LAPORAN PRAKTIKUM KIMIA DASAR II KIMIA LINGKUNGAN PERCOBAAN 2,3, DAN 4

OLEH: KELOMPOK III
Rininta Anggita Putri (1110016100047) Woro Puspito (1110016100048) Dini Rismayanti F. (1110016100049) Risti Ayu Tirtasari (1110016100050) Abu Hasan (1110016100051)

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI JURUSAN PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN ALAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SYARIFHIDAYATULLAH JAKARTA 2011

memiliki dampak yang signifikan terhadap kualitas lingkungan di sekitar manusia itu sendiri. Degradasi lingkungan dan bencana alam merupakan dampak yang paling dirasakan manusia. air limbah dari pabrik merupakan contoh penyebab pencemaran air. Masih adanya hewan air seperti ikan dan siput dan keberadaan tanaman air seperti Hydrilla menunjukkan perairan ini masih bersih. Kandungan logam berat seperti dalam tabel di atas diuraikan secara alami sangat .20 mg/ L 0.Tanggal percobaan : 15 April 2011 A. dan tanah baik secara langsung oleh manusia sangat berpengaruh terhadap penurunan kualitas lingkungan. hujan asam. membuang sampah ke sungai.30 mg/ L 0. penutupan lapisan permukaan aspal.0 mg/ L 0. Landasan Teori Pola perkembangan kehidupan dan kebutuhan manusia saat ini mengarah ke kehidupan konsumtif dan dunia industri. Pembakaran tidak sempurna dari asap gas buang kendaraan bermotor semakin meningkat. asap dari kebakaran hutan dan asap dari limbah industri yang tidak diobati adalah penyebab polusi udara. Tujuan Percobaan • Mengetahui kandungan logam berat di dalam sample air • Mengetahui pH sample tanah dan air B. plastik sampah menjadi penyebab pencemaran tanah.05 mg/ L Indikasi yang paling mudah untuk diamati di perairan tercemar adalah kehidupan di perairan ini. Kualitas air tanah terbaik menurut WHO sebagai berikut : Indikator Warna Bau Rasa Kekeruhan Ambang batas 15 TCU -Diterima oleh 90 % konsumen 5 NTU Unsur Zinc (Zn) Ferro (Fe) Alumunium (Al) Timbal (Pb) Komposisi 5. Pencemaran udara. air. Penggunaan deterjen yang berlebihan dan sabun. Penggunaan plastisida yang tidak dapat dijelaskan.

Bahaya yang dapat disebabkan oleh logam berat dalam tubuh manusia: Barium: menyebabkan naiknya tekanan darah dan gangguan sistem saraf Kromium: karsinogenik. Sedangkan pencemaran tanah adalah pencemaran yang terjadi di darat baik di kota maupun di desa. laut. Percobaan berikutnya adalah untuk mengamati kualitas air di hadapan makhluk hidup. Kandungan logam berat meningkat semakin lama akan menjadi karena akumulasi / menetap di perairan. danau. akan menguji air tanah yang telah diambil oleh masingmasing kelompok. . dan sebagainya. Pada percobaan berikut. Kimia Lingkungan: Bagian dari ilmu kimia yang mempelajari pengaruh dari bahan kimia terhadap lingkungan. mata dan selaput lendir Tanah polusi yang disebabkan oleh polusi hujan asam hujan dengan deposit (hujan asam). kelainan pada janin Perak: kerusakan jaringan kulit. Dalam percobaan untuk menguji ada tidaknya kandungan logam berat dalam sampel air. kerusakan ginjal. serta cara pencegahannya. Pencemaran air dan tanah adalah pencemaran yang terjadi di perairan seperti sungai. Penyebab terjadinya pencemaran lingkungan sebagian besar disebabkan oleh tangan manusia. Percobaan dilakukan adalah dengan menempatkan ikan kecil di air yang telah tercemar oleh limbah deterjen.sulit. situasi yang sangat berpengaruh terhadap tanah yang digunakan sebagai lahan pertanian dan mempengaruhi keasaman air tanah akan dikonsumsi oleh manusia. kerusakan jaringan kulit Timbal: kerusakan otak dan ginjal. kali. Kandungan asam dalam air hujan yang jatuh ke tanah membuat keasaman tanah meningkat. Kimia lingkungan mempelajari zat-zat kimia yang penggunaannya dapat menguntungkan dibidang kemajuan teknologi tetapi hasil-hasil sampingannya merugikan. air tanah. Umumnya. kelainan pada janin Merkuri: gangguan sistem saraf pusat.

Air Sampel . Jumlah pencemaran yang sangat masal dari pihak manusia membuat alam tidak mampu mengembalikan kondisi ke seperti semula. pasir.Larutan Na2CO3 .Larutan NaOH . industri. Erosi dan curah hujan yang tinggi. Sebab Pencemaran Lingkungan di Air dan di Tanah : 1. pertanian.6 tabung reaksi .Aquades . deterjen dan sebagainya yang tidak ramah lingkungan akan semakin memperparah kondisi pengrusakan alam yang kian hari kian bertambah parah. bau dan rasa air. DDT. Sampah dan zat seperti plastik. 2.Alam memiliki kemampuan untuk mengembalikan kondisi air yang telah tercemar dengan proses pemurnian atau purifikasi alami dengan jalan pemurnian tanah. bebatuan dan mikro organisme yang ada di alam sekitar kita.Larutan KI . dan sebagainya.Larutan PbNO3 .Larutan AgNO3 Tanah . Berikut ini adalah dampak dari pencemaran air yaitu : a Menurunnya pH air memperbesar sifat korosi air pada Fe dan dapat mengakibatkan terganggunya kehidupan organisme air. Alam menjadi kehilangan kemampuan untuk memurnikan pencemaran yang terjadi. c Adanya pembusukan zat-zat organik yang mengubah warna. 3.Larutan PbNO3 .Larutan HCl . Zat kimia dari lokasi rumah penduduk. Sampah buangan manusia dari rumah-rumah atau pemukiman penduduk. C.Larutan FeCl3 . Alat dan Bahan .pH meter .Gelas beker 50 ml . b Kenaikan suhu air mengakibatkan kelarutan O2 berkurang.

Prosedur II Langkah Kerja Gambar 1. Amati dan catat perubahan yang terjadi. 30 tetes Ag 5tetes HCl 6. 30tetes Pb 3. 2.D. Tambahkan 5 tetes larutan KI. Tuangkan 30 tetes sampel 2 ( yang mengandung logam Ag) ke dalam tabung reaksi lain. Tambahkan 5 tetes HCl . . Siapkan tabung reaksi dan pipet tetes yang telah dicuci dan dikeringkan. 7. Tuangkan 30 tetes sampel 1 (yang mengandung logam Pb) ke dalam tabung reaksi. Tambahkan 5 tetes larutan Na2CO3. Prosedur Kerja No A. 4. Kemudian Tambahkan 5 tetes sodium hidroksida. 5.

Prosedur III 1. Kemudian tambahkan 5 tetes sodium hidroksida. Berikutnya. Periksa sampel air sungai yang Anda bawa. amati dan catat perubahan daripada terjadi 5tetes NaOH . Amati dan catat perubahan yang terjadi. pada sample air III tambahkan 5 tetes larutan natrium hidroksida. ikuti prosedur di atas. 7. amati dan catat perubahan yang terjadi. 5tetes KI 9. Amati dan catat perubahan yang terjadi. Pertama. tambahkan 5 tetes larutan Kl. 5tetes Na2CO3 3. Amati dan catat perubahan yang terjadi. 30 tetes air 5tetes KI 2.8. 8. Kemudian. Isi tabung reaksi dengan 30 tetes sampel I air yang Anda bawa dari rumah. pada sample air II tambahkan 5 tetes asam hidroklorida. 30tetes Fe B. Dan tambahkan 5 tetes larutan Kl. 5 tetes KI 6. Amati dan catat perubahan yang terjadi. Kemudian tambahkan 5 tetes larutan Na2CO3. Dan tambahkan 5 tetes larutan KI. 5tetes HCl 5. tambahkan 5 tetes sodium hidroksida. Isi tabung reaksi yang lain dengan 30 tetes sampel 3 (mengandung logam Fe). 4.

3. pisahkan air dari endapan tanah. Uji dengan pH meter dan baca angka pada layar. Masukan 5 gram tanah di gelas beker. Catat pH untuk sampel tanah Anda.C. Hasil Pengamatan Prosedur II Warna Awal Perubahan Warna Supernatan berwarna I PbNO3 Bening +5tetes KI +5tetes KI+Na2CO3 Transparan Dan endapan berwarna putih susu II AgNO3 +5tetes HCl Bening +5tetes HCl+5tetes NaOH AgCl berwarna putih. 5. Lalu tambahkan aquades sekitar 200 ml. Prosedur IV 1. Aduk sekitrar satu menit sampai aquades berubah warna menjadi warna tanah. ulangi prosedur di atas untuk sampel air tanah yang Anda bawa dari rumah. Supernatan Terdapat Terdapat endapan di bagian bawahnya Sample Penambahan Larutan Catatan . 4. Ambil sampel tanah yang Anda bawa dari rumah. E. 2. 6.

berwarna hijau lumut Dan endapan berwarna hijau lumut +5tetes HCl+5tetes NaOH +5tetes KI Supernatan berwarna III FeCl3 Orange +5tetes NaOH orange dan endapan berwarna merah bata Hijau lumut endapan Endapan turun semua Terdapat endapan Prosedur III Warna Awal Perubahan Warna Sample Penambahan Larutan +5tetes KI Catatan Tidak terjadi Air Sample Bening +5tetes KI+Na2CO3 Warna tetap bening perubahan warna sedikitpun +5tetes HCl Air Sample +5tetes HCl+5tetes NaOH Bening +5tetes HCl+5tetes NaOH +5tetes KI +5tetes NaOH Air Sample Warna tetap bening Tidak terjadi perubahan warna sedikitpun Tidak terjadi Warna tetap Bening bening perubahan warna sedikitpun .

dapat dikatakan bahwa air sample dari kampus tersebut mengandung logam berbahaya.08.Prosedur IV • Massa tanah yang digunakan 5 gram • pH sample tanah+air Aqua 7. Pada sampel II.08 • Volum sample air tanah 220ml • pH sample tanah+air sample 6. Pada percobaan ketiga seluruh sampel yang menggunakan air yang ada di kampus yang di campurkan 5 tetes larutan yang sama dengan percobaan kedua. terdapat endapan kasar yang menandakan adanya pencemaran air yang disebabkan oleh perak. Jelas Fe(OH)3 + 3NaCl AgCl + HNO3 AgOH + NaNO3 PbNO3 + Na2CO3 AgI + KNO3 . yaitu percobaan 5 gram sampel tanah yang dicampur dengan aquades 200 ml didapatkan pH sebesar 7. dan logam akan mengendap kecuali logam alkali dan NH4. Jika air tersebut menunjukkan warna yang yang hampir sama dengan warna indikator percobaan pertama. didapat endapan putih yang menandakan bahwa adanya pencemaran air yang di sebabkan oleh Timbal. terdapat larutan perak (Ag) yang berwarna bening dicampurkan dengan larutan HCl ditambahkan NaOH lalu ditambahkan KI masing-masing 5 tetes warna yang terbentuk adalah hijau lumut keruh . yaitu terdapat larutan timbale(Pb) yang dicampurkan dengan larutan KI dan Na2CO3 masing-masing 5 tetes warna yang terbentuk adalah putih susu. Pada percobaan keempat. Dan pada sampel terakhir yaitu FeCl yang di tambahkan 5 tetes NaOH muncul warna merah bata. pH dari campuran ini lebih dari 7 karena di dapat dari pH aquades yang ber-pH netral dicampur dengan pH tanah. didapat warna tetap bening yang terbentuk endapan. Pembahasan Pada percobaan kedua. dan terdapat endapan yang merupakan tanda dimana adanya pencemaran yang disebabkan oleh logam Fe.49 Reaksi larutan PbNO3 + KI PbI + KNO3 PbCO3 + Na2NO3 AgNO3 + HCl AgNO3 + NaOH AgNO3 + KI FeCl3 +3 NaOH F. Hal ini menandakan bahwa air tersebut tidak ada yang mengalami pencemaran logam .

Indikasi dari pencemaran baik air ataupun tanah dapat dilihat dari kondisi perubahan warnanya. Jika air yang telah tercemar menyerap kedalam tanah maka yang terjadi adalah air tanah yang tercemar seperti pada percobaan yang telah dilakukan . dan KI. ataupun dari baunya. • • • pencemaran oleh logam perak (Ag) dapat diketahui dengan menambahkan larutan HCl. G. pada percobaan 4 pH air sampel tidak menunjukan pH air yang layak pakai karena pHnya kurang dari 7. diantaranya disebabkan oleh limbah-limbah rembesan penumpukan sampah. Tanah merupakan tempat penampungan berbagi bahan kimia. Hal ini dikarenakan adanya pencemaran dari tanah dan air. pencemaran oleh Fe dapat diketahui dengan menambahkan NaOH. pH dari campuran ini berkebalikan dengan pH yang dihasilkan dari percobaan yang menggunakan aquades. Kardium. gas SO2 yang mengandung sulfat yang dapat masuk dan mencemari tanah dan oleh gas buang kendaraan bermotor yang mengandung partikel timbal (Pb).ada atau tidaknya endapan. timbal dam merkuri. Kesimpulan • pencemaran oleh logam timbal (Pb) dapat kita ketahui dengan menambahkan larutan KI dan Na2CO3 dengan indikator adanya endapan putih. Sedangkan aquades memiliki pH 7 yang berarti bebas dari zat kimia sehingga tidak mengalami pencemaran. Pencemaran tanah dan juga air dapat disebabkan oleh berbagai hal.diketahui bahwa yang mengalami pencemaran adalah tanah. . NaOH. kolam lumpur. pH air tanah ini kurang dari 7.49. air cenderung bersifat sedikit asam.Sedangkan pada percobaan sampel air tanah yang diambil dari lingkungan kampus didapatkan pH sebesar 6. Pencemaran air dapat disebabkan dari zat kimia seperti Arsen.

39pm) .Polusi Air dan Udara.ui.2009.2011.id/upload/artikel/02_Dampak%20Pencemaran%20Logam%20Ber at_Lestari.forumbebas.DAFTAR PUSTAKA Fardiaz.PDF (diakses 9 Mei 09.ac.UIN.Jakarta http://www.1992.Jakarta N.Srikandi.54pm) http://journal.Siahaan.Kanisius.Yogyakarta Irwandi.com/printthread.Jakarta Sumardjo.Damin.Penerbit Buku Kedokteran.2004.H.General Chemistry II.php?tid=51689 (diakses 10 Mei 10.Pengantar Kimia Buku Panduan Kuliah Masahasiswa Kedokteran Fakultas Bioeksakta.T.Hukum Lingkungan dan Ekologi Pembangunan Erlangga.Dedi dkk.

Lampiran Gambar Hasil Percobaan II&III Warna Indikator Ag Warna Indikator Pb Warna Indikator Fe Hasil Uji kandungan logam pada Sample Air .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful