LAPORAN PENDAHULUAN CA MAMMAE (KARSINOMA MAMMAE

)

A. PENGERTIAN Carsinoma Mammae adalah pertumbuhan dan pembelahan sel khususnya sel pada jaringan mammae yang tidak normal/abnormal yang terbatas yang bertumbuh perlahan karena suplai limpatik yang jarang ketempat sekitar jaringan mamae yang banyak mengandung banyak pembuluh limfe dan meluas dengan cepat dan segera bermetastase. Penyakit kanker payudara/mammae adalah penyakit keganasan yang berasal dari struktur parenchim payudara. Paling banyak berasal dari efitel duktus laktiferus (70 %), efitel lobulus (10%) sisanya sebagian kecil mengenai jaringan otot dan kulit payudara, kanker payudara/mammae tumbuh lokal ditempat semula, lalu selang beberapa waktu menyebar melalui saluran limfe (penyebaran sisitemik) keorgan vital lain seperti paru-paru, tulang, hati, otak dan kulit.

B. PENYEBAB / FAKTOR PREDISPOSISI Etiologi Karsinoma mammae secara pasti tidak diketahui penyebabnya tapi pencetus yang sering disebabkan olah estorogen yang lebih dikenal sebagai estorogen dependent mengandung eseptor yang mengikat estradiol, suatu tife esterogen yang pertumbuhnya diangsang oleh esterogen, karena reseptor ini tidak muncul pada jaringan payudara yang normal Tanda dan Gejala Tanda dan gejala paling dini adalah berupa tumbuhnya benjolan pada daerah mamae,

C. PENGKAJIAN F. EVALUASI . PATOFISIOLOGI E. KLASIFIKASI Tahapan ukuran tumor I kurang dari 2 cm II Kurang dari 5 cm (T1 dan T2) III lebih dari 5 cm dengan invai kulit atau melebar pada dinding dada IV setiap ukuran Setiap nodes Ya (M1) Keterlibatan nodul Tidak aa NO Axillary nodes dapat berpindah (N1) Axillary nodes tetap atu dpat berpindah (N dan N2) Tidak ada (MO) Metatasis Tidak ada (MO) Tidak ada (MO) D. DIAGNOSA KEPERAWATAN G. RENCANA TINDAKAN H.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful