RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Sekolah Program Keahlian Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar Indikator : : : : : : : : SMK Tunas Bangsa Tawangsari Semua Program Keahlian Bahasa Inggris XI/3 1-10 20 x 45 menit Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara Level Elementary 2.1 Memahami percakapan sederhana sehari-hari baik dalam konteks profesional maupun pribadi dengan orang bukan penutur asli. : 1. Pertanyaan dengan pola yes-no questions dalam konteks kegiatan sehari-hari diperagakan dan dijawab dengan benar. 2. Pertanyaan dengan pola question tags dalam konteks kegiatan seharihari diperagakan dengan benar. 3. Pertanyaan dengan pola question words dalam konteks kegiatan seharihari diperagakan dan dijawab dengan benar. 4. Berbagai bentuk dan ungkapan digunakan dengan tepat untuk membicarakan kegemaran/hobi dan minat. 5. Ungkapan untuk menangani tamu hotel, restoran, travel agency, dll. diperagakan dengan benar.

A. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat menggunakan pertanyaan dengan pola yes-no questions dalam konteks kegiatan sehari-hari diperagakan dan dijawab dengan benar. 2. Siswa dapat menggunakan pertanyaan dengan pola question tags dalam konteks kegiatan sehari-hari diperagakan dengan benar. 3. Siswa dapat menggunakan pertanyaan dengan pola question words dalam konteks kegiatan sehari-hari diperagakan dan dijawab dengan benar. 4. Siswa dapat menggunakan berbagai bentuk dan ungkapan digunakan dengan tepat untuk membicarakan kegemaran/hobi dan minat. 5. Siswa dapat menggunakan ungkapan untuk menangani tamu hotel, restoran, travel agency, dll. diperagakan dengan benar. B. Materi Pembelajaran Language Focus: 1. Talking about hobbies and interests a. Do you like fishing? b. What do you like doing in your spare time? 2. Guest handling a. What can I do for you, Sir? b. Welcome to our hotel. c. I hope you enjoy the food. Grammar Review: 1. Yes – No questions a. Am I a mechanic? b. Are you a secretary? c. Is he a programmer? 2. Question tags a. The board meeting starts at seven, doesn’t it? b. The students do not practice in the laboratory, do they?

Where does the boss live? b. Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam. Gerund as complement: a. Kegiatan Awal a. b. b. We like swimming. Pertemuan ke-2: 1. Gerund as subjects and objects a. . My hobby is jogging. Guru menjelaskan dan memberikan contoh pola yes-no question. penugasan. Guru memeriksa kehadiran siswa. dan penilaian semester ganjil. b. d. 2. Guru memeriksa dan membahas hasil/kerja siswa. 3. b. Guru membacakan dialog sederhana. 6. C. Latihan 3. c. Who are you? 4. Guru memeriksa tugas rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan membahasnya. d. I don’t like fishing. kemudian siswa mencatat penjelasan guru. Gerund after preposition: a. Langkah-langkah Pembelajaran Pertemuan ke-1: 1. b. Smoking is dangerous. Guru memberikan salam kepada siswa. Tanya Jawab D. Metode Pembelajaran 1. Constructions with ‘too’ and ‘enough’ a. c. The soup is too salty for me.3. Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran. siswa mendengarkan. c. Ceramah 2. Siswa mengerjakan latihan-latihan soal tentang yes-no question. c. b. c. Kegiatan Inti a. Her job is sorting the mail. dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru. Why do you come late? c. Guru memberikan tugas rumah. Guru memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya. Are you interested in collecting stamps? 7. The hotel room is comfortable enough. Guru memberikan salam kepada siswa. Guru memeriksa kehadiran siswa. Guru menjelaskan sistem pembelajaran. Kegiatan Akhir a. Kegiatan Awal a. Guru memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya. e. Role Play (Bermain peran) 4. 5. Questions with question words a. b.

Guru me-review materi yang telah dijelaskan pada pertemuan sebelumnya dengan cara bertanya kepada siswa secara acak. Kegiatan Inti a. c. 3. b. Siswa membaca bacaan/teks yang telah disediakan oleh guru. d. Kegiatan Akhir . c. Kegiatan Inti a. Guru memeriksa dan membahas hasil/kerja siswa. d. Kegiatan Awal a. Kegiatan Akhir a. Guru memeriksa kehadiran siswa. Kegiatan Inti a. Siswa mengerjakan latihan-latihan soal tentang question tags. b. d. Siswa membuat dialog sederhana dengan menggunakan pola yes-no question. Pertemuan ke-3: 1. Guru menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya dan meminta siswa untuk mempersiapkan/mempelajari materi. siswa mendengarkan. Guru memeriksa dan membahas hasil/kerja siswa. Guru memeriksa tugas rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan membahasnya. c. Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam. Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam. dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru. Guru membaca teks sederhana. e. c. c. b. Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran. Guru memeriksa kehadiran siswa. dan mengerjakan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan. Guru memberikan salam kepada siswa. Pertemuan ke-4: 1. c. 2. Guru memberikan tugas rumah kepada siswa. Guru me-review materi yang telah dijelaskan pada pertemuan sebelumnya dengan cara bertanya kepada siswa secara acak. b. Siswa membuat dialog sederhana dengan menggunakan question tags. Kegiatan Awal a. b. kemudian memahaminya. Guru menjelaskan dan memberikan contoh pola question tags dan siswa mencatat penjelasan guru. Siswa mempraktikkan dialog sederhana yang menggunakan question tags (yang telah dibuat pada pertemuan sebelumnya) bersama temannya. 2. Guru memberikan salam kepada siswa. d. c. Guru memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya. Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran. Kegiatan Akhir a. b.2. Siswa mengerjakan latihan-latihan soal dari bacaan yang telah disediakan oleh guru. Guru memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya. e. Siswa menulis kalimat yang dibacakan oleh guru. 3. 3. b. Siswa mempraktikkan dialog sederhana yang menggunakan yes-no question bersama temannya.

b. Guru memeriksa kehadiran siswa. Pertemuan ke-5: 1. Guru memeriksa dan membahas hasil/kerja siswa. Kegiatan Inti a. Siswa mengerjakan latihan-latihan soal yang diberikan oleh guru. b. d. d. Kegiatan Awal a. 2. Kegiatan Awal a. Guru memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya. b. Siswa membaca bacaan/teks yang telah disediakan oleh guru. kemudian memahaminya dan mengerjakan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan tersebut. Guru memberikan tugas rumah. Guru memberikan salam kepada siswa. . c. 2. Pertemuan ke-7: 1. b. Pertemuan ke-6: 1. b. c. Guru me-review materi yang telah dijelaskan pada pertemuan sebelumnya dengan cara bertanya kepada siswa secara acak. Guru memberikan salam kepada siswa. d. b. Guru memberikan tugas rumah. Kegiatan Awal a. c. c. Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam. Kegiatan Akhir a. Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam. b. Guru memberikan salam kepada siswa. Guru memeriksa kehadiran siswa. siswa menulisnya dalam buku. Siswa membuat dialog sederhana dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan question words. Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.a. c. Kegiatan Inti a. Guru memeriksa kehadiran siswa. c. Guru memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya. b. Kegiatan Akhir a. Guru memberikan tugas rumah. Guru membacakan kalimat tanya yang menggunakan question words. Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran. Guru memeriksa dan membahas hasil/kerja siswa. Guru menjelaskan dan memberikan contoh pola question words dan penggunaannya dalam kalimat. 2. c. c. Guru memeriksa tugas rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan membahasnya. 3. Siswa mempraktikkan dialog sederhana yang menggunakan question words (yang telah dibuat pada pertemuan sebelumnya) bersama temannya. Guru memeriksa dan membahas hasil/kerja siswa. Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.

Guru memberikan tugas rumah. Guru memeriksa tugas rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan membahasnya. dll. 2. memberikan informasi. Siswa membuat dialog sederhana tentang cara menerima tamu. Pertemuan ke-9: 1.. Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam. restoran. Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam. Kegiatan Awal a. Kegiatan Akhir a. menawarkan sesuatu. Kegiatan Inti a. b. d. 3. c. Kegiatan Awal a. pelengkap. b. d. Pertemuan ke-8: 1. e. Guru membacakan kalimat yang menggunakan pola gerund sebagai subjek. objek. Guru memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya. Guru memberikan tugas rumah. Siswa membuat dialog sederhana yang mengandung pernyataan hobi dan minat. Guru menjelaskan dan memberikan ekspresi menerima tamu. Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran. c. Guru memeriksa dan membahas hasil/kerja siswa b. Guru membacakan kalimat yang mengandung pernyataan hobi dan minat. Kegiatan Inti a. Siswa mempraktikkan dialog yang telah dibuatnya di depan kelas dan teman-teman yang lain memberikan komentar. dan mengucapkan terima kasih atas kunjungan kepada pengunjung hotel. Guru memeriksa dan membahas hasil/kerja siswa. b. d. dan setelah preposisi. Guru memberikan salam kepada siswa. travel agency. b. objek. menawarkan sesuatu. memberikan informasi. Guru menjelaskan dan memberikan contoh pola gerund sebagai subjek. Guru memberikan salam kepada siswa. kemudian siswa menulisnya. pelengkap. travel agency. 4. siswa menulisnya. Guru memeriksa kehadiran siswa. Guru membacakan ekspresi menerima tamu. Siswa menyebutkan macam-macam hobi dan minat. Kegiatan Inti a. kemudian siswa menulisnya. c. memberikan informasi. Guru memeriksa kehadiran siswa. d. menawarkan sesuatu. c.. . dan mengucapkan terima kasih atas kunjungan kepada pengunjung hotel. Dan kemudian temantemannya memberikan komentar. b. c. c. restoran. travel agency. restoran.3. kemudian siswa mencatatnya. dan mengucapkan terima kasih atas kunjungan kepada pengunjung hotel. dll. Siswa mempraktikkan dialog yang telah dibuat di depan kelas. dll. dan setelah preposisi. Siswa membuat kalimat yang sesuai dengan topik yang sedang dibahas pada pertemuan ini. Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran. Kegiatan Akhir a. siswa memperhatikan dan mencatatnya. b. 2.

Guru dan siswa membahas hasil kerja. Siswa mengerjakan latihan-latihan soal tentang kalimat yang menggunakan too dan enough. Guru menjelaskan dan memberikan contoh pola kalimat yang menggunakan too dan enough. Guru memberikan salam kepada siswa. Guru memberikan pertanyaan kepada siswa secara lisan untuk memeriksa pemahaman siswa tentang materi yang baru saja di bahas. LKS Prasasti Bahasa Inggris Kelas XI Semester Genap d. c. Kegiatan Akhir a. How to Say It F. VCD. Siswa membuat dialog sederhana dengan menggunakan too dan enough. d. Pelajaran Bahasa Inggris untuk SMK Kelas 2 c. Visual: Gambar c. Guru membaca kalimat yang menggunakan too dan enough. Guru memeriksa kehadiran siswa. Audio Visual: Video 3. Tes Lisan 1) Dialog berpasangan. b. Laptop. Penilaian 1. Media a. Media dan Sumber Belajar 1. 3. Guru memeriksa hasil kerja siswa. Guru menyampaikan bentuk ulangan harian dan waktu pelaksanaan ulangan harian. 3. Siswa membaca bacaan/teks yang telah disediakan oleh guru kemudian menjawab pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan bacaan tersebut. Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam. Global Access to the World of Work Book 2 b. b. Siswa mengerjakan latihan-latihan soal tentang gerund. Speaker. c. Kegiatan Awal a. . Pertemuan ke-10: 1. Kegiatan Akhir a. Prosedur Penilaian: pada akhir pembelajaran (post-test) 2. d. Kegiatan Inti a. c. siswa mencatat penjelasan guru. dan Buku Cerita 2. Gambar. e. b. Guru memberikan tugas rumah. Jenis Penilaian: a. d. 2. b. c. Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam. Alat LCD Proyektor.c. siswa menulisnya. Audio: Cerita b. English Grammar in Use e. Guru memeriksa tugas rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan membahasnya. E. Sumber a. Siswa mempraktikkan dialog sederhana yang menggunakan too dan enough bersama temannya.

Tes Tertulis 1) Melengkapi kalimat. Romi and Sinta eat dinner? 5. .... .. 10..(swim) 9..Pd.. . S. is my activity in the morning...a) Make a dialogue about “hobby and interest” and then practice with your friends! b) Make a dialogue about “guest handling” and then practice with your friends! b. difficult for me.. a) Make a description of your daily activities! Sukoharjo. . 3) Membuat paragraf pendek. .. Kepala SMK Tunas Bangsa Tawangsari Juli 2009 Guru Mata Pelajaran Drs. I a student? 2. (Jog) ..... .? 8.. Let’s study this material. This exercise is . Abdul Hamid Darwoto. (too/enough) 2) Pilihan ganda.. .. Mrs. Lilis a beautiful teacher? 3.. She is not a dancer.. he have a dictionary? 4. Complete the sentences below! 1.? 6.. .? 7.... I like . Mengetahui.. They work hardly.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful