BAB I PENDAHULUAN

1.1. LATAR BELAKANG Pemerintah Tingkat Desa berperan sebagai bagian dari administrasi negara yang mengelola dokumen–dokumen kelengkapan masyarakat di tingkat Desa juga dokumen lain yang berhubungan dengan Desa tersebut mulai dari sejarah berdirinya Desa, batas wilayah, para perangkat Desa, potensi Desa, mutasi penduduk, pertanahan, jual beli, surat-surat keterangan, pengantar, pernyataan, izin, pernikahan dan surat sesuai dengan kebutuhan lainya. Dalam kaitannya dengan pengelolaan dokumen-dokumen tentunya teknologi informasi sangatlah dibutuhkan pengelolaan secara digital dan untuk pengarsipan dokumen secara digital pula, karena penggunaan kertas agak ditekan untuk penghematan namun tetap arsip fisik ( kertas ) perlu juga tetapi di tata dengan rapih dan terstruktur sehingga mudah dicari ketika dibutuhkan dengan cepat. Berkaitan dengan masalah-masalah yang terjadi akibat pengelolaan dokumen tanpa peranan teknologi informasi dan penataan dokumen kurang baik berakibat seperti pengerjaan agak lamban, tidak terarsip dengan baik, boros kertas ketika terjadi kesalahan kertas dibuang begitu saja, penyimpanan arsip tidak terstruktur dengan baik sehingga ketika dibutuhkan makan waktu dalam mencari karena tertumpuk-tumpuk dengan arsip lain dan lain-lain.

1

Karena perkembangan Teknologi Informasi ( IT ) yang sedemikian pesat dan sudah menjadi kebutuhan pokok bagi lembaga-lembaga yang memerlukan manajemen informasi yang baik, cepat dan akurat, maka penulis mencoba memberikan sumbangan kepada dunia Teknologi Informasi umumnya dan Kantor Pemerintahan Tingkat Daerah ( Desa Talagasari ) khusunya berupa Rancang Bangun Website Pedesaan yang dinamis, interaktif dan informatif dalam penanganan pengelolaan dokumen yang lebih baik, cepat dan akurat, serta tata arsip yang lebih baik. Selain latar belakang yang telah penulis kemukakan di atas, penulisan ini juga untuk memenuhi tugas Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) pada Kantor Pemerintahan Tingkat Daerah ( Desa Talagasari ), sehingga PKL yang dilaksanakan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

1.2. ALASAN PEMILIHAN JUDUL Pada laporan ini penulis memilih judul tentang Rancang Bangun Website pada Desa Talagasari dengan harapan dapat membantu penanganan pengolahan dokumen yang lebih baik, cepat dan akurat, serta membantu proses tata arsip administrasi sekretariat desa ( Kaur ) yang berbasis web.

1.3. RUANG LINGKUP Adapun ruang lingkup yang menjadi pokok pembahasan dalam Kerja Praktek ini adalah : 1.3.1. Desain Menu Website Desa

2

1.3.2. Rancangan Database 1.3.3. Domain dan Hosting

1.4. TUJUAN dan MANFAAT Adapun tujuan yang akan penulis capai adalah sebagai berikut : Untuk membuat Rancang BangunWebsite Desa yang dinamis bagi Sekretariat Desa serta interaktif dan informatif bagi Masyarakat Desa.

1.5. SISTEMATIKA PENULISAN Adapun sistematika pembahasan pada Laporan Kerja Praktek ini adalah :

1.5.1. BAB I

PENDAHULUAN Dalam bab ini akan dijelaskan tentang latar belakang, alasan pemilihan judul, ruang lingkup, tujuan dan manfaat serta sistematika penulisan.

1.5.2. BAB II

HASIL PELAKSANAAN PKL Dalam bab ini dibahas mengenai lokasi tempat PKL, departement, kegiatan, pembimbing lapangan, jadwal dan peralatan yang digunakan selama PKL serta metode

pengumpulan data berupa analisa organisasi, wawancara, observasi atau kuisioner analisa sistem dan penemuan masalah serta solusi yang akan diusulkan .

3

1.5.3. BAB III

USULAN SOLUSI PEMECAH MASALAH Dalam bab ini dibahas mengenai usulan organisasi, usulan hardware dan software, usulan tenaga kerja, usulan sistem, domain dan hosting, gambaran umum website, pengenalan website, keuntungan website, sasaran / informasi website, jadwal, peralatan yang dibutuhkan, biaya yang diperlukan, rancangan website input dan output serta rancangan database website.

1.5.4. BAB IV

KESIMPULAN dan SARAN Dalam bab ini berisi kesimpulan dan saran dari penulis setelah selesai melaksanakan PKL

4

TEMPAT Dalam pelaksanaan PKL ini penulis melaksanakan PKL pada Kantor Desa Talagasari Karawang yang berlokasi di Jl. kaur kesra.2.1.1. Karawang 41381. 2. LOKASI / TEMPAT PKL 2. trantib dan kaur keuangan. kaur ekbang. 5 .1. Pramuka Dusun Krajan III Desa Talagasari Kab.1.BAB II HASIL PELAKSANAAN PKL 2. tiap pemerintah desa berbeda dalam menentukan susunan organisasinya tergantung kebutuhan dan kebijakan pemerintah desa namun pada intinya bertujuan sama yaitu untuk pembagian kewenangan dan tugas dalam menjalankan aktivitas suatu institusi. Departemen atau bagian tempat penulis melaksanakan PKL adalah di bagian pelayanan masyarakat yaitu sekretariat desa yang terdiri dari kaur pemerintahan. DEPARTEMENT / BAGIAN Dalam suatu Institusi pasti kita akan menemukan susunan organisasi atau pembagian kewenangan masing masing tugas yang harus dilakukan oleh tiap orang dalam sebuah organisasi.

Pembuatan Surat Kuasa Pembuatan Proposal Pembuatan Surat-Surat Pernyataan Pembuatan Surat-Surat Keterangan Mempelajari data apa saja yang di kelola oleh Pemerintah Tingkat Desa diantaranya : a.3. BIDANG / KEGIATAN Bidang kegiatan yang diambil oleh penulis untuk penulisan laporan PKL yaitu pada pengolahan dokumen-dokuman dan surat-surat. kegiatan yang dilakukan selama PKL meliputi : 1.2. Mempelajari dan mempraktekan bagaimana sekretariat desa ( Kaur ) terhadap melayani masyarakat Desa Talagasari diantarannya :  Pembuatan Surat Pengantar Keterangan Catatan Kelakuan Baik ( SKCK ) untuk melamar kerja / persyaratan CPNS      Pembuatan Surat Keterangan Domisili Pembuatan Surat Keterangan Usaha ( SKU ) Pembuatan Kartu Keluarga Sementara Pembuatan Surat Keterangan Izin Rame-Rame Pembuatan Surat Keterangan Tidak Mampu untuk beasiswa / berobat     2.  Kaur Pemerintahan mengelola : Buku Data Mutasi Penduduk Desa 6 .1.

     b. b. d. c. e.          Buku Rekapitulasi Akhir Bulan Data Penduduk Buku Data Induk Penduduk Desa Buku Data Peraturan Desa Buku Data Keputusan Kepala Desa Buku Data Penduduk Sementara Kaur Ekonomi dan Pembangunan ( Ekbang ) mengelola : Buku Kegiatan Pembangunan Buku Inventaris Proyek Buku Rencana Pembangunan Buku Pengeluaran Rutin Buku Tanah Desa Kaur Kesejahteraan Rakyat ( Kesra ) mengelola : Buku Data Karang Taruna Buku Data Keperintisan dan Kepahlawanan Buku Data Dunia Usaha yang Melaksanakan Kegiatan UKS Buku Identifikasi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial Buku Data Organisasi Sosial ( Orsos ) Buku Data TKW / TKI Buku Data Masyarakat Tidak Mampu Data Daftar Penerima Beras Raskin Data Daftar Nama Masyarakat Miskin Calon Penerima Jamkeskin 7 . c. a.

Sekdes dan Para Kaur yang membantu membimbing dan memberikan data-data yang dibutuhkan untuk penyusunan penulisan laporan.    Kaur Keuangan mengelola : Buku Anggaran Desa Buku Kas Umum Buku Kas Pembantu 3. Mendesain Website Desa meliputi diantaranya : Membuat Header Website Merancang menu-menu Website 4. a. Merancang Proposal Outline Merancang Laporan PKL 2.4. Daftar Usulan RTS ( Rumah Tangga Sasaran ) Pengganti BLT ( Bantuan langsung Tunai ) d. PEMBIMBING LAPANGAN Dalam pelaksanaan PKL dilapangan penulis mendapat bimbingan dari Kepala Desa. b. 8 .1. 5. Dari pembimbing dilapangan penulis dapat mengetahui dan memahami informasi apa saja yang masyarakat butuhkan yang akan dituangkan dalam perancangan system website serta untuk bahan penulisan laporan PKL.

Hari Senin sampai sabtu. Kertas F4 dan A4 9 . Kegiatan PKL dilakukan setiap hari dari hari Senin sampai Jum’at. maka penulis mengajukan kegiatan PKL selesai sampai tanggal 5 Oktober 2010 : 1. Komputer / Laptop Komputer di kantor desa untuk mempelajari administrasi desa dan praktek pelayanan terhadap masyarakat selain itu penulis selalu membawa Laptop untuk pengambilan data-data yang diperlukan dan penulisan laporan serta desain website.6. Printer Printer Epson Stylus yang dipergunakan untuk mencetak suratsurat yang keluar dari desa. PERALATAN yang DIGUNAKAN Beberapa peralatan yang disediakan sebagai sarana untuk kelancaran pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah sebagai berikut : 1. karena adanya pengumuman akan dilaksanakan UTS dan jadwal PKL akan habis. 3.1. Hari Sabtu dan Minggu Libur 2. 2.1. 2.2.5. mulai jam 08:00 sampai dengan jam 14:00. JADWAL PELAKSANAAN PKL Praktek Kerja Lapangan ini dilaksanakan selama 2 bulan yang dimulai dari tanggal 20 September 2010 sampai dengan 20 November 2010 sesuai dengan surat balasan dari Kepala Desa.

10 . 4. Sofware Microsoft Office 2003 dan 2007. untuk Web Desain XAMPP. Adobe Firework CS3 Ms Office 2003 digunakan untuk melayani masyarakat yang terinstall di komputer kantor desa. Flash Drive Flash Drive sebagai media backup file juga sebagai penyimpanan data-data dari desa 7. 6. Sistem Operasi XP Pro dan Win 7 Ultimate Sistem Operasi XP Pro yang digunakan untuk melayani masyarakat. Adobe Dreamwever CS3. Windows 7 Ultimate yang digunakan untuk menyusun laporan PKL dan desain web usulan. Kursi untuk duduk sembari belajar administrasi desa 5. Meja dan Kursi Meja untuk menyimpan komputer dan printer serta laptop yang selalu di bawa.Kertas F4 media tulis printer untuk surat-surat sedangkan A4 adalah media tulis printer untuk laporan PKL. 8. Browser (IE / Firefox). Alat Tulis Alat tulis yang dipergunakan yaitu notebook kecil dan ballpoint untuk mencatat apa yang dibutuhkan.

2. Dalam menjalankan roda Pemerintahan. PENGUMPULAN DATA 2. Kaur Keuangan. 2.Sujana Kepala desa adalah sebagai Pimpinan Organisasi Pemerintah Desa 11 . Kepala Desa : H.Ms Office 2007 digunakan untuk menyusun laporan yang terinstall di laptop juga XAMMP sebagai web server. Adobe Firework untuk membuat desain header website. Kepala Desa menjalankan tugasnya berdampingan dengan BPD (Badan Permusyawaratan Desa) dalam membuat Peraturan Desa serta jalannya Pemerintahan dan mendapat masukan dari LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) sebagai wakil dari elemen masyarakat desa yang ada mengenai program maupun usulan yang mana akan dimasukan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) maupun Usulan ke Pemerintahan Kabupaten maupun Provinsi dan Pusat.1. Kaur Ekbang dan Kaur Trantib. Kaur Kesra. Adapun orang orang yang menjabat dibagian yang disebutkan diatas adalah sebagai berikut : 1. ORGANISASI Pemerintah Desa Telagasari terdiri dari satu orang Kepala Desa dan dibantu oleh Sekertariat Desa yang terdiri dari satu orang Sekertaris Desa dan lima orang Kepala Urusan yaitu Kaur Pemerintahan.2. Adobe Dreamwever CS3 sebagai Desain dan Editor website.

2. Suswandi W : H. Sekertaris Desa : Kartawijaya Sekretaris Desa bertanggungjawab kepada Kepala desa dan memimpin pelaksanaan kordinasi dan sinkronisasi Perangkat Desa diantaranya :  Kaur Pemerintahan  Kaur Keuangan  Kaur Kesra  Kaur Ekbang  Kaur Trantib 3. Ketua LPM : Acong Nurdali Terbentuknya LPM adalah sebagai lembaga kemasyarakatan yang representative membantu pemerintah desa dalam optimalisasi proses pelaksanaan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat.E. Ketua BPD : Momon Suherman : Slamet Abidin : Dadang Junaedi : Ade Wahyudin : A. 4. 12 . Mufti AS BPD sebagai Badan Permusyawaratan di Desa merupakan wahana untuk melaksanakan demokrasi berdasarkan pancasila.

.. H ubungan kem itraan KAD ES dan LPM H ubungan perintah KAD ES dan Perangkat D esa Gambar 1..1 Struktur Organisasi 13 .2...H ubungan k ons ultati f KAD ES dan BP D … …. STRUKTUR ORGANISASI BPD KE PA L A D E S A L KM D/ LP M SEKR ETA R IA T D ESA KA U R KA U R K ESR A P EM ER IN T A H A N KA U R TR A N TIB KAUR KEU A N GA N KA U R EKBA N G K EP A LA D U SU N KE P A LA D U SU N KEP A LA D U SU N KETU A R W KETU A R W KE TU A R W KE TU A R T KETU A R T K ETU A R T keterangan .2..2.

Wawancara dilaksanakan tanggal 19 Oktober 2010. yaitu dalam pengumpulan data.4. pemecahan masalah dan untuk memudahkan membuat website usulan. adapun tujuannya adalah untuk memudahkan penulis dalam mencari dan mendapatkan informasi yang dibutuhkan. serta membuat atau menyusun laporan hasil PKL . sedangkan info yang bisa didapatkan masyarakat adalah meliputi mengenai pelayanan desa dalam kelengkapan dokumen kependudukan. personil pemerintah desa. ringkasanya adalah bahwa untuk komputer sudah cukup. OBSERVASI Pengamatan langsung suatu kegiatan yang sedang dilakukan Melalui observasi penulis dapat memperoleh pandangan-pandangan mengenai apa yang sebenarnya dilakukan. dan program yang sedang dan akan dilaksanakan. luas wilayah. SDM untuk pelayanan masih kurang mumpuni karena belum adanya pelatihan dan memang pelatihan belum direncanakan. agenda pembangunan desa.3. kegiatan desa. WAWANCARA / INTERVIEW Dalam pelaksanaan PKL penulis melakukan beberapa wawancara ke beberapa orang yang sekiranya dapat membantu terhadap kelancaran penulis selama melaksanakan PKL. pelayanan dengan system online dirasa kurang cocok karena jarak dengan desa dekat.2. 14 . Hasil Wawancara terlampir. lembaga desa.2. 2.2. analisa masalah.

sehingga akan melakukan pekerjaanya dengan tidak semestinya. 2. Pekerjaan yang sedang diobservasi mungkin tidak dapat mewakili suatu tingkat kesulitas pekerjaan tertentu atau kegiatan-kegiatan khusus yang tidak selalu dilakukan. Melalui observasi. penganalisis dapat menggambarkan lingkungan fisik dari kegiatan-kegiatan.2. KELEBIHAN OBSERVASI Data yang dikumpulkan dari teknik observasi ini cenderung mempunyai keandalan yang tinggi karena langsung dari sumbernya. misalnya tata letak fisik perlatan. 2. Pekerjaan-pekerjaan yang rumit kadang-kadang sulit untuk dijelaskan dengan kata-kata. penerangan. penganalisis dapat mengidentifikasikan kegiatan-kegiatan yang tidak tepat yang telah digambarkan oleh teknik pengumpulan data yang lain.2. penulis melalui observasi dapat melihat langsung apa yang sedang dikerjakan.4. mendengar dan merasakan masalah apa yang ada diperusahaan tempat penulis melakukan PKL.1. KEKURANGAN OBSERVASI Umumnya orang yang diamati merasa terganggu atau tidak nyaman.2. 15 . serta mengenal terhadap gejala-gejala yang Dianalisa dengan cara terjun secara langsung ke lapangan sehingga penulis dapat langsung melihat. gangguan suara.Metode ini dipakai untuk mendapatkan data yang dapat dilihat dan diamati secara langsung. dsb. selain dengan secara langsung melihat penulis juga dengan observasi.4.

Observasi juga dapat mengganggu pekerjaan yang sedang dilakukan biasanya orang yang diamati cenderung melakukan pekerjaannya dengan lebih baik dari biasanya dan sering menutupi kejelekannya. 2.2.5. KUISIONER Dalam pelaksanaan PKL penulis melakukan quisioner pada anggota rapat minggon (rapat mingguan) berjumlah 28 orang yang dilaksanakan pada hari rabu tanggal 20 Oktober. adapun tujuannya adalah untuk mendapatkan data guna sebagai pengambilan keputusan. Adapun data yang diperoleh adalah sebagai berikut : Gambar 1.2 Pelayanan Desa Dari data grafik di atas menunjukan bahwa 20 orang merasa puas 6 orang merasa sangat puas ada juga yang memberikan jawaban tidak puas 1 orang bahkan ada juga yang tidak menjawab 1 orang. 16 .

Kesimpulannya bahwa harapan masyarakat mengenai pelayanan pemerintah agar ditingkatkan lebih baik lagi.3 Harapan Masyarakat mengenai pelayanan Pemerintah Desa Dari data grafik di atas menunjukan bahwa 26 berharap cepat dan benar 1 orang berharap lambat dan salah dan 1 orang lagi berharap lambat dan benar. Gambar 1.4 Pelayanan Online 17 . Gambar 1.Kesimpulannya bahwa pelayanan desa sudah sangat baik dalam melayanani masyarakat cukup ditinggkatkan agar lebih baik lagi.

5 Website Desa Dari data Grafik di atas menunjukan bahwa 22 orang setuju dengan website desa. Kesimpulannya adalah untuk pembuatan website sangat disetujui. Gambar 1. Gambar 1. 5 orang setuju namun ada juga yang jawab sangat tidak setuju. 18 .Untuk pelayanan online mesti dipertimbangkan dan disesuaikan dengan kebutuhan.6 Website Desa Kesimpula dari grafik di atas adalah bahwa pengguna dalam anggota minggon hampir seluruhnya tidak pernah accsess internet.

Kesimpulannya bahwa untuk akses internet tidak digunakan karena mereka tidak merasa membutuhkan.3.7 Website Desa Dari Grafik di atas menunjukan hanya 3 orang yang mengakses internet 2 orang di warnet 1 orang di handphone. ANALISA SISTEM yang BERJALAN Dalam pembuatan surat kependudukan ada dua mekanismenya yang pertama adalah pengajuan masyarakat ke RT / RW / Kadus. 2.Walau demikian mereka setuju akan adanya website desa karena bukan tidak mungkin keluarga. Hasil kwisioner terlampir. tetangga dan kerabat lainnya mengakses internet. kemudian RT / rw / 19 . Gambar 1. apalagi mereka tahu di pasar desa talagasari sudah banyak warnet sehingga memungkinkan untuk mengakses internet bagi masyarakat.

Sedangkan mekanisme kedua adalah masyarakat mengajukan langsung ke Sekertariat Desa.8 Flow Pengajuan Masyarakat Mekanisme 1 20 . Untuk lebih jelasnya bisa di lihat flowchart di bawah ini : M ekanism P e engajuan K elengkapan D ocum K ent ependudukan M asyarakat RT /RW /KADUS Sekretariat Desa Kepala Desa B as erk B erkas B erka s 1 1 1 Hasil Legalisasi Hasil Legalisasi H sil a Pro Peng ses ajua n No 3 H asil P eriks a 1 O K 2 Hasil 1 Legalisasi Hasil Legalisasi Hasil 1 Legalis Hasil Legalisasi Hasil Legalisasi A B erkas 2 3 2 A Gambar 1.Kadus menghadap ke Sekertariat Desa yang bertugas memproses pengajuan dari masyarakat tersebut.

Mekanisme Pengajuan Kelengkapan Document Kependudukan M asyarakat RT/RW/KADUS Sekretariat Desa Kepala Desa Berkas Berkas 1 1 Hasil Legalisasi H asil Proses Pengajuan No 3 H asil Periksa 1 O K 2 Hasil 1 Legalisasi Hasil Legalisasi Berkas Hasil 1 Legalis Hasil Hasil Legalisasi Legalisasi A 2 3 A 2 Gambar 1.9 Flow Pengajuan Masyarakat Mekanisme 2 21 .

sehingga ketika dibutuhkan harus mencari-cari dan makan waktu. sehingga penggunaan komputer tidak optimal.4. Adanya formulir yang tidak digunakan untuk pembuatan surat – surat atau mengenai kelengkapan dokumen lainya dari desa sehingga sekretariat desa tidak dapat negupdate data secara langsung.2. Penyimpanan arsip manual tidak tertata. 7. : Pertama sistem yang digunakan tidak memiliki database yang dapat di update. masih terdapat nama file dengan isinya yang berbeda dan satu file berisi lebih dari bermacam jenis isinya. HASIL TEMUAN / PERMASALAHAN Setelah melakukan analisa terhadap sistem atau prosedur yang berjalan penulis menemukan beberapa masalah pada prosedur yang berjalan diantaranya adalah sebagai berikut 1. Penyimpanan arsip di komputer tidak tertata. misalnya syarat – syarat pembuatan KTP. Masih ada masyarakat yang belum tahu informasi artinya informasi belum merata di masyarakat. 6. 5. Penulisan no register surat masih manual. 4. memungkinkan lupa di tulis karena sibuk atau sebagainya. 2. sehingga harus pulang lagi untuk melengkapi syarat-syarat tersebut. Kemampuan komputasi dan pengetahuan teknologi dari Sekretariat Desa masih kurang. 3. 22 .

terhadap Sekretariat Desa ini mengingat masih belum bisa menerima perkembangan IT. tentu punya kewajiban untuk mengenalkan IT pada Sekretariat Desa yang masih tergolong belum mengenal komputerisasi. namun tentunya penulis selaku mahasiswa yang kuliah di sebuah STMIK. SOLUSI PEMECAHAN MASALAH Sesuai dengan permasalahan yang ditemui penulis. interaktif dan informatif 23 .8. penulis mengalami kesulitan dalam pengenalan. KENDALA-KENDALA yang DIHADAPI SELAMA PKL Dalam pelaksanaan PKL ini. dapat mempermudah dalam melakukan update data. maka penulis mencoba memecahkan masalah tersebut yaitu dengan cara 1. Perubahan data tidak langsung dilakukan sehingga data tidak sesuai dengan realita. 2.5. Penulis mencoba membuat website dinamis.6. yang sudah pasti berkecimpung dibidang IT. Diharapkan dengan dibuatnya Website Desa Talagasari. itulah kendala utama yang penulis hadapi selama PKL. 2.

Hubungan kemitraan KADES dan LPM Hubungan perintah KADES dan Perangkat Desa Gambar 1. BPD KEPALA DESA LKMD / LPM ADMIN WEB SEKRETARIAT DESA KAUR PEMERINTAHAN KAUR KESRA KAUR TRANTIB KAUR KEUANGAN KAUR EKBANG KEPALA DUSUN KEPALA DUSUN KEPALA DUSUN KETUA RW KETUA RW KETUA RW KETUA RT KETUA RT KETUA RT keterangan .. ditambahkan admin web yang sejajar dengan sekretaris desa sebagai pengelola dokumen desa yang ada di dalam web serta bertanggung jawab dengan dokumen yang diolah para masing-masing kaur..9 Susunan Organisasi Usulan 24 ..1..Hubungan konsultatif KADES dan BPD ……...BAB III USULAN SOLUSI PEMECAHAN MASALAH 3. USULAN ORGANISASI Untuk usulan susunan organisasi yang ada pada Kantor Desa Talagasari.

 ISP (Telkom/Indosat). SCSI 80 GB HDD SCSI. Single chanel U329. adapun hardware dan software yang penulis coba usulkan adalah sebagai berikut: 1. Software :  Sistem Operasi Ultimate  Program aplikasi Microsoft Office 2003 / 2007  Browser IE / Firefox dan lainnya  Creatif Suite 3 Abobe Dreamweaver  Creatif Suite 3 Abobe Firework  XAMPP Windows Xp Professional / Windows 7 25 . Hub/Switch 2.16 MB VGA.48x CD. NIC Tower Case Monitor 15”. 512 MB DDR@-533 ECC.  Modem(56 Kbps). Gbe . USULAN HARDWARE Untuk mendukung sistem yang diusulkan yakni system basis web maka diperlukan perangkat Hardware dan software yang mampu mendukung sistem tersebut.3.2. Hardware:  Satu unit komputer (Server) Pentium IV 630.

Penulis mengusulkan untuk pengelola website sendiri sehingga untuk website ditangani oleh yang ahli karena website tidaklah untuk mengganggu kerja para perangkat desa. USULAN TENAGA KERJA Untuk usulan tenaga kerja sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan agar tidak terjadi tumpang tindih yang mengakibatkan infisiensi kinerja.4. USULAN SISTEM Banyak website yang hanya berupa informasi yang diisi langsung oleh admin web. 26 .3. penulis berharap proses ini akan berlangsung efektif dan efisien tentunya dengan kerjasama yang baik.3. Dengan adanya tenaga kerja yang ahli dalam website diharapkan bisa mengatasi masalah yang ada didalam Kantor Desa dan tentunya meningkatkan kinerja dari kantor Desa tersebut. 3. Dengan diterapkannya sistem basis web baru ini. maka kini penulis mengusulkan diterapkannya cara webite yang yakni dengan pengisian informasi secara langsung oleh perangkat desa dengan bantuan form-form inputan yang sesuai dengan tugas masing-masing kaur.

karena terintegrasi dengan data yang akan dikelola para perangkat desa.4.1. SASARAN / INFORMASI WEBSITE USULAN Sasaran / tujuan web yang diusulkan penulis di harapkan mampu mendukung proses pengarsipan secara terintegrasi dengan proses pengeloaan data perangkat desa. 3.2.1.penulis tetap melakukan perencanaan akan tahapan-tahapan kegiatan praktek kerja lapangan tahapannya adalah sebagai berikut: 27 .3.4. JADWAL Dalam menyusun laporan PKL kegiatan-kegiatan yang di lakukan tidak di jadwalkan secara pasti. Hal tersebut di karenakan keterbatasan waktu dan padatnya kegiatan yang ada sehingga rencana kegiatan sering kali berubah mengikuti jadwal kerja dan jadwal perkuliahan.1. Namun bukan berarti kegiatan-kegiatan yang di lakuakan tidak di rencanakan. 3. KEUNTUNGAN WEBSITE USULAN Website mamiliki beberapa keuntungan di antaranya:   Membantu pengarsipan digital. GAMBARAN WEBSITE USULAN 3.4.4. Pencarian data yang cepat. 3.1. PENGENALAN WEBSITE USULAN Web yang akan penulis rancang adalah web yang mempunyai data yang update.2.4.3.

1. Anlisa Organisasi Analisa system atau prosedur yang berjalan Identifikasi Masalah Tahapan perencanaan Website              Rancangan Buku Tamu Rancangan Halaman Admin Rancangan Beranda Rancangan Agenda Rancangan Layanan Rancangan Profil Desa Rancangan Lembaga Desa Rancangan Potensi Desa Rancangan Arsip Rancangan Galeri Kegiatan Rancangan Pengumuman Rancangan Form Buku-Tamu Rancangan Form Komentar 28 . Tahapan Analisa:    3. Tahapan Identifikasi:   Survei Ke Kantor Desa Talagasari Pengumpulan Data 2.

4. Modem(56 Kbps) 3. diluar biaya jasa & skill tenaga kerja yang di butuhkan. Hardware:      2.4.7. BIAYA yang DIPERLUKAN Biaya yang dibutuhkan dalam pembuatan website menggunakan program aplikasi internet ini lengkap dengan kebutuhan perangkat keras dan perangkat lunak yang di perlukan di perkirakan sekitar Rp. 29 . Rancangan Form Kontak 4 Tahapan pengujian 3.000.000.4 GHz RAM(DDR) minimal 512 MB Hard disk minimal 40 GB ISP(telkom/indosat).15.4. PERALATAN yang DIBUTUHKAN Peralatan yang di butuhkan dalam website desa adalah: 1.000.000 sampai Rp. Software:      Operating System Windows XP / Windows 7 Internet explorer/Mozzila/Opera Microsoft Office Creatif Suite dari Adobe (Photoshop/Firework) XAMPP Satu Unit komputer Prosessor minimal 2.5.

1 Daftar Nama Item dan Harga Nama Item 1 Unit Komputer Lengkap Paket Speedy Unlimited/Bulan Hosting + Domain per tahun Biaya Desain Web Pembuatan Website (Coding) Harga Rp. 5.000.000.Untuk biaya hosting dan sewa domain tergantung penyedia dan pilihan. namun penulis menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ketika membeli hosting yang murah. 1. 4.000.00 30 . 750.00 Rp. 588.00 Rp.000.000. Tabel 1.00 Rp.000. biasanya harga menentukan kualitas walaupun kita harus memperhatikan semua fasilitas yang diberikan.500.000.00 Rp.

4. RANCANGAN WEBSITE USULAN 3.1 DESAIN HALAMAN WEBSITE Sebelum masuk ke halaman utama website pengunjung diminta mengisi buku tamu untuk mengetahui siapa aja yang berkunjung dengan nama.10 Rancangan Halaman Buku Tamu 31 . umur. Header Iklan Baris Pasar Talagasari Pasar Johar Wisata Karawang Form Buku Tamu Nama Alamat Umur Email Situs Status : : : : : : Berita Desa Berita Kabupaten Berita Propinsi Berita Pusat Copyright Gambar 1. dihalaman menu pengunjung dapat berkomentar pada setiap halaman menu dan komentar terlapor sesuai isian buku tamu ke admin dan perangkat desa. alamat.3. e-mail.4.6. situs dan status (dengan pilihan yang disediakan ). namun penulis tidak menambahkan kotak komentar karena kotak komentar ada di setiap halaman menu.6.

11 Rancangan Halaman Utama Halaman utama adalah halaman isi web desa setelah mengisi buku tamu. kelembagaan. didalam halaman utama terdapat menu pilihan informasi apa yang diinginkan misalnya layanan ktp di sini ada informasi persyaratan ktp.Header Beranda Agenda Layanan Profil Desa Lembaga Desa Potensi Desa Arsip Galeri kegiatan Pengumuman KTP KK Surat Keterangan Surat Pernyataan Sejarah Desa Aparat Desa Peta Wilayah Visi Misi BPD Talagasari LPM Talagasari Karang Taruna Foto Video Linmas ( Hansip ) PKK Talagasari Surat Kuasa Surat Akta Jual beli Tanah Demografi Desa Ekonomi Desa Iklan baris Pasar Talagasari Pasar Johar Wisata karawang Isi Menu Berita Desa Berita Kabupaten Berita Propinsi Kotak komentar : Berita Pusat Copyright Gambar 1. di sisi kiri ada berbagai macam iklan umum dan daerah. sejarah desa talagasari. 32 . galeri kegiatan dan lainya. di sisi kanan ada berita daerah dan umum.

tentunya admin web utama telah menentukan hak-hak akses dari pada pengelola dokumen para kaur serta sekdes dan kepdes punya hak untuk tayan atau tidak tayang terhadap dokumen yang dikelola kaur atau ditulis. 33 . sebelumnya admin telah membuat hak akses kepada Perangkat desa sesuai dengan tugas masing-masing. Header Iklan baris Pasar Talagasari Pasar Johar Wisata karawang Form Admin User : Pass : Berita Desa Berita Kabupaten Berita Propinsi Berita Pusat Copyright Gambar 1. cukup mengetikan http//talagasarikarawang/admin maka masuk ke halaman admin dengan form login dengan text field nama dan password harus diisi.Untuk masuk ke halaman admin.12 Rancangan halaman form admin Setelah mengisi form admin.

12 Rancangan halaman akses kaur pemerintahan 34 . Rekap Akhir Bulan c. KepKepDes f.Header Report Komentar Balas Komentar Menu-Menu Website Nama Kaur Pemerintahan Menu Kaur Pemerintahan a. Buku Induk Penduduk d. PerDes e. Data Penduduk Sementara Perintah Sekdes / Kepdes Memo Info Pemgumuman Berita kabupaten Berita Propinsi Copyright Gambar 1. Mutasi Penduduk b.

Buku Data TKW / TKI g. Buku DOS ( Orsos ) f.13 Rancangan halaman akses kaur pemerintahan Ket :           Buku Data Karang Taruna Buku Data Keperintisan dan Kepahlawanan Buku Data Dunia Usaha yang Melaksanakan Kegiatan UKS Buku Identifikasi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial Buku Data Organisasi Sosial ( Orsos ) Buku Data TKW / TKI Buku Data Masyarakat Tidak Mampu Data Daftar Penerima Beras Raskin Data Daftar Nama Masyarakat Miskin Calon Penerima Jamkeskin Daftar Usulan RTS ( Rumah Tangga Sasaran ) Pengganti BLT ( Bantuan langsung Tunai ) 35 . DDNM MCP Jamkeskin j.Header List Komentar Balas Komentar Menu-Menu Website Nama Kaur Kesra Menu Kesra : a. Buku DDU yang Melaksanakan Kegiatan UKS d. Buku DKT b. Buku DMTM h. DDPBeras Raskin i. Buku D Kdan K c. Daftar Usulan RTS pengganti BLT Perintah Sekdes / Kepdes Memo Info Pemgumuman Berita kabupaten Berita Propinsi Copyright Gambar 1. Buku IPM KS e.

Buku Inventaris Proyek c. Buku Rencana Pembangunan d. Buku Kegiatan Pembangunan b. Buku Pengeluaran Rutin e.Header List Komentar Balas Komentar Menu-Menu Website Nama Kaur Ekbang Menu Ekbang : a. Buku Tanah Desa Perintah Kepdes/Sekdes Info Memo Pengumuman Berita Kabupaten Berita Propinsi Copyright Gambar 1.14 Rancangan halaman akses kaur ekbang 36 .

Header List komentar Balas Komentar Menu-menu Website Nama kaur Keuangan Menu keuangan :  Buku Anggaran Desa  Buku Kas Umum  Buku Kas Pembantu Pesan KepDes/Sekdes Info Memo Pengumuman Berita kabupaten Berita Proponsi Copyright Gambar 1.15 Rancangan halaman akses kaur keuangan 37 .

Header Menu website (Kepala desa bisa menutup atau buka menu web ini) Iklan Baris Pasar Talagasari Pasar Johar Wisata Karawang Laporan : Sekdes Kaur Pemerintahan Kaur Ekbang Kaur Kesra Kaur Keuangan Kaur Trantib Berita Desa Berita Kabupaten Berita Propinsi Berita Pusat Copyright Gambar 1.16 Rancangan halaman akses Kepala Desa 38 .

Header Menu website (Kepala desa bisa menutup atau buka menu web ini) Iklan Baris Pasar Talagasari Pasar Johar Wisata Karawang Laporan : Kaur Pemerintahan Kaur Ekbang Kaur Kesra Kaur Keuangan Kaur Trantib Berita Desa Berita Kabupaten Berita Propinsi Berita Pusat Copyright Gambar 1.16 Rancangan halaman akses Sekretaris Desa 39 .

Adapun kodeposting yang akan diterapkan adalah : Hurup B pada beranda Hurup A pada Agenda Hurup L pada layanan. Setiap perangkat akan menulis materi di menu publish dan mengisi data sesuai dengan tugasnya masing-masing.4. DESAIN MASTER POSTING TULISAN Ketika masuk halaman untuk posting tulisan akan ada pilihan menu dropdown pada text field berupa id-id pada halaman menu yang akan di tampilkan di halaman utama untuk pengunjung. L5 pada surat kuasa. L1 pada KTP. maka aplikasi akan memberi tahukan kepada user bahwa kodeposting sudah ada dan silahkan masukan kode posting yang berbeda. L3 pada Surat keterangan. RANCANGAN DATABASE 3.1.2.3.4. juga terdapat fasilitas publish atau tidak bagi kepala desa. L4 pada surat pernyataan. L8 Akta kelahiran 40 . Jika sudah terdapat kodeposting. kepala desa mempunyai hak editing atau di kembalikan ke penulis untuk di revisi. L6 pada surat akta jual beli tanah. Kodeposting merupakan Primary Key dari selurus postingan di menu publish sehingga bersifat unik dan tidak diperkenankan memiliki 2 atau lebih kodeposting yang sama. L7 pada surat ijin. L2 pada KK.2.

P3 pada Batas wilayah.4. DESAIN MASTER PERANGKAT Setiap materi yang di posting pasti memili user yang mengupdate posting tersebut. dan revisi1 untuk revisi pertama dan revisi2 untuk seterusnya hal ini atas rekomendasi dari Kepala Desa Contoh : kesralb1update1 (Dari kaur kesra untuk update lembaga desa BPD pertamakali. - Hurup LB adalah lembaga. 3.2. LB2 pada LPM.- Hurup P pada profil. P6 Kondisi Ekonomi. P4 Visi Misi. sehingga diperlukan data-data mengenai user tersebut Adapun kode user tersebut yaitu : Kepdes : Kepala Desa Sekdes : Sekretaris Desa Pemerintah : Kaur Pemerintahan Kesra : Kaur Kesra 41 . LB3 pada karang taruna - PT pada Potensi AR pada arsip G pada galeri PG pada pengumuman Kode tersebut diawali dengan nama user dan diakhiri dengan update1 ketika pertama kali posting update2 untuk steterusnya. P5 Demografi. P1 Sejarah desa.2. LB1 pada BPD. P2 Aparat desa.

Nama Field KodePosting Namaperangkat Date Keterangan :    Kodeposting adalah kode dari tulisan yang akan di postingkan.4.4. . Tabel Posting Tabel ini merupakan tempat penyimpanan data-data tulisan yang ditawarkan kepada perangkat desa. DESAIN STRUKTUR DATA 3.info. Namaperangkat adalah nama user yang menulis Date adalah tanggal berapa user menginput Tipe Data Character Character Datetime Lebar Data 5 30 Kuncy ( Key ) Primary key 3. domain ini di kelola oleh pengelola di 42 . Top Level Domain adalah nama puncak sebuah domain yang dikelola secara internasional di dunia yang berekstensi .3.net.boz.org. DOMAIN Domain adalah sebuah nama yang unik yang digunakan sebagai alamat website di internet.1.3. juga tidak dimiliki oleh website lain.- Ekbang : Kaur Ekbang Trantib : Kaur Ketentraman kan Ketertiban Uang : Kaur Keuangan 3.4.mobi kemudian ada juga domain berekstensi .4.4.1. . .id.1.com. DOMAIN dan HOSTING 3. . .

GO.ID untuk militer 3.resellerclub.8.5.12.internic.9.SCH.7.indonesia yaitu idwebhost. .go.com. .net. .ID digunakan oleh sekolah-sekolah 3. walaupun isinya bukan web desa.10. .ID oleh organisasi selain yang disebutkan diatas Nama domain yang penulis akan gunakan adalah Second Level Domain yaitu yang digunakan untuk institusi pemerintah dan sejenisnya maka nama domain adalah talagasarikarawang.6.GO.MIL. kenapa harus mengetahui terkadang nama website kita sudah ada. perguruan tinggi dan sejenisnya 3.ID diigunakan oleh pribadi atau komunitas 3.ID digunakan oleh institusi pemerintah dan sejenisnya 3.ID biasanya digunakan di akademik.dnsstuff. universitas. . domain ini disebut juga dengan Second Level Domain. . Untuk mengetahui ketersediaan domain .WEB.CO. www.com dan banyak lainnya untuk mengetahui apakah nama domain yang akan didaftarkan sudah terdaftar atau belum. 43 .11.id. www.ID digunakan oleh penyedia jasa telekomunikasi yang berlisensi 3.AC. .NET.ID digunakan untuk komersial. kita dapat menggunakan beberapa layanan website yang ada diantaranya www.com. badan usaha dan sejenisnya 3. . ada beberapa domain yang bisa digunakan antara lain : 3.

4. 44 .3.1. Teknologi yang digunakan untuk hosting ada beberapa teknologi yang ditawarkan ada dua system operasi yang dikenal luas yaitu teknologi hosting windows dan linux teknologi hosting yang akan digunakan penulis adalah dari linux.1. HOSTING Hosting website adalah meletakan file-file website yang kita telah buat ke dalam sebuah server.

ketelitian dan akurasi data yang akan diperoleh dengan sajian yang interaktif dan informatif. Hal ini akan menjadikan pekerjaan menjadi lebih baik. efisien dan efektif.2 Saran Untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Website Desa sangat bermanfaat dan diperlukan.1 Kesimpulan Melalui bantuan website yang terintegrasi dengan kegiatan pengelolaan data sehingga dapat membantu pengarsipan secara digital untuk memudahkan dalam pencarian data bilamana dibutuhkan dengan cepat. karena menawarkan kecepatan. Untuk keamanan sistem operasi dan website maka lakukan pemeliharaan daya listrik seperti penggunaan UPS ( Uninterupteble Power 45 .BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN 4. 4. maka disarankan untuk mengikuti petunjuk dan penjelasan program aplikasi komputer yang telah diberikan pada bab sebelumnya.

System ) untuk mencegah terjadinya hilang daya secara tidak normal ( tanpa proses shut down ). Untuk keamanan data maka lakukan backup data secara periode dan tempatkan pada lokasi yang berbeda. 46 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful