1

BAB I PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Banyak pengguna jalan bebas hambatan atau yang biasa disebut sebagai jalan tol sering mengalami gangguan berupa kemacetan. Ini disebabkan karena ketidaktahuan pengguna jalan yang melintas di jalan bebas hambatan tersebut. Seiring dengan perkembangan zaman banyak teknologi Informasi yang berkembang dengan cepat dan kompleks, teknologi yang semakin beragam kini yaitu mulai dari Internet, Handphone, dan media informasi lainnya. Dengan menggunakan dua teknologi saat ini dan di kombinasikan dengan sebuah media tampil digital akan dapat mengatasi masalah ini. Informasi - informasi penting yang harus kita dapatkan di saat akan melintas di jalan bebas hambatan di harapkan dapat tersampaikan dengan cepat dan kemacetan dapat dihindari. Dengan perkembangan teknologi wireless seorang operator dapat memberikan dan mengubah tampilan informasi dimana saja dan kapan saja tanpa harus berada di server. Di lain pihak, perkembangan teknologi internet saat ini menyebabkan proses penyebaran dan pertukaran informasi dapat dilakukan dengan cepat secara global tanpa ada batasan waktu. Teknologi World Wide Web (WWW) atau web sebagai salah satu jenis layanan yang disediakan oleh internet merupakan jenis layanan yang berkembang paling pesat dan paling banyak digunakan saat ini. Dengan memanfaatkan media internet dan teknologi web sebagai suatu transmisi memungkinkan membuat alat pengontrol dari jarak jauh.

2

GPRS sebagai media komunikasi wireless merupakan sistem transmisi berbasis paket untuk GSM yang menggunakan prinsip 'tunnelling'. Laju data yang lebih tinggi. Laju datanya secara kasar sampai 160 kbps dibandingkan dengan 9,6 kbps yang dapat disediakan oleh rangkaian tersakelar GSM. Penggabungan layanan telepon seluler dengan GPRS (General Packet Radio Service) menghasilkan generasi baru yang disebut 2.5G. Sistem GPRS dapat digunakan untuk transfer data (dalam bentuk paket data) yang berkaitan dengan e-mail, data gambar (MMS), Wireless Application Protocol (WAP), dan World Wide Web (WWW). Dengan memanfaatkan teknologi GPRS yang murah dan mudah memungkinkan diciptakan alat pengontrol jarak berbasis GPRS. 1.2. Pokok Masalah Tujuan dari proyek akhir ini adalah untuk merancang dan membuat suatu alat pengontrol tampilan informasi dengan memanfaatkan jaringan internet berbasis komunikasi bergerak. Dengan memanfaatkan jaringan internet dan GPRS dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi terkini.

1.3. Batasan Masalah Permasalahan yang harus diselesaikan pada tugas akhir ini dibatasi pada hal-hal sebagai berikut : a. Percobaan pada sistem ini berbasis TCP/IP. b. Koneksi yang dipakai adalah jaringan internet broadband. c. Aplikasi yang digunakan adalah aplikasi client - server.

3

d. Desain client dan server interface menggunakan Visual Basic, desain web memanfaatkan PHP, dan database dari server memanfaatkan program MySQL. e. Mikrokontroler yang dipakai berasal dari keluarga ATMEL, AT89S51. f. Pada simulasi pengontrolan running text menggunakan LCD matriks 2 x 16.

1.4. Metode Penelitian Metode penelitian dari tugas akhir ini adalah merancang dan membuat suatu sistem pemantau dan pengontrol peralatan listrik dengan memanfaatkan jaringan internet berbasis client-server. Data yang diperoleh dalam pembuatan sistem pada tugas akhir ini diperoleh dari internet, textbook dan juga jurnal.

1.5. Sistematika Penulisan Buku laporan tugas akhir ini terdiri dari 5 (lima) bab, dimana masingmasing bab mempunyai kaitan satu sama lain, yaitu: BAB 1: Pendahuluan Memberikan latar belakang tentang permasalahan, tujuan, masalah dan batasan masalah yang dibahas dalam tugas akhir ini. BAB 2: Landasan Teori Memberikan dasar teori untuk menunjang penyelesaian masalah dalam tugas akhir ini. Teori dasar yang diberikan meliputi: komunikasi data GPRS, pemrograman berbasis web server serta konfigurasi jaringan client-server, Selanjutnya, sedikit pembahasan tentang pemrograman

4 web berbasis PHP serta pengelolaan database yang memanfaatkan program MySQL. BAB 3: Perancangan Sistem Pada bagian ini dijelaskan tentang perancangan sistem antarmuka dari komputer user ke server. BAB 4: Pengujian dan Analisa Membahas tentang perbandingan antara hasil dari sistem yang dibuat dibandingkan dengan dasar teori sistem serta pembahasan hasil pengujian. . cara mengimplementasikan sistem antarmuka yang telah dibuat dan pengujian sistem. implementasi sistem. juga keterbatasan-keterbatasan yang ditemukan dan asumsiasumsi yang dibuat selama melakukan tugas akhir. BAB 5: Kesimpulan Bab ini memuat kesimpulan dari proses perancangan.

5 BAB II LANDASAN TEORI 2. Jaringan Komputer Dengan berkembangnya teknologi komputer dan komunikasi suatu model komputer tunggal yang melayani seluruh tugas-tugas komputasi suatu organisasi kini telah diganti dengan sekumpulan komputer yang telah terpisah-pisah akan tetapi saling berhubungan dalam melaksanakan tugasnya. Dua buah Komputer dikatakan membentuk suatu network bila keduanya dapat saling bertukar informasi. Adapun manfaat jaringan komputer adalah sebagai berikut: y Memberikan kesempatan kepada pengguna komputer untuk mempergunakan sumber daya secara bersama-sama.1. y Optimalisasi pemakaian perangkat sehingga tercapainya efisiensi seperti tidak perlunya masing-masing komputer dilengkapi dengan printer dikarenakan 5 . Jaringan komputer dapat diartikan sebagai suatu himpunan interkoneksi sejumlah Komputer otonom. seperti penggunaan printer maupun memakai koneksi internet bersama. sistem seperti ini disebut jaringan komputer (computer network). Sebuah jaringan komputer paling sedikit terdiri dari dua komputer yang saling berhubungan dengan sebuah media sehingga komputer-komputer tersebut dapat saling berbagi resource dan saling berkomunikasi.

Jaringan Peer to Peer . 2.1.1. Jaringan ini biasa dibuat dengan menghubungkan dua komputer melalui kabel jaringan tipe crossover.1. Gambar 2.6 adanya jaringan sehingga 2 (dua) atau lebih komputer dapat mempergunakan 1 (satu) printer. atau menggunakan kabel straight yang terhubung dengan hub atau switch. y Model Jaringan Peer to Peer Pada jaringan ini pertukaran data hanya dapat dilakukan antar dua komputer atau beberapa komputer dalam satu area kerja. Tipe Jaringan Ada beberapa model jaringan komputer yang setidaknya harus dipahami. y Komunikasi antar sistem operasi yang berbeda sehingga tidak perlu dalam sebuah jaringan komputer semuanya harus memakai sistem operasi yang sama. Berikut beberapa model jaringan komputer yang didasarkan pada motode akses dan pemrosesan datanya.

Sementara komputer client pada jaringan ini hanya memakai service-service yang diberikan oleh server. File-file yang berhubungan dengan data pribadi server tidak dapat diakses oleh client. Jaringan Client-Server Jaringan client-server merupakan jaringan yang didesain untuk mengatur beberapa komputer secara bersamaan melalui sebuah server. Semua komputer dalam mengakses data.7 y Model Jaringan Client-Server Tipe jaringan ini terdiri dari sejumlah komputer dengan memakai satu atau beberapa komputer yang dijadikan server dan dihubungkan dengan sejumlah komputer client. kecuali client tersebut mendapatkan hak akses dari server. file server. Gambar 2. dan lain sebagainya. Pada jaringan ini.2. komputer server hanya bertugas memberikan serviceservice seperti database server. . memakai program aplikasi. dan lain-lain yang berhubungan dengan komputer server ahrus terlebih dahulu mendapatkan ijin atau hak akses dari komputer server.

Asymetrical Protocol Many-to-one relationship antara client dan server. . Pesan Berbasiskan Komunikasi Interaksi server dan client melalui pengiriman pesan yang menyertakan permintaan dan jawaban. 3. Server sebagai provider. tetapi ada beberapa perbedaan karakteristik yaitu : 1. Pemisahan Interface dan Implementasi Server bisa di-upgrade tanpa mempengaruhi client selama interface pesan yang diterbitkan tidak berubah. Client selalu menginisiasikan dialog melalui layanan permintaan. dan server menunggu secara pasif request dari client. 5. 4. client sebagai konsumen. 6. Servis layanan Hubungan antara proses yang berjalan pada mesin yang berbeda. 2.8 Sistem client-server didefinisikan sebagai sistem terdistribusi. Lokasi server harus mudah diakses dari client. Transparansi Lokasi Proses yang dilakukan server boleh terletak pada mesin yang sama atau pada mesin yang berbeda melalui jaringan. Pemisahan fungsi berdasarkan ide layanannya. dan meregulasi akses bersama untuk share sumber daya dalam menjamin konsistensinya. Sharing Resources (Sumber Daya) Server bisa melayani beberapa client pada waktu yang sama.

3. File Servers 2. atabase Servers   .9 Adapun perbedaan tipe client-server adalah sebagai berikut. Gambar 2.4. 1. Untuk sharing file melalui jaringan. Database Servers Client mengirimkan SQL requests sebagai pesan pada database server. Gambar 2. File Servers File server vendors mengklaim bahwa mereka pertama menemukan istilah client-server. selanjutnya hasil perintah SQL dikembalikan. Server menggunakan kekuatan proses yang diinginkan untuk menemukan data yang diminta dan kemudian semua record dikembalikan pada client.

10 3.6. Gambar 2. Gambar 2. Transaction Servers (Transaksi Server) Client meminta remote prosedur pada server dengan SQL database engine.5. Web Application Servers World Wide Web adalah aplikasi client-server pertama yang digunakan pada web. Transaction Servers. Hanya satu permintaan / jawaban yang dibutuhkan untuk melakukan transaksi. Web Applications Server . 4. Client dan servers berkomunikasi menggunakan RPC seperti protokol yang disebut HTTP. Remote procedure ini mengeksekusi sebuah grup dari SQL statement.

IndosatNet. Internet dapat diterjemahkan sebagai International Networking (jaringan internasional). atau sebagai inter networking (jaringan antar jaringan) karena menghubungkan berjuta jaringan diseluruh dunia. GEnie. atau IndosatNet. dimana setiap orang yang memiliki komputer dapat bergabung ke dalam jaringan ini hanya dengan melakukan koneksi ke penyedia layanan internet (internet service provider/ISP) seperti Telkom Speedy. dan Prodigy. kalaupun bisa dikatakan yang menjadi pusat-nya adalah beberapa NAP (Network Access Point) yang ada di San Fransisco (Pacific Bell). Di Indonesia ada TelkomNet. Jaringan Internet Internet adalah jaringan komputer yang bisa dikategorikan sebagai WAN. di Chicago (Ameritech). dan sebagainya. dan Merit Access Exchange (MAE) di San Fransisco (MAE West) dan Washington. dan badan ini disebut sebagai penyedia akses internet atau ISP.C (MAE East) yang ditangani oleh MFS Datanet. tanpa batas negara.11 2. koneksi wireless melalui antena WLAN. Australia On Line. CompuServe. New Jersey (Sprint). Topologi internet pada dasarnya adalah mesh-topology. ISP menyediakan koneksi dial-up melalui modem-telepon. atau koneksi ADSL melalui telepon.2. Badan usaha komersil kemudian menyediakan layanan akses dengan menyediakan koneksi dari komputer pengguna ke internet. menghubungkan banyak jenis jaringan melalui sistem packet-switching. Beberapa ISP terkenal di dunia adalah America On Line (AOL). InterNux. D. menghubungkan berjuta komputer diseluruh dunia. Protokol . karena menghubungkan komputer secara internasional. Wasantara Net.

7. dimana koneksi SLIP biasanya lebih lambat dari PPP. Gambar 2.12 koneksi yang digunakan adalah SLIP (Serial Line Interface Protocol) atau PPP (Point-to-Point Protocol). Koneksi internet itu didasari oleh kecepatan. Setelah terhubung maka komputer dapat segera mengakses Internet dan kemudian mengakhiri koneksi dengan memutuskan hubungan telepon.1.2. Jenis Koneksi Internet Banyak koneksi yang bisa dilakukan untuk mengakses internet. Terdapat beberapa jenis koneksi internet. antara lain : y Analog Dial Up Analog Dial Up menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan line telepon. Dengan menggunakan sebuah modem dial-up. Pertama-tama. Jadi kecepatan transport data merupakan tolak ukur dari koneksi tersebut. . komputer melalui modem melakukan pemanggilan telepon (dial-up) ke Penyelenggara Jasa Internet. Koneksi Ke Internet 2. Saat online (connect) maka telepon tidak dapat digunakan.

y Koneksi Frekuensi Radio (Broadband) Koneksi Frekuensi Radio adalah koneksi yang menggunakan frekuensi radio atau disebut juga dengan istilah Broadband Acces. - Kecuali leased line (sambungan kabel khusus dan one to one/tidak terbagi) kecepatan 64kb ± 128kb. Biaya ditentukan total lama penggunaan (vario price). Koneksi Dial Up - Perhitungan pulsa telepon berjalan + biaya internet dari provider. .8. namun hingga sekarang kecepatan max 56kb. Koneksi ini memiliki kecepatan relatif tinggi bila dibandingakan dengan koneksi Dial Up. Namun saat ini sudah tidak begitu terkenal. Pengembangan lanjutannya adalah ISDN (Integrated services digital network) kecepatan max 128kb.13 Gambar 2. - Seluruh daerah yang terdapat line telepon dapat menggunakan koneksi ini. karena frekuensi radio memiliki jangkauan yang sangat luas. - Awalnya memiliki kecepatan dibawah 10kb.

Karena berbeda dengan Dial-Up. Koneksi Broadban y Asymmetrical Digital Subscriber Line (ADSL) ADSL atau Asymmetrical Digital Subscriber Line adalah teknologi yang mengirimkan sinyal-sinyal melalui kabel tembaga pada frekuensi yang berbeda dengan frekuensi yang digunakan layanan telepon. 2. Sistem perhitungan berdasarkan besarnya kilobyte yang digunakan. . karena dianggap pulsa tidak berjalan.14 Gambar 2. yaitu frekuensi tinggi untuk menghantarkan data. dimana modem tersebut harus mendukung teknologi ADSL.9. 1. koneksi 24 jam online (Fix rate by quantity traffict). Pembagian frekuensi menjadi dua. Memungkinkan ADSL dapat dikirim melalui jalur telepon biasa tanpa harus mengganggu layanan telepon. sementara frekuensi rendah untuk menghantarkan suara dan fax. maka modem yang digunakan juga berbeda. Biaya cukup membayar provider internet.

544 Mbps. Gambar 2. masing-masing mendukung data hingga 64 Kbits per secon.15 3. Sebuah T-1 line sebenarnya terdiri dari 24 individu channel. Kebanyakan perusahaan telepon mengijinkan anda untuk membeli satu atau beberapa individu channel. Setiap channel 64 Kbit/secn bisa dikonfigurasi untuk membawa lalu lintas suara atau data. 4. Kecepatan Maximum download speed sekitar 384 Kbps dan upload speed sekitar 64 Kbps. Semakin jauh jarak modem dengan PC. Hal ini dikenal dengan sebutan akses fractional T-1. Koneksi ADSL y T1 Line Merupakan pilihan yang populer untuk disewakan bagi kepentingan bisnis untuk tersambung ke Internet dan untuk ISP tersambung ke backbone Internet.10. T1 Lines merupakan koneksi telepon terdedikasi yang mendukung besaran data hingga 1. . makin lambat kecepatan aksesnya.

Securitas. Gambar 2. Fiber optic ini biasanya digunakan oleh perusahaan besar seperti Banking.4 GHz. dll. Frekuensi berkisar spektrum 2. Notebook dan PDA yang telah dilengkapi dengan kemampuan (support) untuk teknologi WiFi atau komputer PC dan Notebook yang dilengkapi dengan kartu WiFi (WiFi card) dapat digunakan untuk koneksi ke internet.11.16 y Fiber Optic Koneksi jenis ini menggunakan sambungan kabel fiber optic (kabel yang kecepatannya setara dengan kecepatan cahaya) yang tersambung antara provider dengan perusahaan. y WIFI/HOTSPOT WiFi merupakan singkatan dari Wireless Fidelity yang menggunakan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi. Koneksi WI-FI / HOTSPOT . Tentu saja kita harus berada pada lokasi-lokasi yang dijangkau oleh sinyal WiFi.

Bisa menggunakan jaringan GSM maupun CDMA. Dapat dihubungkan melalui Bluetooth maupun usb cable data.12. Karena banyak sinyal dari berbagai jarak harus dikirim dari bumi ke satelit dan dikirim ke bumi lagi. Sedangkan CDMA menggunakan teknologi CDMA 2000 1x hampir setara dengan 3G. Saat online jalur telepon juga tidak terganggu. Koneksi VSAT y Handphone Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan handphone. Satelit ditempatkan di titik statis di atas permukaan bumi.17 y Satelit VSAT Koneksi menggunakan satelit merupakan koneksi yang cukup cepat namun termahal. GSM dapat lebih cepat dengan teknologi 3G atau bahkan teknologi terbaru high speed 3. Perhitungan biaya hampir sama semua . Gambar 2. Dalam memanfaatkan koneksi ini diperlukan sebuah payung (parabola khusus) untuk menangkap signal satelit. dalam posisi tetap.5G. IoS sedikit lebih lambat dibandingkan koneksi kecepatan tinggi di daratan melalui kabel tembaga atau fiber optik.

protokol ini disebut IP (Internet Protocol). Protokol pengiriman merupakan sebuah konvensi (kesepakatan) yang menetapkan dengan cara apa data dikirimkan dan bagaimana kesalahan yang terjadi dikenali serta dipecahkan. harus dijamin setiap paket data sampai ke alamat yang benar dan semuanya benar diterima. kemudian dikirimkan satu per satu. Pertama. yang antara lain mengandung informasi mengenai alamat. yaitu Transmission Control Protocol (TCP) mengaitkan sebuah blok data pada paket data IP. Solusinya adalah sebuah protokol pengiriman data yang tak bergantung pada jenis komputer dan digunakan oleh semua komputer untuk saling bertukar data.18 yaitu menggunakan sistem perhitungan per kilobyte dengan kecepatan mulai dari 64kb ± 2mb. Secara sederhana prose pengiriman data terdiri atas dua langkah. Hanya secara . Untuk itu diperlukan protokol lainnya. Masing-masing jaringan komputer terdiri dari tipe-tipe komputer yang berbeda dengan jaringan yang lainnya. melainkan juga dapat dimanfaatkan oleh setiap komputer. y Protokol Internet : TCP / IP INTERNET terbentuk dari jaringan komputer yang tersebar di seluruh dunia. diperlukan program standar yang mengolah data tersebut pada sistem yang berkaitan. Agar data tidak hanya dapat dikirim dan diterima. Kedua. jumlah total paket data dan urutan setiap paket yang membentuk paket tersebut. Maka diperlukan sebuah protokol yang mampu mengintegrasikan seluruh jaringan komputer tersebut. Di Internet. data yang akan dikrimkan (misalnya sebuah file text) dibagi ke dalam paket data berukuran data berukuran sama (packet).

Karena paketpaket data tidak perlu dikirimkan bersama-sama. TCP meminta host asal mengirm kembali hanya paket-paket data yang mengandung kesalahan. jalur komunikasi dapat membawa segala tipe paket data sementara mereka dikirimkan dari tempat yang satu ke tempat yang lain. y Internet Protocol (IP) Internet Protocol adalah protokol lapisan jaringan (network layer dalam OSI Reference Model) atau protokol lapisan internetwork (internetwork layer dalam DARPA Reference Model) yang digunakan oleh protokol TCP/IP untuk melakukan .  Memberi INTERNET fleksibilitas.  Meningkatkan kecepatan transmisi data. Jika sebuah jalur komunikasi tidak berfungsi. mereka bergerak dari satu host ke host lain sampai mencapai tujuan akhir. Sementara paket-paket data bergerak. jika terjadi kesalahan. Maka.19 bersamaan kedua protokol membentuk kesatuan yang berfungsi. Dengan adanya TCP/IP ini. Sebagai contoh. karena itu biasanya disebut TCP/IP. bayangkan sebuah jalan raya di mana mobil bergerak sepanjang jalan yang sama walaupun mereka menuju ke tempat-tempat yang berbeda-beda. bukan semua paket data. paketpaket data dapat bergerak melalui jalur-jalur yang berbeda-beda. Sebagai contoh. sistem yang mengontrol aliran data dapat menggunakan jalur alternatif. INTERNET memiliki 3 keuntungan :  Memberi kesempatan INTERNET menggunakan jalur komunikasi yang sama untuk pemakai yang berbeda pada saat yang sama. Ini berarti meningkatkan kecepatan transmisi data.

y IP Address Bahwa setiap nude yang terhubung pada sebuah jaringan yang berbasis protokol TCP/IP haruslah memiliki sebuah alamat IP (IP Address) yang unik. Selain itu. protokol ini juga tidak menjamin penyampaian data. artinya dalam satu jaringan tidak boleh ada node yang memiliki alamat yang sama persis. Sebuah paket IP akan membawa data aktual yang dikirimkan melalui jaringan dari satu titik ke titik lainnya. yakni protokol Transmission Control Protocol (TCP).10101000. . Versi IP yang banyak digunakan adalah IP versi 4 (IPv4) yang didefinisikan pada RFC 791 dan dipublikasikan pada tahun 1981. Metode yang digunakannya adalah connectionless yang berarti ia tidak perlu membuat dan memelihara sebuah sesi koneksi. Oleh karena merupakan angka biner maka alamt ip hanya terdiri dari angka 0 dan 1 saja. tetapi akan digantikan oleh IP versi 6 pada beberapa waktu yang akan datang. tapi hal ini diserahkan kepada protokol pada lapisan yang lebih tinggi (lapisan transport dalam OSI Reference Model atau lapisan antar host dalam DARPA Reference Model).00000001. setiap bagian dipisahkan dengan titik. y Format Alamat IP Format alamat IP adalah angka biner yang panjangnya 32 bit dan terbagi menjadi 4 bagian yang masing-masing panjangnnya 8 bit (8bit sama dengna 1 byte).00000001. Protokol IP merupakan salah satu protokol kunci di dalam kumpulan protokol TCP/IP.20 pengalamatan dan routing packet data antar host-host di jaringan komputer berbasis TCP/IP. Contoh : 11000000.

255 224. Pada dasarnya pembagian kelas alamat IP didasarkan atas pembagian network ID dan host ID tersebut.1.255 192. Contoh : 192.255.255.1 Setiap bagian dapat menampung 255 kemungkinan angka.255 . Adapun kelas-kelas yang dimaksud bisa dilihat pada Tabel 2. D dan E.0.225. Pada dasarnya ada 5 kelas alamat IP yaitu kelas A.625. jadi total alamat IP yang tersedia 255 x 255 x 255 x 255 = 4.255. jadi tidak sembarang salah satu dari 4 milyar kemungkiknan alamat IP tersebut dapat dipergunakan begitu saja.0 ± 191. Kelas A.255 240.0.0 ± 239.2.0. Kelas Alamat IP Kelas A B C D E Batas 0. 2.0.0 ± 247.255.225 128.0 ± 223. akan tetapi dalam kenyataan pengalokasiannya ada batasan-batasan serta kelas tertentu.225.1.250.255.255.0.0.21 Format penulisan seperti contoh tersebut kurang disukai dan sulit dibaca. B dan C didistribusikan untuk umum sedangkan kelas D dan E digunakan untuk muticast dan eksperimen. Network ID adalah identitas jaringan sedangkan host ID adalah identitas node.0. Setiap alamat IP memeiliki network ID dan host ID. Kelas Alamat IP Untuk mempermudah pendistribusiannya. B. berikut : Tabel 2. alamat IP dibagi menjadi kelaskelas tetentu.0.1.1.255.0 ± 127.168. C.1.228.0.0.255. Oleh karena itu format penulisan alamat IP lebih sering diwujudkan dalam bentuk desimal.

2. Mikrokontroler AT89S51 merupakan salah satu keluarga dari MCS-51 keluaran dari Atmel.xxx (xxx bernilai 0 ± 255 ) oleh aplikasi TCP/IP. y Alamat IP lain yaitu 127. sebagai alamat untuk diagnosis.3. 2. dan pengecekkan konfigurasi TCP/IP.255.2. Alamat IP Spesial Ada beberapa alamat untuk IP yang tidak boleh digunakan sebagai alamt host karena sudah dipakai untuk fungsi-fungsi tertentu yaitu : y Alamat untuk host tidak diperbolehkan mempunyai nilai 0 atau nilai 1 (dalam desimal bernilai 0 atau 255) karena nilai 0 dianggap sebagai alamat jaringannya sendiri dan nilai 255 sebagai alamat broadcast atau multicast atau netmask.1.xxx.255.xxx. Jenis mikrokontroler ini pada prinsipnya dapat digunakan untuk mengolah data per bit atau pun data 8 bit secara bersamaan. Sebuah mikrokontoler dapat bekerja bila di dalam mikrokontroler tersebeut terdapat sebuah program yang berisikan instruksi-instruksi yang akan . y Sebagai alamat loopback.22 2. Mikrokontroler Mikrokontroler adalah Central Processing Unit (CPU) yang disertai memori serta sarana input/ouput dan dibuat dalam bentuk chip. yaitu paket yang ditransmisikan kembali diterima oleh buffer computer itu sendiri tanpa ditransmisikan ke media jaringan.255. y Alamat broadcast yang disebut sebagai local broadcast yaitu nilai 255.

23 digunakan untuk menjalankan sistem mikrokontroler tersebut. Osilator internal dan rangkaian pewaktu 3. pada program itu sendiri terdapat beberapa set instruksi yang mana tiap instruksi itu dijalankan secara bersamaan atau berurutan. Kemampuan untuk melaksanakan operasi arit matika dan operasi logika. 9. 4. Maksudnya. . misalnya mikrokontroler jenis Atmel berbeda dengan jenis Motorola. Kecepatan dalam melaksanakan instruksi per siklus 1 mikrodetik pada frekuensi 12MHz. Instruksi-instruksi dari sebuah program pada tiap jenis mikrokontroler mempunyai beberapa perbedaan. Beberapa fasilitas yang dimiliki oleh mikrokontroler AT89S51 adalah sebagai berikut: 1. Flash memori 4Kbyte 5. RAM internal 128 byte. Sebuah CPU 8 bit 2. Sebuah port serial dengan kontrol serial full duplex. Empat buah programable port I/O yang masing-masing terdiri dari delapan buah jalur I/O 7. 8. Pada prinsipnya program pada mikrokontroler dijalankan secara bertahap. Lima buah jalur interupsi ( dua buah interupsi eksternal dan tiga buah interupsi internal) 6.

VCC yang digunakan sebagai catu daya. 2. Port 1 merupakan port paralel 8 bit dua arah. Port ini mengirim byte alamatalamat bila dilakukan pengaksesan memori eksternal. 3.13. IC AT89S51 Susunan pin pada mikrokontroler AT89S51 dapat dilihat pada Gambar 2. Posisi LSB terletak pada pin 1 dan MSB terletak pada pin 8. LSB terletak pada pin 21 dan MSB terletak pada pin 28. Port 2 merupakan port paralel 8 bit dua arah. Posisi Low Significant Bit (LSB) terletak pada pin 39 dan Most Significant Bit (MSB) terletak pada pin 32. Penjelasan untuk masing ± masing pin mikrokontroler adalah sebagai berikut : 1. 4.24 Gambar 2. GND digunakan sebagai ground. .13. 5. Port 0 merupakan port paralel 8 bit dua arah.

sedangkan komunikasi data paralel dilakukan dengan .4.4 P3. ALE/PROG digunakan untuk menahan alamat memori eksternal selama pelaksanaan instruksi. 10. 2.2. 12. Saat kondisi Low maka mikrokontroller menjalankan instruksiinstruksi yang ada pada memori internal. RST (reset) pada kondisi high akan aktif selama dua siklus 8. 9. 11. LSB terletak pada pin 10 dan MSB terletak pada pin 17. XTAL 2 sebagai keluaran dari osilator.25 6.1 P3. EA/Vpp. XTAL 1 sebagai masukan dari osilator.6 P3. Pin Pada Port 3 Pin-pin pada port 3 P3. Tabel 2.3 P3.5 P3.7 Fungsi Pengganti RXD (port input serial) TXD (port output serial) INT0 (interrupt eksternal 0) INT1 (interrupt eksternal 1) T0 (input eksternal timer 0 ) T1 (input eksternal timer 1) WR (perintah write pada memori eksternal) RD (perintah read pada memori eksternal) 7.0 P3.2 P. PSEN (Program Store Enable) merupakan strboe pembacaan ke memori eksternal.3. Komunikasi Data Serial Komunikasi data serial dilakukan dengan mengirimkan dan menerima data 8 bit secara satu per satu. Port 3 merupaka port paralel 8 bit dua arah.

Gambar 2. penerima dan ground. Port tersebut biasanya digunakan untuk mouse. yaitu saat data dikirmkan dan saat data diterima. yaitu COM1 dan COM2. Konektor Serial DB-9 & DB-25 . Biasanya terdapat dua buah communication port. Perlu diperhatikan bahwa dalam pengiriman data serial semakin jauh jarak kirim maka kemungkinan noise semakin besar. yaitu konektor dengan 25 pin atau sering disebut dengan DB-25 Connector dan konektor dengan 9 pin atau serng disebut dengan DB-9 Connector.14. Pada dasarnya hanya 3 pin yang terpakai. Pada seperangkat komputer biasanya tersedia Communication Port atau sering disebut port COM. dimana pengiriman data dilakukan dengan pengiriman kode biner. RS232 pada komputer mempunyai dua jenis konektor. RS232 (Recommended Stadard Number 232) merupakan seperangkat alat yang diciptakan oleh Electrical Industry Association yang berfungsi sebagai antarmuka dalam mentrasfer data dengan computer. yaitu komunikasi data serial sinkron dimana pengiriman clock dilakukan secara bersamaan dengan data serial dan komunikasi data serial asinkron dimana pengiriman clock dilakukan secara dua tahap. yaiu pin pengirim.26 mengirimkan dan menerima data 8 bit secara bersamaan atau sekaligus. Pada dasarnya ada dua jenis komunikasi data serial.

4. nama pin dan jenis sinyal yang digunakan pada konektor serial DB-9 dan konektor serial DB-25. Jenis Sinyal Pin (DB-9) 1 2 3 4 5 6 7 8 9 Pin (DB-25) 8 3 2 20 7 6 4 5 22 Nama Sinyal Data Carrier Detect Received Data (Rx) Transmitted Data (Tx) Data Terminal Ready (DTR) Ground Data Set Ready (DSR) Request To Send (RTS) Clear To Send (CTS) Ring Indicator Jenis Input Input Output Output Input Output Input Input Keterangan : 1. . Penggunaan Pin. Pin 3 (Transmited Data) berfungsi sebagai jalur pengiriman data dari DTE ke DCE. Pin 4 (Data Terminat Ready) berfungsi untuk memberitahu kesiapan terminal DTE. 5. 3. 2. Pin 1 (Data Carier Detect) berfungsi untuk mendeteksi boleh atau tidaknya DTE menerima data. Tabel 2. 6.3. Nama Pin. Pin 2 (Received Data) berfungsi sebagai jalur penerimaan data dari DCE ke DTE.27 Berikut adalah tabel penggunaan pin. Pin 5 (Ground) sebagai saluran ground. Pin 6 (Data Set Ready) berfungsi untuk menyatakan bahwa status data tersambung pada DCE.

sumber dari baterai tidak cukup. Namun untuk aplikasi yang membutuhkan catu daya lebih besar. 2. Baterai atau accu adalah sumber catu daya DC yang paling baik. 8. dibawah berikut ini. Transformator diperlukan untuk menurunkan tegangan AC dari jala-jala listrik pada kumparan primernya menjadi tegangan AC yang lebih kecil pada kumparan sekundernya. Perangkat elektronika mestinya dicatu oleh power supply arus searah DC (Direct Current) yang stabil agar dapat dengan baik. Untuk itu diperlukan suatu perangkat catu daya yang dapat mengubah arus AC menjadi DC.16. . Catu Daya (Power Supply) Power Supply merupakan pemberi sumber daya bagi perangkat elektronika. Pin 7 (Request to Send) berfungsi untuk mengirim sinyal informasi dari DTE ke DCE bahwa akan ada data yang akan dikirm.5. Pin 9 (Ring Indicator) berfungsi untuk memberitahu DTE bahwa ada terminal yang menginginkan komunikasi dengan DCE. y Penyearah (Rectifier) Prinsip penyearah (rectifier) yang paling sederhana ditunjukkan pada Gambar 2. 9. Pin 8 (Clear to Send) berfungsi untuk memberitahu pada DTE bahwa DCE siap untuk menerima data.28 7. Sumber catu daya yang besar adalah sumber bolak-balik AC (Alternating Current) dari pembangkit tenaga listrik.

Walaupun terlihat di sini tegangan ripple dari kedua rangkaian di atas masih sangat besar. di atas. Gambar 2.1 .1 .17. Dengan demikian beban R1 mendapat suplai tegangan gelombang penuh seperti Gambar 2.16. ¡ ¢ . Rangkaian Penyerarah Sederhana dengan Trafo CT Tegangan positif phasa yang pertama diteruskan oleh D1 sedangkan phasa yang berikutnya dilewatkan melalui D2 ke beban R1 dengan CT transformator sebagai common ground.29 Gambar 2. Untuk beberapa aplikasi seperti misalnya untuk men-catu motor dc yang kecil atau lampu pijar dc. bentuk tegangan seperti ini sudah cukup memadai. Sedangkan untuk mendapatkan penyearah gelombang penuh (f ll wave) diperlukan transformator dengan Center ap (C ) seperti pada Gambar 2. Rangkaian Penyearah Sederhana Pada rangkaian ini. dioda berperan hanya untuk meneruskan tegangan positif ke beban R atau yang disebut dengan penyearah setengah gelombang (half wave).

diatas adalah rangkaian penyearah setengah gelombang dengan filter kapasitor C yang paralel terhadap beban R. Namun jika beban arus semakin besar. Gambar 2. Sebenarnya garis b-c bukanlah garis lurus tetapi eksponensial sesuai dengan sifat pengosongan kapasitor.30 Gambar 2.19. Bentuk Gelombang Dengan Filter Kapasitor Kemiringan kurva b-c tergantung dari besar arus I yang mengalir ke beban R. dimana pada keadaan ini arus untuk beban R1 dicatu oleh tegangan kapasitor. Rangkaian Penyearah Setengah Gelombang Dengan Filter C Gambar 2. Gambar 2. .19. Jika arus I = 0 (tidak ada beban) maka kurva b akan membentuk garis -c hori ontal. menunjukkan bentuk keluaran tegangan DC dari rangkaian penyearah setengah gelombang dengan filter kapasitor. Garis b-c kira-kira adalah garis lurus dengan kemiringan tertentu. kemiringan kurva b akan -c semakin tajam. Ternyata dengan filter ini bentuk gelombang tegangan keluarnya bisa menjadi rata.18.18.

7. maka tegangan outputnya juga akan naik/turun. maka bahasa PHP akan dieksekusi di server. Karena bahasa server side. . Untuk beberapa aplikasi perubahan tegangan ini cukup mengganggu. PHP PHP yang merupakan singkatan dari PHP Hypertext Prepocessor adalah suatu bahasa yang bersifat server side yang didesain khusus untuk aplikasi web.2. M N1  N 2  N 3  N n Jumlah Data % Kesalahan = X = 2. Dan presentase kesalahan dapat dihitung menggunakan rumus sebagai berikut : M N x 100%.31 y Regulator Rangkaian penyearah sudah cukup bagus jika tegangan ripple-nya kecil. PHP dapat disisipkan diantara bahasa HTML. Jika tegangan PLN naik/turun.1. dimana: M = Nilai yang diinginka N = Nilai Pengamatan 2. dan kode PHP tidak terlihat lagi. sehingga diperlukan komponen aktif yang dapat meregulasi tegangan keluaran ini menjadi stabil. sehingga yang dikirimkan ke browser adalah ³hasil jadi´ dalam bentuk HTML. namun ada masalah stabilitas. Untuk mendapatkan tegangan terukur rata-rata dapat menggunakan rumus sebagai berikut : N! 2. jika arus semakin besar ternyata tegangan dc keluarnya juga ikut turun. Seperti rangkaian penyearah di atas.

dan sistem operasinya. web server akan mencarikan berkas yang diminta dan memberikan isinya ke browser. PHP mudah dibuat dan kecepatan akses tinggi. Xitami. versinya. PHP adalah termasuk bahasa yang embedded (bisa ditempel atau diletakkan dalam tag HTML). c. Cara Kerja PHP Model kerja HTML diawali dengan permintaan suatu halaman web oleh browser.7. dan sebagainya. PHP juga dapat berjalan pada web server. Browser yang mendapatkan isinya segera melakukan proses penerjemahan kode HTML dan menampilkannya ke layar pemakai seperti Gambar 2. 2.32 2. . Kelebihan PHP PHP mempunyai beberapa kelebihan. b. PHP dapat berjalan dalam web server yang berbeda dan dalam sistem operasi yang berbeda pula. d. dan Macintosh. mengidentifikasi halaman yang dikehendaki. Berdasarkan URL (Uniform Resource Locator) atau dikenal dengan sebutan alamat Internet.1.20. Selanjutnya. Windows98. Informasi yang disampaikan ke web server antara lain adalah nama browser.2. Windows NT. Microsoft Personal Web Server. IIS. browser mendapatkan alamat dari web server.7. PHP dapat berjalan di sistem operasi UNIX. Apache. antara lain: a. dan menyampaikan segala informasi yang dibutuhkan oleh web server.

Untuk memperlejas. lihat Gambar 2. Selanjutnya. . isinya segera dikirimkan ke mesin PHP dan mesin inilah yang memproses dan memberikan hasilnya (berupa kode HTML) ke web server.21. web server menyampaikan ke klien. Skema HTML Jika yang diminta adalah sebuah halaman PHP.8.33 Gambar 2. Gambar 2. MySQL MySQL adalah Relational Database Management System (RDMS) yang didistribusikan secara gratis dibawah lisensi General Public License (GPL).21. maka prinsipnya serupa dengan kode HTML. ketika berkas PHP yang diminta didapatkan oleh web server.20. Hanya saja. Skema PHP 2.

MySQL termasuk unggul dibandingkan database server lainnya dalam query data. Amiga. Linux.1. tetapi tidak boleh dijadikan produk turunan yang bersifat komersial (Sutarman.8. yang memungkinkan pengoperasian data dikerjakan dengan mudah secara otomatis. dan lain-lain. MySQL mempunyai beberapa kelebihan. 2. y Open Source MySQL didistribusikan secara gratis (open source). MySQL merupakan turunan dari salah satu konsep utama dalam database yaitu Structured Query Language (SQL). Sebagai database server.34 Setiap orang bebas menggunakannya. y Multiuser . FreeBSD. Kelebihan MySQL MySQL merupakan database server yang memiliki konsep database modern. SQL adalah sebuah konsep pengoperasian database terutama untuk pemilihan dan pemasukan data. antara lain : y Portability MySQL dapat berjalan stabil pada berbagai sistem operasi di antaranya adalah Windows. 2003). dibawah lisensi GPL sehingga dapat digunakan tanpa dipungut biaya sepeser pun. Mac OS X Server. HP-UX. Solaris. Hal ini dapat dibuktikan melalui kecepatan MySQL yang bisa sepuluh kali lebih cepat dari PostgreSQL dan lima kali lebih cepat dibanding Interbase.

2.35 MySQL dapat digunakan oleh beberapa user dalam waktu yang bersamaan tanpa mengalami masalah atau konflik. dimana arsip yang ada didalamnya dapat digunakan kembali dan mudah dicari karena biasanya sudah diurutkan berdasarkan ururtan nama arsipnya. atau Namd Pipes (NT). dan izin akses user dengan sistem yang mendetail serta password yang menggunakan sistem enkripsi. Unix soket (Unix). Adapun hierarki database ditunjukkan melalui Gambar 2. y Connectivity MySQL dapat melakukan koneksi dengan client melalui penggunaan protokol TCP/IP. y Security MySQL memiliki beberapa lapisan security seperti level subnetmask. berikut: .8. 2. Database dapat dianggap sebagai suatu lemari arsip. y Interface MySQL memiliki interface terhadap berbagai aplikasi dan bahasa pemrograman dengan menggunakan fungsi Application Programming Interface (API). nama host. Pengenalan Database Database dapat diartikan sebagai suatu bentuk penyimpanan informasi yang terpusat agar data-data atau informasi yang ada di dalamnya mudah dicari.22. dikelola dan digunakan kembali. Hal ini memungkinkan sebuah daatabase server MySQL dapat diakses client secara bersamaan.

Langkah pertamanya adalah dengan menentukan atribut-atribut mana saja yang penting untuk disimpan dalam database. y Dapat menghapus atau membuat data-data yang tidak perlu. Hierarki Database Keterangan dari Gambar 2. Suatu relasi boleh dipecah menjadi dua atau lebih asalkan memenuhi tujuan. Fungsi Database Adapun tujuan dari pembuatan database adalah sebagai berikut : y Mampu menyimpan semua data yang relevan ke dalam database.36 DBMS Database Database Database Tabel Tabel Tabel Tabel Tabel Field & Record Gambar 2. 2. . Untuk mengerti hal ini perlu dibedakan antara µduplikat data yang perlu¶ dan µduplikat data yang tidak perlu¶ y Diusahakan agar jumlah relasi seminimal mungkin. y y Record adalah kumpulan dari beberapa field-field.22.8.3.22. tersebut diatas antara lain : y Field adalah atribut data terkecil dan merupakan kesatuan terkecil dalam suatu database. Table adalah suatu kumpulan data yang terdiri dari beberapa field dan record.

Pada penulisan tugas akhir ini.totalh.org/wiki/PhpMyAdmin. 2.37 y Mempunyai relasi normal untuk mencegah proses delete dan update. http://id. Membuat Database MySQL dengan phpMyAdmin phpMyAdmin adalah perangkat lunak bebas yang ditulis dalam bahasa pemograman PHP yang digunakan untuk menangani administrasi MySQL memlau Jejaring Jagat Lambat (World Wide Web).wikipedia. indeks.8. menggunakan phpMyAdmin 3. 7 Februari 2011 . tabel-tabel. relations.9.4 dengan MySQL client version : 5.0 Visual Basic adalah perangkat lunak untuk menyusun program aplikasi yang bekerja dalam lingkungan sistem operasi windows. Tampilan phpMyAdmin lebih bagus dan mudah bagi pengguna untuk membuat database 2. diusahakan agar cukup dilakukan proses satu kali sudah dapat mengupdate keseluruhan. untuk mengaksesnya. Untuk membuat database di MySQL akan lebih mudah jika kita menggunakan phpMyAdmin.4. perijinan/permissions. bidang/field.2. 5 Februari 2011 Ziipunly. Jika phpMyAdmin telah terinstal.0. http://localhost/phpMyAdmin/. pada browser ketikkan.com/mengakses-aplikasi-php-myadmin/ . diantaranya (mengelola basis data. dan lainlain1). pengguna/users. Visual basic juga 1 2 Wikipedia. Dengan visual basic kemampuan windows dapat dimanfaatkan secara optimal. Jika suatu data akan di update.45. phpMyAdmin mendukung berbagai operasi MySQL. Visual Basic 6. 2.

23. toolbox. Form disusun oleh komponen-komponen 3 Thabrani. kemudian diberi script program di dalam komponen-komponen yang diperlukan.23. Mudah & Cepat Menguasai Visual Basic.03. Interface Visual Basic Interface antar muka Visual Basic 6.0.1.Jakarta : Mediakita. 2.38 memberikan kemudahan dalam pemrogramannya disamping tampilan grafisnya yang menawan.-cet. berisi menu. toolbar. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengolah informasi yang diterima dari port serial dan menghubungkannya dengan database adalah visual basic 6.4. Gambar 2.9. Interface Antarmuka Visual Basic Pembuatan program aplikasi menggunakan Visual Basic dilakukan dengan membuat tampilan aplikasi pada form. form. project explorer dan property seperti terlihat pada Gambar 2.2008 . Suryanto.

Gambar 2. dan setiap komponen yang dipakai harus diatur propertinya lewat jendela [Property]. Di samping itu terdapat fasilitas-fasilitas pemakaian visual basic pada menu. membuat project baru. Toolbox berisi komponen-komponen yang bisa digunakan oleh suatu project aktif.24. artinya isi komponen dalam toolbox sangat tergantung pada jenis project yang dibangun.39 yang berada di [Toolbox]. Menu pada dasarnya adalah operasional standar di dalam sistem operasi windows. berikut ini. Komponen standar dalam toolbox dapat dilihat pada Gambar 2. membuka project dan menyimpan project. seperti membuat form baru.24. Komponen Standard Toolbox .

Untuk mengaktifkan lampu. Pertama-tama user atau admin yang ingin mengakses web client harus login terlebih dahulu agar dapat mengakses aplikasi. Username yang dapat masuk ke aplikasi pada web client. melihat data yang tersimpan dan juga menambah serta menghapus user dari database. Pada menu kontrol peralatan listrik. terdapat 3 gambar yang mewakili 3 lampu yang disimbolkan sebagai peralatan listrik yang nantinya ingin dikontrol. Pada web client. 1. nantinya gambar tersebut akan berubah dan kondisi lampu pada replika akan berubah.40 BAB III PERANCANGAN SISTEM 3. Apabila username yang ingin masuk ke aplikasi tidak terdapat dalam database. admin dapat mengakses semua aplikasi yang terdapat pada web client. AC dan pesawat TV hanya tinggal melakukan klik pada masing-masing gambar. Sedangkan user hanya dapat mengakses menu kontrol peralatan listrik saja. Gambaran Sistem Komputer yang terdapat pada server harus dalam kondisi aktif serta online dalam jaringan internet. 41 . aplikasi pada server yang telah dibuat menggunakan program visual basic juga harus dijalankan terlebih dahulu. Lampu 1 mewakili lampu kamar. maka akses ditolak dan user tersebut tidak dapat masuk ke aplikasi web client. sudah tersimpan pada database. Pada web client. mulai dari kontrol perlatan listrik. lampu 2 mewakili AC dan lampu 3 mewakili pesawat TV. user harus mengetahui IP server terlebih dahulu agar dapat mengkases aplikasi yang terdapat pada server. Selain itu.

41

Program visual basic yang telah dibuat pada server langsung terhubung dengan mikrokontroler AT89S51. Mikrokontroler akan meneruskan perintah yang telah diterima dari web client dan kemudian perintah tersebut diteruskan untuk mengaktifkan relay sehingga lampu-lampu yang terdapat dalam sistem dapat aktif dan juga non aktif.

3. 2. PERANCANGAN SISTEM PERANGKAT KERAS Pada pembuatan tugas akhir ini, perancangan perangkat keras meliputi rangkaian catu daya, rangkaian sistem minimum mikrokontroler AT89S51, rangkaian komunikasi serial dari Personal Computer ke alat dan rangkaian relay. Adapun blok diagram keseluruhan sistem adalah sebagai berikut :

LCD DISPLAY

M I K R O K O N T R O L E R

RS232

USER

MODEM MODEM PC

Gambar 3.1. Diagram Blok Keseluruhan Sistem

42

3.2.1. Persyaratan Perangkat Keras Beberapa persyaratan minimum perangkat keras yang harus dipenuhi dalam pembuatan tugas akhir ini antara lain :
y y

Rangkaian mikrokontroler AT89S51 Rangkaian komunikasi serial  IC max232  Konektor serial

y y y

Rangkaian relay Rangkaian catu daya Personal Computer  Windows XP SP2  RAM 256  Harddisk 40GB

y

Modem Broadband  Internet speed connection 7,2 Mbps

43

3.2.2. Alur Tahapan Perancangan Sistem Perangkat Keras (Hardware) Alur tahapan dari perancangan sistem perangkat keras pada pembuatan tugas akhir ini adalah sebagai berikut:

MULAI

SET MIKROKONTROLER

KONEKTOR RS-232

RELAY 1

RELAY 2

RELAY 3
CONVERTER RS323 TO USB

LAMPU

AC

PESAWAT TV

PC

MODEM BROADBAND

MEDIA JARINGAN INTERNET

SELESAI
Gambar 3.2. Alur Kerja Perancangan Hardware

2.3.1 dihubungkan pada relay 2 yang nantinya akan digunakan untuk mengontrol lampu2 yang merupakan Air Conditioner (AC). Port 2. Port 2. Skema Rangkaian Pengendali Mikrokontroler Keluaran yang dipakai pada rangkaian pengendali mikrokontroler AT89S51 diatas adalah PORT 2. 1.0 dihubungkan pada relay 1 yang nantinya akan digunakan untuk mengontrol lampu 1 yang merupakan lampu kamar.2 dihubungkan pada relay 3 yang nantinya kana digunakan untuk mengontrol lampu 3 yang merupakan Pesawat Televisi.44 3. Rangkaian Pengendali Mikrokontroler Pengendali mikro merupakan modul utama dalam skripsi ini. Rangkaian pengendali mikro terdiri dari IC pengendali mikro AT89S51. 3. Gambar 3. rangkaian osilator pengendali mikro AT89S51 dan rangkaian reset pengendali mikro AT89S51. Port 2. .1. 2.2.

Rangkaian Reset Mikrokontroller AT89S51 . Penggunaan port 3 adalah sebagai berikut: y P3. Saat power on.0 (RXD) digunakan sebagai masukan dari komunikasi serial antara PC dengan mikro. kapasitor akan mengisi muatan dan membuangnya setelah tegangan stabil. Rangkaian ini dibentuk oleh C = 10 dan R = 10K dimana prinsip kerjanya adalah proses pengisian dan pengosongan C = 10 sehingga menghasilkan suatu keadaan transisi dari logika rendah ke logika tinggi sesuai yang dibutuhkan oleh pin reset Mikrokontroller. Rangkaian osilator terdiri dari sebuah kristal dan dua buah kapasitor.0592 MHz dimana nilai ini akan menentukan frekuensi pencacahan Mikrokontroller. Untuk kebutuhan clock Mikrokontroller digunakan sebuah kristal dengan nilai 11.4.1 (TXD) digunakan sebagai keluaran ke komunikasi serial antara mikro dengan PC.45 PORT 3 dari mikro digunakan untuk bermacam-macam kebutuhan sesuai dengan kegunaan dari port 3. Gambar 3. Pada gambar Mikrokontroller ini terdapat tombol reset. Untuk meyakinkan program bekerja dari awal maka dibuat suatu rangkaian power on reset yang akan mereset alat secara otomatis saat pertama kali catu daya dihidupkan. y P3.

dimana software ini dipakai sebagai sarana pembuatan program (editor).1. Langkah pertama untuk memulai membuat program pada Rigel terlebih dahulu memilih File dan pilih New File. Pada Menu NEW.2.1.2. Kemudian hasilnya di load ke memori mikrokontroler dengan menggunakan program Mikrokontroler ATMEL ISP Software. dapat memilih Assembly File untuk memulai membuat program.2. Meja Kerja Read51 . Adapun langkah-langkah pemakaian kedua program tersebut adalah sebagai berikut: 3.6. Perancangan Program Assembler Mikrokontroler Software yang digunakan untuk memprogram mikrokontroler pada tugas akhi ini adalah software editor yakni Rigel.1.46 3. Penggunaan Program RIGEL a. Membuat File pada Rigel b. Gambar 3.2.1.1. Gambar 3.5.

10. Setelah melakukan klik pada IDE Mode maka BUILD mode akan berubah menjadi Run/Debug Mode. dan port 3.7.11. Gambar 3.9. mulai dari port 0.8. Hasil uji coba program dapat dilihat pada menu bar yang terdapat disebelah kanan meja kerja Read51. Gambar 3. Tampilan Port Mikrokontroler . RUN/DEBUG Mode Selain itu pada menu Build dibawah lembar kerja akan muncul pemberitahuan jika program sukses dan tidak ada error yang muncul. Icon Run Skip Breakpoints f. Setelah program selesai dibuat. dapat melakukan klik pada icon Run Skip Breakpoint. Pada menu tersebut terdapat tampilan port mikrokontroler. Program sukses dibuat e. untuk memastikan tidak ada program dan script yang salah dapat melakukan klik pada icon IDE Mode atau dengan menekan tombol F2. Untuk memulai mencoba menjalankan program pada tampilan port mikrokontroler. port 2. Gambar 3.47 c. Gambar 3. Build mode & Icon IDE Mode d. Gambar 3.

1. Gambar 3. Adapun tahapan pelaksanaan proses download program assembler pada IC mikrokontroler AT89S51 adalah sebagai berikut: a.2. Pilih jenis seri IC yang ingin diwrite.2. Panggil program Atmel Microcontroller ISP Software dari start menu. Pastikan pula kabel ISP tersambung ke port paralel komputer dan ke mikrokontroler serta rangkaian mikrokontroler sudah diberikan catu daya.hex di folder program.48 3.1. Klik option lalu memilih Select Devices.2. pilih Byte Mode (tujuannya saat men-download mode byte lebih cepat). Download Software ke Memori Mikrokontroler AT89S51 Pastikan program sudah berhasil di-compile sehingga tercipta file . Device Selection .12. serta pastikan angka XTAL sesuai dengan XTAL yang dipakai di rangkaian. Lalu melakukan klik pada tombol OK. b.

Jika lancar maka user akan dipersilahkan untuk melakukan lock (proteksi program) mulai dari Lock 0 (tanpa proteksi) sampai Lock 3 (paling secure). . Untuk dapat menghubungkan mikrokontroler AT89C51 dengan komputer melalui port serial.2.49 c.2.2. Code Buffer d. Melakukan klik pada icon Load Buffer.13. lalu verify hasilnya. Rangkaian Komunikasi Serial Pada dasarnya mikrokontroler AT89C51 dilengkapi port serial yang dapat digunakan untuk mengirim dan menerima data dalam format serial. Gambar 3. 3. data dalam level TTL harus diubah dulu menjadi data level RS232.hex yang ingin di-write ke dalam IC. kemudian memilih file . write program. Melakukan klik pada icon Auto Program. Software akan melakukan erase program terhadulu.

50 Gambar 3.14. Skema Rangkaian Komunikasi Serial .

.2. Proses komunikasi. Port serial yang memiliki sifat full duplex dapat mengirimkan dan menerima data secara bersamaan. dilakukan melalui saluran RXD dan TXD. port 3. Register penerima dan pengirim pada port serial diakses pada SBUF (serial buffer).3. ada berbagai jenis mikrokontroler yang dilengkapi dengan UART. 3. noparity. dan menggunakan baud rate sebesar 57600 bps. Komunikasi data serial melalui mikrokontroler dikerjakan oleh Universal Asynchronous Receiver Transmitter atau sering disebut UART. untuk pengiriman data digunakan fasilitas yang ada pada pengendali mikro yaitu fasilitas pada port 3.1 (TXD) dan GND. Rangkaian Relay Terdapat 3 jalur keluaran dari mikrokontroler yang nantinya akan dihubungkan ke masing-masing rela. misalkan keluarga MCS-51.2.51 Untuk itu diperlukan IC MAX232 sebagai pengubah level data. Dalam pengaksesan dilakukan melalui register UART yang terdapat pada mikrokontroler. Port keluaran dari mikrokontroler yang dipakai adalah PORT 2. Komunikasi dilakukan secara asinkron dengan jumlah data 8 bit. Jadi. baik pengiriman maupun penerimaan data.0 (RXD).

Port 2.15.1 dihubungkan pada relay 2 dan nantinya akan digunakan untuk mengontrol AC 3. Port 2.0 dihubungkan pada relay 1 dan nantinya akan digunakan untuk mengontrol lampu kamar tidur. Relay digunakan sebagai penghubung dan pemutus arus AC. Rangkaian Relay Keterangan : 1.2 dihubungkan pada relay 3 dan nantinya akan digunakan untuk mengontrol pesawat tv. . pengontrolnya menggunakan arus DC. Port 2.52 Gambar 3. 2.

2.16. . Gambar 3. Pada rangkaian untuk menyearahkan tegangan digunakan diode bridge. Tegangan 220 VAC ini kemudian diturunkan menjadi 12 VAC melalui trafo penurun tegangan. IC regulator terdiri dari satu buah IC. karena diode bridge mempunyai tegangan riple yang lebih baik dibandingkan dengan diode jenis lain. Rangkaian Catu Daya Tegangan AC 12 V disearahkan oleh diode bridge menjadi tegangan DC. yang berfungsi untuk memberikan supply tegangan pada setiap rangkaian. yaitu LM7805 yang menghasilkan tegangan DC sebesar +5V.2. Keluaran dari diode bridge ini kemudian masuk ke IC regulator yang fungsinya adalah untuk menstabilkan tegangan. Rangkaian catu daya mendapatkan sumber tegangan dari PLN sebesar 220 VAC.53 3. Rangkaian Catu Daya Rangkaian catu daya memberikan supply tegangan pada alat pengendali. Kapasitor berfungsi untuk membuang noise pada tegangan DC.4.

4. Program yang dibutuhkan untuk membuat interface pada server antara lain : 1. Visual Basic 6. Koneksi MyODBC digunakan untuk menghubungkan antara database dengan visual basic serta website. 5. Moblie Parter. . Hyperterminal digunakan untuk menguji koneksi mikrokontroler dengan PC. 2. PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK WEBSITE DAN SERVER Untuk perancangan perangkat lunak terdapat beberapa program yang digunakan untuk tugas akhir ini. 3. 2.3. Moblie Parter. sebagai program yang digunakan untuk melakukan koneksi internet pada modem broadband. B. Beberapa perangkat lunak yang diperlukan dalam pembuatan tugas akhir ini antara lain: A. MySQL digunakan sebagai database pada server. Program yang dibutuhkan untuk membuat interface pada web client antara lain : 1.0 digunakan untuk membuat tampilan interface pada PC server. Macromedia Dreamwaver CS4 berfungsi untuk mendesain web client. sebagai program yang digunakan untuk melakukan koneksi internet pada modem broadband.54 3.

dimana hardware pun memberikan masukan kepada software. CLIENT SERVER INTERNET DATABASE Gambar 3.3.1.55 3.3. tidak hanya menerima perintah dari software tersebut saja. Diagram Sistem Perancangan Perangkat Lunak Pemantau dan pengontrol peralatan listrik ini bekerja dua arah antara software dengan hardware.17.2. Diagram Blok Perancangan Software Web Client dan Server Diagram sistem diatas merupakan sistem keseluruhan dimana sistem dimulai dari pemberian masukkan di web client. Berikut diagram blok dari sistem. diberikan kepada server melalui database dengan media transmisi internet. . Alur Tahapan Perancangan Perangkat Lunak (Software) Sistem Kontrol Peralatan Listrik Alur kerja pada perancangan perangkat lunak ini bertujuan agar dalam membuat serta mendesain web atau server berjalan dengan baik. 3.

56 MULAI SET PROGRAM MIKROKONTROLER DOWNLOAD PROGRAM MIKROKONTROLER DESAIN WEB VIA DREAM WAVER SET DATABASE DESAIN INTERFACE VISUAL BASIC KONEKSIKAN VB DENGAN DATABASE SERTA WEB DENGAN MY ODBC CEK IP ADDRESS INTERNET SELESAI Gambar 3.18. Alur Perancangan Software Sistem Kontrol Peralatan Listrik .

START Insert Username and Password LOGIN Success Login or Not? N Adding username. password.3.57 3.3. Flowchart Login Web Client Adapun flowchart login web client dari Perancangan Sistem ini adalah sebagai berikut.19. status Yes N System Working Registered or Not? Yes END Gambar 3. Flowchart Login Web .

admin juga harus login terlebih dahulu pada server.58 Selain login pada web.20. Adapun flowchart login pada server adalah sebagai berikut. Flowchart login server . START Insert Username and Password LOGIN Success Login or Not? N Yes Show Peta Kendali END Gambar 3.

Flowchart Kendali . Peta kendali terdapat pada web client dan juga pada server. Adapun flowchart dari peta kendali tersebut adalah sebagai berikut: Kendali Lihat History Hapus History Masukkan Data Kendali Print Data Edit Data History N N Data Dihapus N Cetak Ubah Data Tambah Data Y N Y Y Data Diupdate Perintah Telah dilaksanakan Show Data Y Show Data Gambar 3. maka user atau admin akan dibawa menuju ke peta kendali.59 Setelah sukses login.21.

4.22.4. Gambar 3.1.3.4 untuk membuat database dengan phpMyAdmin pada web browser dapat mengetikkan alamat http://localhost/phpmyadmin/.3.60 3. tabel kendali untuk kendali alat-alat listrik dengan nama tbkendali. . Tampilan Database Setelah membuat database selanjutnya membuat tabel-tabel yang dibutuhkan. Klik create untuk membuat database baru. yaitu membuat tabel login dengan nama tblogin. Pembuatan Database Database yang digunakan dibuat dengan phpMyAdmin-3.2. Langkah pertama yang dilakukan adalah create new database dengan nama dbkendali. serta tabel bukutamu sebagai tambahan apabila ada user yang ingin meninggalkan pesan di web. tabel peristiwa untuk mencatat segala perintah yang ada pada tabel kendali dengan nama tbperistiwa. Instalasi MySQL 3.

3. username.1. Tampilan Field tbsensor . yaitu ID (sebagai Primary). deksripsi. Tabel Kendali Tabel kendali digunakan untuk menyimpan perintah-perintah pengontrolan seperti menyalakan/mematikan peralatan listrik. Tabel kendali dibuat dengan nama tbsensor.61 3.23. oleh. Tabel Login Pada tblogin ini berisi 6 kolom / fields.3. Kode_Login.4.1. posisi. dan data. kode sensor. jam. Gambar 3.2. yang berisikan id. password.24. level (Admin/User) dan status (Aktif/Non Aktif). Gambar 3.4. Tampilan Field tblogin 3.1. Klik save/Go untuk mengaktifkan kolom-kolom tersebut. tanggal.

1. keterangan.26. Tabel Buku Tamu Tabel buku tamu merupakan tabel tambahan yang berfungsi agar pengunjung web yang belum memiliki ID dapat mengirimkan pesan atau saran terhadap aplikasi web tersebut. kode peristiwa.4. kode_bukutamu.3. kode sensor. nama. Tabel buku tamu berisikan id. email.3. status.1.62 3. Fields isian dari tabel peristiwa hampir sama dengan tbsensor.25. Tabel peristiwa dibuat dengan nama tbperistiwa dan berisikan Id.4.jam. Tabel Peristiwa Tabel peristiwa berfungsi untuk mereka data yang dikendalikan lewat tbsensor yang nantinya dapat diliat melalui web online. dan status. Gambar 3. Tabel Peristiwa 3.3. kode login. pesan.4. Tabel Buku Tamu . tanggal. Gambar 3.

Menu Home 3. Pengaturan User dan Admin dilakukan pada saat pembuatan database. Gambar 3.2 Login Pada halaman login nantinya akan terdapat perbedaan antara User dengan Admin.4.4.27.2. Tampilan Halaman Depan Home merupakan tampilan awal setiap User atau Admin membuka halaman website.28. User tidak dapat melihat data-data yang sifatnya rahasia.3. Pada halaman ini hanya berisikan tentang sedikit penjelasan abstrak dari tugas akhir.2. namun Admin dapat melihatnya dan bahkan merubahnya.63 3. Menu Login . Pembuatan Web Online Web client dibuat untuk User Interface dalam mengendalikan peralatan listrik.3.1.2.3. Gambar 3. 3.4.

Gambar 3. Admin dan User dapat mengaktifkan dan menonaktifkan peralatan listrik yang dikehendaki. User dapat mengontrol serta mengendalikan peralatan listrik yang dikehendaki. dan TV Pada aplikasi ini. AC.29. secara otomatis akan terjadi perubahan kondisi pada lampu yang mewakilkan peralatan listrik. . merupakan aplikasi utama yang dapat diakses oleh Admin dan User. Dengan melakukan klik pada masing-masing icon. Terdapat 3 jenis icon yang mewakilkan 3 jenis peralatan listrik yang berbeda.2.64 3.3. Tombol reset berfungsi untuk mematikan sekaligus menghapus semua data kendali yang telah tersimpan.4. Menu Kendali Pada menu ini. Kendali Peralatan Listrik Lampu.3.

Gambar 3.3.30. Gambar 3. admin dan user yang tidak terdaftar pun dapat mengakses menu ini. Tambah User Aplikasi ini merupakan aplikasi khusus yang hanya dapat diakses oleh Admin.31. Buku Tamu Pada menu ini tidak hanya user yang terdaftar. Fungsi menu ini adalah sebagai tempat untuk menampung kritik dan saran atau pun pesan yang nantinya dapat dibaca oleh semua orang.4. Menu Buku Tamu 3. Menu Tambah User .4.5.2.4.2.3.65 3. Fungsi utama dari aplikasi ini memungkinkan Admin untuk menambahkan User baru tanpa harus masuk ke aplikasi database.

66 y y y Username : nama akun yang dikehendaki untuk login dan mengakses situs Password : kata kunci yang dapat dibuat sesuai keinginan pemilik akun Level : terdapat 2 macam level.4. History Aplikasi ini berfungsi untuk merekam segala proses dan perintah yang telah dilakukan oleh User maupun Admin pada aplikasi kendali. serta apakah melalui web online atau desktop. Gambar 3. y Status : terdapat 2 macam status.3. 3. Aktif dan Tidak Aktif.6. . yakni Admin atau User.32. Admin memiliki hak mengakses beberapa aplikasi yang tidak dapat diakses User. maka User tersebut tetap tidak dapat mengakses aplikasi. Menu Peristiwa Keterangan: y y y y y Lampu : Objek yang dapat dikendalikan oleh User dan Admin Tanggal : Tanggal pengaksesan aplikasi Jam Status Oleh : Waktu pengaksesan aplikasi : Kondisi objek setelah dikontrol : Pengguna yang login dan mengkses aplikasi. Walaupun memiliki akun namun status akun tersebut tidak aktif.2. Semua perintah akan tersimpan dalam database MySql dan ditampilkan di website pada menu aplikasi peristiwa.

33.3. Form ini berfungsi untuk memasukkan Username dan password agar dapat mengakses kedalam aplikasi. Program pada server ini digunakan sebagai interface antara web online dan alat-alat pengontrol.67 3.2 Tampilan Form Login Setelah menekan tombol lanjut pada form pembuka. 3.3. dimana hanya Username dengan status admin saja yang dapat masuk.34.3. Gambar 3.3.4.4.3. dan tombol untuk keluar dari program aplikasi. Pembuatan Tampilan Server Tampilan untuk komputer server ini dbuat menggunakan program visual basic. maka akan muncul form login seperti pada gambar. Dibawah ini merupakan tampilan form pembuka.3. Program ini pun dikhususkan bagi Admin.4.1 Tampilan Form Pembuka Form pembuka berisi tombol untuk menuju ke form login. Tampilan Menu Login . Gambar 3. Tampilan Form Pembuka 3.

3. abstrak. tombol koneksi antara mikrokontroler dengan Personal Computer.3. profile. kembali. dan exit.3.35. tampilan data-data dari database.4. yaitu : peta kendali.3.4. seperti : tombol untuk mengendalikan peralatan listrik.68 3. Tampilan Form Peta Kendali Form peta kendali berisi indikator dari sistem. Penjelasan dari icon serta fungsi tombol dari peta kendali adalah sebagai berikut : . Tampilan Form Menu Aplikasi Form menu hanya berisi tombol-tombol untuk masuk ke form-form lain yang terdapat pada aplikasi. Menu Aplikasi 3.4.3. bantuan. Gambar 3.

saat tombol on maka akan muncul lampu berwarna kuning dan saat off akan muncul lampu berwarna hitam. y Com/USB port : berfungsi untuk memilih port yang dipakai saat menghubungkan mikrokontroler dengan komputer. : Merupakan informasi dari peralatan listrik. Peta Kendali Keterangan : y Icon Lampu : berfungsi sebagai tombol on dan off. y Hapus : Tombol ini berfungsi untuk menghapus data terpilih yang telah disimpan pada database.36. Jika belum diaktifkan maka pengontrolan peralatan listrik tidak dapat dilakukan. y Connect : tombol ini berfungsi untuk mengaktifkan koneksi setelah memilih port yang dipakai. y y y Reset Summary Kembali : Berfungsi untuk menghapus semua data dalam database. : Tombol ini berfungsi untuk kembali ke menu sebelumanya .69 Gambar 3.

6. Tampilan Form Abstrak 3. Tampilan Form Abstrak Form abstrak akan muncul pada saat menekan tombol abstrak yang terdapat pada menu aplikasi.3. Form Profile .4. Gambar 3.3.4.70 3.5. Gambar 3. Tampilan Form Profile Form ini berisikan profile dari penulis tugas akhir.3.3. form ini berisikan halaman yang merupakan gambaran umum dari penulisan tugas akhir ini.38.37.

Gambar 3. terlebih dahulu melakukan download program dan juga instalasi program. Icon Administrative Toools y Setelah melakukan klik pada Administrative Tools dapat memilih Data Sources (ODBC).3.4.39. kemudian memilih tombol Add.41. Adapun penggunaan program tersebut adalah sebagai berikut : y y Klik Start kemudian pilih Control Panel Pada Control Panel pilih Administrative Tools Gambar 3.40. Tampilan menu ODBC Data Source Administration . dapat memilih tab System DSN.4. Data Sources (ODBC) y Pada tampilan menu ODBC Data Source Administration.71 3. Koneksi ODBC (Data Sources) ODBC merupakan perangkat lunak (sofware) yang berfungsi untuk menghubungkan database (MySQL) dengan program server yang dibuat pada Visual Basic. Gambar 3. Sebelum melakukan setting pada program tersebut.

Gambar 3.72 y Pada menu ³Create New Data Source´ kemudian memilih MySQL ODBC 3.51 Driver dan klik Finish untuk melanjutkan. Tampilan Menu Create New Data Source y Pada menu DNS Configuration terdapat beberapa isian yang wajib dimasukkan agar program dapat berjalan dan tersambung.43. Tampilan Menu DNS Configuration .42. Gambar 3.

: Dapat diisikan bebas atau jika tidak tetap gunakan isian default Host/Server name : Dapat diisikan IP Address atau Localhost jika melakukan setting pada pribadi.73 Keterangan : Data Source Name Description : Dapat diisikan bebas sesuai keinginan.0. Koneksi y Setelah koneksi selesai di setting. ³Data Sources connect succesfully to mysqld-5. Setelah sukses akan muncul pesan.45. Database Name : Diisikan dengan nama database yang telah dibuat pada program PhpMyAdmin User Password Port : Diisikan root yang merupakan User default.-community-nt´ Gambar 3. . : Dapat dikosongkan : Isian default yakni ³3306´ komputer milik SQL Command On Connect : Form ini dapat dikosongkan.44. maka ODBC siap di integrasikan dengan database phpMyAdmin. untuk memastikan dapat dilakukan klik pada ³Test Data Sources´. y Setelah melakukan setting.

74 3. Menu tersebut dapat diperoleh dengan melakukan klik pada Project kemudian melakukan klik pada Componen. £ ¤ Gambar 3.46. Menu ADODC .4. ADODC & Data Grid c) Menu ADODC & Data Grid bekerja besamaan. Nantinya setiap aktifitas yang dilakukan pada web online maupun pada server. dapat dipilih Microsoft ADO Data Control 6. dapat memilih tombol OK.47. Gambar 3. Koneksi ODBC dengan Database pada Visual Basi Pemanfaatan program ODBC pada tugas akhir ini berfungsi untuk menghubungkan program database dengan program visual basic. pengaturan dari kedua menu tersebut dilakukan pada menu ADODC saja.5.3. Menu Project Gambar 3. Adapun langkah-langkah untuk melakukan koneksi antara ODBC dengan Database pada visual basi adalah sebagai berikut: a) Terdapat 2 menu penting yang harus diaktifkan telebih dahulu pada visual basi . akan tesimpan pada database yang dapat dilihat juga pada web maupun server itu sendiri.0. Menu tersebut yakni Data Grid dan Adodc.0 dan Microsoft Data Grid Control 6. b) Setelah muncul tampilan Componen. Setelah memilih tanda centang (¥) pada kedua pilihan tersebut.45.

Setelah semua pengaturan selesai diproses maka dapat melakukan klik pada tombol OK.48. pengaturan lain perlu dilakukan pada tab RecordResource. Property Pages f) Selain melakukan pengaturan pada tab General. Pada Command Text (MySQL) diketikkan script ³select * from tbsensor´. Pengaturan pada tab ini berfungsi untuk menghubungkan data yang terdapat pada database (tbsensor) dengan Data Gird pada visual basic. . Pada Command Type dapat dipilih ³adCmdText´. e) Pada property pages di tab General dapat memilih ³Use ODBC Data Source Name´. Pada menu tersebut akan muncul koneksi yang telah dibuat pada program ODBC di halaman 14.75 d) Pengaturan menu ADODC dengan melakukan klik kanan pada icon ADODC kemudian memilih ADODC Propertis. Gambar 3.

50. sehingga bisa dilakukan pengecekkan kondisi peralatan listrik dan User yang mengakses aplikasi ini. RecordSource g) Data Grid nantinya berfungsi untuk menampilkan setiap aktifitas yang telah dilakukan.76 Gambar 3. Data Grid . Gambar 3.49.

Tampilan Ip Config c. IP ini berubah-ubah karena sifatnya yang dinamis.6. Pada tombol Start melakukan klik pada un dan kemudian dapat mengetikkan ´cmd´ b.4. Dari gambar 3. Adapun langkahlangkah dalam pengecekkan IP Address adalah sebagai berikut : a. Sebelum melakukan pengecekkanIP Address melalui Command Promp.77 3. Setelah muncul tampilan Command Promp. ¥ . Trace IP Address Pengecekkan IP Address bertujuan untuk memastikan koneksi internet pada server sudah terhubung dengan baik.51 diatas. IP Address yang digunakan adalah IPv4 Address.51. terlebih dahulu harus melakukan pengaturan pada modem agar dapat terhubung dengan jaringan internet.3. Gambar 3. dapat mengetikan ´ipconfig´ dan menekan tombol Enter.