Setting Koneksi JSP dengan MySQL pada windows

30 Juni, 2007 oleh lahas 8 Komentar

Rate This Perkembangan pemrograman web dengan menggunakan Java Server Pages (JSP) dewasa ini semakin meningkat. Mulai dari tugas-tugas kuliah, Tugas akhir sampai pada aplikasi perusahaan-perusahaan sudah banyak yang menggunakan JSP. Dengar-dengar sih JAVA itu aman dan mendukung pengembangan ke aplikasi-aplikasi yang lain. Tapi kendala yangsering di hadapi yaitu masalah koneksi dengan database. Pada tulisan kali ini saya akan berbagi sedikit tips n’ trik untuk setting koneksi mysql dengan JSP dengan apache tomcat sebagai server. Pertama-tama siapkan dulu software – software pendukung untuk bisa menjalankan filefile JSP anda. Eii…it jangan lupa kopi n’ Rokoknya,biasa kata orang-orang sih biar otak bisa encerrrrrrr kayak kopi…he.he.he. OKEY.. LANJUT..!! Semua software pendukung bisa didapatkan tanpa bayar alias gratiss. ini software pendukung nya, makin terbaru makin bagus : 1. 2. 3. 4.

Apache Tomcat 5.03 -> Server -> http://jakarta.apache.org J2sdk1.4.2_03 -> Compiler -> http://java.sun.com . MySQL server 5.0 -> Database -> http://www.mysql.com Mysql-connector-java-5.0.5-bin.jar->koneksi mysql dengan Java ->http://java.sun.com LANGKAH INSTALASI :

1. Instal MySQL -> sampai selesai 2. Instal J2sdk -> sampai selesai 3. Instal Apache Tomcat -> sampai selesai Yang menjadi catatan dalam proses instalasi yaitu software J2SDK harus di instal terlebih dahulu sebelum Tomcat, karena apabila tomcat di instal terlebih dahulu maka pada proses instalasi Tomcat akan berhenti pada saat pengecekan file JVM (Java Virtual Machine) yang merupakan compiler sebelum file JSP ditampilkan ke browser.

pada menu startup 2. ” CARA II : 1.jar”.0.0.1:8080/ Bila tidak ada yang kesalahan pada proses instalasi maka dibrowser anda akan muncul halaman utama dari server Tomcat dengan gambar kucing Tom. Pilih tab JAVA 3.0.masukkan URL di browser anda sebagai berikut: http://localhost:8080/ atau http://127.!! • SETTING PATH J2SDK Setting ini berguna agar Tomcat bisa mengenali lokasi instalasi JAVA (J2SDK). Tambahkan alamat direktori driver mysql tadi lengkap dengan namanya yaitu: C:\KoneksiMySQL\mysql-connector-java-5.0. Tambahkan seperti di bawah ini : • • • • Variable Name : JAVA_HOME variable value : C:\j2sdk1. 1.jar kedalam direktori yang dibuat tadi 3.5-bin. Tambahkan pada file “setclasspath.4.0.Selanjutnya buka browser anda untuk mencoba apakah Tomcat sudah bisa berjalan dengan benar.jar.setelah “JAVA_HOME” dengan menambahkan alamat direktori MySQL Connector-Java yaitu pada “ C:\KoneksiMySQL\” dan nama file drivernya. Copy Paste file Mysql-connector-java-5. Tambahkan pada Tomcat Configure.5-bin.0. Jadi lengkapnya adalah “ C:\KoneksiMySQL\mysql-connector-java-5. Tambahkan pada “ MyComputer->Properties->Advanced->Environment Variables ” 2. contoh nama: KoneksiMySQL 2.jar.2_03 (note: sesuai dengan lokasi & nama direktori instalasi J2SDK anda) Klik OK SETTING PATH Driver Mysql-connector-java CARA I : 1.bat” didalam direktori “ C:\Tomcat 5. File -file ini yang akan menerima request dari Tomcat untuk melakukan compile sebelum ditampilkan di browser.5-bin. .5bin. Buat dulu folder/direktori untuk menempatkan file Mysql-connector-java-5.0\bin ”..jar. yaitu “mysql-connector-java-5.5-bin.0. LANJUUUT.

klik START OKEY…. Klo ada kesalahan pada penulisan ataupun cara penyampaian harap dimaklumi. pilih Monitor Tomcat. Untuk pertanyaan yang menyangkut tutorial di atas kirim email ke : dhino_oke@plasa.com.he.he.!! Cukup sekian dulu. Karena setiap manusia tidak pernah luput dari berbagai macam kesalahan. Untuk menjalankan CARA II.CATATAN : 1.. Saya akan menjawab sebisa mungkin dan dengan senang hati pula he. SELAMAT MENCOBA. double klik file “STARTUP.0\bin 2.BAT” pada lokasi tomcat yaitu di : C:\Tomcat 5. Untuk menjalankan CARA I. menu start UP.SEMOGA SUKSES .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful