KRITERIA PROFESI KEPERAWATAN

D I S U S U N OLEH :

LATIFAH AKADEMI KEPERAWATAN YAYASAN GITA MATURA ABADI KISARAN TA. 2008/2009

Kesimpulan h Bahwa profesi itu memang ditujukan untuk orang lain dan tidak mementingkan diri sendiri. Kesimpulan h Profesi sekumpulan pekerjaan yang bisa membuat perubahan dari yang tidak baik menjadi baik.ARTI DAN MAKNA KEPERAWATAN Dalam sejarah perkembangan keperawatan sejak pernyataan Florence Nightingale yang merupakan awal era perkembangan sistematik dari keperawatan secara perlahan teratur dan terus-menerus bergerak menuju tingkat perkembangan keperawatan sebagai profesi yang mandiri. Contoh h Dokter. Contoh h Arsitektur. 2. Webster Profesi h Suatu pekerjaan yang memerlukan pendidikan yang lama dan menyangkut keterampilan intelektual. yang profesinya memberi tuntunan/arahan menuju kepada kebaikan yang belum kita ketahui. Schein EH (1962) Profesi h Adalah sekumpulan pekerjaan yang membangun suatu norma yang sangat khusus yang berasal dari perannya di masyarakat. Profesi yang sangat mulia karena tujuannya menolong orang lain. Proses yang merupakan proses berjangka panjang ini lebih bertujuan membangun landasan ilmuan dan landasan moral yang kokoh dari praktis keperawatan melalui inovasi dalam pendidikan keperawatan. Contoh h Ustadz. Kesimpulan h Profesi itu diambil dari jalur pembelajaran yang lama dan dibarengi dengan keterampilan. SECARA UMUM Profesi h Suatu pekerjaan yang ditujukan untuk kepentingan masyarakat dan bukan untuk kepentingan golongan atau kelompok tertentu. . profesi yang memerlukan keterampilan dalam menjalankan pekerjaannya. Keperawatan Sebagai Profesi Beberapa Pendapat yang Mempunyai Padangan Terhadap Profesi 1.

3. Seseorang yang berprofesi sebagai hakim keputusannya harus diterima. Hughes EC (1963) Profesi h Mengetahui yang lebih baik tentang sesuatu hal dari orang lain serta mengetahui lebih baik dari kliennya tentang apa yang terjadi pada kliennya.Untuk tujuan praktik dan pelayanan .Aktifitas intelektual .Wibawa/martabat (prestige) . 6.Terorganisasi secara internal . 5. Guru yang memberikan ilmunya kepada orang lain yang membutuhkan.Berdasarkan ilmu dan belajar . E (1957) ada lima karakteristik profesi . Contoh h Hakim. Contoh h Perawat harus bersifat professional dalam segala hal baik pada saat melakukan tindakan atau tingkah laku.Budaya professional (professional culture) Kesimpulan h Profesi itu berkaitan dengan kode etik seseorang yang membuat seseorang itu bermartabat dengan ilmu yang dimiliki. Kesimpulan h Profesi yang sudah kita miliki harus ditekuni dengan se professional mungkin. KARAKTERISTIK PROFESI 4.Otoritas (authority) . Contoh h Guru.Teori yang spesifik (systematic theory) . Hall (1968) Profesi h Memperoleh badan pengetahuan (body of knowledge) Dari industri pendidikan tinggi (institution of higher learning) .Altruistik Kesimpulan h Profesi ini dimiliki oleh orang yang berilmu dan tujuan dari ilmunya itu untuk diajarkan atau dipraktikkan kepada orang lain. Abraham Flexner (1915) . Greenwood.Kode etik (code of ethic) .Dapat diajarkan .

Orientasi kepada pelayanan 3. Kode etik : Fungsi sebagai pedoman terlaksananya standar dan tanggung jawab pribadi 2. L. Otonomi : Sebagai kewenangan dan tanggung jawab Kesimpulan h Berdasarkan aturan-aturan dalam memberi pelayanan dn memberi keputusan kepada orang yang memberi tanggung jawab.Menjadi pekerjaan utama (full-time occupation) Membentuk organisasi Menyusun kode etik Kesimpulan h Profesi adalah pekerjaan yang menekuni satu profesi saja Contoh h Pengacara 7. Contoh h Desainer (perancang busana terkenal/ternama) . Berdasarkan ilmu pengetahuan 4.M (1985) 1. Shortridge.

Keperawatan Sebagai Profesi. Husin M. EGC. . 2004. Profesi dan Praktis Keperawatan Profesional. Banda Aceh : AKPER DEPKES CHS. Jakarta. 1992. S.Kp. Makalah Seminar Peran Organisasi Profesi Keperawatan Menjelang Tahun 2000. Kes.DAFTAR PUSTAKA Kusnanto.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful