yang bermukim di ruang kosong) kekosongan menghadirkan substansi manfaat yang lebih besar. kosong itu berarti tidak ada. gelas. kekosongan lebih berisi dari apa-apa yang sejauh ini disebut dengan isi. Ada isi yang bernama fisika. Lebih-lebih kalau sumber jawaban yang dimiliki hanya bersumber pada logika-logika empiris. Tanpa bermaksud menjawab pertanyaan terakhir. gelas. wilayah tersebut diberi sebutan kosong. Bukankah semua itu jadi berguna karena menyimpan ruang kosong. ide terakhir juga bersifat unexplainable. atau isi cangkir. Sulit dibayangkan. sampai dengan alam semesta. Sesuatu yang memang tidak ada. Pokoknya. rumah.KOSONG ITU ISI Oleh: Gede Prama Ada sebuah wilayah yang jarang ditelusuri ilmu pengetahuan. serta manfaat yang tidak kalah dengan apa-apa yang sejauh ini disebut berisi. manajemen dan masih banyak lagi yang lain. . Setelah dibuat berkerut sebentar oleh penjelasan di atas. setidaknya dalam bingkai pertanyaan di atas. orang timur mengenal istilah koan. tidak terlihat. matematika. lapangan sepak bola. guna. apa lagi bisa diraba. piring. sekarang coba perhatikan cangkir. ia diberi simbul angka nol. mari kita bawa perdebatan tentang kekosongan terakhir ke dunia mind. statistika. Andaikan ruang kosong terakhir tertutup benda yang memungkinkan kekosongan tadi lenyap. sebagaimana dicontohkan oleh lapangan sepak bola dan alam semesta di atas. Bahkan. Sulit dibayangkan. Dalam matematika. bagaimana kita manusia bisa memetik guna dan manfaat dari cangkir. saya menjaga jarak terhadap sinyalemen matematika yang mengidentikkan kekosongan dengan angka nol yang berarti tiada. ada seseorang atau sekumpulan orang yang pernah mendengar bunyi tepuk tangan yang hanya dilakukan sebelah tangan. dari mana manusia menghirup udara ? Bukankah semua kehidupan akan mati percuma dan tiada guna ? Dalam bingkai-bingkai pertanyaan (bukan pernyataan) seperti ini. Sebagaimana hakekat kosong yang tidak bisa dijelaskan. Dalam tataran wacana yang biasa. ia diidentikkan dengan ketiadaan. Ia mungkin hanya bisa ditanyakan. Sama sulitnya dengan membuat nyata angka nol. Ilmu pengetahuan dan sekolah memang membuat mind jadi penuh dengan isi. memiliki arti. Apa lagi ruang kosong super besar yang menutup alam semesta. Agak berbeda dengan orang barat memandang kekosongan. Pertanyaa koan yang paling terkenal berbunyi begini : bagaimanakah bunyi tepuk tangan yang hanya dilakukan oleh sebelah tangan ? Siapa saja akan mengalami kesulitan dalam menjawab pertanyaan terakhir. Kekosongan. Dan berbeda dengan isi rumah. tidak bisa dijelaskan. rumah dan lapangan sepak bola yang penuh.

Sebutlah wacana-wacana dikotomis benar-salah. Satu spirit dengan kekosongan alam semesta yang memungkinkan manusia menghirup udara gratis. Sayangnya. di mana udaranya demikian segar dan menjernihkan. Ada orang yang takut memang pergi ke sana. bahkan ada yang mulai tidak bisa bernafas. Australia. Amerika atau Indonesia. Dan saya termasuk orang yang rajin bereksplorasi di sana. orang tua maupun muda. Entah itu di Inggris. sebagai orang yang lahir dan tumbuh di dunia manajemen. sedih-gembira. unborn mind juga serupa. Saya kerap memperhatikan bunyi anak-anak menangis. koran. orang kota. saya memiliki pandangan yang sering kali berbeda dengan sahabat-sahabat yang tidak pernah tumbuh di lahan manajemen. jurnal. mind juga memerlukan kesegaran-kesegaran. kejernihan dan kebeningan hadir dalam dunia kosong yang berisi. sudah mulai ada orang yang gerah kepanasan. kekosongan adalah alternatif yang layak untuk direnungkan. Sehingga jadilah fully occupied mind karena penuh oleh pengetahuan. dan pada akhirnya mati suri tanpa disadari. Hanya kedewasaan dan kearifan yang memungkinkan perbedaan terakhir kemudian bergerak maju ke dalam pengkayaan-pengkayaan. Percaya atau tidak. Paradoksnya. dalam keadaan-keadaan tertentu.Orang-orang yang tahu dan paham betul akan statistika. Kesegaran. sukses-gagal. Dan di titik ini. Ia adalah hasil ikutan dari over intelectualizing yang dilakukan oleh kepala-kepala yang penuh dengan isi. orang desa. memiliki penglihatan berbeda dengan mereka yang awam akan statistika. unborn mind. kepentingan maupun yang lain baik tidak sebagai sumber dari banyak hal yang berisi. semua manusia bisa kembali ke sana. orang miskin. beresponnya sama : lari atau melompat ketakutan. majalah. tidak banyak yang memiliki kedewasaan dan kearifan terakhir. Mirip dengan alam pegunungan yang tidak terjamah manusia. Coba Anda perhatikan apa reaksi orangorang kalau tiba-tiba di depannya ada mobil bergerak menuju dirinya. mungkin ada manfaatnya untuk menoleh pada unoccupied mind. tangisan bayi senantiasa sama. bukankah tulisan pendek ini juga penuh dengan isi ? Karena itulah saya menyesal besar pernah menulis tulisan ini. Serupa dengan itu. Prancis. Dan pada saat yang membuat semuanya jadi fully occupied. Sebaliknya. atau apa yang kerap saya sebut dengan unschooled mind. ke alam kosong yang penuh dengan isi. Ia memang memenuhi banyak buku. menjadi awal dari penghancuran-penghancuran yang tidak berguna dan berbahaya. Sebagai hasilnya. Sehingga tidak menyisakan sedikitpun ruang kosong wacana. . pengalaman. Ini hanya sebagian contoh dan bukti the unborn mind. Sebagaimana tubuh yang memerlukan udara segar. Entah orang kaya.

Karena Anda amat mudah tersinggung. Saya berterimakasih sekali ke puteri Ibu kost saya yang amat kasar dan suka menghina dulu. menjadi inspirasi yang amat membantu pendidikan anak-anak di rumah. sebagian dari mereka hanya tersenyum kecut. Namun. saya pernah merasakan sendiri betapa sakit hati dan tidak enaknya dihina anak kecil. Dengan meyakini bahwa setiap orang yang kita temui dalam hidup adalah guru kehidupan. mereka yang datang menemui saya menganggap dirinya bukan manusia sulit. karena kita tidak sadar dengan kotornya kaca mata maka orangpun kelihatan kotor. Sekarang. Motifnya. suka menghina. Setelah itu. ada ratusan staf bank sentral ini yang demikian tertarik dan tekunnya mendengar ocehan saya. maka orang yang tersenyum sedikit saja sudah membuat Anda jadi kesal. tidak sedikit yang memamerkan perilaku-perilaku manusia sulit. manusia super sulit sedang mengajari kita dengan menunjukkan betapa menjengkelkannya mereka. dll . saya ingin mengajak Anda masuk ke dalam sebuah pemahaman tentang manusia sulit. Nah. hampir semua orang bernafsu sekali untuk membuat manusia sulit jadi baik.seperti keras kepala. tidak mau kerja sama dll. Dalam banyak kasus. bayangan tentang anak kecil yang kasar dan suka menghina. maka sering saya menganjurkan untuk membersihkan kaca mata terlebih dahulu. dan orang lain di luar sana sebagian adalah manusia sulit. ketika orang-orang ramai menyatukan pendapat. Di awal presentasi. sebenarnya kita sedang semakin diingatkan untuk tidak berperilaku sejelek dan sebrengsek itu. Terutama karena beberapa alasan. Bank Indonesia amat senang mengundang saya untuk menyampaikan presentasi dengan judul Dealing With Difficult People. Bayangkan. menang sendiri. Dalam satu hal jelas.dan kemudian saya tanya apakah itu termasuk perilaku manusia sulit. menang sendiri.Orang Brengsek Guru Sejati Labels: Orang Brengsek Guru Sejati Entah apa dan di mana menariknya. . maka orang berbeda pendapat sedikitpun jadi sulit. Yang jelas. Sebab. ia malah mencaci dan menghina orang lain. Semakin sering kita bertemu orang-orang seperti ini. dari sana saya pernah berjanji untuk tidak mengizinkan putera-puteri saya sekasar dia kelak. Pertama. pembicaraan mengenai manusia sulit hanya boleh dibicarakan dalam keadaan kaca mata bersih dan bening. apa lagi kalau bukan dengan niat untuk sesegera mungkin jauh dan bebas dari manusia-manusia sulit seperti keras kepala. maka guru terbaik kita sebenarnya adalah manusia-manusia super sulit. Sebab. begitu mereka saya minta berdiskusi di antara mereka sendiri untuk memecahkan persoalan kontroversial. Karena Anda amat keras kepala. Bila saya tunjukkan perilaku mereka . sebelum menyebut orang lain sulit. ia mau menang sendiri. Dengan kata lain. Bertolak dari sinilah. yakinlah kalau bukan Anda sendiri yang sulit. Tatkala orang belajar melihat dari segi positif. sebelum melihat orang lain.

mengurut-urut dada. Saya tidak mengecilkan peran sekolah bisnis. atau menarik nafas panjang oleh manusia super sulit. manusia-manusia pintar tukang hujat di atas. berhadapan dengan tukang hina tentu saja kita memaksa diri untuk tidak menghina balik. Pasalnya. Setiap di depan kelas saya diuji. Pertama ditarik melawan. Ketiga. Bertemu dengan orang yang berhobi menjelekkan orang lain tentu membuat kita berefleksi. Awalnya memang membuat tubuh ini susah tidur. betapa tidak enaknya dihina orang lain. Sebab. Terakhir dan yang paling penting. kalau ada kesempatan saya bantu orang-orang yang menghina tadi. serta mendoakan kita masuk surga.Kedua. manusia super sulit sebenarnya menunjukkan jalan ke surga. Sebagaimana sering saya ceritakan. Dan kemudian. dengan sedikit rasa dendam yang positif manusia super sulit sebenarnya sedang membuat kita jadi hebat. hinaan mereka membuat saya lari kencang dalam belajar dan berusaha. Kelima. batu dengan bunga. Seorang anggota keluarga yang mengenal latar belakang masa kecil saya. bukankah kemungkinan masuk surga menjadi lebih tinggi? . bau busuk dengan bau harum. kalau kita berhasil membalas hinaan dengan senyuman. pernah heran dengan cara saya menangani hujatan-hujatan orang lain. ia akan menjadi Universitas Kesulitan yang mengagumkan daya kontribusinya. dimaki bahkan kadang dihujat. disadari maupun tidak manusia sulit sedang memproduksi kita menjadi orang dewasa. itu berarti kita sedang menarik karet ini (baca : tubuh dan jiwa ini) menjadi lebih longgar (sabar). sudah terbukti membuat banyak sekali orang menjadi pemimpin jempolan. namun begitu sering ditarik maka ia akan longgar juga. Rekan saya menjadi jauh lebih asertif setelah dipimpin lama oleh purnawirawan jendral yang amat keras dan diktator. Keempat. Dan gurunya ya itu tadi. tubuh ini jadi kebal. tetapi pengalaman memimpin dan dipimpin oleh manusia sulit. Semakin sering dan semakin banyak kita memimpin dan dipimpin manusia sulit. manusia super sulit adalah sparring partner dalam membuat kita jadi orang sabar. namun juga amat rajin mengkritik. Di masa kecil. Lihat saja. Tetapi lama kelamaan. Saya pernah mengajar sekumpulan anak-anak muda yang tidak saja amat pintar. Dengan demikian. saya termasuk orang yang dibesarkan oleh penghina-penghina saya. badan dan jiwa ini seperti karet. kalau berhasil membantu orang yang tadinya menghina kita. semakin sering kita dibuat panas kepala. Dan betapa besar dan hebatnya diri ini rasanya. manusia super sulit sering mendidik kita jadi pemimpin jempolan.

Bagi yang melihat beban kehidupan sebagai serangkaian hal yang memberatkan. kalau hidup ditujukan justru untuk melengkapi sisi-sisi pemahaman yang belum sempurna. cuman waktu yang ia wakili tidak membutuhkan battery dan tenaga manapun. Logika dan kata-kata manusiapun memberikan judul : tua. ada sebuah gejala yang terus menerus berjalan : waktu! Seperti jarum jam di dinding. Bagi sahabat yang melihat beban sebagai vitaminvitamin yang memperkuat. siapapun yang menjawab. Mana kala melihat orang-orang yang lebih muda dipanggil yang kuasa. terserah sepenuhnya pada pribadi masing-masing. Ada juga yang menyebutkan. ia adalah gerakan itu sendiri. alat untuk melakukan penyerangan. bahan-bahan untuk memamerkan kehebatan. Ada yang menyebutnya dengan masa-masa panen dalam hidup. Kadang ia berhenti karena baterrynya mati. Jawaban memang senantiasa diserahkan kepada mereka yang mendengar ketika pertanyaan dilontarkan. Bukankah setelah tertabrak berbagai karang kehidupan. Ada yang mengkaitkannya dengan badan yang berbau tanah. Bagi pejalan-pejalan kaki di jalan jiwa lain lagi. Ada yang bertanya. ketidaksempurnaan terakhir kemudian menjadi bahan wacana. Dan judul terakhirpun tidak sama pemahamannya. ketidaksempurnaan ada untuk mengajarkan kesempurnaan pada manusia. Logika dan kata-kata. Pertama. berjalan dan berjalan. Di tangan manusia-manusia yang digiring kepintaran. Dan itupun tidak apa-apa. tidakkah ini hanya bunga-bunga kehidupan yang membuat semuanya jadi kaya warna? Di tangan manusia-manusia bijaksana nasib ketidaksempurnaan pengetahuan manusia lain lagi. di lain sisi ia juga suka memperkosa. ia adalah hidup itu sendiri. kita kerap baru tersadar. Ada juga yang meletakkannya sebagai waktu membalas dendam perhatian ke anak cucu. tua adalah awal terbitnya matahari di dalam diri. logika dan kata-kata manusia tidak dan tidak akan pernah bisa memotret jejak-jejak kaki tadi sebagaimana adanya. Ada juga yang membuatnya sebagai sarana tawar menawar kepentingan. Yang jelas. ketika melihat putera-puteri di rumah sudah besar. semua hal ditanyakan dan mau dipahami dulu. berjalan. setiap pencaharian yang boros logika dan kata-kata. Ketidaksempurnaan ada untuk menjadi lahan-lahan latihan jiwa. Tatkala merasakan badan tidak lagi sekuat dulu. Sayangnya. tua adalah tanda-tanda matahari mau tenggelam. kadang malah terkejut. Bagi mereka. Karena pemerkosaan jenis terakhir inilah. matahari apa yang terbit di dalam diri? Inilah keterbatasan pemahaman melalui kata-kata dan logika. di satu sisi memang jembatannya pemahaman. Kemudian . kemudian pengetahuan manusia manapun jadi tidak sempurna. kemudian jiwa bisa pulang dengan tenang? Ah entahlah. apapun pertanyaannya. Demikian sejarah pernah bertutur pada manusia. Tidak semua suka tentu saja. apapun jawabannya. Sebagai manusia biasa. membuat pencaharian berjalan keluar. Ada yang bertanya. Kedua. Ia adalah tenaga itu sendiri.MATAHARI DI DALAM DIRI Hidup penuh dengan jejak kaki. Seolah-olah tanpa bertanya dan paham manusia akan masuk jurang. Dan tentu saja. jatuh dalam banyak jurang kehidupan. ada yang mengkaitkan umur tua dengan perlambang alam yang bernama matahari. pejalan-pejalan kaki di jalan kejernihan memang hanya boleh bertanya. baru kemudian bergerak dan berjalan untuk menggali. siapapun yang bertanya. Yang jelas.

Sebutan pintar dan hebat tidak lagi menggoda. Dikasih terimakasih. begitu sebuah pemahaman terpetakan oleh logika dan katakata. kejernihan yang mendalam jadi terbuka. Kejernihan itu meliputi segala waktu. manusia terpental jauh dari dirinya sendiri.mengabaikan sumur tanpa dasar yang ada di dalam. Ketiga. Kadang. kemudian anak bertanya ulang : itu papa atau teman selingkuh? Bagi sahabat yang diperkuda kepintaran. Tatkala manusia sudah terlepas dari harapan. ada yang berbisik. Ketika manusia mengalami pelepasan. apa yang tersisa dalam kehidupan pasca pelepasan ? Yang tersisa di sana hanya satu : kerja. pelepasan adalah jantung kehidupan. Diterangi cahaya pemahaman seperti ini. kemudian bertanya pada mamanya: mana papa? Dan begitu telunjuk mama menunjuk ke seorang lelaki. inilah awal terbitnya matahari di dalam diri. ada seorang sahabat pernah berbisik. Cuman pada kehidupan manapun yang menyelami lapisan-lapisan keihklasan secara mengagumkan. seluruh hidup adalah proses pelepasan. Bedanya dengan kerja orang kebanyakan. bukankah kerja adalah bentuk cinta yang paling nyata? Bukankah melalui kerja Tuhan menjadi nyata? Selamat tahun baru 2004! . Jarang sekali terjadi ? atau mungkin malah tidak pernah ? begitu mamanya menunjuk seorang lelaki. tidak dikasih juga terimakasih. ia memasuki wilayah-wilayah kebebasan yang berkelimpahan. pendapat dan apalagi ketakutan. bukahkah muncul great sun of wisdom dari dalam dirinya? Ada juga yang ragu-ragu dan bertanya. tempat dan perubahan. ada saatnya perjalanan pemahaman mirip dengan seorang anak yang baru bisa belajar bicara. Dan seumur hidup menyebut lelaki tadi dengan sebutan papa. juga serupa. ketika penafsiran kita tentang semesta berhenti. mungkin cara seperti ini disebut dengan kebodohan dan ketololan. Dalam bahasa lain. Kaya dan terkemuka. kerja dan kerja. Tidak ada pertanyaan di sana. dan kemudian berpelukan dengan kehidupan secara penuh penerimaan. Pejalan kaki yang lain berucap pelan. Seorang pejalan kaki di jalan ini pernah berucap. apa lagi penolakan. setiap bayi langsung mempercayainya.

Ya sekali lagi memaafkan orang lain. Apa yang bisa diproduksi oleh kebencian ? Kita bisa lihat sendiri disamping pengangguran yang berjumlah puluhan juta orang. Demikianlah cara kerja kebencian. . Jangankan doa dan perjalanan menuju Tuhan. Saya bahkan menemukan orang-orang dengan beban tidak bisa memaafkan dalam jumlah yang tidak terhitung. ada kebencian terhadap suku atau agama lain karena terlibat perang dan kerusuhan. mungkin itu sebutan yang cocok untuk tahun 2001. mungkin ada manfaatnya mengutip apa yang pernah ditulis Rabindranath Tagore dalam The Heart of God : when the far and the near will kiss each other. Dua jam setelah kejadian itu berlalu. dan masih banyak lagi daftar kebencian lainnya. Inilah sebuah kegiatan yang amat sulit di zaman ini. di sana sudah tertulis banyak sekali catatan tentang kebencian yang beranak pinak. kebencian dan hanya kebencian. namun kamu menggendongnya sampai dengan sekarang . pendeta yang lebih muda bertanya : kenapa abang sebagai pendeta mau menggendong wanita cantik tadi ? . sulit. Dalam keadaan begini. dan kemudian menghasilkan kehidupan yang mengerikan. tidak ada pilihan lain terkecuali belajar dan mendidik diri untuk melupakan kebencian serta mulai memaafkan orang lain. Bila yang jauh berciuman dengan yang dekat.MEMAAFKAN ITU MENYEMBUHKAN Oleh: Gede Prama Kolam kebencian tidak bertepi. tidak bisa itulah rangkaian stempel yang diberikan kepada seluruh upaya untuk memaafkan orang lain. maka kehidupan menyatu dalam cinta. juga secara amat meyakinkan kita sedang memproduksi masa depan yang amat menakutkan. Anda pasti sudah tahu sendiri akibat yang ditimbulkan oleh semua itu. and life will be one in love . cucu. cicit dengan wajah-wajah yang lebih menakutkan. ada kebencian terhadap pemerintah karena tidak menunjukkan kinerja yang meyakinkan. Sehingga ini semua menyisakan pekerjaan rumah yang besar bagi saya (dan mungkin juga Anda). ada kebencian terhadap oknum aparat yang tidak berhenti-berhenti korupsi. Mirip dengan sebuah cerita Zen tentang dua orang pendeta yang mau berenang menyeberangi sungai. Dan pendeta lebih tuapun menyanggupinya. tubuh dan jiwanya sendiri pasti dikunjungi berbagai macam penyakit. Berat. ada kebencian terhadap Osama karena dituduh menghancurkan gedung WTC New York. Sehingga praktis seumur hidup orang-orang seperti itu isi waktunya hanya kebencian. kebencian bahkan bisa menghasilkan anak. tidak mungkin. ada kebencian terhadap DPR karena tidak habis-habisnya dilanda skandal. Ada kebencian terhadap Amerika karena menyerang Afghanistan. Mungkin kedengarannya puitis sekaligus mengundang alis berkerut. Di titik ini. Tiba-tiba ada wanita cantik yang berteriak di belakang meminta digendong. Lihatlah sejarah. terutama bagaimana berjalan dalam hidup dengan sesedikit mungkin beban kebencian. Tidak hanya pernikahan yang beranak pinak. Oleh karena sebuah atau beberapa kejadian yang sudah lewat di masa lalu sebagian bahkan sudah lewat ratusan tahun yang lalu sebagian orang menggendong kebencian bahkan sampai ketika dipanggil sang kematian. Dengan sedikit kesal pendeta tua berucap : saya sudah menurunkan tubuh wanita tadi dua jam yang lalu. ada kebencian terhadap pengusaha besar karena dicurigai mencuri uang negara.

kenapa banyak lukisan-lukisan yang datang dari Cina dan Jepang berlatar belakang pohon bambu ? Sampai-sampai sempat bertanya ke sana ke mari. musuh. setidaknya menurut saya. bila kita sepakat agar republik ini secepat mungkin mengalami penyembuhan. mungkin saja bisa menyembuhkan orang yang dimaafkan. Medicine and Miracles mengajukan sebuah bukti meyakinkan. kegiatan memaafkan pasti menyembuhkan siapa saja yang mau dan rela memaafkan. Di mana ke lima puluh tujuh orang ini sudah positif terkena kanker. Sebagaimana ia tulis secara amat percaya diri di halaman 202 bukunya. Yang dekat adalah kehidupan kita yang riil dan nyata di hari ini. Karya jernih ini bertutur banyak tentang kebijakan-kebijakan Confusius melalui simbul-simbul bambu. Dan dari sinilah lahir bibit-bibit unggul cinta buat sang kehidupan. atau siapa saja. adalah kejadian-kejadian di masa lalu sekaligus harapan-harapan kita akan masa depan. tetapi kita bisa memulainya dengan kehidupan kita masing-masing. dan yang paling penting tumornya mulai menyusut. suami. depresinya menurun drastis. Seperti telah diingatkan Rabindranath Tagore. demikianlah rasanya ketika kita rela memaafkan orang lain. Tetapi yang jelas. pohon yang menarik perhatian saya ini. bisa jadi saran Siegel ini layak direnungkan kembali. Siegel menulis : when you give love. Keyakinan ini bukannya tanpa bukti. Dan mohon dicatat kalau kesimpulan ini datang dari Berni Siegel yang nota bene salah seorang ahli bedah di Amerika sana. Ketika Anda memberi maaf. secara meyakinkan membantu Anda keluar dari kekhawatiran. Dan rasa ingin tahu ini sedikit terobati ketika bertemu buku dengan judul The Bamboo Oracle karangan Chao-Hsiu Chen. you receive it at the same time. Entah itu memaafkan isteri. menyimpan banyak sekali simbul dari sifat-sifat mulia. dan begitu mereka menghentikan secara total dan radikal kebencian. Kembali ke cerita awal tentang lautan kebencian yang tidak bertepi. diri sendiri. Ia jauh lebih mungkin dijembatani oleh kesediaan untuk memaafkan. Seperti baru saja meletakkan beban berat yang lama tergendong di bahu.Yang jauh. Tidak sama dengan pohon lainnya yang senantiasa sombong dengan bunga dan buahnya. Dan bibit-bibit unggul cinta ini. bukankah itu bisa membuat sang kehidupan menyatu dalam cinta ? MENDENGARKAN BAMBU BICARA Oleh: Gede Prama Terus terang. Bernie Siegel dalam karya best seller-nya yang berjudul Love. Anda juga menerimanya pada saat yang sama. bambu tetap berdiri tegak tanpa sumber kesombongan terakhir. lama saya memendam keingintahuan. Semua ini seperti sedang . Sebagai kesimpulan. Saya dan Anda mungkin bukan penentu di republik ini. Siegel telah mengkoleksi 57 kasus keajaiban kanker. Dan keduanya tidak mungkin disatukan oleh kebencian. Dan kesediaan untuk melepas masa lalu dengan cara memaafkan. Rupanya. Sebutlah sifat bambu yang tidak memiliki bunga dan buah. And letting go of the past and forgiving everyone and everything sure helps you not to be afraid .

maka siklus naik dan turun akan senantiasa ikut bersama kita. Sayang sekali. Ketika dipuji naik siklusnya. di sana senang . ketika angin ribut datang ia juga berdesis hening. untuk kemudian berakar ke luar. hanya untuk mengundang decak kagum orang lain. datang tanpa mengenal rasa lelah. energi utama yang mendorong perubahan dan kehidupan bukan lagi pujian dan makian orang lain. bambu juga senantiasa hidup dalam keheningan dan kerendahhatian. pantai dan tempat rekreasi lainnya. demikian juga kehidupan banyak orang yang berakar ke dalam. tatkala dimaki turun mood-nya. Sehingga kalau pujian dan makian orang yang digunakan sebagai barometer keberhasilan. Sebutlah tragedi meledaknya World Trade Centers New York yang dibumi hanguskan oleh teroris 11 September 2001 lalu. di kaki langit manapun. rekreasi ke dalam biayanya amatlah murah secara materi. peperangan. untuk kemudian diganti dengan kekisruhan. Ketika angin lembut datang. orang-orang yang didikte kesombongan dan kecongkakan. gunung.mengingatkan kita manusia. Dan kalau rekreasi ke luar kita membayar mahal. demikianlah kira-kira kehidupan orang-orang yang berakar ke dalam. keheningan ala bambu sudah lama membuang kotak dan pagar-pagar terakhir. hasil dalam kehidupan. kehidupan manusia modern tidak mau mendengarkan bambu. Dengan judul-judul seperti memberi pelajaran pada adi kuasa. Dan hening terakhir adalah sejenis kualitas yang sudah lama hilang dari dunia manusia. dendam dan sejenisnya. Disamping berakar kuat ke dalam. Tidak ada satupun kekuatan pendikte dari luar yang bisa merobohkannya. pujian dan makian orang lain. Dalam kehidupan yang berakar ke dalam. menegakkan martabat bangsa. yang belakangan membuka pintu kebencian yang amat mencekam. Mirip dengan anak-anak sekolah yang pergi tamasya dan di dalam perjalanan selalu bernyanyi di sini senang. syukur dan tersenyum. memilih untuk berakar ke dalam persis seperti bambu. apa lagi penyebab utamanya kalau bukan kehidupan yang berakar ke luar. Dan sebagaimana semua kita tahu. Kabir bahkan pernah menyarankan untuk tidak perlu pergi ke taman. amat dan sangat tergantung pada komentar. Sebagai hasilnya. Berbeda dengan dendam dan kekisruhan lain yang mengenal kotak dan pagar-pagar pemisah. pujian dan makian orang akan senantiasa datang mengikuti. dan kemudian menimbulkan suara desis yang hening. kalau dibiarkan menjadi kekuatan pendikte kesombongan dan kecongkakan. maka mudah sekali membuat orang berakar ke luar . Hanya diperlukan duduk. ia berdesis hening. Sebab. kebencian. Dibandingkan lelah naik turun. Berbeda dengan bambu yang berakar kuat ke dalam. Kalau boleh jujur. namun kenikmatan untuk senantiasa bersyukur dalam melakukan perjalanan. hening. pendapat. penderitaan dan sejenisnya. orang-orang seperti Kabir (salah seorang seniman besar India). Mirip dengan bambu yang kuat dan kokoh karena berakar ke dalam. Lihatlah ketika angin bertiup. di dalam sini sudah tersedia keindahan dan kenikmatan yang tidak terbatas jumlahnya. dengan sikap dan prestasi setinggi apapun. ada orang yang bahkan rela mati dan menghancurkan surga di dalam diri. . tidak sedikit manusia yang hidupnya dibuat lelah karena senantiasa mendaki dan menuruni siklus pujian dan makian. ia hanya bergesek-gesek kecil dengan sahabatnya.

Di mana dalam kebesaran dan kedigdayaan. Semakin dikupas. sebagai pribadi hati sayapun menangis. kebencian tidaklah sepantasnya dilawan dengan kebencian. dan setiap kali datang menemukan bagianbagian lain dari Bali yang tersembunyi. modest.Seolah-olah sedang mengingatkan. ada yang memuji Amerika. dan saya memilih untuk duduk hening mendengarkan suara-suara bambu. Dan sebagaimana disarikan secara ringkas oleh Chao-Hsiu Chen. makin putih warnanya. wajah dunia memang terbelah. Bagian-bagian kekayaan Bali yang tersembunyi. Sebagaimana cerita kehidupan yang berakar ke luar. penumpang dengan rambut coklat lebih banyak dibandingkan dengan yang berwarna hitam. itulah yang kerap ditemukan wisatawan ini setiap kali datang dan datang lagi. sebuah pemandangan yang sulit dihindari di pesawat adalah banyaknya penumpang dengan rambut berwarna coklat. ada yang bertanya kepada salah seorang wisatawan yang datang berulang-ulang. hanya dengan keheninganlah kejernihan pandangan bisa dipertahankan. karena kita bangsa besar. adakah kita yang lahir di Bali melihat Bali setiap hari. Namun. dan pada akhirnya meneteskan air mata? . lewat dalam bayangan saya sebagai manusia. Setidak-tidaknya demikianlah cita-cita saya dalam perjalanan panjang yang bernama kehidupan. Didorong rasa ingin tahu. kemudian juga menemukan sisi-sisi lain kekayaan Bali yang tersembunyi? Ada seorang sahabat yang menemukan pengandaian berguna dalam hal ini. Tidak sedikit di antara mereka yang sudah datang ke Bali berkali-kali. bambu senantiasa silent. Dan memang demikianlah hakekat kehidupan. Bush berpidato penuh senyum : Kita amat terpukul dan berduka dengan kejadian ini. Ketika tulisan ini dibuat. sopan dan berakar ke dalam. Setelah dikupas semua. Kerap terjadi. sambil berharap inilah saatnya bagi Amerika untuk menunjukkan kedigdayaannya yang sebenarnya. seperti selalu menemukan the hidden treasures of Bali. tidak ada yang tersisa terkecuali air mata yang meleleh. Sayang sekali. inilah saatnya untuk menunjukkan pada dunia kebesaran kita. Kedigdayaan Amerika yang dibangun dalam kurun waktu lama bahkan dijatuhkan oleh serangkaian kebencian dan kekisruhan. Ketika peledakan gedung WTC New York baru terjadi. Anda bebas memilih sikap dalam hal ini. Ketika itu. kalau orang luar yang datang ke Bali. prediksi saya tentang pidato Bush salah besar. Setidak-tidaknya itulah prediksi saya tentang pidato Bush di hari berikutnya. Dipancing oleh komentar seperti ini. banyakkah di antara orang Bali yang ''mengupas'' Bali. kedengkian tidaklah selayaknya direspons dengan kekisruhan pikiran . deeply rooted. Hening. setiap kali dia datang ke Bali. Pertanyaannya kemudian. Tambah dikupas lebih putih lagi. Dan. Mendalami kehidupan (baca: menyelami Bali) mirip dengan mengupas bawang merah. menemukan wajahnya yang semakin putih dari hari ke hari. George W. jawabannya agak mengejutkan. MENEMUKAN KEMBALI BALI DI DALAM DIRI SETIAP kali terbang ke Bali. ada juga yang mencaci Amerika.

justru menunjukkan sebuah diskontinuitas? Bila diskontinuitas terjadi. Atau. namun satu hal jelas. mengukir. tulisan ini sudah mengajukan sejumlah pertanyaan. Bukan untuk memberi jawaban.Ah. damai dan harmoni selama ratusan tahun kemudian? Kalau benar asumsi tentang sejarah sebagai sebuah kontinuitas. siapa pun yang lahir dan besar di Bali matanya akan tertangkap oleh pemandangan keseharian yang tidak pernah mengenal henti: persembahan. sahabat pendeta ini bertutur terus tanpa bisa dihentikan. Lantas. mudahmudahan berguna dalam membuka the hidden treasures of Bali. di samping mudah tergelincir ke dalam kesombongan. tetapi lebih sebagai tumpukan arsitektur pertanyaan. Terutama karena tidak ditanya. maka layak dipikirkan bersamasama sebuah pekerjaan rumah besar: apa peristiwa (atau kesadaran) besar yang membuat Bali berbelok dari kekerasan menuju harmoni? Tanpa bermaksud memberi jawaban. Seorang sahabat pengusaha Bali yang kantornya penuh dengan canang sari setiap hari pernah bertutur. kecongkakan dan malah perdebatan serta permusuhan. Masih menurut peneliti ini. izinkanlah tulisan ini lewat sebentar. di banyak sekali tempat yang lain orang Bali dari dulu sampai sekarang amat dan teramat rajin melakukan persembahan. Kesenian hanyalah sebuah judul yang datang dari luar. Jangankan di tempat suci. Lebih-lebih bila ini dikaitkan dengan salah satu pertanyaan gelap sejarah Bali: di mana letak kekuatan pembelokan dari sejarah Bali awal yang penuh dengan kekerasan. mudah sekali membuat perjalanan berhenti dihadang tembok besar dan kokoh. orang Bali ketika itu tidak mengenal istilah kesenian. sejarah memang bukan gudang semua jawaban. kalau dia mengalokasikan ratusan ribu rupiah per bulan hanya untuk tersedianya canang sari setiap hari. Ia lebih menyerupai bahan-bahan yang memerlukan pengolahan lebih dalam kemudian. dengan kesantunan hidup yang berumur ratusan tahun kemudian yang memproduksi harmoni. mungkin tugas dan wewenang seorang manusia hanya boleh bertanya. bukankah antara Bali awal yang ditandai kekerasan. Karena sifat sejarah yang selalu memiliki wajah-wajah tersembunyi yang mudah dieksploitasi pikiran manusia. Ada peneliti Belanda yang pernah bertutur tentang Bali tahun 1920-an yang pernah dikunjunginya. semuanya dilakukan sebagai rangkaian persembahan. melukis dan sejenisnya? Dengan terkagum-kagum peneliti ini mendengar jawaban orang Bali ketika itu: tidak semua kami mengerti. Disinari cahaya-cahaya kejernihan seperti ini. ketika sang hidup sudah mulai menunjukkan tanda-tanda makna. menyanyi. ada seorang sahabat pendeta Buddha yang bergumam kecil: ''Bali dalam bahasa Pali (bahasa teks asli agama Buddha) artinya persembahan''. Merenung di atas kesadaran sejarah seperti inilah. Dan jawaban. Dengan sebuah doa. . apa yang dilakukan orang-orang Bali ketika itu yang suka menari. kemudian bergerak drastis menjadi Bali dengan perilaku santun. kalau bukan kesenian. apa peristiwa besar yang mendorong belokan diskontinuitas seperti ini? Mungkin sahabat-sahabat yang mendalami lontar dan manuskrip tua Bali bisa membantu mengurai sebagian diskontinuitas ini. maafkanlah! Terutama karena belum apa-apa. Pulau Persembahan Dalam sebuah perjalanan. Ada yang kaget di dalam sini.

namun rupanya wilayah-wilayah persembahan jauh lebih lebar sekaligus lebih dalam dari sekadar canang sari. Wilayah-wilayah Persembahan Pemahaman dan pendalaman seseorang tentang sebuah wilayah. guru-guru di sekolah sampai dengan media seperti koran dan televisi. toh itu dilakukan terus-menerus. Tidak sedikit sahabat yang mengeluh mahal. tidak ada tangan manusia yang mencatat. hanya dengan memandanginya. Dari umur yang amat kecil. Teritori pengetahuan manusia memang penuh dengan hukum sebab akibat. Melakukan persembahan. Kerap terjadi. itulah langkah-langkah yang dilakukan oleh setiap manusia yang mau memahami serangkaian wilayah. Dan yang menjawab pun tidak sedikit: dari orangtua. yang juga berisi kisah persembahan. atau persembahannya kurang dulu baru jadi orang Bali terasa menderita? Bagi pencinta logika. Berangkat. Namun. memang amat ditentukan oleh seberapa tekun serta seberapa sering yang bersangkutan datang memahami wilayah tersebut. ada segelintir orang yang berpikir pindah agama karena mahalnya ongkos menjadi orang Bali. Dan. penekun keheningan dan kejernihan aman serta nyaman berjalan bahkan tatkala tidak tahu. Hal yang sama juga terjadi dalam wilayah-wilayah persembahan. Bahkan. Hukum ini juga yang bertanya: jadi orang Bali dulu kemudian menyebut persembahannya mahal. Mempelajari peta tentu saja baik dan berguna. Sebagaimana wilayah lain dalam kehidupan. Tentu saja kedalaman pemahamannya berbeda dengan seseorang yang belum pernah melihat peta London. Ada kisah Mahabharata yang legendaris itu. jawabannya memang bukan syarat mutlak dari dimulainya perjalanan. kita di Bali sudah dibekali banyak ''peta'' tentang persembahan. itu dan hanya itu. . kehidupan Bali sejak dulu penuh dengan peta-peta tentang persembahan. Sering tidak bernama. Hal yang sama juga terjadi dengan wilayah-wilayah persembahan. Namun. Sebut saja seorang sahabat yang bertahuntahun pekerjaannya hanya melihat dan mempelajari peta kota London. Hanya yang melakoninya penuh kedalaman sekaligus keheningan yang bisa tergetar di wilayah-wilayah persembahan. kata-kata dan perdebatan silakan temukan sendiri jawabannya. Namun. Pendek kata. tentang pura. Anak-anak bertanya tentang sesaji. manusia hanya memahami serangkaian wilayah secara amat terbatas. tentu saja masih ada lagi yang lain. keluarga dekat.Kesimpulan ini sekaligus mengingatkan kita semua tentang wilayah-wilayah persembahan. namun puluhan tahun sudah tinggal menetap di sana. berjalan. wilayah-wilayah persembahan juga ditandai oleh sejumlah keluhan. Silakan juga selami jalan-jalan yang Anda temukan. Ada cerita tentang Jaya Prana dan Layon Sari yang sebagian hidupnya berisi persembahan. bagi pencinta keheningan dan kejernihan. tentang ngayah. Canang sari tentu saja sebuah wujud persembahan. lihat dan pahami. tidak bersuara.

bukan karena sedih. Eugen Herrigel belajar Zen di Jepang. Takuan juga seorang guru pedang dari Jepang. Bahkan hidup mati pun sudah tidak dipikirkan lagi. Sekarang. setiap bulan. Mengutip pendapat guru Takuan. Ini lebih jelas lagi. Semuanya hanya hening. tidak paham. Di beberapa tempat sekaligus pegunungan yang ada pusat airnya. tetua Bali memberi nama Pura dengan Pura Mengening. tenang. di mana alam memberi tanda-tanda dalam bentuk sebelas gunung dan sebelas petirtan. hening. sepi. tidak terbayangkan apa terjadi di Bali bila wajah-wajah kekerasan muncul kembali. melainkan karena sangat tersentuh oleh demikian baiknya Tuhan dan alam Bali. sebagian bisa ditelusuri melalui nama-nama yang diberikan pada tempat-tempat suci yang berumur tua dan lama.Ada memang yang memberi sebutan dan judul bodoh akan hal ini. tengah dan atas) sebagai sebuah tatanan kosmik yang menyatu rapi dalam diam dan hening. dicapai ketika hati tidak lagi diganggu oleh pikiran tentang saya dan Anda. Sebagian di antara yang sedikit itu bernama Eugen Herrigel. tua dan mati di Bali. Bangli. masih menyaksikan sampai kini sisa-sisa masa lalu dalam bentuk makanan dan minuman orang Bali dulu dalam bentuk tuak. All is emptiness. jiwa ini pun ia gunakan sebagai persembahan di pulau yang arti bahasa Palinya adalah pulau persembahan. Bisa dibayangkan wajah kehidupan manusia dengan makanan dan minuman seperti ini. setiap tahun: matur suksma! Yang dalam bahasa orang biasa diterjemahkan menjadi mengaturkan jiwa. Siapa saja yang lahir di desa-desa Bali Mula (termasuk saya-penulis). Herrigel juga menulis: perfection in the art of swordsmanship is reached when the heart is troubled by no more thought of I and You . sekaligus menyatu rapi dalam kosmik bhur buah swah. setiap jam. tidak ada yang lain kecuali: hening! Sebagian mantra upacara orang Bali mulai dengan kalimat bhur buah swah (alam bawah. Dan di sebuah waktu. sebagian pencinta keheningan malah bertanya balik: apa semuanya harus dimengerti? Ada juga yang bertanya ingin tahu.no more thought even of life and death. kita di Bali tentu saja punya guru-guru yang tidak kalah mengagumkannya. Lebih-lebih. Dalam ''Zen in the Art of Archery''. Sastranya. dan komoh (darah segar dicampur bumbu). sejumlah tetua Bali memberi nama salah satu tempat ibadah tua di sana dengan nama Pura Puseh Meneng seperti sedang berbisik: diam. tumbuh. itulah rangkaian judul yang lain. Bedanya. . Mari berhenti berdebat. setiap menit. arak. setiap hari. tidak lagi menjadi monopoli wisatawan. Di sebuah kawasan di Kintamani. Kesempurnaan. Ia kemudian hanya mengucapkan kalimat sederhana setiap detik. menurut Takuan. lakukan latihan terus-menerus. Tidak tahu. Ia juga menjadi kekayaan orang-orang yang lahir. Dan. besar. apa yang disebut wisatawan di awal tulisan ini dengan the hidden treasures of Bali. Adakah sahabat di Bali yang terbentuk hatinya untuk menemukan Bali di dalam diri? Bali Kini dan Nanti Dalam peta tatanan kosmik seperti ini. Bahkan. kenapa persembahannya seperti ini dan seperti itu. ada yang menemukan Bali di dalam diri. Ia akan beruarai air mata. tidak mengerti. sepi. apa yang ditemukan dalam wilayah-wilayah persembahan seperti ini? Tidak banyak yang rela menggerakkan lidahnya untuk memberi jawaban terhadap pertanyaan terakhir. sedikit dari karya-karya guru kita terdahulu yang ditulis serta disebarkan. Bila ada sahabat yang berjalan perlahan dalam diam dan hening di wilayah-wilayah persembahan. jika dalam diam (meneng) seseorang sekaligus berjalan di wilayah-wilayah persembahan. Ketika ditanya. ia menulis: le's stop talking and go onpracticing.

Untuk kemudian kehilangan dua kesempatan emas dalam hidup. manusia kehilangan kekuatan amat besar yang bernama keikhlasan. sebuah istana raja tercecer darah manusia karena perkelahian. Di samping karena kekaguman masyarakat. Cuman. sebagaimana kita tahu. ternyata berkali-kali hanya berujung kegagalan. Di desa seberang yang memiliki problema yang serupa kemudian memanggilnya. Jujur harus diakui. Ternyata kinerja orang sederhana ini terdengar ke banyak tempat. Ternyata. tuak dan komoh? Sekali lagi. dari orang desa sampai orang kota. Orang terakhir hanya memotong pohon tadi dengan kalimat permulaan yang berbunyi : "dengan keikhlasan di depan Tuhan. ada banyak sekali manusia yang amat rindu akan surga dan amat takut sama neraka. Ada cerita tentang sebuah desa yang tidak berhasil memotong pohon besar mengganggu. katanya setelah berulang kali gagal. akankah kita orang-orang Bali kembali ke pola hidup meminum dan memakan arak. angka perkelahian dan gantung diri yang meningkat tajam. manusia kehilangan keikhlasan sebagai kekuatan kehidupan. rupanya kita manusia sudah terlalu lama manja dengan buaian surga. dan siapa yang memulainya tidaklah terlalu jelas. Kesempatan emas kedua. konsepsi surga-neraka membuat tidak sedikit manusia kemudian "berdagang" dengan kehidupan. dan dibuat takut oleh ancaman neraka. Dari anak kecil sampai orang tua. juga kerena hadiah besar yang telah diterimanya. Cuman. sayapun pernah lama dilanda kerinduan dan ketakutan semacam itu. Oleh Gede Prama MENSYUKURI NERAKA Entah kapan dimulai. Kesempatan emas pertama. Karena berbagai peralatan tidak berhasil membuat pohon tumbang. jaba Pura Besakih juga ditandai darah manusia tercecer. dicurigai pohon ini ditunggui mahluk dengan kekuatan metafisik tertentu. Dan setelah memotong pohon dengan teknik dan alat yang sama. justru melalui tempaan-tempaan neraka yang ditakuti (baca : masalah) kemudian manusia jadi kuat dan hebat. hadiah rupanya melenyapkan keikhlasan! . perebutan jabatan di sana-sini. Dicarilah orang "pintar" yang bisa membantu.ketika beberapa daerah di Bali sempat rusuh oleh pemilu. setelah menelusuri lorong-lorong kehidupan dengan kedalaman kontemplasi tertentu. kebanyakan rindu surga dan takut neraka. Yang jelas. maafkanlah pertanyaan. sebagaimana wajah dualitas manapun. tidak ada yang tidak bisa dilakukan". Sebagai akibatnya. memang memiliki banyak sekali manfaat. Konsepsi surga-neraka. Ada yang berubah. ada orang berpenampilan sederhana yang bisa memotong pohon tadi dengan gergaji biasa.

semakin baik bagi para pengagum surga. Lebih dari sekadar terkena penyakit kejiwaan tadi. Sebagian bahkan terkena penyakit kejiwaan yang menyedihkan. neraka tidaklah seburuk bayangan banyak orang. tetapi ia terasa jauh lebih indah dan segar jika seseorang pernah melalui tangga-tangga neraka. Surga itu berisi senyuman. Suka-duka.Ini memang hanya sebuah cerita. Atau memiliki isteri yang cerewetnya minta ampun. godaan. kesukaan untuk lari dari masalah dan tanggung jawab adalah ciri utama dari manusia-manusia yang terkena penyakit character disorder. Demikian juga dengan masalah lain. awalnya memang ada beda jelas dan tegas antara surga dan neraka. Semakin tinggi dan besar masalahnya. tantangan dan masalah sebenarnya serupa dengan tangga-tangga kedewasaan dan kematangan. tetapi ia membawa dampak jangka panjang yang negatif. Kesempatan emas kedua yang dibuat lenyap oleh konsepsi surga-neraka. tangisan-senyuman. Ia sejenis tenaga dalam yang bisa membuat manusia jadi demikian perkasa. serta kualitas pemimpin-pemimpin yang masih berkuasa ketika badannya sudah disebut meninggal oleh dokter. tetapi kemarahan atasan sedang membuatnya jadi kuat. neraka berisi tangisan. Semakin sedikit wajah neraka seperti ini yang hadir. keikhlasan sudah menjadi tema kehidupan yang kuat sejak dulu. Surga (baca : kebahagiaan) memang udara kehidupan yang indah dan segar. Ternyata kehidupan bertutur dan bercerita lain. di tingkatan-tingkatan kejernihan. Sesaat memang membuat yang bersangkutan kesal. Terinspirasi dari banyak cerita-cerita sufi. Sebutlah masalah keseharian seperti dimarahin atasan. Meminjam argumen Scott Peck dalam karya di atas. neraka adalah tempat pemurnian. sekat dan pemisah tadi sudah tidak ada. Yang jelas. Dan jangan lupa. Masalah. adalah kekuatan-kekuatan yang bisa dihadirkan oleh keseharian yang penuh dengan "neraka". Bercermin dari sini. persoalan adalah rangkaian hal yang ditakuti banyak manusia sebagaimana mereka menakuti neraka. Sebuah tempat di mana sampah-sampah kehidupan diolah menjadi pupuk-pupuk berguna. Namun. kualitas hidup di dalam diri seperti ini hanya bisa dicapai oleh manusia yang mendalami hakekat syukur akan adanya neraka. itu berarti kaki sang hidup sedang melangkah di tempat yang juga tinggi. demikian juga dari puisi-puisi Gibran dan Rumi. ia memang sengaja hadir untuk membuat sang suami jadi sabar. Sebagaimana pernah dituturkan secara apik oleh M. Persis seperti siang yang berganti malam dan juga sebaliknya. Scott Peck dalam The Road Less Travelled. setiap pergantian berjalan tenang dan tenteram. sukses-gagal hanyalah aliran kehidupan yang datang dengan peran masing-masing. Dalam lapisan-lapisan kejernihan yang lebih dalam. tantangan. namun layak direnungkan kalau keikhlasan bukanlah sumber kelemahan.***** . Kecenderungan untuk lari dari masalah dan penderitaan adalah fundamen utama dari kondisi mental yang tidak terlalu sehat. mereka-mereka yang menakuti neraka ternyata tumbuh jadi manusia lemah dan lembek. Serupa dengan lingkaran Yin-Yang yang di belah dua. Di bagian awal buku inspiratif ini Scott Peck menulis : ?This tendency to avoid problems and emotional suffering inherent in them is the primary basis of all human mental illness?. lari dari persoalan memang enak sebentar.

Isteri keempat yang paling seksi. bahkan sering disakiti. Dengan tersenyum orang kaya ini memohon waktu untuk menemui keempat isterinya satu persatu. saya hanya bisa menemani kanda sampai di sini saja . Kalau tadi seperti diterjang petir rasanya. Dari sekian cerita yang sudah terkumpul dan telah digunakan sebagai kendaraan pemahaman buat pembaca dan audiensi. Ia berkisah tentang seorang kaya raya yang baik hati dan memiliki empat isteri. betapa terkejutnya orang kaya tadi mendengar jawaban terhadap ajakan untuk menemani suaminya ke dunia kematian. lelucon. Cuman. Di suatu pagi orang kaya tadi didatangi oleh sang kematian. dengan tersenyum wanita yang pipinya sudah penyok dan merah-merah ini menjawab begini : saya akan menemani kanda sampai kapanpun dan sampai di manapun . sayapun menikmati sekali pembicaraan yang keluar dari mulut ini melalui jalur-jalur ini. Sehingga tidak ada pilihan lain kecuali memanggil isteri pertama. namun hanya sampai di liang lahat . kali ini Bapak kaya tadi seperti dihempas air bah. Semua orang memiliki empat isteri (suami) kehidupan. Dalam kehidupan banyak orang. jarang diajak makan. menghabiskan paling banyak waktu. Wanita cantik tadi menolak ajakan suaminya dengan kata-kata kasar dan sarkastis. Namun. ada sebuah cerita yang terbukti bisa menggugah hidup banyak orang. anekdot dan sejenisnya. orang kaya tadi memanggil isteri ketiga dengan ajakan yang sama. Lagi-lagi ia menangis menyesali seluruh hidupnya.MENUJU KESEMPURNAAN DENGAN KESEJATIAN Oleh: Gede Prama Entah karena faktor perjalanan pemahaman. Mungkin benar apa yang pernah ditulis seorang pemikir India yang bernama Bhagawan Vyasa sebagaimana dikutip salah satu serial buku Chicken Soup For The Soul bahwa jembatan yang menghubungkan manusia dengan kebenaran bernama cerita. atau karena faktor masukan dari orang lain. kemudian ada kesibukan tambahan dalam hidup saya belakangan ini : mengumpulkan dan mengolah cerita. Ia memang sejenis isteri yang menyita paling banyak waktu dan tenaga dalam hidup. kendati isteri pertama tidak terlalu diperhatikan. Dan sebagaimana cerita . karena kebaikan hati Bapak selama hidup. Yang pertama dipanggil tentu saja isteri keempat. sehari-hari bernama harta dan tahta. paling menarik. Ilustrasi tentang empat isteri di atas. Wanita ini menjawab dengan bahasa yang lebih sopan : maafkan kanda. dengan tubuh yang menawan. Dengan semangat hampir putus asa. Dengan sopan mahluk terakhir berucap begini : Bapak yang baik hati. diizinkan oleh Tuhan untuk membawa satu di antara empat isteri Bapak . Isteri kedua menjawab lebih sopan lagi : saya akan temani kanda. Setelah menangis sambil menyesali hidupnya. Dan takjubnya. Seorang wanita muda yang cantik. Tidak hanya pendengar dan pembaca yang memberi respon positif. ia menemui isteri kedua dan mengemukakan ajakan yang sama. belakangan ada keindahan dan kesenangan tersendiri kalau saya bertutur melalui jalur cerita. rambut panjang yang terurai dan tentu saja senyumnya yang indah dan manis. Oleh karena alasan terakhirlah. atas utusan Tuhan kami ditugaskan untuk menjemput. lebih dari separuh waktu dan tenaga teralokasi ke sini. sebenarnya ilustrasi tentang isteri dan suami kehidupan.

di atas, siapa saja yang memperuntukkan waktu dan tenaga hanya untuk harta dan tahta, pasti menyesali kehidupannya di gerbang kematian. Isteri ketiga yang juga mengkonsumsi waktu dan tenaga cukup banyak bernama tubuh atau badan kasar. Ini juga menghabiskan uang yang tidak sedikit. Dan jangan lupa, isteri yang ini hanya bisa menghantar kita sampai di tempat dan waktu di mana kita dipanggil sang kematian. Setelah itu, ia kita kembalikan ke pihak yang meminjamkan badan ini. Isteri kedua yang hanya bisa menghantar kita sampai di liang lahat adalah isteri, suami, putera-puteri serta kerabat dekat

kita di rumah. Sesetia-setianya mereka, hanya akan bisa menemani kita sampai di kuburan saja. Setelah itu, mereka hanya menangis sambil kembali ke kehidupan masing-masing. Dan isteri kita yang paling setia dan akan menemani kita kemanapun kita pergi, dan apapun yang kita lakukan terhadapnya ia hanya mengenal kesetiaan, kesetiaan dan kesetiaan, ia bernama sang jiwa. Atau, dalam sejumlah tradisi disebut dengan kata kesejatian. Sayangnya, kendati ia yang paling setia, dalam keseharian ia juga yang paling jarang kita perhatikan. Dalam banyak kehidupan, ia malah kerap disakiti. Kebencian, kemarahan, permusuhan dan sejenisnya adalah serangkaian kegiatan yang memukuli sang jiwa. Kalau isteri kedua (badan kasar) kita beri makan setiap hari, kita hanya memberi makanan sang jiwa sekali-sekali saja. Ada bahkan yang tidak pernah memberikan makanan pada jiwanya. Dan kalau makanan badan kasar kita harus beli dan membayarnya, makanan sang jiwa dalam bentuk cinta, cinta dan cinta, ia tersedia gratis dalam jumlah yang tidak terbatas. Kembali ke cerita awal tentang perjalanan menuju kesempurnaan, hanya isteri pertamalah yang bisa membawa kita ke sana. Bedanya dengan isteri-isteri lain yang egois, ia selalu mengingatkan kita bahwa jiwa bisa sehat walafiat kalau ketiga isteri yang lain juga kita perhatikan secara seimbang. Tertarikkah Anda untuk hidup dengan jalan-jalan kesejatian ?

MERAIH HARTA DENGAN CINTA Tidak sedikit manusia sepanjang sejarah, dan mungkin sepanjang zaman, dihadang pertanyaan mendasar : bisakah harta diraih melalui jalan-jalan cinta ? Pertanyaan ini tidak saja menghadang Anda, sayapun dihadang pertanyaan serupa dulu. Tidak sedikit manusia yang ragu, dan bahkan skeptis. Lebih menyedihkan lagi, ada yang meletakkan harta dan cinta dalam posisi berseberangan. Bila mau harta, cinta harus dikorbankan. Jika mau cinta, maka harta akan menjauh. Paling tidak, demikianlah keyakinan banyak orang. Tanpa bermaksud berseberangan dengan banyak orang, premis dasar saya agak berbeda. Antara harta di satu sisi, dan cinta di lain sisi, tidaklah selalu berada pada posisi berseberangan. Tidak sedikit kehidupan manusia bertutur, keduanya bisa dilakukan secara bersama-sama. Kehidupan sejumlah orang mengagumkan bahkan menunjukkan, harta juga bisa diraih melalui jalur-jalur cinta.

Sebut saja serangkaian kehidupan sejumlah orang yang mengagumkan seperti Konosuke Matsushita dan Mahatma Gandhi. Yang pertama wakil kehidupan yang tinggi di dunia material, yang kedua adalah wakil kehidupan yang tinggi di dunia spiritual. Keduanya adalah wakil dari kehidupan di mana harta (baik material maupun spiritual) bisa berjalan bersama-sama dengan cinta. Matsushita melalui prinsip Man Does Not Live With Bread Alone, tidak saja membuat pemilik prinsipnya menjadi kaya raya secara materi, tetapi juga memberikan inspirasi spiritual pada banyak sekali kehidupan korporasi. Gandhi juga serupa, prinsip anti kekerasan tidak saja membuat sejarah kemerdekaan India jadi legendaris, tetapi menjadi sumber air kejernihan bagi banyak sekali perjuangan umat manusia di seluruh kaki langit. Ada yang menyebut dua kasus di atas sebagai kebetulan yang tidak representatif. Dan saya hargai mereka yang berkeyakinan demikian. Dan kehidupan saya maupun kehidupan sejumlah orang lain bertutur sebaliknya. Setiap kali pulang sekolah ketika masih kelas satu dan dua SD, saya ambil tempat duduk kecil dan meminta Ibu duduk di sana. Sambil tersenyum Ibu duduk dan memangku saya. Dan dimulailah kegiatan konyol yang membuat banyak sahabat kecil saya berteriak : malu, sudah besar masih menetek ! . Dan ketika Ibu masih hidup, dan menyaksikan bagaimana saya yang memiliki banyak kekurangan ini menggapai sejumlah ketinggian, Ibu berbisik ke saya : kamu pantas sampai di tempat tinggi dalam kehidupan, karena menetek sampai umur delapan tahun . Ketika itu, saya hanya menjawabnya dengan senyum, hanya untuk membahagiakan hati Ibu. Namun sekian lama setelah Ibu meninggal, kekuatan-kekuatan cinta Ibu tidak habis sampai ketika saya berhenti menetek. Kekuatan cinta ini menembus batas waktu. Dalam banyak kejadian bahkan terbukti, kehidupan saya ditarik ke tempat-tempat tinggi melalui energi-energi cinta. Salah satunya cinta almarhumah Ibu saya. Cerita kedua adalah cerita Rich Teerlink sebagai komandan Harley Davidson dalam melakukan turn around. Sebagaimana kita tahu, Teerlink berhasil memutar balikkan sejarah Harley Davidson dari produsen sepeda motor yang jadi pecundang, kembali berdiri tegak menjadi pemenang. Sebagaimana ia tuturkan dalam buku More Than Motor Cycle, kekuatan terbesar yang mendorongnya untuk senantiasa teguh dan kuat mengomandani Harley Davidson adalah pesan Ibunya : semua manusia pada dasarnya sama baiknya . Ini juga yang membuat banyak negosiasi Teerlink dengan serikat pekerja, serta negosiasi-negosiasi berat lainnya berjalan relatif lancar. Energinya hanya satu : cinta. Cerita serupa juga menjadi catatan hidup Lee Iacocca, Konosuke Matsushita, Mahatma Gandhi sampai dengan Dalai Lama. Di mana, harta juga bisa digapai melalui jalan-jalan cinta. Catatan ini mengingatkan saya pada seorang penulis jernih bernama Chao-Hsiu Chen. Penulis buku The Bamboo Oracle serta The Body Feng Shui ini pernah menulis : Look at your own life and that your roots, your trunks, your branches and your leaves will live as long as your character is noble. Therefore you can be lucky . Lihatlah kehidupan Anda. Akar, batang, cabang dan daun-daun Anda akan hidup sejauh Anda memiliki sifat-sifat mulia. Dan karenanya, Anda juga bisa hidup penuh keberuntungan. Tadinya, saya pikir apa yang disebut dengan The Body Feng Shui adalah bagaimana menyisir rambut, mengenakan pakaian, atau merawat tubuh saja. Ternyata ia lebih mendalam : mengembangkan sifat-sifat mulia. Dan kemuliaan

terakhir ini tidak saja bisa membuat orang bisa jadi pendeta, melainkan juga bisa membuat orang hidup penuh keberuntungan. Sebuah tesis yang menjawab keraguan banyak orang, melalui cinta sebagai awal dari banyak hal-hal mulia, harta juga bisa diraih dalam jumlah yang tidak terbatas. Lebih dari sekadar meraih harta, orang-orang yang meraih harta dengan jalan cinta, bisa meraih dua sukses sekaligus : sukses di perjalanan sukses di tempat tujuan, sukses di dunia sukses juga di surga. Bukankah indah sekali kehidupan yang diwarnai dua sukses sekaligus ? Anda bebas memilih, akankah dibiarkan cinta berseberangan dengan harta, atau akan meraih harta dengan jalan-jalan cinta. Apapun pilihan Anda saya hargai. Dan sejalan dengan Chao-Hsiu Chen melalui kearifan-kearifan bambunya yang menyebutkan bahwa the greatest peace in modesty, the greatest modesty in silence, ketika tulisan ini sedang dibuat saya sedang merangkum dua kontroversi ini dalam inti sari keheningan.

MERENDAH ITU INDAH Di satu kesempatan, ada turis asing yang meninggal di Indonesia. Demikian baiknya turis ini ketika masih hidup, sampaisampai Tuhan memberikan kesempatan untuk memilih : surga atau neraka. Tahu bahwa dirinya meninggal di Indonesia, dan sudah teramat sering ditipu orang, maka iapun meminta untuk melihat dulu baik surga maupun neraka. Ketika memasuki surga, ia bertemu dengan pendeta, kiai dan orang-orang baik lainnya yang semuanya duduk sepi sambil membaca kitab suci. Di neraka lain lagi, ada banyak sekali hiburan di sana. Ada penyanyi cantik dan seksi lagi bernyanyi. Ada lapangan golf yang teramat indah. Singkat cerita, neraka jauh lebih dipenuhi hiburan dibandingkan surga. Yakin dengan penglihatan matanya, maka turis tadi memohon ke Tuhan untuk tinggal di neraka saja. Esok harinya, betapa terkejutnya dia ketika sampai di neraka. Ada orang dibakar, digantung, disiksa dan kegiatan-kegiatan mengerikan lainnya. Maka proteslah dia pada petugas neraka yang asli Indonesia ini. Dengan tenang petugas terakhir menjawab : 'kemaren kan hari terakhir pekan kampanye pemilu". Dengan jengkel turis tadi bergumam : 'dasar Indonesia, jangankan pemimpinnya, Tuhannya saja tidak bisa dipercaya!'. Anda memang tidak dilarang tersenyum asal jangan tersinggung karena ini hanya lelucon. Namun cerita ini menunjukkan, betapa kepercayaan(trust) telah menjadi komoditi yang demikian langka dan mahalnya di negeri tercinta ini. Dan sebagaimana kita tahu bersama, di masyarakat manapun di mana kepercayaan itu mahal dan langka, maka usaha-usaha mencari jalan keluar amat dan teramat sulit.

Dan jawabannyapun amat beragam. maka semuanya jadi runyam. Cerita tentang tahi sapi ini terdengar mudah dan indah. Lengkap dengan pengirimnya : tetangga depan rumah. Pulang malam sedikit. Krisis ekonomi dan konglomerasi bermula dari sini. Bahkan pikiran sayapun tidak seratus persen dijamin positif. Andaikan di suatu pagi Anda bangun di pagi hari. Yang jelas. Inilah lingkaranketidakpercayaan yang sedang memperpanjang dan memperparah krisis. Bedanya amatlah sederhana. membuka pintu depan rumah. Bambang membenci Ani. 'seperti sentimen. kalau kepercayaan tidak ada. Di perusahaan malah lebih parah lagi. stang-nya hanya akan melihat laki-laki dari perspektif kebencian. eh ternyata di depan pintu ada sekantong tahi sapi. Buruh yang mogok dan mengambil jarak di mana-mana. Ini mengingatkan saya akan pengandaian manusia yang mirip dengan sepeda motor yang stang-nya hanya berbelok ke kiri. Ani kemudian berkelahi dengan Polan. kekuatan negatif kadang muncul di luar kesadaran. ini tidaklah diproduksi oleh manajemen dan tenaga kerja Shangrila saja. Pertanyaan saya sederhana saja : bagaimanakah reaksi Anda ? Saya sudah menanyakan pertanyaan ini ke ribuan orang. Sebaliknya. mereka yang pikirannya negatif. Penyelesaian persoalan manapun 'termasuk persoalan perburuhan ala Shangrila' bisa cepat bisa lambat. kita dihadapkan pada siklus ketidakpercayaan yang lebih hebat lagi. Mereka yang lama bekerja di perusahaan yang sering membohongi . Kehidupan serupa dengan tahi sapi. Tapi pikiranlah yang memproduksinya jadi demikian. Ia tidak hadir lengkap dengan dimensi positif dan negatifnya.Jangankan dalam komunitas besar seperti bangsa dan perusahaan dengan ribuan tenaga kerja. Amat tergantung pada seberapa banyak energi-energi positif hadir dan berkuasa dalam pikiran kita. Kita semua sedang memproduksi diri seperti itu. Apa lagi krisis perbankan yang memang secara institusional bertumpu pada satu-satunya modal : trust capital. kalau kemudian muncul kasus-kasus perburuhan seperti kasus hotel Shangrila di Jakarta yang tidak berujung pangkal. berujung dengan adu mulut. juga diawali dari sini. setelah berhadapan dengan kenyataan lapangan yang teramat berbeda. mereka yang melengkapi diri dengan pikiran-pikiran positif 'sabar. Bila Anda rajin membaca berita-berita politik. tenang dan melihat segala sesuatunya dari segi baiknya' menempatkannya sebagai awal persahabatan dengan tetangga depan rumah. Ketidakpercayaan sudah menjadi kanker yang demikian berbahaya. Pemikir positif meletakkannya sebagai hadiah pupuk untuk tanaman halaman rumah yang memerlukannya. dan sejenisnya '. yang negatif melihat tahi sapi sebagai kotoran yang menjengkelkan. Berpakaian agak dandy sedikit mengundang cemburu. menempatkan tahi sapi tadi sebagai awal dari permusuhan (bahkan mungkin peperangan) dengan tetangga depan rumah. dalam komunitas kecil berupa keluarga saja. Polan tidak percaya pada Bambang. benci. Wanita yang terlalu sering disakiti laki-laki. namun perkara menjadi lain. Dalam lingkungan seperti itu.

namun pengalaman saya hidup bertahun-tahun di pinggir sungai mengajak saya untuk merenung. Dan semua ini saya peroleh. Dengan penuh rasa syukur ke Tuhan. Kalau uang dan jabatan ukurannya. Demikian juga kehidupan saya bertutur. Mungkin Anda punya kenangan tersendiri dengan tahun 2001. mungkin itulah jenis peperangan yang paling menentukan dalam memproduksi masa depan. baru sadar ketika ada sahabat atau kerabat yang dipanggil kematian. Namun. Tuhan tahu dalam klasifikasi manusia mana saya ini hidup. dan di akhir tahun diangkat lagi oleh sang kehidupan untuk menjadi presiden direktur sebuah perusahaan dengan empat puluh ribuan karyawan. kalau rasa syukur ukurannya. ketika kita rendah hati'. Air laut jumlahnya jauh lebih banyak dibandingkan dengan air sungai. kita masih diberi sisa waktu. bagi saya pribadi ada yang jauh . Boleh saja ada orang yang berdecak kagum. karena laut berani merendah. saya telah mencapai banyak sekali hal dalam kehidupan. semua orang dihadang oleh sebuah kenyataan betapa cepatnya sang waktu berputar dan berlalu. Peperangan melawan keterkondisian. Seorang pengunjung web site saya mengutip Rabin Dranath Tagore : 'kita bertemu yang maha tinggi. Ini yang oleh banyak rekan psikolog disebut sebagai pengkondisian yang mematikan. Ada sejumlah catatan dan jejak waktu yang tertulis dalam sejarah saya di tahun 2001. Orang yang menyebut demikian hidupnya maju. Ada juga catatan-catatan yang menyedihkan seperti pernah diteror orang. Dan secara tiba-tiba. didatangi karyawan yang marah sambil mengancam manajernya dibunuh di depan saya. selamanya melihat wajah pengusaha sebagai penipu. lebih banyak karena keberanian untuk merendah. atau menyimpan kebencian setelah melihat catatan ini. *** by Gede Prama MUMPUNG MASIH DIBERI WAKTU Oleh: Gede Prama Setiap mengakhiri sebuah tahun. Ada yang menyebut kehidupan demikian seperti kaos kaki yang diinjakinjak orang. Entah paham entah tidak tentang pilosopi hidup saya seperti ini. Ada kejadian diangkat menjadi presiden direktur sebuah perusahaan swasta dengan dua ribuan karyawan di awal tahun. dan sayapun melaju dengan kehidupan saya. Namun. Entah kebetulan entah tidak.pekerjanya. Dan satu-satunya sebab yang membuatnya demikian. Di situ kita baru merenung. saya memang bukan orang hebat. Dan masih ada lagi catatan lain yang terlalu panjang untuk diceritakan. Entah bagaimana pengalaman Anda. demikian juga saya.

Kadang ada anggota keluarga terutama isteri yang kasihan melihat saya menempuh jalan-jalan kehidupan seperti ini. Yakni. Sekarang. Dan ketika suatu waktu putera puteri saya. kita masih bisa melihat matahari. tidak menyandang gelar apapun. Ebiet memberikan kita sebuah alternatif yang layak untuk direnungkan : bersujud. bermimpi bisa makan daging setiap hari. ketika berada pada kehidupan yang amat di bawah dan amat jarang bisa membeli daging. akan tetapi melalui solidaritas. . tidak pernah menyebutkan agamanya. Demikianlah kira-kira isteri saya kadang mengeluh di rumah. tidak dikenal siapapun. namun menunjukkan keteladanan-keteladanan kehidupan yang mengagumkan. Ade yang berjudul Masih ada waktu . mungkin lebih menyentuh hati orang-orang biasa yang tidak pernah menyumbang. tidak juga karena haus akan pujian. Dulu. atau menyumbangkan dana besar untuk pembuatan tempat ibadah. Serupa dengan lagu indah Ebiet G. Atau orang yang tidak pernah menduduki satu kursi jabatanpun. atau orang lain membuka serta membacanya. Bawahan di kantor yang biasa melayani saya membelikan makan siang. Kahlil Gibran dalam The Prophet pernah menulis : your daily life is your temple and your religion . Dan ada yang lebih penting dari sekadar memasukkan kegiatan-kegiatan membanggakan ini ke dalam kotak dan judul tertentu. tetapi hampir setiap hari mencuri uang orang lain. bagaimana seseorang yang menyebut dirinya beragama tetapi setiap hari pekerjaannya hanya menyakiti hati orang lain. hidup memang sebuah perjalanan abadi. Hanya karena kehendakNya. tiba-tiba saya memutuskan hubungan dengan kegiatan makan daging. Susah dimengerti. ada yang berbisik kalau saya sudah menjadi seorang muslim. bagaimana sang waktu diisi. Tidak untuk gagah-gagahan. tetapi mengisi waktu-waktunya dengan cinta dan kasih sayang. Dalam bingkai-bingkai Ebiet dan Gibran. Kehidupan sehari-hari Anda adalah tempat sembahyang sekaligus agama Anda. namun mengisi hari-harinya dengan senyuman buat kehidupan. Dan semua keluhan ini hanya saya jawab dengan senyuman sederhana plus kalimat sederhana : mumpung masih diberi waktu. Satu spirit dengan saran bersujud ala Ebiet. Tentu saja semuanya hanya saya jawab dengan senyuman. baru di tahun 2001 saya berhasil menemani sahabat-sahabat muslim berpuasa sebulan penuh. Inilah prestasi yang paling saya banggakan di tahun 2001. Setelah mencoba beberapa kali di tahun-tahun sebelumnya. Dulu. malah berpuasa dalam waktu sebulan. kesederhanaan saya sedang mengukir sang hidup dengan catatan-catatan waktu. Mirip dengan kejadian sebelumnya.lebih membanggakan dari diangkatnya saya oleh sang kehidupan dua kali di tahu 2001 di posisi tertinggi. ketika membeli daging bukan lagi menjadi sebuah kegiatan yang teramat sulit untuk dilakukan. mereka akan tahu. saya merelakan diri hidup dalam jalur-jalur yang oleh kebanyakan orang disebut menyengsarakan. Atau orang-orang yang namanya tidak pernah menghiasi media. Sekarang ketika membeli makanan adalah sebuah perkara kecil. demikian juga dengan kegiatan berpuasa sebulan tadi. ketika makan adalah sebuah kemewahan dan hiburan yang amat menyenangkan. ada juga yang mengira saya seorang buddis ketika mereka tahu kalau saya seorang vegetarian. di mana sejumlah sahabat mengira saya seorang kristiani ketika banyak menulis soal cinta dan kasih sayang. Terinspirasi dari pemikiran-pemikiran orang seperti Ebiet dan Gibran inilah. Sulit membayangkan. disiplin diri. kalau ada orang yang datang ke tempat ibadah demikian rajinnya.

saya bertemu dengan Hari Darmawan (pendiri sekaligus ketua kelompok usaha Matahari). Ada orang lama yang iri hati. Ada pengusaha yang menggunakan saya sebagai bumper agar atasan cepat keluar. Dan masih banyak lagi pengalaman-pengalaman sejenis. lama saya sempat kesepian dalam keramaian di dunia bisnis. Sehingga pernah lari mencari habitat baru sebagai dosen di salah satu program MBA di Jakarta. ketika baru saja menginjakkan kaki di dunia bisnis. manusia bisa berusaha dan ternyata Tuhanlah yang menentukan. lengkap dengan jabatan mentereng di bawah nama yang bersangkutan. Aliran air kehidupan lagi-lagi membawa saya sebagai pegawai perusahaan kendati di tingkatan kehidupan yang jauh lebih tinggi. Sebab. membuahkan kehidupan yang hanya mengenal bersujud di depan Tuhan. di mana kepintaran dan kelicikan berperang setiap hari. Melalui kegiatan interaksi sebagai pembicara publik. Yang jelas. Dan saya berterimakasih bisa mengetahuinya ketika Tuhan masih memberi cukup waktu. tidak boleh menonjol. Seorang pengusaha yang meramu dan menggabungkan bisnis dengan kecintaan mendalam akan kedamaian dan kemanusiaan. Sudamek AWS (komandan kelompok usaha Garuda Food). membuat Tuhan membukakan pintu lain. Dan kesepian yang samapun datang lagi menjumpai. Sebagai orang yang bergaul ke mana-mana. Mimpi ini muncul di kepala karena teringat oleh salah satu tulisan Gibran dalam The Prophet : "beauty is life when life unveils her holy face" (kecantikan adalah kehidupan yang wajah sucinya terungkap). Saya merasa amat beruntung. dengan gaya anak Bali yang sering tersenyum. kerap saya diberikan banyak kartu nama oleh banyak orang. bagi saya sungguh sebuah pengalaman yang mengejutkan. kepala diinjak-injak orang hampir setiap hari. Ini membuat saya berimajinasi. pembicara publik dan konsultan. Namun. karena pertama kali mengenal dunia kerja di tempat yang disemai dan dibesarkan Konosuke Matsushita. PENUH KEBERUNTUNGAN SELAMANYA Oleh: Gede Prama Dulunya. Bayangkan. Dan kehadiran mereka membuat saya tidak lagi merasa kesepian seorang diri. Ada calon atasan yang baru memberikan pekerjaan beberapa menit sebelum pulang. kemudian di depan umum menjewer telinga. ternyata masih menyediakan tempat-tempat teduh dan sejuk. Di dunia bisnis. masih ada cukup banyak orang yang berhasil dengan jalan-jalan lurus yang penuh cinta dan kasih sayang. untuk kemudian membuat saya buru-buru. kalau suatu saat saya bisa memiliki sebuah kartu nama. Chairul Tanjung (pendiri dan pemilik kelompok usaha Para yang memiliki Bank Mega dan Trans TV) dan sejumlah pengusaha kaya yang berhasil. . Dan ternyata habitat baru sama saja dengan yang lama. Mungkin karena kesabaran untuk senantiasa berjalan dan mencari inilah. dan pada akhirnya membuat penilaian terhadap kinerja saya jadi buruk.pernah ada seorang ayah atau seorang penulis yang hidup dengan tingkat solidaritas dan disiplin diri tenrtentu. di mana di bawah nama saya ada jabatan yang bisa mewakili kesukaan saya untuk bersujud di depan Tuhan. Kemudian. Dari sinilah asal muasal untuk terbang sendiri di dunia penulis.

Dengan kata lain. ada saatnya kita terhenti di pinggir kali kesenangan. Sebagai orang yang lahir biasabiasa saja. Dan ini juga ditujukan pada ketiadaan atribut. ia menghadirkan gemercik-gemercik kegembiraan. Dan belakangan. kenyataan bertutur lain. Apapun nama dan jenis pinggir kalinya. dikalahkah manusia pintar. Dan kehidupan tanpa cukup bekal kepintaran ini dipagari lagi oleh nilai dan norma tidak boleh licik. Dan saya paham. ada kalanya terhenti di pinggir kali kesedihan. ia pasti tidak puas. Yoga.Di sebuah kesempatan sama-sama menjadi pembicara seminar. Yang mati dan lahir hanyalah tubuh. sebelahnya lagi bernama kesedihan. Sebab. yang tidak hilang dibawa matahari. Dan manusia licik tidak bisa mengalahkan manusia beruntung. Suatu saat ketika atribut itu tidak ada. Sebagaimana kehidupan yang sebenarnya. saya (dan juga Anda ?) memang tidak pernah lahir dan tidak akan pernah mati. Ketika tulisan ini dibuat. Terimakasih Tuhan karena sudah membawa saya pada keberuntungan setinggi ini. pinggiran kali hanyalah bentuk lain dari kesementaraan. apa lagi kelicikan. Semua ini mengingatkan saya pada penulis buku The Body Feng Shui. Sehingga. bertemu dengan keberuntungan-keberuntungan yang lebih menjernihkan dan membahagiakan. jabatan dan atribut-atribut sejenislah yang membuatnya demikian. Dalam karya-karya jenis terakhir. di luar kesadaran. Saya memang masih jauh dari status mulia. siapa saja yang memusatkan perhatian pada pemberhentian sementara di pinggir kali. Dan diri ini yang terus mengalir tidak mengenal kamus kelahiran dan kematian. ada dalam kenikmatan untuk mengalir dengan sang perubahan. demikian keberuntungan-keberuntungan terakhir mengajarkan ke saya. Dan diri saya yang mengalir memang tidak pernah disentuh pujian dan makian. Keabadiaan. sulit menyebut diri sebagai manusia pintar. dan kenapa juga mesti berhenti bernyanyi ketika dimaki ? Bukankah keduanya tidak ditujukan pada diri ini yang terus mengalir ?. saya memang banyak dipuji dan dilayani. Chairul Tanjung pernah menyebutkan beberapa tingkatan kualitas manusia. orang seperti saya ini sudah menjadi keset yang diinjak-injak orang di banyak kesempatan. Dalam keheningan kesadaran seperti ini. Ya sekali lagi keberuntungan. demikian ia berbicara khas dengan suara lantangnya. Manusia bodoh. namun tetap saja sang keberuntungan sering datang. . Sinyalemen Chairul Tanjung ini sempat menghentak kesadaran saya. sang hidup akan senantiasa berjalan. di banyak kesempatan saya teramat sering diselamatkan oleh keberuntungan . Terutama setelah berkenalan dengan karya-karya yang berbau Zen. Manusia pintar sering kalah oleh manusia licik. Sama dengan air yang mengalir di sungai. Sebelah pinggir kali bernama kesenangan. Teorinya. Di mana keberuntungan mudah sekali datang pada tubuh dan jiwa yang sering disirami kemuliaan-kemuliaan. bukan tidak mungkin makian dan kebencian yang datang. Jadi kenapa mesti tertawa ketika dipuja. Sebuah tingkatan yang tidak lagi memerlukan kepintaran. manusia beruntunglah termasuk manusia dengan kualitas yang tidak terkalahkan. tidak perduli kita sedang senang atau sedih. maupun tidak hilang ditelan bumi. meditasi. Nyatanya. hidup digambarkan seperti aliran air di sungai. Sebab.

tubuh dan jiwa ini sebenarnya sudah memiliki semua komponen yang memungkinkan kita manusia bisa terbang tinggi-tinggi. bagaimana beban-beban tidak perlu ini bisa dibuang ? Sayangnya saya bukan . ada sumber-sumber dalam jumlah tidak terbatas. karena demikian banyak beban dan muatan tidak perlu yang kita bawa ke mana-mana. maka jadilah kehidupan banyak orang seperti pesawat yang hanya parkir di lapangan udara. Ada yang bertanya. dan temukan suka cita di sana . ia lebih memberatkan diri kita sendiri. Janganlah datang ke taman. Cuman. nafsu dan beban-beban sejenis.SAYAP-SAYAP DIRI SEJATI Oleh: Gede Prama Kendati Max Weber sudah ratusan tahun yang lalu membahas soal karisma kepemimpinan. Tidak sepenuhnya sia-sia tentunya. kalau saya kemudian mengajak orang untuk mencari sumber-sumber karisma di sini : di dalam diri kita sendiri. ego. Ibarat sebuah pesawat terbang. karena kita akan bisa memamerkan buih ombak kepada keluarga dan kerabat di rumah. dalam tubuh kita sudah ada taman. bukan hanya di luar sana tersedia sumber-sumber kepemimpinan dan suka cita. dengki. Dalam keheningan dan kejernihan. Ia mirip dengan memindahkan buih ombak ke rumah. namun cukup memberi pelajaran. Ini berarti. ingin saya bertutur ke Anda. Namun. legitimitas. baru kita sadar yang tersisa hanya air biasa. Sebutlah orang yang mencari kesenangan melalui harta dan wisata. tatkala sudah sampai di rumah. tidak sedikit buku yang sudah diterbitkan untuk urusan ini. Sekilas tampak. Padahal yang sering terjadi malah sebaliknya. Kebanyakan pemimpinpemimpin jenis terakhir adalah kumpulan orang-orang yang penyabar. kemarahan dan kebencian memang bisa memuaskan diri kita dan memberatkan orang lain. pemaaf dan amat rajin mendidik diri untuk senantiasa mencintai orang lain. ada banyak sekali sumber yang tersedia dalam diri ini. namun toh masih saja ada misteri yang tersisa. Lebih dari delapan puluh persen responden. dan sejenisnya). Duduklah di atas pohon lotus. sumber tadi hanya terbuang percuma. Di dalam diripun. benci. Meminjam argumen salah seorang seniman besar India yang bernama Kabir. dan memberikan beberapa sumber yang meyakinkan. Akan tetapi. Memang kedengaran tidak populer. toh tidak semua orang yang tahu lantas bisa memillikinya. tidak heran kalau seorang sahabat intelektual pernah menyebutkan : membalas kebencian dengan cinta dan kasih sayang adalah prestasi tersulit dan tertinggi yang bisa dicapai manusia di atas bumi ini . Pernah dilakukan wawancara mendalam terhadap lima ratus orang yang pernah terkena penyakit serangan jantung. kemudian kita mencarinya di luar. Sebagian dari beban-beban tidak perlu tadi adalah rasa marah. sayapun pernah lama terlibat dalam kegiatan memindahkan buih ombak . Makanya. karena berbagai faktor. Ada sahabat seorang penulis yang iseng-iseng melakukan penelitian kepustakaan terhadap pemimpin-pemimpin besar yang legendaris. kalau di tengah pencaharian-pencaharian dari luar (legalitas. memiliki hobi marah-marah. Ketika buih itu kita ambil dengan ember misalnya. Ratusan artikel. ada rasa senang dan bangga.

Sama pentingnya dengan kegiatan mengurangi beban-beban tidak perlu. kejadian-kejadian ekstrim dalam hidup yang hadir sebagai sinyal-sinyal dari sutradara kehidupan. atau membiarkan sayap-sayap diri sejati tumbuh dengan lancarnya. asal muasal dan pengalaman masa lalu bukanlah sebuah perkara yang layak untuk dicermati. Angka dilawan angka. Bacaan dan pengalaman hidup saya bertutur. Semua ini adalah sumber-sumber informasi yang bisa membawa kita pada pemahaman diri kita yang sejati. mungkin sinyalemen "dari gelap ke gelap" akan tambah panjang. . Sejumlah psikolog bahkan pernah merekomendasikan untuk melakukan penelusuran lebih jauh : sampai tahapan kehidupan kita sebelumnya. Ini baru berkaitan dengan pengurangan beban. Kombinasi dari telah terbuangnya beban-beban tidak perlu. Dari ketidakpuasan satu ke ketidakpuasan lain. angka. bahwa kemarahan dan kebencian akan semakin sering datang berkunjung kalau kita sering mengingat-ingatnya. sejumlah orang desa yang polos bertanya. SEPI SUNYI YANG MENERANGI Ketika seorang guru ditanya evolusi jiwa manusia ratusan tahun terakhir. Demikian juga dengan kucing. Pertanyaan dasar dan klisenya berbunyi : who am I ? Pohon memang tidak akan pernah tahu. Melihat kehidupan bergerak begini. namun ada sahabat yang meyakini. Tidak demikian halnya dengan manusia lebih-lebih yang mau jadi pemimpin. pada titik di mana kita sudah mengenali diri kita yang sejati. Kondisi sang Ibu ketika kita di dalam kandungan. Namun. Logika mengundang serangan balik logika. Andaikan keluguan ini dijawab dengan data. badan dan jiwa ini sudah dipenuhi oleh sayap-sayap diri sejati yang siap membawa kita terbang tinggi-tinggi. alasanalasan yang berada di balik tanjakan dan turunan kehidupan. dengan diam sebentar. Tetapi masih dalam wewenang kita untuk mengisi hidup ini dengan penuh suka cita. dan keseganan orang lain berasal kalau saja kita rajin berusaha menemukan bahan-bahan dari mana kita terbuat. Menjadi konglomerat material memang masih wewenang Tuhan.psikolog. pencaharian untuk menemukan diri sejati juga sama perlunya. jodoh. dalam keadaan bagaimana ibunya ketika ia berada dalam kandungan. menatap mata lalu menjawab. dengan ditemukannya kesejatian diri inilah yang kerap disebut banyak pemikir sebagai sayap-sayap diri sejati. Pengenalan dan penghayatan terhadap bahan-bahan diri kita adalah perkara besar dalam hidup. logika. Dari konflik satu ke konflik lain. kita bisa mencapai prestasi sebagai konglomerat spiritual dari mana semua wibawa. memberi vitamin terhadap tubuh dan jiwa. lahir dan mati memang bukan wewenang manusia. Kuda juga tidak terlalu peduli. Rezeki. "dari gelap ke gelap". karisma. pengalaman masa kecil. mengapa kemajuan iptek harus seperti ini? Maafkanlah keluguan. dari bibit apa ia terbuat.

"When you still have some one who can make you happy or sad. Ini membuatnya lari ke Bukit Arunachala. Akhirnya percakapan ke dalam pun menghilang. Sekali lagi tidak. Salah satu founding father kehidupan spiritual Bali (Dang Hyang Dwijendra) menulis Kakawin Dharma Sunya. yakni kesadaran. Ia bertutur. diganti percakapan ke dalam. Ramana menjawab pertanyaan orang secara mengagumkan hanya dengan segelintir kata. ia menggeleng sambil bergumam. Sampai umur 16 tahun tidak ada tanda ia akan jadi pertapa. Awalnya percakapan ke luar menghilang. pencinta sepi selalu tidak banyak. angka mirip lampu luar. you are a slave!" (Jika sumber kebahagiaan/kesedihan masih dari luar. Dengan spirit seperti inilah. Saat mengakhiri diamnya. tetapi sepi sunyi. masih jadi budak).Karena demikian keadaannya. ia menikmati kesunyian di tempat ini. Bila sumber keindahan sudah di dalam. Lebih dari sekadar panasnya menghilang. 0rang yang bertapa di kesunyian selalu lebih sedikit dibanding mereka yang mencari di keramaian. sepi sunyi dalam tulisan ini mohon izin bicara. Tidak dalam posisi menyebut sepi benar. logika. 0rang-orang keramaian menyukai bertumbuh ke luar (dengan ukuran kekaguman pujian orang). manusia tidak memerlukan lampu luar. itu tandanya seseorang belum menjadi master. Begitu berkenalan dengan perjalanan ke dalam diri. Keduanya punya tugas lain. dalam terang cahaya kesadaran. jika batin yang tenang-seimbang adalah sumber keindahan. 0rang-orang yang sudah disinari cahaya kesadaran. Dari situ didirikan ashram oleh banyak pengikutnya di sekitar tempat ia bertapa. akan bergumam. Lidah bentuknya lembut karena panggilan hidupnya bukan untuk menghancurkan. Serupa dengan ini. Bahkan selama puluhan tahun menghabiskan hidup yang sepenuhnya diam. Sejak dulu. tetapi merasakan. Dan yang tersisa hanya satu. Keduanya bertumbuh. tiba-tiba badannya panas. bukan logika yang bicara. Melihat bulan dengan lampu Satu contoh yang amat menerangi di jalan sunyi adalah pertapa suci Ramana Maharshi. Manusia membutuhkan saat gelap. Tiap kali ditanya siapa gurunya. sedangkan pencinta kesunyian menyukai bertumbuh ke dalam. . Namun. untuk melihat bulan tidak memerlukan lampu! Kata-kata. Serupa dengan mulut manusia. "The ultimate consciousness is the only teacher" (Kesadaran yang mahautama itulah gurunya). yang berbeda salah. izinkan sekali-sekali bukan angka. you are not a master. di sejumlah perenungan dengan judul agama yang berbeda-beda. banyak murid diminta diam. gigi wujudnya keras karena tugasnya memotong dan menghancurkan. Kekaguman dan pujian orang dihindari karena penuh godaan ego. masihkah manusia memerlukan lampu penerang dari luar? Dalam bahasa provokatif seorang guru.

Perhatikan salah satu syairnya (The Rumi Collections): when you know your own definition. "My knowledge of myself in silence. Ia menghalangi mencapai yang Satu yang tidak terucapkan). kulit dan batoknya dibuang. Di awal manusia membutuhkan. Dainin Katagiri (Returning to Silence) menulis.. Tinggal di Desa Tajun. opens out into the silence. of God" (Pengetahuan diri dalam keheningan membuka rangkaian keheningan yang berujung pada Tuhan). Selamat hari raya Nyepi dan Selamat Tahun Baru Saka 1929.. Logika dan katakata ibarat kulit dan batok kelapa. kelapa dimakan. begitu dikupas dan dibuka. ia menjadi Buddha). Just look and just listen. berguna bagi mereka yang kakinya bermasalah. terlihat banyak manusia yang terterangi rapi oleh sepi sunyi. Shakyamuni is some one who practice tranquil silence (Siapa saja yang mempraktikkan kesempurnaan keheningan.. Namun. cepat-cepatlah menjauh. Thomas Merton (Thoughts in Solitude) menambahkan.. Penyair sufi Rumi bertumbuh jauh dalam sepi. meditation is absolute silence of the mind (meditasi adalah keadaan batin yang sepenuhnya hening). Lebih-lebih jiwa yang bisa terbang. Lama Surya Das (Awakening the Buddha Within) pernah menulis bahwa puncak perjalanan menemukan perkataan yang benar adalah hening. Gede Prama Penulis Sejumlah Buku. Nasrani. Jenis manusia-manusia ini memiliki pola pertumbuhan serupa.. let stillness direct your words and actions" (Kearifan datang dari keheningan. Bagi jiwa yang kakinya sehat.Apresiasi akan sepi memang bukan monopoli Bali... biar keheningan yang menjadi pembimbing). Lihat dan dengar saja. Eckhart Tolle (Stillness Speaks) juga serupa. Mikhail Naimy (The Book of Mirdad) lebih terang lagi. Kata. "wisdom comes with the ability to be still. Buddha. airnya diminum. flee from it. Dengan cerita ini. Dari Sufi. sampai Hindu. tongkat hanya beban. tongkat adalah beban berat. logika serupa tongkat. Bali Utara . Ia melewati banyak sekat tradisi.. Murid-murid Zen yang perjalanannya suka menekuni latihan silent illumination. that you may attain to the 0ne who cannot be defined (Saat Anda dipagari kata-kata. J Krishnamurti (The Light in Oneself) menyarankan.

yang bertutur mengenai mimpi John tentang kehidupan manusia yang tanpa agama. ia bertanya apakah saya membawa akte pernikahan. dan sederetan pertanyaan yang sangat menghibur. Sesampai di depan petugas. hati ini sempat kecut juga. Belum lagi ditambah dengan stok tiket return yang batasnya hari itu juga. saya terangkan maksud kedatangan saya. Begitu cekaknya keuangan. Busyet. saya lupa membawanya. Plus tidak ada uang untuk menyewa hotel kalau terpaksa menginap. Kalaupun saya bawa. Di tengah lamunan akan John Lennon tadi. bekalpun membawa dari kota Lancaster yang berjarak sekitar empat jam perjalanan kereta api. bangsa dan atribut lain yang memisahkan. tempat John Lennon melahirkan kelompok musik yang pernah merubah sejarah dunia. . atau disuruh kembali lain waktu. lebih-lebih setelah mendengar orang di antrean depan ditanya dan dimaki sana-sini. Setelah antre cukup lama di kantor imigrasi. di bagian mana dari Bali ia lahir. pasti ia tidak mengerti karena dalam bahasa melayu. tiba-tiba saya dikejutkan oleh suara petugas imigrasi yang menemukan kata Bali sebagai tempat lahir isteri saya di pasport.TINDAKAN KECIL TIDAK DIKENAL Di kota Liverpool Inggris. Dengan ekspresi yang amat bersahabat ia bertanya. bahwa visa yang mau diperpanjang adalah visa isteri. Tiba-tiba saja saya ingat lagu John Lennon yang berjudul Imagine. Ketika petugas tahu. apakah kami sekeluarga senang tinggal di Inggris. guna memperpanjang visa isteri saya. Saya sudah siap-siap mental dimaki sebagaimana orang Pakistan di depan. saya pernah mengalami sebuah pengalaman kemanusiaan yang amat menyentuh.

Buah apel yang bisa dipetik siapa saja oleh penduduk desa Galgate. dan akan memperoleh giliran bertatap muka dengan petugas imigrasi. karena kesabaran petugas. pesawat berikut ke tempat lain mesti take off kurang dari sejam lagi. will be. Setelah menempuh penerbangan dari Paris yang melelahkan. tiba-tiba saja petugas imigrasi ini minta saya menunggu sebentar. saya antre di tempat yang ditujukan untuk warga masyarakat Eropa.Ketika saya tanya balik. sementara ia pergi membawa passport saya ke counter lain. Saya sudah pasrah. Penduduk desa kecil yang amat bersahabat. petugas tadi menceritakan pengalaman pribadinya yang pernah ditolong orang Bali. tiba-tiba wanita di depan saya wajahnya sumringah. Orang-orang tua jompo yang penuh senyum dan persahabatan tanpa pamrih dan masih banyak lagi yang lain. dibuka juga itu passport sambil bertanya. Dan. Mirip dengan pengalaman di Liverpool. Setelah saya jawab dengan sebutan desa Galgate di pinggiran kota kecil Lancaster. Singkat cerita. what will be. semua urusan menjadi beres hanya karena ada kata Bali di pasport. Pertama-tama. Setelah pegal berdiri setengah jam. ketika mengalami kecelakaan saat berwisata di pulau dewata ini. Dengan akrab dia bercerita tempat lahirnya. baru saya tahu walau saya antre di tempat yang keliru. tentu saja petugasnya cemberut melihat tampang saya. Sebagai warga Indonesia. di Manchester saya juga pernah diselamatkan nasib baik. Namun. . saya ikuti saja antrean manusia yang ada di depan guna diperiksa imigrasi. Lebih-lebih setelah melihat passport yang berisi gambar burung garuda. Padahal. di mana saya tinggal selama di Inggris. kenapa ia demikian bersahabat setelah tahu kami dari Bali.

memberi dan memberi. Banyak hal bisa berubah setelah melakukan tindakan-tindakan model terakhir. Rumput hijau memberi kesejukan. Kepala yang pusing. Bukan pada tempatnya. berguna buat alam dan orang lain. Saya tidak tahu. Isteri yang tadinya kelihatan seram jadi lembut dan cantik. saya memang memiliki banyak kekurangan. . tiba-tiba jadi membaik. Tidak dikenal. Adi dan Suci adalah manusia-manusia yang paling tahu daftar kekurangan saya. apa ini sebuah sugesti. Akan tetapi. Sejumlah rekan Tionghoa yang mengerti petunjuk hoki. atau ada tangan-tangan kekuatan alam yang membuatnya demikian. Boleh percaya boleh tidak. Tidak dihitung. Sambil berpesan : sampaikan salam kangen saya buat penduduk desa Galgate. saya mengalami kejadian-kejadian seperti ini. Yang jelas. Wika. alam bisa demikian perkasa dan bertahan lama. sejak umur yang sangat kecil. Namun. Suka 'ngompol' (ngomong politik). saya dibiasakan oleh seorang kakak. untuk mengumpulkan daftar tindakan-tindakan kecil yang tidak bernama.tindakan saya di kolom ini. karena bergerak dalam siklus memberi. kalau saya membeberkan daftar tindakan. ia sudah mengembalikan passport saya lengkap dengan stempel imigrasi. Kantong cekak yang membuat dahi berkerut. Berteriak kalau lagi marah besar di rumah. Sebagai manusia biasa. Yang jelas. ada semacam kesegaran dalam jiwa. menyebut saya manusia hoki karena bentuk hidung. Disebut sering suka cerita yang porno dan jorok. sesaat setelah melakukan tindakan-tindakan tidak dikenal dan tidak bernama.Tidak lebih dari tiga menit. dalam frekuensi yang cukup sering. telinga dan dagu yang cocok dengan ciri-ciri hoki. berubah menjadi ucapan terimakasih ke Tuhan.

Matahari membawa energi. Membukakan pintu ke orang lain yang tidak dikenal di lokasi-lokasi publik. Mengembalikan posisi pohon yang roboh. saya berusaha untuk mematikan keran di tempat umum yang lupa ditutup orang lain. Mengubur kucing yang mati digilas mobil orang. Air menghadirkan kehidupan. Adakah mereka membutuhkan imbalan lebih? Belajar dari ini semua. Bagaimana dengan Anda? .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful