Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Gerak Harmonik Sederhana

Annisa Firdhausi 053767

Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Indonesia 2008

1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran Kelas/ Semester Pertemuan ke Alokasi waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar : : : : : : 3x45 menit (3 jam pelajaran) Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik Menganalisis hubungan antara gaya dengan gerak getaran Indikator: 1. Metode Eksperimen 2. Tanya jawab (diskusi) 2 Fisika XI/1 . kecepatan. Materi Ajar (Materi Pokok) : Gerak Harmonik Sederhana Metode Pembelajaran: 1. serta menerapkannya dalam perhitungan gerak harmonik sederhana. Menjelaskan hubungan gaya pemulih dengan gerak harmonik sederhana 3. Memformulasikan persamaan simpangan gerak harmonik sederhana 4. dan percepatan gerak harmonik sederhana. Memformulasikan persamaan percepatan gerak harmonik sederhana 6. Memformulasikan persamaan simpangan. Mendefinisikan gerak harmonik sederhana 2. Memformulasikan persamaan kecepatan gerak harmonik sederhana 5. 3. Mengetahui rumus periode pada beberapa masalah gerak harmonik sederhana. Memformulasikan rumus periode dalam memecahkan masalah gerak harmonik sederhana Tujuan Pembelajaran: Setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat: 1. Menemukan gaya pemulih yang bekerja pada gerak harmonik sederhana melalui percobaan 2.

Guru menjelaskan apa yang dimaksud dengan titik keseimbangan. yaitu mengenai konsep getaran. 3. Merancang alat (pegas dan beban) untuk melihat gerak pegas yang diberi gaya tarik. Dan membagikan LKS untuk melakukan pengamatan gerak harmonik sederhana. dan guru melibatkan siswa untuk melakukan pengamatan pada gerak pegas. Guru menjelaskan tujuan dilakukannya pengamatan pada pegas tersebut dan membagi kelompok untuk masing-masing kelompok mengambil alat dan bahan eksperimen. (melihat fenomena) 3 . Kegiatan Inti 1. Guru mendemonstrasikan pegas yang dihubungkan dengan beban untuk melihat hubungan gaya yang bekerja pada pegas dengan perubahan jarak pada saat pegas diam (pada titik keseimbangan) dan saat pegas ditarik. Penugasan LKS 4. Guru memberi instruksi apa saja yang harus dilakukan dan diamati dari gerak benda tersebut. hubungan periode dan frekuensi di dalam getaran. dan hukum hooke pada pegas. Ceramah Langkah-langkah Pembelajaran: A. Guru mengulang kembali konsep mengenai materi-materi pra-syarat untuk memasuki bahasan gerak harmonik sederhana. B. sesuai dengan hukum hooke. dan menunjukkan posisi keseimbangan pada benda m yang dihubungkan dengan pegas. Kegiatan awal 1. yang menyebabkan adanya simpangan dan gaya pegas (Hukum hooke).3. 2. 2.

Guru bertanya pada siswa contoh lain dari gerak harmonik sederhana. Masingmasing kelompok diminta menggambarkan bandul yang mereka praktekkan. Bandul tersebut di beri simpangan kecil (θ < 10 0 ) kemudian dilepaskan. dan begitu seterusnya. 4 . 4.a. Guru menyimpulkan bahwa gerak bolak-balik benda di sekitar titik keseimbangannya disebut gerak harmonik sederhana. dan menemukan gaya apa yang bekerja sebegai gaya pemulih dari gerak harmonik sederhana tersebut. menekan benda sejauh A (x=A) ke kanan. b. dan menggambarkan gaya-gaya yang bekerja pada bandul tersebut dan mendiskusikan gaya apa yang berfungsi sebagai gaya pemulih pada bandul sederhana tersebut. mengamati gerak benda yang bergerak ke kiri akibat adanya gaya pegas (F=-kA) c. 5. Masing-masing kelompok mempraktekkan bandul sederhana tersebut. Guru bertanya pada siswa apa yang menyebabkan benda tadi bergerak harmonik sederhana? Sehingga diantara guru dan siswa akan terjadi diskusi (tanya jawab) untuk mendapatkan jawaban bahwa yang menyebabkan benda bergerak harmonik sederhana adalah adanya gaya pemulih. sehingga bandul tersebut bergerak bolak-balik di sekitar titik keseimbangan. yaitu gaya yang besarnya sebanding dengan simpangan dan selalu berlawanan arah dengan arah simpangan. selain pegas. 6. 7. mengamati gerak benda yang melewati titik keseimbangan (x=0) dan kembali bergerak ke kanan. Masing-masing kelompok mengambil bandul sederhana untuk diamati.

Lalu masing-masing kelompok diminta melakukan operasi diferensiasi terhadap persamaan simpangan gerak harmonik sederhana untuk mendapatkan persamaan kecepatan dan persamaan percepatan. persamaan seperti ini memiliki penyelesaian yang berbentuk fungsi sinusoidal. ma = −kx ma + kx = 0 m d 2x + kx = 0 dt 2 d 2x k + x =0 dt 2 m Secara matematis. ma + kx = 0 m −ω x + kx = 0 2 bandul. Setelah mendapatkan persamaan percepatan. Setelah didapatkan persamaan umum simpangan gerak harmonik sederhana. ( ) ma = −mg sin θ m −ω2 x = −mg mω x = kx 2 ( ) x L ω= k m ω= g L 5 .8. guru mengingatkan kembali konsep kecepatan dan percepatan yang merupakan diferensial dari persamaan posisi. yaitu: x (t ) = A sin ( ωt + θ0 ) 9. Percepatan harmonik a = −ω2 x Pegas. Guru menjelaskan penurunan persamaan simpangan gerak harmonik sederhana pada pegas. persamaan simpangan pada pegas Hukum II Newton F = ma Hukum hooke F = −kx Maka. dapat dirumuskan rumus frekuensi sudut yang didapat dari persamaan percepatan dan persamaan awal masing-masing gerak harmonik.

dan persamaan kecepatan dan percepatan yang didapatkan dari operasi diferensiasi.C. Alat/ bahan dan Sumber: Alat dan bahan: pegas. misalnya frekuensi sudut. 2. tali. Berlatih menggunakan persamaan simpangan. tes tertulis. kecepatan. kecepatan. Unsurunsur yang dinilai meliputi: 6 . dan penugasan (proyek). dan frekuensi gerak pada gerak harmonik sederhana. amplitudo. LKS dan berbagai tulisan dari internet. a. balok kayu. dan percepatan untuk menghitungan simpangan. Sumber: Buku Fisika Kelas XI Semester 1. periode. dimana adanya gaya pemulih menyebabkan terjadinya gerak harmonik sederhana. Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan sehubungan dengan hubungan gaya dengan gerak getaran. Penilaian Kinerja Nilai diperoleh dari hasil pengamatan guru terhadap kinerja kelompok selama proses pembelajaran berlangsung yaitu pada saat melakukan eksperimen dan pada saat berdiskusi di dalam kelompok dan mengemukakan pendapat kepada guru. percepatan dan variabel-variabel lain. Kembali menuliskan persamaan simpangan yang didapatkan dari persamaan gaya pemulih masing-masing gerak harmonik. Penilaian: Penilaian dilakukan secara individu atau kelompok yang meliputi penilaian penilaian kinerja (performamce assessment) pada saat kegiatan berlangsung. 3. Kegiatan penutup 1. bandul.

5. Kejujuran fakta 3. LKS Pengamatan Tujuan: 1. Ide No. Menemukan gaya pemulih pada beberapa masalah gerak harmonik sederhana 7 ....Penilaian diskusi hasil pengamatan siswa Hari/tanggal:. Judul Praktikum:……. 6. 1. 4. Ketelitian dalam bekerja Penggunaan waktu secara efektif Kerja sama Tanggung Jawab dalam mengungkap Sangat Baik (5) Baik (4) Cukup (3) Kurang (2) Sangat Kurang (1) Catatan: Berikan tanda √ untuk setiap penampilan dari setiap tindakan yang dilakukan kelompok c. Aspek Penilaian Kesungguhan dalam melakukan kegiatan 2. Aspek Sikap Ilmiah selama bekerja di dalam kelompok Skor setiap kelompok No. Nama siswa berhubungan erat dengan topic permasalahan ya tidak 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Pendapat tepat/benar (sesuai konsep fisika) ya tidak Ide disampaikan jelas dan sistematis ya tidak Aspek yang dinilai Argumentasi baik/mempertahankan pendapat dengan alas an yang logis dan ya ilmiah tidak Bersikasp menghargai pendapat orang lain ya tidak ya Orisinal (ide yang disampaikan baru) tidak Ket b.

2. Sebuah bandul bermassa m dan tali sepanjang L di beri simpangan kecil (θ < 10 0 ) kemudian dilepaskan. 6. F= 3. B. 3. 2. Merumuskan persamaan simpangan. Amati gerak bolak-balik bandul tersebut 3. 5. Tuliskan persamaan hukum Hooke yang berlaku pada pegas. Gambarlah gaya-gaya yang bekerja pada benda m pada saat bandul berada di amplitudo nya. kecepatan dan percepatan gerak harmonik sederhana 3. Persamaan umum simpangan. tekan benda tersebut sejauh A. Gambarkan peristiwa pegas tersebut 4. Pegas Langkah-langkah 1. Gambarkan peristiwa bandul sederhana tersebut. Temukanlah komponen gaya apa saja yang berlawanan dengan arah gerak bandul menuju amplitudonya. F=…… C. Menurut hokum Newton. Substitusikan persamaan di langkah 1 ke dalam persaman di langkah 2 8 . Sebuah benda bermasa m disambungkan dengan pegas. F=…. F= 2. Tuliskan kembali gaya yang bekerja pada benda m saat ketika pegas teregang atau tertekan. 4. Amati gerak bolak-balik benda tersebut. Menemukan rumus periode dan frekuensi sudut pada beberapa masalah gerak harmonik sederhana A.. kecepatan dan percepatan 1. Tuliskan rumus gaya tersebut.2. Bandul sederhana Langkah-langkah 1.

Rumus frekuensi sudut dan periode 1. Substitusikan persamaan percepatan yang telah didapat kedalam persamaan hukum newton F = ma Dan substitusikan persaman gaya pemulih yang bekerja pada benda m yang dihubungkan dengan pegas ke dalam hukum newton tersebut.4. frekuensi sudut dan frekuensi gerak pada gerak harmonik sederhana. Jika diketahui ω = ω =…………. Sehingga diperoleh 3. 2. amplitudo. T 4. Contoh soal: 9 . 2π . Lakukan langkah 1-3 untuk mendapatkan rumus frekuensi sudut dan periode pada bandul sederhana Tes tertulis Persamaan Simpangan x (t ) = A sin ( ωt + θ0 ) Persamaan Kecepatan v = A[ω cos( ωt + θ 0 ) ] Persamaan Percepatan a = −ω2 x Penerapan persamaan-persamaan di atas ke dalam soal perhitungan simpangan. Turunkan persamaan persamaan umum simpangan simpangan (diferensiasi) yaitu: untuk ………………. maka T=…. 5.. mendapatkan persamaan kecepatan dan percepatan. kecepatan. Sehingga. percepatan. D.. periode.

a. periode. September 2008 Guru Bidang Studi Annisa Firdhausi NIP. amplitudo. NIP. 10 .Sebuah partikel bergerak harmonik. dan frekuensi gerak. simpangan. dengan t dalam sekon. dan percepatan pada t= 5π sekon. persamaan kecepatan dan percepatan c. b. Persamaan simpangannya dinyatakan sebagai y = 4 sin 0.1t cm. kecepatan. Tentukan: Mengetahui : Kepala Sekolah Bandung.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful