MITOS DAN ADAT ISTIADAT JAWA SEPUTAR KEHAMILAN

Di Indonesia, utamanya di pedesaan daerah Jawa berlaku begitu banyak mitos (larangan) seputar kehamilan yang beredar di masyarakat. Dari segi makanan, keseharian, tindak tanduk, ataupun semua hal yang berkaitan dengan keseharian si ibu hamil ataupun si jabang bayi. Tradisi ini amat kuat diterapkan oleh masyarakat. Beberapa mitos bahkan dipercaya sebagai amanat / pesan dari nenek moyang yang jika tidak ditaati akan menimbulkan dampak / karma yang tidak menyenangkan. Padahal jika dinalar dengan akal sehat, diteliti dari segi medis, maupun dari segi aqidah, banyak mitos yang tidak berhubungan. Walaupun maksud dari nenek-nenek moyang semuanya adalah baik tetapi tidak semua dari nasehat atau pantangan kehamilan yang diberitahukan itu benar secara medis maupun ilmiah. Kebanyakan hanya berdasarkan mitos atau kepercayan saja daripada kenyataannya. Pada dasarnya tujuan dari orang-orang terdahulu menciptakan mitos bermacam-macam tentang kehamilan hanyalah supaya si Ibu hamil maupun suaminya dapat menjaga kehamilan dengan baik. Tujuannya untuk menyiapkan kehamilan yang sehat. Sehingga bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Terutama yang berkaitan dengan kebiasaan, konsumsi bahan makanan, dan sebagainya. Berikut adalah beberapa mitos / adat istiadat Jawa yang berhubungan dengan kehamilan:

Tradisi pra kehamilan / sebelum hamil :

·

Mintalah bedak (talk) sisa pakai dari yang dioleskan ke jabang bayi, dan oleskan ke perut wanita yang belum diberi keturunan, mitosnya agar cepat mendapat keturunan. Fakta: sebenarnya ini hanya sebatas sugesti saja agar wanita yang belum hamil tidak merasa terlalu cemas dan masih memiliki harapan untuk memiliki anak.

·

Agar segera hamil, sepasang suami istri disarankan untuk mengambil pancingan, yaitu mengambil bayi atau balita tetangga untuk diasuh seolah anaknya sendiri. Fakta: Secara psikologis, saat menunggu kehamilan adalah saat dimana komunikasi suami istri sangat intensif, konsentrasi ikhtiar sangat difokuskan dan doa dikhusyukkan. Kehadiran anak

yang perlu diingat. stres. keturunan atau pengaruh radiasi. pingsan). penyakit. Secara Medis-Biologis. jika itu dilakukan. Tapi. Kondisi ibu dan janin bisa terancam karena udara malam kurang bersahabat disebabkan banyak mengendapkan karbon dioksida (CO2). Sebab. . Sedangkan gugurnya janin paling banyak disebabkan karena penyakit. Fakta: secara psikologis.pancingan justru dapat memecah konsentrasi tersebut dan membatasi kebebasan hubungan antara suami istri. apalagi larut malam. Ibu hamil mentalnya sensitif dan mudah takut sehingga pada malam hari tidak dianjurkan bepergian. Tidak ada faktor lain yang menjadikan janin terbentuk kecuali bertemunya sel telur sang ibu dan sel sperma sang ayah. membunuh atau menganiaya binatang adalah perbuatan yang tak bisa dibenarkan. karena banyak roh jahat yang akan mengganggu janin. ibu hamil tidak dianjurkan kelaur malam terlalu lama. · Ibu hamil tidak boleh keluar malam. Secara medis-biologis. Fakta: Tentu saja tak demikian. Tradisi masa kehamilan : · Ibu hamil dan suaminya dilarang membunuh binatang. gerakan ekstrem yang dilakukan oleh ibu (misal benturan) dan karena psikologis (misalnya shock. · Membawa gunting kecil / pisau / benda tajam lainnya di kantung baju si Ibu agar janin terhindar dari marabahaya Fakta: Hal ini justru lebih membahayakan apabila benda tajam itu melukai si Ibu. Cacat janin disebabkan oleh kesalahan/kekurangan gizi. · Ibu hamil dilarang melilitkan handuk di leher agar anak yang dikandungnya tak terlilit tali pusat. bisa menimbulkan cacat pada janin sesuai dengan perbuatannya itu. Konsepsi hanya akan terjadi jika sel telur yang matang bertemu dengan sel sperma yang sehat.

mengecewakan dan sebagainya dengan harapan janin terhindar dari kejadian tersebut. Fakta: Secara psikologis. Secara medis. hiperaktivitas gerakan bayi. Tetapi buah nanas yang sudah tua atau disimpan lama akan semakin berkurang kadar getahnya. nanas dipercaya dapat menyebabkan janin dalam kandungan gugur. Demikian juga nanas olahan. · ³Amit-amit´ adalah ungkapan yang harus diucapkan sebagai "dzikir"-nya orang hamil ketika melihat peristiwa yang menjijikkan. diduga dapat menyebabkan lilitan tali pusat karena ibunya terlalu aktif. Jelas ini hanyalah sebuah mitos. Jika tidak dituruti maka anaknya akan mudah mengeluarkan air liur. lahirnya anak kembar dempet / kembar siam tidak dipengaruhi oleh makanan pisang dempet yang dimakan oleh ibu hamil. Fakta: Jelas ini bertujuan supaya Ibu yang sedang hamil dapat menjaga batinnya agar tidak membenci seseorang berlebihan. karena mengakibatkan bercak-bercak pada kulit bayi. · Jangan makan buah stroberi. mengerikan. · Ngidam adalah perilaku khas perempuan hamil yang menginginkan sesuatu. Fakta: Secara medis-biologis. makanan atau sifat tertentu terutama di awal kehamilannya. . Yang pasti nanas mengandung vitamin C (asam askorbat) dengan kadar tinggi sehingga baik untuk kesehatan. Getah nanas muda mengandung senyawa yang dapat melunakkan daging. · Ibu hamil tidak boleh benci terhadap seseorang secara berlebihan. Fakta: Secara medis-biologis. nanti anaknya jadi mirip seperti orang yang dibenci tersebut.Fakta: Ini pun jelas mengada-ada karena tak ada kaitan antara handuk di leher dengan bayi yang berada di rahim. nanti anaknya jadi kembar siam. · Ibu hamil tidak boleh makan pisang yang dempet. perilaku tersebu justru dapat berujung pada ketakutan yang tidak bermanfaat. · Dilarang makan nanas.

tentu saja makan ikan matang. Karena jika terlalu banyak. yang menyebabkan bayi besar adalah makanan yang bergizi baik dan faktor keturunan. boleh saja. asal tak berlebihan. Lagipula segala sesuatu yang berlebihan akan selalu berdampak tak baik. · Wanita hamil dianjurkan minum minyak kelapa (satu sendok makan per hari) menjelang kelahiran. Maksudnya agar proses persalinan berjalan lancar. Yang perlu diingat. Fakta: Mitos ini tak benar. karena bisa sakit perut. Minum es atau minuman dingin diyakini menyebabkan janin membesar atau membeku sehingga dikhawatirkan bayi akan sulit keluar. maka ruangan untuk pertumbuhan organ-organ seperti rongga dada dan perut serta organ lain akan terhambat. jangan makan stroberi terlalu banyak. karena organ dalam tubuh malah akan kekurangan ruangan. Semua unsur makanan akan dipecah dalam usus halus menjadi asam amino. Tradisi pasca kehamilan/perlakuan terhadap anak yang baru lahir : · Dipakaikan gurita agar tidak kembung. Yang terbaik. Mungkin memang bayi mengalami infeksi saat di dalam rahim atau di jalan lahir. Kalau mau tetap memakaikan gurita. Karena kebersihannya jelas terjaga ketimbang ikan mentah. · Jangan makan ikan mentah agar bayinya tak bau amis. sehingga jantung dan paru-paru bisa berkembang · Tak boleh memotong kuku bayi sebelum usia 40 hari. Fakta: Ini jelas tidak berkaitan. Tapi ini bukan lantaran ikan yang dikonsumsi ibu hamil. glukosa. Minum es tak dilarang. .Fakta: Tak ada kaitan bercak pada kulit bayi dengan buah stroberi. · Jangan minum air es agar bayinya tak besar. Fakta: Sebenarnya. Fakta: Bayi yang baru saja dilahirkan dan belum dibersihkan memang sedikit berbau amis darah. Jika bayi menggunakan gurita. dan lain-lain agar mudah diserap oleh usus. Asal ikatan bagian atas dilonggarkan. ulu hati akan terasa sesak dan ini tentu membuat ibu hamil merasa tak nyaman. asam lemak. sehingga timbul bercak-bercak pada kulitnya. melainkan karena aroma (bau) cairan ketuban.

asam dan gula merah lalu ditutup memakai kain putih yang telah diberi udara melalui bambu kecil (elekan). karena jendela rongga perut ke pusar belum menutup sempurna. Air embun jelas tidak mengandung unsur tersebut. bisa melukai kornea mata. . Bersamaan dengan bayi dilahirkan. Upacara Kelahiran dan Masa Bayi 1. Bahkan. energi dan protein. Mancung-tidaknya hidung seseorang ditentukan oleh bentuk tulang hidung yang sifatnya bawaan. · Pusar ditindih koin agar tidak bodong Fakta: Secara ilmiah memang ada betulnya. tembuni (placenta) yang keluar biasanya dirawat dibersihkan dan dimasukan ke dalam pendil dicampuri bumbu-bumbu garam. Karena kalau tidak dipotong. Ada juga yang dihanyutkan ke sungai secara adat.Fakta: Tentu ini tak tepat. tetapi harus diadakan upacara waktu menguburnya atau menghanyutkannya ke sungai. Kekuatan ini ditentukan oleh faktor genetika dan nutrisi. · Dengan mengoleskan air embun di lutut bayi setiap pagi maka ia akan cepat bisa berjalan. kuku yang panjang itu bisa berisiko melukai wajah bayi. Pendil diemban dengan kain panjang dan dipayungi. Fakta: Secara medis biologis. jadi menonjol (bodong). Koin itu hanya alat untuk menekan.. Faktor nutrisi yang terpenting adalah kalsium. Larangan ini mungkin lebih disebabkan kekhawatiran akan melukai kulit jari tangan/kaki si bayi saat ibu mengguntingi kukukukunya. Upacara pemeliharaan tembuni dimaksudkan agar bayi itu selamat dan kelak menjadi orang yang berbahagia. Di dekat kuburan tembuni itu dinyalakan cempor/pelita sampai tali pusat bayi lepas dari perutnya. Upacara Memelihara Tembuni Tembuni/placenta dipandang sebagai saudara bayi karena itu tidak boleh dibuang sembarangan. bayi bisa berjalan bila tulang dan otot-otot betis dan pahanya telah tumbuh kuat. Upacara penguburan tembuni disertai pembacaan doa selamat dan menyampaikan hadiah atau tawasulan kepada Syeh Abdulkadir Jaelani dan ahli kubur. karena tidak ada hubungannya menarik pucuk hidung dengan mancungtidaknya hidung. · Hidung ditarik agar mancung Fakta: Ini jelas salah. biasanya oleh seorang paraji untuk dikuburkan di halaman rumah atau dekat rumah.

kemudian indung beurang menghentakkan kakinya ke pelupuh di dekat bayi. menonjol ke luar. Ada kepercayaan bahwa tali pusat (tali ari-ari) termasuk saudara bayi juga yang harus dipelihara dengan sungguh-sungguh. Adapun saudara bayi yang tiga lagi ialah tembuni. Pada pelaksanaan upacara ini biasanya diselenggarakan setelah bayi berusia 7 hari.Upacara Puput Puseur Setelah bayi terlepas dari tali pusatnya. dan kakawah biasa disebut dulur opat kalima pancer. pembungkus. Upacara Nurun keun dilaksanakan setelah tujuh hari upacara Puput Puseur. dan boleh juga setelah 21 hari. Seterusnya pusar bayi ditutup dengan uang logam/benggol yang telah dibungkus kasa atau kapas dan diikatkan pada perut bayi. dan disediakan bubur merah bubur putih. Kesemuanya itu harus dipelihara dengan baik agar bayi itu kelak setelah dewasa dapat hidup rukun dengan saudara-saudaranya (kakak dan adiknya) sehingga tercapailah kebahagiaan. 3 . Pada upacara ini dibacakan doa selamat. Upacara Nenjrag Bumi Upacara Nenjrag Bumi ialah upacara memukulkan alu ke bumi sebanyak tujuh kali di dekat bayi. Tali pusat yang sudah lepas itu oleh indung beurang dimasukkan ke dalam kanjut kundang . Maksud dan tujuan dari upacara ini ialah agar bayi kelak menjadi anak yang tidak lekas terkejut atau takut jika mendengar bunyi yang tiba-tiba dan menakutkan. pembungkus. jika anak laki-laki dombanya harus dua (kecuali bagi yang tidak mampu cukup seekor). Upacara Nurunkeun Upacara Nurunkeun ialah upacara pertama kali bayi dibawa ke halaman rumah. maksudnya mengenal lingkungan dan sebagai pemberitahuan kepada tetangga bahwa bayi itu sudah dapat digendong dibawa berjalan-jalan di halaman rumah. dan jika anak perempuan hanya seekor saja. tembuni. atau 14 hari. Pada pelaksanaannya biasa diadakan pengajian untuk keselamatan dan sebagai hiburannya diadakan pohon tebu atau pohon pisang yang digantungi . dan mengharapkan anak itu kelak menjadi orang yang saleh yang dapat menolong kedua orang tuanya nanti di alam akhirat. Tali ari. 5. dari kata aqiqatun ³anak kandung´.2. Ada juga pada saat upacara ini dilaksanakan sekaligus dengan pemberian nama bayi. atau cara lain yaitu bayi dibaringkan di atas pelupuh (lantai dari bambo yang dibelah-belah ). Domba yang akan disembelih untuk upacara Ekah itu harus yang baik. setelah itu dimasak dan dibagikan kepada handai tolan. dan kakawah. Upacara Ekah Sebetulnya kata ekah berasal dari bahasa Arab. 4. yaitu empat bersaudara dan kelimanya sebagai pusatnya ialah bayi itu. biasanya diadakan selamatan. Upacara Ekah ialah upacara menebus jiwa anak sebagai pemberian Tuhan. maksudnya agar pusat bayi tidak dosol. atau ungkapan rasa syukur telah dikaruniai anak oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. yang memenuhi syarat untuk kurban. Perlengkapan yangb harus disediakan adalah domba atau kambing untuk disembelih. Selanjutnya domba itu disembelih oleh ahlinya atau Ajengan dengan pembacaan doa selamat.

Upacara Cukuran/Marhabaan Upacara cukuran dimaksudkan untuk membersihkan atau menyucikan rambut bayi dari segala macam najis. dan puluh ribuan. setelah itu bayi digendong dan dibawa ke luar rumah. tikar atau taplak putih. dan membacakan doa yang mempunyai makna selamat lahir bathin dunia akhirat. Pada saat itu mulailah para undangan berdo¶a dan berjanji atau disebut marhaban atau pupujian. Di halam rumah telah dipersiapkan aneka makanan. Upacara cukuran atau marhabaan juga merupakan ungkapan syukuran atau terima kasih kepada Tuhan YME yang telah mengkaruniakan seorang anak yang telah lahir dengan selamat. Jalannya upacara. Jika anak itu memegang padi. setelah dapat merangkak atau melangkah sedikitsedikit. Upacara Turun Taneuh Upacara Turun Taneuh ialah upacara pertama kali bayi menjejakkan kakinya ke tanah. emas. apabila para undangan telah berkumpul diadakan doa selamat. perhiasan dan uang yang disimpan di atas kain putih. 7. Perlengkapan yang disediakan harus lebih lengkap dari upacara Nurunkeun. atau akan menjadi orang yang berpangkat. Jika yang dipegang itu uang. selanjutnya kaki si anak diinjakan pada padi/ makanan. padi segenggam. permainan anak-anak yang diletakan di ruang tamu. 6.aneka makanan. Upacara cukuran dilaksanakan pada saat bayi berumur 40 hari. Demikian pula apabila yang dipegangnya emas. yaitu memuji sifat-sifat nabi Muhammad saw. Untuyk diperebutkan oleh para tamu terutama oleh anak-anak. perhiasan emas (kalung. . pedagang. rebuan. Upacara ini dimaksudkan agar si anak mengetahui keduniawian dan untuk mengetahui akan menjadi apakah anak itu kelak. cincin). selain aneka makanan juga disediakan kain panjang untuk menggendong. cincin atau gelang untuk mencukur rambut bayi. dan uang. menandakan anak itu kelak menjadi saudagar/pengusaha. apakah akan menjadi petani. Pada pelaksanaannya bayi dibaringkan di tengah-tengah para undangan disertai perlengkapan bokor yang diisi air kembang 7 rupa dan gunting yang digantungi perhiasan emas berupa kalung. diselenggarakan setelah bayi itu agak besar. uang yang terdiri dari uang lembaran ratusan. para undangan memperhatikan barang apa yang pertama kali dipegangnya. Pada saat marhabaan itulah rambut bayi digunting sedikit oleh beberapa orang yang berdoa pada saat itu. Kemudian anak itu dilepaskan di atas barang-barang tadi dan dibiarkan merangkak sendiri. hal ini dimaksudkan agar si anak kelak pintar mencari nafkah. menandakan anak itu kelak akan menjadi orang yang berpangkat atau mempunyai kedudukan yang terhormat. gelang. hal itu menandakan anak itu kelak menjadi petani.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful