NAMA SEKOLAH KOMPETENSI KEAHLIAN MATA PELAJARAN KELAS/ SEMESTER STANDAR KOMPETENSI KODE KOMPETENSI DURASI PEMBELAJARAN KOMPETENSI

DASAR

: SMK PLUS BERKUALITAS : PEMASARAN : DASAR KOMPETENSI KEJURUAN : XI / GASAL : MENERAPKAN PRINSIP PRAKTIK PROFESIONAL DALAM BEKERJA : : JAM PELAJARAN @ 45 MENIT MATERI PEMBELAJARA N 1. Definisi profesional, 2. Tujuan profesi pemasaran 3. Pengaruh luas dan bidang kerja terhadap pemasaran, 4. Faktor eksternal dan internal yang mempengar uhi profesi Pemasaran, 5. Macammacam Profesi 6. Pihak-pihak publik yang terlibat dalam KEGIATAN PEMBELAJARAN 1. Siswa membaca referensi yang ditayangkan oleh fasilitator melalui slide presentation; 2. Siswa mendiskusikan dalam kelompok diskusi yang beranggotakan empat orang siswa mengenai materi yang telah dibaca dari slide presentation; 3. Fasilitator menerangkan dan siswa mendengarkan, mencermati, serta memahami PENILAIAN ALOKASI WAKTU TM PS PI 4 0 (0) 0 (0) SUMBER BELAJAR 1. Kode Etik Teknisi Akuntansi Indonesia diunduh dari: www.lsp-ta.com 2. Somantri, Hendi. DasarDasar Akuntansi SMK. 1999. CV Armico: Bandung.

INDIKATOR

1. Mengidentifikasi 1. Memiliki rasa luas sektor dan ingin tahu dan tanggung jawab gemar membaca industri. referensi yang berkaitan dengan aspek eksternal yang mempengaruhi Profesi pemasaran serta cermat melakukan identifikasi terhadap faktor eksternal tersebut. Rasa ingin tahu, gemar membaca, dan cermat. 2. Memiliki rasa ingin tahu dan

1. Keaktifan di dalam kelas, 2. Tes tertulis, 3. Sikap.

5. gemar membaca. 7. Siswa melakukan tanya jawab dalam kelompok diskusi untuk semakin memahami materi. Rasa ingin tahu. Fasilitator mengajukan pertanyaan secara lisan dan acak untuk mengetahui tingkat . Peran dan tanggung jawab pihak-pihak publik yang terlibat dalam pelaksanaan tugas Profesi pemasaran materi. pelaksanaan tugas Profesi pemasaran. dan tepat. mengajukan pertanyaan untuk hal-hal yang belum dipahami. ataupun memberikan ulasan dengan menggunakan bahasa siswa sendiri. 4. Siswa mendiskusikan ulang materi dengan mengingat kembali penjelasan dari fasilitator. 6.gemar membaca materi tentang pihak-pihak yang terlibat dalam Profesi pemasaran sehingga tepat mengidentifikasi peran serta tanggung jawabnya.

8. 7. Siswa menyimpulkan materi berdasarkan . Siswa aktif mendengarkan jawaban siswa lain ataupun pertanyaan dari siswa lain serta berpartisipasi dalam memberikan solusi maupun memberikan tanggapan atas jawaban teman. 10. 9. Fasilitator menggarisbawahi jawaban siswa ataupun meluruskan jawaban siswa. Siswa menambahkan informasi baru yang didapat dari pembelajaran ke dalam buku catatan masingmasing dengan mempergunakan bahasa siswa sendiri.pemahaman siswa.

Bekerja keras dan disiplin mengumpulk an. Penugasan. peraturan. peraturan. Kode etik jurnalistik diunduh dari: www. Fasilitator menanyakan kembali kepada siswa mengenai materi untuk mengetahui materi yang berhasil diingat oleh siswa. serta menganalisis informasi untuk memenuhi rasa ingin tahu yang berhubungan dengan hukum. dan aturan. Sikap.pemahaman siswa dan berdasarkan arahan dari fasilitator. Informasi yang terkandung dalam hukum.dewanpers . 2. 3. Keaktifan di dalam diskusi kelompok 3. Definisi hukum. dan kode etik dari berbagai profesi. Siswa membaca materi yang ditayangkan oleh fasilitator melalui slide presentation. peraturan. Siswa mendiskusikan perihal materi bersama dengan teman satu meja dan melakukan tanya jawab untuk lebih 1. Keaktifan di dalam kelas. 3. Contoh-contoh hukum. prosedur. 1. peraturan. 2. Definisi hukum. 2. 2. 5. 1. Mengidentifikasi dan menerapkan pedoman. dan kode etik. 4. membaca.id 3. Kode Etik Dokter Indonesia diunduh dari: www. org 2. dan kode etik. 2 1 (2) 1(4) 1.co. peraturan.kalbe. dan kode etik dari berbagai profesi.org . Tes tertulis. Definisi dan tujuan kode 1. 4. dan kode etik diunduh dari: www.wikipedia.

2.Bekerja keras. mendalami materi. 7.com 5. Gemar membaca untuk memenuhi rasa ingin tahu terhadap informasi yang berhubungan dengan hukum. Siswa secara aktif (tunjuk jari atas inisiatif sendiri) mengomunikasikan kepada kelas hasil analisisnya terhadap informasi yang terkandung dalam kode etik. dan rasa ingin tahu. 6. Bagian-bagian kode etik yang meliputi prinsip etika. 4. dan interpretasi. Kode Etik Teknisi Akuntansi Indonesia yang diunduh dari: www. Fasilitator menjelaskan materi dan siswa menyimak penjelasan fasilitator. disiplin. menyampaikan pertanyaan terhadap hal-hal yang belum diketahui. Fasilitator mengulas . Disiplin dan bertanggung jawab menerapkan ketentuan tentang praktik kerja yang relevan sebagai dasar untuk menjalankan pekerjaan dan etik 5. dan kode etik dalam kaitannya dengan pihak yang bersangkutan di tempat kerja. aturan etika. 3. Siswa membaca dan mencermati contoh kode etik profesi yang ditayangkan oleh fasilitator dan meminta siswa untuk menggali informasi dari kode etik tersebut.lspta. gemar membaca. Gemar membaca dan rasa ingin tahu. 4. peraturan.

pengambilan keputusan secara beretika. Fasilitator memberikan penugasan kepada siswa secara berkelompok (empat siswa perkelompok) untuk mencari artikel dari internet mengenai kode etik Profesi pemasaran dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. Fasilitator meminta siswa untuk duduk dalam satu kelompok berdasarkan kelompok pengumpulan tugas dan meminta siswa membaca artikel yang telah berhasil di unduh dari internet sebagai penugasan pertemuan sebelumnya. dan beretika. 9. Disiplin. 8. bertanggung jawab. 10. hasil analisis siswa. Siswa dalam kelompok mendiskusikan mengenai informasi yang terkandung dalam kode etik Profesi pemasaran dan menuliskan .

12. Siswa berperan sebagai Teknisi pemasaran bekerja serta mengambil keputusan dengan tetap berdasarkan pada prinsip etika dan aturan etika. 15. 13. Fasilitator memberikan ulasan terhadap tindakan yang diambil siswa.informasi yang berhasil di dapat dalam kertas penugasan untuk kemudian dikumpulkan kepada fasilitator. 14. 11. . Fasilitator mengulas hasil analisis siswa terhadap kode etik Profesi pemasaran. Fasilitator menekankan kepada siswa saat kelak benar-benar berada di dunia kerja harus menaati ketentuan. Fasilitator mengondisikan siswa sebagai Teknisi pemasaran dengan beberapa situasi yang dihadapi.

2. 16. 2. Siswa menyimpulkan materi berdasarkan pemahaman mereka dan berdasarkan arahan dari fasilitator. BPFE: Yogyakarta. Siswa diminta oleh fasilitator untuk membentuk kelompok beranggotakan empat sampai dengan tujuh orang dengan pembagian tugas (ada yang bertugas penyaji data. 1999. Siswa disajikan beberapa dokumen. Contoh format penyajian informasi pemasaran. daftar total hutang. KEGIATAN PEMBELAJARAN 1. Contoh data seperti laporan hasil penjualan. Kerjasama dalam kelompok (meliputi proses simulasi dan hasil kerja). Mengelola informasi. . bertugas sebagai customer. 1. dan format-format lain berdasarkan kebutuhan pemakai. contoh daftar penjualan berdasarkan urutan merek. data. Akuntansi Keuangan Menengah Buku 1. Mas’ud. Teliti menganalisis.aturan. Membaca dan memahami. 2. data customer. dan bertugas sebagai karyawan perusahaan yang harus menyediakan informasi yang PENILAIAN ALOKASI WAKTU TM PS PI 0 1 (2) 1 (4) SUMBER BELAJAR Data-data keuangan yang diambil dari buku: Machfoedz. Sikap. 1. data supplier. ataupun laporan yang relevan guna memenuhi rasa ingin tahu kemudian mendiskusikan pengaruhnya kepada pihakpihak terkait. rasa ingin tahu. data. ataupun etika profesinya. Gemar membaca. ataupun laporan. memeriksa ulang. 2. KOMPETENSI DASAR 3. dokumen. INDIKATOR MATERI PEMBELAJARA N 1. dan komunikatif.

mengevaluasi. 6. data. 5. jujur. dan mengorganisir dokumen. dan rapi menyajikan informasi dalam format yang sesuai dengan kebutuhan pemakai. 3. Siswa menuangkan proses kerja yang dilalui oleh kelompoknya dalam sebuah laporan . ataupun laporan untuk bisa menyajikan informasi yang diperlukan oleh perusahaan. 4. rapi. Teliti. Siswa yang bertugas sebagai karyawan. jujur. membaca dan menganalisis dokumen. dsb. Teliti. 3. Siswa yang bertugas sebagai karyawan penyaji informasi harus berusaha mengomunikasikan kebutuhannya baik kepada penyaji data ataupun pihak lain yang terkait seperti customer. Teliti. ataupun laporan agar dapat memenuhi kebutuhan pemakai. dibutuhkan perusahaan). menyusun informasi yang diperlukan oleh perusahaan dalam format. data. Siswa yang bertugas sebagai karyawan penyaji informasi.

Kerjasa ma dalam kelomp ok. Siswa membaca materi yang ditayangkan oleh fasilitator melalui slide presentation.tertulis yang dikumpulkan di akhir pembelajaran. Cermat dan teliti menentukan tugas yang harus diselesaikan 1. 2. 8. Definisi kerja mandiri. 1. Administrasi Perkantoran. 9. 7. Fasilitator dan siswa lain mengulas proses kerja dari kelompok yang presentasi. Penuga 2 1 (2) 1(4) 1. Definisi kerja tim (bekerja dengan orang lain). . Salah satu kelompok menceritakan di forum kelas (presentasi) mengenai proses kerja dalam kelompok mereka sehingga dapat tersaji informasi yang diperlukan oleh perusahaan. 4. 2. Merencanakan penyelesaian pekerjaan dengan mempertimbang kan keterbatasan 1. Modul 1. Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan. 1. Siswa menyimpulkan materi berdasarkan pemahaman mereka dan berdasarkan arahan dari fasilitator.

Sikap. Armico: Bandung. Manfaat teknologi. Cermat dan teliti merencanaka n pekerjaan dengan mempertimb ang kan sumber daya. 6. mengajukan pertanyaan jika terdapat hal-hal yang belum dipahami. Definisi tata hubungan manusia dan komponenkomponenya.Juhana. 8. 4. 3. Edisi 1. Rencana kerja dan tujuan rencana kerja. 4. Cermat dan teliti. Cermat dan teliti. Siswa melakukan diskusi dengan teman satu meja dan tanya jawab untuk lebih memahami materi. E. SMK. Merencanaka n dengan cermat dan teliti pekerjaan yang akan diselesaikan mandiri atau bersama dengan tim. Mary Elen. 2. dan skala prioritas. Siswa menambahkan informasi dari penjelasan fasilitator ke dalam buku catatan masingmasing dengan mempergunakan bahasanya sendiri. . 4. Wijaya. 2. 3. 5. dkk. Peka terhadap 3. waktu. 3. Perkembangan teknologi. 4. 2004. 5. Edisi 4. Definisi keterbatasan dan contohcontonya. Siswa mendengarkan dengan seksama dan memahami penjelasan dari fasilitator mengenai materi. Fasilitator mengajukan san pribadi. Kelebihan dan kelemahan kerja mandiri dan tim. 6. 2. Tes tertulis. Salemba Empat: Jakarta. Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan. Business Communication Process and Product. Guffey. Cermat dan teliti. Siswa aktif mengikuti pembelajaran di kelas dengan memberikan tanggapan atas pertanyaan teman maupun ulasan atas jawaban teman yang lain. 2005. 7.waktu dan sumber daya. dan kondisi yang dapat mendukung. Mediatama. 3.

Siswa merencanakan penyelesaian kasus secara mandiri dengan mempertimbangkan sumber daya. berdasarkan kasus yang disajikan oleh fasilitator. skala prioritas. Siswa merencanakan penyelesaian kasus bersama tim dengan mempertimbangkan sumber daya. waktu. pertanyaan kepada siswa secara acak untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa. berdasarkan kasus yang disajikan oleh fasilitator kemudian menuliskan proses maupun hasil kerja dalam kertas penugasan. 8. dan perubahan teknologi. berpikiran terbuka. dan perubahan teknologi. *) Siswa diberikan kebebasan untuk menentukan tim kerja berdasarkan hasil identifikasi . skala prioritas. 7. waktu.perubahan teknologi dan berpikir terbuka untuk mengadaptas i perubahan teknologi dan organisasi kerja. Peka terhadap perubahan teknologi.

Mediatama 2. Sikap. 3. 1. cermat mengidentifikasi kebutuhan kompetensi. SMK. 2. Siswa membaca materi yang disajikan oleh fasilitator melalui slide presentation. Merancang dan mengelola kompetensi personal. Siswa menyimpulkan materi baik mandiri maupun berdasar arahan dari fasilitator. Siswa melakukan tanya jawab dengan teman satu meja untuk dapat lebih memahami materi. dan lisensi. Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan.Juhana. Teliti.mereka. Proses maupun hasil kerja dituliskan dan dilaporkan kepada fasilitator dalam kertas penugasan. Teliti. cermat. Penugasan. Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan. otorisasi. 9. 2. Armico: Bandung. 2 1(2) 0(0) 1. Siswa mendengarkan. cermat. 2. Teliti. Wijaya. 1. dan memahami penjelasan dari fasilitator tentang 1. cermat mengidentifikasi dan mengaji secara periodik kebutuhan pengembangan profesional. 4. E. 2004. Siswa mendiskusikan perihal materi dengan teman satu meja. Cara mengetahui kekuatan pribadi. 1. . Teliti. menyimak. Administrasi Perkantoran. 3. Cara membangkitka n kekuatan pribadi. Edisi 1. 5. Keaktifan dalam kelas. 2. Modul 1.

Disiplin dan bertanggung jawab menyelesaikan dalam jangka waktu tertentu kesempatan pengembangan profesional yang menggambarkan kebutuhan dan sasaran. 6. Disiplin. tanggung jawab. Siswa menyajikan hasil identifikasi di muka kelas atas penunjukan dari fasilitator (tidak seluruh siswa menyajikan di muka kelas). Fasilitator menyajikan beberapa profesi dan siswa secara pribadi mengidentifikasi pengembangan profesi yang dapat dilakukan oleh masing-masing profesi tersebut kemudian menuliskan hasil identifikasinya dalam kertas penugasan. 5. materi. 7. Siswa yang lain memberikan tanggapan atas hasil identifikasi yang disajikan oleh teman .3. mengajukan pertanyaan apabila terdapat hal-hal yang belum dipahami ataupun memberikan jawaban terhadap pertanyaan teman.

9. . Siswa menyimpulkan materi baik mandiri maupun berdasar arahan dari fasilitator. Fasilitator memberikan ulasan terhadap hasil identifikasi siswa.mereka. 8.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful