BAB I PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Pada era sekarang ini kebutuhan akan informasi yang cepat dan akurat sudah merupakan kebutuhan yang tidak terpisahkan dalam kehidupan masyarakat. Masyarakat pada umumnya lebih menyukai pelayanan yang cepat dan memuaskan seperti pada pasar modern. Untuk dapat memebuat suatu pelayanan yang cepat dan akurat dibutuhkan suatu teknologi informasi yang memadai. Perkembangan teknologi informasi sekarang ini semakin pesat. Teknologi informasi telah merambah ke seluruh sektor kehidupan, mulai dari digunakannya Teknologi Informasi ini hanya sebagai pengganti mesin ketik sampai dengan yang sudah mendukung dalam pengambilan keputusan manajemen. Hal ini tentu saja membawa dampak perubahan seluruh sektor kehidupan manusia. Pada dasarnya Teknologi informasi adalah perangkat yang berharga karena dapat memberikan berbagai manfaat baik langsung maupun tidak langsung. Teknologi informasi mencakup teknologi komputer dan teknologi komunikasi. Lebih rinci, teknologi informasi dapat dikelompokkan menjadi lima teknologi, yaitu teknologi komunikasi, teknologi masukan, teknologi perangkat lunak, teknologi penyimpan, dan teknologi mesin pemroses. Sistem ini terbentuk sehubungan dengan penggunaan teknologi informasi. Suatu sistem teknologi informasi pada dasarnya tidak hanya mencakup hal-hal yang bersifat fisik saja, seperti computer dan printer, tetapi juga mencakup hal-hal yang tidak terlihat secara fisik, yaitu software dan yang lebih penting adalah factor manusia. Dengan kata lain, komponen utama sistem teknologi informasi adalah berupa :
1. 2. 3.

Perangkat keras (hardware) Perangkat lunak (software) dan Manusia (brainware)
1

Ketiga komponen ini satu sama lain saling terkait. Bagaimana perangkat keras ini dapat mendukung perfoma dari perangkat lunak, syaratsyarat dari device yang dibutuhkan oleh perangkat lunak mestinya dapat dipenuhi oleh perangkat keras ini. Dengan menggabungkan ketiga komponen diatas suatu informasi dapat di proses atau diperoleh dengan cepat. Suatu perusahaan sebaiknya dapat memanfaatkan teknologi informasi yang ada sekarang ini untuk memudahkan konsumen. 1.2. Perumusan Masalah Berdasarkan uraian dimuka, maka dapat dirumuskan beberapa permasalahan yang muncul, diantaranya adalah : a. b. Dibutuhkan sarana untuk promosi selain dengan cara menual Dibutuhkan sarana pelayanan konsumen yang lebih cepat dan melalui media yang baru seperti internet. efisien. 1.3. Batasan Masalah Dari Rumusan Masalah tersebut diatas, maka dalam pembuatan ini hanya dibatasi pada permasalahan-permasalahan sebagai berikut : a. b. c. Membuat suatu sarana baru untuk melakukan promosi yaitu Website yang dibuat di upload ke internet sehingga dapat di akses Website yang dibuat di batasi hanya pada pemasaran jasa agen dengan membuat website. via internet. travel yaitu pemesanan tiket, hotel, tour and travel. 1.4. Tujuan Pembuatan Web Berdasarkan perumusan masalah dan pembatasan masalah, maka dapat dideskripsikan tujuan dari pembuatan web ini adalah :

2

meliputi implementasi analisa masalah dan penyelesaian masalah sesuai dengan bidang keilmuan yang ditekuni.1.5. 2. Sebagai media pengimplementasian keilmuan teoritis mahasiswa. Dengan adanya website yang terkoneksi ke internet. Manfaat Pembuatan Web Adapun manfaat dari pembuatan website “Simple Agent” antara lain : 1. 2. maka peluang bisnis menjadi luas karena website dapat diakses baik dalam maupun luar negeri. Sehingga pangsa pasar dari perusahaan tidak hanya para wisatawan dari domestik saja. Menyelesaikan permasalahan yang ada di instansi terkait. dengan pembuatan web agen travel “Simple Agent”. 1. Lebih memudahkan customer untuk memesan tiket perjalanan tour wisata mereka. 3 .

BAB II LANDASAN TEORI 4 .

anda bisa menampilkan databases ke halaman web. pada prinspinya. PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada tahun 1997. Dengan perilisan kode sumber ini menjadi open source. kependekan dari Personal Home Page/Form Interpreter. Selanjutnya Rasmus merilis kode sumber tersebut untuk umum dan menamakannya PHP/FI. cold fusion . walaupun tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain. Dalam rilis ini disertakan juga modul-modul ekstensi yang meningkatkan kemampuan PHP/FI secara signifikan. artinya. Hasilnya adalah yang dikirim ke klient. ia dapat membentuk suatu tamplan berdasarkan permintaan terkini. Ia merupakan bahasa berbentuk skrip yang ditetapkan dalam server dan diproses di Server. Pada waktu itu PHP masih bernama FI (Form Interpreted). Pada November 1997. ataupun perl.0.0. Secara khusus. PHP dirancang untuk membentuk web dinamis.3. dirilis PHP/FI 2. 5 . perusahaan tersebut merilis interpreter baru untuk PHP dan meresmikan rilis tersebut sebagai PHP 3. PHP singkatan dari PHP Hypert Preprosesor. Kemudian pada Juni 1998. PHP mempunyai fungsi sama dengan script-scirpt seperti ASP (active server page). Pada rilis ini interpreter PHP sudah diimplementasikan dalam program C. lebih baik. PHP pemrograman script yang banyak dipakai paling banyak untuk memrogram situs web dinamis. dan lebih cepat. yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web. tempat pemakai menggunakan web broser.PHP (PHP Hypertext Preprocessor) version 5. menurut dokumen resmi PHP. Misalnya.1 Kadir abdul (2001). PHP adalah bahasa dipakai saat ini. sebuah perusahaan bernama Zend menulis ulang interpreter PHP menjadi lebih bersih. banyak programmer yang tertarik untuk ikut mengembangkan PHP.

dan menyampaikain segala informasi yang di butuhkan oleh web server. Versi ini juga memasukkan model pemrograman berorientasi objek ke dalam PHP untuk menjawab perkembangan bahasa pemrograman ke arah paradigma berorientasi objek. Berdasarkan URL (Uniform Langunge Locator) atau dikenal dengan sebutan alamat internet. Versi ini banyak dipakai disebabkan kemampuannya untuk membangun aplikasi web kompleks tetapi tetap memiliki kecepatan dan stabilitas yang tinggi.milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan. Unix. 6 .Pada pertengahan tahun 1999. Web Server yang mendukung PHP dapat ditemukan dimana . PHP 4. Dalam versi ini. Dalam sisi pengembangan lebih mudah. Kelebihan PHP dibandingkan bahasa pemrograman yang lainya antara lain :  Bahasa pemrograman PHP adalah sebuah bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaanya. Lighttpd. mengidentifikasi halaman yang dikehendaki. inti dari interpreter PHP mengalami perubahan besar.0 adalah versi PHP yang paling banyak dipakai pada awal abad ke-21.0. Macintosh. browser mendapatkan alamat dari web server. IIS. karena banyaknya milis . hingga Xitami dengan configurasi yang relatif mudah. Pada Juni 2004. Zend merilis PHP 5. Dalam sisi pemahamanan. PHP adalah bahasa scripting yang paling mudah karena memiliki referensi yang banyak. Model kerja HTML diawali dengan permintaan suatu halaman web     oleh browser.0. PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan di berbagai mesin (Linux. Zend merilis interpreter PHP baru dan rilis tersebut dikenal dengan PHP 4.mana dari mulai apache. Windows) dan dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalankan perintah-perintah system.

7 . 2001. Web serve r Request HTTP Mesin PHP Skrip PHP Kode HTML Browser Gambar 2. Untuk cara kerja PHP mirip dengan cara kerja yang ada di HTML. hanya saja ketika berkas PHP yang diminta didapat kan oleh web server.1 Skema PHP Dikutip dari buku Kadir abdul.Selanjutnya webserver akan mencarikan berkas yang diminta dan memberikan isinya ke webbrowser. isinya segera dikirimkan kemesin PHP dan mesin inilah yang memproses dan memberikan hasilnya ke webserver selanjutnya webserver menyampaikan ke klien. Browser yang mendapatkan isinya segera melakukan proses kode HTML dan menampilkan ke layar pemakai.

MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL). dan menjadi bagian dari proyek open source-nya Sun. Sebagai sebuat databases server yang mampu untuk memanajement database dengan baik. MySQL dimiliki dan disponsori oleh sebuah perusahaan komersial Swedia MySQL AB. Allan Larsson.MySQL Mysql merupakan databases yang paling digemari dikalangan programer web. database tersebut sepeti Oracle dan PostgreeSQL. dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. Kadir abdul (2001). tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL. Kedua orang Swedia dan satu orang Finlandia yang mendirikan MySQL AB adalah:David Axmark. dan Michael "Monty" Widenius. dimana perangkat lunak dikembangkan oleh komunitas umum. dimana memegang hak cipta hampir atas semua kode sumbernya. Selain MYSQL masih terdapat beberapa jenis database server yang juga memiliki kemampuan yang juga tidak bisa dianggap enteng. dengan alasan bahwa program ini merupakan database yang sangat kuat dan cukup stabil untuk digunakan sebagai media penyimpanan data. 8 . MYSQL terhitung merupakan database yang paling populer dan digemari dan banyak digunakan dibanding dengan database lainya. dan hak cipta untuk kode sumber dimiliki oleh penulisnya masing-masing. adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yangmultithread. multi-user. Tidak sama dengan proyek-proyek seperti Apache. Namun saat ini MySQL telah diakuisi oleh Sun Microsystem.

yang memungkinkan pengoperasian data dikerjakan dengan mudah secara otomatis. Selain itu MySQL juga memiliki beberapa keistimewaan.MySQL adalah Relational Database Management System (RDBMS) yang didistribusikan secara gratis dibawah lisensi GPL (General Public License). seperti signed / unsigned integer. float. dibawah lisensi GPL sehingga dapat digunakan secara cuma-cuma. Column types : MySQL memiliki tipe kolom yang sangat kompleks. Sebagai database server. double. antara lain : 1. Solaris. Keandalan suatu sistem database (DBMS) dapat diketahui dari cara kerja optimizer-nya dalam melakukan proses perintah-perintah SQL. 4. Open Source : MySQL didistribusikan secara open source (gratis). MySQL dapat dikatakan lebih unggul dibandingkan database server lainnya dalam query data. timestamp. Hal ini terbukti untuk query yang dilakukan oleh single user. Linux. FreeBSD. MySQL sebenarnya merupakan turunan salah satu konsep utama dalam database sejak lama. 5. namun tidak boleh dijadikan produk turunan yang bersifat closed source atau komersial. Multiuser : MySQL dapat digunakan oleh beberapa user dalam waktu yang bersamaan tanpa mengalami masalah atau konflik. date. Dimana setiap orang bebas untuk menggunakan MySQL. Portability : MySQL dapat berjalan stabil pada berbagai sistem operasi seperti Windows. Amiga. Performance tuning : MySQL memiliki kecepatan yang menakjubkan dalam menangani query sederhana. SQL adalah sebuah konsep pengoperasian database. dan masih banyak lagi. 3. yaitu SQL (Structured Query Language). Mac Os X Server. char. dengan kata lain dapat memproses lebih banyak SQL per satuan waktu. yang dibuat oleh user maupun program-program aplikasinya. 9 . terutama untuk pemilihan atau seleksi dan pemasukan data. dan lain-lain. text. kecepatan query MySQL bisa sepuluh kali lebih cepat dari PostgreSQL dan lima kali lebih cepat dibandingkan Interbase. 2.

Popularitas sebagai aplikasi web dikarenakan kedekatannya dengan popularitas PHP. dengan jumlah records lebih dari 50 juta dan 60 ribu tabel serta 5 milyar baris. dan izin akses user dengan sistem perizinan yang mendetail serta password terenkripsi. bahasa Indonesia belum termasuk didalamnya. MySQL sangat populer dalam aplikasi web seperti MediaWiki (perangkat lunak yang dipakai Wikipedia dan proyek-proyek sejenis) dan PHPNuke dan berfungsi sebagai komponen basis data dalam LAMP. 13. Scalability dan limits : MySQL mampu menangani database dalam skala besar. dibandingkan database lainnya semacam PostgreSQL ataupun Oracle. Connectivity : MySQL dapat melakukan koneksi dengan client menggunakan protokol TCP/IP. 11. atau Named Pipes (NT). sehingga seringkali disebut sebagai Dynamic Duo. 9. Unix soket (UNIX). nama host. 10 . 8. Interface : MySQL memiliki interface (antar muka) terhadap berbagai aplikasi dan bahasa pemrograman dengan menggunakan fungsi API (Application Programming Interface). Command dan functions : MySQL memiliki operator dan fungsi secara penuh yang mendukung perintah Select dan Where dalam query. Security : MySQL memiliki beberapa lapisan sekuritas seperti level subnetmask. Meskipun demikian. Selain itu batas indeks yang dapat ditampung mencapai 32 indeks pada tiap tabelnya. 12. Struktur tabel : MySQL memiliki struktur tabel yang lebih fleksibel dalam menangani ALTER TABLE. 7. 10. Localization : MySQL dapat mendeteksi pesan kesalahan pada client dengan menggunakan lebih dari dua puluh bahasa. Clients dan tools : MySQL dilengkapi dengan berbagai tool yang dapat digunakan untuk administrasi database. dan pada setiap tool yang ada disertakan petunjuk online.6.

Dreamweaver bisa langsung terkoneksi dengan webserver dan Database server yang ada pada komputer. Dreamweaver juga terintegrasi dengan Adobe Spry. Dengan adanya Adobe Dreamweaver CS3 ini. mudah. kita bisa mendesain halaman web secara visual tanpa harus mengetikkan kode HTML secara manual. Sehingga waktu pembuatan juga dapat menjadi lebih efektif dan efisien. Salah satu program aplikasi web editor tersebut adalah Adobe Dreamweaver CS3. menggeser aktivitas membuat e-mail beberapa waktu lalu. 11 . saat ini sudah banyak terdapat program aplikasi web editor yang memudahkan orang untuk membuat website dengan cepat. termasuk margin dan padding yang telah dibuat sehingga mempermudah penggunaan CSS. dan hasilnya pun menjadi sangat menarik dan interaktif. yaitu pustaka javascript untuk berbagai kebutuhan seperti efek visual.. Catatan : pustaka ini mulai tersedia pada versi CS3 dan diatasnya. Live CSS : desain dengan menggunakan CSS bisa langsung dilihat pada tampilan visualnya.Dreamweaver Saat ini aktivitas membuat website sudah mulai menjadi tren baru yang banyak dipelajari orang. validasi inputan. Koneksi dengan PHP dan MySQL : dengan mendifinisikan site dan database. dan bahkan untuk penggunaan AJAX (Asyncronous JavaScript and XML). Ini sangat membantu dalam pendefinisian dependensi kode. Validasi dan Efek : setelah diakuisisi oleh Adobe inc. d. Apalagi. dan juga fitur auto completenya. Beberapa kelengkapan tersebut adalah : a. user akan lebih terbantu dalam membuat website. Visual Design : dengan menggunakan Dreamweaver. b. meskipun terkadang kurang rapi indentasinya. kode yang dihasilkan pun cukup bagus sesuai dengan standar XHTML yang bisa dikonfigurasi. c. karena telah dilengkapi dengan berbagai macam kelengkapan.

Data Primer Yaitu data yang diperoleh secara langsung yang dapat berupa wawacara langsug dengan customer yang dalam hal ini adalah objek penelitian tersebut. b.2 Jenis Data Data yang diperlukan dalam penyusunan laporan web antara lain : a. laporan yang berkaitan dengan masalah yang akan diteliti serta dibahas. Data Sekunder Yaitu data yang diperoleh secara tidak langsung yang dapat berupa studi pustaka maupun dari catatan.3 Metode Pengumpulan Data Metode pengumpulan data berguna untuk memperoleh data serta keterangan dalam penelitian sesuai sumber data. Dalam penyusunan laporan ini metode pengumpulan data dipergunakan antara lain : a. Studi Lapangan Yaitu pengumpulan data secara langsung dengan meninjau dan mengamati secara langsung terhadap objek yang diteliti melalui : 12 . 3.BAB III METODE PENELITIAN 3. 3.1 Objek Penelitian Dalam penyusunan laporan web ini penulis melakukan penelitian dengan objek pembuatan website dinamis tentang topik Agen Travel.

Observasi Merupakan metode pengumpulan data dengan melakukan pengamatan dan pencatatan langsung sistem yang berjalan pada objek penelitian. 13 . Wawancara Merupakan metode pengumpulan data dengan mengadakan tanya jawab langsung terhadap responden sehingga mengetahui masalah secara jelas. 3. Pressman: Pemodelan Sistem Informasi analisis desain kode tes Gambar 3. b. Studi Pustaka Yaitu pengumpulan data dengan menggunakan dan mempelajari buku-buku. desain.4 Model sekuensial linier Sekuensial linier mengusulkan sebuah pendekatan kepada pengembangan perangkat lunak yang sistematik dan sekuensial yang mulai pada tingkat dan kemajuan sistem pada seluruh analisis.1. Di dalam model sekuensial linier ini terdapat berbagai fase / tahap yang dapat dilihat dari gambar di bawah ini menurut Roger S. 2.4 Metode Pengembangan Sistem Dalam laporan ini penulis menggunakan model pengembangan sistem secara sekuensial linier. kode. Model ini juga sering disebut sebagai model waterfall. materi kuliah maupun literatur-literatur lainnya serta mencari atau browsing internet mencari informas tambahan sebagai landasan teori bagi penulis.

unjuk kerja. Kebutuhan baik untuk sistem maupun perangkat lunak didokumentasikan dan dilihat lagi dengan pelanggan. • Analisis kebutuhan perangkat lunak Proses pengumpulan kebutuhan diintensifkan dan difokuskan. struktur data. model sekuensial linier melingkupi aktivitas-aktivitas sebagai berikut : • Rekayasa dan pemodelan sistem/informasi Karena perangkat lunak selalu merupakan bagian dari sebuah sistemm (bisbis) yang lebih besar. khususnya pada perangkat lunak. Pandangan sistem ini penting ketika perankat lunak harus berhubungan dengan elemen-elemen yang lain seperti perangkat lunak. dan database. dan antarmuka (interface) yang diperlukan.pengujian. tingkah laku. representasi interface. • Desain Desain perangkat lunak sebenarnya adalah proses multi langkah yang berfokus pada empat attribut sebuah program berbeda. Dimodelkan setelah siklus rekayasa konvensional. Proses desain menterjemahkan syarat/ kebutuhan ke dalam sebuah representasi perangkat lunak yang dapat diperkirakan kode. . manusia. kerja dimulai dengan membangun syarat dari semua elemen sistem dan mengalokasikan beberapa subset dari kebutuhan ke perangkat lunak tersebut. dan pemeliharaan. Untuk memahami sifat program yang dibangun. arsitektur perangkat lunak. dan detail (algoritma) prosedural. Rekayasa dan analisis sistem menyangkut pengumpulan kebutuhan pada tingkat sistem dengan sejumlah kecil analisis serta desain tingkat puncak. Rekayasa informasi mencakup juga pengumpulan kebutuhan pada tingkat bisnis strategis dan tingkat area bisnis. demi kualitas sebelum dimulai desain 14 pemunculan Sebagaimana persyaratan. perekayasa perangkat lunak (analis) harus memahami domain informasi.

atau karena pelanggan membutuhkan perkembangan fungsional atau unjuk kerja. pengujian program dimulai. pembuatan kode dapat diselesaikan secara mekanis. 15 .didokumentasikan dan menjadi bagian dari konfigurasi perangkat lunak. memastikan bahwa semua pernyataan sudah diuji. • Pemeliharaan Perangkat lunak akan mengalami perubahan setelah disampaikan kepada pelanggan (perkecualian yang mungkin adalah perangkat lunak yang dilekatkan). dan pada eksternal fungsional yaitu mengarahkan pengujian untuk menemukan kesalahan-kesalahan dan mematiskan bahwa input yang dibatasi akan memberikan hasil yang aktual yang sesuai dengan hasil yang dibutuhkan. • Pengujian Sekali kode dibuat. Pemeliharaan perangkat lunak mengaplikasikan lagi setiap fase program sebelumnya dan tidak membuat yang baru lagi. proses pengujian berfokus pada logika internal perangkat lunak. Jika desain dilakukan dengan cara yang lengkap. • Generasi kode Desain harus diterjemahkan ke dalam bentuk mesin yang bisa dibaca. karena perangkat lunak harus disesuaikan untuk mengakomodasi perubahan-perubahan di dalam lingkungan eksternalnya (contohnya perubahan yang dibutuhkan sebagai akibat dari perangkat peripheral atau sistem operasi yang baru). Langkah pembuatan kode melakuka tugas ini. Perubahan akan terjadi karena kesalahankesalahan ditentukan.

Agent travel sebagai perusahaan yang menyediakan jasa dituntut untuk melayani pelanggan dengan baik dan cepat.2 Alternatif Solusi yang Ditawarkan Dengan melihat permasalahan yang ada maka dibuat website untuk menghandel semua pelayanan terhadap pelanggan seperti pemesanan tiket dan lain sebagainya. apa saja inputan yang diberikan. kebutuhan akan pelayanan yang tepat serta cepat merupakan hal yang mutlak harus dilakukan oleh lembaga penyedia layanan. serta keluaran yang dihasilkan. Perangkat lunak ini mempunyai halaman login sehingga dapat meningkatkan keamanan data dan user yang login benar-benar telah teridentifikasi di dalam database. 4.1 Analisa Permasalahan Dengan adanya teknologi yang semakin pesat berkembag sekarang ini. 4. proses yang berjalan.BAB IV EVALUASI DAN PERANCANGAN 4. Tidak terkecuali perusahaan agent travel. Oleh karena itu dibutuhkan suatu sistem yang dapat menangani masalah tersebut.3 Desain Tabel 16 . Perancangan Sistem Perancangan sistem bertujuan untuk menentukan bagaimana nantinya sistem akan berjalan.

dan tabel pesanan. id login Varchar 25 Nama admin Varchar 32 Password login 4. id wisata Judul wisata Keterangan tempat wisata Yang memposting Tanggal posting (otomatis) Nama gambar Tipe gambar Ukuran gambar Isi gambar. id login Varchar 25 Nama pelanggan Varchar 30 Password login Char 40 Alamat pelanggan Char 9 Jenis kelamin Char 30 Perusahaan. tabel admin.Website yang di buat mempunyai 6 tabel utama.4. boleh kosong Char 12 Telepon pelanggan Char 12 Fax pelanggan Char 30 Email pelanggan 4.1 Table pelanggan No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 Nama Field Username Nama Password alamat jnsKel prusahaan Telpon Fax Email Tipe Data Ukuran Keterangan Varchar 15 Kunci utama.4. tabel hotel.4.3 Table wisata No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Nama Field Id Judul Isi Oleh Tanggal Nama Tipe Ukuran Content Status Int Varchar Text Varchar Varchar Varchar Varchar Int Mediumblob Varchar 11 50 ~ 25 17 30 30 11 16Mb 4 Kunci utama. tabel wisata. dalam binary Status posting 17 Tipe Data Ukuran Keterangan .2 Table admin No 1 2 3 Nama Field Admin Nama Password Tipe Data Ukuran Keterangan Varchar 20 Kunci utama. tabel paket. yaitu tabel pelanggan. Beriku adalah susunan lengkap table tersebut : 4.

4.baru). Status baru akan ditampilkan pada halaman utama/ home.5 Table hotel No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 Nama Field Id Nama Isi Oleh Tanggal nmFoto Tipe Ukuran Content Tipe Data Int Varchar Text Varchar Varchar Varchar Int Varchar Mediumblob Ukuran 11 50 ~ 25 17 30 30 11 16Mb Keterangan Kunci utama Judul/ nama hotel Keterangan hotel Yang memposting Tanggal posting (otomatis) Nama gambar Tipe gambar Ukuran gambar Isi gambar.4. dalam binary 4.4 Table paket No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 Nama Field Id Nama Isi Oleh Tanggal nmFoto Tipe Ukuran Content Tipe Data Int Varchar Text Varchar Varchar Varchar Int Varchar Mediumblob Ukuran 11 50 ~ 25 17 30 30 11 16Mb Keterangan Kunci utama Judul/ nama paket Keterangan paket Yang memposting Tanggal posting (otomatis) Nama gambar Tipe gambar Ukuran gambar Isi gambar.4. boleh kosong 18 .6 Table pesanan No 1 2 Nama Field Id Prusahaan Tipe Data Int Varchar Ukuran Keterangan 11 Kunci utama 15 Perusahaan palanggan.(lama. dalam binary 4. 4.

Setelah user login. Untuk mendaftar sebagai pelanggan tetap.4 Halaman Utama Di halaman utama user dapat melihat daftar wisata terbaru yang telah di posting oleh administrator. kemudian isilah semua data yang ada.wisata/ paket) Atas nama tiket Tanggal menginap Jumlah tiket Kota asal/ keberangkatan asal Tempat yang di tuju Nama tujuan wisata/ hotel 4. Selain itu user juga dapat login sebagai pelanggan tetap. maka setiap kali user melakukan pemesanan tanpa harus mengisikan identitas terlebih dahulu karena secara otomatis identitas user yang ada dalam database akan ditampilkan.3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 Nama Alamat Telpon Fax Email Jasa atsNama Tanggal Jumlah Brangkat Datang Detail Varchar Varchar Char Char Char Varchar Char Char Int Char Char Char 25 40 12 12 30 6 25 17 11 50 50 50 Nama pelanggan Alamat pelanggan Telepon pelanggan Fax pelanggan Email pelanggan Yang dipesan (hotel. klik tombol daftar pada kolom login. 19 .

Gambar 4.5 Halaman utama simple agent 4. Berikut adalah preview dari halaman paket tour : 20 .5 Halaman Paket Tour Di halaman ini menampilkan semua paket tour yang ada yang telah di inputkan ke database oleh administrator.

7 Halaman Galeri 21 .Gambar 4.7 Halaman hotel 4. User dapat melihat preview gambar dari hotel yang ada.6 Halaman paket tour 4. Gambar 4.6 Halaman Hotel Di halaman ini menampilkan daftar hotel yang telah tersedia di simple agent.

Halaman ini menampilkan semua daftar tempat wisata yang ada dalam database baik status posting lama ataupun terbaru.8 Halaman Pemesanan Di halama ini user dapat melakukan transaksi pemesanan tiket maupun hotel serta paket wisata yang tersedia di simple agent.8. Gambar 4. 22 .1 Halaman galeri 4.

Gambar 4.9 Halaman Login Admin Untuk mengedit posting serta berbagai fitur lainnya. masuklah sebagai administrator simple agent dengan cara buka browser ketikkan alamat berikut ini http://simpleagent.9 Halaman pemesanan 4.orgfree.com/admin maka akan muncul seperti gambar berikut ini : Gambar 4.10 Halaman login admin simple agent Masukkan username dan password secara benar. system default mempunyai id dan password sebagai berikut : 23 .

Tidak hanya itu admin dapat mengedit serta menghapus data pelanggan yang ada.11 Halaman data pelanggan 4. Gambar 4.Username : admin Password : admin 4.10 Halaman Data Pelanggan Di halaman ini adminstrator dapat melihat semua daftar dari pelanggan yang telah mendaftar di simple agent. 24 . Dengan mengklik link tambah.11 Halaman Posting Di halaman ini administrator dapat menambahkan posting tentang wisata terbaru yang telah tersedia di simple agent.

12.2 Halaman tambah posting Administrator dapat menambahkan gambar preview dari tempat wisata agar terlihat menarik. 25 .12.Gambar 4.1 Halaman posting Gambar 4. Nama dari yang memosting data wisata serta tanggal tidak di tampilkan pada halaman tambah posting ini karena dilakukan secara otomatis oleh sistem dengan mengambil nama login admin serta tanggal dari komputer server.

Untuk memudahkan user juga terdapat keterangan dengan warna merah.Untuk tampilan halaman hotel. paket tour mempunyai penjelasan yang sama seperti pada halaman posting ini. 26 . pesanan.

c. salah satu yang perlu dilaksanakan juga adalah antisipasi terhadap perubahan sebagaimana dijelaskan pada teori manajemen proyek yang telah diajarkan. Perangkat lunak yang telah dibuat selalu memerlukan perawatan dan pembaharuan. b. 27 . Aplikasi berbasis web sehingga dapat digunakan secara bersamaan dan database tersimpan secara terpusat. sehingga sesuai dengan standard yang ada. Saran a. hal ini untuk menyesuaikan dengan keadaan yang ada dan juga menghadapi kemungkinan-kemungkinan yang mungkin belum terpikirkan pada saat perancangan perangkat lunak tersebut. Pembuatan aplikasi perangkat lunak yang baik dan terstruktur diperlukan perencanaan yang matang dan pengerjaan yang kontinu.BAB V PENUTUP Simpulan Setelah selesai mengerjakan Website dan juga menyelesaikan laporannya ada beberapa hal yang dapat penulis simpulkan yaitu : a. Website yang dibuat perlu dikembangkan lebih lanjut.

Andi Offset. Andi Offset. 2008.net/docs.Latihan membuat aplikasi web PHP dan Mysql dengan Dreamweaver. 2006. 1999.freewebhostingarea. Yogyakarta Kadir abdul. Nugroho Bunafit.1990. Andi Offset. Yogyakarta. Foundation PHP for Dreamweaver 8. PHP Manual. Yogyakarta. http://www.php. 2005.php Powers David.DAFTAR PUSTAKA HM Jogiyanto. Free Web Hosting www. Analisis dan Desain Sistem Informasi.com 28 . PHP Documentation Group. New York. 2001.Dasar penggunaan web Dinamis dengan PHP. Gava Media. Pengenalan Komputer. Apress. Yogyakarta. HM Jogiyanto.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful