LAPORAN PRAKTIKUM BIOLOGI

“GOLONGAN DARAH”

OLEH: NITA KUSUMA DEWI XI RSBI IPA 8

SMA NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG T.P. 2010/2011

misalnya sistem ABO dan rhesus (Rh). C. A. Kapas 3. Aglutinogen adalah zat yang digumpalkan dan aglutinin adalah zat yang menggumpalkan. AB. Alkohol 70% 4. Kenapa orang yang bergolongan darah A tidak bisa ditransfusi oleh darah yang bergolongan darah B? 3. dan O. dan plasma darah. ALAT DAN BAHAN Alat: 1.Golongan Darah A. Dalam sistem ABO. trombosit (keping darah). Dasar penggolongan darah adalah adanya aglutinogen (antigen) di dalam sel darah merah dan aglutinin (antibodi) di dalam plasma (serum). Ada beberapa sistem penggolongan darah pada manusia. Serum Anti-A 6. B. yaitu. Jarum steril 2. Landsteiner merupakan penemu sistem ABO. TEORI DASAR Darah adalah cairan jaringan yang dialirkan melalui pembuluh darah. RUMUSAN MASALAH 1. ada tidaknya antigen tipe A dan B di dalam sel darah merah menentukan golongan darah seseorang. Lancet D. B. TUJUAN Mengetahui golongan darah seseorang. Serum Anti-B 7. Apakah setiap individu mempunyai golongan darah yang sama? 2. Bagaimana skema golongan darah dengan genotip dan unsur aglutinogen dan aglutininnya? . Tusuk gigi 5. Sistem tersebut mengelompokkan darah manusia menjadi empat golongan. Bagaimana skema transfusi darah? 4. Darah terdiri atas sel-sel merah (sel darah putih dan sel darah merah). Dr.

Mensterilkan jarum yang ingin dipakai dengan alkohol 70% dan pastikan memakai jarum yang baru 2.sehingga jika golongan darah A ditransfusi oleh golongan darah B akan menggumpal.5. 3. Menusuk jarum tersebut di bagian bawah salah satu jari tangan sampai mengeluarkan sedikit darah. 4. 5. Kemudian tunggu sampai kering dan lihat apakah terjadi penggumpalan atau tidak pada kedua bagian tersebut. Darah B Arika Hanna P. Dwi Putri Estrella M. CARA KERJA 1. Skema transfusi darah : . Aduk menggunakan tusuk gigi dengan arah mendatar. PEMBAHASAN 1. HASIL PENGAMATAN Gol. 6. Darah A Annisa Umi K. Nita Kusuma D. Gol. Karena golongan darah A mempunyai anti-B. Setiap orang memiliki golongan darah yang berbeda-beda. Rizki Putera K. Darah AB - G. Fathya Prabowo Cahyo S. Rafflesia Frederica Gol. 3. 2. F. Firstiana Putri Gemilang Pasha Maharani Putri Nedya Rizky P. Ya. Memberi serum anti-A pada bagian yang pertama dan memberikan serum anti-B pada bagian yang kedua. Darah O Almira Andika Lambarindo Danar Mubarak Dwi Mayasari Erlando Ikhsan Faulizar Roudatul J. Dita Putriana Genialfi Mia M. N. Apakah kesimpulannya? E. Sultan Tantra Gol. Meneteskan darah tersebut ke lancet yang dibagi menjadi dua bagian lalu bersihkan jari yang ditusuk tadi dengan kapas dan alkohol.

Arif. KESIMPULAN Golongan darah digolongkan menjadi 4 (empat) macam yaitu A. dan golongan adrah O dapat memberi kepada semua golongan darah disebut donor universal. I B IB IB. B. Golongan Darah dengan Genotif dan kemungkinan macam gamet 5. yaitu. dan O. IB Io IB . Kemungkinan macam sel gamet A A A o A o A I I . Secara teori golongan daran AB dapat menerima semua golongan darah disebut respien universal. IB O Io Io Io 4 macam 6 macam 3 macam tabel. dan golongan adrah O dapat memberi kepada semua golongan darah disebut donor universal. AB. ada tidaknya antigen tipe A dan B di dalam sel darah merah menentukan golongan darah seseorang. Sistem tersebut mengelompokkan darah manusia menjadi empat golongan. Io A B AB I I IA . Dalam sistem ABO. Golongan darah dapat diketahui dengan tes golongan darah menggunakan serum anti darah A dan serum anti darah B dengan sampel dari tubuh seseorang. B.I I I . I. Biology 2 For Senior High School Year XI. A. Bogor: Yudhistira . DAFTAR PUSTAKA Priadi. Secara teori golongan daran AB dapat menerima semua golongan darah disebut respien universal. dan O. 2009. AB.4. Golongan darah Genotif H.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful