RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP

)

Mata Pelajaran Kelas/ semester Alokasi Waktu Hari/ Tanggal

: Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) : V/ 1 : 2 x 35 menit (1 x pertemuan) :

Standar Kompetensi

: 3. Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya. : 3.2 Mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup. : 3.2.1 Memberikan 3 contoh bentuk penyesuaian diri pada tumbuhan untuk kelansungan hidupnya. Menghubungkan 3 jenis tumbuhan dengan bentuk penyesuaiann dirinya terhadap lingkungan. Menyebutkan fungsi daun pada tumbuhan kaktus. Menyebutkan fungsi daun pada tumbuhan teratai.

Kompetensi Dasar

Indikator

3.2.2

3.2.3 3.2.4

I.

Tujuan Pembelajaran A. Tujuan: 1. Dengan tanya jawab tentang jenis tumbuhan, siswa dapat menyebutkan fungsi daun pada tumbuhan kaktus dengan tepat. 2. Dengan tanya jawab tentang jenis tumbuhan, siswa dapat menyebutkan fungsi daun pada tumbuhan teratai dengan tepat. 3. Dengan diskusi kelompok, siswa dapat memberikan 3 contoh bentuk penyesuaian diri pada tumbuhan untuk kelansungan hidupnya. 4. Dengan diskusi kelompok, siswa dapat menghubungkan 3 jenis tumbuhan dengan bentuk penyesuaian dirinya terhadap lingkungan. B. Dampak Pengiring: Setelah pembelajaran ini selesai, diharpkan siswa memiliki sikap kritis, berani, dan suka bekerjasama dalam kehidupan sehari-hari.

Siswa melakukan tanya jawab dengan guru tentang penyesuaian diri pada tumbuhan untuk kelansungan hidupnya. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya. Mengecek kehadiran siswa 4. 5. Do¶a 3. 8. 2.?´ 5. Siswa mendengarkan penjelesan guru tentang penyesuaian diri tumbuhan untuk kelansungan hidupnya. Metode Pembelajaran: A. Materi Pokok 1. tiap-tiap kelompok diberi gambar berbagai jenis tumbuhan. kamboja. 6. Siswa berdiskusi tentang bentuk-bentuk penyesuaian diri pada tumbuhan untuk kelansungan hidupnya. Ceramah B. Kesimpulan 2. Kegiatan Awal 1. Diskusi Kegiatan Pembelajaran: A. 4.. Appersepsi: ³Anak-anak. Tanya jawab C. bunga mawar. III. Salam 2. II. Evaluasi 3. Tumbuhan Menyesuaikan Diri Untuk Kelangsungan Hidupnya. bunga . Alat/ Media: Gambar berbagai jenis tumbuhan. Siswa diminta untuk menyebutkan fungsi daun pada tumbuhan kaktus dan teratai.C. IV. Siswa dibagi ke dalam 5 kelompok. Informasi tujuan dan kegiatan pembelajaran... Salam penutup. C. 7. 3.. Siswa bersama-sama guru membahas hasil diskusi. Alat dan Sumber Belajar: A. Kegiatan Inti 1.. Keterampilan proses yang dikembangkan dalam pembelajaran ini adalah: diskusi kelompok. Refleksi 4. Siswa melaporkan hasil diskusi kelompok di depan kelas. Kegiatan Akhir: 1. Tindak lanjut 5. apa yang kalian ketahui tentang kantong semar. V. B.

Jakarta. Apakah fungsi daun pada tumbuhan teratai? 3. Berikan 3 contoh bentuk penyesuaian diri pada tumbuhan untuk kelansungan hidupnya! 4. Proses No. Hubungkan tumbuhan di bawah ini dengan bentuk penyesuaian dirinya terhadap lingkungan! . Sumber Belajar: 1. Sains Untuk Sekolah Dasar Kelas V.99 = B 60 ± 69. KTSP. VI. 2007. Depdiknas. Nama Siswa Aspek yang dinilai Kerjasama Keaktifan Ketepatan Keterangan Keterangan: 80 ± 100 = A 70 ± 79. Haryanto. Hasil Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan benar! 1. 2006. 2. Penilaian: A.B. Sebutkan fungsi daun pada tumbuhan kaktus! 2. Jakarta: Erlangga.99 = C < 60 = D B.

: 3.2 Mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup. Tujuan: 1.2.2. : 3.6 Menemutunjukkan 2 jenis tumbuhan yang melindungi diri dari musuhnya dengan cara yang sama. Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran Kelas/ semester Alokasi Waktu Hari/ Tanggal : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) : V/ 1 : 2 x 35 menit (1 x pertemuan) : Standar Kompetensi : 3. . Kompetensi Dasar Indikator I.7 Menghubungkan 3 jenis tumbuhan dengan cara melindungi diri dari musuhnya.2. 3. Melalui tanya jawab tentang cara tumbuhan melindungi diri dari musuhnya. Tujuan Pembelajaran: A. 3.5 Menyebutkan 3 cara tumbuhan untuk melindungi diri dari musuhnya. siswa dapat menyebutkan 3 contoh cara tumbuhan melindungi diri dari musuhnya.

Dengan mengamati gambar berbagai jenis tumbuhan. diharapkan siswa memiliki sikap berani. B. III. Appersepsi: ³Anak-anak. siswa dapat menemutunjukkan 2 jenis tumbuhan yang melindungi diri dari musuhnya dengan cara yang sama. Tanya jawab B. Keterampilan proses yang dikembangkan dalam dalam pembelajaran ini yaitu: pengamatan. Dampak Pengiring: Setelah pembelajaran ini selesai. dan suka bekerja sama dalam kehidupan sehari-hari. C. Salam 2. II. Diskusi kelompok C. Siswa diminta untuk membentuk 5 kelompok. siswa dapat menghubungkan 3 jenis tumbuhan dengan cara perlindungan diri dari musuhnya. Penugasan.. Siswa diminta untuk menemutunjukkan tumbuhan yang melindungi diri dari musuhnya dengan cara yang sama. Siswa diminta untuk menempelkan gambar berbagai jenis tumbuhan. Informasi tujuan dan kegiatan pembelajaran. 5. 4.. Siswa mendengarkann penjelasan guru tentang cara tumbuhan melindungi diri dari musuhnya. bersungguh-sungguh. Kegiatan Pembelajaran: A. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya. Tumbuhan Melindungi Diri Dari Musuhnya. Kegiatan Awal: 1. 3. IV. . Mengecek kehadiran siswa 4. siapa yang masih ingat bentuk penyesuaian diri pada tumbuhan untuk memperoleh makanan. Siswa diminta untuk menyebutkan cara tumbuhan melindungi diri dari musuhnya. Metode pembelajaran: A. 6. 3. B. Materi Pokok: 2. Dengan diskusi kelompok. Kegiatan Inti: 1. 2.?´ 5. dan diskusi kelompok.2. Do¶a 3.

Refleksi 4. bunga kamboja. Proses B. Salam penutup. 2. Evaluasi 3. . Jakarta: Erlangga. Tindak lanjut 5. Penilaian: A. Sumber Belajar: 1. Kesimpulan 2. Hasil Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan benar! 1. Kegiatan Akhir: 1. Dari gambar di atas. C. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya. Alat/ Media: Gambar berbagai jenis tumbuhan. Depdiknas. B. V. Hubungkan tumbuhan di bawah ini dengan cara perlindungan diri dari musuhnya! VI. Haryanto. Siswa perwakilan kelompok melaporkan hasil diskusi kelompok. 2007. Siswa berdiskusi untuk menghubungkan jenis tumbuhan dengan cara perlindungan diri dari musuhnya.7. Sains Untuk Sekolah Dasar Kelas V. bunga mawar. 2006. 8. Sebutkan 3 contoh cara tumbuhan melindungi diri dari musuhnya. Alat dan Sumber Belajar: A. KTSP. manakah yang melindungi diri dari musuhnya dengan cara yang sama? 3. 9. Jakarta. 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful