TUGAS BUMN TERHADAP PENERIMAAN NEGARA

(PT BANK MANDIRI)

DISUSUN OLEH :

M SAHIB SAESAR ANUGRAH 20 / 1S PERPAJAKAN

SEKOLAH TINGGI AKUNTANSI NEGARA 2011

pertamina. mengejar keuntungan. BUMN terbagi atas 2 jenis. Salah satu BUMN yang memiki peran cukup besar adalah PT Bank Mandiri.10 tanggal 2 oktober 1998 yang telah disahkan oleh Menteri Kehakiman RI dan diumumkan dalam Berita Negara RI No. dan masyarakat. perum bulog.pembukaan lapangan kerja. turut aktif memberikan bimbingan dan bantuan kepada pengusaha golongan ekonomi lemah. Contoh persero yaitu. yaitu : Persero dan Perum.penghasil devisa negara. yang terdiri atas lima butir. Maksud dan tujuan BUMN sebagaimana tercantum dalam UU No. dan deposit. peum pegadaian. PT. 97 tanggal 4 Desember 1998 Tambahan No 6859 beserta perubahannya hingga terkini. 19 Tahun 2003 Tentang Badan Usaha Milik Negara pasal 2 ayat 1.dll. ayang bertujuan untuk kemanfaatan umum berupa penyedian barang dan jasa yang bermutu tinggi dan sekaligus menejar keuntungan berdasarkan prinsip pengelolaan badan usaha.jamsostek. Bank ini didirikan berdasarkan Akte Notaris Sutjipto. dan merupakan bank terbesar di Indonesia dalam hal aset. Sedangkan badan usaha umum (perum) adalah BUMN yang seluruh modalnya dimiliki oleh negara dan tidak terbagi atas saham.PT. yakni : memberikan sumbangan bagi perkembangan perekonomian nasional pada umumnya dan penerimaan negara pada khususnya. . menjadi perintis kegiatan-kegiatan usaha yang belum dapat dilaksanakan oleh sektor swasta dan koperasi. pinjaman. Dibentuk sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan yang . Persero adalah BUMN yang berbentuk perseroan terbatas yang modalnya terbagi dalam saham ang seluruh atau paling sedikit 51% sahamnya dimiliki oleh negara republik indonesia ang tujuan utamanya mengejar keuntungan. di samping usaha swasta dan koperasi.PT.sebagai pelopor dalam sektor – sektor usaha yang belum diminati swasta.Jika kita berbicara tentang sumber penerimaan Negara. menyelenggarakan kemanfaatan umum berupa penyediaan barang dan/atau jasa yang bermutu tinggi dan memadai bagi pemenuhan hajat hidup orang banyak. Peran BUMN dalam perekonomian adalah sebagaipenghasil barang dan jasa demi pemenuhan hajat hidup orang banyak. PT Bank Mandiri (PERSERO) Tbk. SH No.kimia farma. kita tak boleh melupakan BUMN.pelaksanaan pelayanan publik.PT bank BNI. Berdasarkan Pasal 33 UUD 1945. PT.KAI. koperasi. dan PT garuda indonesia. Contoh perum antara lain. dan perum peruri. BUMN merupakan salah satu penggerak utama perekonomian nasional. adalah bank yang berkantor pusat di Jakarta. perum damri.

68% saham Bank Mandiri per tanggal 31 Desember 2010. semakin sehatnya Bank Mandiri. Bank Mandiri memiliki fokus bisnis pada Corporate Banking.6 triliun pada Maret 2011 yang mengindikasikan adanya peningkatan penyaluran kredit sebesar 35 % year on year dari sebelumnya yang berjumlah 4. Bank Bumi Daya (BBD). Sedangkan peningkatan jumlah nasabah dibuktikan dengan nasabah kredit mikro Bank Mandiri yang mengalami peningkatan sebesar 110.1 triliun. meningkatkan likuiditas dan pengembangan usaha. Visi strategis tersebut diawali dengan tahapan mengembangkan kekuatan di semua segmen . Ketiga. Namun demikian. diharapkan Bank Mandiri dapat membantu para pengusaha mikro dan kecil dan menengah dalam mengembangkan usaha mereka sehingga dapat membantu dalam memperkuat ketahanan ekonomi Indonesia. Bank Dagang Negara (BDN). Peningkatan jumlah kredit ini dibuktikan dengan jumlah penyaluran kredit sebesar Rp 5. Pemerintah RI menguasi sebesar 66. Bank Mandiri bertekad untuk memasuki tahapan strategis menjadi salah satu Bank teremuka di kawasan regional Asia Tenggara. empat bank milik Pemerintah yaitu.000 nasabah menjadi lebih dari 560. Bank-bank ini demerger dengan tujuan pertama. Commercial Banking dan Consumer Banking.000 nasabah. industri perbankan Indonesia akan menjadi lebih kuat dan stabil apabila ditopang oleh bank-bank berskala besar.dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia. dengan adanya peningkatan jumlah penyaluran kredit dan jumlah nasabah terhadap sektor mikro dan sektor usaha kecil dan menengah menandakan bahwa saat ini Bank Mandiri sudah melakukan transformasi dimana sebelumnya bank mandiri merupakan Bank yang lebih condong pada sektor priority banking daripada fokus pada sektor mikro dan usaha kecil dan menengah. digabungkan ke dalam Bank Mandiri. dan Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo). Dengan transformasi ini. maka sektor riil yang membutuhkan jasa keuangan bank tersebut akan semakin baik dan secara makro perekonomian nasional semakin membaik di masa yang akan datang. Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim). Pada bulan Juli 1999. kinerja keuangan Bank Mandiri diharapkan semakin baik dibandingkan sebelum penggabungan. intervensi pemerintah terhadap bank pemerintah semakin berkurang. Keempat. Dengan kinerja keuangan yang semakin membaik dan keberhasilan transformasi bisnis dalam beberapa tahun teraakhir. Kedua. apabila restrukturisasi perbankan berhasil maka besar kemungkinan Bank Mandiri akan diprivatisasi dengan tujuan memperkuat struktur permodalan.

63 triliun rupiah. 2006 sebesar 301.45 triliun rupiah. Saat ini.91 triliun rupiah. dan tahun 2010 sebesar 2. keduanya tetap merupakan kontribusi BUMN yang sangat membantu perekonomian Negara. tentu saja hal tersebut dapat diartikan bahwa Bank Mandiri memberikan sumbangan yang besar terhadap penerimaan Negara. 5 triliun rupiah. Begitu pula dengan kondisi yang dialami oleh Bank Mandiri.86 triliun rupiah. dengan focus pasar Indonesia sebagai fastest growing market di asia tenggara. Setoran dividen oleh Bank Mandiri cukup besar nilainya dan meningkat dari tahun ke tahun. Kontribusi dividen yang diberikan Bank Mandiri sebagai salah satu BUMN dengan pendapatan terbesar yaitu mulai tahun 2005 sampai 2010 tercatat bahwa dividen Bank Mandiri yang diberikan kepada pemerintah terus mengalami peningkatan dan hal ini tentunya tidak terlepas dari peningkatan kinerja dan jumlah dari sumber daya manusia yang dimiliki oleh Bank Mandiri. Hubungan antara pajak dan dividen ini memang saling bertolak belakang dan saling mengorbankan (trade-off). tahun 2009 sebesar 1. taun 2007 sebesar 1.nasabah untuk menjadi universal bank yang mendominasi pasar perbankan domestic. tahun 2005 sebesar 2. Berkaitan dengan kontribusi BUMN. begitu juga dengan Bank Mandiri. tahun 2009 sebesar 1. karena itu bias dikatakan Bank Mandiri adalah salah satu BUMN yang paling penting perannya.504 triliun rupiah. Namun. Bank Mandiri telah menjadi bank terbesar di Indonesia dan kedudukannya sebagai peringkat kedua BUMN dengan pendapatan dan laba bersih terbesar setelah PT Pertamina. Bank Mandiri berada dalam posisi mengungtungkan disbanding pesaing pesaing regional. Dividen yang telah disetorkan oleh Bank Mandiri kepada Kementerian BUMN dari tahun 2005-2009 scara berturut-turut adalah.85% yang merupakan 35% dari perolehan laba bersih bank mandiri tahun 2008 dan pada tahun 2009 dividen yang diberikan kepada pemerintah mengalami kenaikan dibanding tahun 2008 yaitu menjadi sebesar 2. Jika kita bandingka dengan laba bersih Bank mandiri antara tahun 2005-2010 yaitu laba bersih Bank Mandiri dalam Laporan Laba Rugi Konsolidasian untuk tahun . tahun 2008 sebesar 3. Penerimaan Negara oleh BUMN umumnya melalui pembagian dividen maupun pajak. selama ini kontribusi pajak BUMN memang lebih besar daripada dividen BUMN. Pada tahun 2008 jumlah dividen dari bank mandiri yang diberikan kepada pemerintah sejumlah 1.86 triliun rupiah. 68 miliar rupiah.

Buktinya bahwa salah satu pemicu kenaikan laba bersih tersebut adalah adanya kenaikan pendapatan bunga khususnya dari pemberian kredit. Dengan rata-rata pertumbuhan sebesar 93.602. Tingkat pengembalian ekuitas pemegang saham yang merupakan indikator untuk menilai kemampuan perusahaan dalam menyejahterakan pemiliknya berhasil membawa pengaruh positif bagi kinerja bank tersebut. laporan arus kas sebesar 3. akan memungkinkan perusahaan melakukan bisnisnya dengan lancar. ini dapat disimpulkan bahwa tren pajak Bank Mandiri juga . taun 2008 pajak sebesar 1. peningkatan kualitas kredit dan peningkatan penyaluran kredit yang merupakan salah satu faktor kuncinya.524.798. tahun 2006. tahun 2007. dan laporan arus kas 2.985. pajak sebesar 1.155 miliar. Jika diperhatikan lebih jauh.625. Selain dari dividen. kenaikan dividen dari tahun ke tahun disebabkan karena peningkatan laba bersih dari Bank Mandiri itu sendiri. laporan arus kas sebesar 2.817.586. Sehingga. memperbesar kemungkinan peningkatan pendapatan dan laba bersih.892.936. tahun 2005 pajak yang dibayar sebesar 628. Karena peningkatan performa keuangan Bank Mandiri yang semakin meningkat itulah akhirnya yang mendorong minat investor untuk menanamkan modalnya di bank tersebut. Dimulai dari tahun 2005 dengan angka sebesar Rp 603 miliar hingga tahun 2010 yang mencapai jumlah Rp 7.792.35%. laporan arus kas sebesar 364. tahun2010 pajak sebesar 4.985.311. sumber penerimaan Negara paling potensial adalah dari sector pajak. Dalam analisi jika dibandingkan dengan data penerimaan pendapatan dan laba bersih Bank Mandiri. yang bias mencapai 3 kali lipat penerimaan dari dividen.497.892.988. Dan kenaikan dari laba bersih tentunya tidak lepas dari kenaikan pendapatan. laporan arus kas sebesar 4. yang berakibat pada meningkatnya kontribusi Bank Mandiri pada segi dividen untuk penerimaan negara.2005-2010 memperlihatkan adanya kenaikan.538. Tingkat ROE yang meningkat dengan stabil setidaknya bisa menjamin keinginan investor untuk mempertahankan modalnya di Bank Mandiri. tahun 2009 pajak sebesar 3. Dengan modal yang cukup. pajak sebesar 408. Pembayaran pajak oleh Bank mandiri sejak tahun 2005 sampai tahun 2010 adalah sebagai berikut(juta rupiah).473.346. Peningkatan-peningkatan ini tentunya tidak terlepas dari peran peningkatan performa keuangan Bank Mandiri.556.724. sedangkan laporan arus kas sebesar 724.

Hal ini juga mengindikasikan bahwa Bank Mandiri sudah memiliki kinerja yang cukup bagus dalam menjalankan operasi bisnisnya. Bank Mandiri berhasil mencetak laba bersih sebesar Rp 3.7 % year on year jika dibandingkan dengan laba bersih pada kuartal pertama di tahun 2010 yang hanya mencapat angka Rp 2 triliun. Hal ini terjadi karena pajak adalah yang pertama kali dibebankan atas pendapatan usaha BUMN. Walaupun terjadi trade-off antara pajak dan dividen yang diterima . Pajak Badan Usaha cenderung lebih tetap karena ditentukan melalui suatu mekanisme undang-undang yang sifatnya statis. kontribusi langsung terhadap negara melalui dividen oleh BUMN masih lebih kecil daripada kontribusi yang berasal dari pajak.mengalami peningkatan searah dengan peningkatan pendapatan dan laba bersi perusahaan. kita bisa mengurangi dividen dan sebaliknya . Hal ini berati adanya kenaikan laba bersih sebesar 88. Melihat hal ini. diskresi pemerintah untuk melakukan kebijakan fiskal. Kemudian dari pendapatan setelah dikurangi pajak barulah ditentukan besaran dividen yang akan dibagikan kepada pemegang saham. Sedangkan. lebih besar daripada diskresi pemerintah dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) untuk menentukan besarnya dividen. Pajak masih menjadi kontributor terbesar dengan persentase sekitar 75% (data kinerja BUMN akhir tahun 2010).8 triliun.namun pajak memiliki trade-off yang lebih kuat daripada dividen. . daripada dividen yang berubah-ubah mengikuti dinamika bisnis dan kebutuhan perusahaan tersebut. kontribusi dalam hal pajak dirasa perlu untuk lebih ditingkatkan. di kuartal pertama tahun 2011.apabila ingin menambah penerimaan pajak. Kondisi terkini Bank Mandiri. dividen hanya berkontribusi sekitar 20% dari total kontribusi langsung yang diberikan oleh BUMN. dalam hal ini pajak. Selain itu.

go.id/9125/ .scribd.depkeu.DAFTAR PUSTAKA http://www.undip.fiskal.pdf http://rahadiawansatriakusuma.wordpress.ac.com/doc/56504810/Analisis-an-Kinerja-Bank-Mandiri-DanKonstribusinya-Pada-Penerimaan-Negara-1 http://www.id/webbkf/kajian%5CAgunan-1.com/2009/01/31/sejarah-bank-mandiri/ http://eprints.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful