MAKALAH SEJARAH AMERIKA AMERIKA SERIKAT DALAM PERANG DINGIN

Disusun Oleh: Kelompok 3 1. Rini Puspitasari 2. Sonny Harry Wibowo 3. Andrean Eka S
4.

(09406241009) (09406241010) (09406241011) (09406241012)

Diana Trisnawati

PENDIDIKAN SEJARAH FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2010

Penetap pertama wilayah yang kini menjadi Amerika Serikat berasal dari Asia sekitar 15. penduduk asli Amerika bermukim di wilayah tersebut selama ribuan tahun.1 Permukiman ini dianggap sebagai permukiman pertama di Amerika Serikat. dan mereka kehilangan negeri mereka. Perkembangan koloni-koloni Inggris berakhir tidak baik bagi penduduk asli Amerika. Selanjutnya. Orang-orang Inggris lalu bermukim di Jamestown. Mereka menyeberangi jembatan darat Bering ke Alaska. Orang Perancis. dan Belanda juga bermukim di sebagian Amerika Serikat.BAB. muncul beberapa peristiwa penting yang mempengaruhi kehidupan bangsa-bangsa di dunia. Salah satu factor yang membuat kota New York penting adalah lokasinya yang terletak di salah satu pelabuhan alam terbaik. Spanyol. dan beberapa teritori lainnya. dibatasi oleh Kanada di sebelah utara dan Meksiko di sebelah selatan. 2008.2 Selain itu. Latar Belakang Amerika Serikat terletak di tengah-tengah benua Amerika Utara. Diktat Pengantar Sejarah Amerika Utara I. lingkungan fisik ikut menentukan berbagai peluang manusia. hlm. termasuk kepulauan Hawaii di lautan Pasifik. Wilayah yang paling terkenal di Amerika Serikat adalah New York. Peristiwa-peristiwa itu antara lain yaitu: Pertama.I PENDAHULUAN A.com diakses pada tanggal 04 November 2010 pukul 18:06 WIB Taat Wulandari. tetapi tidak dengan sendirinya menentukan kegiatan-kegiatan manusia. Umumnya semakin tinggi tingkat teknologi. 8 . Amerika Serikat terus didatangi oleh orang-orang Inggris. Amerika 1 2 www. Pada tahun 1492.wikipedia.000 tahun yang lalu. (Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Sejarah). Negara Amerika Serikat terbentang dari Samudera Atlantik di pesisir timur hingga Samudera Pasifik di pesisir barat. Selanjutnya. negara bagian Alaska di ujung utara benua Amerika. Christopher Columbus berhasil mencapai Amerika. Setelah Perang Dunia II berakhir. semakin besar kemajuan penduduk. karena banyak dari mereka yang tewas akibat penyakit. Virginia pada tahun 1607.

Pada tahun 1946. sehingga negara-negara tersebut masuk kedalam pengaruh pemerintahan komunis Uni Soviet. Kerjasama diplomatik dengan 52 negara terbentuk pada saat itu. Perang Dunia II yang berakhir dengan kemenangan di pihak Sekutu tidak terlepas dari peran Uni Soviet. 3 Fahrurodji. Hungaria. Hongaria.3 Amerika Serikat bersama Uni Soviet juga memprakarsai berdirinya PBB pada tahun 1945 bersama dengan kekuatan anti-Fasis lainnya. Ketiga.Serikat muncul sebagai salah satu negara pemenang perang di pihak Sekutu. Uni Soviet mengalami penguatan otoritas yang cukup berarti setelah Perang Dunia II. Namun kemesraan hubungan negara-negara yang tergabung dalam koalisi anti-Fasisme itu tidak bertahan lamam dan semulus yang diharapkan. A. Albania. Rusia Baru Menuju Demokrasi: Pengantar Sejarah dan Latar-belakang Budayanya. Hubungan Strategis AS-Uni Soviet. Rumania. . munculnya negara-negara yang baru merdeka setelah Perang Dunia II di wilayah Eropa. dengan cara mensponsori terjadinya perebutan kekuasaan di berbagai negara Eropa Timur seperti di Bulgaria. Peran Amerika Serikat sangat besar membantu negara-negara Eropa Barat untuk memperbaiki kehidupan perekonomiannya setelah Perang Dunia II. Rumania. 2005. dan Cekoslowakia. Bulgaria. Uni Soviet mempergunakan kesempatan itu untuk meluaskan pengaruhnya. Sambil membebaskan Eropa Timur dari tangan Jerman. (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia). Polandia. dan Finlandia. Uni Soviet juga muncul sebagai negara besar pemenang perang dan berperan membangun perekonomian negara-negara Eropa Timur. Uni Soviet pun turut serta dalam Konferensi Paris tahun 1946. untuk membahas nasib negara-negara bekas sekutu Jerman seperti Italia. Uni Soviet membebaska Eropa Timur dari tangan Jerman. yang akhirnya membelah sistem perpolitikan internasional menjadi dua. Stalin yang mengusung ide “Komunisme Internasional” (Komintern) menuduh Inggris dan Amerika Serikat melancarkan kebijakan-kebijakan internasional yang agresif. Tuduhan ini dijawab oleh Perdana Menteri Inggris dengan menentang kekuatan yang disebutnya “Komunis Timur”. Kedua.

Menjelaskan tentang asal-usul perang dingin Amerika Serikat Pasca Perang Dunia II. Menjelaskan tentang upaya untuk membendung atau mencegah perluasan perang dingin Amerika Serikat. Bagaimana pembagian periode pada perang dingin Amerika Serikat? C. 2. Bagaimana upaya untuk membendung atau mencegah perluasan perang dingin Amerika Serikat? 3. Rumusan Masalah 1.B. Menjelaskan tentang pembagian periode pada perang dingin Amerika Serikat. Tujuan 1. 3. . Bagaimana asal-usul perang dingin Amerika Serikat Pasca Perang Dunia II? 2.

BAB.4 Perang dingin berkembang saat perbedaan-perbedaan tentang bentuk dunia pascaperang telah telah menciptakan kecurigaan dan rasa tidak percaya antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet. Akhir Perang Dunia II (PD II) tanda-tanda perang dingin antara kedua kubu tersebut sangat jelas. Penyebab langsungnya adalah perpecahan dalam aliansi antara Uni Soviet. perang dingin antara AS dan Uni Soviet sudah berlangsung sejak tampilnya komunisme sebagai penguasa di Uni Soviet tahun 1917.II PEMBAHASAN A. Konferensi Yalta di bulan Februari 1945 menghasilkan kesepakatan yang rentangnya luas yang terbuka untuk interpretasi berbeda-beda. Dengan seluruh dunia sedang dilanda kekacauan. Pengakuan diplomatic Amerika terhadap rezim Bolshevik baru datang pada tahun 1933. Garis Besar Sejarah Amerika. hlm. Pada tahun 1918. Konflik pertama yang muncul dalam perang ini berkaitan dengan Polandia. Amerika berharap bisa menciptakan stabilitas agar rekonstruksi damai bisa dilaksanakan. selama perang dunia II kedua Negara menjadi sekutu dan mengabaikan perbedaan mereka untuk melawan ancaman Nazi. Moskow menginginkan sebuah pemerintahan di bawah pengaruh Soviet. Salah satunya adalah janji akan pemilu yang bebas dan tak terkekang di Polandia. Bahkan di saat itupun. dan demokrasinya. sedangkan Washington menginginkan pemerintahan yang lebih independen dan representative sesuai dengan model barat. rasa permusuhan timbul lagi. Amerika Serikat berharap bisa berbagi dengan Negara-negara lain konsep kemerdekaan. dan keretakan terjadi di beberapa kerajaan. kecurigaan tetap ada. persamaan. Asal-Usul Perang Dingin Perang dingin adalah salah satu isu politik terpenting pada periode awal pasca perang. tentara Amerika ikut berpartisipasi dsalam intervensi sekutu di Rusia dengan mengatasnamakan pasukan anti Bolshevik. Perang ini muncul dari ketidaksepakatan yang berkepanjangan antara Uni Soviet dengan Amerika Serikat. Mereka tidak sepakat mengenai penyelesaian masalah rekonstruksi negara-negara yang dikalahkan dalam 4 _____________. Di akhir perang.381 . Namun. Sebenarnya menurut sejarawan. AS dan Inggeris. perang saudara.

Ternyata aliansi antara Uni Soviet dan AS selama berlangsungnya perang hanya bersifat semu belaka yang didasarkan atas kepentingan bersama untuk menghadapi negara-negara Axis (Jernian.Italia dan Jepang). dan masalah penangamm perubahan sosial ekonomi yang diakibatkan oleh PD E. Beberapa sejarawan berpendapat bahwa perang dingin sebenarnya tidak akan berkembang menjadi ketegangan internasional apabila Presiden Roosevelt tidak meningal dunia (April 1945) sebelum PD II berakhir. Kecurigaan AS terhadap kebijaksanaan Soviet tersebut dijawab oleh Stalin bahwa negara-negara Barat telah melakukan eksploitasi di Italia dan Yunani. sehingga dia mampu menyelesaikan masalah-misalah akhir perang dan masa transisi untuk menciptakan perdamaian. Rumania dan Bulgaria. Presiden Truman bersama delegasinya menyatakan bahwa pembagian daerah pengaruh di Eropa akan menciptakan konflik baru di kawasan Balkan (Eropa Tenggara) dan cepat atau lambat konflik tersebut dapat menyebar Ice selutuh Eropa. upaya memelihara ketertiban dan keamanan dunia. Konfernsi Postdam dan cara mengakhiri PD II merupakan fase awal meletusnya perang dingin antara kedua belah pihak. perairan strategis di Balkan yang memisahkan Turki dan . Sikap AS yang curiga terhadap Uni Soviet juga diperlihatkan oleh Menlu James Byrnes yang pada tanggal 28 Juli 1945 menyatakan bahwa Jepang perlu dikalahkan oleh AS sebelum Uni Soviet mampu melakukannya sehingga dia memperoleh dominasi di Asia-Pasifik. tidak terdapat kesepakatan bulat di antara mereka mengenai isu-isu jangka panjang serta penyelesaian perbedaan pendapat di antara keduanya.perang. dijatuhkannya bom atom di Jepang adalah dalam rangka membatasi pengaruh Uni Soviet di Asia Pasifik serta Eropa Timur. Mereka berniat membatasi kekuatan Rusia sambil memperluas pengaruh AS sesuai dengan kepentingan tradisionalnya Presiden Harry S Truman. sedangkan Soviet tidak memiliki kepentingan apapun atas daerah tersebut. Selama berlangsungnya perang. memperlihatkan sikap yang tegas terhadap Uni Soviet selama Konferensi Postdam (Juli 1945) dan menginginkan dijatuhkannya bom atom terhadap Jepang untuk mengakhiri perang. pengganti Roosevelt. AS mulai menaruh curiga terhadap kebijaksanaan luar negeri Soviet atas Horgaria. Penggantinya tidak memiliki konsep yang sama mengenai tujuan dan kepentingan AS dalam urusan diplomatik dengan Uni Soviet. Tujuannya adalah untuk meneruskan politik luar negeri AS sebagai selalu terbuka (open door). AS menginginkan agar perairan Eropa diinternasionalisasi sehingga Uni Soviet tidak memiliki hak apapun atas perairan Dardanela. Dalam Konferensi Postdam.

Yunani. Dalam Konferensi Postdam. Namun demikian.5 Dijatuhkarmya bom atom di Hiroshima dan Nagasaki telah mempercepat berakhirnya Perang Dunia II. Moskow. Sebelum bom dijatuhkan. Sedangkan negara-negara Barat menginginkan sumber daya alam yang terdapat dalam daerah pendudukan Uni Soviet. keduanya berhaluan komunis. Upaya Membendung Perluasan Perang Dingin Pencegahan terhadap meluasnya pengaruh Uni Soviet menjadi kebijakan Amerika Serikat di masa pascaperang. pejabat tinggi di kedutaan Amerika Serikat di Moskow. dimana kekuatan komunis mengancam kekuatan monarki dengan perang saudara. Pada tahun 1947 Inggris memberitahu Amerika Serikat bahwa mereka tak mampu lagi memberikan bantuan semacam itu. Inggeris. pembagian daerah pengaruh tersebut telah memperlihatkan konflik kepentingan di antara mereka. Dengan cepat Departemen Luar Negeri Amerika Srikat membuat rencana bantuan. bahwa dalam keadaan apapun Uni Soviet takkan melunakkan pendiriannya. Perancis dan Uni Soviet terlihat adanya konflik kepentingan. 321 . akan mengencam kepentingan AS. Oleh karena itu. Inggris selama ini telah membantu Yunani. Dalam pembagian Jerman menjadi zone AS. Ketidaksetujuan AS terhadap pembagian Eropa ke dalam daerah pengaruh ternyata tidak berlaku dalam kasus pembagian Jerman sebagai daerah pendudukan. tulisnya “dengan fanatic berpegang teguh pada keyakinan bahwa dengan Amerika Serikat takkan ada modus Vivendi (penyeleseian sementara sebuah masalah) permanen karena Amerika Serikat sangat ingin dan berkepentingan untuk mengganggu kerukunan internal masyarakat kita”. AS kemudian mengutus Jenderal George C Marshall. Kennan berpendapat. Misalnya Uni Soviet masih menginginkan peralatan industri yang diduduki negara-negara Barat. Penerapan penting doktrin pencegahan ini dilakukan di wilayah Timur Laut Tengah. peristiwa tersebut tidak menyelesaikan konfhk yang mulai muncul antara AS dan Uni Soviet. Uni Soviet telah memasuki Manchuria yang semula diduduki Jepang. B. George Kenna. seorang arsitek penyerbuan ke Normandia. dan di Turki. menggambarkan pendekatan baru ini dalam selembar telegram panjang yang ia kirim ke Departemen Luar Negeri pada tahun 1946. hlm. Marshall dirugaskan untuk 5 Ibid. AS merasa khawatir bahwa perjanjian antara Uni Sovit dan China. dimana Uni Soviet mendesak konsesi territorial dan hak untuk membangu pangkalan militer di Bosporus. untuk mendekati Chiang Kai Shek. pemimpin nasionalis China.

Akhirnya kekuatan nasionalis China melarikan diri ke Taiwan dan mendirikan pemerintahan baru yang beribukota di Taipeh. Doktrin Truman didasarkan atas prinsip moral bagi penentuan nasib sendiri (self determination) bangsa-bangsa di dunia menurut perspektif luar negeri AS. pemerintah AS segera memberikan bantuan sebesar 570 juta dolar kepada pemerintahan Nasionalis China. AS harus membantii negara-negara yang masih berada di bawah rezim totaliter untuk menjadi negara yang demokratis. bantuan tersebut hanya meningkatkan persaingan yang semakin tajam antara kaum nasionalis dan komunis di China. Rumania dan Bulgaria yang berada di bawah regime totaliter yang tidak memperhatikan kepentingan bangsanya untuk menentukan nasibnya sendiri. Marshall masih belum yakin apakah Chiang memehami apa yang diinginkan oleh AS. Namun demikian. Ketika kekuatan komunis di China mendirikan pemerintahan RRC tahun 1949 yang anti Barat. Berdasarkan doktrin tersebut. Sebelum tercapai kesepahaman antara Marshall dan Chiang. Kebijaksanaan tersebut juga diterapkan untulc Eropa melalui Doktrin Truman dan Marshall Plan. Sedangkan kepentingan AS untuk tetap menjaga China dikuasai oleh kekuatan nasionalis tidak bisa dilaksnakan setelah kekuatan komunis memperoleh kemenangan di daratan China. pada bulan april 1946 kekuatan Komunis telah menyerang Changchun yang berakibat pada berakhiraya pemerintahan koalisi di China. Menghadapi situasi di China yang semakin panas. AS berkepentingan untuk membantu . Misi Marshall di China mengalami kegagalan setelah konflik antara China Nasionalis dengan Komunis berlanjut.membicarakan masalah kerjasama ekonomi dan militer AS dengan pemerintahan nasionalis China. Sementara kekuatan nasionalis yang didukung oleh AS mengalami kekalahan di mana-mana Pada tahun 1948 tentara nasionalis terpecah. pemerintah AS masih meneruskan kebijaksanaannya untuk terus membantu kekuatan nasionalis dan demokratis yang anti komunis. Kebijaksanaan tersebut ditempnh untuk "menyelamatkan" Eropa dari komunisme. Miirshall meminta agar pemerintahan Chiang mampu memperluas pemerintahannya dengan cara memasukkan kekuatan komunis ke dalam pemerintahannya. sementara tentara komunis terus melakukan penyerangan. Dengan demikian potensi ancaman -kekuatan komunis di bawah Mao Tse-tung yang mungkin mendapat dukungan dari Uni Soviet dapat diredam. Pada esensinya. Oleh karena itu AS memprotes pendudukan Polandia. Marshal akhirnya kembali ke AS pada bulan Januari 1947 sambil menyalahkan kelompok koumintang (nasionalis) dan sikap kaku kaum komunis China. Setelah beberapa minggu di China.

Amerika Serikat membentuk Blok Barat. Masing-masing adikuasa menggalang dukungan dari negara-negara lain. Sejarah Perang Dingin dapat dibagi ke dalam empat periode: 1. AS memberikan bantuan ekonomi kepada negaranegara Eropa Barat sebesar 17 milyar dolar. Sedangkan.negara-negara tersebut membangun institusi yang demokratis untuk kepentingan perdamaian internasional. seperti China dan Kuba. Periode Perang Dingin Amerika Serikat Perang Dingin adalah sebutan bagi situasi tegang dan konflik antara Blok Barat yang dipimpin oleh Amerika Serikat dan Blok Timur yang dipimpin oleh Uni Soviet. kedua negara itu bersitegang dan berkompetisi secara politik dan militer. beranggotakan negara-negara Eropa Timur dan negara-negara komunis lainnya. doktrin tersebut sebenarnya lebih ditujukan kepada Uni Soviet yang mulai menanamkan pengaruhnya di negara-negara Eropa Timur. yang kebanyakan beranggotakan negara-negara Eropa Barat. C. Periode pertama. Amerika Serikat berideologi kapitalisliberal. Inggris. 1947 – 1969 6 http://file. Setelah berakhirnya perang tersebut. Ketegangan antara dua blok secara berhadap-hadapan seperti inilah yang menyulut Perang Dingin. Jepang. dan Italia.edu/Direktori diakses pada tanggal 04 November 2010 pada pukul 18:10 WIB . yaitu Amerika Serikat dan Uni Soviet. atas nama Doktrin Truman. sedangkan Uni Soviet berideologi komunis. Blok Sekutu yang digawangi oleh Amerika Serikat. Melalui Marshall Plan. Dunia pun terbagi menjadi dua kutub. Oleh karena itu.6 Dilihat dari kerangka perang dingin. dan Uni Soviet berhasil mengalahkan Blok Fasis yang dikawal Jerman. perlahan luntur pengaruhnya. hanya ada dua negara yang muncul sebagai adikuasa pada saat itu. Uni Soviet membentuk Blok Timur. yaitu kutub Barat dan kutub Timur. Pada Perang Dunia II. Oleh karena itu. Menelusuri sejarah Perang Dingin. Inggris yang sebelumnya merupakan negara adikuasa.upi. Kedua negara adikuasa tersebut berbeda secara ideologis. AS akan membantu negara-negara di Eropa untuk memulihkan ekonominya pasca perang sehingga menjadi negara yang demokratis seperti ditafsirkan oleh AS. Perang ini terjadi pada periode 1947 sampai 1991. Oleh karena itu. kita tidak akan lepas dari Perang Dunia II yang melatarbelakanginya.

Uni Soviet dan sekutunya membentuk Pakta Warsawa pada 1955. Amerika Serikat dan Uni Soviet berebut pengaruh atas negara-negara di dunia. Uni Soviet tidak dapat mempertahankan politik detente tersebut. Pada 1979. Amerika Serikat pun mendukung perjuangan Afghanistan memerdekakan diri dari Uni Soviet sekaligus dalam rangka membendung kekuatan komunis. kedua adikuasa itu pun bersepakat untuk meredakan ketegangan. Maka. Amerika Serikat mulai melakukan pendekatan terhadap Uni Soviet. Stalin. 1985 – 1991 Situasi berubah setelah Michael Gorbachev naik ke tampuk kekuasaan Uni Soviet. Maka. Akhirnya. 7 http://www. Negara komunis itu dilanda banyak permasalahan internal hingga terancam perpecahan. Periode keempat.anneahira. begitu juga sebaliknya.Tidak lama setelah berakhirnya Perang Dunia Kedua. Maka. Kedua negara sama-sama mengkhawatirkan perkembangan militer lawannya. berkumpul pada 4 April 1949 untuk menandatangani kesepakatan membentuk persekutuan militer. Tentu yang dia maksud sebagai kekuatan kapitalis adalah Amerika Serikat.7 2. Persekutuan inilah yang dinamakan NATO (North Atlantic Treaty Organization/Pakta Pertahanan Atlantik Utara). di bawah perintah Presiden Leonid Bresnev. dipimpin Amerika Serikat. Periode kedua. Periode ketiga. 1969 -1979 Politik antara kedua negara mendingin setelah Richard Nixon meraih posisi presiden Amerika Serikat. kedua negara terlibat dalam perlombaan itu dan dunia dihantui bayangan kehancuran akibat perang nuklir. menegaskan bahwa Uni Soviet harus bersiap-siap untuk berkonflik dengan kekuatan kapitalis. 3. Kesepakatan tersebut dinamakan detente.com/ diakses pada tanggal 04 November 2010 pada pukul 19:00 WIB . pemimpin Uni Soviet. Sebagai tandingannya. Aksi ini mendapat tantangan keras dari Reagen sebagai Presiden Amerika Serikat saat itu. Pada periode ini pun Reagen mengobarkan perlombaan senjata nuklir dengan Uni Soviet. Uni Soviet menyerbu Afghanistan. perlombaan senjata pun tak terelakkan. 1979 – 1985 Rupanya. 4. Blok Barat.

Gorbachev berkunjung ke Negeri Paman Sam untuk berdialog. Dia pun melakukan berbagai pendekatan dialogis dengan Amerika Serikat. tembok Berlin. negara-negara yang tergabung dengan Uni Soviet memerdekakan diri. Akhirnya.Gorbachev mengumandangkan politik perestorika. Pada tahun yang sama. tercapai kesepakatan Genewa.III PENUTUP . runtuh. Uni Soviet pecah. menandakan runtuhnya kekuatan komunis di dunia sekaligus berakhirnya era Perang Dingin. Artinya. 1991. yang memisahkan Jerman Barat dari Jerman Timur. Pada 1988. Pada 1987. yaitu pemberian kebebasan kepada warganya setelah sebelumnya berada di bawah pemerintahan yang diktator. BAB. Dua tahun kemudian. pada 1989 seluruh pasukan Uni Soviet hengkang dari Afghanistan. Peristiwa ini dianggap sebagai penanda berakhirnya pengaruh komunisme di Eropa.

Sejarah Perang Dingin dapat dibagi ke dalam empat periode: Periode pertama 1947 – 1969. Periode kedua 1969 -1979. A. Inggris selama ini telah membantu Yunani. (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia). 2. dan Periode keempat 1985 – 1991. . Penerapan penting doktrin pencegahan ini dilakukan di wilayah Timur Laut Tengah. Perang dingin berkembang saat perbedaan-perbedaan tentang bentuk dunia pascaperang telah telah menciptakan kecurigaan dan rasa tidak percaya antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet. dimana kekuatan komunis mengancam kekuatan monarki dengan perang saudara. 3. 2005. DAFTAR PUSTAKA Fahrurodji. Perang dingin adalah salah satu isu politik terpenting pada periode awal pasca perang. Rusia Baru Menuju Demokrasi: Pengantar Sejarah dan Latar-belakang Budayanya. Periode ketiga 1979 – 1985. Perang ini muncul dari ketidaksepakatan yang berkepanjangan antara Uni Soviet dengan Amerika Serikat.Simpulan 1. dimana Uni Soviet mendesak konsesi territorial dan hak untuk membangu pangkalan militer di Bosporus. Pencegahan terhadap meluasnya pengaruh Uni Soviet menjadi kebijakan Amerika Serikat di masa pascaperang. dan di Turki.

(Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Sejarah) _____________.com/ diakses pada tanggal 04 November 2010 pada pukul 19:00 WIB http://file.wikipedia.edu/Direktori diakses pada tanggal 04 November 2010 pada pukul 18:10 WIB www.upi. 2008.Taat Wulandari.anneahira.com diakses pada tanggal 04 November 2010 pukul 18:06 WIB . Diktat Pengantar Sejarah Amerika Utara I. Garis Besar Sejarah Amerika http://www.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful