http://books.google.co.id/books?

id=6dDrDcD2UVUC&pg=PA219&lpg=PA219&dq=bekisting+jembatan&source=b l&ots=xx4Ucxog3P&sig=wtSIVvmpQCr34Z5PmmJLlvw05w&hl=id&ei=Pmh_Tfm0IsPqrQfXqJW7Bw&sa=X&oi=book_result&ct=resul t&resnum=8&ved=0CEcQ6AEwBw#v=onepage&q=bekisting %20jembatan&f=false

Metode Pelaksanaan : Pekerjaan Balok & Lantai Beton
Author: admin_gbj | Category: Jasa Kontraktor, Konstruksi Beton

PEKERJAAN BALOK & PELAT LANTAI Setelah pekerjaan pengecoran kolom selesai, maka dilanjutkan dengan pekerjaan balok dan pelat lantai-1. Prosesnya adalah :
• • • • • •

Pekerjaan Pekerjaan Pekerjaan Pekerjaan Pekerjaan Pekerjaan

perancah pengukuran dan bekisting pembesian kontrol kualitas pengecoran curing

Pekerjaan pengukuran dan bekisting Pemasangan bekisting balok dan pelat lantai-1 didahului dengan pengukuran posisi balok. Pengukuran dilakukan dengan cara memberi tanda as bangunan pada kolom lantai bawah yang tadinya ada pada lantai bawah. Pengukuran yang didasarkan pada tanda as bangunan dari kolom ini ditujukan untuk mengantisipasi kesalahan pada posisi balok. Berdasarkan pengukuran tersebut, maka bekisting balok dan pelat dapat difabrikasi pada posisi yang benar diatas perancah yang telah disiapkan. Pengaturan level balok dan pelat dapat dilakukan dengan mengatur ketinggian perancah ( U-head scaffolding ). Proses pemasangan bekisting ini dibantu oleh surveyor untuk mengontrol level balok dan pelat. Pekerjaan pembesian Fabrikasi pembesian dilakukan di tempat fabrikasi, setelah bekisting siap, besi tulangan yang telah terfabrikasi siap dipasang dan dirangkai di lokasi. Pembesian balok dilakukan terlebih

5 tidak lagi bergeser. Pengecoran dibantu dengan alat .50.50. 2. Kualitas bekisting dalam hal kekuatan maupun kerapiannya untuk mengantisipasi kebocoran saat pengecoran. juga menggunakan kait.50.. Leveling pengecoran pelat lantai Agar pengecoran pelat lantai dan sloof mencapai level yang benar dan tidak terjadi perbedaan tinggi finishing cor. perlu dilakukan control kualitas yang terdiri atas dua tahap yaitu : 1.50. Ukuran baja tulangan yang digunakan. Sebelum pengecoran dilakukan kontrol kualitas terhadap : • • • • • • • • Posisi dan penempatan bekisting. Sebelum pengecoran. Dalam hal ini pengecoran dilakukan secara sekaligus balok dan pelat seluruh lantai satu.5 diukur dengan waterpass dan diukur pada level sesuai gambar desain. Pekerjaan ini adalah untuk mengantisipasi terjadinya penurunan posisi tulangan atas. Selain itu perlu dipasang korset sejumlah 4 buah dalam tiap meter persegi untuk penulangan pelat lantai. Pekerjaan Kontrol kualitas Sebelum dilakukan pengecoran secara serentak. Pekerjaan control kualitas ini akan dilakukan bersama-sama dengan konsultan pengawas untuk selanjutnya dibuat berita acara pengesahan control kualitas. menyangkut level dan kelurusannya. Posisi dan kekuatan leveling pengecoran.5 yang ditumpukan pada beberapa titik besi beton. Jarak antar tulangan.5 ini dibuat sedemikian hingga sulit untuk turun dan bergeser. Panjang penjangkaran dipasang 30 x diameter tulangan utama. tapi mudah untuk dicabut. setelah itu diikuti dengan pembesian pelat lantai. Sampel diambil menurut ketentuan yang tercantum dalam spesifikasi. maka perlu dibuat alat bantu leveling pengecoran. Untuk mempercepat proses pengecoran dipakai concrete pump. Penempatan siku L 50. Pada saat pengecoran.dahulu. Pekerjaan pengecoran Pengecoran dilakukan dengan readymix truck yang dibantu dengan penggunaan concrete pump mengingat lokasi pengecoran yang relatif jauh dari akses transportasi truck. Panjang penjangkaran. Penempatan besi siku L 50. Pada saat berlangsungnya pengecoran. Ketebalan beton decking. Posisi dan penempatan pembesian. Besi beton ini ditancapkan pada lantai kerja hingga posisi besi siku L 50. Leveling pengecoran dibuat dari besi siku L 50. readymix truck yang datang diambil sampelnya.

Pekerjaan curing Curing dilakukan sehari ( 24 jam ) setelah pengecoran selasai dilakukan dengan meletakkan karung goni yang dibasahi dengan air dan dijaga/dikontrol untuk tetap dalam keadaan basah.ilmusipil. _________________________ http://www.google.co.com%2F2008%2F10%2Fhandout-fw1gd.vibrator untuk meratakan campuran beton.ppt&ei=kWiITdezBYaGrAedxKnDDg&usg=AFQjCNHUD4MzThuE9D50Rx28sz4L2ZCCw .files.wordpress. Selanjutnya finishing lantai cor ini adalah rata namun dibiarkan kasar karena selanjutnya ada finishing dengan material lain.com/pabrikasi-bekisting-balok-dan-pelat-lantai http://www.id/url? sa=t&source=web&cd=10&ved=0CFQQFjAJ&url=http%3A%2F %2Ffisuharoh.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful