Kaki Bengkak sewaktu Hamil

Sumber: ibu ibu DI

Tanya Bagaimana caranya ngilangin/ngurangin bengkak di kakinya? Apakah direndam air panas? Menurut dia, konsumsi garam sudah dikurangi dan tidurnya pun kakinya sudah diangkat, tapi masih tetep bengkak. (Y) Jawab Waktu aku hamil, waktu kerja dikantor, kakiku nggak menggantung. Caranya kaki nggak langsung menginjak lantai melainkan di tambah atau diganjal sesuatu (contohnya bangku jongkok). jadi kaki menginjak bangku jongkok itu. Terus hampir tiap malam sepulang dari kantor, aku rendam kakiku dengan air hangat ditambah garam. semoga membantu ya (Yu) Usahakan kaki jangan sering menggantung, jadi kalau lagi duduk misalnya kaki jangan melambai tapi menjejak sesuatu. Lebih baik lagi kalo posisi kaki sama tinggi dengan pinggul, diselonjorkan, atau duduk bersila, tapi jangan ditindih sama pantat kakinya. Telapak kaki saling bertemu di depan selangkangan, punggung tegak. Aku senang banget posisi ini, sambil ngetik juga aku berposisi kayak gini, bukan cuma waktu hamil, sekarang juga suka kalau pas lagi sepi gak banyak orang. Juga waktu makan (di rumah, selama hamil) aku pertahankan posisi bersila dan punggung tegak, membantu bayi untuk stay di posisi yang benar, kata buku dan dsog (St) Coba minum air rebusan kacang hijau yang direbus jangan sampai pecah. sampai air rebusannya berubah kehijauan saja dan rendam kaki dengan air hangat+garam mudahmudahan membantu (De) Setauku malah jangan diangkat terlalu tinggi, apalagi hamil besar. coba tidur miring kekiri, 10-15 menit, kalo cape ganti miring kanan, tapi lebih bagus miring kiri, ntar berkurang bengkaknya (ini aku baca dari buku, soalnya aku nggak ngalamin sendiri). trus jangan berdiri terlalu lama, selingi jalan atau duduk. (Ic)

Kaki menanggung beban tubuh yang paling berat selama hamil. Berat badan bertambah kurang lebih 11-15 kg. mencegah kaki menjadi bengkak. Posisi Kaki Lebih Tinggi Maksud dari posisi kaki lebih tinggi adalah posisi kaki pada saat ibu hamil tidur. Berbaring pada posisi yang berlainan dapat mengurangi tekanan pada pembuluh darah. waspadalah. Untuk mengurangi kaki bengkak pada ibu hamil. Wanita hamil umumnya mengalami perubahan berat badan yang signifikan. Setelah itu rendam kaki dalam air hangat yang dicampur dengan garam atau jeruk nipis. Ada dua cara untuk memanjakan kaki selama hamil. Sebaiknya Anda tidak berbaring pada satu posisi. Kaki yang diletakkan lebih tinggi dari badan akan memperlancar aliran darah dan menghindari pembengkakan. letakkan kaki di atas tumpukan bantal kecil. lutut. Salah satunya adalah kaki bengkak. Jika Anda mengalami pembengkakan pada pagi hari atau berat badan Anda bertambah lebih dari 1 kg setiap minggu pada pertengahan kehamilan. Sebaiknya ibu hamil bisa tidur dengan posisi miring ke kiri untuk mengurangi hambatan aliran darah di kaki. Mulailah dari telapak kaki. bisa memperhatikan hal-hal berikut ini. Luangkan waktu sekitar 15 menit untuk mengistirahatkan seluruh anggota tubuh serta melancarkan peredaran darah. . Upaya memanjakan kaki lainnya adalah dengan cara memijatnya dan tekan-tekanlah telapak kaki dengan menggunakan baby oil atau baby lotion setiap pagi dan malam. Kenakan sepatu ber-hak rendah agar Anda tidak mudah kehilangan keseimbangan dan sikap tubuh terjaga. y Ubah Posisi Tidur Ibu Hamil Aliran darah saat ibu hamil tidur terhambat karena posisi tidur yang biasa. Ulangi gerakan tersebut selama beberapa menit sambil mengerak-gerakkan jari kaki Anda. Perhatikan asupan makanan.Bengkak kaki merupakan problem yang lazim terjadi pada wanita yang sedang berbadan dua. Kedua cara ini efektif. Karenanya berbagai gangguan sering terjadi pada anggota tubuh ini. Manjakan Kaki. Istirahat teratur. Lantas. Pertambahan ini otomatis akan mempengaruhi sistem tubuh secara keseluruhan. bagaimana cara mengatasinya? y y y y y y y y Bila sedang berbaring. Hindari berdiri atau duduk terlalu lama. Kemudian lakukan penyiraman dari atas ke bawah. Jika wanita hamil terkena tekanan darah tinggi. Usahakan memperbanyak gerak agar sirkulasi darah lancar. paha hingga pantat. Latihan yang baik adalah jalan kaki dan senam secara teratur. Karena ini bisa jadi merupakan tanda-tanda terjadinya keracunan kehamilan. maka otomatis kaki akan bengkak. juga menjaga kesehatan dan keindahan kaki Anda selama hamil. yaitu siramlah kaki dengan air dingin. Segera periksakan ke dokter Kaki yang menjadi bengkak tentu membuat ibu hamil tidak nyaman. Sebaiknya kurangi konsumsi garam secara berlebihan karena dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi.

cairan yang berlebih tidak selalu dapat dikeluarkan dengan lancar. maka jaringan yang menjadi tujuannya adalah bagian-bagian tubuh yang letaknya dibawah. Melakukan aktifitas ringan saja dan lebih sedikit. Cara tersebut membuat keseimbangan cairan di dalam tubuh kita akan selalu terjaga. utamanya pada keseimbangan volumen cairan tubuh. jumlahnya akan cukup berlimpah dan mengakibatkan pembengkakan pada ibu hamil. Cairan buangan itulah yang akan terkumpul sepanjang malam. cairan yang berlebihan akan tertimbun dan tersimpan di jaringan-jaringan tubuh. Ibu hamil dilarang banyak melakukan aktifitas untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. misalnya fungsi ginjal terganggu akibat adanya infeksi. saat buang air besar dan terutama saat buang air kecil. volume air yang masuk ke dalam tubuh. Itulah mengapa tangan dan utamanya kaki paling kerap bengkak pada pagi hari. Repotnya Kaki Bengkak Sewaktu Hamil Tak usah kelimpungan jika kaki Anda bengkak saat hamil. kurang lebih sama banyaknya dengan volume yang dikeluarkan. Kenapa ibu hamil kakinya bisa bengkak? Perubahan metabolisme tubuh. Apabila volume air berlebihan. Itu yang disebut edema atau oedema. Ketika sedang tidak hamil. Bertujuan mengurangi tekanan pada kaki saat beraktifitas. Biasanya kondisi ini masih normal karena nyaris 75% ibu hamil akan mengalaminya. Pada pagi harinya. tubuh otomatis akan mengelurkan dalam bentuk keringat. dianjurkan untuk segera menghentikan kegiatannya. Sebab saat tidur. Sesuai sifat air yang rajin mengalir ke tempat yang letaknya lebih rendah. Pembengkakan ini bukan hanya bisa terjadi di kaki tapi juga memungkinkan di bagian tubuh lain. Jika ini terjadi. Kaki bengkak pada ibu hamil kerap disebut dengan edema atau oedema yang artinya penimbunan cairan. . Akan tetapi pada keadaan tertentu.Lakukan Aktifitas Ringan dan Sedikit Saat ibu hamil mulai merasakan kaki bengkak. proses metabolisma pada sel-sel tubuh akan menghasilkan sejumlah cairan sebagai salah satu hasil ³buangan´. Tapi yang paling kerap dialami adalah pada kaki. Penimbunan cairan itulah yang nampak sebagai pembengkakan pada jaringan yang mengakumulasi kelebihan air.

Cobalah untuk berenang atau berdiri di kolam renang sampai mencapai leher 8. seperti dikutip dari MSNHealth. Hindari berdiri dalam jangka waktu yang lama 2. Selasa (3/5/2011) yaitu: 1. bila terdapat gangguan fungsi jantung pada calon ibu. Kunci utama mencegah ataupun mengatasi edema adalah dengan mengetahui penyebabnya. Tapi jika bengkak yang muncul terjadi di wajah. bila kesehatan Anda saat hamil telah diperiksa dan dipantau secara keseluruhan. Tidak sulit kan Bunda!? Meski begitu ada beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk membantu mengurangi atau mencegah bengkak di kaki selama hamil. Misal. Sedangkan jika masuk kategori parah. alat kelamin (terutama bibir kemaluan sebelah luar). Usahakan untuk tetap tenang dalam cuaca yang lembab atau panas 10. tetapi kemudian secara bertahap gangguan tersebut diatasi atau diobati. Menerapkan pola makan yang baik dengan perbanyak buah dan sayur serta menghindari minuman berkafein dan makanan yang asin. pembengkakan tidak hanya terjadi pada kaki dan betis tapi menyebar hingga ke paha. Ketika duduk usahakan telapak kaki menyentuh lantai dan menghindari duduk sambil menyilangkan kaki 3. maka kemungkinan timbulnya edema bisa dikurangi. di sekitar mata. serta daerah sekitar perut. maka segera konsultasikan ke dokter untuk mengetahui pasti kondisinya. Jika hasil pemeriksaan kesehatan sebelum hamil calon ibu menderita hipertensi akibat gemar mengkonsumsi makanan bercita rasa asin. Berolahraga secara teratur 9. Jadi. dapat terjadi hingga seluruh bagian perut dan disertai gejala acites (akumulasi cairan di dalam perut). Ketika tidur usahakan untuk berbaring ke sisi kiri. gejalanya akan berupa pembengkakan pada betis dan telapak kaki yang dapat hilang dengan sendirinya setelah beristirahat dengan cukup. kaus kaki atau stocking yang nyaman dan bisa mendukung kondisi tubuh 6. Jika sudah dideteksi sebelum kehamilan terjadi. Melakukan streching atau peregangan sesering mungkin ketika duduk dalam jangka waktu yang lama 4. tangan atau kaki yang satu lebih bengkak dari lainnya. . Menggunakan alas kaki. Antara lain dengan mengurangi kebiasaan mengkonsumsi garam. Mengonsumsi air putih yang cukup 7.Bila edema yang Anda derita saat hamil masih tergolong ringan. Bila edema ini lebih parah. maka edema ini bisa dicegah. kemungkinan edema bisa dicegah. hal ini karena pembuluh darah vena ada di sebelah kanan sehingga bisa mengurangi tekanan 5.

Saat ini telah banyak pakaian ibu hamil yang modis. Pembekakan kaki selama kehamilan sebenarnya menunjukkan terhambatnya aliran getah bening (limpa). aktivitas ini bisa mencegah oedema. 2. 3. mentega cair. Selain itu juga kurangi minum diuretics.uraeka. 4.com: Oedema atau membengkaknya kaki pada akhir kehamilan sangat sering terjadi pada ibu hamil. Perubahan hormon yang membuat tubuh menahan lebih banyak air. Duduk dengan kaki ditekuk atau terlalu lama berdiri. Diuretics adalah zat-zat yang menambah volume dan frekuensi buang air kecil. Mengenakan pakaian ketat di sekitar pinggang. Makanan yang mengandung garam terlalu berlebihan. Selain menjaga kondisi tubuh tetap fit. Limpa adalah cairan bening yang mengalir melalui saluran-saluran khusus. . ibu hamil sebaiknya mengenakan pakaian-pakaian yang longgar. yang diproduksi oleh banyak organ dan jaringan tubuh. air ketumbar dan sebagainya. seperti air kelapa muda. Untuk mencegah oedema (kaki bengkak) selama kehamilan. Selama kehamilan sebaikknya ibu hamil menghindari untuk mengkonsumsi garam secara berlebihan. Ibu hamil juga harus sering berjalan-jalan. supaya tidak terlihat jelas bahwa tubuh ibu hamil mulai membesar. Menurut dr Savitri Ramaiah ada beberapa alasan mengapa oedema bisa terjadi selama kehamilan: 1.

Istirahat teratur. Latihan yang baik adalah jalan kaki dan senam secara teratur. Kedua cara ini efektif mencegah kaki menjadi bengkak. Berbaring pada posisi yang berlainan dapat mengurangi tekanan pada pembuluh-pembuluh darah. Segera periksakan ke dokter! 2 3 4 5 6 . agar sirkulasi darah lancar. dan dari bentuk kaki yang lebih besar dari biasanya. lutut. Karena ini bisa jadi merupakan tanda-tanda terjadinya keracunan kehamilan. maka otomatis kaki akan bengkak. Mulailah dari telapak kaki. Usahakan memperbanyak gerak. Salah satunya adalah kaki bengkak. Kaki menanggung beban tubuh yang paling berat selama hamil. Makanya saat hamil nomor sepatu atau sandal Anda bertambah. Perhatikan asupan makanan. Wanita yang sedang hamil umumnya mengalami perubahan berat badan yang signifikan. letakkan kaki di atas tumpukan bantal kecil. sikap tubuh terjaga. Ulangi gerakan tersebut selama beberapa menit sambil mengerak-gerakkan jari kaki Anda. Pembengkakan ada kaki dapat diketahui dari pemakaian sepatu yang terasa sempit. 7 Ask the doctor. Lantas. Setelah itu rendam kaki dalam air hangat yang dicampur dengan garam atau jeruk nipis Upaya memanjakan kaki lainnya adalah dengan cara memijatnya dan tekan-tekanlah telapak kaki dengan menggunakan baby oil atau baby lotion setiap pagi dan malam. paha hingga pantat. Karenanya berbagai gangguan sering terjadi pada anggota tubuh ini. Sebaiknya Anda tidak berbaring pada satu posisi. Luangkan waktu sekitar 15 menit untuk mengistirahatkan seluruh anggota tubuh. Kemudian lakukan penyiraman dari atas ke bawah. waspadalah. serta melancarkan peredaran darah. Jika wanita hamil terkena tekanan darah tinggi. Pertambahan ini otomatis akan mempengaruhi sistem tubuh secara keseluruhan. Hindari berdiri atau duduk terlalu lama. Manjakan Kaki. Sebaiknya mengurangi konsumsi garam secara berlebihan. Ada dua cara untuk memanjakan kaki selama hamil. bagaimana cara mengatasi kaki bengkak? Ini dia: 1 Bila sedang berbaring. juga menjaga kesehatan dan keindahan kaki Anda selama hamil.Solusi untuk Kaki Bengkak Saat Hamil Bengkak kaki merupakan problem yang lazim terjadi pada perempuan yang sedang berbadan dua. Kenakan sepatu bersol rendah agar Anda tidak mudah kehilangan keseimbangan. Jika Anda mengalami pembengkakan pada pagi hari atau berat badan Anda bertambah lebih dari 1 kg setiap minggu pada pertengahan kehamilan. Berat badan bertambah kurang lebih 11-15 kg. yaitu siramlah kaki dengan air dingin. karena dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful