NAMA KELOMPOK : 1. ANGGA JULIAWAN 2. DESI ARISANDI 3. MAHA SUDANTARI 4.

SURYA DHARMA

( ( ( (

) ) ) )

TAHUN AJARAN 2010/2011 SMAN 1 NEGARA

Adanya partisipasi rakyat dalam dunia politik. Adanya hubungan horizontal antar lembaga politik dan lembaga Negara. Contoh: Hubungan lembaga politik dan Negara harus harmonis tidak ada pertikaian satu sama lain. 4. Contoh : rakyat harus terlibat dalam dunia politik seperti pemilihan umum. Macam . Mengidentifikasi perkembangan budaya politik 6. tetapi tidak melibatkan diri pada politik ataupun memberikan suara dalam pemilihan umum. dan rakyat mengikutinya untuk kepentingan bersama. Menyimpulkan budaya politik yang berkembang di masyarakat 1. penguasa dapat membuat peraturan. Adanya hubungan timbale balik vertical (rakyat dengan penguasa). Menjelaskan faktor penyebab berkembangnya budaya politik di daerahnya 5. Adanya kesadaran politik.macam Budaya Politik • Tipe Budaya Politik Parokial Tipe budaya politik parokial adalah tipe budaya politik yang terbatas pada suatu wilayah yang cakupannya kecil. Mendeskripsikan macam-macam budaya politik 4. Contoh : Masing-masing rakyat harus sadar akan hak dan kewajiban berpolitiknya. Mengidentifikasi ciri-ciri budaya politik 3. Pengertian Budaya Politik Dari sekian banyak pengertian budaya politik dari beberapa ahli.ciri Budaya Politik 1. Contoh : Seperti di daerah Baduy dimana orangorangnya sama sekali tidak menyadari atau mengabaikan budaya politik dan pemerintahan. Contoh : Diadakannya sosialisasi mengenai tata cara dalam memilih dalam pemilihan umum (pemilu) 3. Contoh : harus ada hubungan harmonis antara penguasa dengan rakyat. Adanya kebiasaan berupa nilai yang hidup dan berkembang dalam masyarakat politik 2. budaya politik subjek menunjukan pada orang-orang yang secara pasif patuh pada pejabat-pejabat pemerintah dan undang-undang. Ciri . 5. Adanya sosialisasi politik.Indikator : 1. Mendeskripsikan pengertian budaya politik 2. • Tipe Budaya Politik Partisipan Tipe budaya politik partisipan adalah suatu bentuk budaya dimana anggota . 6. dan sikap terhadap peranan warga negara yang ada di dalam sistem itu. kami mengambil salah satunya yaitu dari Almond dan Verba yang menyatakan bahwa budaya politik sebagai suatu sikap orientasi yang khas warga negara terhadap sistem politik dan aneka ragam bagiannya. 3. Contoh : Seperti orang-orang yang golput atau tidak menggunakan hak suaranya dalam pemilihan. • Tipe Budaya Politik Subjek Menurut Muchtar Masoed. 2. tapi menerima dan mematuhi peraturan yang dibuat.

Budaya Politik Yang Berkembang di Masyarakat 1. Faktor Penyebab Berkembangnya Budaya Politik di Suatu Daerah Budaya politik yang berkembang di setiap Negara sangat beragam. • Dari ketiga tipe budaya politik. 4. reformasi politik (merevisi dan mengadopsi sistem politik yang lebih baik) dan juga komunikasi (sosialisasi politik) 6. dan mendapat informasi yang cukup banyak tentang kehidupan politik. 4. Tipe Budaya Politik Partisipan yang paling sering digunakan karena dengan aktifnya rakyat memilih. terjadi hubungan akrab antara penguasa setempat dengan rakyatnya. sehingga demokrasi dalam pembangunan politik akan berkembang pesat apabila mengikuti tradisi putra Batak. Budaya Politik Sunda Dalam penyelenggaraan politik pemerintahan. Budaya Politik Bali . karena dipengaruhi oleh karakter budaya politiknya masing-masing. Budaya Politik Batak Dalam mengemukakan pendapat. Namun memiliki rasa segan dengan orang yang di tuakan sehingga memiliki rasa hormat dengan penguasa. 3. tingkat ekonomi masyarakat di mana semakin tinggi tingkat ekonomi masyarakat maka partisipasi masyarakatpun semakin besar. Karakter tersebut dapat diukur melalui tingkat pengetahuan masyarakat mengenai sistem politiknya. 5. Perkembangan Budaya Politik Adanya perbedaan budaya politik yang berkembang dalam masyarakat disebabkan oleh tingkat pendidikan masyarakat berbeda. Budaya Politik Bugis-Makasar Di bidang politik. orang Batak cenderung spontan tanpa tending aling-aling. pemahaman mengenai struktur dan peran pemerintah.masyarakat cenderung diorientasikan secara eksploisit terhadap sistem keseluruhan serta struktur dan proses politik secara administrasi. dan partisipasi masyarakat dalam kegiatan politik dan negara. 2. terutama dalam penyelenggaraan politik di Indonesia. baik di tingkat pemerintah daerah maupun di tingkat pemerintah kecamatan sampai ke desa-desa. bahkan tidak jarang dalam pesta-pesta rakyat masyarakat menyuguhkan tarian jaipongan kepada aparat pemerintahan. maka suku bugis-makasar ini tepat untuk mengisi posisi legislatif karena kemampuan dan keberaniannya berbantahan. Contoh : Seperti banyak di Negara demokrasi dimana rakyatnya aktif dalam menyalurkan haknya untuk kehidupan berbangsa yang lebih baik. Budaya ini menunjukkan kepada orang-orang yang melibatkan diri dalam kegiatan politik baik memberikan hak suara dalam pemilu dengan hati nurani tanpa paksaan. misal pada pemilu rakyat aktif menyuarakan haknya memilih seorang pemimpin yang dianggap cocok untuk mengantarkan rakyat pada kehidupan yang lebih makmur dan sejahtera.

. asalkan mampu untuk menjadi contoh dan teladan yang dapat dijadikan panutan oleh rakyat Bali.Secara politis untuk mendapatkan suatu kekuasaan melalui suatu ajang demokrasi sebenarnya tidaklah begitu sulit kepada mereka yang berkasta lebih tinggi untuk memperolehnya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful