Contoh Latar Belakang Proposal Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Eksperimen

Oleh: Rifa Aghina A. 080210192009

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA JURUSAN PENDIDIKAN MIPA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JEMBER Februari 2011

Selama proses pembelajaran berlangsung. guru menggunakan metode ceramah.Untuk mewujudkan hal demikian tidak terlepas dari faktor penentu dalam keberhasilan peserta didik dalam pendidikan.1 LATAR BELAKANG Pendidikan merupakan suatu hal yang penting dalam menjadikan manusia yang berilmu.menggunakan bahan ajar yang sesuai dengan materi pelajaran dan media yang menunjang proses pembelajaran.siswa dapat berperan aktif dan indicator yang diharapkan dalam KTSP dapat tercapai. Dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 4 Telanaipura. . berbudaya.Siswa mempelajari materi pelajaran hanya di sekkolah saja dan tidak diulang ketika di rumah.contohnya tidak menjawab pertanyaan yang diajukan guru saat proses pembelajaran berlangsung.siswa juga tidak memahami konsep pembelajaran sehingga ketika diujikan kembali jawaban siswa tersebut rancu.Permasalahan tersebut mengganggu jalannya proses pembelajaran dan terkesan siswa pasif serta kurang mau berpikir kritis dan tidak kreatif.siswa kelas VII mengikuti pelajaran dengan baik.Diharapkan dengan proses pembelajaran tersebut. dan tanya jawab.Selain itu siswa kurang mau terlibat dalam proses pembelajaran.tetapi siswa kurang merespon materi yang diberikan oleh guru.Peneli i n Tindakan Kelas Judul : ME KATKAN KEAKT AN BELAJAR IPA SISWA KELAS VII SMP NE ERI IV TELANAI PURA MELALUI MET E KERJA KEL MPOK YANG BERMAKNA BAB I PENDAHULUAN 1. bertakwa serta mampu menghadapi tantangan masa datang.Guru mengajar mengacu pada kurikulum tingkat satuan pendidikan. pemberian tugas. Salah satu faktor utamanya adalah kemampuan guru mengunakan metode dalam proses pembelajaran. Dengan pendidikan tersebut juga akan melahirkan peserta didik yang cerdas serta mempunyai kompetensi dan skill untuk dikembangankan ditengah-tengah masyarakat.

dan siswa tidak memperhatikan penjelasan guru pada saat proses pembelajaran.serta siswa sering tidak tuntas mengerjakan tugas/latihan sedangkan jam pelajaran telah habis. .Indikator masalah tersebut adalah siswa tidak mau menjawab pertanyaan-pertanyaan dari guru.siswa kurang aktif saat proses pembelajaran.Berdasarkan pengamatan yang dilakukan ditemukan berbagai permasalahan yang mengganggu proses pembelajaran yaitu siswa tidak mengerjakan tugas/PR . siswa keluar masuk selama proses pembelajaran.siswa tidak mau bertanya tentang materi yang belum dipahami dan saat diberi kesempatan bertanya.dan siswa kurang bersemangat dalam KBM serta siswa rebut saat proses pembelajaran. Masalah yang dipilih untuk diteliti adalah siswa kurang aktif saat proses pembelajaran.Ditemukan masalah ternyata 10 orang siswa kelaas VII SMP Negeri 4 Telanaipura kurang aktif selama proses pembelajaran.Tindakan yang akan dilakukan adalah menggunakan metode kerja kelompok yang bermakna saat proses pembelajaran.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer: Get 4 months of Scribd and The New York Times for just $1.87 per week!

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times