g. Tes Formatif Petunjuk soal. 1. Fungsi sistem suspensi adalah …? 2.

Sebutkan termasuk tipe suspensi apa gambar dibawah ini … ?

3. Sebutkan

tipe

suspensi

depan

model

wishbone

dan

kegunaannya ! 4. Sebutkan komponen utama suspensi ! 5. jelaskan pengertian dari lower arm dan upper arm ! 6. Jelaskan pengertian dari Steering knuckle dan ball joint ! 7. Apa yang dimaksud dengan suspensikaku/rigid? 8. Apa yang dimaksud dengan suspensi bebas/independent? 9. ….. 10. …….

h. Kunci Jawab 1. Sistem suspensi menunjang bodi kendaraan pada as berperan sebagai peredam kejut atau goncangan jalan , membuat perjalanan lebih menyenangkan .

Digunakan pada truk kecil yang mengguanakan suspensi dengan pegas koil. Lower arm : 6. Tipe pegas daun parallel. bus dan lain – lain. Tipe double wishbone dengan pegas koil. Komponen Utama Suspensi           5.Tipe macpherson 4 link dan supensi model wishbone 3. Digunakan pada roda depan truk. Untuk menjamin adanya kontrol arah kendaraan. yaitu lengan bagian bawah yang menghubungkan steering knuckel dengan rangka : yaitu lengan kemudi bagian roda depan untuk pemasangan roda depan. 2.Suspensi meredam getaran akibat jalan yang tidak rata dan menjamin roda menapak dengan jalan. Upper arm Pegas/spring Shock Absorber Suspension Arm Ball joint Bushing karet Strut bar Stabilizer bar Lateral kontrol rod Control Arm Bumper : yaitu lengan bagian atas atau yang menghubungkan streering bawah yang menghubungkan streering knuckle dengan rangka. 4. Tipe double wishbone dengan batang torsi. b. c. Steering knuckle Ball joint : . yaitu sambungan bola memungkinkan steering knuckle belok kekanan atau kekiri. untuk memungkinkan dilakukannya pengereman. Digunakan pada mobil penumpang dan truk ukuran kecil. Sistem Suspensi depan tipe Wishbone a.

Suspensi model rigid. b.7. roda kiri dan roda kanan dihubungkan oleh axle tunggal. . Konstruksi suspensi digolongkan menjadi dua tipe: a. Suspensi model bebas/Independen Pada suspensi model bebas. Pada suspensi tipe rigid. masing – masing pada roda kiri dan kanan bergerak bebas (independen) tanpa saling mempengaruhi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful