PENDAHULUAN Microsoft Excel atau juga dikenal Ms.

Excel atau lebih populernya “Excel” adalah General Purpose Electronic Spreadsheet yang bekerja dibawah Sistem Operasi Windows. Microsoft Excel dapat digunakan untuk menghitung angka-angka, bekerja dengan daftar data, dan menganalisa data-dataserta mempresentasikannya ke dalam bentuk grafik/diagram. Dalam hal pekerjaan dalam aplikasi excel, terdapat banyak sekali rumus dan formula yang akan mendukung dan mempermudah pekerjaan kita guna mengolah data dan angka. Penggunaan rumus dalam aplikasi excel, sangat terkait dengan dasar Operator Matematika sebagai berikut: + : Tambah - : Kurang * : Kali / : Bagi ^ : Pangkat Misal : Penjumlahan : =A1+B1 atau +A1+B1. Pengurangan : =A1-B1 atau +A1-B1. Perkalian : =A1*B1 atau +A1*B1. Pembagian : =A1/B1 atau +A1/B1. Pangkat 2 : = A1^2 atau A1^2. Setiap awal pengetikan dalam Excel harus diawali dengan tanda sama dengan (=) Di antara rumus yang sangat bervariasi dalam aplikasi ini, dapat dikategorikan ke dalam beberapa Fungsi – fungsi, yaitu:

1

dan Fungsi waktu / time 2 .- Fungsi statistic Fungsi logika Fungsi string Fungsi tanggal / date .

sebagai contoh : → sel B5 dibaca kolom ke-2 ( yakni kolom B) baris ke-5. Setiap kali menuliskan formula yang diperlukan harus selalu diawali dengan tanda sama dengan (=………) atau tanda tambah (+………).PENGGUNAAN RUMUS DALAM MICROSOFT EXCEL Sebelum melangkah kepada pembahasan rumus atau fungsi dalam Microsoft Excel. • Name Box adalah : tempat yang menunjukkan alamat dari sel / address cell yang ditunjuk oleh pointer. Name box mencatat alamat sel pointer dengan diawali pencatatan nama kolom (A-IV) selanjutnya nomor baris (1-65536). 3 . tapi harus diingat bahwa penulisan rumus formula bukan berupa angka melainkanalamat sel / cell addressnya.1 Keterangan Lembar Kerja Microsoft Excel Catatan : • Formula Bar adalah : tempat dimana kita menuliskan rumus formula. ada baiknya mengenal terlebih dahulu rincian dari lembar kerja seperti gambar di bawah ini: Gambar 2.

a-z. kanan. atas. dan 0-9 • Numeric : angka yang dapat digunakan dalam melakukan perhitungan yakni 0-9 • Date : data tanggal • Time : data waktu 2. Formula seperti rumus yang selalu diawali dengan tanda sama dengan (=………) atau tanda tambah (+………). Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. terdiri dari 4 jenis type data yakni : • Character : semua huruf dan angka yang tidak dapat digunakan dalam melakukan perhitungan yakni A-Z.Mengatur Gerak Sel Pointer Enter : memindahkan sel pointer dari atas ke bawah Shift Enter : memindahkan sel pointer dari bawah ke atas Tab : memindahkan sel pointer dari kiri ke kanan Shift Tab : memindahkan sel pointer dari kanan ke kiri Page Up : 1 layar ke atas Page down : 1 layar ke bawah Tombal arah : ke kiri. 4 . Konstanta. dan bawah Ctrl + tombol arah kiri/kanan : ke batas data yang paling kiri atau kanan Ctrl + tombol arah atas/bawah : ke batas data yang paling atas atau bawah Ctrl End : menuju ke data yang paling akhir Ctrl Home : menuju ke awal sel (A1) Home : kembali ke kolom A pada baris yang sama F5 : menuju ke sel tertentu do Worksheet Jenis Data pada Sel 1.

..Fungsi – Fungsi Rumus Microsoft Excel: 1. ex.A6). =MAX(A1. AVERAGE : Menghitung nilai rata-rata. =AVERAGE(A1. yaitu menentukan rata-rata data dari sel A1 . yaitu menjumlahkan data dari sel A1 sampai A6.A6) atau =SUM(A1. ex. ex.. Contoh: A 1 2 3 4 5 1 2 3 B 1000 NO NAMA LUKY RINA NANIK JAM 2 3 1 UPAH C D 5 .A6. MIN : Menentukan nilai terendah.A6) atau =MAX(A1. Dengan cara kita tambahkan tanda $. dengan cara memberi alamat absolut pada baris atau kolom yang diinginkan.A6) atau =COUNT(A1.A6). yaitu menentukan banyaknya data dari sel A1 sampai A6. =COUNT(A1.A6). ALAMAT ABSOLUT Untuk mendapatkan alamat yang tetap/mutlak meskipun kita copy kearah manapun. MAX : Menentukan nilai tertinggi.A6).A6) atau =MIN(A1. yaitu mencari data tertinggi dari sel A1 sampai A6. =MIN(A1.A6). FUNGSI STATISTIK COUNT : Menentukan banyaknya data. yaitu mencari data terendah dari sel A1 sampai A6.. ex. ex.. =SUM(A1. SUM : Menentukan total / jumlah data.A6) atau =AVERAGE(A1.

A. maka untuk mengisikan rumus pada D3 adalah: =$B$1*D3. untuk mengisikan D4 dan seterusnya kita tinggal mengkopikan dari rumus yang telah di ketik di sel D3. karena untuk nilai 1000 (B1) tidak boleh berubah maka harus di beri alamat absolut ($B$1). <. >. <> Bentuk umum =IF(X=n.6 4 SITI 6 Ketentuan : UPAH = 1000 x JAM 1000 berada pada sel B1.B) Dimana x: merupakan sel kondisi n: isi kondisi/syarat A: jawaban benar B: jawaban salah Contoh: A 1 2 3 4 5 6 7 8 NO 1 2 3 4 5 6 NAMA LUKY RINA NANIK HARTINI EVI SITI JK P W W W W W JENIS B C D Ketentuan : 6 . <=. >=. FUNGSI LOGIKA Macam-macam logika adalah : =. 2.

y) : menggabungkan dua kondisi dengan operator AND (dan).a.”Tolak”) 7 . maka kita gunakan operator: AND atau OR =AND(x. Maka rumus yang harus kita ketikkan di sel D3 adalah sebagai berikut: =IF(C3=”P”. maka rumus yang di tulis adalah =IF(AND(c3>=20. maka salah satu kondisi harus benar atau kedua-duanya benar Dimana x : kondisi pertama.b) Contoh: A 1 2 3 4 5 6 7 8 NO 1 2 3 4 5 6 NAMA LUKY RINA NANIK HARTINI EVI SITI UMUR TERIMA 20 22 30 36 18 19 B C D Ketentuan : Jika umur lebih besar sama dengan 20 dan lebih kecil sama dengan 30 maka TERIMA sama dengan Terima jika tidak TERIMA sama dengan Tolak. y : kondisi kedua Bentuk Umum : =IF(Operator(x. jika JK = W maka JENIS sama dengan Wanita.y) : menggabungkan dua kondisi dengan operator OR(atau).”Pria”.”Wanita”) Jika kondisi lebih dari satu.Jika JK = P maka JENIS sama dengan Pria.”Terima”. keduaduanya harus benar =OR(x.c3<=30).y).

3 karakter untuk bulan.3. dengan urutan jam. tingal menulis dengan urutan hari tanggal dan tahun. menit. Excel juga menyediakan. Contohnya: 3-08-80 Tapi kalau kita ingin format yang lain. 2 karakter untuk tahun. Untuk pemisah menggunakan tanda hubung -. Pada Number pilih Date 4.n) : di gunakan untuk mengambil string di sel x yang pengambilannya dimulai dari hitungan ke m dari kiri sebanyak n karakter 4. Blok dulu datanya 2. yang di pisahkan dengan tanda : (titik dua). Caranya adalah sebagai berikut: 8 . Excel juga menyediakan. ex: 13:40:09 Tapi kalau kita ingin format yang lain. FUNGSI STRING Macam-macam fungsi string : =LEFT (x.m. Klik menu Format _ Cells 3. Ok 5. FUNGSI TIME ( WAKTU) Untuk penulisan data waktu.n) : digunakan untuk mengambil sting di sel x dari kanan sebanyak n karakter =MID(x. Tunjuk salah satu bentuk data tanggal yang diinginkan 5. 2 karakter untuk tanggal.n) : digunakan untuk mengambil sting di sel x dari kiri sebanyak n karakter =RIGHT (x. lalu detik. FUNGSI DATE (TANGGAL) Dalam Excel penulisan data dalam bentuk tanggal sangatlah mudah. Caranya adalah sebagai berikut: 1.

Klik menu Format _ Cells 3. Blok dulu datanya 2. 9 . Tunjuk salah satu bentuk data waktu yang diinginkan 5.1. Ok. Pada Number pilih Time 4.

Konstanta. Penggunaan rumus dalam aplikasi excel. yaitu: Fungsi statistic Fungsi logika 10 . a-z. terdiri dari 4 jenis type data yakni : • Character : semua huruf dan angka yang tidak dapat digunakan dalam melakukan perhitungan yakni A-Z. dapat dikategorikan ke dalam beberapa Fungsi – fungsi.: Kurang * : Kali / : Bagi ^ : Pangkat Setiap awal pengetikan dalam Excel harus diawali dengan tanda sama dengan (=) Di antara rumus yang sangat bervariasi dalam aplikasi ini.KESIMPULAN Dalam hal pekerjaan dalam aplikasi excel. sangat terkait dengan dasar Operator Matematika sebagai berikut: + : Tambah . Jenis Data pada Sel 1. Formula seperti rumus yang selalu diawali dengan tanda sama dengan (=………) atau tanda tambah (+………). dan 0-9 • Numeric : angka yang dapat digunakan dalam melakukan perhitungan yakni 0-9 • Date : data tanggal • Time : data waktu 2. terdapat banyak sekali rumus dan formula yang akan mendukung dan mempermudah pekerjaan kita guna mengolah data dan angka.

dan Fungsi waktu / time 11 .- Fungsi string Fungsi tanggal / date .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful