Menggunakan Aplikasi WRPLOT WRPLOT (Windrose Plot) adalah apliksi yang digunakan untuk menyajikan gambaran statistic suatu

data, di stasiun meteorlogi penerbangan biasa digunakan untuk menyajikan gambaran statistic angin yang kita kenal Windrose. Sebenarnya bisa juga untuk menyajikan gambaran data selain data angina. Tahapan penggunaan: 1. Instalasi • Langkah pertama yang kita lakukan adalah mendownload software nya di http://www.weblakes.com/products/wrplot/index.html. • Registrasi untuk mendapatkan serial number untuk aktivasi free selama satu tahun. http://www.weblakes.com/products/wrplot/registration.html. kemudian dapatkan serial number di email anda yang telah teregistrasi. • Kemudain Instal softwarenya. 2. Data • Mengambil data bias dari data pengamatan Me-45 atau bisa dari data AWS stasiun kita. Data yang digunakan per 1 jam saja. • Menyusun data dalam Microsof Ecxell dengan urutan no.stasiun, tahun, bulan, tanggal, jam, arah angina, kecepatan angin.

• •

Ada beberapa format data untuk di masukan ke WRPLOT yang saya ketahui baru dua yaitu : Lakes format dan Samson Untuk format lakes format kita copy data dalam excel tanpa keterangan no sta, tahun, dst hanya datanya saja ke Notepad!

Setelah itu kita tambah heading diatasnya : LAKES FORMAT * -------------------------------------------------* Rows with * at the begining of the line are recognized * as comments and are ignored by WRPLOT View * * STNID (5) * YEAR (4) * MONTH (2) * DAY (2) * HOUR (2) 0-23 * WDIR (3) deg * WSPD (3) knots * -------------------------------------------------Menjadi :

• •

Setelah itu save dalam format txt. Itulah format Lakes Format. Untuk format Samson kita buak software wrplot lalu klik tools >>> Import From Excell .

Lalu klik gambar folder untuk membuka data dari excel:

Muncul lah datanya:

Isilah informasi keterangan stasiun data diperoleh dengan klik station information:

Isilah data informasi data nya dengan klik data filed, kita menunjukan data tahun di kolom apa, data bulan di kolom apa,, misal data tahun di kolom B maka kita tulis B.

B

Kemudian Import data ke format Samson, klik format kemudian save jadilah data dalam format Samson.

3. Run Data yang telah diolah Data yang telah dalam bentuk lakes format atau Samson kita panggil dengan buka software wrplot klik add file :

Jika data telah terbaca tinggal klik tab windrose jadilah datanya:

SELAMAT MENCOBA

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful