Uji Glukosa

A. Tujuan: Mengetahui bahan makanan yang mengandung glukosa B. Bahan : 1. Jeruk 2. Melon 3. Advokat 4. Susu sapi 5. Leci 6. Santan 7. Air kacang hijau 8. Susu kedelai 9. Air gula pasir 10. Pocarisweat 11. Larutan fehling A dan B Alat: 1. Tabung Reaksi 2. Pemanas Spritus 3. Kaki tiga 4. Gelas kimia 5. Rak 6. Kasa

C. Cara kerja : 1. Ujilah makanan yang mudah ditemukan di sekitar kita. 2. Larutkan bahan makanan yang akan diuji dengan air. 3. Masukkan masing-masing larutan dalam tabung reaksi yang telah diberi tanda. 4. Tambahkan pelarut sampai tinggi larutan pada setiap tabung reaksi ± 1 cm. 5. Tetesilah masing-masing dengan larutan fehling A dan B sebanyak 5 tetes. Kemudian panaskan dengan pemanas air selama ± 5 menit. 6. Amatilah perubahan warna yang terjadi pada setiap bahan makanan tersebut.

*Gula + larutan fehling A dan B D. Kajian Pustaka : y

Dipansakan

Merah bata atau jingga (+)

Glukosa adalah gula darah; gula yang larut dalam darah; zat gula sederhana yang banyak terdapat di dalam tumbuhan dan hewan. (halaman 232, Kamus Biologi Edisi Lengkap) Fungsi glukosa adalah menghasilkan energi melalui proses respirasi dalam bentuk ATP (adenosin trifosfat). ATP inilah yang digunakan oleh seluruh makhluk hidup untuk melakukan seluruh aktifitas kehidupan. (halaman 42, Biologi SMA dan MA untuk Kelas XII )

y

(internet)  Galaktosa E. Biologi SMA dan MA untuk Kelas XII .com/2010/01/macam-macam-gula. Tim Reality.y Macam Glukosa :  Fruktosa : Padanan kata levulosa. http://kamus-kuliner. kecuali sebagai bagian dari jenis gula yang lain. Kamus Biologi Edisi Lengkap .blogspot. gula yang agak manis (1. Tabel Pengamatan NO 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Bahan Makanan Jeruk Melon Alpukat Susu Sapi Santan Leci Susu Kedelai Air Kacang Hijau Air Gula Pasir Pocari Sweate Warna Awal Warna Akhir Keterangan F. Jakarta: Penerbit Erlangga. Diah. Daftar Pustaka Aryuliana. 2007.2009. Seringkali merupakan bagian dari komponen dinding sel tanaman. Pembahasan G. : Suatu gula yang tidak umum dijumpai dalam makanan. seperti laktosa (gula susu) dan raffinosa (gula dalam kacangkacangan). Surabaya:Penerbit Publisher. Kesimpulan H.gula buah.html .7 kali lebih manis dari gula biasa) umumnya didapat dari buah-buahan dan madu.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful