TANGGAPAN DAN SARAN TERHADAP KAK DAN PERSONIL/FASILITAS PENDUKUNG DARI PPK

1. Tanggapan Terhadap Kerangka Acuan Kerja dan Masukan Untuk Penyempurnaannya

Tanggapan Terhadap Tujuan Pekerjaan

Dari uraian Kerangka Acuan, diurutkan secara jelas bahwasannya pendekatan dalam penyusunan AMDAL TPA tersebut lebih dititik beratkan untuk mewujudkan sistem pengelolaan sampah yang sesuai dengan kriteria teknis. Sedangkan tujuan dari kegiatan penyusunan AMDAL TPA ini adalah mengidentifikasikan dampak penting terhadap lingkungan pada tahap

pembuangan akhir, mengidentifikasikan komponen lingkungan hidup yang akan terkena dampak penting pada tahap lingkungan akhir, dan memperkirakan dan mengevaluasi rencana usaha atau kegiatan yang dapat menimbulkan dampak penting terhadap lingkungan pada tahap pembuangan akhir.

Tanggapan Terhadap Ruang Lingkup Pekerjaan Di dalam Kerangka Acuan telah dikemukakan tentang lingkup tugas dan lingkup kegiatan yang perlu dilakukan konsultan untuk melaksanakan pekerjaan tersebut secara rinci dan jelas. Dari segi dimensi waktu perencanaan Kerangka acuan tidak menyebutkan untuk rencana jangka waktu 5 sampai 10 tahun dan tidak, disebutkan apakah program 5 tahunan tersebut perlu dikaitkan program 5 tahunan Pemda yang menyusun PROPEDA (Program Pembangunan Daerah) sebagai pengganti PELITA. Dimensi rencana tersebut diistilahkan sebagai Rencana Jangka Menengah dan Rencana Jangka Panjang dengan demikian perlu ditegaskan/diklarifikasi mengenai jangka waktu yang berlaku baik untuk perencanaan makro wilayah maupun perencanaan detail kawasan.

Tanggapan Terhadap Produk/Keluaran yang di Harapkan Kerangka Acuan telah menyesuaikan jenis-jenis peta dengan skala yang dibutuhkan dengan demikian selain dapat memperkirakan jenis-jenis tematik dari peta yang dibutuhkan beserta tingkat kedalaman dari materi yang akan petakan, juga dapat diperkirakan biaya yang dibutuhkan.

Tanggapan Terhadap Kebutuhan Tenaga Ahli Dari segi layanan tenaga Ahli yang dibutuhkan Pemberi Tugas telah menyebutkan kriteria lamanya pengalaman tenaga ahli, sehingga dengan lamanya jam terbang yang dimiliki oleh masing-masing tenaga ahli tersebut, diharapkan dapat lebih memberikan pada tingkat kedalaman materi pekerjaan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful