PENGANTAR

3 comments Posted by The Magic Of Making Up at 07:53

Skripsi, Tesis, dan Disertasi adalah karya ilmiah yang disyaratkan untuk lulus pendidikan jenjang S-1, S-2 dan S-3. Pada dasarnya cara penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi adalah sama, bedanya semakin tinggi tingkatannya, maka semakin banyak fakta-fakta dan teori-teori yang harus dirujuk sebagai dasar penelitian, dan juga cara penyajiannya mulai dari hanya mendeskripsikan suatu obyek penelitian sampai dengan menghasilkan suatu teori berdasarkan fakta-fakta empiris. Banyak mahasiswa yang sedang menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi memilih untuk menunda-nunda proses penyusunan proposal penelitiannya atau bahkan tidak menyelesaikan Skripsi, Tesis, dan Disertasinya karena tidak tahu harus mulainya darimana atau sudah jenuh dengan revisi yang tak kunjung selesai atau tidak mempunyai waktu, misalnya karena sambil bekerja. Sebenarnya yang menjadi kendala dalam penyusunan suatu proposal penelitian adalah : (1) Komitmen yang kurang kuat pada diri sendiri untuk mau memulai menyusun proposal penelitian; Jangan takut salah! "Orang yang SUKSES adalah orang yang pernah membuat KESALAHAN; Tidak ada orang yang SUKSES tanpa mengalami suatu KESALAHAN", (2) Kesulitan dalam menentukan masalah yang akan diteliti atau yang ingin diketahui lebih lanjut, sebagai titik awal untuk menyusun suatu proposal penelitian, (3) Tidak mempunyai referensi yang cukup terkait dengan topik penelitiannya, dan (4) Kurang pengalaman dalam menulis karya ilmiah sehingga sulit untuk menguraikan pendapatnya dalam bentuk tulisan; Perlu latihan dan jangan takut salah!. Oleh sebab itu mudah-mudahan Pedoman Praktis Penyusunan Usulan Penelitian/ Proposal Skripsi, Tesis, dan Disertasi yang singkat ini minimal dapat memberikan pencerahan bagi Anda.Semoga Bermanfaat... dan TETAP SEMANGAT!. Salam SUKSES MULIA!

Menentukan Masalah
5 comments Posted by The Magic Of Making Up at 07:14

Setiap penelitian harus bertolak dari suatu masalah. Penelitian dilakukan justru karena adanya masalah. Tanpa masalah penelitian tidak perlu dilakukan. Artinya masalah merupakan syarat mutlak bagi suatu penelitian. Kemudian penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah. Namun dalam praktiknya untuk menggali dan menentukan masalah untuk keperluan penyusunan proposal penelitian seringkali tidak mudah. Pada umumnya mahasiswa menghadapi kesulitan untuk memetakan sekalipun sudah jelas-jelas tampak di depan mata. Artinya, mahasiswa seringkali tidak mampu melihat dan memahami gejala-gejala yang ada di sekitarnya sebagai masalah.

kriteria atau harapan. standar. maka dapat melihat dari sisi yang lain. yaitu ketidakmampuan dalam mencapai atau memenuhi standar. kemunduran. Guru mengajar dengan output lebih dari 50% siswanya tidak lulus adalah gejala yang mengarah pada masalah motivasi mengajar atau kinerja guru. atau paling tidak belum sesuai dengan harapan. atau budaya organisasi. motivasi kerja. Proses Penelitian Kuantitatif : Klik Gambar Untuk Memperbesar Latar Belakang Masalah 2 comments Posted by The Magic Of Making Up at 07:12 . Contohnya : y y y y Karyawan yang datang ke kantor sering terlambat. langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan masalah. Masalah bisa pula tampak dalam bentuk pelayanan karyawan/ pegawai perusahaan/ instansi yang menurun atau belum optimal. Jadi dapat menggunakan indikasi penurunan. Intinya dalam masalah terdapat gejala-gejala yang mengindikasikan adanya penurunan. dan sering mangkir tanpa alasan yang jelas. Siswa yang nilai raportnya menurun adalah indikasi dari masalah yang terkait dengan motivasi belajar siswa. pelanggan yang tidak puas atau prestasi dan motivasi belajar siswa yang surut. Jika tidak ada gelaja yang mengarah ke indikasi tersebut. Karyawan di suatu instansi yang korup adalah indikasi adanya masalah yang terkait dengan kinerja karyawan dalam hubungannya dengan spiritualitas. kemerosotan.Ketika Anda hendak menyusun proposal penelitian. kecerdasan emosional. pulang lebih cepat. kepuasan kerja karyawan/ pegawai perusahaan atau instansi pemerintah yang menurun atau belum optimal. pengawasan. prestasi kerja. Masalah dapat mengemuka dalam bentuk kinerja. atau kriteria yang digunakan/dibakukan. Ini mengindikasikan adanya gejala-gejala aktual rendahnya motivasi kerja atau kinerja karyawan. kemunduran atau kemerosotan tersebut untuk melihat adanya masalah. mengambil waktu istirahat melebihi jam istirahat. produktivitas.

langkah berikutnya menggali latar belakang dari masalah yang akan Anda teliti. dan kemampuan. kepuasan kerja. iklim organisasi. kita hanya meneliti sebagian kecil saja dari faktor-faktor tersebut. Jika yang diteliti misalnya kinerja pegawai. ketika kita meneliti tentang masalah kinerja. Sebagai penutup. dan lain-lain. kondisi fisik. etos kerja. manajemen stress. Latar belakang menguraikan tentang faktor-faktor yang menyebabkan atau mendorong munculnya masalah. supervisi/pengawasan. Sebagai pembukaan pada umumnya diutarakan dahulu mengenai rasional atau alasan mengapa kita tertarik atau perlu meneliti masalah tersebut. maka utarakan bahwa kinerja pegawai sangat penting bagi kelangsungan dan perkembangan organisasi. tenaga. bukan hanya terkait dengan motivasi dan kompensasi kerja. budaya organisasi. Untuk mudahnya ikuti langkah-langkah berikut secara berurutan dalam menyusun atau menyajikan latar belakang : y y y y Uraikan mengenai alasan yang mendorong meneliti masalah tertentu. Tunjukkan keterkaitan faktor-faktor atau variabel-variabel tersebut dengan kinerja. iklim komunikasi organisasi. Oleh karena itu. Alasan ini biasanya terkait dengan fakta empirik atau kajian teroritik. Namun. untuk kepentingan penyusunan proposal penelitian kita. Walaupun demikian. ketengahkan tentang keterkaitan dan perlunya meneliti masalah tersebut (kinerja) ditinjau dari perspektif faktor-faktor atau variabelvariabel penyebabnya (motivasi dan kompensasi kerja). terutama dalam menghadapi iklim kompetisi yang semakin ketat pada era globalisasi. kedisiplinan. makin baik. pelatihan. satu per satu. sesuai dengan jenjang pendidikan kita (S1. Idealnya. S2 atau S3). semua faktor tersebut dapat diidentifikasi sebagai masalah. gunakan acuan teoritik yang terkait dengan . kecerdasan emosional. biaya. Untuk mempermudah dalam melakukan identifikasi masalah. Makin banyak identifikasi masalah yang kita lakukan. karena sejumlah keterbatasan yang kita miliki. tetapi juga kepemimpinan. lingkungan kerja.Jika sudah mementukan masalah. maka tidak semua faktor tersebut dapat kita teliti. Oleh karena itu penyajian latar belakang harus dimulai dari masalah yang akan diteliti. semangat kerja. semua faktor tersebut kita teliti. Perkuat dengan acuan teoritik yang menunjukkan bahwa gejala-gejala tersebut merupakan bagian dari kinerja yang buruk atau setidaknya kurang optimal. Sajikan beberapa faktor atau variabel yang menurut teori potensial mendorong terjadinya penurunan kinerja Misalnya : motivasi dan kompensasi kerja. Dalam kasus kinerja pegawai. Paparkan gejala-gejala aktual di lokasi penelitian yang menunjukkan menurunnya kinerja pegawai. misalnya waktu. Identifikasi Masalah 1 comments Posted by The Magic Of Making Up at 07:12 Banyak faktor yang mungkin menyebabkan timbulnya suatu masalah. kemudian disusul sejumlah faktor atau variabel yang memiliki peluang menyebabkan munculnya masalah.

X. Menyadari kondisi tersebut dan terutama sesuai dengan kaidah keilmuan. kompensasi dan kinerja pegawai. Padahal. Tetapi. Pertimbangkan segenap keterbatasan. dan lain-lain. sekolah. pasar/mall. waktu. Gunakan saja beberapa yang paling relevan dengan masalah yang akan diteliti. bahakan perlu ditambah faktor lain yang baru. sedangka unsur kedua diwakili oleh variabel-variabel motivasi. misalnya : perusahaan. tidak perlu memasukkan semua faktor tersbut. pesantren. instansi pemerintah. Pembatasan Masalah 2 comments Posted by The Magic Of Making Up at 07:11 Jika hendak menyusun proposal penelitian untuk penulisan disertasi. Keduanya memiliki rasional masing-masing. masjid. biaya. Sebagai gambaran dapat diberikan contoh untuk penelitian mengenai kinerja pegawai PT. biaya.kinerja. Pembatasan masalah minimal mencakup dua hal : (1) Lokasi/Obyek Penelitian :Hal ini berkaitan langsung dengan tempat yang dijadikan obyek penelitian. terutama waktu. dan ada pula yang menyajikan dalam bentuk pernyataan. Dalam contoh ini. 2 (dua) unsur tersebut harus terpenuhi. unsur pertama diwakili oleh PT. dan kemampuan teoritik dan metodologis. X´. Perhatikan faktor apa saja yang mempengaruhi kinerja pegawai. Perumusan Masalah 1 comments Posted by The Magic Of Making Up at 07:10 . Gunakan salah satu yang sesuai dengan ketentuan penyusunan proposal yang berlaku di fakultas atau universitas tempat Anda kuliah. Selama ini ada 2 (dua) versi penyajian identifikasi masalah. lalu jadikan faktor-faktor tersebut sebagi identifikasi masalah. jika mau menyusun proposal skripsi atau tesis. gereja. (2) Variabel atau Fokus Penelitian :Hal ini berkaitan dengan variabel-variabel atau dokus penelitian yang akan diteliti. Tetapi Anda tidak perlu bingung. khususnya tenaga. maka permasalahan penelitian ini dibatasi hanya pada masalah pengaruh motivasi dan kompensasi kerja terhadap kinerja pegawai PT. Ada yang menyajikan dalam bentuk pertanyaan. penulis memiliki sejumlah keterbatasan. faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai sangat banyak. tenaga dan kemampuan akademik. harus memasukkan semua faktor tersebut kedalam paket identifikasi masalah. Jadi dalam pembatasan masalah. X sebagai berikut : ´Seperti diuraikan diatas. dalam waktu yang sama.

Tujuan Penelitian 0 comments Posted by The Magic Of Making Up at 07:10 Tujuan penelitian harus sejalan dan sinkron dengan masalah penelitian yang sudah diformulasikan dalam bentuk rumusan masalah. tetapi sebagai mahasiswa Anda tidak dapat berbuat banyak. Apakah terdapat hubungan antara kompensasi dengan kinerja pegawai PT. Perumusan masalah harus sesuai dan sinkron dengan pembatasan masalah dan disajikan dalam bentuk pertanyaan. Contohnya : Berdasarkan rumusan masalah diatas. Anda pilih saja salah satu yang paling sesuai dengan selera perguruan tinggi tempat Anda kuliah. Apakah secara bersama-sam motivasi dan kompensasi berpengaruh terhadap kinerja pegawai PT. X? Atau dalam versi lainnya : 1. Anda harus mengikuti aturan main yang berlaku di perguruan tinggi tersebut. Apakah terdapat pengaruh motivasi dan kompensasi secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai PT. maka langkah berikutnya adalah merumuskan masalah. Sebagai bagian dari civitas akademika. X? 2. Apakah kompensasi berpengaruh terhadap kinerja pegawai PT. X Mengetahui pengaruh motivasi dan kompensasi secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai PT. X? Banyak variasinya dalam menyajikan perumusan masalah.X? 3.X? 3. X . X Mengetahui pengaruh kompensasi terhadap kinerja pegawai PT. X? Atau kalau judulnya mengenai Hubungan. Apakah terdapat pengaruh motivasi terhadap kinerja pegawai PT. Ada kalanya Anda tidak puas pada selera perguruan tinggi tempat Anda kuliah. X? 2. Apakah terdapat pengaruh kompensasi terhadap kinerja pegawai PT. Apakah terdapat hubungan antara motivasi dengan kinerja pegawai PT. maka rumusan masalahnya sebagai berikut : 1. Dengan merujuk pada contoh pembatasan masalah diatas maka dapat diberikan contoh rumusan masalah sebagai berikut : 1. X? 3. maka penelitian ini ditujukan untuk : y y y Mengetahui pengaruh motivasi terhadap kinerja pegawai PT.Apabila sudah berhasil membatasi masalah dengan tepat. Apakah motivasi berpengaruh terhadap kinerja pegawai PT. Apakah terdapat hubungan antara motivasi dan kompensasi secara bersamasama dengan kinerja pegawai PT. X? 2.

Atau kalau rumusan masalahnya mengenai Hubungan. kelompok. tesis atau disertasi. X dalam meningkatkan kinerja pegawainya. yaitu bab dua dan seterusnya. Manfaat praktis. untuk mempermudah pembaca dalam menyimak dan memahami keseluruhan bagian skripsi. maka penelitian ini ditujukan untuk : y y y Mengetahui hubungan antara motivasi dengan kinerja pegawai PT. khususnya yang terkait dengan pengaruh motivasi dan kompensasi terhadap kinerja pegawai PT. Sistematika Penulisan 0 comments Posted by The Magic Of Making Up at 03:12 Sistematika penulisan dibuat dengan dua tujuan. maupun organisasi. Contoh Sistematika Penulisan : PENELITIAN KUANTITATIF . dapat memperkaya konsep atau teori yang menyokong perkembangan ilmu pengetahuan manajemen sumber daya manusia. khususnya melalui perspektif motivasi dan kompensasi. maka penelitian ini sekurang-kurangnya diharapkan dapat memberikan dua kegunaan. Sedangkan kegunaan praktis/fragmatis berkaitan dengan kontribusi praktis yang diberikan dari penyelenggaraan penelitian terhadap obyek penelitian. X Mengetahui hubungan antara kompensasi dengan kinerja pegawai PT. baik individu. Kegunaan teoritis/akademis terkait dengan kontribusi tertentu dari penyelenggaraan penelitian terhadap perkembangan teori dan ilmu pengetahuan serta dunia akademis. maka tujuan penelitiannya sebagai berikut : Berdasarkan rumusan masalah diatas. yaitu teoritis/akademis dan praktis/fragmatis. Pertama. Contohnya : Merujuk pada tujuan penelitian diatas. X Kegunaan/Manfaat Penelitian 0 comments Posted by The Magic Of Making Up at 07:08 Kegunaan/manfaat penelitian umumnya dipilah menjadi dua kategori. Kedua. sebagai guidance bagi penulis untuk menyusun bab-bab yang belum terselesaikan. dapat memberikan masukan yang berarti bagi PT. X. X Mengetahui hubungan antara motivasi dan kompensasi secara bersama-sama dengan kinerja pegawai PT. yaitu : y y Manfaat teoritis.

F.berisi pengertian. Subjek Penelitian : untuk menggambarkan subjek penelitian -.BABI PENDAHULUAN A. B. Variabel terikat / kriterium : berisi pengertian atau defmisi variabel tersebut.. Validitas dan reliabilitas alat pengumpul data : berisi pengertian mengenai konsep validitas dan reliabilitas serta teknik yang dilakukan.. Jika menggunakan alat ukur yang sudah ada. sampel dan teknik sampling yang digunakan D. alur berpikir hingga muncul permasalahan. sehingga nantinya dapat ditarik suatu hipotesis E. Hubungan antara Variabel A dengan B atau Perbedaan pada variabel A berdasarkan variabel B : berupa dinamika yang menggambarkan keterkaitan antara variabel A clan Variabel B (baik berupa hubungan.) C. indikator yang digunakan. waria. dan sebagainya B. hasil uji validitas dan reliabilitasnya harap ditulis. Manfaat Penelitian : berisi manfaat teoritis dan manfaat praktis BAB II TINJAUAN PUSTAKA A.. Hipotesis BAB III METODE PENELITIAN A. pekerja seks komersil. ibu rumah tangga. Definisi operasional variabel-variabel penelitian : bentuk operasional dari variabel-variabel yang digunakan. aspek / dimensi / komponen / bentuk / gejala dsb dari variabel tersebut yang nantinya dijadikan indikator dari alat ukur yang digunakan. Variabel bebas / prediktor : berisi pengertian atau definisi variabel tsebut. Subjek penelitian : berisi karakteristik subjek yang digunakan dalam penelitian. Tujuan Penelitian : berisi tujuan diadakannya penelitian tersebut C. dan sebagainya C. juga untuk penelitian selanjutnya .. dsb) D. Saran : saran untuk subjek atau pihak-pihak yang berkaitan dengan hasil penelitian. yang diakhiri oleh perumusan masalah yang berbentuk kalimat tanya B. faktor-faktor yang mempengaruhi. Simpulan : berupa poin-poin yang berisi hasil penelitian yang menjawab hipotesis penelitian dan hasil tambahan lainnya. atau perbedaan). aspek / dimensi / komponen / bentuk / gejala dsb dari variabel tersebut yang nantinya dijadikan indikator dari alat ukur yang digunakan. pengaruh. Teknik analisis data : teknik yang digunakan untuk menganalisis data penelitian BAB IV PENUTUP A. Latar Belakang Masalah : berupa pengantar mengenai arti penting topik tersebut untuk diteliti.. biasanya berisi definisi konseptual. Teknik pengumpulan data : teknik dan alat ukur yang digunakan dalam pengumpulan data dan setiap alat ukur yang digunakan perlu dijelaskan E. juga diberi penjelasan mengenai populasi.. karakteristik dsb) mengenai subjek penelitian (misal : remaja. alat ukur yang digunakan (bagaimana cara mengukur) & penilaian alat ukur (semakin tinggi skor menunjukkan semakin tinggi . Identifikasi variabel-variabel penelitian : berisi variabel apa saja yang ada dalam penelitian tersebut B. faktor-faktor yang mempengaruhi.

sehingga nantinya dapat ditarik suatu hipotesis E. F. karakteristik dsb) mengenai subjek penelitian (misal : remaja. Hipotesis BAB III METODE PENELITIAN A.Daftar Lampiran Pustaka PENELITIAN EKSPERIMEN BABI PENDAHULUAN A. dan sebagainya C. Variabel terikat : berisi pengertian atau definisi variabel tersebut.Teknik analisis data : teknik yang digunakan untuk menganalisis data penelitian BAB IV PENUTUP A. Definisi operasional variabel penelitian : bentuk operasional dari variabel-variabel yang digunakan. D. Simpulan : berupa poin-poin yang berisi hasil penelitian yang menjawab hipotesis penelitian . alur berpikir hingga muncul permasalahan & diakhiri oleh perumusan masalah yang berbentuk kalimat tanya B. Validitas dan reliabilitas alat ukur : berisi pengertian mengenai konsep validitas dan reliabilitas serta teknik yang dilakukan. Pengaruh / efektivitas variabel bebas terhadap (untuk meningkatkan) variable terikat : berupa dinamika yang menggambarkan pengaruh dari variabel bebas terhadap variabel terikat pada subjek penelitian (kelompok eksperimen dan kelompok kontrol). Tujuan Penelitian : berisi tujuan diadakannya penelitian tersebut C. Variabel bebas : berisi pengertian atau definisi variabel tersebut. dsb) D. waria. Teknik pengumpulan data : teknik dan alat ukur yang digunakan dalam pengumpulan data dan setiap alat ukur yang digunakan perlu dijelaskan E. hasil uji validitas dan reliabilitasnya harap ditulis. Subjek penelitian : berisi karakteristik subjek yang digunakan dalam penelitian. Manfaat Penelitian : berisi manfaat teoritis dan manfaat praktis BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Subjek Penelitian : untuk menggambarkan subjek penelitian -. pekerja seks komersil. alat ukur yang digunakan (bagaimana cara mengukur) & penilaian alat ukur C. dan sebagainya B. indikator yang digunakan. faktor-faktor yang mempengaruhi. faktor-faktor yang mempengaruhi. Identifikasi variabel penelitian : berisi variabel apa saja yang ada dalam penelitian tersebut B. aspek / dimensi / komponen / bentuk / gejala dsb dari variabel tersebut yang nantinya dijadikan indikator dari alat ukur yang digunakan. biasanya berisi definisi konseptual. Rancangan Eksperimen : menggambarkan rancangan eksperimen yang digunakan dalam penelitian G. Jika menggunakan alat ukur yang sudah ada. ibu rumah tangga. aspek / dimensi / komponen / bentuk / gejala dsb dari variabel tersebut yang nantinya dijadikan indikator dari alat ukur yang digunakan. Latar Belakang Masalah : berupa pengantar mengenai arti penting topik tersebut untuk diteliti.berisi pengertian.

faktor¬faktor yang mempengaruhi. dan sebagainya B. Subjek penelitian : berisi karakteristik subjek yang digunakan dalam penelitian dan jumlah subjek yang akan diteliti B. Saran : saran untuk subjek atau pihak-pihak yang berkaitan dengan hasil penelitian. Latar Belakang Masalah : berisi pengantar mengenai alasan topik tersebut diteliti dan signifikansi masalah B. dan sebagainya C. Manfaat Penelitian : berisi manfaat teoritis dan manfaat praktis BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Hipotesis (jika mengajukan hipotesis) BAB III METODE PENELITIAN A. Fokus penelitian (konsep) 2 (jika menggunakan 2 konsep) : berisi pengertian atau definisi konsep tersebut. faktor¬faktor yang mempengaruhi. Simpulan : berupa poin-poin yang berisi hasil penelitian yang menjawab pertanyaan penelitian dan hasil temuan lainnya. Tujuan Penelitian : berisi tujuan diadakannya penelitian tersebut D. Fokus Penelitian (konsep) 1 : berisi pengertian atau definisi konsep tersebut.dimana didalamnya termasuk triangulasi data) dan keajegan (reliabilitas termasuk cek dan ricek) dalam penelitian kualitatif BAB IV PENUTUP A. aspek / dimensi / komponen / bentuk / gejala dsb dari konsep tersebut yang nantinya akan dijadikan indikator dari konsep tersebut. a5pek / dimensi / komponen / bentuk / gejala dsb dari konsep tersebut yang nantinya akan dijadikan indikator dari konsep tersebut. Keabsahan dan keajegan penelitian : berisi pengertian dan gambaran mengenai konsep keabsahan (validitas . juga . Dinamika yang menggambarkan keterkaitan antara konsep 1 dan konsep 2 (jika menggunakan 2 konsep) D. B. B. Teknik pengumpulan data : gambaran mengenai teknik dan alat ukur yang digunakan dalam pengumpulan data D. Pertanyaan Penelitian : berupa perumusan masalah yang berbentuk kalimat tanya (mengapa. Instrumen Penelitian : alat bantu yang digunakan di dalam penelitian E. bagaimana) C.dan hasil tambahan lainnya. Saran : saran untuk subjek atau pihak-pihak yang berkaitan dengan hasil penelitian. Tahap-tahap penelitian : berisi gambaran mengenai tahap persiapan dan pelaksanaan yang dilakukan dalam penelitian C. juga untuk penelitian selanjutnya Daftar Pustaka Lampiran PENELITIAN KUALITATIF BABI PENDAHULUAN A.

maka penyajiannya dimulai dari teori kinerja lalu dikaitkan dengan teori motivasi. tesis atau disertasi yang akan dikutip dengan tidak lupa mencatat sumber aslinya. bagian. dengan persyaratan teoritis serupa. sub-bagian dan seterusnya hingga bagian terkecil. Dalam tinjauan harus ada unsur definisi dan dimensi/indikator. Kerangka Pemikiran 3 comments Posted by The Magic Of Making Up at 03:11 Kerangka pemikiran intinya berusaha menjelaskan konstelasi hubungan antar variabel yang akan diteliti. Pada bagian akhir kerangka pemikiran umumnya disajikan konstelasi hubungan antara keseluruhan variabel dilengkapi dengan bagan yang menggambarkan hubungan antar variabel . Jika konstelasi hubungan antara kinerja dan motivasi sudah terbangun dengan baik. dan diberikan apresiasi berupa kekurangan dan kelebihan.untuk peneliti selanjutnya Daftar Pustaka Lampiran (termasuk pedoman wawancara. Jika hendak diteliti adalah masalah kinerja pegawai dalam hubungannya dengan motivasi dan kompensasi. disistu akan memperoleh bahan-bahan yang berharga dan relevan. serta relevansinya dengan topik penelitian yang diteliti. Dalam menyusun kerangka pemikiran. Artinya. Beri tanda khusus pada bagian-bagian dari jurnal. verbatim) Tinjauan Pustaka 0 comments Posted by The Magic Of Making Up at 03:12 Tinjauan pustaka harus menguraikan perkembangan teoritis dari awal pemunculan sebuah teori hingga perkembagannya terkini (pada masa sekarang). disitu akan menemukan teori-teori yang relevan dan terpilih. Keterkaitan dua variabel tersebut sedapat mungkin dilengkapi dengan teori atau penelitian tedahulu yang dilakukan seorang pakar/peneliti atau lebih yang menyatakan adanya hubungan atau pengaruh antar keduanya. Konstelasi hubungan tersebut idealnya dikuatkan oleh teori atau penelitian sebelumnya. Seleksi bahan-bahan yang diperoleh lalu himpun per variabel. Tip dalam mempermudah mendapatkan bahan-bahan yang relevan dan terpilih adalah sebagai berikut : y y y y y Cari jurnal ilmiah yang variabelnya sama dengan variabel yang akan digunakan dalam proposal penelitian. Baca tesis atau disertasi yang variabelnya sama dengan variabel yang akan diteliti dalam proposal penelitian. Gunakan bahan-bahan tersebut sesuai kebutuhan. penyajiannya dimulai dari variabel yang mewakili masalah penelitian. pedoman observasi. dan prioritas penggunaannya. konstelasi hubungan atar keduanya juga harus diperkuat teori atau penelitian terdahulu. maka tahap selanjutnya adalah merangkai konstelasi hubungan antara kinerja dengan kompensasi. urutan.

X Ho:Tidak terdapat pengaruh motivasi dan kompensasi secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai PT. X Ha:Terdapat pengaruh kompensasi terhadap kinerja pegawai PT. 2002:63). Jika akan meneliti pengaruh motivasi dan kompensasi terhadap kinerja pegawai. Bentuk-bentuk hipotesis : Hipotesis Null : y y y y y y Ho:Tidak terdapat pengaruh motivasi terhadap kinerja pegawai PT. Hipotesis Penelitian 0 comments Posted by The Magic Of Making Up at 03:11 Hipotesis adalah dugaan sementara sehingga masih memerlukan pembuktian (Hadi. X Ha:Terdapat pengaruh motivasi terhadap kinerja pegawai PT. Metode penelitian yang populer : metode survey.penelitian. jenis atau desain dari suatu penelitian. . asosiatif maupun komparatif. X Ha:Terdapat pengaruh motivasi dan kompensasi secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai PT. X Metode Penelitian 0 comments Posted by The Magic Of Making Up at 03:10 Metode penelitian secara tersirat dapat memberikan gambaran mengenai pendekatan. Hipotesis dinyatakan dalam bentuk ¶pernyataan¶ dan sinkron dengan rumusan masalah. maka dapat gambarkan secara bagan konstelasi tersebut. tipe. X Ho:Tidak terdapat pengaruh kompensasi terhadap kinerja pegawai PT. X Terdapat pengaruh kompensasi terhadap kinerja pegawai PT. X Hipotesis Kerja : y y y Terdapat pengaruh motivasi terhadap kinerja pegawai PT. X Terdapat pengaruh motivasi dan kompensasi secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai PT. pada umumnya digunakan untuk jenis penelitian deskriptif.

gambar. apabila semua anggota populasi diberikan kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai sampel penelitian. (2) Terfokus (responden diwawancarai dalam waktu yang pendek). Kuesioner adalah daftar pertanyaan yang dibuat berdasarkan indikator-indikator dari varibel penelitian yang harus direspon oleh responden. kelompok atau golongan yang setara atau sejajar. baik dengan menggunakan metode yang sama maupun berbeda. Bertahap (multistage). apabila karakteristik populasi terdiri dari kategori. foto. Observasi. Stratifikasi (stratified). Purposif (purposive). Wawancara. Teknik ini digunakan untuk mendapatkan fakta-fakta empiris yang tampak (kasat mata). Kuota (quota). apabila pemilihandan penentuan sampel didasarkan pada kelompokkelompok individu. dan (3) Terstruktur (menggunakan pertanyaan yang terstruktur). Insidental. Kluster (cluster). Jika populasi relatif besar dapat digunakan teknik pengambilan sampel sebagai berikut : y y y y y y y y Acak sederhana (simple random). Teknik Pengumpulan Data 1 comments Posted by The Magic Of Making Up at 03:08 Teknik pengumpulan data yang lazim digunakan : 1. Teknik ini dilakukan dengan memanfaatkan dokumen-dokumen tertulis. apabila penentuan jumlah sampel dilakukan terlebih dahulu sebelum penelitian dilakukan. . bukan pada individu. apabila pengambilan sampel dilakukan dua tahap atau lebih sesuai dengan kebutuhan.Teknik Pengambilan Sampel 0 comments Posted by The Magic Of Making Up at 03:09 Jika populasi kurang dari 100 orang dan mudah dijangkau sebaiknya digunakan teknik pengambilan sampel sensus atau sampel jenuh. Wawancara dapat dilakukan secara : (1) Terbuka (open-ended). atau benda-benda lainnya yang berkaitan dengan aspek-aspek yang diteliti. apabila penentuan sampel didasarkan pada faktor kebetulan yang dijumpai peneliti pada saat melakukan penelitian. peneliti bertanya kepada responden kunci tentang fakta-fakta suatu peristiwa dan opini mereka mengenai peristiwa yang ada. apabila populasi terdiri atas kategori-kategori atau kelompokkelompok yang memiliki susunan bertingkat. apbila pemilihan sampel didasarkan pada karakteristik atau ciri-ciri tertentu berdasarkan ciri atau sifat populasinya. Studi Lapangan : y y y y Kuesioner/Angket. Dokumentasi. Proporsional (proportional).

modus. Studi Pustaka y Studi pustaka dilakukan dengan cara mempelajari. baik buku. antara lain dengan cara melihat skor minimum. skor maksimum. majalah. median. jurnal. mendalami. Teknik Analisis Data 2 comments Posted by The Magic Of Making Up at 03:07 Teknik analisis data yang umum digunakan. dan mengutip teori-teori atau konsep-konsep dari sejumlah literatur. jangkauan (range). fokus atau variabel penelitian. Statistik inferensial digunakan untuk menguji hipotesis dan membangun generalisasi penelitian. koran. . atau karya tulis lainnya yang relevan dengan topik. yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. mean. standar deviasi dan variansnya yang dilengkapi dengan tabel frekuensi berikut histogramnya. Formula dan rumus statistik disesuaikan dengan jenis penelitiannya : asosiatif atau komparatif.2. Statistik deskriptif digunakan untuk menggambarkan kondisi variabel penelitian.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful