Protap PT HENSON FARMA Disusun : Spv Tehnik Tgl 25 Mei 2006 Diperiksa : Mng Tehnik Tgl 26 Mei 2006

Halaman 1 dari 3

PERAWATAN HVAC

No Dokumen : Tgl Mengganti No : Tgl

Disetujui : Mng QC Tgl 27 Mei 2006

Daftar Komponen Utama 1 Pabrik pembuat 2 Motor Utama 3 Impeler / Fan 4 Pre Filter 5 Main Filter 6 Ducting 7 Grill 8 Material 9 Buterfly Damper 10 Volume

: PT NOBELINDO : 3 PH / 380 V / 7,5 Kw / 1450 rpm : Back Ward : Effisiensi 25-30 % : Effisiensi 90-95 % : Diameter pipa 50 cm / Galvanis 0,8 mm / Flange connection : Diffuser Grill : Maild Steel 3 mm : 18000 m3 / jam

I Keterangan Fungsi Peralatan di Unit HVAC 1 Pre Filter : Untuk menyaring udara yang akan dimasukkan ke Unit Blower. 2 Main Filter : Untuk menyaring udara dengan kerapatan filter yang lebih kecil daripada Pre Filter. 3 Blower : Untuk menghisap dan menekan udara sehingga terjadi perbedaan tekanan. 4 Motor Utama : Untuk memutar Blower. 5 Differensial Pressure : Untuk mengetahui perbedaan tekanan udara sebelum dan sesudah melewati filter ( untuk mengetahui tingkat kebuntuan filter ). 5 Ducting : Untuk mengalirkan udara yang dihisap dari ruangan ke Unit Blower dan mengalirkan kembali udara yang ditekan ke ruangan Produksi. 6 Rumah Filter : Sebagai tempat menempelnya Pre Filter dan Main Filter. 7 Diffuser Grill : Agar udara yang keluar dari Ducting dapat dialirkan ke segala arah. II Peralatan yang diperlukan 1 Velocity Meter : Untuk memeriksa Kecepatan Aliran Udara. 2 Ampere Meter : Untuk memeriksa besarnya Arus Listrik yang digunakan. 3 Selang Air : Untuk membersihkan Unit HVAC. 4 Vaccum Cleaner : Untuk membersihkan Unit HVAC bagian dalam. II CARA PERAWATAN a. PERAWATAN TIAP BULAN : 1 Buka penutup Rumah Pre Filter dan Main Filter pada bagian atas Rumah Filter dengan melepas semua baut pengikatnya.

11 Pasang kembali tutup Rumah Filter dan kencangkan semua baut pengikatnya. kemudian taruh pada tempat yang aman dan bersih. ganti bila sudah sobek. kemudian taruh pada tempat yang aman dan bersih. 5 Bersihkan kotoran yang melekat pada permukaan filter dengan cara divakkum menggunakan Vaccum Cleaner. ganti karetnya bila sudah rusak. 3 Ganti Pre Filter dengan yang baru. 3 Periksa kondisi permukaan Pre Filter dan Main Filter apakah tidak sobek atau berlubang. 7 Bersihkan bagian dalam Rumah Filter dengan lap dan Vaccum Cleaner. 7 Bersihkan Body Frame Pre Filter dan Main Filter dengan cara dilap dengan kain basah. 12 Pasang kembali tutup Rumah Filter dan kencangkan semua baut pengikatnya. 11 Periksa karet seal pada Rumah Filter. 4 Ganti bila kondisi sudah sobek atau berlubang. 9 Pasang kembali Pre Filter dan Main Filter pada tempatnya. 2 Keluarkan masing-masing filter dengan cara ditarik keatas satu persatu. . 9 Periksa apakah kondisi Rubber Seal masing-masing filter dalam keadaan baik. perhatikan posisi Rubber Seal harus menempel rata pada tempatnya. 5 Ganti bila kondisi sudah sobek atau berlubang. 6 Bersihkan kotoran yang melekat pada permukaan Main Filter dengan cara divakkum menggunakan Vaccum Cleaner. 6 Bersihkan Body Frame Pre Filter dan Main Filter dengan cara dilap dengan kain basah. 10 Periksa karet seal pada Rumah Filter. 4 Periksa kondisi permukaan Main Filter apakah tidak sobek atau berlubang. ganti karetnya bila sudah rusak. 10 Pasang Pre Filter yang baru dan Main Filter pada tempatnya. 8 Periksa apakah kondisi Rubber Seal masing-masing filter dalam keadaan baik. b. PENGGANTIAN PRE FILTER setiap 6 BULAN 1 Buka penutup Rumah Pre Filter dan Main Filter pada bagian atas Rumah Filter dengan melepas semua baut pengikatnya. ganti bila sudah sobek. perhatikan posisi Rubber Seal harus menempel rata pada tempatnya.Protap PT HENSON FARMA Disusun : Spv Tehnik Tgl 25 Mei 2006 Diperiksa : Mng Tehnik Tgl 26 Mei 2006 Halaman 2 dari 3 PERAWATAN HVAC No Dokumen : Tgl Mengganti No : Tgl Disetujui : Mng QC Tgl 27 Mei 2006 2 Keluarkan masing-masing filter dengan cara ditarik keatas satu persatu. 8 Bersihkan bagian dalam Rumah Filter dengan lap dan Vaccum Cleaner. c. PENGGANTIAN MAIN FILTER setiap 12 BULAN 1 Buka penutup Rumah Pre Filter dan Main Filter pada bagian atas Rumah Filter dengan melepas semua baut pengikatnya.

ganti karetnya bila sudah rusak. kemudian taruh pada tempat yang aman dan bersih. 4 Periksa kondisi permukaan Pre Filter apakah tidak sobek atau berlubang. ganti bila sudah sobek. 12 Pasang kembali tutup Rumah Filter dan kencangkan semua baut pengikatnya. 10 Pasang Pre Filter dan Main Filter yang baru pada tempatnya. 3 Ganti Main Filter dengan yang baru. 8 Bersihkan bagian dalam Rumah Filter dengan lap dan Vaccum Cleaner. 9 Periksa apakah kondisi Rubber Seal masing-masing filter dalam keadaan baik. perhatikan posisi Rubber Seal harus menempel rata pada tempatnya. .Protap PT HENSON FARMA Disusun : Spv Tehnik Tgl 25 Mei 2006 Diperiksa : Mng Tehnik Tgl 26 Mei 2006 Halaman 3 dari 3 PERAWATAN HVAC No Dokumen : Tgl Mengganti No : Tgl Disetujui : Mng QC Tgl 27 Mei 2006 2 Keluarkan masing-masing filter dengan cara ditarik keatas satu persatu. 5 Ganti bila kondisi sudah sobek atau berlubang. 11 Periksa karet seal pada Rumah Filter. 7 Bersihkan Body Frame Pre Filter dan Main Filter dengan cara dilap dengan kain basah. 6 Bersihkan kotoran yang melekat pada permukaan Pre Filter dengan cara divakkum menggunakan Vaccum Cleaner.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful