YAYASAN PENDIDIKAN SANTO FRANSISKUS ASISI

SD ASISI JAKARTA
Jalan H. Ramli No 24, Mentang Dalam, Tebet, Jakarta 12870

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 14
Satuan Pendidikan Kelas / Semester Mata Pelajaran. Alokasi Waktu A. Standar Kompetensi : : : : Sekolah Dasar IV / II Agama Katolik 2 jam pelajaran ( 1 X pertemuan).

: Memahami pedoman hidup dari Allah yang disampaikan melalui tokoh-tokoh dalam Kitab Suci dalam upaya mengembangkan relasi dengan sesama, orangtua dan lingkungan sekitarnya serta berusaha mengembangkan hidup doa mereka. : 2.2. Memahami kehendak Allah bagi dirinya dalam bersikap terhadap orangtua, kehidupan diri dan sesamanya.

B.

Kompetensi Dasar

C.

Indikator

: 2.2.1. Membuat daftar apa yang telah dilakukan orangtua terhadap dirinya sejak lahir. 2.2.2. Membuat daftar apa yang telah dilakukan dirinya bagi orangtuanya. 2.2.3. Menjelaskan kehendak Allah tentang hubungan orangtua dengan anak dan sebaliknya. (Efesus 6:1-4)

D.

Tujuan Pembelajaran : Pada akhir pelajaran, siswa dapat: 1. Membuat daftar apa yang telah dilakukan orangtua terhadap dirinya dari lahir sampai sekarang. 2. Membuat daftar apa yang telah dilakukan dirinya bagi orangtuanya. 3. Menjelaskan kehendak Allah tentang hubungan orangtua dengan anak dan sebaliknya. (Efesus 6:1-4) 4. Menyebutkan pengalaman hidup dalam keluarganya. 5. Menyebutkan peranan orangtua bagi dirinya. Materi Ajar Sikap Orangtua Terhadap Anak dan Sikap Anak Terhadap Orangtua Metode Pembelajaran Ceramah, Penugasan, Diskusi. Nilai Kemanusiaan Nilai universal yang ada pada diri setiap manusia yang mau dikembangkan : rasa hormat, tanggungjawab, penghargaan dan cinta. Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran a. Kegiatan Awal/Pendahuluan/Pembukaan : 1) Doa pembuka 2) Menyanyi: Pergi Sekolah “oh, ibu dan ayah, selamat pagi, kupergi sekolah sampai kan nanti selamat belajar nak penuh semangat, rajinlah selalu tentu kau dapat hormati gurumu sayangi teman, itulah tandanya kau murid budiman” 3) Guru mengajukan pertanyaan tentang keadaan rumah dan keluarga: • Siapa yang membangunkan kalian setiap pagi? 1

E. F. G.

H.

melakukan perbuatan-perbuatan pembelajaran berikutnya. (Refleksi pengalaman hidup) 2) Doa penutup Refleksi Dalam melakukan refleksi dipandu dengan pertanyaan refleksi: 1. • Nilai kemanusiaan : 1. 2. Apakah selama ini saya sudah menjadi anak yang baik? (Refleksi nilai kemanusiaan) 4.) 2. baik kepada orangtua sampai pertemuan 2 . guru : 1) Menugaskan siswa untuk mencatat perbuatan-perbuatan baik yang dilakukan terhadap orangtua sampai pertemuan berikutnya. e) Memutar slide ”A Parent’s Wish” c. guru menugaskan siswa untuk: a) Membuat daftar jasa-jasa orangtua terhadap dirinya dari lahir sampai sekarang. membuat doa bagi orangtua 2. Apa yang akan kamu lakukan kepada orangtua selanjutnya? (Refleksi akademis) 5. guru meminta siswa untuk: a) Mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas. Pernahkan kamu mendoakan orangtua? (Refleksi iman) Aksi Siswa diminta untuk : 1. b. guru: a) Mengajak anak untuk membaca perikop Efesus 6:1-4 dan Keluaran 20 (Perintah Allah). serta nilai kemanusiaan yang diperjuangkan. Apa yang kamu pelajari dalam pelajaran ini? (Refleksi makna. c) Mengajak siswa untuk menceritakan pengalaman hidup dalam keluarga. menghormati orangtua. b) Guru menjelaskan perikop Efesus dan Keluaran. buku. • • I. Kegiatan Akhir / Penutup dan Tindak lanjut : Dalam kegiatan penutup. Kegiatan Inti : 1) Eksplorasi. 2) Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi. • Tujuan pembelajaran: Memahami kehendak Allah dalam bersikap terhadap orangtua.Apa yang kamu lakukan setelah bangun? Apa yang kamu lakukan sebelum berangkat sekolah? Apakah kamu pamit dengan orangtua? Bagaimana caranya? 4) Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. 3) Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi. Bagaimana cara kamu membalas kebaikan orangtua? (Refleksi pengalaman hidup) 3. 4. kehidupan diri dan sesamanya. nilai. bertanggungjawab. 3. d) Merangkum hasil presentasi siswa. b) Membuat daftar yang dilakukan anak kepada orangtuanya. menghargai pemberian orangtua: makanan. semakin mencintai. J. Dalam kegiatan eksplorasi. manfaat atau bahan ajar.

2. perikop Efesus 6:1-4 dan Keluaran 20. Kecakapan Akademik a) Kecakapan mengidentifikasi. Yustina Amirah Dwi Prasetyanto. membaca . Kecakapan Sosial (Sosial Skill) seperti : a) Membudayakan sikap disiplin c. dsb. Sumber Belajar. b. S. c) Bertanggung jawab. jujur. 12 Februari 2011 Guru Agama Katolik Dra. d) Menghargai dan mencintai orangtua. Mengetahui. Tehnik : Prosedur Bentuk : Tertulis : Perorangan Isian singkat dan uraian L. Kecakapan Hidup Kecakapan hidup yang ingin dicapai adalah: a. 2. 1) Kecakapan Kesadaran Diri (Self Awareness Skill) seperti: a) Kesadaran sebagai makluk Tuhan b) Berakhlak mulia. b) Menggunakan pengetahuan dan nilai – nilai untuk mengambil keputusan yang tepat. Alat Bahan 1. Kepala Sekolah Jakarta. menghubungkan dan merumuskan variabel. bertanya . Kecakapan Personal (Personal skill). 3. Komputer dan LCD Penilaian Hasil Belajar 1.Fil 3 . Buku PAK pelajaran 14 3. 2) Kecakapan Berpikir (Thingking Skill) seperti : a) Kecakapan menggali informasi : observasi .K. M. Kitab suci. Media.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful