Anggaran Fleksibel dan Manajemen Overhead dan Biaya Aktivitas Pendukung Anggaran Overhead Sejak bahan baku langsung

dan tenaga kerja langsung dapat ditelusur pada produk, hal ini menentukan biaya standar untuk input. Jika suatu meja membutuhkan 20 papan dari kayu oak dengan harga $4 dolar per papan, standar biaya bahan baku langsung untuk meja adalah $80. Tetapi seberapa besar listrik yang digunakan untuk memproduksi meja? Berapa lama waktu pengawasan, depresiasi perlengkapan, atau service perbaikan mesin yang dibutuhkan meja? Karena semua biaya overhead adalah biaya produksi langsung, kita tidak dapat menentukan biaya standar untuk meja oak. Jika biaya standar tidak menyediakan jawaban untuk mengontrol overhead, lalu apa yang terjadi? Anggaran Fleksibel Alat yang digunakan oleh sebagian besar perusahaan untuk mengontrol biaya overhead disebut anggaran fleksibel. Anggaran fleksibel menyerupai anggaran yang dipelajari di bab 9 dengan satu perbedaan penting: anggaran fleksibel tidak didasarkan hanya pada satu level aktivitas. Anggaran fleksibel meng-cover sekelompok aktivitas yang mungkin dilakukan oleh perusahaan. Anggaran overhead fleksibel didefinisikan sebagai rencana detail untuk mengontrol biaya overhead yang valid di dalam range relevan aktivitas perusahaan. Di sisi lain, anggaran statis didasarkan pada level rencana aktivitas utama.

Manfaat Anggaran Fleksibel Mengapa perbedaan antara anggaran statis dan fleksibel sangat penting? DCdessert.com memproduksi multilayer fancy cakes selama bulan September, menggunakan 6000 jam waktu proses, dan biaya listrik sebesar $32,000. Apakah ini merupakan kontrol biaya listrik yang baik atau tidak? Seorang manajer menggunakan anggaran statis dengan membuat perbandingan sebagai berikut: Biaya aktual listrik variansl biaya $3,200 $550 favorable Perbandingan ini menyarankan bahwa personel operasi mengelola kontrol yang baik dengan biaya listrik selama bulan September, menghasilkan varians keuntungan $550. Apakah hal ini merupakan analisis dan kesimpulan yang valid? Kesalahan dari analisis ini adalah manajer membandingkan biaya listrik pada level aktivitas aktual, 2000 multilayer fancy cakes, dengan anggaran biaya listrik pada level rencana aktivitas, 2500 multilayer fancy cakes. Pendekatan yang lebih masuk akal adalah dengan membandingkan biaya listrik aktual yang terjadi dengan biaya yang seharusnya terjadi ketika 2000 multilayer fancy cakes diproduksi. Pada level produksi ini, 6000 jam proses seharusnya digunakan (3 per kue). Anggaran fleksibel pada 11-1 menunjukkan bahwa manajer seharusnya mengharapkan $3,000 dari biaya listrik pada 6000 jam proses pada level aktivitas. Lebih lanjut, analisis $3,750 anggaran biaya listrik (anggaran statis)

Ini tidak masuk akal sebagai dasar anggaran fleksibel untuk biaya listrik per unit pada output ketika output terdiri dari produk yang berbeda dengan . Pada kasus ini. dimana input pada proses produksi.000 ke $45. Anggaran fleksibel menyediakan kebenaran basis untuk perbandingan antara biaya aktual dengan yang diharapkan. total anggaran biaya overhead variabel juga meningkat 50% dari $30. Format yang lebih umum untuk menyatakan anggaran fleksibel disebut formula anggaran fleksibel. dari 6000 jam menjadi 9000 jam. Di sisi lain. karena ini memberikan kita tambahan jumlah dari bukan produk. kita dapat menyatakan anggaran overhead fleksibel secara berbeda. Biaya aktual listrik varians biaya $3. memberikan level output yang aktual.000. sheet cakes dan specialty cakes.000 anggaran biaya listrik (anggaran statis) permintaan listrik yang berbeda. Jadi. Jika 2000 multilayer fancy cakes diproduksi dan standar biaya per kue adalah 3 jam proses.didasarkan pada anggaran fleksibel memberikan perbandingan sebagai berikut. maka jumlah jam proses standar yang diizinkan adalah 6000. Selama bulan Agustus output produksi perusahaan adalah 3100 kue. yang memberikan jumlah input yang berbeda. Formula Anggaran Fleksibel Ketika biaya overhead dapat dibagi menjadi kategori variabel dan tetap. Total anggaran biaya variabel meningkat secara proporsional dengan meningkatnya aktivitas. Apakah kue merupakan ukuran output yang berarti? Menambah jumlah multilayer fancy cakes. memberikan aktivitas aktual. jumlah anggaran overhead tetap tidak berubah dengan peningkatan pada aktivitas. Untuk menghindari masalah ini. perbaikan analisis $3. Ilustrasi Anggaran Overhead Fleksibel Biaya overhead pada anggaran fleksibel dibagi menjadi biaya variabel dan tetap. Level aktivitas jam proses yang ditunjukkan dalam anggaran fleksibel merupakan standar jam proses yang diizinkan memberikan berbagai macam level output. memberikan output aktual. output diukur pada standar input yang diizinkan. ketika jumlah jam proses meningkat 50%.000 per bulan. Ukuran Aktivitas Memperhatikan bahwa anggaran fleksibel untuk biaya listrik didasarkan pada jam waktu proses. anggaran fleksibel harus didasarkan pada ukuran input. akuntan manajerial menyatakan hubungan antara aktivitas dan total anggaran biaya overhead dengan formula sebagai berikut: mengindikasikan varians yang tidak menguntungkan. Biaya listrik lebih tinggi daripada yang seharusnya. ini tetap meninggalkan biaya pada $15. Anggaran overhead fleksibel kemudian didasarkan pada ukuran input standar. seperti menambahkan apel dan jeruk. Pada format ini. Anggaran biaya overhead untuk tiap item overhead terdaftar dalam kolom di bawah level aktivitas utama. Poin pentingnya adalah unit output biasanya bukan ukuran yang berarti dalam perusahaan yang multiproduk.200 $200 unfavorable Sekarang kesimpulan manajer berbeda.

Total anggaran biaya overhead bulanan = (anggaran biaya overhead variabel per unit aktivitas × total anggaran unit aktivitas) × Difference lies in the predetermined Quantity of hours rate used biaya overhead actual overhead Actual hours × Predetermined Overhead rate overhead tetap per bulan Formula anggaran fleksibel lebih umum dibandingkan columnar flexible budget. Baik sistem biaya normal dan biaya standar menggunakan antisipasi tarif overhead. karena formula tersebut mengizinkan akuntan manajerial untuk menghitung anggaran biaya overhead pada level aktivitas apapun.com didasarkan pada jam proses. Aplikasi overhead didasarkan pada jam aktual. aplikasi overhead didasarkan pada jam standar yang diizinkan. Pada sistem biaya standar. Aplikasi Overhead pada Sistem Biaya Standar Mengingat kembali bahwa aplikasi overhead menunjuk pada tambahan biaya overhead pada persediaan dalam proses dicatat sebagai biaya produk. Dalam sistem biaya standar. antisipasi tarif overhead juga menunjuk pada tarif standar overhead. memberikan output aktual. Standar Costing Manufacturing Overhead Work-In-Process Inventory Actual overhead applied overhead: Standard allowed allowed Hours hours × × Predetermined (or predetermined (or Standar) rate standar) rate Pilihan dari Ukuran Aktivitas applied overhead: standar Normal Costing Manufacturing Overhead Work-In-Process Inventory Actual overhead applied overhead: applied overhead: Anggaran overhead fleksibel DCdessert. Lebih lanjut anggaran fleksibel biaya overhead dapat digunakan pada akhir periode sebagai benchmark untuk membandingkan biaya overhead aktual yang terjadi. .

semakin banyak perusahaan mengubah ukuran menjadi jam mesin atau waktu proses untuk anggaran fleksibelnya. Akan tetapi. Tidak memberikan penelusuran pada biaya yang tidak bernilai tambah adalah bagian integral dari sistem manajemen biaya. Saat aktivitas produktif meningkat. jam tenaga kerja langsung dibutuhkan untuk memproduksi fancy dessert yang sepanjang waktu secara relatif lebih stabil. Jam mesin dan waktu proses lebih berhubungan lekat dibandingkan jam kerja tenaga kerja langsung untuk teknologi robot dan sistem integrasi komputer manufaktur (CIM) yang umum dalam lingkungan manufaktur saat ini. karena anggaran fleksibel alat utama untuk mengelola biaya overhead. akuntan manajerial menggunakan anggaran overhead . biaya overhead variabel dan ukuran aktivitas seharusnya bergerak bersama seiring perubahan aktivitas produktif secara keseluruhan. Singkatnya. biaya tenaga kerja langsung akan berubahubah seperti level upah dan mengesampingkan keuntungan perubahan biaya dengan inflasi dan kondisi pada pasar tenaga kerja. Akan tetapi. dan seharusnya dihindari. Manajemen Biaya Menggunakan Varians Biaya Overhead Anggaran overhead fleksibel merupakan salah satu alat utama akuntan manajerial untuk mengontrol biaya produksi overhead. ukuran tersebut memiliki kekurangan yang signifikan. jam tenaga kerja langsung. Ukuran dolar merupakan subjek level perubahan harga dan sering berubahubah lebih dari ukuran fisik. Memilih ukuran aktivitas yang tepat untuk anggaran overhead fleksibel adalah hal yang penting. beberapa perusahaan telah menyempurnakan sistem manajemen biaya mereka bahkan lebih maju lagi. Cost driver diidentifikasi sebagai faktor yang paling signifikan yang memperngaruhi biaya overhead. baik biaya overhead variabel dan ukuran aktivitas seharusnya menurun dengan proporsi yang sama. Cost driver Seperti yang kita diskusikan pada bab 5. Saat aktivitas produktif menurun. biaya tenaga kerja langsung. dan biaya bahan baku langsung merupakan ukuran yang umum digunakan. seperti tenaga kerja langsung atau biaya bahan mentah. Hati-hati pada Ukuran Dolar Ukuran dolar. Sebagai contoh. Akan tetapi. Kita akan mendiskusikan peran biaya berdasarkan aktivitas dalam anggaran fleksibel di dalam bab ini. total waktu proses. Jam mesin. Maka kelipatan tarif overhead didasarkan pada cost driver yang digunakan untuk mengitung biaya produk dan mengontrol pengeluaran overhead. baik biaya overhead variabel dan ukuran aktivitas seharusnya meningkat dengan proporsi yang sama. sering digunakan sebagai dasar anggaran overhead fleksibel. Pada setiap akhir periode akuntansi.Berbagai macam ukuran aktivitas digunakan dalam praktek. Kriteria Untuk Memilih Ukuran Aktivitas Bagaimana seharusnya akuntan manajerial memilih ukuran aktivitas untuk anggara fleksibel? Ukuran aktivitas seharusnya satu yang berubah-ubah dalam susunan yang sama untuk beragam jenis overhead variabel. saat otomatisasi meningkat. Merubah Teknologi Manufaktur: Integrasi-Komputer Manufaktur Waktu tenaga kerja langsung secara tradisional menjadi ukuran aktivitas yang paling populer dalam perusahaan manufaktur.

varians pengeluaran overhead variabel = (AH × AVR) . Varians efisiensi overhead variabel = SVR (AH – SH) Interpretasi Manajerial pada Varians Overhead Variabel Apa maksud dari varians overhead variabel? Informasi apa yang mereka sampaikan ke manajemen? Formula untuk menghitung varians overhead variabel mirip dengan yang digunakan untuk menghitung varians tenaga kerja langsung. Sifat tidak langsung biaya overhead variabel menyebabkan interpretasi yang berbeda. varians pengeluaran overhead variabel = overhead variabel aktual . mengingat tingkat aktivitas biaya yang sebenarnya. karena divisi ini digunakan lebih dari jumlah standar jam proses.(AH × SVR) 2. Varians ini hanya mencerminkan penyesuaian dengan harapan akuntan manajerial tentang biaya overhead variabel. bahan pembantu. di sisi lain.(AH × SVR) Dimana AH: jam proses aktual AVR: tarif overhead variabel aktual (overhead variabel aktual : AH) SVR: tarif standar overhead variabel Kedua formula tersebut sama karena overhead variabel aktual adalah sama dengan jam aktual kali tarif overhead variabel aktual (AH × AVR). masing. adalah kumpulan biaya tidak langsung yang dianggarkan berdasarkan jam proses. Overhead variabel. Varians Efisiensi Varians efisiensi overhead variabel tidak ada hubungannya dengan efisien atau tidak efisien pada penggunaan listrik. Overhead Variabel Dua persamaan untuk varians pengeluaran overhead variabel ditunjukkan di bawah ini. varians pengeluaran overhead variabel = AH (AVR . Apa perbedaan terpenting antara tenaga kerja langsung dan overhead variabel yang menyebabkan perbedaan interpretasi dari varians efisiensi? Tenaga kerja langsung adalah biaya dapat dilacak dan dianggarkan berdasarkan jam tenaga kerja langsung. interpretasi dari varians overhead variabel sangat berbeda dari yang berlaku untuk varians tenaga kerja langsung.SVR) Formula di bawah ini mendefinisikan varians efisiensi overhead variabel. dengan biaya overhead yang terjadi.masing informasi berguna dalam pengendalian biaya overhead. Varians efisiensi overhead variabel = (AH × SVR) – (SH × SVR) Dimana SH: jam proses standar .fleksibel untuk menentukan tingkat biaya overhead yang seharusnya terjadi. Formula 2 di atas dapat disederhanakan: 3. 1. menyampaikan Akuntan manajerial kemudian yang menghitung empat varians overhead secara terpisah. dan overhead variabel lainnya. Meskipun formula yang digunakan sama. dalam Kemudian anggaran akuntan fleksibel membandingkan overhead Penulisan formula ini dapat disederhanakan sebagai berikut.

varians pengeluaran adalah varians kontrol yang nyata untuk overhead variabel. Manajer dapat menggunakan varians pengeluaran untuk memberitahu mereka jika biaya overhead variabel tidak sesuai dengan harapan. Kapasitas pemanfaatan Sebuah penafsiran umum. interpretasi dari varians volume positif adalah bahwa itu mengukur biaya di bawah pemanfaatan . tetapi salah. Overhead tetap yang dianggarkan merupakan dasar untuk mengendalikan overhead tetap. Untuk tujuan kontrol. menguntungkan) hanya berarti bahwa total biaya aktual overhead variabel lebih besar dari yang diharapkan. interpretasinya sangat berbeda. Oleh karena itu. Hal ini didefinisikan sebagai berikut: Varians anggaran overhead tetap = overhead tetap aktual – overhead tetap dianggarkan. karena membandingkan biaya aktual dengan biaya overhead tetap yang dianggarkan. tarif tenaga kerja aktual per jam melebihi tarif standar. Manajemen Biaya Overhead Variabel Karena varians efisiensi overhead variabel tidak mengatakan tentang penggunaan efisien atau tidak efisien overhead variabel. Sebuah varian pengeluaran yang unfavorable (tidak • Varians Anggaran Overhead Tetap Varians digunakan oleh para manajer untuk mengendalikan overhead tetap disebut varians anggaran overhead tetap.Varians Pengeluaran (Spending Varians) Sebuah varians tarif tenaga kerja langsung yang unfavorable (tidak menguntungkan) adalah mudah untuk diinterpretasikan. sistem mengakui bahwa overhead tetap tidak berubah saat aktivitas produksi bervariasi. karena menyediakan patokan terhadap pengeluaran aktual yang dibandingkan. Meskipun formula untuk menghitung varians pengeluaran overhead variabel mirip dengan yang digunakan untuk tarif varians tenaga kerja langsung. Overhead Tetap Untuk menganalisa kinerja berkaitan dengan overhead tetap. Interpretasi Manajerial pada Varians Overhead Tetap Varians anggaran adalah varians kontrol nyata untuk overhead tetap. • Varians Volume Overhead Tetap Varians volume yang tetap overhead didefinisikan sebagai berikut: Varians Volume Overhead Tetap = overhead tetap yang dianggarkan . overhead tetap yang dianggarkan adalah sama di semua tingkat aktivitas dalam anggaran fleksibel. akuntan manajerial menghitung dua varians overhead tetap. Sebuah varians pengeluaran yang unfavorable (tidak menguntungkan) dapat dihasilkan dari membayar harga yang lebih tinggi dari perkiraan per unit untuk item overhead variabel.overhead tetap yang digunakan. Atau varians dapat dihasilkan dari menggunakan lebih dari item overhead variabel yang diharapkan. Varians volume menyediakan cara untuk merekonsiliasi dua tujuan yang berbeda dari sistem manajemen biaya. setelah disesuaikan dengan jumlah aktual jam proses yang digunakan.

com. Biaya sebenarnya adalah disebabkan oleh margin kontribusi yang hilang dari produk yang tidak dihasilkan saat kapasitas tidak dimanfaatkan. Selain itu. akuntan manajerial akan memilih untuk tidak menunjuk varians volume baik yang favorable atau unfavorable. Biaya overhead yang berbeda-beda sehubungan dengan jam proses dikategorikan sebagai biaya variabel. Beberapa perusahaan bahkan menunjuk varians volume positif yang unfavourable (tidak menguntungkan). Sebaliknya. banyak akuntan manajerial menginterpretasikan varians volume hanya sebagai cara untuk merekonsiliasi dua tujuan dari sistem manajemen biaya. beberapa akuntan menunjuk varians volume positif yang unfavourable (tidak menguntungkan). interpretasi ini gagal untuk mengakui bahwa kapasitas yang tidak dimanfaatkan dan mengurangi persediaan mungkin tanggapan manajerial yang bijaksana untuk berkurangnya permintaan. sistem volume berbasis produk. hasilnya adalah laporan kinerja biaya overhead. Anggaran Fleksibel Berdasarkan Aktivitas Anggaran fleksibel yang mendasari analisis varians kami untuk Dcdesserts. Alasan mereka adalah bahwa ketika varians volume ditutup ke Beban Pokok Penjualan pada akhir periode akuntansi. Lebih dari itu. Pendekatan penetapan biaya berdasarkan aktivitas juga dapat digunakan sebagai dasar untuk anggaran fleksibel untuk tujuan perencanaan dan manajemen biaya. dengan tarif overhead tetap yang telah ditentukan sebelumnya mengukur biaya penyediaan satu jam kapasitas produktif. didasarkan pada cost driver tunggal. Ketika varians disajikan secara terperinci bersama dengan biaya aktual dan yang dianggarkan untuk setiap item overhead. yang pada gilirannya memiliki efek yang unfavourable (tidak menguntungkan) terhadap pendapatan. akuntan lain berpendapat bahwa tidak ada tanda (menguntungkan atau tidak menguntungkan) yang harus diserahkan kepada varians volume overhead tetap. Namun.kapasitas produktif. Berdasarkan metode biaya produk yang lebih akurat yang disebut activity based costing (ABC). . beberapa cost driver dapat teridentifikasi. mungkin variabel berkaitan dengan beberapa cost driver lainnya. seperti pajak penyusutan dan properti. biaya overhead tetap. Laporan Kinerja Biaya Overhead Pengeluaran overhead variabel dan varians efisiensi dan varians overhead tetap yang dianggarkan dapat dihitung untuk setiap item biaya overhead pada anggaran fleksibel. adalah biaya yang dikeluarkan untuk membuat kapasitas produktif. Pendekatan ini konsisten dengan biaya tradisional. Kesalahan dengan interpretasi dari varians volume adalah bahwa itu mengabaikan biaya riil pada kapasitas produktif yang tidak dimanfaatkan. Alasan di balik pandangan ini adalah tingkat aktivitas yang direncanakan digunakan untuk menghitung tarif overhead tetap yang telah ditentukan sebelumnya adalah ukuran pemanfaatan kapasitas normal. Selain itu. efeknya adalah peningkatan Beban Pokok Penjualan. semua biaya overhead lainnya diperlakukan sebagai biaya tetap. Untuk alasan ini. Oleh karena itu. Biaya yang mungkin tetap muncul sehubungan dengan suatu pemicu biaya tunggal berdasarkan volume. seperti jam proses.

Tabel berikut ini membandingkan tingkat biaya overhead dianggarkan untuk beberapa item pada konvensional dan anggaran fleksibel berdasarkan aktivitas.000 . anggaran fleksibel berdasarkan aktivitas menunjukkan bahwa semua Anggaran Fleksibel dalam Industri Jasa Semua jenis organisasi memanfaatkan konsep anggaran fleksibel.200). Di Mayo Clinic. jasa organisasi industri dikenakan biaya overhead yang berbeda dengan cost driver tepat dipilih. Di Cornell University. Sedangkan anggaran konvensional memperlakukan inspeksi. biaya overhead lainnya dianggarkan pada tingkat yang berbeda.300 4.000 100 $3.$2. dan menyediakan sebuah alat berharga untuk menilai biaya manajemen .variabel yang berkaitan dengan cost driver yang sesuai.000 . Efek pada Pelaporan Kinerja Anggaran fleksibel berdasarkan aktivitas memberikan prediksi yang lebih akurat (dan benchmark) dari biaya overhead.$ 3. Namun.200 3.300). Misalkan biaya inspeksi yang sebenarnya pada bulan Desember adalah $3. pencatatan biaya operasi pasien bagian rawat inap tergantung konvensional $3. Namun.500 2.000 1. Aktivitas berdasarkan anggaran fleksibel memberikan tolok ukur yang lebih akurat untuk membandingkan biaya aktual.200 2.000 100 Perbedaan ini penting untuk pelaporan kinerja. Asuransi dan pajak properti juga sama. Menggunakan anggaran fleksibel konvensional akan mengakibatkan varian tidak menguntungkan sebesar $ 800 (3. karena anggaran konvensional dan anggaran fleksibel berdasarkan aktivitas menggunakan cost driver yang berbeda untuk item ini. karena kedua anggaran mengakui hal ini sebagai biaya fasilitas-tingkat biaya tetap.000. Seperti perusahaan manufaktur.000 3. Ringkasnya anggaran fleksibel berdasarkan aktivitas memberikan pandangan yang lebih menguntungkan dari perilaku biaya dan cost driver yang mendasarinya.000 2. Item Biaya Overhead Anggaran Flexibel Listrik Inspeksi Setup Uji Dapur Penanganan material Asuransi dan pajak properti Anggaran biaya listrik adalah sama pada kedua anggaran. Pada GEICO Perusahaan Asuransi. anggaran fleksibel berdasarkan Anggaran Fleksibel Berdasarkan Aktivitas aktivitas menghasilkan varians yang menguntungkan sebesar $ 300 ($ 3. dan biaya penanganan material sebagai biaya tetap. biaya operasional departemen penerimaan sebagian bergantung pada jumlah pelamar. uji dapur. karena keduanya menggunakan cost driver yang sama (jam proses).400 3. misalnya. setup. biaya administrasi bagian klaim sebagian bergantung pada jumlah klaim.

000 36.00 36.000.000 27.00 40.pada jumlah pasien.900 3.00 36.000 UPSTATE AUTO RENTALS Annual Flexible Budget: Operating Expenses Level of Ac 1.000 $79.00 36. anggaran fleksibel Upstate Auto Rental dicatat sebagai beban usaha.000 240. Beban pemeliharaan mobil dan penggantian ban meningkatkan sebanyak mobil berjalan beberapa mil. mengisi kontrak. dan membersihkan mobil sewaan setelah kembali bergantung pada jumlah kali mobil sewaan.00 $320. Upstate’s manajemen telah memilih dua cost driver untuk kegiatan berbasis anggaran fleksibel: jumlah mil didorong dan jumlah kontrak pelanggan. Budgeted Operating Expenses Cost Pool I (cost driver: miles driven) Automobile maintenance Tire replacement Automobile insurance New York State registration and inspection Leasing cost Total of cost pool I Cost Pool II (cost driver: customer contract) Reservations Registration of contract information Inspection of vehicle by employee/customer Employee commissions cleaning/washing automobile Total of cost pool II Cost Pool III Office manager's salaries Rent: Building Utilities:Building 750.00 $413.000 16.000 900 36. tidak berbeda dengan cost driver. Beban operasional lainnya (cost pool II) bervariasi dengan jumlah kontrak pelanggan. beberapa beban usaha tetap (cost pool III). Mari sebentar mengalihkan perhatian kita untuk Rentals Upstate Auto.000 8. Seperti gaji manajer kantor dan biaya sewa pada lokasi kantor.00 1.000 $309.00 . Anggaran fleksibel Upstate’s akan ditampilkan dalam Lampiran 11-12.000 17. biaya operasi seperti asuransi dan sewa guna usaha meningkatkan biaya dengan jumlah kilometer. karena perusahaan membutuhkan lebih banyak mobil di tangan.000 13. Perusahaan ini memiliki empat lokasi sewa dan disekitar Syracuse dan spesialisasi dalam penyewaan mobil jangka pendek.200 6.000 $240.000 18. terutama untuk penggunaan lokal ketika mobil pelanggan di bengkel. Semua biaya industri jasa perusahaan adalah beban operasi.00 16.000 8.00 13. Beberapa beban usaha (cost pool I dalam anggaran fleksibel) bervariasi dengan jumlah kilometer digerakkan oleh mobil sewa. Seperti beban pada saat pemesanan sewa.000 6.00 $158. Akhirnya.20 48.00 34. terlepas dari berapa mil masing-masing pelanggan mengendarai mobil sewaan.000 20.000 240.00 32. sebuah perusahaan penyewaan mobil kecil di New York.com anggaran overhead fleksibel. Perhatikan bahwa tidak seperti Dcdessert. Demikian pula.

000 $700. Karen Blair. Biaya standar per pon dari chocolate nut supreme. ditunjukkan sebagai berikut: Cost Item Direct materials: • Cookie mix • Milk chocolate • Almonds Direct Labor: • Mixing • Baking Variable overhead Total Standard cost per pound Quantity Standard Unit Cost 0.15 per oz 0.00 $ 3.00 $ 450.000.000 11.40 per hr $ $ $ $ Akuntan manajemen Aunt Molly.02 per oz 0. Penjualan kue terlaris perusahaan adalah chocolate nut supreme.00 3.00 Variance 50. 10 oz 5 oz 1 oz $ 1 min 2 min 0 14.200.00 $355.000.00 . Kasus Aunt Molly’s Old Fashiones memanggang kue untuk toko retail.000 pon. dimana dibandingkan anggaran dan kinerja aktual.000. dimana dipasarkan sebagai kue sampel dan secara umum dijual dengan $8.000.4 per hr 18 per hr 32.5 per oz $ T Manajemen Upstate Auto Rental’s dapat menggunakan anggaran fleksibel untuk memprediksi beban usaha pada berbagai tingkat aktivitas.555.900 pon.00 per Unit (in pounds) Revenue Contribution Report for April Statistic Actual Budget 400.000 $312. yang diukur oleh dua cost driver. Laporan kontribusi bulan April.Liability Insurance: Rental Office Depreciation: Equipment Total of cost pool III Total Operating Expenses 12. menyiapkan laporan anggaran bulanan berdasarkan pada biaya standar.000. ditunjukkan pada skedul di bawah ini. berdasarkan produksi normal bulanan Aunt Molly yaitu 400.000.

Berapa total konstribusi margin dalam kolom anggaran fleksibel pada laporan baru yang diperlukan? Jelaskan arti dari tital konstribusi margin pada kolom anggaran fleksibel dari laporan baru yang diperlukan.00 $1. d.000 480. Variance harga bahan langsung Variance kuantitas bahan langsung Variance tarif tenaga kerja langsung Variance efisiensi tenaga kerja langsung Variance pengeluaran overhead variabel . Meskipun terdapat peningkatan jumlah dalam penjualan kue. e. (asumsikan semua material digunakan dalam bulan pembelian).000.00 648.00 $1. 4.000.000. dimana: Usage Report for April Quantity 4.000.564.000.000. $1.650.000.00 $ 865. konstribusi produk yang diharapkan pada keuntungan perusahaan secara keseluruhan menurun. Madison telah menanyakan kepada Blair untuk mengidentifikasi alasan mengapa konstribusi laba menurun. b.000.963.00 348.00 336.Direct material Direct labor Variable Overhead Total variable cost Contribution Margin $ 580. kecewa dengan hasilnya. Siapkan laporan konstribusi baru untuk bulan April.636.000 oz oz oz min min Actual Cost 3.592.000 2. Justin Madison.00 • Kolom anggaran statis dalam laporan konstribusi digantikan dengan kolom anggaran fleksibel.00 $1.00c.000 450. • Variance dalam laporan konstribusi dihitung kembali sebagai perbedaan antara anggaran fleksibel dan kolom aktual. presiden perusahaan.963.000 800. a.660.000.000. Cost item Direct materials: Cookie mix Milk chocolate Almonds Direct Labor: Mixing Baking Variable overhead Total variable cost Diminta: 1. Berapa total variance antara konstribusi margin anggaran fleksibel dan konstribusi margin aktual pada laporan baru yang diperlukan? Jelaskan total variance konstribusi margin dengan menghitung variance di bawah ini.00 $1. Blair mengumpulkan infomasi di bawah ini untuk membantu menganalisis penurunan ini.000. 2.00 750.

bagaimana activity based costing (ABC) menyelesaikan masalah yang dideskripsikan dalam (5a)? . g. 5.f. jelaskan masalah yang mungkin muncul dalam penggunaan jam tenaga kerja langsung sebagai dasar untuk menggunakan overhead. b. Variance efisiensi overhead variabel Variance harga-penjualan a.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful