1

BAB 1 PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG Melihat semakin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dan komunikasi pada saat ini, tuntutan terhadap metode pengajaran serta perlunya peningkatan pada materi pendidikan. Maka Politeknik

Muhammadiyah Yogyakarta (PMY), sebagai perguruan tinggi swasta yang berorientasi pada ilmu pengetahuan dan teknologi, menetapkan kurikulum yang fleksibel dan mampu mengakomodasi perkembangan yang ada. Salah satunya dengan memberikan mata kuliah Kerja Praktek kepada mahasiswa. Dengan kerja praktek inilah, mahasiswa dituntut untuk dapat mengerti dan memahami pekerjaan di lapangan. Seluruh mahasiswa tidak hanya dituntut untuk memiliki ilmu pengetahuan di bidang teknologi komunikasi dan informasi semata, namun yang lebih penting adalah mahasiswa memiliki ketrampilan dan kemampuan untuk menerapkan ilmu yang dimilikinya. Karena tidak menutup kemungkinan bahwa teori yang diterimanya dari bangku kuliah berbeda dengan masalah yang dihadapi di lapangan nantinya. Perkembangan teknologi yang sangat pesat dibidang penyedia jasa layanan internet memunculkan banyak persaingan untuk mendirikan ISP (Internet Service Provider). Dengan fasilitas ini kita dapat mendirikan warnet atau bentuk nyata layanan itu sendiri, dari hal tersebut kami sebagai mahasiswa, khususnya Jurusan Teknik komputer dan jaringan tertarik untuk mempelajari perkembangan teknologi server pada Internet Service Provider. Untuk mewujudkan hal tersebut kami melakukan Kerja Praktek di Internet Service Provider yang bernama PT. MEDIA SARANA DATA JL. Daradasih No 11, PatangPuluhan, Wirobrajan Yogyakarta. Dengan kerja praktik inilah yang akan membekali mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja nantinya.

2

Berdasarkan uraian diatas Media Sarana Data merupakan perusahaan swasta yang bergerak di bidang teknologi informasi dan komunikasi, mengikuti tren teknologi yang berkembang pada saat ini, sehingga mulai menggarap sektor jalur komunikasi data dan IT solution langsung kepada end user, terutama untuk layanan akses Internet dan komunikasi multimedia. B. TUJUAN PRAKTIK INDUSTRI Tujuan yang ingin dicapai setelah melaksanakan praktik industri di PT. Media Sarana Data Yogyakarta, antara lain : 1. Mempelajari hardware, software, teknologi komunikasi informasi dan peralatan jaringan yang digunakan pada PT. Media Sarana Data Yogyakarta. 2. Mampu mempraktekkan ilmu yang didapat di bangku kuliah ke dalam dunia industri. 3. Mengetahui cara mengatasi masalah yang harus diselesaikan jika ada perbedaan antara suasana atau lingkungan kerja di kampus dengan dunia industri 4. Memberikan praktek kerja secara langsung dan menggali berbagai masalah yang timbul di lapangan serta membandingkannya dengan teori yang diperoleh di bangku kuliah. 5. Meningkatkan ketrampilan dan wawasan dalam dunia kerja pada suatu perusahaan. 6. Memperdalam pengetahuan mahasiswa dengan mengenal dan mempelajari teori dan implementasi Server di Internet Service Provider C. MANFAAT PRAKTIK INDUSTRI Ada beberapa manfaat yang dapat diambil dari pelaksanaan praktek industri ini adalah :

3

1. Bagi Pendidikan Politeknik Muhammadiyah Yogyakarta : a. Menjalin relasi yang baik antara Politeknik Muhammadiyah Yogyakarta dengan PT. Media Sarana Data Yogyakarta, sehingga memungkinkan kerjasama tenaga kerja dan kerjasama lainnya. b. Dapat di peroleh umpan balik untuk meningkatkan kualitas pendidikan sehingga sesuai dengan perkembangan dunia industri. 2. Bagi Industri (PT. Media Sarana Data ) : a. Memperoleh masukan baru dari lembaga pendidikan melalui mahasiswa yang sedang melakukan praktek industri. b. Menjalin hubungan yang baik dengan lembaga pendidikan khususnya Politeknik Muhammadiyah Yogyakarta. c. Memperkenalkan perusahaan sehingga semakin dikenal oleh lembaga pendidikan sebagai pemasok tenaga kerja dan masyarakat sebagai konsumen. 3. Bagi Mahasiswa : a. Mendapatkan pengalaman nyata yang berguna untuk meningkatkan ketrampilan teknik yang sesuai dengan jurusan yang ditekuni. b. Mengetahui perkembangan ilmu dan teknologi sesuai dengan tuntunan perkembangan industri. c. Membina hubungan dengan industri sehingga memungkinkan untuk dapat bekerja di industri tempat pelaksanaan praktik industri setelah lulus nanti. d. Memperoleh pengetahuan yang nyata tentang kondisi suatu perusahaan baik dari segi manajemen yang diterapkan, kondisi fisik, teknologi yang digunakan, serta proses industri. e. Mengenali kebutuhan pekerjaan di tempat kerja praktek. f. Menyesuaikan diri dalam menghadapi lingkungan kerja setelah mereka menyelesaikan studinya.

4

g. Mengetahui secara langsung peranan teknologi informasi dan komunikasi di tempat kerja praktik. h. Menggunakan hasil atau data kerja praktik untuk dikembangkan menjadi tugas akhir. D. METODE PENGAMBILAN DATA Metode yang di gunakan adalah tahapan pengembangan sistem yang terstruktur. Adapaun tahapan tahapan yang di lakukan oleh penulis dalam melakukan pengembangan sistem yaitu : 1. Pengumpulan data Teknik pengumpulan data yang penulis pergunakan adalah studi pustaka, yaitu dalam mempelajari buku dan sumber data referensi yang ada kaitanya dengan pembuatan laporan ini. 2. Analisis permasalahan Pada tahap ini penulis melakukan analisis kebutuhan dari sistem yang di kembangkan berdasarkan dari data yang di dapat pada tahap pengumpulan data. 3. Perancangan Pada tahap ini penulis membuat rancangan proses dan racangan antar muka yang digunakan untuk pengembangan data. 4. Implementasi Pada tahap ini penulisa menerapkan data ke dalam pembuatan atau pelaksanaannya. Jika ada hal-hal yang terlupa pada tahap sebelumnya, maka harus dikoreksi pada tahap ini

5

BAB II PROFIL PERUSAHAAN

A. SEJARAH SINGKAT Media Sarana Data merupakan perusahaan swasta yang bergerak di bidang teknologi informasi dan komunikasi, mengikuti tren teknologi yang berkembang pada saat ini, mulai menggarap sektor jalur komunikasi data dan IT solution langsung kepada end user, terutama untuk layanan akses Internet dan komunikasi multimedia. Establish pada bulan januari 2009 di kota Jogjakarta, dan seiring meningkatnya permintaan di beberapa kota. saat ini telah mempunyai kantor cabang di Solo, Bali dan Semarang, dengan coverage area layanan seluruh Indonesia. Berusaha keras untuk menghilangkan paradigma bahwa penyediaan solusi yang berbasis teknologi IT harus berbiaya mahal dan rumit, maka mempunyai misi untuk menyediakan dan mengembangkan solusi teknologi informasi dan komunikasi yang andal dan terjangkau serta memenuhi kebutuhan usaha secara profesional dan menyeluruh. Dengan mengutamakan Service Quality dan Service Satisfaction, dengan staf dan tenaga ahli yang profesional, berpengalaman dan memiliki kompetensi dalam bidangnya. Dan tentu sebagai perusahaan yang ingin memberikan layanan terbaik untuk pelanggan,dan didukung penuh oleh vendor terbaik sebagai penyelenggara jaringan dan penyedia berbagai perangkat jaringan komunikasi data untuk layanan-layanan demi meningkatkan reliabilitas yang tinggi. B. ALUR PROSES PRODUKSI PT. Media Sarana Data memfokuskan diri untuk memberikan layanan terbaik bagi perusahaan yang membutuhkan Dedicated Internet Access, Internet Solution dan Internet Data Center/Colocation untuk keperluan high speed internet access, e-commerce, e-learning, dsb.

Solusi ini dapat digunakan untuk aplikasi. 3. NICE dan OpenIXP sehingga akan sangat cepat untuk diakses dari ISP manapun di Indonesia karena hosting server tidak dibatasi bandwidth dari sesama ISP Indonesia dan sebagai ISP yang mempunyai backbone internasional cukup besar tentu membuat akses dari internasional ke server hosting dan sebaliknya akan jauh lebih cepat dibanding perusahaan penyedia layanan hosting lainnya. Dengan pemanfaatan teknologi ini. rumah sakit dan restaurant. Webhosting & Colocation Server Hosting dan collocation rack server berada di pusat Internet Indonesia yaitu di Gedung Cyber yang terhubung langsung dengan IIX. Dedicated Internet Access Dengan dukungan multiple backbone internasional memberikan kecepatan internet akses yang tinggi untuk mendukung bisnis anda 2. video confecence dan voip.6 Adapaun Layanan terbaiknya adalah : 1. café ataupun hotel. 4. restoran. file transfer. perpustakaan. mall. individu dapat mengakses jaringan jaringan seperti internet melalui komputer atau laptop yang mereka miliki di lokasi-lokasi dimana hotspot disediakan. IP VPN Layanan IP VPN dapat menghubungkan Head Office dan kantor cabang di seluruh indonesia dengan tingkat keamanan dan kecepatan yang tinggi. Solusi ini cocok untuk perusahaan yang mempunya public area seperti hotel. . Sehingga keamanan dan kelancaran data terjamin. Hotspot Sollution HotSpot (WiFi) merupakan salah satu bentuk pemanfaatan teknologi Wireless LAN pada lokasi-lokasi public seperti taman.

System Integrator Dengan memberikan solusi pada instansi/lembaga/perusahaan untuk menggunakan software atau hardware yang siap pakai untuk memenuhi kebutuhan komputerisasi perusahaan/lembaga/perusahaan. audit sistem informasi. Disain dan implementasi infrastruktur jaringan c. 6. kompetitif dan lebih menguntungkan. Dengan menawarkan layanan selain meningkatkan kemampuan dan keahlian TI. Compromise System) Untuk dapat memberikan pelayanan terbaik bagi perusahaan dengan didukung oleh SDM yang profesional dan berdedikasi dalam menangani jaringan komputer. Internet routing. Perencanaan dan Implementasi Disaster Recovery (contoh: Data dan System Backup. b. Audit dan Optimalisasi layanan aplikasi berbasis Jaringan (contoh Internet : access. Audit Sistem Informasi dan Perencanaan Strategi e.7 5. dan tata kelola TI disertai memberikan dukungan secara berkesinambungan. firewalling. Dan menawarkan jasa tenaga ahli dalam bidang-bidang berikut: a. implementasi. juga mengoptimalkannya sehingga clien semakin produktif. keamanan informasi. web & email hosting. Database) d. C. IT Consultant Pada layanan ini Gmedia memberikan jasa konsultasi Teknologi Informasi yang mengkhususkan (spesialisasi) pada bidang design. Dukungan teknikal jaringan. . KUALIFIKASI SDM Kompetensi dan kualifasi dalam SDM adalah pengetahuan dan ketrampilan. Sedangkan unsur-unsur-unsur yang mendasar kompetensi tidak mudah di prediksi tetapi diarahkan dan dikendalikan. hotspot dan wireless LAN serta didukung dengan technical support 24 jam sehari. inovatif.

Pendidikan 2. Free unlimited e-mail. dan kami dapat memisah MRTG pelanggan menjadi 2 grafic yaitu MRTG Internasional dan MRTG IIX. 2.co. MTTS(Maximum Time to Solve) : 1 minggu (max) : 1 Jam : 4 jam (tergantung lokasi) . sehingga pelanggan dapat benar-benar memantau reliabilitas koneksi internet tidak hanya ke IIX tapi juga ke internasional sesuai dengan bandwidth yang dibeli Fitur : a. Quality of Service (QoS) : a. Berbagai cara dapat ditempuh untuk meningkatkan kompetensi SDM yaitu melalui : 1.8 D.id) c. Peningkatan kompetensi pengembangan SDM harus selalu dilaksanakan dalam kondisi apapun. MTTR (Main Time to Response) c. PENINGKATAN KOMPETENSI Kompetensi apa yang dibutuhkan SDM dimasa mendatang. Pelatihan 3. perusahaan anda dapat mengetahui grafik performansi penggunaan Internet yang terupdate setiap 5 menit. Performance jaringan dapat termonitor Melalui Grafik MRTG. Magang E. Free Web Hosting 1000 MB dan Domain (namaperusahaan . Training 4. MTTI (Main Time to Install) b. pertanyaan berikutnya bagaimana cara meningkatkan kompetensi SDM agar sesuai dengan kompetesi dimasa mendatang. Free Ip Public b. KINERJA PERUSAHAAN 1.

Redundancy link ke Jakarta(IIX/OIXP) dan ke Internasional Dengan adanya redundancy link menjamin tingkat gangguan yang sangat minim. (siap ke . F. 7 hari seminggu. B i EE Kami menyediakan fasilitas bagi pelanggan untuk memperoleh bandwidth lebih besar ketika pelanggan membutuhkan untuk keperluan tertentu 4. Media Sarana Data .9 3. Topology Jaringan PT. TOPOLOGY JARINGAN PT ME IA SARANA DATA Gambar 1. T chnical Support dan monitoring lokasi 4 jam. Customizi oduct Berkomitmen memberikan product yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan Sehingga pelanggan tidak harus membayar biaya untuk fasilitas product yang tidak mereka gunakan 5.

Batavia Internasional 21. PT Bumi Sejahtera Intikencana (isp) 18. PT Rentokill 7. PT Sainath Industries 4. PT. PT. Acer Customer Service Center 20. Xplode Gamecenter 13. PT Multi Mayaka 5. Javacom Gamecenter 17.10 G. Orange Gamecenter 16. Jogjacamp/ Idwebhost H. PT Monex Investindo 2. PT Asia Trade Point 11. PT. Unisbank Semarang 12. Jogja Digital (isp) 19. PT Indotrans Data (isp) 10. diantaranya: . HardQuarter Gamecenter 14. PT Axo Capital Futures 3. PadiNet (padinet) 9. CV. Lintas Data Prima (ldpnet) 8. Cyberland Gamecenter 15. CV. KERJASAMA PERUSAHAAN 1. PT SAI GARMENT 6. IDENTITAS PERUSAHAAN Perusahaan ini memiliki perbedaan dengan provider internet lainnya.

sehingga bandwidth real yang didapat lebih besar daripada yang dibeli Simetrik Upstream = Downstream + ½ Downstream Upload bandwidth lebih besar ½ kali dari bandwidth yang dibeli. Optik Terdapat proses redundant jika Tidak ada sistem gangguan salah satu gateway. Satelit Gateway / backbone Pasti Menggunakan aplikasi MRTG pada pelanggan untuk mengetahui traffic BW pelanggan secara real time Multi Gateway. sehingga proses upload lebih cepat Asimetrik Upstream < Downstream Upstream : Downstream Akan menyalami ketika perusahaan membutuhkan bandwidth upload yang besar Tidak pasti Traffik monitoring Pelanggan kesulitan mengetahui berapa traffic yang sebenarnya mereka gunakan Single Gateway. Media Sarana Data dengan ISP lainnya PERIHAL ISP Point To Multi Point Last Mile Access point di share kebeberapa pelanggan menggunakan omni / Sektoral 1:1 / 1:2 Rasio (CIR) BW yang diperoleh hanya sesuai dengan CIR MEDIA SARANA DATA Point To Point Access point hanya untuk 1 pelanggan. tingkat redundant jika reliabilitas jauh lebih tinggi gangguan.11 Tabel 1 Perbedaan Kinerja PT. sehingga tingkat stabilitas jauh lebih tinggi dibandingkan PTM 1 : 1 + burstable Pelanggan tidak hanya mendapatkan CIR yang digansi tapi juga mendapat burstable bandwidth. time to resolve pasti tidak dapat dipastikan .

: 024-8509595 Fax : 024-8509696 Email : ccare_smg@gmedia. Honggowongso no 78 G Solo Telp : 0271-728 929 Bali Office : PT. Daradasih no 11A Patangpuluhan Yogyakarta Telp. Media Sarana Data Graha Bahagia Jl. INFO PERUSAHAAN Untuk informasi dan keterangan lebih lanjut dapat menghubungi : Yogyakarta Head Office : PT. Media Sarana Data Jln.co.12 I. Kasipah No 29 G Semarang Telp. Media Sarana Data Jln.co.id Email : info@gmedia.id Solo Office : PT. Bedugul no 252 E Sidakarya Denpasar 80224 Indonesia Telp : 0361-888 4106 . : 0274-380 345 Fax : 0274-379 593 Semarang Office : PT. Media Sarana Data Ruko Honggowongso Jl.

13 .

proses bisnis dan strategi suatu institusi bisnis adalah Internet. Internet adalah sebuah jaringan yang sangat besar yang mengkonesikan computer dan server diseluruh dunia dalam satu jaringan yang terpusat. ruang dan waktu yang merupakan suatu jaringan komunikasi tanpa batas yang melibatkan jutaan komputer yang tersebar diseluruh dunia. FreeBsd. Contohnya kita dapat terkoneksi ke suatu sistem atau mengakses suatu informasi di Internet walaupun mengunakan sistem operasi yang berbeda (Windows. software. dll) dapat dilakukan dengan cepat dengan biaya yang murah. Dengan Internet saat ini telah merubah cara pandang. Tidak tergantung pada suatu teknologi dan bersifat cross platform. Biaya yang dibutuhkan relatif murah. Ada beberapa alasan mengapa Internet sangat cepat perkembangannya yang melebihi perkembangan teknologi lainnya seperti perkembangan radio. dengan terkoneksi Internet untuk mendapatkan informasi (kabar.14 BAB III PEMBAHASAN A. PENGENALAN INTERNET Salah satu kemajuan teknologi informasi yang saat ini telah merubah cara pandang dan hidup manusia. contohnya kita dapat . tv. dll). dan Handphone. Ditambah perkembangan saat ini banyak aplikasi / content yang dibuat dengan berbasis web (web based) 2. images. data. berita. mobile communications. Dengan internet dapat membuat bias jarak. files. yaitu: 1. pola hidup dan kebiasaan manusia selama ini maka munculah istilah seperti broadband. Dengan Internet kita dapat mengakses data dan informasi kapan saja dan dimana saja. Linux. dan lain-lain. Tellecomutters. dengan internet maka suatu perangkat / system tidak tergantung pada sistem operasi yang digunakan dan cenderung bisa terkoneksi dengan banyak sistem dengan bahasa pemrograman yang berbeda-beda.

dan sebagainya. contohnya dari aplikasi yang sederhana yang berbasis web sampai dengan aplikasi di gadget mobile. 5. Aplikasi aplikasi ini berjalan diserver yang terkoneksi ke Internet agar dapat diakses oleh user /institusi bisnis. dan lain-lain. protocol adalah suatu set aturan yang dapat dimengerti oleh si pengirim dan si penerima tanpa memperhatikan media komunikasinya. Mengakses informasi kapan saja dimana saja. Teleconferences. 3. Sampai saat ini ada banyak standart protocol yang digunakan oleh vendor -vendor IT. dapat dengan mudah dan cepat melakukan perbandingan harga dan kwalitas barang yang akan kita beli. mencari files document yang dibutuhkan. banyak orang yang menginginkan dapat mencari informasi dan mengakses data dimana saja dan kapan saja dengan lebih mudah dan cepat. Protocol juga dapat kita bayangkan seperti bahasa yang dapat dimengerti oleh kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari.dan sebagainya. membaca informasi terkini dari sebuah portal berita . Aplikasi / content yang semakin beragam. web adalah salah satu cara mendapatkan informasi dengan . 4. mobilitas adalah salah satu kebutuhan manusia saat ini. sistem informasi akademik online yang dikoneksikan ke sistem SMS. media transmisinya dan cara melakukannya.15 membaca dan mengirim e-mail. Contoh kontrol smart home yang berbasis web untuk melakukan monitoring sistem pengendalian rumah dari Internet. mendownload software trial atau free dari sebuah situs yang menyediakanya. Convergences jaringan telekomunikasi HT(radio gengam) ke jaringan VoIP. Teknologi Protocol yang semakin berkembang. perkembangan saat ini cenderung makin banyaknya aplikasi computer dan perangkat mobile yang beragam. Trend saat ini adalah ke IP Based (berbasis pada Internet Protocol) dengan munculnya standar dan teknologi terbaru seperti VoIP.

chating. B. Melalui proyek ARPA (Advance Research Project Agency) mereka mendemonstrasikan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX dapat melakukan komunikasi dalam jarak tak berhingga melalui saluran telepon. Merupakan 2 komputer atau lebih yang saling berhubungan membentuk jaringan komputer hingga meliputi jutaan komputer di dunia (internasional).16 cepat dan murah dan dengan internet data dapat diambil dimana saja walaupun berada jauh diluar server. C. istilah VPN (Virtual Private Network) yang memungkinkan pengguna dapat terkoneksi ke sistem dan databaseperusahaan dimana saja asal terkoneksi ke Internet. streaming video. dsb. Sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia. 2. untuk memungkinkan personil militer dan peneliti sipil bertukar informasi yang berkaitan dengan hal-hal militer. Ada banyak sumber daya di intenet. PENGERTIAN INTERNET 1. kalau kita bicara Internet ada banyak sekali sumber daya yang dapat dimanfaatkan di Internet baik berupa content. SEJARAH INTERNET 1. real player streaming. Maka munculah istilah mobile communications yang memungkikan pengguna bisnis untuk bisa terkoneksi dimana saja dan kapan saja dengan menggunakan perangkat gadget dan smartphone. diantaranya adalah E-Mail. newgroups. . yang saling berinteraksi dan bertukar informasi. video conferencing. internet radio broadcasting. Internet telephony (VOIP). aplikasi atau suatu system. Departemen Pertahanan Amerika membentuk suatu jaringan komputer yang disebut ARPANET. phone call. 2.

3. Electronic Mail (Email) Surat elektronik adalah pesan yang dapat dikirimkan. Gopher Pengaksesan informasi hanya berupa teks. . gambar. Telnet Kita bisa menggunakan komputer untuk berhubungan dengan komputer orang lain dan mencari atau mengambil informasi yang ada dikomputer tersebut. film. D. diterima maupun disimpan dan sewaktu-waktu dapat diambil kembali oleh user melalui internet/jaringan eletronik. dll. pada tahun 1981 hanya 231 komputer. FASILITAS INTERNET 1. suara. tahun 1986 bertambah menjadi 2. 5. 5. 4.5 juta komputer pada tahun 1993. 4. 2.308 komputer. Dilanjutkan kembali dan dibiayai oleh NSF (National Science Foundation) bekerja sama dengan CSNET (Computer Science Networking) berubah nama menjadi NSFNET. World Wide Web (Web) Mengakses informasi berupa teks. File Transfer Protocol (FTP) Melalui FTP user bisa mengirimkan data atau file dari satu komputer ke komputer yang lain.17 3. Download dan Upload. Software browser yaitu Microsoft Internet Explorer dan Netscape Communicator. Awal tahun 1980 jaringan ARPANET (karena sudah diberhentikan) diubah menjadi TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol). Diperkenalkan pada Oktober 1972. dan 1.

CDMA. Satelite phone 3. proses menerjemahkan dari analog ke digital. Software Browser. E. Email Client. 3G. Remote System . SYARAT TERHUBUNG INTERNET 1. Modem Alat yang memungkinkan komputer dapat berkomunikasi dengan komputer lain dengan melalui kabel telepon. artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan. Telepon PSTN. namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasipada komputer 2. sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem adalah singkatan dari ModulatorDemodulator. 7. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem". GPRS. Modulate adalah proses penerjemahan data dari digital ke analog sehingga bisa ditransmisikan.18 6. Chat. seperti VSAT. Chat Groups / Internet Relay Chat (IRC) Forum dimana user dapat saling berdiskusi atau berbincang-bincang dengan user lain. Demodulate adalah sebaliknya. Network Tools. dan lain sebagainya. Newsgroup Ruang percakapan bagi para user yang mempunyai kepentingan bersama. Microwave Radio. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya.

jasa yang disediakan seperti transit internet. SITUS WEB DAN HOMEPAGE Tempat sekumpulan halaman web milik seseorang atau suatu perusahaan dikumpulkan dan dikemas dan Istilah untuk menyebutkan halaman pertama yang akan muncul jika sebuah situs web diakses. Internet Service Provider ISP (Internet Service Provider) yang dalam istilah Indonesia adalah Penyedia Jasa Internet. URL (Universal Resource Locator) Alamat yang unik dan khas setiap halaman dan situs dalam WWW. yakni suatu lembaga atau perusahaan yang menghubungkan komputer pengguna dengan internet. Bentuk dasar : protocol://hostname/[path/[filename]] Contoh : http://www.19 4. I. Quasar dll) F. Jala Wave.tripod. HOST Alat yang memiliki Internet protocol (IP) Address di suatu network TCP/IP atau Internet.pefeua.htm H. RAD-Net. HTTP (HyperText Transfer Protocol) Suatu protocol internet yang digunakan oleh WWW. PROTOCOL Suatu mekanisme yang sudah distandarkan untuk mentransfer atau manipulasi data. (Telkom Speedy. registrasi nama domain dan hosting. akses dial-up internet dll. Kebanyakan operator telekomunikasi adalah ISP. . Telkomsel Flash. J.com/indext. Melsa. G.

suara. suara dan gambar dikirim dalam bentuk data. kecepatan transfer data merupakan hal yang sangat dipertimbangkan. jika kita membuka sebuah halaman web. Biasanya kita ingin data yang diminta itu cepat tiba untuk kita gunakan atau pelajari. Komunikasi yang dilakukan di internet adalah komunikasi data. Hal ini berarti menggunakan internet adalah mempertukarkan data-data antara dua buah komputer. antara lain: 1. Dalam perpindahan data dari satu komputer ke komputer lain di internet sebaliknya. Coba pikirkan bagaimana agar kendaraan yang padat. Bandwith Bandwidth adalah lebar saluran data yang dilewati secara bersama-sama oleh data-data yang di transfer. Cepat lambatnya perpindahan data dari sebuah komputer server di internet ke komputer kita sangat bergantung pada kecepatan transfer data dari provider yang Anda gunakan. ada beberapa komponen yang menentukan hal tersebut. gambar. Contoh lain. Kemudian komputer server halaman web tersebut akan mengirimkan halaman web yang kita minta. KECEPATAN TRANSFER DATA DI INTERNET Informasi apa saja yang dapat kita tukar melalui jaringan komputer? Selain sebagai sumber informasi. dapat bergerak cepat? Tentu caranya . Mengirim e-mail misalnya. jaringan internet juga merupakan sarana komunikasi. artinya berapa bit data yang dapat dipindahkan dari satu computer ke komputer lain dalam tiap detiknya Terkait dengan kecepatan transfer data. Bandwidth dapat di analogi kan sebagai sebuah jalan yang dilewati kendaraan secara bersamaan. kita kirim dalam bentuk data teks.20 K. maka sebenarnya kita sedang mengirimkan halaman web dengan cara mengirimkan alamat URL. Segala sesuatu yang dikirimkan melalui internet berupa teks. Kecepatan transfer data dinyatakan dalam bits per second (bps). Bagaimana apabila kendaraan yang lewat sama banyak? Tentu gerakannya menjadi lebih lambat.

Seperti kita tahu bahwa bit atau binary digit adalah basis angka yang terdiri dari angka 0 dan 1. bandwidth adalah jumlah bit yang dapat dikirimkan dalam satu detik. Tetapi apakah itu bandwidth sebenarnya? Bandwidth adalah suatu ukuran dari banyaknya informasi yang dapat mengalir dari suatu tempat ke tempat lain dalam suatu waktu tertentu. Bandwidth paling banyak digunakan sebagai ukuran kecepatan aliran data. Berikut adalah rumus dari bandwidth : Keterangan s bits : secon (detik) : bit per sekon Sedangkan throughput walau pun memiliki satuan dan rumus yang sama dengan bandwidth.Ternyata konsep bandwidth tidak cukup untuk menjelaskan kecepatan jaringan dan apa yang terjadi di jaringan.21 antara lain memperlebar jalan. tetapi throughput lebih pada menggambarkan bandwidth yang sebenarnya (aktual) pada suatu waktu tertentu dan pada kondisi dan jaringan . Throughput adalah bandwidth aktual yang terukur pada suatu ukuran waktu tertentu dalam suatu hari menggunakan rute internet yang spesifik ketika sedang mendownload suatu file. Bandwidth dapat dipakai untuk mengukur baik aliran data analog mau pun aliran data digital. Untuk itulah konsep Throughput muncul. Kita perlu mengetahui bandwidth yang dimiliki oleh sebuah ISP untuk mengetahui kemampuan ISP mentransfer data. Sekarang telah menjadi umum jika kata bandwidth lebih banyak dipakaikan untuk mengatur aliran data digital Satuan yang dipakai untuk bandwidth adalah bits per second atau sering disingkat sebagai bps. Satuan ini menggambarkan seberapa banyak bit (angka 0 dan 1) yang dapat mengalir dari satu tempat ke tempat yang lain dalam setiap detiknya melalui suatu media. Bagaimana cara mengukur bandwidth? Dan bagaimana hubungannya dengan throughput? Seperti telah diulas di atas.

Beberapa faktor yang menentukan bandwidth dan throughput adalah: a. b. d. Dengan hanya mempergunakan bandwidth sebagai patokan. kadang sangat jauh dari bandwidth maksimum yang mungkin dari suatu media. Piranti jaringan Tipe data yang ditransfer Topologi jaringan Banyaknya pengguna jaringan Spesifikasi komputer client/user Spesifikasi komputer server Induksi listrik dan cuaca dan alasan-alasan lain. maka bandwidth yang sebenarnya atau bisa kita sebut sebagai throughput adalah 64 kb / 4 detik = 16 kbps. h. Bukan hanya karena termakan iklan yang menebarkan janji bandwidth yang tinggi dengan harga yang murah. f.22 internet tertentu yang digunakan untuk mendownload suatu file dengan ukuran tertentu. Jadi jika ukuran file yang didownload adalah 64 kb Sedangkan waktu downloadnya adalah 4 detik. . g. e. c. throughput karena banyak alasan. Dengan memahami konsep-konsep tersebut kita dapat mulai memperhitungkan keperluan kecepatan koneksi internet kita yang sesungguhnya dan pilihan koneksi yang diperlukan. misalnya kita menggunakan telkom speedy (328 Kbps) untuk mendownload file sebesar 64KB (kilo bytes) seharusnya bisa didownload dalam waktu sekedip mata atau satu detik. tetapi setelah diukur ternyata memerlukan waktu 4 detik. Sayangnya.

tetapi cukup terhubung langsung dengan server proxy ISP. Sehingga jika pelanggan mengunjungi website favoritnya. Transaksi internet rawan terhadap pembajakan. Kebanyakan ISP menyewa backbone dari perusahan lain atau menggunakan bersama-sama dengan ISP lain. pelanggan tidak perlu dengan server website tersebut. 4.23 2. . Penggunaan backbone secara bersama-sama dapat menghemat biaya namun mengurangi kecepatan akses masing-masing ISP. Server proxy akan menghemat penggunaan bandwidth karena pelanggan tidak perlu lagi terkoneksi langsung ke website yang sering dikunjungi. Server Proxy Untuk mempermudah pelayanan. Dengan adanya server proxy. Oleh karena itu kita perlu mengetahui apakah sebuah ISP menggunakan firewall untuk keamanan transaksi online atau tidak. Keamanan Data Data yang dipindahkan tentu harus aman dari gangguan baik berupa kelengkapan data maupun kualitas data. Server proxy berfungsi untuk menyimpan alamat-alamat favorit pelanggan. maka alamat pelanggan harus tersimpan dengan baik. sehingga proses tersebut akan berjalan dengan lancar. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan server tersebut menyimpan halaman-halaman web yang sering dikunjungi. Hal ini berpengaruh kepada kecepatan akses data terutama pada saat kita upload (memasukan data dari komputer lokal ke komputer server di internet) dan download (mengambil data dari internet). pelanggan dapat mengakses websitewebsite favoritnya dengan lebih cepat. Membuat sebuah backbone memerlukan teknologi yang tinggi dan dana yang besar. Untuk itu sistem jaringan perlu menyediakan pengamanan data. 3. Backbone Backbone adalah saluran koneksi utama jaringan ISP dengan internet.

berikut ini adalah kecepatan internet sesuai dengan saluran yang kita pilih. Ada beberapa pilihan tipe kecepatan internet yang dapat kita gunakan. Hal ini berfungsi untuk kecepatan akses internet terutama dalam penggunaan e-mail yang cepat dan besarnya kafasitas account yang dapat digunakan. Saat ini. teknologi kompresi data memungkinkan transfer data menjadi lebih cepat. Teknologi Kita juga perlu mengetahui teknologi apa saja yang dimiliki oleh ISP untuk meningkatkan kinerjanya. Apakah di rumahmu sudah terpasang saluran telepon? Jaringan telepon yang sudah merambah dengan luas. apakah ISP tersebut dilengkapi dengan spam filter. L. terhubung ke ISP (Internet Service Provider) melalui jaringan telephone reguler .24 5. Layanan Kita juga perlu mengetahui layanan apa saja yang disediakan oleh sebuah ISP. ISP tersebut harus selalu up-date terhadap perubahan teknologi sehingga dapat memuaskan seluruh layanan yang disediakan kepada semua pelaggan. berapa besar account e-mail yang disediakan. Cara menghubungkan komputer kita ke internet menggunakan kabel telepon biasa atau lebih sering disebut dengan dial up. Hal ini demi kenyamanan dan kecepatan kita dalam akses internet. 6. Dialup melalui jalur PSTN (Public Switched Telephone Network) yaitu cara kita. Apakah ISP tersebut memberikan account e-mail. dan berbagai layanan yang lain. KECEPATAN AKSES INTERNET Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini memungkinkan kita dapat menghubungkan komputer kita dengan internet melalui berbagai cara. Kita perlu tahu apakah sebuah ISP didukung oleh teknologi semacam ini. Jika sudah dan kita memiliki komputer maka kita dapat terkoneksi dengan internet. sehingga penggunaan layanan ini dapat kita gunakan dengan maksimal.

. bandwidth maksimum yang didapatkan mendekati 450 kbps. Dial-up Connection ini pada umumnya digunakan oleh pribadi-pribadi yang menginginkan untuk mengakses Internet dari rumah. Untuk line rate 384 kbps.25 (PSTN) contohnya adalah ´Telkomnet Instan´ dari ISP Telkom. throughput rata-rata (kecepatan download) yang bisa didapatkan sekitar 52 Kb/s. Inilah penyebab utama perbedaan kecepatan transfer data antara modem ADSL dengan modem konvensional (yang bekerja pada frekuensi di bawah 4 kHz). c. Berapakah Bandwith maksimum yang didapat apabila kita menggunakan akses internet menggunakan ADSL: a. Keuntungan ADSL adalah memberikan kemampuan akses internet berkecepatan tinggi dan suara/fax secara simultan (di sisi pelanggan dengan menggunakan splitter untuk memisahkan saluran telepon dan saluran modem). ADSL (Kecepatan Akses Internet ADSL) ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line) adalah suatu teknologi modem yang bekerja pada frekuensi antara 34 kHz sampai 1104 kHz. Untuk line rate 512 kbps. Untuk line rate 384 kbps. Komputer yang digunakan untuk dial-up pada umunya adalah sebuah komputer tunggal (bukan jaringan komputer). Untuk line rate 512 kbps. throughput rata-rata (kecepatan download) yang bisa didapatkan sekitar 40 Kb/s. d. 1. b. Kecepatan akses internet menggunakan dial up dapat mencapai maksimal dengan kecepatan 56 kilo byte persecond (kbps). bandwidth maksimum yang didapatkan mendekati 337 kbps.

GPRS memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan data dan suara pada saat alat komunikasi bergerak (mobile). walaupun jaringaan GPRS saat ini terpisah dari GSM. dalam implementasinya. Kebutuhan industri akan komunikasi bergerak menyebabkan GPRS menjadi salah satu teknologi komunikasi data yang banyak digunakan saat ini. Namun. 3G (Kecepatan Akses Internet 3G) 3G (dibaca: triji) adalah singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris: third generation technology. notebook dan handheld computer. sehingga memungkinkan akses internet. dan penelusuran (browsing) Internet. pengiriman data multimedia ke komputer. Sistem GPRS dapat digunakan untuk transfer data (dalam bentuk paket data) yang berkaitan dengan e-mail. Istilah ini umumnya digunakan mengacu kepada kemajuan . b. c. hal tersebut sangat tergantung faktorfaktor sebagai berikut: a. Dalam teorinya GPRS menjanjikan kecepatan mulai dari 56 kbps sampai 115 kbps. bahkan lebih lambat dari akses CSD yang memiliki kecepatan 9. Layanan GPRS dipasang pada jenis ponsel tipe GSM dan IS-136. Konfigurasi dan alokasi time slot pada level BTS Software yang dipergunakan Dukungan fitur dan aplikasi ponsel yang digunakan Ini menjelaskan mengapa pada saat-saat tertentu dan di lokasi tertentu akses GPRS terasa lambat. 3. data gambar (MMS).6 kbps. GPRS adalah kepanjangan dari General Packet Radio Service yaitu komunikasi data dan suara yang dilakukan dengan mengg unakan gelombang radio.26 2. GPRS (Kecepatan Akses Internet GPRS) Tentu Anda mengenal handphone (HP).

3G sebagai sebuah solusi nirkabel yang bisa memberikan kecepatan akses: a. Jaringan 3G tidak merupakan upgrade dari 2G.16 g.11a atau b. b. seperti 802. pesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya.27 perkembangan teknologi telepon nirkabel (wireless). Sebesar 144 Kbps untuk kondisi bergerak cepat (mobile). saat ini sedang dalam penyusunan. operator 2G yang berafiliasi dengan 3GPP perlu untuk mengganti banyak komponen untuk bisa memberikan layanan 3G. 4.11. Sebesar 384 Kbps untuk kondisi berjalan (pedestrian). Jaringan Telepon Telekomunikasi selular telah meningkat menuju penggunaan layanan 3G dari 1999 hingga 2010. Wi-Fi (Wireless Fidelity) adalah koneksi tanpa kabel seperti handphone dengan mempergunakan teknologi radio sehingga pemakainya dapat mentransfer . Teknologi jaringan tanpa kabel menggunakan frekuensi tinggi berada pada spektrum 2. memimpin dunia dalam bidang telekomunikasi. Wi-Fi memiliki pengertian yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks . Sebesar 2 Mbps untuk kondisi statik di suatu tempat. WIFI (Kecepatan Akses Internet Wifi) Pernahkan kalian melihat sambungan komunikasi tanpa kabel? Teknologi itu dikenal dengan Wirelless Fidelity (WiFi). Setelah itu Korea menjadi pengadopsi jaringan 3G pertama dan transisi telah dicapai pada awal tahun 2004. Sedangkan operator 2G yang berafiliasi dengan teknologi 3GPP2 lebih mudah dalam upgrade ke 3G karena berbagai network element nya sudah didesain untuk ke arah layanan nirkabel pita lebar (broadband wireless). Standar terbaru dari spesifikasi 802.WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.4 GHz. c. Jepang adalah negara pertama yang memperkenalkan 3G secara nasional dan transisi menuju 3G di Jepang sudah dicapai pada tahun 2006.

dan PDA. kampus. 5. Juga salah satu kelebihan dari Wi-Fi adalah kepraktisan. Termasuk ponsel. Untuk masalah kecepatan tergantung sinyal yang diperoleh. WiBro dikembangkan Samsung bersama dengan Electronics and Technology Research Institute (ETRI) dan telah mendapat sertifikat dari Wimax Forum. dan warnet-warnet. kampus-kampus. Dari segi mobilitas. Wi-Fi tidak hanya dapat digunakan untuk mengakses internet. komputer notebook. Jangkauan WiFi masih terbatas kira-kira sampai 100 meter.28 data dengan cepat dan aman. dan café-café yang bertanda ³Wi-Fi Hot Spot´.tidak perlu repot memasang kabel network. Akses Wireless Broadband juga disebut masih bisa diterima di dalam kendaraan berkecepatan 60 kilometer per jam. Komputer lain di jaringan tersebut kemudian dihubungkan ke server tersebut. Sebuah komputer yang dijadikan server (komputer layanan) di hubungkan ke internet. . sementara Wibro diklaim dapat diakses sampai jarak 1 kilometer dari stasiun pemancarnya. 6. LAN (Kecepatan Akses Internet LAN) Salah satu cara untuk terhubung ke internet adalah dengan menghubungkan komputer Anda ke jaringan komputer yang terhubung ke internet. Wireless Broadband (Kecepatan Akses Internet Wireless Broadband) Wireless Broadband memungkinkan akses internet broadband ke berbagai perangkat. Karena itu banyak orang mengasosiasikan Wi Fi dengan ³Kebebasan´ karena teknologi Wi-Fi memberikan kebebasan kepada pemakainya untuk mengakses internet atau mentransfer data dari ruang meeting. Wi-Fi juga dapat digunakan untuk membuat jaringan tanpa kabel di perusahaan. kamar hotel. Kecepatan transfer data mampu mengungguli kecepatan transfer data berplatform HSDPA yang memiliki kemampuan mengirim data hingga 14 Mbps. Teknologi ini mampu mengirim data dengan kecepatan hingga 50 Mbps. Cara ini banyak digunakan di perusahan. Wireless Broadband juga dinilai lebih efisien ketimbang WiFi yang sekarang menjadi standar internet nirkabel.

3 Ethernet menggunakan perangkat switch. Kelebihan mengakses internet dengan menggunakan jaringan TV kabel dapat mengakses internet setiap saat dan bebas dari gangguan telepon sibuk.29 Biasanya komputer yang berfungsi sebagai server dihubungkan dengan sebuah Internet Service Provider (ISP) melalui kabel telepon atau melalui antena. Di dalam jaringan rumah. . TV Kabel (Kecepatan Akses Internet) Pernahkan Anda mendengar Televisi/TV kabel? Siaran TV sering menwarkan perangkat TV kabel. 100.5Mbps upstream (kecepatan upload dari pengguna). Selain teknologi Ethernet. kabel tersalur dalam dua saluran. Televisi kabel dinilai cocok terutama untuk pengguna internet dari kalangan keluarga (rumah tangga). Sedangkan untuk menghubungkan komputer ke komputer server dilakukan dengan menggunakan kartu LAN (LAN Card) dan kabel koaksial (UTP). kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802. saat ini teknologi 802. Setelah kabel dari jaringan (cable network) melewati splitter. atau 1000 Mbit/s. komputer harus dilengkapi dengan kartu ethernet (ethernet card). 7. Dari modem kabel baru menuju kartu ethernet dan kemudian ke komputer. Agar dapat menggunakan modem kabel. Saat ini.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil. satu ke TV dan satu lagi ke modem kabel. Jaringan TV kabel untuk menghubungkan komputer ke internet telah banyak digunakan. yang mempunyai kecepatan transfer data 10. kabel dari "TV kabel" menggunakan kabel koaksial dan dipasang sebuah "pemisah saluran" (splitter) kabel. Jaringan TV kabel ini dapat dipakai untuk koneksi ke internet dengan kecepatan maksimum 27Mbps downstream (kecepatan download ke pengguna) dan 2.

1. JENIS JARINGAN KOMPUTER Secara umum jaringan komputer dibagi atas lima jenis.30 Gambar 2. Jaringan komputer model TSS Gambar 3. yaitu. . Jaringan komputer model distributed processing M. Local Area Network (LAN) Local Area Network (LAN). merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan Untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik -pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (misalnya printer) dan saling bertukar informasi.

Metropolitan Area Network (MAN) Metropolitan Area Network (MAN). pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. Wide Area Network (WAN) Wide Area Network (WAN). Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan. maka mutlak jaringan tanpa kabel diperlukan . 4. Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Jaringan Tanpa Kabel Jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak kampatibel dan berbeda. MAN mampu menunjang data dan suara. 3. 5. bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel. jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas. seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda. baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua.31 2. Internet Sebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini. Misalnya orang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada diatas mobil atau pesawat terbang. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet.

Hubungan antara model referensi OSI dengan protokol Internet bisa dilihat dalam Tabel 2. maka untuk berkomunikasi memerlukan penerjemah/interpreter atau satu bahasa yang dimengerti kedua belah fihak. Model referensi OSI terdiri dari 7 lapisan. Untuk itu maka badan dunia yang menangani masalah standarisasi ISO (International Standardization Organization) membuat aturan baku yang dikenal dengan nama model referensi OSI (Open System Interconnection). Dalam dunia komputer dan telekomunikasi interpreter identik dengan protokol. MODEL REFERENSI OSI DAN STANDARISASI Untuk menyelenggarakan komunikasi berbagai macam vendor komputer diperlukan sebuah aturan baku yang standar dan disetejui berbagai fihak. . N. tetapi dalam membangung jaringan Internet sekalipun sangat diperlukan. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Dengan demikian diharapkan semua vendor perangkat telekomunikasi haruslah berpedoman dengan model referensi ini dalam mengembangkan protokolnya. mulai dari lapisan fisik sampai dengan aplikasi.32 karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat. Model referensi ini tidak hanya berguna untuk produk-produk LAN saja. Seperti halnya dua orang yang berlainan bangsa.

LAPISAN NAMA PROTOKOL DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) DNS (Domain Name Server) FTP (File Transfer Protocol) HTTP (HyperText Transfer Protocol) 7 Aplikasi KEGUNAAN Protokol untuk distribusi IP pada jaringan dengan jumlah IP yang terbatas Data base nama domain mesin dan nomer IP Protokol untuk transfer file Protokol untuk transfer file HTML dan Web PROTOKOL TCP/IP MIME (Multipurpose Protokol untuk mengirim file Internet Mail binary dalam bentuk teks Extention) NNTP (Networ News Protokol untuk menerima dan Transfer Protocol) mengirim newsgroup Aplikasi POP (Post Office Protocol) Protokol untuk mengambil mail dari server Protokol untuk transfer SMB (Server Message berbagai server file DOS dan Block) Windows SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) Protokol untuk pertukaran mail 6 Presentasi SNMP (Simple Protokol untuk manejemen Network Management jaringan Protocol) Telnet TFTP (Trivial FTP) Protokol untuk akses dari jarak jauh Protokol untuk transfer file BIOS jaringan standar 5 Sessi NETBIOS (Network Basic Input Output .33 Tabel 2. Hubungan referensi model OSI dengan protokol Internet MODEL OSI TCP/IP NO.

tetapi juga diselenggarakan oleh badan dunia lainnya seperti ITU (International Telecommunication Union). ANSI (American National Standard Institute). NCITS (National Committee for Information Technology Standardization). ATM Protokol untuk point ke point Protokol dengan menggunakan sambungan serial Standarisasi masalah jaringan tidak hanya dilakukan oleh ISO saja. FDDI. ISDN. .34 System) RPC (Remote Procedure Call) SOCKET TCP (Transmission Control Protocol) 4 Transport Transport Prosedur pemanggilan jarak jauh Input Output untuk network jenis BSD-UNIX Protokol pertukaran data berorientasi (connection oriented) UDP (User Datagram Protokol pertukaran data nonProtocol) orientasi (connectionless) IP (Internet Protocol) Protokol untuk menetapkan routing RIP (Routing Protokol untuk memilih Information Protocol) routing 3 Network Internet ARP (Address Resolution Protocol) Protokol untuk mendapatkan informasi hardware dari nomer IP Protokol untuk mendapatkan RARP (Reverse ARP) informasi nomer IP dari hardware PPP (Point to Point Protocol) LLC 2 Datalink SLIP (Serial Line Network Internet Protocol) Interface MAC 1 Fisik Ethernet.

7 Grup pendukung BTAG (Broadband Technical Advisory Group) pada LAN Grup pendukung FOTAG (Fiber Optic Technical Advisory Group. Badan pekerja di IEEE WORKING GROUP BENTUK KEGIATAN Standarisasi interface lapisan atas HILI (High Level IEEE802. 10Base2. Pada prakteknya bahkan vendor-vendor produk LAN bahkan memakai standar yang dihasilkan IEEE. Kita bisa lihat misalnya badan pekerja yang dibentuk oleh IEEE yang banyak membuat standarisasi peralatan telekomunikasi seperti yang tertera pada Tabel 3.1 Interface) dan Data Link termasuk MAC (Medium Access Control) dan LLC (Logical Link Control) IEEE802.5 IEEE802.8 .4 IEEE802.6 Area Network-Distributed Queue Dual Bus.) IEEE802. 10BaseT.3 IEEE802.35 bahkan juga oleh lembaga asosiasi profesi IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) dan ATM-Forum di Amerika. dll. Tabel 3.2 Standarisasi lapisan LLC Standarisasi lapisan MAC untuk CSMA/CD (10Base5.) Standarisasi lapisan MAC untuk Token Bus Standarisasi lapisan MAC untuk Token Ring Standarisasi lapisan MAC untuk MAN-DQDB (Metropolitan IEEE802.) IEEE802.

10 Standarisasi masalah pengamanan jaringan (LAN Security. dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri.3 IEEE802. Terdapat keuntungan dan kerugian dari tipe ini yaitu: . TOPOLOGI JARINGAN KOMPUTER Topologi adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan.) Standarisasi masalah wireless LAN dan CSMA/CD bersama IEEE802.12 Standarisasi masalah 100VG-AnyLAN IEEE802.36 IEEE802. Topologi Bus Topologi bus terlihat pada skema di atas.11 IEEE802. Topologi Bus Gambar 4. token-ring. Cara yang saat ini banyak digunakan adalah bus. Masing-masing topologi ini mempunyai ciri khas.9 Standarisasi ISDN (Integrated Services Digital Network) dan IS (Integrated Services ) LAN IEEE802. star dan peer-to-peer network. 1.14 Standarisasi masalah protocol CATV O.

Kerugian: a. Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil b. Topologi TokenRing Topologi Token Ring terlihat pada skema di atas. data dikirimkan ke setiap simpul dan setiap informasi yang diterima simpul diperiksa alamatnya apakah data itu untuknya atau bukan. maka tidak bisa d. c. Bila salah satu client rusak. b. Setiap simpul mempunyai tingkatan yang sama. Metode token-ring (sering disebut ring saja) adalah cara menghubungkan komputer sehingga berbentuk ring (lingkaran). Kerugian: a. Topologi TokenRing Gambar 5. Peka kesalahan b. Jaringan akan disebut sebagai loop. Pengembangan jaringan lebih kaku Hemat kabel . Kepadatan lalu lintas c.37 Keuntungan a. Terdapat keuntungan dan kerugian dari tipe ini yaitu: Keuntungan: a. Diperlukan repeater untuk jarak jauh Hemat kabel Layout kabel sederhana Mudah dikembangkan 2.

38 3. semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data tersebut kesemua simpul atau client yang dipilihnya. Kontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis . Topologi Star Merupakan kontrol terpusat. Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan d. Terdapat keuntungan dan kerugian dari tipe ini yaitu: Keuntungan:. Paling fleksibel b. Kontrol terpusat c. Topologi Star Gambar 6. Boros kabel b. Perlu penanganan khusus c. Simpul pusat dinamakan stasium primer atau server dan lainnya dinamakan stasiun sekunder atau client server. a. Kemudahaan pengelolaan jaringan Kerugian: a. Setelah hubungan jaringan dimulai oleh server maka setiap client server sewaktu-waktu dapat menggunakan hubungan jaringan tersebut tanpa menunggu perintah dari server.

Ethernet adalah implementasi metoda CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection) yang dikembangkan tahun 1960 pada proyek wireless ALOHA di Hawaii University diatas kabel coaxial. data dan printer secara bersama-sama. maka host komputer . Pada metoda CSMA/CD. 10Base2. dan 10BaseF yang akan diterangkan lebih lanjut kemudian.39 4. Saat in yang umum ada dipasaran adalah ethernet berkecepatan 10 Mbps yang biasa disebut seri 10Base. misalnya AT. Topologi Peer To Peer Network Peer artinya rekan sekerja. Dalam sistem jaringan ini yang diutamakan adalah penggunaan program. dan mereka berdua dapat mencetak ke printer yang sama pada saat yang bersamaan. Pemakai komputer bernama Dona dapat memakai program yang dipasang di komputer Dino. ETHERNET Ethernet adalah sistem jaringan yang dibuat dan dipatenkan perusahaan Xerox. (lihat Tabel 2. Ada bermacam-macam jenis 10Base diantaranya adalah: 10Base5. 10BaseT. Peer to peer network adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer (biasanya tidak lebih dari 10 komputer dengan 1-2 printer). Standarisasi sistem ethernet dilakukan sejak tahun 1978 oleh IEEE. katakanlah Pentium II. P. Sistem jaringan ini juga dapat dipakai di rumah. Dibandingkan dengan ketiga cara diatas. sistem jaringan ini lebih sederhana sehingga lebih mudah dipelajari dan dipakai. dan ingin memberli komputer baru. Ia cukup memasang netword card di kedua komputernya kemudian dihubungkan dengan kabel yang khusus digunakan untuk sistem jaringan. tidak perlu membuang komputer lamanya. Jika pada tahap pengecekan ditemukan transmisi data lain dan terjadi tabrakan (collision).) Kecepatan transmisi data di ethernet sampai saat ini adalah 10 sampai 100 Mbps. Pemakai komputer yang memiliki komputer µkuno¶. sebuah host komputer yang akan mengirim data ke jaringan pertama-tama memastikan bahwa jaringan sedang tidak dipakai untuk transfer dari dan oleh host komputer lainnya.

3 angka didepan adalah kode perusahaan pembuat chip tersebut.40 tersebut diharuskan mengulang permohonan ( equest pengiriman pada selang r waktu berikutnya yang dilakukan secara acak ( andom). Dengan demikian maka r jaringan efektif bisa digunakan secara bergantian. Contoh ethernet address. Gambar 7. 48 bit angka agar mudah dimengerti dikelompokkan masing-masing 8 bit untuk menyetakan bilangan berbasis 16 seperti contoh di atas (00 40 05 61 20 e6). maka tiap tiap perangkat ethernet diberikan alamat ( address) sepanjang 48 bit yang unik (hanya satu di dunia). Untuk menentukan pada posisi mana sebuah host komputer berada. Chip diatas dibuat oleh ANI Communications Inc. Informasi alamat disimpan dalam chip yang biasanya nampak pada saat komputer di start dalam urutan angka berbasis 16. Contoh vendor terkenal bisa dilihat di Tabel 4 .

1. maka setiap protokol komunikasi (TCP/IP. satu . IPX. Jika menggunakan 10Base5. AppleTalk) berusaha memanfaatkan untuk informasi masing-masing host komputer dijaringan.41 Tabel 4. Daftar vendor terkenal chip ethernet NOMOR KODE NAMA VENDOR 00:00:0C Sisco System 00:00:1B Novell 00:00:AA Xerox 00:00:4C NEC 00:00:74 Ricoh 08:08:08 3COM 08:00:07 08:00:09 08:00:20 Apple Computer Hewlett Packard Sun Microsystems 08:00:2B DEC 08:00:5A IBM Dengan berdasarkan address ehternet. Biasanya kabelnya berwarna kuning dan pada kedua ujung kebelnya diberi konsentrator sehingga mempunyai resistansi sebesar 50 ohm. 10BASE5 Sistem 10Base5 menggunakan kabel coaxial berdiameter 0.5 inch (10 mm) sebagai media penghubung berbentuk bus seperti pad Gambar 4.

42 segmen jaringan bisa sepanjang maksimal 500 m. Konektor yang dipakai adalah konektor 15pin.5 km. Struktur 10Base5. Jaringan dengan media 10Base5. Antar MAU dibuat jarak minimal 2. Data Terminal Equipment) dengan media transmisi bus (kabel coaxial)-nya diperlukan sebuah transceiver (MAU. Gambar 9.5 m. Medium Attachment Unit). Seperti pada Gambar 5. . dan setiap segment hanya mampu menampung sebanyak 100 unit. antara NIC (Network Interface Card) yang ada di komputer (DTE. bahkan jika dipasang penghubung (repeater) sebuah jaringan bisa mencapai panjang maksimum 2. Gambar 8.

Hanya saja kabel yang digunakan lebih kecil. Untuk jenis konektor dipakai jenis BNC. sekitar 185 m.43 2. Jaringan dengan media 10Base2 . Tidak diperlukan MAU kerena MAU telah ada didalam NIC-nya sehingga bisa menjadi lebih ekonomis. 10BA 2 Seperti pada jaringan 10Base5. ¡   Gambar 10. berdiameter 5 mm dengan jenis twisted pair. Sebuah segmen hanya mampu menampung tidak lebih dari 30 unit komputer saja. dan bisa disambbung sampai 5 segmen menjadi sekitar 925 m. Karenanya jaringan ini dikenal juga dengan sebutan CheaperNet. (Gambar 6). 10Base2 mempunyai struktur jaringan berbentuk bus. panjang maksimal sebuah segmennya menjadi lebih pendek. Dibandingkan dengan jaringan 10Base5. Pada jaringan ini pun diperlukan konsentrator yang membuat ujung -ujung media transmisi busnya menjadi beresistansi 50 ohm.

10BA T Berbeda dengan 2 jenis jaringan diatas. £ ¢ Gambar 12. 10BaseT berstruktur bintang (st r) a seperti terlihat di Gambar 11. Struktur 10Base2 3. Jaringan dengan media 10BaseT .44 Gambar 11. Sebagai pengganti konsentrator dan repeater diperlukan hub karena jaringan berbentuk star. Tidak diperlukan MAU kerena sudah termasuk didalam NIC-nya. Panjang sebuah segmen jaringan maksimal 100 m. dan setiap hub bisa dihubungkan untuk memperpanjang jaringan sampai 4 unit sehingga maksimal komputer tersambung bisa mencapai 1024 unit.

Menggunakan konektor modular jack RJ-45 dan kabel jenis UTP (Unshielded Twisted Pair) seperti kabel telepon di rumah-rumah. Jenis kabel UTP dan aplikasinya. Struktur 10BaseT. Saat ini kabel UTP yang banyak digunakan adalah jenis kategori 5 karena bisa mencapai kecepatan transmisi 100 Mbps. biasanya digunakan untuk FastEthernet (100Base) atau network ATM . Masing-masing jenis kabel UTP dan kegunaanya bisa dilihat di Table bawah ini: Tabel 5. dan digunakan untuk kabel telepon di rumah-rumah Terdiri dari 4 pasang kabel twisted pair dan bisa digunakan untuk komunikasi data sampai kecepatan 4 Mbps Bisa digunakan untuk transmisi data dengan kecepatan sampai 10 Mbps dan digunakan untuk Ethernet dan TokenRing Sama dengan category 3 tetapi dengan kecepatan transmisi sampai 16 Mbps Bisa digunakan pada kecepatan transmisi sampai 100 Mbps.45 Gambar 13. KATEGORI Category 1 Category 2 Category 3 Category 4 Category 5 APLIKASI Dipakai untuk komunikasi suara (voice).

untuk transmisi output (TX) dan input (RX) menggunakan kabel/media yang berbeda. Struktur 10BaseF. Karena menggunakan serat optik (fiber optic) untuk media transmisinya. 10BASEF Bentuk jaringan 10BaseF sama dengan 10BaseT yakni berbentuk star. . maka panjang jarak antara NIC dan konsentratornya menjadi lebih panjang sampai 20 kali (2000 m). Gambar 15. Foto NIC jenis 10Base5. dan 10BaseT. Gambar 14. 10Base2.46 4. Demikian pula dengan panjang total jaringannya. Pada 10BaseF.

Seri 100Base mempunyai beragam jenis berdasarkan metode akses datanya diantaranya adalah: 100Base-T4. FAST ETHERNET (100BASET SERIES) Selai jenis NIC yang telah diterangkan di atas. dan 100Base-FX. . jenis ethernet chip lainnya adalah seri 100Base.47 5. 100Base-TX. Ini dibuat untuk menyaingi jenis LAN berkecepatan tinggi lainnya seperti: FDDI. 100VG AnyLAN dan lain sebagainya. Kecepatan transmisi seri 100Base bisa melebihi kecepatan chip pendahulunya (seri 10Base) antara 2-20 kali (20-200 Mbps).

. maka fihak Telkom akan memberikan anda sebuah modem-router sederhana yang mempunyai minimum port brikut ini: 1. daripada menggunakan port USB lebih baik menggunakan port LAN ini untuk koneksi ke NIC adapter komputer. Port RJ11 yang dipakai untuk koneksi ke kabel telpon. Saat anda berlangganan broadband Internet misalkan dari Speedy. Port USB yang bisa dipakai untuk menghubungkan modem-router anda langsung ke komputer menggunakan port USB dari komputer anda. Atau jika anda menggunakan wireless router atau Access Point.48 BAB IV MEMBANGUN JARINGAN KOMPUTER SEDERHANA A. Atau jika komputer anda mempunyai port NIC adapter. 2. anda bisa memanfaatkan port LAN ini untuk di koneksikan ke Switch sederhana 8 atau 12 port. maka anda bisa memakai port ini sebagai input ke Access Point atau wireless router anda. JARINGAN KOMPUTER SEDERHANA Cara membangun suatu jaringan komputer sederhana dirumah anda pada umumnya dimaksudkan untuk berbagi koneksi Internet seperti Speedy Telkom dengan beberapa komputer di lingkungan rumah anda baik jaringan kabel ataupun jaringan wireless. 3. dimana port ini sebagai penghubung modem-router anda ke Internet. Port RJ45 sebagai port LAN 10/100 Mbps.

satu lagi menggunakan kabel UTP cross dari LAN port router ke NIC adapter dari komputer. satu line kabel untuk menghubungkan router-modem dan satunya lagi kearah telpon. Modem router Pada umumnya modem yang diberikan oleh fihak Telkom sudah merupakan modem yang termasuk didalamnya fungsi router dan juga mempunyai fungsi sebagai DHCP server juga untuk memberikan IP address pool kepada komputer yang terhubung kepada jaringan.pembagi line menjadi dua line. Pihak Telkom akan memberikan splitter . KONFIGURASI DENGAN SWITCH Gambar 16. akan tetapi jika anda ingin menghubungkan lebih dari dua komputer anda memerlukan sebuah switch sederhana 8 atau 12 port. Kedua piranti modem dan telpon ini bisa bekerja bersamaan tidak saling mengganggu satu sama lain karena menggunakan frequency yang jauh berbeda. Bagaimana konfigurasinya? Konfigurasi bisa diikuti menurut diagram pada gambar 17. Dengan menggunakan modem-router yang paling sederhana dari Telkom tersebut sudah bisa menghubungkan dua komputer sekaligus. Secara default fungsi DHCP ini adalah aktif jadi anda tidak perlu mengubahnya jika anda tidak faham betul dengan konfigurasi DHCP server. satu komputer dihubungkan dengan menggunakan kabel dan port USB.49 B. .

Dari sini sebenarnya anda sudah siap. Bagaimana caranya? Jika komputer anda sudah diinstall dengan Windows XP atau Vista. Bagaimana anda melakukannya? Lakukan tahapan seperti pada kolom tabel 6 berikut ini.50 Gambar 17. Diagram dengan Switch Setelah teknisi dari Telkom melakukan konfigurasi dari nodem-router. . C. sebenarnya jaringan anda sudah siap dan anda tinggal menghubungkan port LAN RJ45 dari modem-router ke Switch dengan menggunakan kabel UTP yang datang bersamaan dari modem (Telkom) yang biasanya adalah merupakan kabel cross. Yang anda perlu pastikan adalah bahwa semua komputer tersebut harus dikonfigure untuk menerima IP address secara automatis. dan masing-2 komputer yang terhubung dengan Switch sudah bisa mengkases Internet Speedy secara bersamaan. MENGKONFIGURASI IP ADDRESS KOMPUTER Pada dasarnya modem-router anda secara default sudah aktif berfungsi sebagai DHCP server yang akan memberikan IP address secara automatis kepada komputer yang terhubung kepada switch tersebut. Anda tinggal menghubungkan beberapa komputer dari Switch ke masing-2 interface NIC dari komputer dengan menggunakan kabel straight-trough. secara default dia sudah terkonfigurasi untuk menerima IP address secara automatis. Terkecuali jika anda sudah meng-utak atik konfigurasi TCP/IP nya dengan IP address manual.

4. Klik kanan ikon ³lan connection´ dan pilih ³Property´ => kemudian pilih Internet Protocol (TCP/IP) => klik ³Property´ 5. 2. Pada bagian bawah dilayar komputer anda perhatikan gambar komputer kembar dipojok kanan bawah. Mengkonfigurasi TCP/IP 1. Jika anda tidak mendapatkannya. anda bisa melakukan tahapan berikut: Klik Start => pilih Control Panel => cari ikon µNetwork Connection¶ dan lakukan dobel klik => lompat ke step 4 3. Atau anda cukup klik saja ikon tersebut. Klik kanan ikon ³lan connection´ dan pilih µOpen Network Connection¶.51 Tabel 6. Pastikan pada tab ³general´ kedua tombol radio di klik pada ³obtain an IP address automatically´ dan juga ³obtain DNS server address automatically´ .

anda tinggal mengganti posisi Switch dengan posisi Access Point dengan mengunakan kabel UTP yang sama. Akan tetapi demi keamanan jaringan wireless anda. Sebenarnya sudah banyak dipasaran sebuah piranti wireless router yang terintegrasi dengan modem juga dan sudah termasuk didalamnya sebuah router dengan fitur dual firewall (NAT dan SPI) 4 port RJ-45 Switch. D. jika anda harus melindungi jaringan private anda. dan juga Access Point. anda harus melakukan konfigurasi dan mengaktifkan keamanan wireless WEP atau WPA2 yang paling kuat. Diagram dengan Wireless Secara default tanpa harus melakukan konfigurasi apapun biasanya Access Point tersebut sudah bisa menyambung kepanjangan jaringan anda lewat wireless. Gambar 18. seperti 3Com® ADSL Wireless 11n Firewall Router. . Ada kalanya anda harus memberikan IP address baik menerima IP address dari DHCP server (dari modem-router) atau anda memberikan IP address manual.52 Sampai disini sebenarnya masing komputer anda sudah bisa terhubung dengan Internet Speedy secara bersamaan. WIRELESS ACCESS POINT Tidak jauh beda dengan konfigurasi yang menggunakan Swicth.

akan tetapi harus juga memikirkan suatu rencana penyelamatan dan pengembalian system jaringan anda in case terjadi suatu bencana. anda tidak saja hanya membuat design jaringan yang kompleks saja. Dalam suatu infrastruktur jaringan yang besar. sederhana tidak sekompleks untuk membuat koneksi jaringan LAN seperti dalam suatu organisasi IT yang besar. .53 Tentu saja jaringan seperti ini adalah jaringan LAN sederhana yang diperuntukkan dalam rumahan.

PT MEDIA SARANA DATA merupakan perusahaan swasta yang bergerak di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Ada beberapa pilihan tipe kecepatan internet yang dapat kita gunakan. terutama untuk layanan akses Internet dan komunikasi multimedia. Mahasiswa harus aktif melakukan konsultasi maupun pendampingan yang lebih intens dan terstruktur dengan pembimbing industri maupun dosen pembimbing agar proses pelaksanaan PI dapat lebih produktif. Perkembangan teknologi yang sangat pesat dibidang penyedia jasa layanan internet memunculkan banyak persaingan untuk mendirikan ISP (Internet Service Provider). Dengan fasilitas ini kita dapat mendirikan warnet atau bentuk nyata layanan itu sendiri. mengikuti tren teknologi yang berkembang pada saat ini. B. ruang dan waktu yang merupakan suatu jaringan komunikasi tanpa batas yang melibatkan jutaan komputer yang tersebar diseluruh dunia. efektif. SARAN 1. 2. Bagi Mahasiswa a.. Dengan Internet kita dapat mengakses data dan informasi kapan saja dan dimana saja. mulai menggarap sektor jalur komunikasi data dan IT solution langsung kepada end user. 4. Dengan internet dapat membuat bias jarak. dan efesien.54 BAB V KESIMPULAN DAN SARAN A. . 3. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini memungkinkan kita dapat menghubungkan komputer kita dengan internet melalui berbagai cara. KESIMPULAN 1.

Rapi. Rawat. Perlu disusun arahan yang jelas bagi peserta praktik industri agar proses pelaksanaannya mampu memberikan kontribusi yang positif bagi semua pihak. Resik. sehingga mata kuliah ini tidak menjadi penghambat kelancaran waktu kelulusan. Perlu adanya kesinambungan yang jelas antara kebutuhan industri dengan mata kuliah yang diajarkan di bangku kuliah. . b. Rajin) dalam sebuah industri harus tetap dilaksanakan secara stabil untuk mendukung kegiatan proses industri. Bagi Industri a. Mahasiswa harus memiliki perencanaan serta motivasi yang kuat agar dalam pelaksanaan praktek industrinya mahasiswa lebih mampu menghadapi segala hambatan yang ada. Pelaksanaan 5 R (Ringkas. 3. 2. Bagi Pendidikan Politeknik Muhammadiyah Yogyakarta a.55 b. Pihak kampus dapat memberikan bantuan kepada para mahasiswa yang belum mendapatkan tempat PI. b.

56 LAMPIRAN-LAMPIRAN .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful