TUGAS BIOLOGI Kelainan dan Penyakit Pada Ginjal

Alif Muhammad Reza 9B SMPN 5 Bandung

KELAINAN GINJAL Pada saat pembentukan ginjal bisa terjadi sejumlah kelainan:       Ektopia : ginjal tidak terletak pada tempat yang seharusnya Malrotasi : ginjal berada pada posisi yang salah Horseshoe kidney : kedua ginjal bersatu Agenesis ginjal : ginjal tidak terbentuk Sindroma Potter : kedua ginjal tidak terbentuk Penyakit ginjal polikista : ginjal mengandung banyak kista.A. . maka keadaan ini bisa diperbaiki melalui pembedahan. Ureter yang menyempit bisa menghalangi aliran air kemih dari ginjal ke kandung kemih dan bisa menyebabkan ginjal membesar (hidronefrosis) serta menyebabkan kerusakan ginjal. ginjal tapal kuda bisa menyebabkan gangguan pada pengaliran air kemih ke dalam ureter. Horseshoe Kidney Pada horseshoe kidney. Jika timbul gangguan. Ginjal tapal kuda mungkin ditemukan secara tidak sengaja pada pemeriksaan rontgen atau USG di daerah ginjal yang dilakukan untuk keperluan lain. Kelainan ini tidak menimbulkan gejala atau masalah dan seringkali tidak terdeteksi. ginjal menyatu pada bagian bawahnya sehingga bentuknya menyerupai tapal kuda. ureter (saluran kemih yang Kelainan yang mungkin ditemukan pada menghubungkan ginjal dengan kandung kemih):  Ekstra ureter  Misplaced ureter  Ureter yang melebar atau menyempit. Hal ini akan menyebabkan meningkatnya resiko infeksi ginjal dan kerusakan fungsi ginjal. Air kemih bisa mengalir balik dari kandung kemih ke dalam ureter yang abnormal. sehingga mudah terjadi infeksi ginjal (pielonefritis). Pada beberapa kasus.

Sindroma Potter Sindroma Potter dan Fenotip Potter adalah suatu keadaan kompleks yang berhubungan dengan gagal ginjal bawaan dan berhubungan dengan oligohidramnion (cairan ketuban yang sedikit). paru-paru tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Pada sindroma Potter. dimana cairan ketubannya sangat sedikit atau tidak ada. Oligohidramnion juga menyebabkan terhentinya perkembangan paru-paru (paru-paru hipoplastik). Ginjal ini biasanya lebih besar dari normal. Batu dapat merusak ginjal. seseorang masih bisa menjalani kehidupan yang normal. Tekanan dari dinding rahim menyebabkan gambaran wajah yang khas (wajah Potter). Oligohidramnion menyebabkan bayi tidak memiliki bantalan terhadap dinding rahim. Dengan satu ginjal. kelainan yang utama adalah gagal ginjal bawaan. Lakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur.Ginjal Agenesis Sekitar 1 diantara 1. karena ruang di dalam rahim sempit. Selain itu. minum air putih sebanyak mungkin. Untuk mengurangi kemungkinan terbentuknya batu ginjal. Fenotip Potter digambarkan sebagai suatu keadaan khas pada bayi baru lahir.500 bayi terlahir hanya dengan satu ginjal. sehingga pada saat lahir. Tetapi ada 3 hal penting yang dapat membantu menjamin kesehatan ginjal: y y y Katakan pada setiap dokter yang anda kunjungi bahwa anda hanya memiliki satu ginjal. baik karena kegagalan pembentukan ginjal (agenesis ginjal bilateral) maupun karena . maka anggota gerak tubuh menjadi abnormal atau mengalami kontraktur dan terpaku pada posisi abnormal.

Pengobatan ditujukan untuk memperbaiki penyumbatan pada saluran kemih.penyakit lain pada ginjal yang menyebabkan ginjal gagal berfungsi. Pemeriksaan yang biasa dilakukan: o USG ibu (menunjukkan oligohidramnion serta tidak adanya ginjal janin atau ginjal yang sangat abnormal) o Rontgen perut bayi o Rontgen paru-paru bayi o Analisa gas darah. telinga yang rendah dan dagu yang tertarik ke belakang)  Tidak terbentuk air kemih  Gawat pernafasan Diagnosis ditegakkan berdasarkan adanya fenotip Potter. pangkal hidung yang lebar. terdapat lipatan epikantus. Penyakit Gagal Ginjal Penyakit Gagal Ginjal adalah suatu penyakit dimana fungsi organ ginjal mengalami penurunan hingga akhirnya tidak lagi mampu bekerja sama sekali dalam hal penyaringan pembuangan elektrolit tubuh. Gejalanya berupa:  Wajah Potter (kedua mata terpisah jauh. PENYAKIT PADA GINJAL 1. oligohidramnion. B. paruparu yang kaku dan kelainan sistem saluran kemih-kelamin. ginjal membentuk cairan ketuban (sebagai air kemih) dan tidak adanya cairan ketuban menyebabkan gambaran yang khas dari sindroma Potter. menjaga keseimbangan cairan dan zat . Dalam keadaan normal.

kimia tubuh seperti sodium dan kalium didalam darah atau produksi urine. penyempitan/striktur) Kelainan autoimun. dimana terjadi perkembangan banyak kista pada organ ginjal itu sendiri (polycystic kidney disease) Rusaknya sel penyaring pada ginjal baik akibat peradangan oleh infeksi atau dampak dari penyakit darah tinggi. Adapun beberapa penyakit yang sering kali berdampak kerusakan ginjal diantaranya : y y y y y y y Penyakit tekanan darah tinggi (Hypertension) Penyakit Diabetes Mellitus (Diabetes Mellitus) Adanya sumbatan pada saluran kemih (batu. A. terlebih pada kaum lanjut usia. Kehilangan carian banyak yang . Penyakit gagal ginjal ini dapat menyerang siapa saja yang menderita penyakit serius atau terluka dimana hal itu berdampak langsung pada ginjal itu sendiri. Penyakit gagal ginjal lebih sering dialamai mereka yang berusia dewasa. Istilah kedokterannya disebut sebagai glomerulonephritis. Adapun penyakit lainnya yang juga dapat menyebabkan kegagalan fungsi ginjal apabila tidak cepat ditangani antara lain adalah . misalnya lupus eritematosus sistemik Menderita penyakit kanker (cancer) Kelainan ginjal. tumor. Penyebab Gagal Ginjal Terjadinya gagal ginjal disebabkan oleh beberapa penyakit serius yang didedrita oleh tubuh yang mana secara perlahan-lahan berdampak pada kerusakan organ ginjal.

Sedangkan tanda dan gejala yang mungkin timbul oleh adanya gagal ginjal kronik antara lain : Lemas. kaki. Hepatitis. Bila diperlukan. bengkak. lain: Creatinine darah naik. kencing berkurang. Kelainan urin: Protein.mendadak ( muntaber. kencing sakit. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan laboratorium baik darah ataupun urine guna melihat kadar elektrolit sodium dan potassium/kalium. demam. Pada kasus-kasus tertentu tim medis mungkin melakukan pemasangan selang kateter kedalam kantong urine (bladder) untuk mengeluarkan urine. nyeri pinggang hebat (kolik). Malaria. kencing merah /darah. kencing sedikit. sesak napas. Kelainan Urin: Protein. Darah / Eritrosit. mual. Dalam dunia kedokteran dikenal 2 macam jenis serangan gagal ginjal. untuk menentukan adanya/terjadinya kegagalan fungsi ginjal maka Beliau akan melakukan pemeriksaan fisik yang difokuskan pada kemungkinan pembesaran organ ginjal atau pembengkakan sekitar ginjal. Bakteri. Urin: protein selalu positif. gatal. Sel Darah Putih / Lekosit. serta penyakit lainnya seperti penyakit Paru (TBC). Hb turun. Sifilis. Computed tomography (CT) scans atau dengan cara Magnetic Resonance Imaging (MRI) scans. maka penderita akan dikonsultasikan kepada seorang ahli ginjal (Nephrologist). yaitu pengambilan contoh (sample) jaringan ginjal. Penyakit gagal ginjal berkembang secara perlahan kearah yang semakin buruk dimana ginjal sama sekali tidak lagi mampu bekerja sebagaimana funngsinya. B. Apabila dicurigai terjadinya kerusakan fungsi ginjal. Tanda dan Gejala Penyakit Gagal Ginjal Adapun tanda dan gejala terjadinya gagal ginjal yang dialami penderita secara akut antara lain : Bengkak mata. luka bakar). Tim medis akan menyarankan pemeriksaan pengambilan gambar struktur ginjal dengan metode Ultrasound. . Kelainan hasil pemeriksaan Lab. Eritrosit. Preeklampsia. Penentuan Diagnosa Gagal Ginjal Seorang Dokter setelah menanyakan riwayat kesehatan penderita dan tanda serta gejala yang timbul. C. nafsu makan. akut dan kronik. tidak ada tenaga. Obat-obatan dan Amiloidosis. perdarahan. sering kencing. Bahkan ada kemungkinan dilakukannya tindakan biopsy. pucat/anemi. muntah. Lekosit.

Tindakan Pencegahan Terserang Penyakit Ginjal Kita yang dalam kondisi "merasa sehat" setidaknya diharapkan dapat melakukan pemeriksaan kedokter/kontrol/laboratorium. Kontrol secara periodik. Kemungkinan lainnya adalah dengan tindakan pencangkokan ginjal atau transplantasi ginjal. Hindari kekurangan cairan (muntaber). Dalam beberapa kasus serius. kalium. Pengobatan dan Penanganan Gagal Ginjal Penanganan serta pengobatan gagal ginjal tergantung dari penyebab terjadinya kegagalan fungsi ginjal itu sendiri. Pada intinya. Bila diketahui penyebabnya adalah dampak penyakit lain. Pasien mungkin perlu melakukan diet penurunan intake sodium. anemia atau mungkin kolesterol yang tinggi. Pasien akan disarankan atau diberikan tindakan pencucian darah {Haemodialisa (dialysis)}. Seseorang yang mengalami kegagalan fungsi ginjal sangat perlu dimonitor pemasukan (intake) dan pengeluaran (output) cairan. protein dan cairan. baik ringan atau sedang diharapkan berhatihati dalam mengkonsumsi oabat-obatan seperti obat rematik. E. 2. Tujuan pengobatan adalah untuk mengendalikan gejala. meminimalkan komplikasi dan memperlambat perkembangan penyakit. maka dokter akan memberikan obat-obatan atau therapy misalnya pemberian obat untuk pengobatan hipertensi. antibiotika tertentu dan apabila terinfeksi segera diobati. Penyakit Batu Ginjal . sehingga tindakan dan pengobatan yang diberikan dapat dilakukan secara baik. Sedangkan bagi mereka yang dinyatakan mengalami gangguan Ginjal. Sebagai contoh.D.

tetapi biasanya terbentuk pada dua bagian terbanyak pada ginjal. rasa sakit menetap dan kurang intensitasnya. sehingga terjadi aliran kembali cairan. yaitu di pasu ginjal (renal pelvis) dan calix renalis.000 orang. Pembentukan batu ginjal dapat terjadi di bagian mana saja dari saluran kencing. asidosis pada tubulus ginjal. Sedangkan. Batu ginjal adalah suatu keadaan terdapat satu atau lebih batu di dalam pelvis atau calyces dari ginjal atau di dalam saluran ureter. adanya darah di dalam urin bila batu melukai ureter. terlalu banyak mempergunakan vitamin D atau terlalu banyak memakan kalsium. fosfat. rasa sakit yang parah pada bagian perut terjadi bila batu telah pindah ke bagian ureter. adanya obstruksi. peningkatan kadar asam urat (biasanya bersamaan dengan radang persendian). kemungkinannya adalah bila urine menjadi terlalu pekat dan zat-zat yang ada di dalam urine membentuk kristal batu. Apakah penyebabnya? Batu ginjal dijumpai pada 1 dari 1. Sakit pinggang terjadi bila batu yang mengadakan obstruksi berada di dalam ginjal. Apabila batu berada di pasu ginjal dan di calix. Intensitas rasa sakit berfluktuasi dan rasa sakit yang luar biasa merupakan puncak dari kesakitan. kelebihan sekresi hormon paratiroid. Batu dapat terbentuk dari kalsium. Penderita batu ginjal kadang-kadang juga mengalami panas. kemudian ke alat kelamin luar. Juga banyak dijumpai di daerah tertentu. batu ginjal disebut Nephrolithiasis atau renal calculi. Batu yang besar akan merusak jaringan dengan tekanan atau mengakibatkan obstruksi. biasanya lebih banyak dijumpai pada pria (berumur 30-50 tahun) ketimbang wanita. Penyebab lain adalah infeksi. rasa sakit disebabkan oleh obsruksi merupakan gejala utama. Batu yang besar dengan permukaan kasar yang masuk ke dalam ureter akan menambah frekuensi dan memaksa kontraksi ureter secara otomatis. atau kombinasi asam urat yang biasanya larut di dalam urine. dapat bersifat tunggal atau ganda. Kebanyakan batu ginjal dapat terjadi berulang-ulang. Mual dan muntah selalu mengikuti rasa sakit yang berat. Batu ginjal bervariasi ukurannya. Batu-batu tinggal dalam pasu ginjal atau dapat masuk ke dalam ureter dan dapat merusak jaringan ginjal. nanah dalam urine.Dalam istilah kedokteran. Gejala Walaupun besar dan lokasi batu bervariasi. . Walaupun secara pasti tidak diketahui penyebab batu ginjal. kerusakan metabolisme dari beberapa jenis bahan di dalam tubuh. distensi perut. Rasa sakit dimulai dari pinggang bawah menuju ke pinggul. kedinginan.

Apabila batu berada di ureter. serta obat pengurang rasa sakit. kemudian melakukan tes sebagai berikut: 1. tapi biasanya setelah dikeluarkan tidak menimbulkan kerusakan permanen.Bagaimanakah diagnosisnya? Dokter akan menanyakan gejala yang dialami.Pemberian intravena zat pewarna dan scan memberi konfirmasi diagnosis dan menentukan ukuran dan lokasi batu ginjal.Analisis batu untuk mengetahui kandungan mineralnya. dan lainlain. dan kandung kemih untuk menunjukkan adanya batu ginjal. Mencegah dan mengobati Bagaimanakah pengobatannya? Karena 90% dari batu ginjal berdiameter kurang dari 5 mm. terutama bila tidak didapatkan penyebabnya dan diobati. Pada umumnya batu akan keluar dalam waktu 5 ² 10 hari. atau dianjurkan mengurangi makan kalsium. biasanya cukup diberi air rebusan dari tumbuhan Desmodium stryracifulium dan diberi minum 6 ² 8 gelas air per hari. . operasi dapat dikerjakan. Apabila kelenjar paratiroid juga termasuk penyebabnya. sistoskopi dapat digunakan melalui uretra dan batu dimanipulasi dengan kateter.Analisis kultur urine untuk menunjukkan jenis bakteri penyebab infeksi. 4. 2. Untuk pencegahan batu ginjal. Memang sering terjadi kambuh lagi. diberi obat untuk mencegah pembentukan batu asam urat. 3. sehingga dapat dikeluarkan secara alamiah atau dengan pengisapan. dokter akan merekomendasi tindakan paratiroidektomi (kelenjar paratiroid diangkat). diberi antibiotika untuk mencegah infeksi. Prosedur yang disebut percutaneus ultrasonic lithotripsy dan extracorporeal shock wave lithotripsy akan memecah batu ginjal menjadi fragmen kecil-kecil. Pengeluaran batu dari daerah lainnya (pada calix dan pelvis) memerlukan operasi dari samping atau perut bagian bawah. 5. Prognosisnya: batu ginjal sering menimbulkan gejala rasa sakit yang hebat. sebaiknya sering minum air rebusan tumbuhan Desmodium stryracifolium. dan vitamin C yang memberi keasaman kepada urine. ureter.Foto sinar X dari ginjal. merupakan tes noninvasif yang mempergunakan gelombang frekuensi tinggi akan mendeteksi obstruksi dan perubahannya. Apabila batu terlalu besar untuk dikeluarkan secara alamiah.Ultrasound ginjal.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful