PENCEMARAN AIR LAUT OLEH LOGAM BERAT

Lisa Ellizabet Aula Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Abstract Heavy metal represent element chemical which is accused as spreading of marine pollution with everything that life in there. Heavy metal is esensial represent for life of organism. But, if its use exceed boundary, its will become dangerous toxic to itself organism. So, altogether return at human being activity in its bearing with marine pollution. One of that human being activity example is by mistake of way in develop luxuriantly of fishery product. It make the quality of ugly Indonesia fishery because of contaminate like heavy metal or other chemical in there. This matter even also affect for damage of sea ecosystem and society. Not only society residing around sea, but also society where even also which consuming sea food that possible contain the heavy metal. Keyword : marine pollution, heavy metal, sea food, sea ecosystem Pendahuluan Pada mulanya orang berpikir bahwa dengan melihat luasnya lautan ini maka semua hasil buangan sampah dan sisa-sisa industri yang berasal dari aktivitas manusia di daratan seluruhnya dapat ditampung oleh lautan tanpa membuat suatu akibat yang membahayakan. Bahan pencemar yang masuk ke dalam lautan akan diencerken dan kekuatan mencemarnya secara perlahan-lahan akan diperlemah sehingga membuat mereka berbahaya. Namun, dengan makin cepatnya pertambahan penduduk dunia dan makin meningkatnya lingkungan industri mengakibatkan makin banyak bahan-bahan yang bersifat racun yang dibuang ke laut dalam jumlah yang sulit untuk dapat dikontrol secara tepat. Pencemaran laut merupakan suatu ancaman yang benar-benar harus ditangani secara sungguh-sungguh. Sudah terbukti banyak kecelakaan di lautan yang mengakibatkan tercecernya bahan-bahan yang bersifat racun dalam jumlah yang sangat besar. Pengaruh kerusakan pantai akibat pencemaran umumnya dapat ditanggulangi secara tepat, tetapi lain halnya apabila hal tersebut terjadi di lautan bebas. Hal ini benar-benar akan sangat memperihatinkan karena bahan-bahan pencemar tersebut perlahan-lahan akan tertumpuk di sini. Dalam keadan yang paling ekstrim, dapat meracuni fitoplankton yang kemudian akan mengancurkan organisme laut lain mengingat fitoplankton adalah produsen dalam sistem rantai makanan. Jika sudah demikian, tidak hanya akan membahayakan organisme laut saja, manusia yang ada di daratan beserta dengan organime yang lain pun akan terkena dampaknya. Logam Berat Belakangan ini mulai banyak air laut yang dicemari oleh bahan dari berbagai sumber. Spesies yang hidup seperti di laut contohnya, kini semakin terancam. Hal ini bukan saja kerena akibat dari logam berat yang mencemari air laut tetapi juga hasil daripada aktivitas

maka akan mengumpul dalam waktu yang lama yang bersifat sebagai racun yang akumulatif. Pertama. Jenis logam berat antara lain kadinium. akibat pembuangan sisa industri yang tidak terkontrol. sedangkan tembaga diperlukan dalam oksidasi cytochrome danpigmen haemocylin. berasal dari lumpur minyak yang kadangkadang juga mengandung logam berat dengan konsentrasi yang tinggi yang terbuang kel laut. Karena itu. timah dan air raksa (merkuri) tidak termasuk yang dibutuhkan dalam proses metabolisme. Logam-logam yang masuk ke dalam tubuh hewan umumnya tidak dikeluarkan lagi dari tubuh mereka. artinya tidak bisa diurai oleh organ tubuh. Mereka merupakan bahan pencemar yang berbahaya akibat pembuangan sampahsampah ke laut secara berlebihan. Hal ini dapat terjadi melalui tiga cara. . Hal ini disebabkan oleh karena predator pada satu tropik level makanan mangsa mereka dari topik yang lebih rendah yang telah tercemar. hewan yang umurnya lebih panjang dari mangsamangsanya akan mempunyai waktu lebih banyak dalam menumpuk logam berat di dalam tubuhnya. Apabila logam-logam berat tersebut mencemari air dan udara yang selanjutnya terkonsumsi oleh organisme seperti ikan.dan tubuh manusia. Dimana mereka ini kemudian mengalir ke dalam estuarin dan terus masuk ke laut. Bahan-bahan yang bersifat toksik ini boleh mengurangi kemampuan sistem air untuk membekalkan sumber protein yang murah terutamanya ikan kepada masyarakat setempat dan memberi kesan buruk atas perilaku manusia Logam berat yang sering mencemari air laut biasanya banyak digunakan dalam berbagai keperluan terutama untuk sektor industri yang kegiatan produksinya bersifat terus menerus. Mereka melepaskan loga berat ke dalam atmosfer di mana kemudian bercampur dengan air hujan dan jatuh ke dalam laut. Ketiga.manusia. Adapun beberapa contoh logam berat dengan konsentrasinya yang mematikan biota laut dalam kasus pencemaran air laut antara lain: Tabel 1: Jenis-jenis Logam berat dan rata-rata konsentrasi yang terkandung di air laut. besi dimana zat ini dibutuhkan dalam proses untuk menghasilkan oksidasi enzim cytocrome dan pigmen pernapasan (heamoglobin). berasal dari pembakaran minyak (hidrokarbon) dan batubara di daratan. Logam-logam ini akan menjadi racun apabila mereka terdapat dalam konsentras di atas normal seperti yang terdapat di alam. Sebagai akibatnya logam-logam ini akan terus ada di sepanjang rantai makanan. logam-logam ini cenderung menumpuk di dalam tubuh mereka. Kedua. Jenis logam tersebut antara lain. Dengan kata lain. Beberapa logam berat merupakan komponen yang penting yang dibutuhkan dalam makanan hewan dalam jumlah yang sangat kecil.

5 350 188 60 0.17-100 6-47 0.01 – 0.03 0.6 0. Sehingga.5 2. Cu.9 0.21 2. Bahaya logam berat Kalau dilihat dari betapa berbahayanya logam berat itu. bukan berarti kita harus menghilangkannya sama sekali.005 – 0.4 72-320 10-50 2.02-0.2 – 2 0.04 – 3 1.16-0.1 0. Misalnya saja pencemaran yang terjadi di pantaipantai dengan sampah-sampah yang mungkin saja mengandung logam berat maupun dengan yang lain. Jenis Jenis Hewan laut Logam Udang Berat Ikan Cd Cr Cu Hg Ni Pb Zn 22-25 91 2.2 – 2 0.5 Tabel 2: konsentrasi ion-ion logam (mg/lt) yang mematikan beberapa biota laut pada pemaparan 96 jam. Hal ini terlihat dari seringnya minyak dari kapal tanker yang tumpah hingga kasus Teluk Buyat yang sempat menggemparkan Indonesia beberapa waktu lalu. Mereka kebanyakan .4-2.05 10 0.5-50 pula terhadap kita. Selain itu.01 – 0.04 – 0.Logam berat mempercepat proses pembusukan pada hasil tangkapan laut (ikan) yaitu menjadikan ikan berasam rendah (Low Acid Fish) itu sebabnya terjadi pemakaian formalin diluar kebiasaan lama. Hal itu akan menjadi rumit mengingat logam berat yang ada di seluruh perairan telah tersebar luas dan sulit juga untuk memisahkannya dari air. Hg. Pencemaran tersebut ada yang menganggapnya biasa-biasa saja sehingga banyak orang yang tidak terlalu mempedulikan akibat lanjutnya.1 – 2.0-9.08 – 0.0 0.8-55 14-10.7-20 1.2 – 0.07 0.015-47 10 0. logam-logam tersebut termasuk dalam unsur-unsur yang esensial bagi kehidupan organisme.058-32 0. dalam jumlah berlebih bersifat racun dan biasanya menghambat kerja enzyme dengan membentuk “mercaptides” dengan kelompok “sulphydril” yang bertanggung jawab pada aktivitas katalistik. Jepang pun sering mengalaminya.45 0.8 0.3 – 3 0. Selain Indonesia. Pencemaran yang serius yang disebabkan oleh adanya pembuangan kadmium atau air raksa secara berlebihan ke laut.5-12.23-0.09 0.05-0. Untuk masalah pencemaran air laut yang lebih serius.02 – 0. Sudah sering terjadi pencemaran air laut yang tanpa kita sadari telah merusak ekosistem kita dan berdampak ada yang meninggal atau mengalami cacat untuk seumur hidup.3 0.1 0. indonesia pun bisa dijadikan contohnya.011 – 0. Dari korban-korban ini No Jenis Logam Berat Konsentrasi(mg/It) 1 Allumunium (Al) 2 Antimony (Sb) 3 Arsenic (As) 4 Cadmium (cd) 5 Chromium (Cr) 6 Cobalt (co) 7 Copper (Cu) 8 Iron (Fe) 9 Lead (Pb) 10 Manganese (Mn) 11 Mercury (Hg) 12 Molybdenum (Mo) 13 Nickel (Ni) 14 Selenium (Se) 15 Silver (Ag) 16 Tin (Sn) 17 Vanadium (V) 18 Zinc (Zn) 1-5 0. baik di indonesia maupu di dunia menentukan standar tersendiri dalam mengatur berapa kandungan standar suatu logam berat atau kandungan kimia lain dalam perairan tersebut. logam – logam seperti Ag. Cd dan Pb yang merupakan unsur – unsur esensial bagi kehidupan organisme.01 1.5 25-72 7.04 0.5-3.01 – 5 Kerang Polycheta 2.2-35 0.5 – 1. Pencemaran semacam ini telah terjadi di teluk minamata jepang pada tahun 1953 sampai 1960 dimana lebih kurang 100 orang telah menjadi korban.

5 15 0. mual. pertumbuhan tubuh terganggu.1 1. 1 2 3 Jenis Logam Berat Allumunium (Al) Flouride (F) Arsenic (As) Keracunan kronis dapat menyebabkan orang menjadi kurus.5 – 9. jika bahan atau suatu yang mengandung logam berat masuk ke dalam suatu ekosistem atau tubuh sekalipun.5 .001 0. .3 0.keracunanoleh karena makan kerang yang tercemar oleh hasil buangan dari pabrikpabrik yang membuat acetylene dari acetadehyde. kolik.1 1. Terjadi flourisis gigi serta kerangka dan bangunn pencernaan.5 75 50 0.0 1.0 5.05 1. kelumpuhan.05 0. Kali ini pencemaran mengakibatkan 30 orang menjadi korban dengan 5 orang meninggal.0 0.5 600 400 nihi mg/lt 5 10 Tabel 3 : Kandungan Kimia di dalam Air yang Diperkenankan Bahaya Dalam dosis tinggi dapat menimbulkan luka dalam usus No.05 0.01 0. lama kelamaan akan membahayakan bagi tubuh atau ekosistem itu sendiri. Seminim apapun logam berat terkandung.5 200 200 6.5 75 200 30 150 Nihil 0.5 – 8. Daerah pantai di jepang lainnya juga banyak mengalami pencemaran akibat meningkatnya pemakaian kadmium Meskipun telah ditetapkan standar untuk logam berat. WHO Maksimum Maksimum yang yang dianjurkan diperbolehkan 4.5 600 400 5 – 10 pH Kalsium 9 (Ca) Magnesium (Mg) Barium (Ba) Besi (1-e) Mangan (Mn) Tembaga (Cu) Seng (Zn) Krom heksavalen (Cr) Cadmium (Cd) Raksa Total/ Hg Timbal (Pb) Arsen (As) Selenium (Se) Sianida (CN) Flourida (F) Khlorida (Cl) Sulfat (SO4) Ammoniak (NH3N) Nitrat (NH3-N) mg/lt mg/lt mg/lt mg/lt mg/lt mg/lt mg/lt mg/lt mg/lt mg/lt mg/lt mg/lt mg/lt mg/lt mg/lt Mg/lt mg/lt mg/lt mg/lt Indonesia Maksimum Maksimum yang yang dianjurkan diperbolehka n 6.05 0.0005 0. Sebagai contohnya adalah standar yang ditentukan oleh Indonesia berbeda dengan standar yang ditentukan oleh WHO.01 1.5 6.2 200 150 1. Air raksa untuk kedua kalinya terjadi lagi di jepang pada tahun 1965. namun bukan berarti Parameter Satuan tidak memperhatikan lagi bahaya logam berat.5 1.5 Nihil 0.0 – 1.8.05 0. Dalam menetapkan standar untuk logam berat.01 0.0 15 Nihil 0.1 0. Keracunan akut menimbulkan gejala muntaber disertai darah.05 0.0 0.5 Nihil 1.0 0.0 – 8.2 0.05 Nihil Nihil Nihil 200 200 Nihil 0.01 0. Keracunan dapat menyebabkan cacat tulang. dan kematian. Secara kronis keracunan arsen dapat menimbulkan anorexia. setiap negara atau organisasi terkait memiliki standar tersendiri yang memang berbeda satu sama lain. disusul dengan koma dan bila dibiarkan dapat menyebabkan kematian.

dapat menyebabkan baritosis. Dapat merusak dinding usus. dan gangguan mental. dan menghitamkan kulit (argyria) Keracunan kronis dapat menyebabkan depresi umum. • Sedangkan sumber – sumber buatan (Man – Made) adalah 1. Masukkan dari lingkungan dekat daerah pantai. coma. dan kaker kulit. depresi. Batu – batuan . Logam – logam yang dibebaskan oleh proses – proses industri logam 2. hipersalivasi. mengalami kelumpuhan syaraf. dan kanker. ginjal. menimbulkan ulcus ( pada kulit dan selaput lendir). dll) Kerusakan Hg yang organik dapat merusak sistem saraf Pusat. tulang. iritasi. kehilangan kepercayaan diri. 4 5 6 7 8 9 Cadmium (cd) Chromium (Cr) Sianida (Cn) Tembaga (Cu) Besi (Fe) Timbale (Pb) Keracunan akut dapat menyebabkan gejala gastrointestinal. Menyebabkan gejala gastro intestinal. Susunan saraf pusat. Dapat menyebabkan gangguan intestinal (muntah dan diare) dan berlanjut dengan terjadinya gangguan susunan saraf. perdaraha ginjal. convulsi. icterus. stomatitis. Keracunan Hg dapat mengakibatkan gejala susunan saraf pusat (seperti. insomnia.sedimen dari proses kimiawi 3. Dapat menimbulkan gejala susunan syaraf . Kelainan kepribadian dan tremor. 2. Dapat menyebabka iritasi kulit. Keracunan barium dapat menghentikan otot-otot jantung. sakit kepala. merusak fungsi paru-paru Pb organic dapat menyebabkan encephalopathy. rasa ketakutan) dan gejala gastrointestinal (seperti. Dapat membentuk senyawa-senyawa hindrokarbon. Nitrit 17 Seng (Zn) Sumber – sumber Logam Berat Secara umum sumber – sumber pencemaran logam berat di laut dapat dibagi menjadi 2 yaitu : • Sumber – sumber yang bersifat alami dan buatan (Bryan. dan kematian. Pada keracunan akut. singgivitis. Menimbulkan gejala muntaber Tabel 4: Logam Berat dan Bahayanya 10 Manganese (Mn) 11 Mercury (Hg) 12 Barium (Ba) 13 Kloride (Cl) 14 Selenium (Se) 15 Silver (Ag) 16 NItrat. hati.diare atau konstipasi. pikun. dan hati. Dapat menghambat pernapasan jaringan sehingga terjadi asphyxia. terjadi gejala meninges dan cerebral. diikuti stupor. 1976) Logam berat yang masuk ke perairan laut secara alami berasal dari tiga sumber yaitu : 1. dan kelenjar reproduksi Dapat menimbulkan kerusakan pada tulang hidung. dan penyakit ginjal dapat membahayakan kesehatan paru-paru. colitis. termasuk logam – logam yang ditransportasi ikan dari atmosfer sebagai partikel – partikel debu. sedangkan keracunan Hg anorganik dapat merusak ginjal dan menyebabkan cacat bawaan. Masukkan dari daerah pantai (coastal supply) yang berasal dari sungai – sungai dan hasil abrasi pantai oleh aktivitas gelombang. Masukkan dari laut dalam (deep sea supply) meliputi logam – logam yang dibebaskan oleh aktifitas gunung berapi di laut dan logam – logam yang dibebaskan dari partikel / sedimen .

dan pada jarak 20 kilometer hanya tinggal sekitar 20-30 persen. Pengonsumsi makanan laut merasakan dampaknya. Keracunan kadmium bersifat kronis dan terakumulasi dalam ginjal. Kincir air 3. Ini berbahaya bagi kesehatan anak-anak.156 ton. sangat membahayakan kehidupan biota perairan.741 ton. tulang. akan mengalami paling tidak tiga proses. kelenjar reproduksi. seperti terumbu karang yang saat ini hanya tersisa kurang dari 5 persen.1 ppm. dapat membahayakan kesehatan paru-paru. dsb Selain itu. karena dapat menurunkan kecerdasan dan merusak jaringan tubuh. Dalam waktu lama. Penelitian lembaga riset Jerman DGFTZE terhadap warga Kenjeran menunjukkan bahwa air susu ibu di kawasan itu mengandung kadmium (Cd) 36. Dampaknya baru terlihat setelah beberapa tahun atau menyebabkan cacat janin jika menyerang ibu hamil. kedua kawasan perairan ini sudah ditetapkan ke dalam status eutrofik atau dapat meledak sewaktu-waktu. Setidaknya 83 persen dari 13 daerah anak sungai dan sembilan kawasan muara sungai kini masuk dalam kategori tercemar berat. dapat mengendap di dasar perairan dan mengganggu keseimbangan kehidupan perairan. Untuk wilayah perairan dengan jarak kurang dari 15 kilometer dari pantai. Keracunan tembaga berdampak kerusakan otak. tingkat pencemaran di teluk Jakarta hingga Kepulauan Seribu saat ini dalam kondisi sangat kronis. dan ginjal. Berdasarkan data dari Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Hidup (Bapedal). penurunan fungsi ginjal.260 ton. kehadiran logam-logam ini dapat berasal dari: • Kecelakaan tangker pengangkut minyak bumi • Penambangan minyak bumi lepas pantai • Pembersihan tangker pengangkut • Pembuangan sisa minyak dari industri dan kendaraan bermotor • Kerusakan pipa penyalur air limbah Sementara itu berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh beberapa pakar kelautan dari Institut Pertanian Bogor (IPB) bahwa pencemaran di kedua kawasan perairan tersebut didominasi polusi antara lain berupa silikat yang mencapai 52. keracunan logam berat bersifat kronis. Pengaruh pencemaran air laut terhadap makanan Bahan kimia. Sisa protein laut. terung. Molase (gula tebu) 6. 1. dan pengendapan tembaga dalam kornea mata. kupang.3. dan nitrogen mencapai 21. yaitu : . Bakteri (bakteri Probiotik) 2. Penelitian mahasiswa S2 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga 1996 menjelaskan. dan kerang-kerangan. baik di sungai ataupun laut. Pengaruh Logam Berat Terhadap Ekosistem Laut Pengaruh Logam Berat Terhadap Ekosistem Laut Logam berat yang dilimpahkan ke perairan. hati. Logam ini juga bersifat neurotoksin yang merusak indera penciuman. Pengolahan (pembuatan) pupuk organik cairan dengan bahan .bahan sebagai berikut. fosfat mencapai 6. Sisa pakan udang 4. Racun-racun itu juga menyebabkan kelainan reproduktif pada plankton dan biota laut/sungai yang menjadi makanan ikan. Sedangkan untuk jarak 1520 kilometer dari pantai hanya tinggal 510 persen. Kotoran udang 5. Tinggi tingkat pencemaran juga telah mengakibatkan terjadinya pengurangan kawasan mangrove dan terumbu karang di kedua perairan tersebut. Saat ini.

Atau tingkat konsentrasi zat pencemar dalam air buangan. Misalnya. Namun. dalam jumlah berlebih bersifat racun dan biasanya menghambat kerja enzyme Kalau dilihat dari betapa berbahayanya logam berat itu. Cd dan Pb yang merupakan unsur – unsur esensial bagi kehidupan organisme.• • • Pengendapan Adsorpsi Absorpsi oleh organisme (perairan) organisme– Apabila konsentrasi logam lebih besar daripada daya larut terendah komponen yang terbentuk antara logam dan asam yang ada dalam air seperti Carbonat. Pencemaran laut salah satunya dapat diakibatkan oleh logam berat. hydroksil /chlorida. kebanyakan logam – logam berat mempunyai daya larut yang tinggi (kecuali Fe yang sangat mudah mengendap). terbukti dari hasil laboratorium Uni Eropa yang dimuat di harian Kompas dan pemakaian bahan formalin di luar kebiasaan yang turun temurun untuk mengawetkan ikan itu terhindar dari pembusukan itu. maksimum ppm. Tingginya daya larut kebanyakan logam berat inilah yang sangat membahayakan kehidupan organisme perairan. • Hilangnya bahan organik akibat penguraian bakteri probiotik menjadi pupuk. di samping perkiraan atas pengaruh yang bersifat kimia. fisis dan biologis. Sebenarnya beberapa logam berat merupakan komponen yang penting yang dibutuhkan dalam makanan hewan dalam jumlah yang sangat kecil. maka logam tersebut akan diendapkan . Cu. • setiap hari. namun daya larut suatu logam berat mungkin bisa berubah menjadi lebih tinggi/ lebih rendah . Keimpulan Kesadaran individu dalam masyarakat mengenai lingkungan hidup dan kelestariannya merupakan hal yang amat penting dewasa ini di mana pencemaran dan perusakan lingkungan merupakan hal yang sulit dihindari. bisa dikategorikan melalui ukuran zat pencemar yang diizinkan dibuang pada suatu jangka waktu tertentu. jika digunakan dalam jumlah di atas batas maka akan menjadi toksik. logam – logam seperti Ag. Hg. Pencemaran laut merupakan salah satu akibatnya. Logam berat itu sendiri memiliki peran dalam mempercepat proses pembusukan pada hasil tangkapan laut (ikan) yaitu menjadikan ikan berasam rendah (Low Acid Fish) itu sebabnya terjadi pemakaian formalin diluar kebiasaan lama. baik di indonesia maupu di dunia menentukan standar tersendiri dalam mengatur berapa kandungan standar suatu logam berat atau kandungan kimia lain dalam perairan Kedua hal ini menjadikan logam berat terlarut menjadi lebih tinggi dan terabsorpsi dalam mahluk laut ini. maka dituntut perkiraan mengenai biaya keseluruhan teknologi lingkungannya. ini tergantung pada kondisi lingkungan perairan pada daerah – daerah pantai saat sekarang . usianya. Kemudian jumlah maksimum yang dapat dibuang dalam setiap unit produksi. teknik penggunaannya. Misalnya dalam produksi setiap ton kertas tidak diperbolehkan sekian kilogram zat padat dan lain sebagainya. Misalnya satuan berat unsur atau senyawa kimia . Dengan demikian. metode operasinya. unsur senyawa kimia yang diizinkan. Gundulnya pohon bakau di pantai berarti oksigen terlarut cukup tinggi lebih – lebih di daerah tropis Indonesia. Salinitas pada perairan Indonesia saat ini tidak mempengaruhi tingginya daya larut logam berat dalam air laut Indonesia karena kebanyakan bahan organik sudah terurai oleh bakteri ini Pencemaran air misalnya. dan lain-lain. semua fasilitas yang digunakan.

go. 4.surya.com/News/2 004/08/07/Kesra/kes04. Unus. 2.id/tulisandetil.lipi. Bandung. betapa banyaknya Secara umum sumber – sumber pencemaran logam berat di laut dapat dibagi menjadi 2 yaitu. 1985. dapat mengakibatkan pencemaran air laut dan berpengaruh terhadap berbagai hal. Slamet. UI-Press. www. www. Suriawiria.unila.tersebut mengingat kandungan logam.htm . Jakarta: UI-Press. 3.oseanografi.php? option=com_content&do_pdf=1&i d=39021 9.19k 8. www. Evans.20k 7.id/~fp- .ac. Air dalam Kehidupan dan Lingkungan yang Sehat. Yogyakarta: Gaja Mada University Press. dan kedua. Sugiharto. Pengantar Oseanografi. 1996. Kesehatan Lingkungan.terranet. Logam berat yang berasal dari sumber-sumber di atas.co.8k 6.or. Pengaruh pencemaran air laut terhadap makanan dan ekosistem laut Daftar Pustaka 1. Dasar-dasar Pengelolaan Air Limbah. Hutabarat. Penerbit Alumni. Jakarta.php ?id=1897 . www. 5. pertama sumber – sumber yang bersifat alami-buatan.php? b=9&PHPSESSID=310410f59ff51 26288e9ed7cf395fe32 . www. 1987.id/ful_ber ita. sumber – sumber buatan (Man – Made).id/web/index2. Misalnya. Sahala dan Stewart M. 2000. Juli Soemirat.suarapembaruan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful