(form H

)
AKAD PEMBIAYAAN IJARAH No : …………. Pada hari ini, …….. tanggal …..,bulan ……..., tahun…….. oleh dan antara pihak-pihak : -------

I. II.

Koperasi Karyawan …….. , berkedudukan di Jl………….. yang dalam hal ini diwakili oleh ………..…, selaku …………. selanjutnya disebut “KOPERASI”. ………… selaku Anggota Koperasi Karyawan ………. dengan nomor anggota ………dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama dirinya sendiri, beralamat di. ………………………………………….…...selanjutnya disebut “ANGGOTA”.

terlebih dahulu menerangkan bahwa berdasarkan permohonan pembiayaan dari ANGGOTA kepada KOPERASI untuk memperoleh manfaat jasa layanan ………………… selanjutnya disebut Jasa, dimana permohonan ANGGOTA telah disetujui oleh KOPERASI dan oleh karenanya para pihak sepakat membuat perikatan dalam bentuk akad pembiayaan Ijarah dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut : Pasal 1 Jumlah Pembiayaan KOPERASI berjanji dan dengan ini mengikatkan diri untuk menyediakan fasilitas Pembiayaan kepada ANGGOTA yang akan digunakan untuk memperoleh manfaat atas jasa, dan ANGGOTA berjanji serta dengan ini mengikatkan diri untuk menerima pembiayaan tersebut dari dan karenanya telah berutang kepada KOPERASI sejumlah Rp……………… Terbilang (…………………………………….) Pasal 2 Mekanisme Pembelian dan Penyerahan Barang ANGGOTA untuk dan atas nama KOPERASI membeli manfaat atas jasa dari penyedia jasa untuk memenuhi kepentingan ANGGOTA dengan Pembiayaan yang disediakan oleh KOPERASI, dan selanjutnya KOPERASI menyewakan manfaat atas jasa tersebut kepada ANGGOTA sebagaimana ANGGOTA menyewanya dari KOPERASI, dengan harga yang telah disepakati oleh ANGGOTA dan KOPERASI, tidak termasuk biaya-biaya yang timbul sehubungan dengan pelaksanaan Akad ini. Penyerahan manfaat atas jasa tersebut dilakukan oleh penyedia jasa langsung kepada ANGGOTA dengan sepersetujuan dan sepengetahuan KOPERASI. Pasal 3 Penarikan Pembiayaan KOPERASI berjanji dan dengan ini mengikatkan diri untuk mengizinkan ANGGOTA menarik fasilitas Pembiayaan, setelah ANGGOTA memenuhi seluruh prasyaratan yang telah ditetapkan. Terhadap setiap penarikan sebagian atau seluruh Pembiayaan, ANGGOTA wajib menyerahkan “Surat Sanggup” untuk membayar kepada KOPERASI. Pasal 4 Jangka Waktu, Cara Pembayaran dan Sanksi ANGGOTA berjanji dan dengan ini mengikatkan diri untuk membayar kembali jumlah seluruh utangnya kepada KOPERASI sebagaimana tersebut pada Pasal 1 Akad ini dalam jangka waktu …. (………..) bulan terhitung dari tanggal Akad ini ditandatangani, dengan cara mengangsur pada tiap-tiap bulan sesuai dengan “jadwal angsuran” yang ditetapkan dalam “Surat Sanggup” untuk membayar, dan lunas pada saat jatuh tempo. Dalam hal terjadi kelambatan pembayaran oleh ANGGOTA kepada KOPERASI, maka ANGGOTA berjanji dan dengan ini mengikatkan diri untuk membayar biaya administrasi pada KOPERASI sebesar Rp……,- (…………) untuk tiap-tiap hari kelambatan, terhitung sejak saat kewajiban pembayaran tersebut jatuh tempo sampai dengan tanggal dilaksanakannya pembayaran kembali.

Pasal 5 Tempat Pembayaran Setiap pembayaran kembali/pelunasan utang oleh ANGGOTA kepada KOPERASI dilakukan secara potong gaji langsung atau dilakukan di kantor KOPERASI atau di tempat lain yang ditunjuk KOPERASI, atau dilakukan melalui rekening yang dibuka oleh dan atas nama ANGGOTA di Bank Syariah Mandiri. Dalam hal pembayaran dilakukan melalui rekening ANGGOTA di Bank Syariah Mandiri, maka dengan ini

ANGGOTA Meterai 6. sepanjang hal itu diberitahukan KOPERASI kepada ANGGOTA sebelum ditandatanganinya Akad ini. maka ANGGOTA berjanji dan dengan ini mengikatkan diri untuk menyerahkan jaminan dan membuat pengikatan jaminan kepada KOPERASI sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. untuk mendebet rekening ANGGOTA guna membayar/melunasi utang ANGGOTA. pada perusahaan asuransi yang ditunjuk oleh KOPERASI/Bank.ANGGOTA memberi kuasa yang tidak dapat berakhir karena sebab-sebab yang ditentukan dalam Pasal 1813 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata kepada KOPERASI. dan uang hasil penjualan barang jaminan tersebut digunakan KOPERASI untuk membayar/melunasi utang atau sisa utang ANGGOTA kepada KOPERASI. maka ANGGOTA dan KOPERASI akan mengaturnya bersama secara musyawarah untuk mufakat dalam suatu Addendum. ……………………. dengan menunjuk dan menetapkan KOPERASI sebagai pihak yang berhak melaksanakan penutupan serta menerima pembayaran claim asuransi tersebut. Setiap pembayaran kembali/pelunasan utang sehubungan dengan Akad ini dan Akad lainnya yang mengikat ANGGOTA dan KOPERASI. Pasal 10 Penyelesaian Perselisihan Apabila terjadi perbedaan pendapat dalam memahami atau menafsirkan bagian-bagian dari isi... pungutan. dan ANGGOTA menyatakan persetujuannya. maka KOPERASI berhak menjual barang jaminan.Tiap Addendum dari Akad ini merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari Akad ini. pajak dan/atau biaya-biaya lainnya.. Pasal 6 Biaya. Potongan dan Pajak ANGGOTA berjanji dan dengan ini mengikatkan diri untuk menanggung segala biaya yang diperlukan berkenaan dengan pelaksanaan Akad ini. Pasal 9 Asuransi ANGGOTA berjanji dan dengan ini mengikatkan diri untuk menutup asuransi berdasar Syari’ah atas beban ANGGOTA terhadap seluruh barang dan jaminan bagi Pembiayaan berdasar Akad ini. dilakukan oleh ANGGOTA kepada KOPERASI tanpa potongan.……………. Jenis barang jaminan yang diserahkan adalah berupa :……………………………………………………. atau terjadi perselisihan dalam melaksanakan Akad ini. bea. Pasal 7 Jaminan Untuk menjamin pelunasan Hutang Pokok dan Margin Keuntungan kepada KOPERASI berdasarkan Akad ini.000 ... maka ANGGOTA dan KOPERASI akan berusaha untuk menyelesaikan secara musyawarah dan mufakat. KOPERASI KARYAWAN ………. yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Akad ini. Pasal 11 Penutup Apabila ada hal-hal yang belum diatur atau belum cukup diatur dalam Akad ini. Pasal 8 Akibat Cedera Janji Apabila ANGGOTA tidak melaksanakan pembayaran seketika dan sekaligus karena suatu hal atau peristiwa tersebut dalam Pasal 8 Akad ini. Akad ini dibuat dan ditanda tangani oleh ANGGOTA dan KOPERASI di atas kertas yang bermaterai cukup dalam rangkap 2 (dua) yang masing-masing berlaku sebagai aslinya bagi kepentingan masing-masing pihak. kecuali jika potongan tersebut diharuskan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. termasuk jasa Notaris dan jasa lainnya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful