1

PROPOSAL
PENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DENGAN PENERAPAN PART AND WHOLE METHODS PADA SISWA KELAS VSEMESTER II SDN 1 PUCANGANAK TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Oleh : SUYANI, S. Pd. NIP. 19660613 198703 1 013 Rombel : 23

DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN TRENGGALEK UNIT DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN TUGU SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PUCANGANAK TAHUN 2011

Di dalam intensifikasi penyelengaraan pendidikan sebagai suatu proses pembinaan manusia yang berlangsung seumur hidup. Pendidikan Jasmani merupakan media untuk mendorong perkembangan keterampilan motorik. penghayatan nilai (sikap-mental-emosional-spiritual-sosial). pengetahuan. bertujuan untuk mengembangkan aspek kesehatan. memiliki kebugaran jasmani. Pembekalan pengalaman belajar itu diarahkan untuk membina. Dengan Pendidikan Jasmani siswa akan memperoleh berbagai ungkapan yang erat kaitannya dengan kesan pribadi yang menyenangkan serta berbagai ungkapan yang kreatif. penalaran dan tindakan moral melalui aktivitas jasmani dan olahraga. dan tidak ada . kemampuan fisik. Tidak ada pendidikan yang tidak mempunyai sasaran paedagogis. stabilitas emosional. dan pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan serta perkembangan yang seimbang. inovatif. JUDUL E EL T PENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DENGAN PENERAPAN PART AND WHOLE METHODS PADA SISWA KELAS V SEMESTER II SDN 1 PUCANGANAK TAHUN PELAJARAN 2011/2012 2. keterampilan berfikir kritis. peranan Pendidikan Jasmani adalah sangat penting. yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat langsung dalam aneka pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani. bermain dan olahraga yang dilakukan secara sistematis. kebugaran jasmani. terampil. kebiasaan hidup sehat dan memiliki pengetahuan serta pemahaman terhadap gerak manusia. penalaran. L T BEL Pendidikan Jasmani pada dasarnya merupakan bagian integral dari sistem pendidikan secara keseluruhan. sekaligus membentuk gaya hidup sehat dan aktif sepanjang hayat. keterampilan sosial.2 1.

Ada indikasi bahwa hal ini dikarenakan kurang sesuainya metode yang digunakan oleh guru dalam membelajarkan siswa. Dengan sajian gerakan yang patah-patah diharapkan siswa dapat lebih mudah memahami contoh gerakan dari awalan hingga mendarat.3 pendidikan yang lengkap tanpa adanya Pendidikan Jasmani. Dari asumsi awal didapatkan bahwa hendaknya diangkat sebuat penelitian . Kemampuan siswa putri untuk mengamati gerakan mulai dari awalan tumpuan. namun melibatkan unsur fisik. Dalam proses pembelajaran Pendidikan Jasmani guru diharapkan mengajarkan berbagai keterampilan gerak dasar. emosi dan sosial. Siswa perempuan sulit untuk melakukan gerakan-gerakan yang dicontohkan guru. Seperti di SDN 1 Pucanganak. kerjasama. Untuk mengantisipsi hal yang demikian. dan mendarat karena proses terjadinya gerakan hanya berkisar antara 6 detik saja. gaya di udara. Pelaksanaannya bukan melalui pengajaran konvensional di dalam kelas yang bersifat kajian teoritis. jujur. dan lain-lain) serta pembiasaan pola hidup sehat. pembelajaran dengan lompat jauh gaya jongkok terasa kurang maksimal yang sangat berpengaruh pada nilai rata-rata selurh kelas. teknik dan strategi permainan dan olahraga. Aktivitas yang diberikan dalam pengajaran harus mendapatkan sentuhan didaktik-metodik. internalisasi nilai-nilai (sportifitas. Tetapi tidak jarang pula dalam pendidikan jasmani sering mengalami masalah yang menyebabkan merosotnya prestasi siswa secara keseluruhan. terutama dalam teknik gerakan lompat jauh gaya jongkok. karena gerak sebagai aktivitas jasmani adalah dasar bagi manusia untuk mengenal dunia dan dirinya sendiri yang secara alamiah berkembang searah dengan perkembangan zaman. sehingga aktivitas yang dilakukan dapat mencapai tujuan pengajaran. maka peneliti mencoba menggunakan contoh gerakan dengan metode part and whole methot. mental. intelektual.

Apakah penerapan Part and whole Methot dapat meningkatkan prestasi pembelajaran lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas V SDN 1 Pucanganak Tahun pelajaran 2010/2011? 4. MANFAAT PENELITIAN a.4 tindakan kelas yang berjudul. TUJUAN PENELITIAN Tujuan dalam penelitian ini untuk memperbaiki dan meningkatkan prestasi siswa dalam pembelajaran lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas V SDN 1 Pucanganak Tahun pelajaran 2010/2011? 6. HIPOTESIS Hipotesis dalam penelitian ini adalah: pembelajaran dengan menggunakan metode part and whole methot dapat meningkatkan prestasi siswa kelas V semester II mata pelajaran Penjaskes Orkes pada pokok bahasan lompat jauh gaya jongkok. ³Peningkatan Pembelajaran L mpat Jauh Gaya Jongkok dengan Penerapan Part and Whole Methods pada Semester II SDN 1 Pucanganak Tahun Pelajaran 2011/2012´ Siswa Kelas V 3. 5. Bagi Siswa Melalui penerapan metode Part and Whole Methot diharapkan siswa dapat menguasai teknik lompat jauh gaya jongkok dengan lebih cepat dan sempurna sehingga dapat meningkatkan prestasi siswa. b. RUMUSAN MASALAH a. Bagi Guru .

³Prestasi belajar merupakan hal yang menunjukkan hasil tertinggi yang dapat dicapai dalam belajar menurut kemampuan anak dalam mengerjakan sesuatu pada suatu saat tertentu´. (Laurentia. KAJIAN PUSTAKA a. Pengertian Prestasi Pembelajaran Sumarsono menjelaskan bahwa. ³Prestasi belajar adalah hasil berupa angka yang didapat setelah mengalami proses belajar mengajar dalam jangka waktu tertentu´. Selanjutnya menurut Laurentia. hasil penelitian ini dapat dijadikan alat evaluasi dan koreksi. . terutama dalam meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses pembelajaran Penjaskes Orkes sehingga tercapai prestasi belajar yang optimal. 2011) b. 1976 : 2). 1972 : 18). dan aktifitas khusus seperti berburu atau dalam olahraga pertandingan (athletic game). c. Sedangkan dalam pola dalam pembangunan olahraga yang disusun kantor menpora tersebut bahwa olahraga adalah bentuk-bentuk kegiatan jasmani yang terdapat di dalam permainan. Bagi Sekolah Bagi SDN 1 Pucanganak diharapkan. 7. Pengertian Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Menurut Webster`s New Colleggiate Dictionary (1980) yang dikutip oleh Menpora (1984) olahraga diartikan sebagai ikut serta dalam aktifitas fisik untuk mendapatkan kesenangan.5 Hasil yang dicapai dalam penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan dalam menentukan metode yang tepat guna mempercepat dan kesempurnaan pemahaman pembelajaran lompat jauh gaya jongkok. kemenangan dan prestasi optimal (Modul PLPG Rayon 15 UM. perlombaan dan kegiatan jasmani yang intensif dalam rangka memperoleh rekreasi. (Sumarsono.

Dari kedua faktor di atas dapat dijelaskan sebagai berikut : (1) Faktor intern Faktor intern adalah hal-hal yang mempegaruhi pada prestasi belajar yang berasal dari dalam diri anak yang meliputi : (a) Minat . (Sucipto. ³hasil belajar adalah tingkat penguasaan yang dicapai siswa dengan tujuan yang telah ditetapkan´. 1987 : 58). sehingga muridmurid tersebut dapat mencapai tujuan yang diinginkan´. sedangkan kawasan psikomotorik berkenaan dengan keterampilan motorik. (Saifudin Azwar. memberikan motivasimotivasi dan pengarahan aktivitas murid melalui bimbingan. a. Berdasar pengertian-pengertian di atas maka dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar adalah suatu hasil belajar yang dicapai siswa atau tingkat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran dalam proses belajar mengajar dalam jangka waktu tertentu.6 Sedangkan menurut Soediyanto. 1975 : 64). bisa digolongkan menjadi dua golongan. ³Dalam kegiatan belajar di sekolah tugas utama adalah mendorong memberikan inspirasi. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Kegiatan belajar yang terjadi menurut Bloom mencakup tiga kawasan. dimana diperolehnya keterampilan bagi individu yang belajar. yaitu faktor intern dan faktor ekstern. 1982 : 61). kognitif berkaitan dengan aspek intelektual dimana diterimanya pengetahuan oleh yang belajar sehingga terjadi perubahan tidak tahu menjadi tahu. Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. kawasan afektif berkenaan dengan minat dan sikap dimana terbentuknya minat dan sikap dalam diri individu atas apa yang dipelajari. (Soediyanto. Menurut Sucipto bahwa.

tidaklah mengherankan bahwa banyak juga jumper lama bersaing dengan sukses di sprint. Karena kecepatan adalah faktor yang penting dari pendekatan. . Tumpuan atau tolakkan. Sikap di Udara dan Mendarat. Faktor Iingkungan (2). dan ketangkasan dalam upaya untuk melompat jauh dari take-off point mungkin. melayang di udara dan mendarat. dan yang tinggi melompat dari papan adalah dasar-dasar keberhasilan. Sebuah contoh klasik dari lompat jauh ini / sprint penggandaan adalah pertunjukan oleh Carl Lewis. atau pendekatan. 1987 : 69). kekuatan. Faktor waktu c. Tujuan lompat jauh adalah melompat sejauh-jauhnya dengan memindahkan seluruh tubuh dari titik-titik tertentu ke titik lainnya. Faktor faktor tersebut antara lain : (1). (2) Faktor Ekstern Faktor ekstern merupakan faktor yang berasal dari luar diri anak. dengan cara berlari secepat-cepatnya kemudian menolak. Kecepatan di run-up. Pengertian Lopat Jauh Gaya Jongkok Lompat jauh adalah atletik (lintasan dan lapangan) peristiwa di mana atlet menggabungkan kecepatan.7 (b) (c) (d) (e) (f) Konsentrasi Kecerdasan Motivasi Kesehatan Disiplin Pribadi (Ngalim Punvanto. Ada empat komponen utama lompat jauh: Lari Awalan.

(Herman Hudoyo. Pengertian metode part and whole methot adalah peragaan atau latihan gerakan yang disajikan berdasarkan potongan-potongan sampai dipraktikkan secara keseluruhan. 1959 : 52). tahun pelajaran 2010/2011. 1989 : 24) menurut Herman Hudoyo. b. Sedangkan pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan pada 3 tahap (3 kali praktek). kecamatan Tugu. ³Metode mengajar yaitu cara atau teknik megajar topik-topik tertentu yang disusun secara teratur dan logis´. kabupaten trenggalek. 8. Lokasi dan Waktu Penelitian Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Pucanganak.8 d. yaitu pada siswaa kelas V semester II tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian pertama dilaksanakan pada tanggal 1 Juni 2011. (Nana Sudjana. METODE PENELITIAN a. tanggal 8 Juni 2011. . Pengertian Metode Part and Whole Methot ³Metode mengajar pada dasarnya memberikan petunjuk tentang apa yang dilakukan guru atau kegiatan guru´. Subjek Penelitian Subjek dalam penelitian ini adalah selurus siswa putra dan putri kelas V semester II SDN 1 pucanganak.

b. bagaimana keadaan siswa ketika diterapkan metode part and whole methot? Apakah metode ini dapat membuat siswa lebih fokus terhadap tahap-tahap gerakan yang diberikan oleh guru sehingga siswa lebih mudah melakukan gerakan lompat jauh gaya jongkok. c. Guru membagi siswa membentuk kelompok. Jika pengajaran menggunakan metode ini dapat mempermudah siswa dalam melakukan mempraktekkan gerakan maka hasil pembelajaran akan meningkat. Pengamatan Guru mengobservasi siswa dengan memberikan evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan Tindakan Pada waktu pelaksanaan ini guru melaksanakan tahap-tahap pembelajaran berdasarkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang telah disusun. 2). Pada tahap ini guru menganalisa kegiatan pembelajaran. Menyediakan alat dan bahan. Refleksi Kecermatan analisis data yang diperoleh sangat diperlukan. 3). Perencanaan 1). Membuat dan mendesain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). maka dilakukan . sejauh mana partisipasi dan pertambahan prestasi siswa dalam melakukan praktek lompat jauh gaya jongkok. Jika pnelitian tahap pertama dirasa masih kurang maksimal. Guru memandu dan membimbing siswa sehingga terlihat bagaimana kondisi pembelajaran siswa. Bagaimana reaksi dan tanggapan siswa. Langkah-langkah Penelitian Siklus I a. d.9 c.

c. Pelaksanaan Tindakan Pada saat pelaksanaan pembelajaran tahapan pembelajaran guru melaksanakan tahapan - berdasarkan Rencana Pembelajaran yang telah diperbaharui. Pengamatan Pada tahap ini guru mengamati seberapa jauh partisipasi. siswa dalam mengikuti mata pelajaran Penjas Orkes dengan menggunakan metode part and whole methot. Guru membimbing jalannya pembelajaran sehingga siswa benarbenar aktif dan bertindak sebagai subyek pembelajaran. Jika pengajaran menggunakan metode ini dapat mempermudah siswa dalam melakukan gerakan lompat jauh gaya jongkok maka prestasi siswa dalam lompat jauh gaya jongkok akan meningkat d. maka tidak perlu dilakukan penelitian tahap . Menyediakan media. Refleksi Refleksi berikunya digunakan untuk memastikan apakah pembelajaran yang dilakukan sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran? Jika penelitian tahap kedua ini dirasa sudah maksimal. 2). Perencanaan Dengan mengoreksi dan menganalisa hasil pembelajaran yang dinilai masih kurang dan guru lebih mengoptimalkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui metode part and whole methot. Mendesain ulang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. oleh karena itu diperlukan persiapan-persiapan yang lebih matang daripada siklus pertama dengan cara: 1). alat dan bahan sebagai sumber belajar b.10 penelitian berikutnya sebagai tindak lanjut. Siklus II a.

dan lembar observasi berpikir kreatif untuk siswayang berupa kuis. langkah selanjutnya adalah mengevaluasi siswa dan menganalisis data-data yang telah terkumpul. (e) Instrumen Pengumpulan Data Lembar observasi yang terdiri dari lembar observasi kooperatif untuk guru. e. Untuk menilai prestasi belajar pokok lompat jauh gaya jongkok pada mata pelajaran Penjaskes Orkes penulis melakukan penghitungan nilai rata-rata yang diperoleh siswa. Tabel yang digunakan adalah sebgai berikut: . d. Pengumpulan Data 1) Prosedur Pengumpulan Data Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : (a) Data hasil belajar diambil dari tes evaluasi setelah siklus I dan siklus II selesai. lembar observasi sikap kreatif untuk siswa.11 berikutnya sebagai tindak lanjut. Analisis Data Untuk mendapatkan kesimpulan dari suatu penelitian yang bermakna dan tepat pada sasaran. Didalam menetapkan analisis data yang diperoleh harus memperhatikan tujuan penelitian yang telah ditetapkan. (d) Data tentang refleksi diri serta perubahan-perubahan yang terjadi dikelas diambil dari jurnal harian dan catatan peneliti. (c) Data tentang proses belajar mengajar pada saat dilaksanakannya tindakan diambil dengan lembar observasi dan hasil angket. (b) Data tentang kreativitas diambil dari lembar observasi dan angket. lembar observasi keaktifan siswa.

selanjutnya dibagi dengan jumlah siswa yang ada di kelas. X = rata-rata = jumlah nilai siswa = jumlah siswa X= 7X N 7X N . peneliti dapat menggunkan rumus sebagai berikut : Mencari mean (X) : Ket. sehingga diperoleh nilai rata-rata hasil prestasi belajar siswa. untuk menghitung nilai rata-rata tersebut.12 Tabel 1.2 Penilaian praktek lompat jauh gaya jongkok ASPEK YANG DINILAI No Nama Siswa Awalan 1 2 3 4 5 « Jumlah Rata-rata Nilai tertinggi Nilai terendah Tumpuan Skor max 8 Gaya di Jauh Mendarat udara lomp Jml Rerata Setelah nilai rata-rata keseluruhan siswa diperoleh.

Dia memakai pertanyaan dengan 2 pilihan ³Ya´ dan ³Tidak´.13 Ternyata setelah diadakan pembelajaran dengan menggunakan metode part and whole methot hasil pembelajaran semakin meningkat dan data kuis diambil dari observasi yang diberikan kepada siswa sebagai objek penelitian setelah siklus 2 dilaksanakan.60% adalah rata-rata 61% . Riduwan (dalam Rohman.80% adalah baik 81% . Peneliti memberi pertanyaan kepada siswa untuk mengetahui respon siswa terhadap metode part and whole methot. ³Ya´ Skor jawaban 1 dan ³Tidak´ skor jawaban 0.100% adalah sangat baik . Kemudian peneliti menganalisa setiap pertanyaan menggunakan skala penelitian oleh Guttman Scale. Pertanyaan yang digunakan pada penelitian ini yang dianalisa menggunakan skala oleh Guttman. 2010: 62). Prosentase masing-masing item dianalisa menggunakan rumus sebagai berikut:  š š š %S Y N = Presentase skor = jumlah siswa yang menjawab ³Ya´ = jumlah siswa Kriteria analisa perolehan skor adalah sebagai berikut: 0% .20% adalah cukup 21% .40% adalah sedang 41% .

JADWAL PENELITIAN No Kegiatan Waktu 1 Penyusunan desain operasional 2 Membuat perangkat pembelajaran 3 Pelaksanaan tindakan 4 Pengumpulan data 5 Analisis data 7 Membuat draft laporan 8 Presntasi tanggal 1 Juni 2011. tanggal 8 Juni 2011 10. DAFTAR PUSTAKA Sumber: http://id.14 9.com/internet-and-technologies/sport/2084511-pengertian- lompat-jauh/#ixzz1TvTWHsjO .shvoong.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.