A. PRESENT TENSE Materi pertama belajar grammar tenses bahasa inggris yaitu The Simple Present Tense.

The Simple Present Tense adalah tenses yang puaaaling banyak digunakan, dan karena paling banyak maka pembahasannya juga akan lebih panjang. Arti simple yaitu sederhana, sedangkan present adalah sekarang. Jadi bisa dikatakan bahwa Simple Present adalah tenses (pola kalimat) yang digunakan untuk menceritakan waktu sekarang dalam bentuk sederhana. Nama lain daripada Present adalah BENTUK 1. Jadi kapanpun Anda melihat kata present dalam tenses apapun, bisa dipastikan bahwa dia menggunakan bentuk 1 ± bentuk apa? ya bentuk verb, karena semua predicate itu wajib verb bukan, coba lihat posting awal grammar basic ini. Coba liat contoh-contoh kalimat dengan Simple Present dibawah ini TOBE I am a teacher You are a teacher We are teachers They are teachers He is a teacher She is a teacher It is my cat Kalau Anda mengamati, maka kalimat diatas semuanya mengggunakan PREDICATE-1 atau predikat dalam bentuk 1, lihat saja tobe nya tidak lepas dari AM ± IS ± ARE. Contoh diatas adalah The simple present tense dalam bentuk nominal, karena semua kalimatnya menggunakan tobe-1 Apakah ada bentuk lainnya?Ada, yaitu The Simple Present Tense dalam bentuk VERBAL.Yaitu yang tidak memiliki tobe tapi memiliki verb. Nanti akan di terangkan. Untuk saat ini cukup kita simpulkan bahwa ada 2 (dua) jenis Simple Present yaitu 1. Nominal Simple Present 2. Verbal Simple Present Untuk mengubah kalimat NOMINAL SIMPLE PRESENT kedalam bentuk negative (menyangkal) ataupun interrogative (bertanya) sangatlah mudah, amati (+) You are a teacher (- ) You are NOT a teacher (? ) Are you a teacher?

Okey, silahkan Anda pahami dan tugas Anda sekarang adalah buatlah minimal 10 kalimat dengan menggunakan Nominal Simple Present ini. Sekarang kita lanjutkan pada pola kalimat VERBAL SIMPLE PRESENT ± yaitu simple present yang tidak menggunakan tobe, tetapi VERB1 sebagai predicate1 nya.. Amati contoh berikut Subjective Pronouns Example I I work You You work We We work They They work He He works She She works It It works Lihat, untuk awalan HE, SHE, IT ..verb nya menggunakan _s. Amati kembali contoh berikut He runs every morning She teaches English John has an English books Untuk kata kerja yang berakhiran bunyi DESIS (hissing sounds ± x, ch, s, sh), kita menggunakan akhira _es. sehingga menjadi : teaches, mixes, washes, kisses .. dsb. Exercise 1 : read ± John reads in the morning 1. read 2. sing 3. study 4. work 5. arrive 6. leave 7. practice 8. write 9. watch 10. finish 11. mix 12. pass 13. go 14. have 15. pray Answer keys :

Mr. itulah sebabnya menjadi STUDIES Untuk verb pray ± sebelum huruf Y adalah huruf vokal A. Mary¶s sister 13. she 6. John studies 9. John have(s) -> John has 15.3. Mary¶s sisters 14. itulah sebabnya tetap PRAYS Exercise 2 : Yang mana HAVE dan HAS We -> We HAVE coffee in the morning He -> He HAS coffee in the morning 1. You and I 11. (pray) ->John prays Untuk verb study ± sebelum huruf Y adalah huruf konsonan D. Allen 5. (study) -> John studies 15. my brothers 9. John goes 14. Mary 7.he and she 12. he 2 John and Mary 3. John watches 10 John finishes 11. John prays Amati kembali contoh kalimat ini : 3. my brother 10. Tentunya Anda sudah tahu bahwa ada 3 kelompok Tenses yaitu Present Tense. hehe. Past Tense dan Future Tense setiap kelompok masing-masing memiliki 4 tenses. the teacher 15. they 4. John mixes 12. Okey lanjut lagi. untuk Simple Present memiliki tipe Nominal atau yang predicate nya Tobe1 serta Verbal yang . Dimana untuk setiap tenses nya ada yang memiliki tipe Verbal dan Nominal. people Dalam belajar Grammar tidak boleh terputus. John passes 13. the students 8..jangan lanjut baca kecuali Anda yakin paham. Sampai sini berhenti dulu .

She.predicatenya Verb1.Masih paham dong. Anda sudah sangat memahami bagaimana menggunakan Tobe untuk setiap subjective pronounsnya. We don¶t go. They don¶t go. Perubahan Kalimat Negative dan Interrogative I You DON¶T (do not) GO We They contoh : I don¶t go. okey kita lanjut lagi. You don¶t go. It kata kerja nya (verb) nya kembali normal TIDAK MENGGUNAKAN +S lagi karena sudah ada DOES. Selanjutnya amati sbb. sedangkan untuk Verbal Simple Present ± semua yang diawali dengan He. (+) You write (-) You DON¶T write (?) DO you write? (+) He writes (-) He DOESN¶T write (?) Does he write? Amati contoh lain (+) You have a book (-) You DON¶T have a book (?) DO you have a book? . He She DOESN¶T (does not) GO It Amati. It maka verb nya mendapatkan tambahan +S sbb. I write You write We write They write He writes She writes It writes Begitupun pada kata kerja HAVE seperti He Have(s) mendapatkan tambahan (s) ± sehingga kalimat tersebut menjadi HE HAS.Untuk Nominal Simple Present. She. pada kalimat negative/interrogative yang berawalan He.

Yah begitulah resiko belajar Grammar. John and Bill sing 6.(+) He has a book (-) He DOESN¶T have a book (?) DOES he have a book? Exercise 1 : Ubahlah kedalam kalimat (-) dan (?) 1. My sisters have a car 4. dan pastikan bahwa Anda memahami dan mampu mengatasi latihan Grammar ini dengan mudah. Our brothers work 10. John¶s sisters have a car Answer Key : (jangan diliat dulu kunci jawaban ini) My sister has a car My sister doesn¶t have a car does my sister have a car? My sisters have a car My sisters don¶t have a car do my sisters have a car? The cat drinks The cat doesn¶t drink does the cat drink? Joe has breakfast Joe doesn¶t have breakfast does Joe have breakfast? Our brother teaches Our brother doesn¶t teach does our brother teach? John¶s sisters have a car John¶s sisters don¶t have a car do John¶s sisters have a car? Amati benar-benar. sing sabar « . You have a car 2. Joe has breakfast 8. My sister has a car 3. The cat drinks 7. Our brother teaches 9. You and I learn English 5.

Adverbs of Frequency always selalu usually biasanya often seringkali sometimes kadang2 seldom jarang never tidak pernah ever pernah . dan kadang-kadang saya menulis di kategori ARTIKEL Artikel singkat diatas menggunakan Simple Present. Tulisan Anda disitu hampir 100% menggunakan tenses ini. Minggu lalu salah seorang peserta kursus berbayar dari Saudi Arab. ke masa sekarang. Menyatakan Fakta (expressing facts) Mudahnya begini saja. Itulah sebabnya saya selalu mengupdate materi belajaringgris. 1.net dalam waktu dekat akan meluncurkan kursus berbayar untuk Level II dimana yang dibentuk adalah kemampuan productive. Nah dibawah ini ada tulisan singkat Belajaringgris. contoh mudah amati artikel ini Banyak orang berkunjung setiap hari nya di kursus bahasa inggris belajaringgris.net adalah sebuah kursus bahasa Inggris online dengan sistim Full Conversation Tanpa Grammar. Nah kalau Anda amati tulisan diatas.net.net Jika saya amati.net setiap harinya.pakarbahasainggris. Dismping kategori utama yaitu MATERI KURSUS saya juga selalu mengupdate kategori GRAMMAR. sampai masa yang akan datang. Tapi kalau artikel diatas saya lanjutkan seperti ini Belajaringgris. coba sekarang Anda buat sedikit tulisan tentang Danau Toba. semuanya menggunakan tenses Simple Present karena hanya menceritakan fakta yang tidak akan berubah dari masa lalu. Lihat kata akan disini bukan lagi wilayah Simple Present karena membicarakan masa yang akan datang.Karena itu biasanya menggunakan yang disebut dengan Adverbs of Frequency sbb.com dimana semua materi diberikan secara gratis. Menyatakan kebiasaan (expressing habits) Untuk yang ini Anda pasti akrab juga karena di sekolah sejak SMP sampai SMA fungsi Simple Present tidak lepas dari expressing habits.Kali ini kita masuk pada fungsi atau penggunaan Tenses The Simple Present Tense sbb.belajaringgris. karena menyatakan kebiasaan. dimana Anda paparkan Danau Toba itu bagaimana dsb. mereka selalu membaca artikel µkamus bahasa inggris untuk hp¶ sebelum membaca artikel lainnya. ada juga yang berbayar yaitu www.Ada 2 (dua) jenis website utama yaitu www. Karena Anda memaparkan suatu fakta.Begitu pula pada bagian kalimat minggu lalu 2.

itulah sebabnya sudah saya katakan sejak dini bahwa Anda tidak perlu tegang dalam belajar bahasa inggris. Simple Present bisa digunakan untuk menceritakan masa yang akan datang. dia memang ke sekolah tiap jam 7:00 pagi.siapa yang doyan rumusrumusan?? yeee « Juleha bang. Menceritakan sesuatu yang sedang terjadi Aduh??aya-aya wae. eh . dari awal Februari. . Zico menendang nya kembali kepada Zidane. Karena itu enjoy aja lah 3. Makanya dari awal sudah saya tekankan. karena peristiwanya berlangsung sangat cepat dan singkat. besok aye pergi ke sekolah Nah liat kalimat yang bercetak miring?kalimat itu menggunakan Simple Present Tense walaupun ada kata BESOK.. sampai hari Kamis kemarin juga jam 7:00 makanya boleh saja dia mengatakan BESOK ... sampe botak ga bakal kelar yang namanya Grammar. Maret sampai minggu kemaren.. Menyatakan masa yang akan datang Lho?? . Amati dialog ini Romli besok kita ke pantai yuk mpok Juleha jam berapa bang? Romli jam 7:00 pagi aje Juleha waduh. Terus buat apa rumus? «ya ga tau?? . buang jauh-jauh mitos yang membelenggu diri kita bahwa untuk menguasai Bahasa Inggris harus kuasai Grammar dulu. Tenses ini boleh digunakan untuk menceritakan peristiwa yang sudah berlalu dengan syarat untuk men DRAMATISIR 5.emang iya. paye . karena memang tidak ada yang pasti.ga taunya juga bisa dipake untuk menceritakan masa lalu.Walah. Simple Present boleh digunakan untukmenceritakan peristiwa yang akan terjadi dengan syarat bahwa µperistiwa itu terjadi secara rutin¶ dalam kasus Juleha contohnya. aye semalem kaga bisa tidur? Romli kenape mpok? Juleha aye lihat pocong tapi aneh banget Romli aneh kenape mpok? Juleha tuh pocong sih laki2. sekarang zidane menendangnya kembali ke Zico. ga kelar-kelar neh penonton.tetap menggunakan Simple Present 4. Nah komentator tersebut menggunakan Simple Present. tapi pake gincu!! Pada dialog diatas Juleha boleh saja menggunakan Simple Present.Apakah pasti? «Anda ingat baik-baik ³Bicara BAHASA TIDAK ADA YANG PASTI´. Menyatakan masa lalu Haduh?«inilah fakta bahwa Bahasa Inggris itu memang seenak wudel nya. bola lalu dioper kepada Zico.. Coba lihat neh seorang komentator tengah menceritakan peristiwa yang sedang terjadi Zidane menggiring bola.

kejadian terkait atas sesuatu atau seseorang disekitar waktu sekarang atau sedang berbicara contoh : it is raining day hari ini sedang hujan Rumus Present Continuous Tense : Positif (+): subject + to be (am. Teguh sedang menulis buku baru 2. is. karena tujuan yang paling penting di awal perjalanan bukanlah kesempurnaan grammar. kejadian di waktu sedang berbicara dan tindakan yang berlangsung hanya untuk jangka waktu yang singkat. I am (orang pertama) You are (orang kedua) He / she / it is (orang ketiga) . are) + Verb ± ing + object Negatif (-) : subject + to be + not + verb ± ing + object Tanya (?) : to be + subject + verb ± ing + object Contoh Present Continuous Tense : I am watching TV now (+) Mr.Kalau sudah begini untuk apa lagi Anda merasa TAKUT SALAH saat berbicara. Khanafi is not going to Jakarta (-) Is Mrs. kejadian sekarang atau kegiatan sementara contoh : Mr. mana ada grammar yang sempurna?orang bule aja ga karuan grammar nya. Yang paling penting adalah MEMBENTUK SKILL berbahasa yaitu Listening. Speaking.30 tomorrow Saya akan pergi ke Surabaya jam 7. Reading serta Writing. Hajar aja dulu. Present Continuous tense dalam tenses bahasa inggris digunakan untuk tindakan yang sedang berlangsung sekarang.kata kerja ³to be´ Tunggal.30 besok 3. Rencana di masa depan yang sudah pasti waktunya (pribadi) I am going to Surabaya at 07. Present Continuous tense disebut juga dengan Present Progressive Tense Penggunaan : 1. Teguh si writing a new book Mr. Annisa cooking in the kitchen ? (?) Present Continuous tense membutuhkan : . atau saat menulis.

Jack sedang tidur sekarang 2.Keterangan waktu (adverb of time) yang sering digunakan dalam Present Continuous tense : ³NOW.Kami sedang menonton sebuah film di televisi 4.Polisi tersebut sedang mencari Ali sekarang.etc´ Berikut latihan Present Continuous tense bahasa inggris. tindakan di masa lalu dan memiliki pengaruh di masa sekarang 3.Perusahaan itu sedang tumbuh dengan pesat sekarang. Ani. RIGHT NOW. TOMORROW. tindakan yang terjadi pada waktu yang tidak pasti sebelum saat ini 2.Jamak. tetapi memiliki pengaruh hingga masa kini. 6. We are (orang pertama) You are (orang kedua) They are (orang ketiga) .bentuk kata kerja ³-ing´ Contoh : Go + ing = going .Mary sedang mengerjakan tugas itu 3. 7. Jika mengalami kesulitan dalam arti kata gunakan kamus bahasa inggris online : Latihan : terjemahkan kalimat ini kedalam bahasa inggris 1. Menempatkan penekanan pada hasil. Penggunaan : 1.Pak Adi sedang mengajar bahasa Inggris di kampus sekarang 9.Ana. 10. dan Tom sedang berdiskusi sekarang.Guru itu sedang menerangkan pelajaran itu. bentuk Present Perfect tense dalam tenses bahasa inggris digunakan untuk suatu tindakan sederhana yang masih berlangsung atau yang baru sajar berhenti. tindakan yang dimulai di masa lalu dan masih berlanjut di masa sekarang Rumus : Positif (+) Subject + has / have + been + object Subject + has / have + verb III + object Negatif (-) Subject + has / have + not + been + object Subject +has / have + not + verb III + object Tanya (?) .Harga saham di bursa Efek Jakarta sedang naik sekarang 8.Mereka sedang bermain bola di halaman sekarang 5.

We have You have They have 2. Penggunaan 1.Have / has + Subject + verb III + object Have / has + subject + been + object Contoh : I have been at home for a month (+) Mr. Handoko has not eaten the sate already (-) Has Mr. tindakan yang baru saja berhenti Rumus : Positif (+) Subject + has / have + been + verb-ing Negatif (-) Subject + has / have + not + been + verb-ing Tanya (?) Has/have + subject + been + verb-ing ? Contoh : I have been watching TV for two hours (+) . I have You have He / she / it has . kata kerja (verb) ³have´ ( kata kerja bantu / auxiiliary verb) .Bentuk tunggal.00 ? (?) Untuk membentuk kalimat Present Perfect (simple) tense kita perlu mengetahui tentang : 1. Imam been here since 06. past participle (been / verb III) Contoh : Talk = talked (regular) Go = gone (irregular) Present Perfect Continuous mengungkapkan tindakan yang telah dimulai di masa lalu dan sekarang masih berlanjut.Bentuk jamak. Tenses bahasa inggris ini juga digunakan untuk menceritakan kejadian yang dimulai dimasa lalu dan baru saja selesai. tindakan yang telah dimulai dimasa lalu dan masih berlanjut sekarang 2.

kejadian bisa pendek atau panjang.Mereka sudah bermain PS selama tiga jam Simple past Tense digunakan untuk mengungkapkan kejadian yang telah terjadi pada waktu tertentu di masa lalu. Secara umum. Ada dua fakta penting yang perlu diingat dalam tenses bahasa inggris ini : . Berarti juga bisa menjadi beberapa kejadian terjadi satu demi persatu.Subject + verb 2 + object . Peristiwa di masa lalu yang telah selesai (misalnya : I went to school) 2.kata kerja tak beraturan (Irregular Verbs) .Dia (pr) sudah bermain tenis sejak dia berumur 8 tahun 5. Jika mengalami kesulitan dalam arti kata gunakan kamus bahasa inggris online : Latihan I : terjemahkan kalimat ini kedalam bahasa inggris 1.Berapa lama kamu sudah belajar bahasa inggris ? 3.Hari sudah hujan selama dua jam 2. Situasi di masa lalu (they lived a normal life until they won a lottery) 3.kalimat negatif dan pertanyaan tidak seperti kalimat positif tetapi mempertahankan bentuk dasar kata kerja Penggunaan 1.Saya sudah menonton acara TV tersebut sejak dua jam 4.Subject + to be (was/were) + complement .Berapa lama kamu suah merokok ? 6. ³for´ dan ³since´ merupakan keterangan waktu yang sangat umum digunakan dalam Present Perfect Continuous tense Berikut latihan Present Perfect Continuous tense bahasa inggris. Serangkaian tindakan di masa lalu Rumus Positif (+) .He has been playing football since elementary school (+) Marina has not been learning english for two years (-) Have you been reading a book for an hour ? (?) Keterangan waktu (adverb of time) yang digunakan.

Kami menjual rumah kami di Surabaya tahun lalu. the day before yesterday (sehari sebelum kemarin).Did + subject + verb 1 + object ? Contoh Simple Past tense: He was a businessman in 1999 (+) . 10.Siapa yang membuat kue itu kemarin ? ibu saya. Jika mengalami kesulitan dalam arti kata gunakan kamus bahasa inggris online : Latihan : Terjemahkan kalimat ini kedalam bahasa inggris ! 1.Negatif (-) .Apa yang jatuh di jalan kemarin ? Tas saya. etc Berikut latihan simple past tense bahasa inggris.Apakah kamu bermain sepakbola kemarin ? Keterangan waktu (adverb of time) yang umum digunakan dalam simple past tense : Yesterday (kemarin. 7.dia tidak mengunjungiku kemarin My parents were not home this afternoon(-) .tindakan kadang dapat juga disela oleh sesuatu.dia adalah seorang pebisnis pada tahun 1999 I sell these motorcycles in Surabaya(+) .Kami menjual sepeda motor kami kemarin 2. the other day (lain hari).saya menjual sepeda motor ini di Surabaya She did not visit me yesterday (-) .Subject + to be (was/were) + not + complement .Kapan anda menjalankan usaha anda di Surabaya ? tahun lalu 9.Subject + did not + verb 1 + object Tanya (?) .Apakah kamu tidur nyenyak tadi malam ? 5. 6. bentuk tenses bahasa inggris ini disebut juga Past Progressive Tense .Apakah perusahaan anda menjual kursi tahun lalu ? Ya.Manajer pemasaran tersebut melakukan penelitian minggu lalu.Apakah kamu pergi ke luar tadi malam ? 3. Past Continuous Tense mengungkapkan tindakan di masa lalu yang sedang berlangsung.Dia tidak datang ke pesta itu minggu lalu 4.orang tua ku tidak ada di rumah siang ini Did you play football yesterday ? (?) . just now (sekarang). 8.

Dia tidak sedang tidur ketika saya datang Was he sleeping when I came ? . Pertanyaan bersyarat / sopan Misalnya : I was wondering if you could carry my bag.was/were + subject + verb-ing + object ? Contoh .Past Continuous tense : He was sleeping when I came (+) . Ibu sedang memasak ketika telpon berbunyi jam 8 tadi pagi. Mereka sedang bermain sepak bola ketika kepala sekolah datang ke kelas mereka minggu lalu. Rumus Positif (+) Subject + to be (was/were) + verb-ing + object Negatif (-) Subject + was/were + not + verb-ing + object Tanya (?) . Rendi dan Yani sedang membersihkan kamarnya ketika bibinya datang kemarin.Penggunaan : 1. 4. Tindakan yang sedang berlangsung 2. kegiatan yang sedang berlangsung pada waktu yang sama di masa lalu 4. kegiatan sela yang sedang berlangsung [Past Continuous] + When + [Past Simple] 3. 3. 5. . Jika mengalami kesulitan dalam arti kata gunakan kamus bahasa inggris online : Latihan : terjemahkan kalimat ini kedalam bahasa inggris 1.Apakah kamu sedang bekerja sepanjang malam kemarin ? Berikut latihan Past continuous tense bahasa inggris. 2.Dia sedang tidur ketika saya datang He was not sleeping when I came (-) .saya sedang bekerja sepanjang malam kemarin I was not working all night yesterday (-) .apakah dia sedang tidur ketika saya datang ? I was working all night yesterday(+) . Rudi sedang belajar semalam ketika neneknya menelponnya.Saya tidak sedang bekerja sepanjang malam kemarin were you working all night yesterday ? . Saya sedang menyiapkan makanan untuk Rafa ketika tukang post datang tadi pagi.

we would have told you Seandainya kami telah tahu jawabannya.apakah dia telah pergi ke Amsterdam ketika kamu meneleponnya ? Keterangan waktu (Adverb of time) yang umum digunakan dalam past Perfect tense ini : after. until.mereka telah berada disini sebelum tahun 1945 They had not been here before 1945 (-) . as soon as.dia belum pergi ke Amsterdam ketika aku meneleponnya Had she gone to Amsterdam when you called her ? . kalimat tak langsung (reported speech) Ann: I have searched all the rooms.Kita menggunakan Past Pefect (simple) tense untuk menunjukkan suatu tindakan di masa lalu berkaitan dengan tindakan lain sebelumnya di masa lalu.Past Perfect tense : They had been here before 1945 (+) . menceritakan sebuah tindakan yang sudah selesai sebelum tindakan lain di masa lalu 2. already. past Perfect tense juga digunakan untuk ungkapan seperti : ³I wish´. George: Ann said she had searched all the rooms. before. yet. till. kalimat pengandaian (Conditional Sentence) Type III If + subject + Past perfect + would have + verb III If we had known the answer. George : Ann mengatakan bahwa dia sudah mencari semua kamar untuk pembahasan selengkapnya tentang reported speech dalam berbagai tenses disini Rumus Past Perfect Tense : Positif (+) Subject + had + verb III + (past participle) + object Negatif (-) Subject + had + not + verb III + object Tanya (?) Had + subject + verb III + object ? Contoh . by the time that. just.dia telah pergi ke Amsterdam ketika aku meneleponnya She had not gone to Amsterdam when I called her (-) .apakah mereka telah berada disini sebelum 1945 ? She had gone to Amsterdam when I called her (+) . I wish I hadn¶t gone there. aku berharap aku tidak pernah pergi kesana . Penggunaan : 1. kami akan telah mengatakan padamu (kenyataanya kami sudah tidak tahu jawabannya) 3.mereka belum berada disini sebelum tahun 1945 Had they been here before 1945 ? (?) . ³as if/though´ and ³if only´.

we would have played football 3. Durasi tindakan masa lalu sampai titik waktu tertentu di masa lalu juga 2. Jika mengalami kesulitan dalam arti kata gunakan kamus bahasa inggris online : Latihan I : terjemahkan kalimat ini kedalam bahasa inggris 1. Semua orang sudah pergi tidur.To tidak bearada di rumah ketika saya tiba.Jono looked as if he had done something terrible. kalimat pengandaian (Conditional Sentence) Type III If it hadn¶t been raining. kalimat tak langsung (reported speech) Ann: I was crying George: Ann said she had been crying George : Ann mengatakan bahwa dia telah menangis Rumus Positif (+) Subject + had + been + verb-ing + object Negatif (-) Subject + had + not + been + verb-ing + object Tanya (?) Had + subject + been + object ? Contoh Past Perfect Continuous tense : He had been living in Jakarta about ten years (+) . Jono tampak seolah-olah ia telah melakukan sesuatu yang mengerikan Berikut latihan Past Perfect tense bahasa inggris. Dia baru saja keluar Past Perfect Continuous Tense digunakan untuk mengungkapkan suatu tindakan yang dimulai di masa lalu dan berlangsung sampai tindakan lain yang di masa lalu. saya baru saja makan siang. 4.Dia telah tinggal di Jakarta sekitar 10 tahun He had not been living in Jakarta about ten years (-) . Penggunaan : 1.dia belum tinggal di Jakarta sekitar 10 tahun Had He been living in Jakarta about ten years ? (?) .Saya merasa sangat lelah ketika saya pulang.Rumah itu sangat sunyi ketika saya tiba.Saya tidak lapar. 2.apakah dia telah tinggal di Jakarta selamat 10 tahun ? Perbedaan antara Present Perfect Continuous and Past Perfect Continuous adalah : Present Perfect Continuous mengungkapkan tindakan yang terus berlanjut sampai sekarang . jadi saya langsung pergi tidur 3.

sedangkan Past Perfect Continuous tidak.Mereka sudah bermain bola selama satu jam ketika ada petir yang menakutkan 2.Juga digunakan untuk mengungkapkan suatu prediksi berdasarkan tanda-tanda saat ini (pasti terjadi kemungkinan besar) ³going to´ juga dikenal dalam kata ³gonna´ yang sering digunakan dalam situasi tidak resmi. ³will´ digunakan dalam mengucapkan suatu rencana tindakan yang baru saja kamu pikirkan/belum direncanakan/spontanitas saat berbicara. PENTING : Hindari menggunakan kata ³gonna´ dalam ujian bahasa inggris atau suasana resmi. He has been playing for two hours Dia telah bermain selama 2 jam (dia masih bermain atau baru saja selesai) He had been playing for two hours when arrived Dia telah bermain selama 2 jam ketika saya tiba (sekarang tidak sedang bermain. I expect´ .juga digunakan untuk mengungkapkan ramalan yg akan terjadi berdasarkan perhitungan atau perasaan (belum tentu kepastiannya). I think. prediksi atau rencana. Future Tense disebut juga dengan Present Future Tense Simple Future Tense dibagi menjadi dua bentuk yaitu ³Will/shall´ dan ³going to´ tetapi memiliki perbedaan penggunaan. Will sering disingkat will = µill Will not = won¶t Will/shall juga sering digunakan dengan ³problably. Simple Future adalah yang paling umum. Jika mengalami kesulitan dalam arti kata gunakan kamus bahasa inggris online : Latihan : terjemahkan kalimat ini kedalam bahasa inggris 1. Berikut latihan Past Perfect Continuous tense bahasa inggris.Saya sudah mengetik selama tiga puluh menit ketika listrik itu padam 5. what. most likely. ³going to´ digunakan dalam mengucapkan suatu rencana tindakan yg telah dibuat jauh2 sebelum berbicara. when. etc). I¶m sure.Mereka sudah tidur selama 6 jam ketika kebakaran itu terjadi Di antara semua bentuk Future tenses.Orkestra itu sudah bermain selama sepuluh menit ketika seorang laki laki berteriak 4.Ken sudah merokok selama 30 tahun ketika akhirnya dia berhenti 3. I wonder (if. digunakan dalam banyak situasi seperti ketika membuat janji.

Future Continuous tense umumnya digunakan untuk menandakan bahwa kita akan berada ditengah-tengah suatu kejadian dalam waktu tertentu di masa depan. 3.para siswa akan menghadapi ujian bulan depan The students are not going to have a test next (-) .Rumus Positif (+) Subject + will/shall + verb I + object Subject + am/is/are + going to + verb I + object Negatif (-) Subject + will/shall + verb I + object Subject + am/is/are + not + going to + verb I + object Tanya (?) Will/shall + subject + verb I + object Am/is/are + subject + going to + verb I + object Contoh ± Simple Future tense : We will go to school soon (+) . Nia dan Dona akan pergi ke Pasar besok sore. 4. Jika mengalami kesulitan dalam arti kata gunakan kamus bahasa inggris online : Latihan : terjemahkan kalimat ini kedalam bahasa inggris 1. 2. Tina dan Tita akan menghadiri perayaan pernikahan Eva nanti malam.apakah kita akan pergi ke sekolah segera The students are going to have a test next month (+) . Saya akan menulis lagu cinta untuk Dona. 5.Apakah para siswa akan menghadapi ujian bulan depan ? Berikut latihan Simple Future tense bahasa inggris. Fadhli akan mengendarai sepeda motor barunya.kita tidak akan pergi ke sekolah segera Will we go to school soon ? (?) . Guru akan menghukum murid-murid yang terlambat. Future Continuous dikenal juga dengan sebutan Present Future Continuous .kita akan pergi ke sekolah segera We will not go to school soon (-) .para siswa tidak akan menghadapi ujian bulan depan Are the students going to have a test next month ? (?) .

George sedang akan meninggalkan Indonesia pada pukul 9 besok pagi 2.Mereka sedang akan makan malam di restauran itu nanti malam 5. untuk mengajukan pertanyaan dengan sopan tentang niat seseorang will you be coming home ? akankah kamu datang ke rumah ?(saya berharap kamu datang ke rumah) Rumus Positif (+) Subject + will/shall + be + verb-ing + object Negatif (-) Subject + will/shall + not + verb-ing + object Tanya (?) Will/shall + subject + be + verb-ing + object Contoh ± Future Continuous tense : I will be watching a movie tonight (+) .saya tidak akan sedang menonton film nanti malam Will you be watching a movie tonight ? (?) .tindakan di masa depan yang sedang berlangsung 2.Saya sedang akan menyelesaikan PR itu sore nanti 3.Para karyawan sedang akan menyelesaikan pekerjaan itu pukul 9 nanti malam . Berbeda dengan penggunaan pada simple future tense.Apakah kamu akan sedang menonton film nanti malam ? Berikut latihan Future Continuous tense bahasa inggris. Penggunaan 1.Dia (pr) sedang akan menonton acara di stadion tersebut nanti malam 4. dugaan antara masa kini dan masa depan Joni won¶t be sleeping now Joni tidak akan tidur sekarang (saya pikir Joni tidak tidur sekarang) 3.Future Continuous juga memiliki 2 bentuk yaitu ³will´ dan ³going to´ memiliki makna yang sama dan bisa saling menggantikan saat digunakan.saya akan sedang menonton film nanti malam I will not be watching a movie tonight (-) . Jika mengalami kesulitan dalam arti kata gunakan kamus bahasa inggris online : Latihan : terjemahkan kalimat ini kedalam bahasa inggris 1.

Future Perfect disebut juga Present Future Perfect Tense atau Future Perfect Simple Tense Rumus Positif (+) Subject + shall/will + have + been + complement Subject + shall/will + have + verb III + object Negatif (-) Subject + shall/will + not + been + complement Subject + shall/will + not + have + verb III + object Tanya (?) Shall/will + subject + been + complement Shall/will + subject + have + verb III + object ? Contoh ± Future perfect tense : I will have been in this hospital until tomorrow morning (+) . Jika mengalami kesulitan dalam arti kata gunakan kamus bahasa inggris online : Latihan : terjemahkan kalimat ini kedalam bahasa inggris 1.apakah kamu akan telah berada disini sampai besok pagi ? Majid will have rented my house next month (+) .Majid tidak akan telah menyewa rumahku bulan depan Will Majid have rented my house next month ? (?) .apakah Majid akan telah menyewa rumahku bulan depan ? Keterangan waktu (adverb of time) yang umum digunakan : Before.John sudah akan selesai mengerjakan pekerjaanya menjelang akhir minggu ini 2.Menjelang minggu depan saya akan selesai membaca buku ini 3.Majid akan telah menyewa rumahku bulan depan Majid will not have rented my house next month (-) .Kita menggunakan Future Perfect tenses bahasa inggris ini untuk menyatakan kejadian yang akan selesai dimasa depan yang sudah dimulai dimasa lalu.saya tidak akan telah berada di rumah sakit ini sampai besok pagi Will you have been in this hospital until tomorrow morning ? (?) . by tomorrow/7 o¶clock/next month.saya akan telah berada di rumah sakit ini sampai besok pagi I will not have been in this hospital until tomorrow morning (-) .Kami sudah akan mendapat rumah baru menjelang akhir tahun ini . until/till Berikut latihan Future Perfect tense bahasa inggris.Menjelang bulan depan dia akan membayar hutangnya 4.

Menjelang liburan sekolah ini saya sudah mengikuti tes selama 5 kali 4.Menjelang hari natal saya akan sudah bekerja di kantor ini selama lima tahun 3. Future Perfect Continuous Tense dikenal juga dengan sebutan Present Future Perfect Continuous atau Future Perfect Progressive. Rumus Positif (+) Subject + shall/will + have + been + verb-ing + object Negatif (-) Subject + shall/will + not + have + been + verb-ing + object Tanya (?) Shall/will + subject + have + been + verb-ing + object ? Contoh ± Future Perfect Continuous tense : My grandmother will have been visiting us tomorrow morning (+) . Durasi tindakan masa lalu sampai titik waktu tertentu di masa lalu juga 2.Kita menggunakan Future Perfect Continuous tenses bahasa inggris ini untuk menceritakan kejadian yang akan berlangsung pada waktu tertentu di masa depan.Menjelang hari raya idul fitri saya sudah akan dua kali pulang ke desa Past Perfect Continuous Tense digunakan untuk mengungkapkan suatu tindakan yang dimulai di masa lalu dan berlangsung sampai tindakan lain yang di masa lalu. This year / month / week.nenek saya akan telah sedang mengunjungi kami besok pagi My grandmother will not have been visiting us tomorrow morning (-) . Jika mengalami kesulitan dalam arti kata gunakan kamus bahasa inggris online : Latihan : terjemahkan kalimat ini kedalam bahasa inggris 1.Menjelang akhir tahun ini kami akan sudah mempelajari bahasa inggris selama tiga tahun 2. we would have played football 3.nenek saya tidak akan telah sedang mengunjungi kami besok pagi Will your grandmother have been visiting you tomorrow morning? (?) . kalimat tak langsung (reported speech) . Penggunaan : 1.apakah nenek kamu akan telah sedang mengunjungi kamu besok pagi ? Ungkapan waktu yang umum digunakan : By tomorrow / 8 o¶clock. kalimat pengandaian (Conditional Sentence) Type III If it hadn¶t been raining. Next year / month / week Berikut latihan Future Perfect Continuous tense bahasa inggris.

dia belum tinggal di Jakarta sekitar 10 tahun Had He been living in Jakarta about ten years ? (?) .Saya sudah mengetik selama tiga puluh menit ketika listrik itu padam 5. Jika mengalami kesulitan dalam arti kata gunakan kamus bahasa inggris online : Latihan : terjemahkan kalimat ini kedalam bahasa inggris 1.Ken sudah merokok selama 30 tahun ketika akhirnya dia berhenti 3.Dia telah tinggal di Jakarta sekitar 10 tahun He had not been living in Jakarta about ten years (-) . He has been playing for two hours Dia telah bermain selama 2 jam (dia masih bermain atau baru saja selesai) He had been playing for two hours when arrived Dia telah bermain selama 2 jam ketika saya tiba (sekarang tidak sedang bermain. Berikut latihan Past Perfect Continuous tense bahasa inggris.Orkestra itu sudah bermain selama sepuluh menit ketika seorang laki laki berteriak 4. . kebalikan dari simple future tense).Mereka sudah tidur selama 6 jam ketika kebakaran itu terjadi C.Ann: I was crying George: Ann said she had been crying George : Ann mengatakan bahwa dia telah menangis Rumus Positif (+) Subject + had + been + verb-ing + object Negatif (-) Subject + had + not + been + verb-ing + object Tanya (?) Had + subject + been + object ? Contoh Past Perfect Continuous tense : He had been living in Jakarta about ten years (+) . PAST FUTURE TENSE Simple Past Future Tense ini digunakan untuk mengungkapkan kejadian yang akan terjadi pada masa lalu (bukan masa sekarang.apakah dia telah tinggal di Jakarta selamat 10 tahun ? Perbedaan antara Present Perfect Continuous and Past Perfect Continuous adalah : Present Perfect Continuous mengungkapkan tindakan yang terus berlanjut sampai sekarang sedangkan Past Perfect Continuous tidak.Mereka sudah bermain bola selama satu jam ketika ada petir yang menakutkan 2.

dia akan telah berada di Banten bulan depan He should not be in Banten next month (-) .Saya tidak akan keberatan tinggal di Amerika jika cuacanya bagus Kita menggunakan Past Future Continuous atau Past Future Progressive tense bahasa inggris ini untuk menceritakan suatu tindakan yang akan sedang terjadi pada masa lalu ( untuk yang sedang terjadi di masa sekarang disebut Future Continuous Tense). saya tidak akan membeli rumah itu 2.dia tidak akan telah berada di Banten bulan depan Should he be in Banten next month ? (?) .Jika saya kaya.apakah kamu akan sedang sudah menjemput ketika saya tiba di stasiun besok ? Berikut latihan simple past future tense bahasa inggris. Jika mengalami kesulitan dalam arti kata gunakan kamus bahasa inggris online : Latihan : terjemahkan kalimat ini kedalam bahasa inggris 1.Saya akan keluar jika hari tidak hujan 3. saya akan membeli sebuah villa 4. saya akan pergi keluar negeri 5.apakah dia akan telah berada di Banten bulan depan ? I should be pick up when you arrive at the station tomorrow (+) .saya tidak akan sedang sudah menjemput ketika kamu tiba di stasiun besok should you be pick up when I arrive at the station tomorrow ? (?) .Jika saya jadi kamu.saya akan sedang sudah menjemput ketika kamu tiba di stasiun besok I should not be pick up when you arrive at the station tomorrow (-) .Rumus Positif (+) Subject + should/would + be + object Subject + should/would + verb I + object Negatif (-) Subject + should/would + not + be + object Subject + should/would + not + verb + object Tanya (?) Should/would + subject + be + object ? Should/would + subject + verb I + object ? Contoh ± simple past future tense : He should be in Banten next month (+) .Jika saya dapat berbicara bahasa inggris. Rumus Positif (+) .

Subject + should/would + be + verb-ing + object Negatif (-) Subject + should/would + not + be + verb-ing + object Tanya (?) Should/would + subject + be + verb-ing + object ? Contoh ± Past Future Continuous tense : My brother would be finishing Thesis last week (+) . Jika mengalami kesulitan dalam arti kata gunakan kamus bahasa inggris online : Latihan : terjemahkan kalimat ini kedalam bahasa inggris 1.Mereka sedang akan bermain babak kedua pada pertandingan sepakbola waktu itu.Kakakku akan telah sedang menyelesaikan tesis minggu lalu My brother would not be finishing Thesis last week (-) .Kakakku tidak akan telah sedang menyelesaikan tesis minggu lalu Would your brother be finishing Thesis last week? (?) . Past Future Pefect Tense digunakan untuk mengungkapkan tindakan yang akan sudah selesai di masa lalu (silahkan bandingkan perbedaannya dengan Future Perfect Tense) Rumus Positif (+) Subject + should/would + have + been + complement Subject + should/would + have + verb III + object Negatif (-) Subject + should/would + not + have + been + complement Subject + should/would + not + have + verb III + object Tanya (?) Should/would + subject + have + been + complement ? Should/would + subject + have + verb III + object ? Contoh ± Past Future Perfect tense : My mother should have been here at nine o¶clock tomorrow (+) .Ibu saya tidak akan sudah berada disini jam 9 besok .apakah kakakmu akan telah sedang menyelesaikan tesis minggu lalu ? Berikut latihan simple past future continuous tense bahasa inggris.Ibu saya akan sudah berada disini jam 9 besok My mother should not have been here at nine o¶clock tomorrow (-) .Saya akan sedang menempuh ujian hari berikutnya pada waktu itu 2.Kami akan sedang membangun rumah itu pada waktu itu 3.

Tom tidak akan mengikuti ujian itu jika dia mengetahui bahwa soalnya akan begitu sulit. saya akan mengatakan hello 4.Apakah ibu kamu akan sudah berada disini jam 9 besok ? Mar¶i would have worked in leading companies next month (+) .Jika saya telah mengumpulakan uang.apakah kamu akan sudah sedang bekerja di perusahaan ternama selama 10 tahun ? Berikut latihan Past Future Perfect Continuous tense bahasa inggris. Jika mengalami kesulitan dalam arti kata gunakan kamus bahasa inggris online : Latihan : terjemahkan kalimat ini kedalam bahasa inggris 1.Aku akan sudah sedang bekerja di perusahaan ternama selama 10 tahun I would not have working in leading companies for 10 years (-) .Jika saya berjumpa dengan mu. saya akan menikahi mu 5. 3.Jika saya telah mengetahui bahwa kamu sakit. saya akan menemuimu 2.Mar¶I akan sudah bekerja di perusahaan ternama bulan depan Mar¶i will not have worked in leading companies next month (-) . Jika mengalami kesulitan dalam arti kata gunakan kamus bahasa inggris online : . Past future perfect continuous tense memiliki persamaan dengan future perfect continuous tense.Mar¶I tidak akan sudah bekerja di perusahaan ternama bulan depan Will Mar¶i have worked in leading companies next month ? (?) .Should your mother have been here at nine o¶clock tomorrow ? (?) .Aku tidak akan sudah sedang bekerja di perusahaan ternama selama 10 tahun Would you have working in leading companies for 10 years ? (?) .Saya akan mengirim surat ini jika kamu telah selesai membuatmya Tense bahasa inggris terakhir ini digunakan untuk mengungkapkan kejadian yang akan sudah sedang terjadi pada masa lalu. Rumus Positif (+) Subject + should/would + have + been + verb-ing + object Negatif (-) Subject + should/would + not + have + been + verb-ing + object Tanya (?) Should/would + subject + have + been + verb-ing + object ? Contoh ± Past Future Perfect Continuous tense : I would have working in leading companies for 10 years (+) .Apakah Mar¶I akan sudah bekerja di perusahaan ternama bulan depan ? Berikut latihan Past Future Perfect tense bahasa inggris.

Sedianya concert itu tengah akan dimulai andaikata artis artis itu datang pada waktunya. 2.Latihan : terjemahkan kalimat ini kedalam bahasa inggris 1. ibu saya akan memasak makanan itu .Sedianya saya tengah akan tidur andaikata mereka belum datang 3.Andaikata ayah saya telah selesai berbelanja.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful