Empat Ide Unik untuk Atribut Kampanye Anda

utuhtaedini | Mar 25, 2011 | Comments 0

cetak atribut kampanyeBagi kebanyakan orang, atribut kampanye memiliki asosiasi yang kuat dengan baliho, papan billboard, dan spanduk. Atribut kampanye memiliki peran yang penting. Merancang dan menempatkan atribut kampanye secara tepat akan memberi pengaruh positif pada peningkatan popularitas. Namun atribut kampanye tidak hanya terbatas pada baliho, billboard, dan spanduk. Kali ini saya sajikan empat ide unik untuk atribut kampanye Anda: 1. Get Out The Vote Jika Anda tahu bahwa 6, 7, atau 8 dari setiap 10 orang yang pergi ke tempat pemungutan suara di lingkungan tertentu akan memilih Anda, mengapa tidak mencetak atribut yang mengingatkan orang ketika Pemilu Hari, memberitahu mereka di mana tempat pemungutan suara mereka , dan mengingatkan mereka untuk memilih Anda. Untuk ini Anda harus mengantongi data demografi dan geografi suatu wilayah, pastikan data Anda valid (hasil dari sebuah riset, bukan perkiraan) 2. Atribut Isu Apakah issue utama di daerah pemilihan Anda? Apa saja yang menjadi konsent para pemilih? Issue apa yang diangkat lawan Anda? Apakah ada issue yang dapat merubah pemilih dari lawan menjadi pemilih Anda? Cetak atribut kampanye pada isu-isu tersebut. Jika isu utama yang Anda angkat adalah pendidikan, maka cetak billboard, sticker, spanduk berisi lima hal yang akan Anda lakukan untuk memperbaiki pendidikan. Jika fokus utama Anda adalah mengurangi angka kemiskinan, tulis lima hal yang akan Anda lakukan untuk mengurangi angka kemiskinan. 3. Daftar Geografis Yang Benar Tunjukkan benefit, tunjukkan efek yang menguntungkan dari kebijakan yang akan Anda buat jika terpilih. Buatlah atribut kampanye yang ditempatkan di lokasi yang spesifik. Misal, dengan 5 hal yang Anda lakukan untuk mengurangi kemiskinan, berapa orang yang akan merasakan manfaatnya, berapa orang yang akan Anda keluarkan dari garis kemiskinan. 4. Atribut Negatif

Get Out The Vote Jika Anda tahu bahwa 6. bisa jadi senjata makan tuan. atau 8 dari setiap 10 orang yang pergi ke tempat pemungutan suara di lingkungan tertentu akan memilih Anda. dan spanduk. Dari keempat ide tersebut. 7. billboard. mengapa tidak mencetak atribut yang mengingatkan orang ketika Pemilu Hari. dan spanduk. strategi yang bisa berbalik menyerang Anda. intinya Anda (dan tim Anda) harus berpikir secara kreatif. Atribut kampanye memiliki peran yang penting. karena cara ini bisa jadi sangat berbahaya. Kali ini saya sajikan empat ide unik untuk atribut kampanye Anda: 1. bukan perkiraan) 2. pastikan data Anda valid (hasil dari sebuah riset. Anda bisa mencetak atribut kampanye yang berisi perbandingan antara Anda dengan Lawan. atribut kampanye bisa jadi merupakan media yang tepat untuk melakukannya.Jika Anda memutuskan untuk menjalankan kampanye negatif (black campaign). papan billboard. Buat atribut kampanye yang secara efektif dapat mengkomunikasikan pesan Anda dan memenangkan pamilihan. that’s the point. berpikir di luar kotak. Empat Ide Unik untuk Atribut Kampanye Anda Bagi kebanyakan orang. atribut kampanye memiliki asosiasi yang kuat dengan baliho. Namun atribut kampanye tidak hanya terbatas pada baliho. memberitahu mereka di mana tempat pemungutan suara mereka . dan mengingatkan mereka untuk memilih Anda. Merancang dan menempatkan atribut kampanye secara tepat akan memberi pengaruh positif pada peningkatan popularitas. Atribut Isu . Namun Hati-hati. Untuk ini Anda harus mengantongi data demografi dan geografi suatu wilayah.

atribut kampanye bisa jadi merupakan media yang tepat untuk melakukannya. tunjukkan efek yang menguntungkan dari kebijakan yang akan Anda buat jika terpilih. sticker. tulis lima hal yang akan Anda lakukan untuk mengurangi angka kemiskinan. Dari keempat ide tersebut.Apakah issue utama di daerah pemilihan Anda? Apa saja yang menjadi konsent para pemilih? Issue apa yang diangkat lawan Anda? Apakah ada issue yang dapat merubah pemilih dari lawan menjadi pemilih Anda? Cetak atribut kampanye pada isu-isu tersebut. bisa jadi senjata makan tuan. that’s the point. Buatlah atribut kampanye yang ditempatkan di lokasi yang spesifik. 4. maka cetak billboard. Atribut Negatif Jika Anda memutuskan untuk menjalankan kampanye negatif (black campaign). 2010 | Comments 0 . spanduk berisi lima hal yang akan Anda lakukan untuk memperbaiki pendidikan. Jika fokus utama Anda adalah mengurangi angka kemiskinan. Jika isu utama yang Anda angkat adalah pendidikan. karena cara ini bisa jadi sangat berbahaya. strategi yang bisa berbalik menyerang Anda. berapa orang yang akan Anda keluarkan dari garis kemiskinan. Strategi Untuk Atribut Kampanye Anda utuhtaedini | Dec 27. Buat atribut kampanye yang secara efektif dapat mengkomunikasikan pesan Anda dan memenangkan pamilihan. berapa orang yang akan merasakan manfaatnya. Namun Hati-hati. intinya Anda (dan tim Anda) harus berpikir secara kreatif. Data Geografis Yang Benar Tunjukkan benefit. berpikir di luar kotak. Anda bisa mencetak atribut kampanye yang berisi perbandingan antara Anda dengan Lawan. 3. dengan 5 hal yang Anda lakukan untuk mengurangi kemiskinan. Misal.

dengan melihat atribut kampanye Anda di tempat yang berbeda. Demikian pula. Kedua adalah faktor geografi dan psikografi peta politik di daerah Anda. kapan atribut tersebut akan dipasang. Kecuali ada alasan yang sangat baik untuk melakukan sebaliknya. Karena membangun popularitas merupakan sebuah kerja keras dan butuh waktu. baik calon baru. para pemilih akan mendapatkan kesan bahwa kampanye Anda mendapat dukungan luas di seluruh kabupaten. atribut . Ini merupakan kesalahan. Kuncinya. Penargetan Seperti semua aspek kampanye. tujuan dari atribut kampanye adalah sangat sederhana. Sebagian besar kampanye tidak merencanakan strategi untuk atribut kampanye. maka Anda harus meluangkan waktu untuk mendesain dan memilih strategi yang tepat utnuk atribut tersebut. pemasangan atribut harus dilakukan secepat mungkin. Pemilihan waktu Unsur lain yang menjadi kunci untuk perencanaan atribut kampanye adalah waktu. Saran saya. Anda harus merencanakan dimana dan kapan pemasangan atribut kampanye dilaksanakan. namun atribut kampanye akan sangat membantu Anda dalam meningkatkan popularitas dan menyampaikan pesan kampanye kepada calon pemilih. Sebagian besar hanya mengirim relawan untuk memasang atribut dimanapun mereka bisa. Agar atribut kampanye dapat berhasil. Pastikan kampanye Anda sesuai hukum. yaitu harus dapat meningkatkan popularitas. maka popularitas harus dibangun secepatnya. kapan atribut kampanye terbut bisa mulai dipasang. Biasanya ada batasan waktu secara hukum. strategi atribut kampanye harus ditargetkan agar efektif. maupun incumbent. Saran ini berlaku bagi semua kandidat. Seberapa besar porsi anggaran untuk atribut kampanye dalam anggaran kampanye Anda. Pertama adalah faktor biaya. pemasangan atribut harus dilakukan sesegera mungkin.atribut kampanyeMeskipun kadang dipandang miring. sebanyak mungkin (kadang bahkan tidak peduli jika itu mengotori pemandangan kota). Tujuan dan Perencanaan Sebagaimana disebutkan di atas.

meningkatkan popularitas. Anda harus berhitung dengan tepat berapa kemungkinan keberhasilan Anda untuk merebut hati mereka. terutama pada daerah kunci yang ditargetkan. Lebih baik jika Anda fokus pada daerah yang telah ditargetkan. tim pemasangan. sehingga atribut yanng hilang dapat diganti dengan yang baru.kampanye sebaiknya ditempatkan di wilayah Anda. pastikan bahwa atribut kampanye ditempatkan di daerah dengan arus lalu lintas tinggi. dan tim pemantau. tim kanvas. Hal yang penting. Sehingga dengan demikian dana yang Anda keluarkan untuk atribut kampanye tidak sia-sia. 2010 | Comments 0 target kampanye politikKami telah membahas secara ekstensif penargetan politik dalam strategi kampanye politik. dan menyampaikan pesan kampanye Anda pada calon pemilih. Sebagian orang tidak terdaftar untuk memilih. Karenanya sangat perlu untuk mengecek secara berkala keberadaan atribut yang telah terpasang. 6 Cara untuk Mencapai Target Kampanye Politik utuhtaedini | Sep 06. Organisasir Dan terkahir. misalnya: tim desain. Pertimbangan lainnya. Satu hal yang tidak bisa disangkal. Lebih dari itu. organisir dengan baik tim Anda untuk menjalankan semua rencana Anda. beberapa akhirnya akan menghilang. Untuk daerah dimana terdapat banyak swing voter. kampanye Anda juga harus menargetkan para pemilih dengan menggunakan strategi kampanye Anda: Apakah sasaran Anda pemilih yang belum menentukan pilihan? Ataukah Anda mencoba untuk menemukan orang-orang tertarik pada masalah atau issue tertentu (untuk memilih Anda)? . adalah bahwa seberapa banyak Anda memasang atribut kampanye. atau ada juga orang yang terdaftar tapi tidak memberikan suara pada hari pemilu (sebagaimana ditentukan oleh perilaku masa lalu mereka). adalah: kampanye politik modern tidak harus membuang waktu yang berharga atau sumber daya dengan mencoba berkomunikasi dengan semua orang yang tinggal di kabupaten. termasuk dalam pemasangan atribut. dan atribut kampanye dapat bekerja secara efektif. Bentuk tim-tim kecil.

4. Yard Signs Apakah Anda memasang yard sign (umbul-umbul. Berikut adalah 8 cara untuk mencapai target kampanye politik Anda: 1. Pertimbangan untuk tidak mengetuk semua pintu. Anda iklan televisi. sehingga terlihat oleh pemilih yang ditargetkan. spanduk. dan iklan web harus ditargetkan kepada para pemilih yang Anda targetkan. dan tidak ada kampanye modern (tidak peduli seberapa kecil) bisa hidup tanpa itu. iklan radio. 3. Semua promosi Anda harus memiliki beberapa unsur penargetan. dan papan-papan kecil)? Memasangnya di mana pun di setiap sudut tempat? Itu baik-baik saja jika Anda memiliki sumber daya yang tak terbatas. e-mail blast. dan menurut saya setiap calon harus melakukannya. tetapi jika Anda dengan anggaran yang ketat. Acara Kampanye Buat acara kampanye yang menarik dan mengena dengan target Anda baik secara demografi.Target sangat penting. . untuk mencapai pemilih. dan harus membuat Anda lebih dekat ke arah tujuan yang ditetapkan dalam strategi kampanye politik Anda. 2. e-newsletter. Anda harus menempatkan yard sign Anda pada lokasi tertentu. maupiun psikografi. Online Demikian juga. dan bahkan billboard harus dibeli. Komunikasi Massa Ini merupakan cara yang mudah. hanya ketuk pintu calon pemilih yang menjadi target Anda. Door-to-Door Saya suka kampanye dari pintu ke pintu. 5.

Bidik. orang-orang yang menjadi sasaran komunikasi politik Anda. demografi. Pertanyaan selanjutnya: Apa yang dimaksud dengan sasaran komunikasi? Bukankah kita harus berkomunikasi dengan semua orang untuk mendulang suara sebanyak mungkin? Anda tentu tidak ingin menghabiskan uang dengan berkomunikasi dengan orang yang tidak mungkin memilih Anda. Karenanya Anda harus memilih target sasaran yang spesifik. Atau mereka yang berada di pihak lawan politik yang tidak mungkin memilih Anda. Penargetan adalah proses memilih sasaran. Adalah tidak bijak jika Anda membuang-buang anggaran untuk sebuah program kampanye yang tidak tepat sasaran. . Semua program kampanye. Orang yang berada diluar daerah pemilihan Anda. psikografi. dan jangan lupa untuk meneliti peta politik lokal. Keputusan yang sebenarnya datang ketika Anda memutuskan yang mana dari pemilih yang dapat memilih Anda. Orang-orang yang secara sukarela pada sebuah kampanye lebih mungkin untuk memberitahu teman-teman dan tetangga untuk memilih calon mereka. iap.6. biaya kampanye mahal. Pertimbangkan geografi. orang-orang yang nantinya bisa jadi memilih Anda. Tembak Target utuhtaedini | Dec 21. Sukarelawan Pastikan porsi yang baik dari relawan Anda dari kelompok-kelompok yang ditargetkan. Kita tahu. Orang yang tidak terdaftar sebagai pemilih. semuanya butuh dana yang tidak sedikit. mulai memasang atribut kampanye sampai kampanye door to door. itulah pemilih yang menjadi prioritas untuk ditargetkan. 2010 | Comments 0 bidik targetKunci pertama strategi kampanye yang sukses adalah TARGET.

Singkatnya. 2010 | Comments 0 lautan manusiaSaya menerima banyak e-mail setiap bulan mengajukan beberapa pertanyaan tentang strategi kampanye dan cara memenangkan pilkada. Bila Anda siap untuk mengirimkan direct mail. dan melakukan kanvasing.Keputusan penargetan yang Anda buat akan mempengaruhi semua aspek strategi kampanye Anda. Anda dapat keluar bertemu orang. Sebagian dari pertanyaan ini berhubungan dengan politik akar rumput – mengorganisir distrik. membangun sebuah organisasi dan menulis rencana promosi Anda. Bagaimana Saya Harus Memulai Kampanye? Ini adalah salah satu pertanyaan yang paling umum untuk calon pertama kali dan manajer kampanye. Anda akan menggunakan penargetan untuk menentukan daerah/pemukiman mana yang akan mendapat surat tersebut. . Penargetan Anda akan menentukan di mana acara perlu diadakan. dan bentuk acara apa yang tepat. Menjawab Pertanyaan Tentang Politik Akar Rumput utuhtaedini | Aug 30. Jawaban singkatnya adalah: tidak pernah terlalu dini untuk memulai. Diantara semua email tersebut ada dua pertanyaan yang paling sering ditanyakan: 1. penargetan memberikan arah untuk strategi kampanye Anda. Penargetan akan menuntun Anda ke mana harus pergi untuk kampanye dari pintu ke pintu. Bahkan jika pemilu masih empat tahun lagi. berbicara dengan para pemimpin dan aktivis. Selalu ada kegiatan-kegiatan yang dapat Anda lakukan untuk kampanye.

uang. Tetapi jika mereka sebagian besar pendukung lawan. ingat untuk menunggu sampai orang-orang siap untuk menaruh perhatian pada kampanye. Berdiri di luar toko dan pabrik berjabatan tangan adalah proposisi berisiko. Cara untuk memastikan bahwa sumber daya ini digunakan dengan cara terbaik adalah target. Tidak hanya Anda tidak tahu apakah orang yang Anda temui ada terdaftar untuk memilih atau jika mereka bahkan tinggal di daerah pemilihan. 2. dan anggaran yang berlebih. Yang demikian akan memakan banyak biaya. Anda tidak ingin mengumumkan pencalonan Anda atau menjalankan iklan terlalu jauh sebelum kampanye.Tentu saja. Ketika memutuskan kapan harus mulai menjalankan iklan. itu adalah penargetan. Fokuslah pada pemilih yang Anda targetkan. Haruskah Saya Berdiri di Luar Toko Grosir dan Gerbang Pabrik Berjabatan Tangan dan Mencari Orang Untuk Memilih Saya? Jika ada satu konsep yang diabaikan oleh sebagian besar kampanye. Sedangkan waktu terbaik untuk memulai kegiatan ini bervariasi menurut tempat. Kampanye beroperasi dengan sumber daya yang terbatas – dalam keterbatasan waktu. berarti Anda membuang-buang uang yang berharga bagi kegiatan kampanye. dan mendorong lawan beraksi untuk kampanye di daerah itu. dan tenaga kerja. Segala sumber daya tersebut harus digunakan dengan bijaksana jika Anda ingin kampanye ini menjadi sukses. Pilih pemilih yang Anda butuhkan untuk berkonsentrasi pada penyampaian pesan Anda dan gunakan sumber daya Anda untuk melakukannya. kampanye Anda justru akan membangunkan anjing tidur. jangan melakukan tindakan yang tidak ditargetkan dengan baik. Anda dapat menjalankan strategi kampanye masal. Jika Anda menjalankan iklan dan tidak ada yang peduli. Kecuali jika Anda memiliki banyak relawan. Berdiri dan menyalami semua orang bukanlah kampanye yang bijak. Mengapa Slogan Kampanye Anda Gagal . pemilihan dan strategi. Sederhananya.

menarik. Slogan Tidak Praktis Slogan yang tidak praktis memiliki banyak kelemahan: tidak diingat. Karena slogan tersebut mencerminkan Anda. Jangan menggunakan slogan yang sudah menjadi slogan umum. Sebaliknya. Bahkan slogan yang sangat bagus dapat mengendap dalam benak masyarakat untuk beberapa tahun. Saat Anda merancang slogan. orang akan teringat slogan Anda. 3. sulit dibaca. slogan harus dapat dibaca dengan cepat tanpa kesulitan. Dan sebaliknya dengan melihat Anda. Slogan Tidak Mudah Diingat Slogan Anda harus benar-benar personal. Dengan melihat slogan. Slogan Tidak Berdasar Pesan Semua slogan harus secara langsung dikaitkan dengan pesan kampanye Anda. dan to the point. Saat pertama kali melihat. Slogan harus singkat. slogan yang salah akan mudah dilupakan. maka pastikan untuk meluangkan waktu yang cukup untuk merancang sebuah slogan yang baik. juga perlu diingat empat alasan mengapa banyak sloganslogan kampanye gagal: 1. lebih luas dari pesan Anda. Slogan yang tepat dapat meningkatkan popularitas dan tingkat pengenalan Anda di kalangan pemilih. 4.utuhtaedini | Jul 21. Slogan harus benar-benar unik. 2010 | Comments 0 slogan kampanyeSlogan kampanye politik merupakan suatu hal yang rumit dari bagian strategi kampanye. orang akan teringat pada Anda. tetapi mereka tetap harus terkait langsung dengan tema promosi secara keseluruhan. Slogan kampanye harus. 2. Pesan Yang Tidak Diinginkan dan Berbahaya . Sehingga sambil jalan orang dapat membaca slogan Anda dengan jelas. dan bisa jadi membuat kampanye Anda terlihat amatir. Karena slogan kampanye memiliki nilai yang sangat penting. secara umum.

namun sebenarnya mengirim pesan yang tidak diinginkan (dan berbahaya). Slogan kampanye dapat secara tidak langsung mengingatkan pemilih pesan lain. focus discusion group. Tidak ada aktivitas kampanye publik yang dilakukan tanpa melibatkan tes dan re-testing pesan. dan sumber informasi informal para sukarelawan. atau konsultan media) tahu apa pesan terbaik untuk kampanye. selanjutnya dapat ditentukan isu dan pesan yang menjadi fokus untuk digarisbawahi dalam kampanye Anda. dana. Menguji Pesan . Dengan menggunakan data ini. kampanye membuat kesalahan besar dengan mengira bahwa mereka telah mengirimkan pesan yang tepat dengan slogan kampanye mereka. dan waktu. dan membandingkannya terhadap pandangan kandidat Anda. Dengan melakukan jajak pendapat. buatlah slogan kampanye yang baik untuk mendukung strategi kampanye politik Anda.Terkadang. tanpa survey. Salah satu tugas pertama yang harus dilakukan dari awal. Kampanye seperti itu seolah berjalan dalam gelap. Jangan sampai kampanye Anda berjalan atas dasar asumsi semata. 2010 | Comments 0 combined-testing-analysisTerlalu banyak kampanye yang dimulai berdasar asumsi bahwa calon (atau manajer kampanye. dalam setiap kampanye. adalah menentukan apa konsentrasi masalah dan pesan-pesan sekitarnya. dan pandangan lawan. hanya meraba-raba. Uji Pesan Kampanye Anda utuhtaedini | Nov 23. Anda dapat dengan tepat memetakan pemilih. Dan apa yang menjadi fokus masyarakat setempat. sumber daya. tidak berdasar data yang akurat. Hati-hati jangan sampai slogan Anda dapat mengingatkan pemilih pada pesan yang dapat membahayakan Anda. Belajar dari kegagalan tersebut. Terlalu besar pertaruhannya.

dengan parameter tertentu tentunya. tidak harus berhenti pada periode awal kampanye. tergantung budget anggaran Anda. spot iklan radio atau koran. Dapatkan Umpan Balik Apa aturan (pengujian) tersebut berlaku untuk semua kampanye? Ini berarti bahwa setiap kali Anda mendesain brosur. Anda perlu mendapatkan umpan balik. Perbaiki pesan Anda. Pengujian harus dilakukan secara periodik untuk melihat apakah pesan Anda sudah mengena pada target pemilih Anda. Tentu saja.Pengujian. kampanye lain akan menggunakan sukarelawan untuk melakukan survei dan forum diskusi. Yang penting ia memiliki metodologi yang dapat dipertanggungjawabkan. Ini berarti bahwa setiap pidato diuji di depan sekelompok penasihat terpercaya. bagaimanapun. Yang penting segala sesuatunya diuji. Tentu saja. Anda mengumpulkan sekelompok pemilih untuk meninjau dan mengomentarinya. Ambil apa yang dapat Anda pelajari dari setiap pengujian dan terapkan. Ambil ke jantung komentar dan jika memang perlu. buat perubahan yang diperlukan untuk memastikan bahwa pesan Anda diterima dengan baik oleh calon pemilih. . Beberapa kampanye besar dapat menggunakan perusahaan konsultan profesional untuk melakukan survei dan forum diskusi. Masing-masing opsi sama baiknya. hanya menguji pesan Anda tidak cukup. Review asumsi Anda. menulis surat langsung. setiap kampanye memiliki sumber daya yang berbeda.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful