KATA PENGANTAR

Pertama-tama saya mengucapkan puji dan syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan Penulis kekuatan sehingga karya ilmiah ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya, Penulis dalam karya ilmiah ini membatasi masalah mengenai Narkoba. Hanya dalam bagian macam dari Narkoba dan juga Faktor-faktor yang menyebabkan kecanduan Narkoba. Walaupun, seperti yang kita ketahui Narkoba memiliki Ruang Lingkup yang lebih luas. Penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada: 1. Ibu Titin, sebagai pembimbing tekhnis 2. Bpk Surana, sebagai pembimbing materi 3. Orang tua, seabagai motivator Penulis mengakui bahwa Penulis adalah manusia yang mempunyai keterbatasan dalam berbagai hal. Oleh karena itu, tidak ada hal yang dapat diselesaikan dengan sangat sempurna. Begitu pula dengan karya ilmiah yang telah Penulis selesaikan ini. Tidak semua hal dapat Penulis deskripsikan dengan sempurna dalam karya ilmiah ini. Penulis melakukannya semaksimal mungkin dengan kemampuan yang Penulis miliki. Maka dari itu, Penulis bersedia menerima kritik maupun saran untuk membangun karya ilmiah ini menjadi selengkap mungkin yang Penulis mampu. Dengan karya ini Penulis mengharapkan bahwa karya ilmiah ini dapat membawa banyak manfaat yang dapat dipetik dan diambil dari karya ini. Semoga dengan adanya karya ilmiah ini dapat menambah wawasan bagi para Teman-teman.

Jakarta, 11 November 2010

Penulis

1

Orang tua diharapkan dapat mengawasi dan mendidik anaknya untuk selalu menjauhi Narkoba. Upaya pemberantasan narkoba pun sudah sering dilakukan namun masih sedikit kemungkinan untuk menghindarkan narkoba dari kalangan remaja maupun dewasa. dan keamanan masyarakat. Konsumsi narkoba yang salah. Misalnya saja dari bandar narkoba yang senang mencari mangsa di loasilokasi seperti sekolah. dan tempat-tempat perkumpulan gank. Hingga saat ini upaya yang paling efektif untuk mencegah penyalahgunaan Narkoba pada anak-anak yaitu dari pendidikan keluarga.BAB 1 PENDAHULUAN 1. Namun karena sifat adiktifnya (candu) yang ditimbulkannya. tetapi narkoba tidak boleh disalahgunakan. organisasi masyarakat. diskotik.1Latar Belakang Pada awalnaya Narkotika dan zat adiktif lainnya dipakai di bidang kedokteran sebagai obat penghilang rasa sakit. pemerintah khawatir akan penyebaran narkoba yang begitu meraja rela. berakibat fatal bagi diri mereka. pemakaiannya dihentikan dan dialihkan pada obat-obatan lainnya. 2 . cemas dan sebagainya. Zat yang terkandung di dalamnya juga dapat digunakan untuk bumbu masak. dan dampaknya dapat menggangu ketengan. Mengingat hampir seluruh penduduk dunia dapat dengan mudah mendapat narkoba dari oknum-oknumyang tidak bertanggung jawab. Seharusnya Narkoba digunakan dalam ilmu kedokteran sebagai bahan pengobatan dan bahan penelitian. ketertiban. bahkan anak-anak usia SD dan SMP pun banyak yang terjermumus narkoba. Hingga kini penyebaran narkoba sudah hampir tak bsia dicegah. Tentu saja hal ini bisa membuat para orang tua. tempat pelacuran.

1. Jumlah pengguna narkoba pada saat ini semakin meningkat. Dapat memenuhi tugas yang Ibu berikan 1.1Metode Penelitian Metode yang saya gunakan dalam karya tulis ini adalah metode kepustakaan yaitu. yaitu : 1.3Tujuan Penelitian Sebagai penulis.Tetapi kenyataanya narkoba sering disalahgunakan teruatam remaja. yaitu berkisar 11-24 tahun. Narkoba telah merusak masa depan remaja yang menyalahgunakannya. Dapat mengetahui Sejarah munculnya narkoba tersebut 2. Kalau dirata-ratakan. Hal tersebut mengindikasikan bahwa narkoba sewaktu-waktu dapat mengincar anak didik kita kapan saja 1. Sasaran dari penyebaran narkoba ini adalah kaum muda atau remaja. generasi harapan bangsa yang tangguh dan cerdas hanya akan tinggal kenagan. Dapat mengetahui jenis-jenis narkoba 3. metode dengan mengambil data dari bahan pustaka yang ada di Internet 3 .2Rumusan Masalah Sebagaimana latar belakang di atas maka saya sebagai penulis mempunyai rumusan masalah yaitu apa saja jenis-jenis narkoba dan bagaimana cara menanganinya. Akibatnya. usia sasaran narkoba ini adalah usia pelajar. saya mempunyai beberapa tujuan dalam melakukan penelitian ini.

Anjing tersebut memberikan reaksi yaitu : tiarap. 2. dan muntahmuntah. Tahun 1874 seorang ahli kimia bernama Alder Wright dari London merebus cairan morphin dengan asam anhidrat ( cairan asam yang ada pada sejenis jamur). Sakit ini Heroin tidak lagi dipakai sebagai obat.tahun 1856 waktu pecah perang saudara di Amerika Seriakt. Campuran ini membawa efek ketika diuji coba pada anjing. Tahun 1806 seorang dokter dari Westphalia bernama friedrich Wilhelim menemukan modifikasi candu yang dicampur amoniak yang dikenal dengan nama Morphin ( diambil dari nama dewi mimpi yunani yang bernama Morphius).2 Definisi dan Penyebaran Narkoba Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya. dan Wilaya-wilayah asia lainnya. Perkembangan teknologi tak dapat dibendung. 4 . ketakutan. dalam catatan sejarah kurang lebih tahun 2000 SM di Samaria ditemukan sari bunga opium atau kemudian lebih dikenal dengan nama OPIUM ( Candu = Papavor somniferitum).1 Sejarah Narkoba Sebelum muncul istilah narkoba lama sudah kita mengenal apa yang dinamakan dengan Candu. Bunga ini tumbuh subur didaerah dataran tinggi diatas ketinggian 500 meter diatas permukaan laut. istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesia adalah Napza yang merupakan singkatan dari Narkotika. sebagai obat resmi penghilang sakit. sehingga candu tersebut diolah dengan berbagai campuran khusus dan jenisnyapun bertambah banyak seperti Extasy. Selain "narkoba".BAB 2 ISI 2. Psikotropika dan Zat Adiktif. Cina. Penyebaran selanjutnya adalah ke daerah India. Morphin ini dipergunakan untuk penghilang rasa sakit akibat luka-luka perang. Putaw. Tahun 1898 pabrik obat “BAYER” memproduksi obat tersebut dengan nama HEROIN. mengantuk. dan sebagainya. hanya Morphin saja.

Semua istilah ini. Ingin mencapai ketenangan yang maksimal f. menenangkan. Namun kini presepsi itu disalah gunakan akibat pemakaian yang telah di luar batas dosis. dan tempat-tempat perkumpulan genk. baik "narkoba" atau napza. Ingin dapat menghilangkan rasa sakit atau ketidak nyamanan yang dirasa h. mengacu pada sekelompok zat yang umumnya mempunyai risiko kecanduan bagi penggunanya. Bersekolah dilingkungan yang rawan dan sering terjadi penyalahgunaan narkoba g. bahkan anak-anak usia SD dan SMP pun banyak yang terjerumus narkoba. Misalnya saja dari bandar narkoba yang senang mencari mangsa didaerah sekolah. pemerintah khawatir akan penyebaran narkoba yang begitu meraja rela. Tersedia dan mudah mendapatkannya b. Faktor masalah dilingkungan a. 2. Bertempat tinggal dilingkungan peredaran dan penyalahgunaan 5 . Menurut pakar kesehatan narkoba sebenarnya adalah psikotropika yang biasa dipakai untuk membius pasien saat hendak dioparasi atau obat-obatan untuk penyakit tertentu. Hingga saat ini upaya yang paling efektif untuk mencegah penyalahgunaan Narkoba pada anak-anak yaitu dari pendidikan keluarga. Ingin dibilang dewasa dan modern/ mengikuti zaman 3. broken home. diskotik. Orang tua diharapkan dapat mengawasi dan mendidik anaknya untuk selalu menjauhi Narkoba. Ingin diterima dan masuk dalam lingkungan tertentu. Ingin tahu dan coba-coba b. bersikap masa bodoh dan kurangnya kontrol sosial b. ormas. Peranan keluarga (tidak harmonis. dsb) d. Tentu saja hal ini bisa membuat para orang tua. Upaya pemberantas narkoba pun sudah sering dilakukan. Ingin melarikan diri dari suatu masalah g. Mudahnya sarana komunikasi dan gencarnya informasi c. Faktor masalah dari diri sendiri a. Khasiat yang diinginkan : menghilangkan rasa sakit. Masyarakat menerima penggunaan obat tertentu. tempat pelacuran. namun masih sedikit kemungkinan untuk menghindarkan narkoba dari kalangan remaja maupun dewasa. Ingin memperoleh kenikmatan dari efek narkoba (obat) yang ada e. Ingin mendemonstrasikan kebebasan d. menidurkan dsb c. Hingga kini penyebaran narkoba sudah hampir tak bisa dicegah. Peranan kelompok sebaya yang menyalahgunakan narkoba e. yang sudah biasa menyalahgunakan obat (narkoba) c. Informasi yang berlebihan mengenai khasiat tersebut 2. Bergaul dengan penyalahguna dan pengedar f. Mengingat hampir seluruh penduduk dunia dapat dengan mudah mendapat narkoba dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.Faktor Narkoba itu sendiri a.3 Faktor Penyebab Penyalahgunaan Narkoba 1.

narkoba h. Faktor dari lingkungan 3.2 Saran 6 . Faktor dari Narkoba itu sendiri 2. Dan juga adanya 3 faktor yang menyebabkan penyalahgunaan narkoba: 1. Memasuki abad XVII opium (candu) menjadi masalah nasional bahkan di abad XIX terjadi perang candu. Tahun 1806 FRriedrich Wilhelim Sertuner (dokter dari Westphalia) memodifikasi candu yang dicampur amoniak dikenal sebagai morphin. Dan d akhir tahun 70an diberi campuran khusu agar candu tersebut didapat dalam bentuk obat-obatan.1 Kesimpulan Kurang lebih tahun 2000 SM di Samaria dikenal sari bunga opion (opium) yang tumbuh di daerah dataran tinggi. Kurangnya pengawasan dari orang tua terhadap anak BAB 3 PENUTUP 3. Faktor dari diri sendiri 3. Namun tahun 1898 pabrik obat “Bayer” memproduksi obat dengan nama heroin sebagai alat penghilangn sakit. Tahun 1856 morphin digunakan untuk penghilang rasa sakit luka-luka perang. Tahun 1874 Alder Wright (ahli kimia dari London) merebus morphin dengan asam anhidrat.

com/2009/09/07/sejarah-narkoba-hell-medicine/ http://goyencute.wikipedia. Dan untuk orang tua saya meyarankan agar selalu mengawasi anaknya agar tidak terjerumus pada hal-hal yang tudak dinginkan.html 7 .blogspot. Karena menurut saya daktor yang paling dominan mempengaruhi watak amnusia adalah lingkungan tempat tingganya. Serta untuk para siswa saya menyarankan agar selalu berpikir jernih jika ingin melakkan sesuatu yang belum pernah ia lakukan. Karena jika kia hanya sembarangan melakukan sesuatu tanpa mengetahui apa dampak yang ditimbulkan maka kita tidak akan pernah sadar bahwa kita telah terjerumus pada hal-hal yang tidak diinginkan.org/wiki/ http://treest.wordpress.com/doc/25468103 http://id.scribd.com/2008/04/faktor-penyebab-penyalahgunaannarkoba. DAFTAR PUSTAKA http://www.Saya sebagai penulis hanya bisa menyarankan kepada pembaca agar selalu dapat menjaga diri dari berbagai godaan di lingkungan.

Penutup • • 3.Kata Pengantar 2.BAB 3 .2 Rumusan Masalah 3 1. Pendahuluan 1.BAB 2 .BAB 1 2-3 • • • • 3.2 Saran 6 8 .3 Faktor Penyebab Penyalahgunaan Narkoba 5 6 .3 Tujuan Penelitian 3 1.1 Latar Belakang 1.1 Sejarah Narkoba 4 2.DAFTAR ISI Hal 1.4 Metode Penelitian 3 2 1 4- 4.1 Kesimpulan 6 3. Isi 5 • • • 2.2 Definisi dan Penyebaran Narkoba 4 2.

5.Daftar Pustaka 9 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful