RANGKAIAN LISTRIK RESUME

(DASAR ARUS BOLAK-BALIK)

KELOMPOK IX :
y y y

AGUNG PRASETYO FERI RICKY NOVIANTO DINA M SITUMORANG

(5115 10 0200) (5115 10 0205) (5215 06 2158)

PENDIDIKAN TEKNIK ELEKRO UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Dengan pengertian bahwa suatu persoalan Rangkaian Lisrik bukan tidak dapat dipecahkan dengan hukum -hukum dasar atau konsep dasar ataupun dengan bantuan suatu analisis tertentu. rangkaian dialiri arus listrik AC.PENDAHULUAN Pada resume kali ini. tetapi kali ini dibahas bahwa penggunaan rangkaian arus listrik bolak-balik tertentu dalam menyelesaikan persoalan yang muncul pada Rangkaian Listrik dapat dilakukan dengan menggunakan suatu arus bolak -balik tertentu. Bahwa nantinya pada implementasi penggunaan dasar -dasar arus bolakbalik tertentu akan diperlukan suatu bantuan k onsep dasar ataupun analisis rangkaian. . TUJUAN  Mahasiswa dapat mengerti meng enai analisa dasar-dasar arus bolak-balik  Mahasiswa dapat mengetahui besar nilai -nilai pada rangkaian tersebut  Mahasiswa dapat mempelajari ten tang pemakaian rangkaian arus bolak-balik  Mahasiswa dapat Memahami Impendansi Pengganti Rangkaian RLC Perhitungan / Pengukuran impedansi rangkaian RLC. kami mencoba membahas satu buah point / cara penyelesaian persoalan yang muncul pada Rangkai an Listrik: ³dasar arus bolakbalik´.

arus bolak-balik ini di sebabkan berpindah nya arah arusdari positif ke negatif secara bergantian dan secara terus menerus dan salah satu pembentuk arah arus bolak balik ini adalah arus yg berasal dari generato r atau dinamo.l induksi.m.sebalik nya jika kawat penghantar di gerakan ke atas maka jarum galvanometer akan bergerak ke kanan.f)yg dapat menyebabkan mengalir nya arus listrik.m.lalu bagai mana terbentuk nya? Terjadi nya arus ini di sebabkan adanya induksi yg terbentuk oleh medan magnit di mana medan magnit yg melalui bahan konduktor akan membentuk arus pada bahan tersebut dan apa bila arah medan magnit yg melalui ba han tersebut di rubah maka arah arus yg terbentuk pada bahan tesebut juga akan berubah arah atau berlawanan arah dari arah arus yg awal hal ini berdasarkan hasil percobaan yg di lakukan oleh Michael Faraday pada tahun 1831 di mana ia telah menemukan bahwa bila sebuah peng hantar listrik yg merupakan bagian sirkuit tertutup di gerakan dalam medan magnit maka di dalam penghantar tsb akan di bangkitkan gaya motorlistrik(g.l induksi".fasa plus(+)Dan fasa minus(-).C.l atau tegangan listriky yg di sebut" g.m.sepert i pada gambar di mana penghantar(konduktor) A di gerakkan di dalam medan magnit yg kuat sehingga penghantar itu memotong garis -garis gaya magnit hal ini menyebab kan bangkit nya g.dan begitu pula ketik a kawat penghantar dalam keadaan berhenti maka jarum pada galvanometer akan menujuk ke angka nol(0) ini akan menujukan tidak ada nya arus pada kawat penghantar atau tidak terdapat g. .m. Tegangan induksi ini di tunjukkan oleh galvano meter(G).l) atau elektro motif force(e.jarum pada galvano meter akan bergerak ke kiri ketika kawat penghantar di gerakan ke bawah.m.dasar arus bolak-balik Arus bolak balik atau arus Ac adalah arus yg memiliki 2 fasa.

telah diketahui bahwa generator arus bolak -balik sebagai sumber tenaga listrik yang mempunyai GGL : E = Emax sin t Persamaan di atas jelas-jelas menunjukkan bahwa GGL arus bolak-balik berubah secara sinusoidal. Dalam persamaan : E = Emax sin 2 ft. Tegangan sesaat : Yaitu tegangan pada suatu saat t yang dapat dihitung dari persamaan E = Emax sin 2 ft jika kita tahu E max. Gambar arus dan tegangan bolak-balik. amplitudo tegangan adalah E max. Tegangan rata-rata (Average Value). Jadi E pp = 2 Emax. 4. Tegangan puncak-kepuncak (Peak-to-peak) yang dinyatakan dengan E pp ialah beda antara tegan gan minimum dan tegangan maksimum. Suatu sifat yang menjadi ciri khas arus bolak -balik. Tegangan efektif atau tegangan rms (root -mean-square) yaitu harga tegangan yang dapat diamati langsung dalam skala alat ukurnya. 2. . yaitu : 1. Dalam menyatakan harga tegangan AC ada beberapa besaran yang digunakan. f dan t. Gambar arti arus dan tegangan yang dikuadratkan. Amplitudo tegangan Emax : Yaitu harga maksimum tegangan. 5. 3.

. Dalam generator.707 Imax = 0. Bentuk kurva yang dihasilkan persamaan ini dapat kita lihat di layar Osiloskop. baik tegangan maupun kuat arusnya berubah ubah secara periodik. Bentuk kurva ini disebut bentuk sinusoidal gambar. Harga Efektif Arus Bolak-balik. Dalam rangkaian arus bolak-balik. Harga efektif arus bolak-balik ialah harga arus bolak-balik yang dapat menghasilkan panas yang sama dalam penghantar yang sama dan dalam waktu yang seperti arus searah.707 Vmax Kuat arus dan tegangan yang terukur oleh alat ukur listrik menyatakan harga efektifnya. Ternyata besar kuat arus dan tegangan efektifnya masing -masing : Ieff = [ Ief = Vef = ]½ = 0. Oleh sebab itu untuk penggunaan yang praktis diperlukan besaran listrik bolak-balik yang tetap. yaitu harga efektif. kumparan persegi panjang yang diputar dalam medan magnetik akan membangkitkan Gaya Gerak Listrik (GGL) sebesar : E = Em sin t Dengan demikian bentuk arus dan tegangan bolak -balik seperti persamaan di atas yaitu : i = Im sin t v = vm sin t im dan vm adalah arus maksimum dan tegangan maksimum.Arus dan tegangan sinusoidal .

karena R berbanding lurus dengan L kabel.dari gardu tegangan yang kecil dinaikan lagi dengan transfomator.tegangan berkurang karena panjangnya kabel yang menghubungkannya.tegangan rumah di negara maju 110 v dan tegangan rumah di negara berkembang 220v Tegangan output dari generator AC terbentuk gelombang sinus Tegangan seketika pada suatu titik dari bentuk fungsi sinus akibat perputaran generator  Pengukuran gelombang sinus  Pembangkit tenaga listrik  Jumlah garis gaya magnet =  Garis gaya magnet yang di potong oleh kumparan selalu berubah -ubah menurut kecepatan sudut = = …‘• .gelombang sinus Tegangan output dari generator AC berbentuk gelombang sinus.akibat perpu taran generator dari sumber ke gardu.

 karena kawat selalu memotong garis gaya magnet =   =  e=N.sudut rad/s fluk max weber time (t=detik) maka      untuk kumparan N  .B.l.V sin jika e=Em ...l.N.N.V sin     Besar EMF yang terbangkit pada satu sisi total EMF kedua sisi e=2.. maka sin e=2.B.V bial besar lain diketahui b=jari -jari penghantar.f=frekuensi penghantar         cara lain untuk memperoleh persamaan tegangan bila diketahui: y y y  kec.l.B.

berdasarkan hukum faraday tentang induksi elektromagnetik EMF yang diindiksikan dinyatakan dengan perubahan fluk.85 2.1 b/ .sesaat dari EMF yang diinduktansikan e =   soal-soal 1. Berbeda dengan arus searah dimana arah arus yang mengalir tidak berubah-ubah dengan waktu 3.62 volt •‹    = 1.apa yang dimaksud dengan arus AC (bolak -balik)? Jawab: arus listrik dimana besarnya dan arahnya arus berubah -ubah secara bolak-balik.poros kumparan normal terhadap medan magnet fluxdensity 0.kumparan berputar dengan kecepatan 1000rpm.kumparan siku ukuran 5cmx10cm mempunyai 50 lilitan dan di potong oleh poros yang terletak pada bagian yang lebih pendek.hitunglah EMFmax dan EMF sesaat bila kumparan membentuk sudut terhadap arah medan magnet?? Jawab: ° = = 2.apa yang dimaksud dengan harga efektif arus bolak -balik? .

? . Tegangan maksimumnya b. Reaktansi induktifnya b.1 K . I maks««««.7 volt. V = 200 sin ( 100 T.? Jawab : a.Hambatan 0. Oleh sebab itu untuk penggunaan yang praktis diperlukan besaran listrik bolak-balik yang tetap. Arus maksimumnya c. XL««.t I = 2 . persamaan arusnya«.5 Henry dipasang pada sumber tegangan bolak balik yang frekwensinya 50 Hz dan tegangan maksimal 15.t ).1 K . Sehingga didapat V maks = 200 volt b. Karena I dan V sefase persamaan arusnya I = Imaks sin [. Tentukan: a. yaitu harga efektif. Ditanyakan a. dipasang pada sumber tegangan bolak balik dengan persamaan V = 200 sin ( 100 T.t )..5 H f = 50 Hz Vmaks = 15.? c. V maks ««««? b.Jawab: Harga efektif arus bolak-balik ialah harga arus bolak-balik yang dapat menghasilkan panas yang sama dalam penghantar yang sama dan dalam waktu yang seperti arus searah. I maks = Vmaks 200 = =2A R 100 c. Persamaan arusnya sebagai fungsi dari t Diketahui: R = 0. = 100 . Tentukanlah: a.Suatu kumparan dengan induktansi diri 0.t ).7 volt Ditanya: a.t ). sin ( 100 T. V = 200 sin ( 100 T.. Ampere 5. 4. Persamaan arusnya sebagai fungsi dari t diket: L = 0.

5 = 157 Ohm b. L = 314 .1 A 157 XL T ) 2 Persamaan arusnya menjadi: I = I maks . 3.1 sin ( 314 t - . 0. sin ( [ .b. reaksi induktifnya = X L = [ . 50 = 314 rad/s a.7 = = 0.t T ) 2 I = 0. persamaan arusnya? Jawab: Frekwensi angulernya [ = 2 T .14 . Imaks = Vmaks 15. f = 2 .

arus bolak-balik ini di sebabkan berpindah nya arah arusdari positif ke negatif secara bergantian dan secara terus menerus dan salah satu pembentuk arah arus bolak balik ini adalah arus yg berasal dari generator atau dinamo.m.m.Terjadi nya arus ini di sebabkan adanya induksi yg terbentuk oleh medan magnit di mana medan magnit yg melalui bahan konduktor akan membentuk arus pada bahan tersebut dan apa bila arah medan magnit yg melalui bahan tersebut di rubah maka arah arus yg terbentuk pada bahan tesebut juga akan berubah arah atau berlawanan arah dari arah arus yg awal hal ini berdasarkan hasil percobaan yg di lakukan oleh Michael Faraday pada tahun 1831 di mana ia telah menemukan bahwa bila sebuah peng hantar listrik yg merupakan bagian sirkuit tertutup di gerakan dalam medan magnit maka di dalam penghantar tsb akan di bangkitkan gaya motorlistrik(g.l) atau elektro motif force(e.fasa plus(+)Dan fasa minus(-).f)yg dapat menyebabkan mengalir nya arus listrik .Kesimpulan Arus bolak balik atau arus Ac adalah arus yg memiliki 2 fasa.

Indonesia: Erlangga. 1990. http://id. Jakarta. Millman dan Halkias.org/wiki/Arus_bolak -balik . Surakarta. Indonesia: Widya duta. Bandung. 1986. Soetarmo.DAFTAR PUSTAKA Paseno. Elektronika Terpadu.wikipedia. Jakarta. Indonesia: ITB Bandung. Listrik Magnet. 1979. Indonesia: Karunika. 1986. Sutrisno. Arus Rangga . FISIKA 3 SMA kelas 3 semester lima & enam.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful