NEGARA BERKEMBANG

KOREA SELATAN

Korea tereletak bersebelahan dengan wilayah laut.Total Luas Semenanjung Korea : 222 ribu 300 Luas Teritorial Korea Selatan : 99 ribu 600 (45% dari total luas Semenajung Korea) Negara Korea berbentuk semenanjung yang memanjang dari utara ke selatan. Luas Wilayah . Korea terdiri dari bukit-bukit dan gunung-gunung yang mengelilingi hampir 75% dari kawasannya. terletak di bagian timur laut dari benua Asia. yaitu pada garis Lintang Utara 33°-38° dan 124°-132° Bujur Barat. Rusia dan Cina dari arah ke utara. serta gunung-gunung yang lebih tinggi terdapat di daerah timur dan utara . serta berhadapan dengan Jepang dari arah selatan. Bukit-bukit rendah menjadi ciri utama di daerah selatan dan barat. . Panjang semenanjung Korea lebih kurang 840km dari selatan ke utara dan 1.200km dari timur ke barat.A) LETAK DAN LUAS : .Korea berada di semenanjung sebelah Selatan Benua Asia Timur.Korea yang terdiri dari semenanjung serta 3200 buah pulau yang besar dan kecil. namun jarak dari timur ke barat lebih panjang apabila pulau-pulau yang kecil juga dimasukkan.

Gunung ini juga merupakan tanda batas utara wilayah Seoul di zaman Joseon. atau Gunung Bukhan. Situs ini merupakan bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO. serta Taman Nasional Bukhansan yang merupakan bagiannya. Bukhansan. Korea Selatan." merujuk pada letaknya yang berada di sebelah utara sungai Han. Nama Bukhansan berarti "Gunung Han Utara. Beberapa bagian penting kota Seoul dibatasi oleh Bukhansan. Di kaki Gunung Nam banyak ditemukan sisa-sisa peninggalan kerajaanSilla. yang merupakan sebuah tempat yang mudah dilihat dari sebagian wilayah di kota ini. adalah sebuah gunung yang terletak di sebelah utara kota Seoul. Gunung ini tingginya 836.5 meter di atas permukaan laut. Gunung Nam di Gyeongju adalah sebuah situs bersejarah di Propinsi Gyeongsang Utara.Korea Selatan. merupakan daya tarik terkenal wisatawan di daerah Seoul. yaitu Wilayah Bersejarah Gyeongju. Gunung ini terkenal sebagai salah satu tujuan yang disukai untuk melihat burung atau untuk melakukan hiking di wilayah metropolitan Seoul. lebih dari 300 .B) BENTANG ALAM NEGARA KOREA SELATAN : Bukhansan.

yang bermata air di Gunung Daedeok. dan Sungai Bukhan (Sungai Han Utara). Walaupun tidak begitu panjang. Sebelum pembangunan sejumlah dam. lebarnya adalah lebih dari 1 km. sungai tidak lagi aktif digunakan untuk navigasi. Tiga Kerajaan Korea bersaing untuk menguasai wilayah lembah sungai Han. Total panjang dari Sungai Han adalah 514 km.buah. yang berhulu dari lembah Gunung Geumgang di Korea Utara. mengalir . Propinsi Jeolla Utara. karena muaranya terletak di dalam perbatasan kedua negara Korea. Gunung Nam dianggap sebagai tempat lahirnya nenek moyang marga Kim Gyeongju. Sungai Han mengalir melewati Seoul dan bergabung dengan Sungai Imjin sebelum bermuara ke Laut Kuning. di mana sungai ini digunakan sebagai rute perdagangan ke Tiongkok (melalui Laut Kuning). Sungai Han adalah sebuah sungai di Korea Selatan yang terbentuk akibat pertemuan dariSungai Namhan (Sungai Han Selatan). maka ujung Sungai Han. sehingga masyarakat umum dilarang untuk memasukinya. candi dan ukir-ukiran. sungai ini dikenal memiliki debit air yang sangat besar (rasio antara jumlah arus maksimum dan minimum ) yakni 1:390. Namun. lebar alirannya sangat luas. (Sebagai perbandingan. Di Seoul. Selain itu. Sungai ini bermata air dari gunung Palgong (Palgongsan) di Kabupaten Chinan. Sungai Seomjin (Seomjin-gang) adalah salah satu sungai terpenting di Korea Selatan. seperti patung. Sungai Thames dan Rhine masing-masing memiliki koefisien 1:8 dan 1:18) Sungai Han dan sekitarnya memainkan peranan penting dalam sejarah Korea.

Di DKI Seoul suhu rata-rata bulan Januari adalah í5 °C sampai í2. berkisar dari 2. Pulau Jeju yang terletak pada bagian paling selatan. menerima iklim yang lebih hangat daripada daratan utama. di bulan Juli berkisar dari 22. Musim dingin berlangsung 3 bulan dengan kondisi cuaca kering. Cuaca terbaik muncul pada musim semi dan musim gugur. lalu bermuara di teluk Gwangyang. Sementara musim panas singkat. Pengaruh masa udara dari dataran Asia lebih besar terhadap cuaca di Korea Selatan dibanding pengaruh dari Samudera Pasifik. .5 °C.5 °C di bulan Januari dan 25 °C pada bulan Juli.5 °C sampai 25 °C.melewati perbukitan dan lembah di perbatasan Propinsi Jeolla Selatan dan Gyeongsang Selatan. Sungai Seomjin adalah sungai terpanjang ke-9 diSemenanjung Korea dengan panjang 212 km C) IKLIM : Korea Selatan beriklim sedang karena berada dalam kawasan curah hujan Asia Timur. namun sangat panas. basah dan lembab.

sehingga berasa statis (monoton). serta sedikit jeda dalam setiap pertunjukkannya. danso. bunga dan burung. Objek-objek yang biasa dilukis umumnya dipengaruhi alam. dapat berlangsung sampai lebih dari 8 jam dengan hanya satu penyanyi. Jeongak dimainkan dengan sangat lambat. ada perbedaan dalam bentuk tarian antara rakyat kelas atas (tarian istana) dan kelas rakyat biasa. pyeonjong. buk. dengan hanya satu ketukan dalam setiap 3 detik. serta haegeum. Musik istana. berjalan terus-menerus. Beberapa jenis alat musik tiup: piri. danperkusi. Pungmul dikategorikan dalam jenis minsogak atau musik rakyat kebanyakan. contohnya pemandangan.Lukisan Lukisan paling awal yang ditemukan di Semenanjung Korea adalah jenis petroglif yang berasal dari zaman prasejarah. Pansori contohnya. sedangkan alat musik petik memilikisenar yang dibuat dari sutra. seperti kwaenggwari. . ilmu yang dipentaskan dalam upacara Konfusius. Alat musik tradisional Korea dapat dibagi menjadi alat musik tiup. petik (memiliki senar). Hampir semua alat musik tiup dibuat dari bambu. janggu. geomungo. Jeongjaemu dibagi dalam jenis yang asli dari Korea (hyangak jeongjae) dan jenis yang dibawa dari Tiongkok (dangak jeongjae). sehingga suaranya lembut dan tenang. .Tarian Seperti halnya musik. Lukisan digambar dengan tinta diatas kertas pohon mulberi atau sutera. maka teknik melukis menjadi semakin beragam. jing. Alat musik yang digunakan dalam pementasan Jeongak dibuat dari bahan alam. taepyeongso. Tarian istana yang umum contohnya jeongjaemu yang dipentaskan dalam pesta kerajaan. sebagian besar pertunjukkan musik tradisonal Korea dimulai dari gerakan (alunan) yang paling lambat sampai paling cepat. Kontras dengan perbedaan alunan musik barat. Ketukan ini diselaraskan dengan kecepatan napas. Alat musik perkusi tradisional Korea sangat beragam. daegeum.SENI BUDAYA KOREA SELATAN : . Alat musik petik: kayageum. dan sebagainya . Tarian lainnya adalah tarian Shamanisme yang dipentaskan oleh dukun dalam upacara-upacara tertentu. pada zaman dahulu dipentaskan oleh masyarakat kelas atas. bak. ajaeng. Pungmul adalah jenis musik rakyat Korea yang kencang dan ekspresif. Dengan datangnya kebudayaan dan agama Buddha dari Tiongkok. saenghwang dan hun.Musik Pertunjukkan musik tradisional Korea mementingkan improvisasi. Jeongak. namun tidak menghilangkan cara asli.

Beberapa dari keramik-keramik ini kini dijadikan harta nasional Korea Selatan. Dalam masa dinasti Goryeo. Permukaan seladon dihiasi dengan berbagai ukir-ukiran. Hanbok untuk upacara dipakai dalam peristiwa formal seperti ulang tahun anak pertama (doljanchi). Kerajinan tembikar berkembang pesat pada masa Tiga Kerajaan terutama di kerajaan Silla. .Pada abad ke 18 berbagai teknik baru dikembangkan. Hanbok terbagi atas baju bagian atas (Jeogori). kayu. celana panjang untuk laki-laki (baji) dan rok wanita (Chima). kaca. . pembuatan kerajinan yang menggunakan bahan perunggu kuningan (logam) kuningan berkembang pesat. Artefak kerajinan prasejarah seperti tembikar merah dan hitam memiliki banyak kesamaan dengan tembikar Tiongkok kuno yang ditemukan di sekitar wilayah kebudayaan Sungai Kuning. Hanbok diklasifikasikan untuk penggunaan sehari-hari. Seladon khas Dinasti Goryeo. terutama dalam menulis indah (kaligrafi) dan ukiran-ukiran cap . kulit dan kertas.Pakaian Pakaian tradisional Korea disebut Hanbok (Korea Utara menyebut Choson-ot). Dinasti Joseon juga mengembangkan kerajinan keramik putihnya (baekja). Untuk membuat seladon (cheongja) berwarna. serta benda-benda furnitur. Orang Korea berpakaian sesuai dengan status sosial mereka sehingga pakaian merupakan hal penting. upacara dan peristiwa-peristiwa tertentu. dimana seladon dibakar dalam tungku yang dibuat khusus. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan kerajinan khas Korea umumnya metal. digunakanlah proses deoksidasi.Kerajinan tangan Kerajinan tangan Korea umumnya dibuat untuk digunakan dalam kehidupan dan kegiatan sehari-hari. pernikahan atau upacara kematian. Selain itu dinasti ini juga terkenal akan kerajinan seladon(keramik) yang indah. sangat terkenal hingga saat ini. Orang-orang dengan status tinggi serta keluarga kerajaan menikmati pakaian yang mewah dan perhiasan-perhiasan yang umumnya tidak bisa dibeli golongan rakyat bawah yang hidup miskin. . Pembuatan kerajinan pada masa Dinasti Joseon berkembang pesat yakni kerajinan keramik. Dahulu.Tembikar dan keramik Penggunaan tanah liat dalam masyarakat Korea sudah berlangsung sejak zaman neolitikumdalam bentuk pembuatan tembikar dan keramik. ukiran kayu. kain. yang berwarna giok hijau. tanah liat.

Makanan kerajaan (surasang) saat ini sangat terkenal karena sudah dapat dinikmati seluruh lapisan rakyat. Makanan pokoknya adalahberas. namun pada saat-saat tertentu masih digunakan. upacara pemakaman dan sebagainya. rocambole (sejenis bawang). perkawinan. Contohnya adalah kimchi dan doenjang. cumi-cumi dan udang. Makanan kuil berbeda dari makanan biasanya karena melarang penggunaan 5 jenis bumbu yang biasa dipakai seperti bawang putih.bawang perai. jahe serta daging. . Hasil laut pun melimpah seperti ikan. bawang merah. ulang tahun pertama.Kuliner Bentuk kuliner Korea dipengaruhi oleh kebudayaan pertanian mereka.Saat ini hanbok tidak lagi dipakai dalam kegiatan sehari-hari. gandum dan kacang-kacangan. Kuliner Korea sebagian besar dibentuk dari hasil fermentasi yang sudah berkembang sejak lama. Pada peristiwa-peristiwa ini selalu dijumpai kue-kue beras yang berwarna-warni. ulangtahun ke-60. Makanan fermentasi sangat berguna dalam menyediakan protein dan vitamin ketika musim dingin. . daun bawang. sebab Korea dikelilingi 3 lautan. Beberapa menu makanan dikembangkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa khusus seperti festival atau upacara seperti ulang tahun anak yang ke-100 hari. Hasil utama pertanian rakyat Korea adalah beras.

dan Cina bersaing untuk menguasai Korea . Pada sekitar abad ke 2 sebelum Masehi. yaitu kerajaan Silla. muncul sebuah kerajaan. Pada tahun 1945. polisi Jepang membubarkannya. Selama periode kepemimpinan dinasti Koryo (935 1392.1905. Korea jatuh di bawah kekuasaan Manchu dari utara. bangsa Cina mendirikan koloni di daerah kerajaan tersebut. Setelah serangan yang gagal dari kepang pada tahun 1592 1598. di akhir perang dunia II. Kedua negara tersebut ingin menguasai Korea untuk memperluas wilayah mereka. seorang jenderal yang bernama Yi Sung-Gy menghilangkan pemerintahan yang korup dan mendirikan dinasti Yi (1392 1910). Kongfucuisme diperkenalkan sebagai agama resmi. Korea menutup diri dari pergaulan dunia menjadi negara pertapa. penduduk Korea mengadakan demonstrasi secara damai karena menginginkan kemerdekaan. Akhirnya. dinasti Silla jatuh dan digantikan oleh dinasti Koryo. tentara Uni Soviet menduduki bagian utara Korea sedangkan tentara Amerika di bagian selatan. Setelah perang Rusia Jepang pada tahun 1904 . malah ada yang dibunuh dalam aksi tersebut. Pada tahun 1919. Kerajaan Silla (668 935) membawa puncak ilmu pengetahuan dan budaya yang besar. Reformasi politik dan social dimulai. Akibat adanya kerusuhan yang terjadi di dalam negeri pada abad ke 10. Pada tahun 1800-an. lima abad kemudian. Korea mengalami banyak serbuan. Beberapa abad berikutnya. Tentara Mongol yang dipimpin oleh Genghis Khan menyerbu dan akhirnya menguasa Korea sehingga Korea menjadi bagian kekaisaran Mongol. Korea masih tetap terancam oleh Cina dan Jepang. Sejak itu. Setelah membuat suatu perjanjian. Korea dibagi sejajar dengan garis lintang 38 . Rusia.SEJARAH KOREA SELATAN : Sejarah awal Korea berkisar di sekitar kerajaan kuno Choson yang muncul sekitar 2. Setelah runtuhnya Mongol pada akhir abad ke 14. Jepang. Pada bagian selatan berdirilah Republik .300 tahun sebelum Masehi. Jepang bergerak ke semenanjung Korea dan mendudukinya pada tahun 1910. berbagai golongan bangsawan dan militer berusaha memegang kekuasaan di Korea . Akan tetapi. Namun. Namun . bangsa Korea mengusir mereka keluar. Ibu kota negara dipindahkan dari Kaesong ke Seoul .

tentara Korea Utara menyerang Korea Selatan dalam upaya menyatukan Korea dibawah kekuasaan komunis. berbagai perundingan yang dilakukan untuk menyatukan Korea selalu gagal. Akan tetapi. sedangkan di daerah utara didirikan Republik Demokratik Rakyat Komunis. Korea Selatan diselamatkan atas kekalahan dan pertempuran pun diakhiri dengan gencatan senjata pada bulan Juli 1953. Korea Utara yang memakai persenjataan yang disediakan oleh Uni Soviet menang atas Korea Selatan. . Pada tanggal 25 Juni 1950.Korea . atas bantuan PBB. Sejak saat itu.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful