LINGKUNGAN EKSTERNAL I.

Pendahuluan Perubahan yang sangat cepat, yang terjadi dalam lingkungan bisnis telah secara otomatis menuntut setiap pelaku bisnis untuk selalu memberikan perhatian dan tanggapan terhadap lingkungannya. Hal ini mengkondisikan perusahaan untuk kemudian merumuskan strategi agar mampu mengantisipasi perubahan dan pencapaian tujuan perusahaan. Didasari atas pentingnya perumusan strategi, proses perumusan strategi merupakan suatu rangkaian kegiatan untuk menemukan strategi yang tepat bagi perusahaan. Rangkaian kegiatan yang diperlukan meliputi analisis lingkungan perusahaan, baik lingkungan internal maupun lingkungan ekstrnal. Analisis ini berguna untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dapat memperlancar ataupun menghambat perkembangan perusahaan. Era globalisasi ekonomi yang disertai dengan pesatnya perkembangan teknologi, berdampak pada semakin ketatnya persaingan dan semakin cepatnya terjadi perubahan pada lingkungan usaha. Barang-barang hasil produksi dalam negeri saat ini sudah harus langsung berkompetisi dengan produk-produk dari luar negeri, dan perusahaan harus menerima kenyataan bahwa pesatnya perkembangan teknologi mengakibatkan cepat usangnya fasilitas produksi, semakin singkatnya daur hidup produk, dan keuntungan yang didapat pun akan semakin rendah. Lingkungan bisnis yang dihadapi oleh perusahaan perusahaan di dunia semakin bergejolak (turbulent), terutama sejak terjadinya krisis global dan perubahan pemerintahan berikut gejolak sosial di dalam negeri pada awal tahun 2009. Apalagi dengan kondisi internal kebanyakan perusahaan yang memburuk dan bangkrutnya sebagian perusahaan, menjadikan perhatian terhadap pengaruh dan dampak faktor-faktor lingkungan eksternal perusahaan menjadi sangat penting. 1 Perubahan lingkungan bisnis akan terjadi setiap saat, umumnya berupa gerak perubahan dari salah satu atau gabungan faktor-faktor lingkungan luar perusahaan, baik pada skala nasional, regional maupun global. Sebagian dari dampak yang mereka timbulkan banyak terbukti telah mempengaruhi datangnya berbagai kesempatan usaha (business opportunities), tetapi banyak pula rekaman contoh kasus dari faktor eksternal ini yang menjadi kendala dalam berusaha (business threats and constraints). Kita sering mendengar bagaimana perusahaan yang memiliki sistem organisasi yang baik dengan dukungan visi, misi dan rencana aksi business plan yang terencana tidak menjamin sukses dalam meraih laba. Bahkan banyak perusahaan ini mengalami

Sedangkan peluang adalah kondisi dalam lingkungan umum yang dapat membantu perusahaan mencapai daya saing strategis.penurunan dalam kinerja usahanya hanya karena kesalahan dalam menafsirkan skenario dan asumsi pengaruh lingkungan luar tersebut. pengawasan (monitoring).Sumber daya manusia 6. dan penilaian (assessing). Meluasnya jaringan organisasi dan komunikasi perusahaan global beberapa tahun sebelum terjadinya krisis perekonomian dunia. Ancaman adalah suatu kondisi dalam lingkungan umum yang dapat menghambat usaha-usaha perusahaan untuk mencapai daya saing strategis. seperti kejadian penyerangan gedung kembar World Trade Center dan serbuan militer Amerika Serikat ke Irak. kita saksikan bagaimana perubahan lingkungan eksternal yang berjalan dengan sangat cepatnya. Tetapi sebaliknya.perubahan yang terjadi di sekeliling mereka. Pemindaian Melalui pemindaian perusahaan mengidentifikasi tanda-tanda awal dari . terbukti telah memberikan berbagai kesempatan berusaha bagi perusahaan-perusahaan swasta domestik di Indonesia dalam bentuk kerjasama usaha patungan (joint ventures) dan waralaba (franchising). Kondisi demografis 5. Profil pelanggan 3. Semakin kukuhnya gejala globalisasi pasar dunia yang dipengaruhi langsung oleh berbagai kebijakan liberalisasi perdagangan dan investasi di Asia Pasifik. Memasuki era liberalisasi dan globalisasi pada abad ke 21. Proses yang dilakukan secara kontinyu untuk melakukan analisis lingkungan eksternal adalah dengan melakukan pemindaian (scanning). Tenaga Kerja II. peramalan (forecasting). terutama jika mereka ingin meraih kemenangan. Faktor-faktor terpenting dari lingkungan operasi ini adalah: 1. kemudian dalam sekejap memporakporandakan keunggulan bersaing satu negara dalam pola perdagangan antar dibutuhkan atau dalam memasarkan produk dan jasanyasecara menguntungkan. banyak membuka kesempatan berusaha bagi produsen domestik dan investor modal asing. Letak Geografis 4.1Analisis Lingkungan Eksternal Analisis lingkungan eksternal bertujuan untuk mengetahui ancaman dan peluang. para pimpinan perusahaan tidak dapat mengabaikan begitu saja perubahan. Posisi kompetitif 2.

Tanpa penilaian perusahaan dibiarkan dengan data-data yang menarik. Barang-barang supplier kritikal bagi pasar pembeli. Penilaian Tujuan penilaian adalah untuk menentukan waktu dan signifikansi efek.produk yang dapat saling menggantikan. Analisa lingkungan industry ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan model 5 kekuatan.perusahaan dalam industri tersebut. Perusahaan-perusahaa dalam industri tersebut bukan merupakan pelanggan yang signifikan bagi kelompok supplier tersebut.2. II. Model Lima Kekuatan a. dan seberapa cepat. Supplier-supplier menjadi ancaman yang dapat dipercaya untuk mengintegrasikan ke depan .perubahanpotensial dalam lingkungan umum. Peramalan Pada peramalan. tapi tidak diketahui relevansi kompetitiifnya. Selangkah lebih maju tujuan penilaian adalah untuk menspesifikasi implikasi pemahaman tersebut pada organisasi. Pemindaian lingkungan merupakan hal penting dan menentukan bagi perusahaan. b. analis mengembangkan proyek-proyek yang layak tentang apa yangmungkin terjadi.Analisis Lingkungan Industri Industri adalah sekelompok perusahaan yang memproduksi produk.perubahan yang sedang terjadi. perubahan-perubahan dan trend-trend itu dideteksi melalui pemindaian dan pengawasan. dan mendeteksi perubahan. Seringkali juga peserta bisnis baru memiliki sumberdaya yang substansial dan berkeinginan kuat untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar.perubahan dan trend-trend lingkungan terhadap manajemen strategis suatu perusahaan. Efektivitas barang supplier telah menciptakan switching cost yang tinggi bagi perusahaan-perusahaan dalam industri tersebut. Produk pengganti yang memuaskan tidak tersedia bagi perusahaan. kekuatan tawar menawar dari supplier kelompok tersebut didominasi sedikit perusahaan-perusahaan besar dan lebih terkonsentrasi disbanding industri yang dilayaninya. Ancaman dari Peserta Bisnis Baru Peserta bisnis baru dapat menjadi ancaman karena membawa kapasitas produksi tambahan.efek dari perubahan. Kritikal bagi pengawasan yang berhasil adalah kemampuan untuk mendeteksi makna dalam peristiwa-peristiwa lingkungan yang berbeda. Pengawasan Melalui pengawasan perusahaan mendeteksi perubahan dan trend-trend lingkungan melalui pengawasan yang berkelanjutan.perusahaan yang bersaing dalam lingkungan yang sangat tidak stabil.

dan ketika harga produk substitusi lebih rendah atau kualitas dan kapabilitas kinerjanya sama atau lebih tinggi. c. Implementation and Control. Thomson International student edition USA (Hitt et al) Pearce II.Formulation.Hoskisson (2005). Mereka dapat beralih ke produk lain dengan biaya yang sedikit jika ada. Apa yang diyakini oleh pesaing tentang dirinya sendiri dan tentang industri. Perusahaan perlu memahami: Apa yang menggerakkan pesaing. seperti yang ditunjukkan oleh kapabilitasnya. dan para pembeli menghadapi ancaman berat jika mereka mengintegrasikan ke belakang. seperti yang ditunjukkan oleh asumsi-asumsinya. USA (P and R) . Strategic Management-Competitiveness and Globalization. Intensitas Persaingan diantara Para Pesaing Karena perusahaan-perusahaan dalam suatu industri satu sama lain saling tergantung tindakantindakan yang diambil sebuah perusahaan biasanya mengundang tindakan balasan kompetitif. Strategic Management. produk pengganti merupakan ancaman yang kuat bagi suatu perusahaan ketika pelanggan menghadapi biaya perpindahan (switching cost) yang sedikit. Mc Graw-Hill International edition. Daftar Pustaka Hitt. John. Duane Ireland. seperti yang diungkapkan oleh strateginya saat ini. seperti yang ditunjukkan oleh tujuan-tujuan masa depannya. Secara umum. Produk-produk industri tersebut tidak distandardisasi. and Robert E. d. Robinson (2003).3. Analisis Pesaing Analisis pesaing memusatkan perhatiannya pada setiap perusahaan yang bersaing secara langsung dengan sebuah perusahaan. e. Apa kemampuan perusahaan. R. Kekuatan tawar menawar pembeli Mereka membeli porsi yang besar dari total output industri. Ancaman dari Produk Pengganti Produk pengganti adalah barang-barang dan jasa berbeda dari luar industri tertentu yang melakukan fungsi serupa dengan produk yang dihasilkan oleh industri tersebut.A and Richard B. Produk yang dibeli dari suatu industri mencakup porsi yang signifikan dari biaya pembeli. Michael A. Apa yang sedang dilakukan oleh pesaing. II.industri pembelinya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful