Jangka sorong digital dengan ketelitian 0.

01 mm

Jangka sorong manual

Jangka sorong adalah alat ukur yang ketelitiannya dapat mencapai seperseratus milimeter. Terdiri dari dua bagian, bagian diam dan bagian bergerak. Pembacaan hasil pengukuran sangat bergantung pada keahlian dan ketelitian pengguna maupun alat. Sebagian keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan display digital. Pada versi analog, umumnya tingkat ketelitian adalah 0.05mm untuk jangka sorang dibawah 30cm dan 0.01 untuk yang diatas 30cm.

skala satuan besaran massa yang di tunjukan oleh penunjuk neraca adalah lima. neraca pegas dapat dipakai untuk mengukur massa dan berat benda.Poros geser / putar . Buka rahang dengan cara memutar ke kiri pada skala putar hingga benda dapat masuk ke rahang. cara menggunakan neraca pegas Benda yang akan diukur massanya.Pengunci Fungsi Mikrometer Sekrup Mikrometer sekrup biasa digunakan untuk mengukur ketebalan suatu benda. yaitu skala satuan besaran massa [kilogram] dan skla satuan besaran gaya [newton]. 3. Pastikan pengunci dalam keadaan terbuka 2.Skala utama . dan putar kembali sampai tepat. 4. Mikrometer terdiri dari: . Putarlah pengunci sampai skala putar tidak dapat digerakkan dan terdengar bunyi 'klik'. Letakkan benda yang diukur pada rahang. Misalnya tebal kertas. sama dangan nilai massa benda yang diukur.01 mm. Selain mengukur ketebalan kertas.Poros tetap . Neraca pegas dilengkapi dengan dua jenis skla.berarti massa . hal ini berart. mikrometer sekrup digunakan untuk mengukur diameter kawat yang kecil.Skala nonius . Ketelitiannya sampai 0. Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup 1. skala yang di tunjukan oleh penunjuk neraca.Pemutar .Mikrometer memiliki ketelitian sepuluh kali lebih teliti daripada jangka sorong. digantung pada pengait neraca.

01 mm) d= Ketebalan benda (mm) .01 g. nilai skalanya dari yang besar sampai ketelitian 0. Misal angka terakhirnya 4 maka nilai skala utamanya 4 mm.01 gram.benda tersebut adalah lima kg. .01 g yang di geser. .Dalam membaca Skala nonius lihat angka yang ditunjuk oleh skala utama(yang berada pada tengah-tengah). yaitu: skala utama dan skala nonius (skala putar). Neraca ohaus adalah alat ukur massa benda dengan ketelitian 0. Mikrometer sekrup mempunyai 2 skala . Neraca ini ada dua macam 1.satuan (0-10) dan skala 1/100 (0-1) yang di bagi2 juga skala kecilnya sampai ketelitian 0. di pisah antara skala ratusan(0-200). Mikrometer Sekrup digunakan untuk mengukur ketebalan suatu benda. misal angka yang ditunjuknya 35 maka nilainya 35×0. Lihatlah gambar dibawah ini! Cara membacanya (ketebalannya): d= Skala Utama + Skala Nonius ket: skala nonius x 0. satu garisnya bernilai 0.01 mm.Dalam membaca Skala utama lihatlah angka terakhir yang tidak ditutupi oleh pemutar.01 mm(karena memiliki ketelitian 0.01 mm. dimana x-nya angka yang ditunjukknya. puluhan(0-100).

01-0.66 g . waktu membaca yang dengan nilai 0-10.Neraca ini pemakaiannya mudah. Anda tinggal menaruh bendanya. yang beda.56 g. lihat skala yang terlewatkan dari angka nol (misal 5. tetapi skala satuan dan 1/100 nya di putar.1). misalkan sudah terbaca antara skala ratusan dan puluhannya (100+20). Lalu anda putar skala satuannya (dalam 1 skala satuannya. berarti massa yang terukur adalah 125.06=125. lalu digeser skalanya dimulai dari yang skala besar baru gunakan skala yang kecil. Jika panahnya sudah berada di titik setimbang 0. Nah yang terakhir anda putar skala 1/100 nya(nilainya berskala 0. nilai skala ratusan dan puluhan di geser. dibagi lagi 10 skala).06. cara memakainya hampir sama dengan yang no. ya tinggal di baca aja brapa massa bendanya.6 g).56.6+0.1) yang sejajar dengan skala utama (skala 0-10). Terakhir tinggal anda jumlahkan seperti tadi 100+20+5. skala puluhan 20. skala satuan 5 dan skala kecilnya 0. 2. contoh: pada skala ratusan 100. Disini cara membacanya hampir sama dengan menggunakan jangka sorong. kamu lihat skala nonius (0-0.1 tadi. misalnya yang sejajar adalah di 0.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful