LAPORAN KULIAH LAPANGAN MANAJEMEN STRATEGI “PT.

AMERTA INDAH OTSUKA”
22 JUNI 2011 Dosen: Dr.Tomy Perdana, SP.,MM

Disusun oleh : Amelia Novi Heliana 150610090040

PROGRAM STUDI AGRIBISNIS FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS PADJADJARAN 2011

KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang memberikan nikmat kesehatan dan kesempatan kepada say, sehingga saya mampu menyusun Laporan Kulia Lapangan “PT.Amerta Indah Otsuka” Mata Kuliah Manajemen Strategi tanpa halangan apapun.

Saya ucapkan terima kasih kepada Dosen saya Dr. Tomy Perdana, SP.MM dan seluruh pihak yang membantu saya baik secara moril maupun materil dalam penyusunan laporan ini sehingga dapat tersusun sebagai mana mestinya. Saya selaku penyusun juga menyadari, bahwa penulisan laporan ini masih banyak terdapat kesalahan dan kekurangan, maka saya selaku penyusun sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan dan laporan di masa mendatang dan mudah-mudahan dapat dapat bermanfaat bagi saya selaku penyusun khususnya dan bagi seluruh pembaca pada umumnya.

Jatinangor, 24 Juni 2011

Penyusun

BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Ketika era globalisasi menyebabkan informasi semakin mudah diperoleh, negara berkembang dapat segera meniru kebiasaan negara barat yang dianggap cermin pola hidup modern. Sejumlah perilaku seperti mengkonsumsi makanan siap

Amerta Indah Otsuka menjadi pelopor dalam mewujudkan kebutuhan tersebut dengan memproduksi minuman isotonik dan makanan ringan yang bermanfaat bagi kesehatan konsumen. Minuman isotonik yang diproduksi PT.  Untuk mempelajari Manajemen Strategi yang dilakukan PT.Amerta Indah Otsuka yang sukses di pasaran.1 Pengertian Manajemen Strategi  Fred R. dan mengevaluasi keputusan memungkinkan organisasi dapat mencapai tujuan. Otsuka harus merugi sebanyak itu karena Pocari Sweat harus dibagikan secara gratis agar para peminumnya bisa mengetahui khasiat minuman itu. David Manajemen strategi adalah seni dan ilmu untuk lintas memformulasi.saji. kurang berolah raga. . tapi dengan usaha yang gencar untuk menyakinkan masyarakat bahwa minuman ini penting untuk kesehatan terutama setelah beraktifitas sebagai pengganti ion lambat laun permintaan Pocari Sweat terus melonjak. kerja berlebihan.  Untuk mempelajari bagaimana menciptakan pasar baru dan terus menjaga eksistensi perusahaan di tengah persaingan yang tinggi.Akihiko yang percaya bahwa produk ini akan sukses di masa kini. dan stress. PT. BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2. respon mereka kurang memuaskan. Amerta Indah Otsuka diberi nama Pocari Sweat dan makanan ringan dinamakan SOYJO Pada saat memperkenalkan Pocari Sweat ke masyarakat. mereka menggap rasa minumannya aneh dan kurang enak. semua itu atas sebuah keyakinan Mr.2 Tujuan Penulisan  Untuk memenuhi tugas mata kulia Manajemen Strategi yaitu sebagai tugas akhir kulia lapangan. 1. minuman beralkohol. kebiasaan merokok. Dengan pengorbanan yang besar hingga merugi 400 milyar akhirnya produk ini sukses di pasaran karena strategi perusahaan menciptakan pasar baru karena selama ini belum ada minuman kesehatan. fungsi yang menginplementasi. telah menjadi gaya hidup manusia terutama di perkotaan.

strategi ini untuk menetapkan pasar mana yang akan digarap.2 Strategi Korporasi Sttrategi Korporasi adalah rencana yang disatukan. dimana berkaitan dengan pendanaan serta ketersediaan dana baik untuk produksi. 2. Besarnya peranan manajemen strategis semakin banyak diakui pada masa-masa ini dibanding masa-masa sebelumnya. dan lain sebagainya. 2. Hitt & R. pemasaran dan bagian fungsional lainnya. Pemilihan SDM yang tepat dan berkompeten pada bidang yang tepat sangat lah diperlukan.  Strategi sumber daya manusia (SDM). sesuai dengan kompetensi pokok yang dimiliki. strategi ini untuk menetapkan apa yang menjadi produk unggulan. Michael A. Hoslisson Manajemen strategis adalah proses untuk membantu organisasi dalam mengidentifikasi apa yang ingin mereka capai. kondisi pasar yang bagaimana yang akan diinginkan. menyeluruh dan terpadu yang mengaitkan keunggulan strategi perusahaan dengan tantangan lingkungan dan dirancang untuk memastikan bahwa tujuan perusahaan dapat dicapai melalui pelaksanaan yang tepat oleh perusahaan. Dari mana dana tersebut didapat dan bagaimana penggunaannya.  Strategi pemasaran. yaitu:  Strategi produksi. produk kompetitif. dan bagaimana seharusnya mereka mencapai hasil yang bernilai. Startegi tersebut terdiri dari 6 jenis. merupakan strategi yang penting dan harus mencakup seluruh fungsi manajemen. produk baru. dimana promosi apa yang dihendak diluncurkan. .  Strategi keuangan.3 Strategi Fungsional Strategi fungsional adalah strategi yang lebih bersifat teknis yang merupakan rumusan arahan dan pedoman dan operasional. strategi ini merupakan kelanjutan dari pemasaran dan produksi.  Strategi promosi. Duane Ireland & Robert E. media apa yang akan digunakan untuk promosi dan sebagainya.

harus sudah memikirkan kepeduliannya pada saat awal pendirian perusahaan. budaya organisasi dan perubahan global akan mempengaruhi tiga hal tersebut: Visi merupakan suatu pernyataan ringkas tentang cita-cita organisasi yang berisikan arahan yang jelas dan apa yang akan diperbuat oleh perusahaan di masa yang akan datang. ini berkaitan dengan pihak luar seperti suplier. Untuk mengujudkan visi tersebut maka perusahaan melakukan pengembangan misi yang akan dijalani dalam tiap aktivitas. Misi dan Nilai Perusahaan Suatu perusahaan atau organisasi yang baik dan bertanggungjawab serta ingin memelihara kesinambungan bisnis dalam jangka panjang. BAB III PEMBAHASAN 3. dan keterbukaan. Startegi fungsional lainnya. misi dan tujuan perusahaan.Amerta Indah Otsuka . agen dan lain sebagainya dengan memperhatikan transparansi. Misi merupakan penetapan tujuan dan sasaran perusahaan yang mencakup kegiatan jangka panjang tertentu dan jangka pendek yang akan dilakukan. Dalam perkembangannya. dalam upaya mencapai visi yang telah ditetapkan. yaitu dengan cara menetapkan visi.1 Profil PT. kejujuran. 2. Tujuan perusahan adalah mencapai keuntungan maksimum. konsultan.3 Visi.

Jawa Timur) dan di Sukabumi (Jawa Barat). Belakangan ini selain memproduksi minuman isotonik dengan merek Pocari Sweat. PT. Amerta Indah Otsuka merupakan sebuah perusahaan yang memasarkan produk minuman Pocari Sweat di Indonesia. Amerta Indah Otsuka dengan membuka pabriknya di Lawang (Malang. Pertama kali masuk ke Indonesia hanya 30..2 Visi. yaitu sebuah perusahaan yang bergerak di bidang farmasi yang sudah terkenal di Jepang. PT.PT. 3. perusahaan ini dulu belum sebesar dan berkembang dibandingkan saudaranya PT. Amerta Indah Otsuka Visi : “Menjadi perusahaan yang brilliant dengan memberikan kontribusi terpercaya untuk konsumen dan masyarakat” . Inipun harus di datangkan dari pabrik minuman Pocari Sweat di Korea Selatan. Otsuka Indonesia yang lebih dulu masuk ke Indonesia yang bergerak di bidang farmasi.000 kaleng setahun. Pocari Sweat mulai masuk ke pasar Indonesia pada tahun 1990.. Amerta Indah Otsuka merupakan anak perusahaan Otsuka Pharmaceutical Co. Amerta Indah Otsuka juga memproduksi makanan ringan berbentuk bar yang terbuat dari tepung kedelai dan buah-buahan asli dengan merek soyjoy. Amerta Indah Otsuka bergerak di bidang bisnis minuman isotonik.. PT. Misi PT. Ltd mendirikan PT. Ltd. Pada tahun 1991 Otsuka Pharmaceutical Co.

• Menangkap peluang dalam rangka menciptakan pasar untuk mendistribusikan produk-produk berkualitas tinggi kepada para konsumen. Amerta Indah : .Misi :  Mengembangkan karyawan terbaik untuk menjaga kualitas produk prioritas utama.3 Nilai Perusahaan PT. 2.2 Struktur Organisasi 2.  Memastikan kebutuhan & kesejahteraan konsumen dan masyarakat sebagai • Mengembangkan & memelihara hubungan timbal balik dengan mitra bisnis • Menjadi perusahaan terpercaya • Menjadi perusahaan yang efektif & efisien baik dalam operasional dan keuangan.

Ltd. adil dan terbuka untuk memperoleh karyawan yang berkomitmen kuat serta berkualitas tinggi • Passion/semangat berapi-api : Memiliki semangat kerja yang tingi serta komitment yang kuat untuk mencapai hasil yang optimal dalam apapun yang dilakukan termasuk melakukan pengembangan diri untuk mencapai tujuan perusahaan • Kerjasama : Mengembangkan dan mempertahankan komunikasi dan kerjasama yang baik diantara seluruh karyawan dengan saling menghargai dan melengkapi kelebihan dan kekurangan masing-masing untuk mencapai tujuan perusahaan • Keberanian : Memiliki keberanian untuk melakukan ‘trial and error’ untuk membuat perbaikan dan inovasi • Perbaikan dan Inovasi : Selalu mencoba untuk melakukan perbaikan dan inovasi dalam rangka menciptakan proses kerja yang efektif dan efisien maupun mengembangkan perusahaan • Perubahan : Bersedia untuk menerima dan menciptakan segala perubahan yang dibutuhkan yang akan membawa perusahaan menjadi “brilliant company”. dari obat-obatan ke dalam produk makanan dan minuman. dengan tujuan memberikan kontribusi bagi kesehatan yang lebih baik bagi orang di seluruh dunia Perusahaan Otsuka Holdings Co.4 Strategi Korporasi Group Companies In Japan Di bawah ini adalah perusahaan Grup Otsuka di Jepang. Keterangan perusahaan induk . Mereka menyediakan berbagai macam produk. 2..• Integritas : Mengembangkan dan mempertahankan etos dan suasana kerja yang jujur.

.5 Pertumbuhan Perusahaan. Otsuka Jaya Indah.... impor / ekspor produk insektisida dan perlengkapan mandi Manajemen umum kesehatan lingkungan Jajaran Direksi Presiden Komisionaris Presiden Direktur Induk Perusahaan Grup : : : : Amir Basir Yoshihiro Bando Otsuka Pharmaceutical. Lautan Otsuka Chemical 2.. Ltd. Earth Chemical Co. Ltd. Otsuka Techno Corporation JIMRO Co.. PT. Taiho Pharmaceutical Co. Otsuka Packaging Industries Co. Ltd. PT. EN Otsuka Pharmaceutical Co. Ltd. Japan PT. Ltd. Earth Environmental Service Co.. Industri dan penjualan produk farmasi dan nutrisi Industri dan penjualan produk farmasi Pergudangan dan bisnis transportasi Industri dan penjualan produk kimia. Tahun Keterangan .O. PT. Otsuka Warehouse Co. Pharma Co. Ltd. Merapi Utama Pharma. Ltd. PT. Otsuka Foods Co.. Ltd. Ltd.. J.. Inc.. Widatra Bhakti. Otsuka Indonesia. pestisida dan pupuk Pembuatan dan penjualan analisis dan peralatan pengukuran Industri dan penjualan produk makanan. impor dan penjualan anggur Industri dan penjualan produk farmasi Industri dan penjualan produk kertas Industri dan penjualan produk resin sintetik dibentuk Pengembangan sistem perawatan medis untuk penyakit terselesaikan Industri dan penjualan produk farmasi Pembuatan dan penjualan. Ltd. Otsuka Chemical Co. Co.Otsuka Pharmaceutical Factory.. Otsuka Electronics Co. Ltd. Ltd..

Otsuka Indonesia Penetapan kontrak pengemasan (peralatan pabrik) dilakukan dengan PT.6 Strategi Fungsional  Pengadaan Bahan Baku Pada awal berdirinya. Otsuka Indonesia mengimpor semua produk-produk tersebut dari Jepang. jawa barat Pocari sweat kemasan PET 500ml diluncurkan 4 Produk Soyjoy diluncurkan ke pasar Pocari sweat kemasan PET 350 ml diluncurkan ke pasar Kantor baru PT. Otsuka Indonesia Berdirinya PT. .Amerta Indah Otsuka diresmikan Juni 2006 September 2007 Oktober 2007 Febuari 2008 April 2009 April 2010 May 2010 2.Amerta Indah Otsuka di Sukabumi dan line produksi Pocari Sweat kemasan PET resmi dibuka Pocari sweat kemasan PET 2L diluncurkan ke pasar Peluncuran soyjoy rasa Strawberry ke pasaran Pabrik Kejayan Jawa Timur PT. PT. Amerta Indah Otsuka Pocari sweat sachet 15 gram resmi diluncurkan ke pasaran PT.1989 1990 Feb 1997 Feb 2001 Feb 2004 pocari sweat kemasan ulang diluncurkan melaui PT. Namun. Amerta Indah Otsuka memulai langkah baru dengan melakukan proses produksi di pabrik sendiri yang berlokasi di Sukabumi. untuk memenuhi kebijakan Pemerintah Indonesia mengenai pentingnya memproduksi produk obat-obatan secara lokal di dalam negeri.

Penggilingan : Bubuk kedelai. PT. PT. sebuah sumber mata air alam yang bersih berhasil ditemukan di Sukabumi yang terbukti ideal sebagai bahan dasar untuk produk Pocary Sweat dan Soyjoy. Pemanggangan . buah kering. telur.akhirnya PT. Pemotongan : Adonan dipotong. Penggilingan a. Penimbangan : Menetapkan jumlah bahan baku yang diperlukan b. Sebagai wujud konsistensi dalam pengembangan di bidang tehnologi dan sumber daya manusia. Setelah melalui penelitian dan survei yang cermat serta mendalam.potong sesuai ukuran 1. dll dimasukkan kedalam mangkok besar dan dicampur untuk menghasilkan adonan 1. Otsuka Indonesia telah terus-menerus melakukan pembaruan standarisasi ISO. Pencetakan a. Mesin pencetakkan : Adonan yang telah dicampur dipres dan di bentuk menjadi batang panjang b. Otsuka Indonesia juga telah menerima ISO 14001:2004 sebagai wujud tanggung-jawab perusahaan untuk mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan. mentega.  Produksi @Proses Produksi Soyjoy 1. Otsuka Indonesia memutuskan untuk memulai keseluruhan produksinya secara lokal di Indnesia. Setelah menerima ISO 9001:2000 pada tahun 2003 untuk memenuhi permintaan pelanggan terhadap produk-produk berkualitas tinggi.

Pemeriksaan produk : Hanya yang lolos uji yang dikirim pelanggan . lalu di pasteurisasikan dan di isi ke dalam kaleng. 1. Selanjutnya adalah pengecekan dan penambahan larutan syrop. Pengemasan a. Pendinginan a. Penyimpanan : Bungkusan soyjoy di pak kedalam kotak yang telah di beri tanda 1. Pemeriksaan berat : Berat kotak di timbang untuk memastikan jumlah soyjoy yang di kemas dalam box b. c. Pengemasan dengan kardus : Soyjoy yang telah dibungkus dengan lapisan alumunium di pak kedalam kotak. Setelah itu larutan dibawa ke tempat pencampuran. Alat pemanggangan : Adonan langsung dipanggang dengan pelan dari bagian atas dan bawah pada mesin pemanggang yang panjang. Pemeriksaan Pengiriman a. Pengemasan dengan alumunium : Soyjoy yang sudah dingin secara otomatis dibungkus dengan lapisan alumunium untuk menjaga kebersihan dan kelembapannya. @ Diagram Alir Proses Pembuatan Pocari Sweat       Proses pertama adalah penyiapan alat dan bahan. . 1. Tahap selanjutnya adalah pelapisan pada kaleng. Soyjoy yang baru dipanggang didinginkan secara alami selama 30 menit. b.a. Kemudian alat dan bahan ditimbang.

Mesin. ada proses leveling check dan pendinginan pada mesin cooler. Sehingga berita atau rubrik mengenai kesehatanpun bisa kita peroleh di website ini. . Setelah produk didinginkan. Ltd. dan untuk PT. Yang terakhir adalah pendistribusian. Apabila kita melihat web dari Perusahaan ini hanya memberikan informasi mengenai produk-produk apa saja yang beredar di pasaran. Setelah dipak. informasi tentant Perusahaan.mesin      Konsumsi Pacari Sweat  Pemasaran PT. Setelah itu.. Strategi yang ada di PT.AMERTA INDAH 1. PT Amerta Indah Otsuka menghasilkan produk-produk nutraceuticals unggulan yang dipasarkan dengan strategi pemasaran yang mengena dan jaringan distribusi yang kuat a. proses selanjutnya adalah pemberian kode pada kaleng dan pengepakan. Lalu pemberian kode pada outherbox. dilakukan penimbangan atau pengecekan berat.Amerta Indah ini berfokus pada kesehatan untuk consumernya.. Amerta Indah Otsuka adalah bagian dari Otsuka Pharmaceutical Co. sebuah perusahaan farmasi yang terkenal di Jepang. 6 Strategies in PT. Amerta Indah bersifat Bricks and Mortar (informations only). E-Business channel priorities.  Kemudian produk dibawa ke internal pressure detectore (CPD-A).

Dan untuk B2C nya. Amerta Indah ini melakukan pendekatan dengan in house division (integration) PT Amerta Indah menjalin kerjasama yang baik dengan pihak distributor dalam memasarkan produknya. 4. PT. 6. karena menyangkut kesehatan untuk masyarakat. Alangkah baiknya apabila PT. AIO ini. Marketplace Restructuring. Business. Market & Product development strategies. Amerta Indah . isoflavone dan mineral untuk anak-anak. dengan memasukkan produk ini ke retailer. alangkah baiknya apabila system e-commerce di web dipergunakan sebagaimana semestinya. Positioning and Differentiation Strategies. Service and Revenue Model. Explore new options related to disintermediation and reintermediation. Amerta Indah sudah tidak perlu diragukan lagi. Do some innovation in the marketplace. yang terbuat dari tepung kedelai dipadukan dengan buah-buahan alami sehingga di dalamnya terkandung bahan penting seperti protein. bahkan orang dewasa (new customer segments).. Amerta Indah sangat mementingkan quality produk mereka. Untuk Perusahaan sebesar PT. PT. Perusahaan ini menggunakan system B2B dalam memasarkan produknya. karena terlihat jelas dari visi. sejenis makanan ringan. Terdapat 4 jenis pendekatan operasional dari Perusahaan. Kualitas harga.2. pengadaan program-program yang audience nya sesuai dengan target market (olahraga. Organizational Restructuring and Capabilities. 3. dimana PT. Pada akhir tahun 2005. Disintermediation. 5. Reintermediation. Amerta Indah sudah menentukan market development strategies. dengan menciptakan SOYJOY.misi dan motto dari Perusahaan. yaitu penawaran produk yang berkualitas dan aman untuk dikonsumsi masyarakat melalui jalur website. PT AIO mempunyai jalur distribusi sebanyak 48 di seluruh Indonesia dan taktik pemasaran nya dengan tidak segan-segan melakukan sistem jemput bola dengan sering mendatangi beragam acara yang tengah berlangsung. dan saat santai). dan service dari produk PT. yaitu menciptakan website baru untuk khusus menjalin kerjasame dengan para distributor. produk.

Sukabumi. Makasar. Banjarmasin. Tegal. Bengkulu. Yogyakarta. Bauran Pemasaran . Palangkaraya) Sulawesi dan Maluku (Manado. Balikpapan. AIO terhadap total penjualan sebesar 20%. Kendari. Bayuwangi) – – – – – Bali. a. Padang. Jember. Bandung. Malang. Palu. Distribusi Pemasaran Saat ini PT. Dibtributor memberikan kontribusi terhadap PT. Lhoksemauwe. Ternate) Irian Jaya : (Sorong dan Jayapura). Bangka Belitung. disertai dengan informasi produk secara detail. Samarinda. Palembang. Solo. Lombok. Pekanbaru. Kerawang. Semarang. tetapi melakukan penjualan melalui online juga. NTB (Denpasar. Cirebon. Ambon. Medan. Cilegon. Mereka adalah cabang dan distributor yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. a. Lampung) Pulau Jawa (Jakarta. Distribusi pemasaran dilakukan hampir diseluruh Indonesia yaitu : – Pulau Sumatra (Banda Aceh.mempromosikan produk bukan hanya berupa sponsor atau marketing penjualan di market. Magelang. Bogor. Kupang) Kalimantan (Pontianak. Jambi. Tasikmalaya. Sumbawa. Madiun. Amerta Indah Otsuka telah memiliki dua perantara yang berperan dalam menjalankan saluran distribusinya. NTT. Jumlah perantara terbanyak yang digunakan oleh perusahaan adalah melalui distributor dengan jumlah sebesar 30 perusahaan. Kediri.

000 Rp 6.BESAR P.000 Rp 15.KECIL KONSUME N KONSUME N KONSUME N KONSUMEN  Keuangan Kebijakan Harga Jenis Produk Pocari Sweat Can 330 ml Pocari Sweat 350 ml Pocari Sweat 500 ml Pocari Sweat 15 gr 5pcs Pocari Sweat PET 2 L SOYJOY Harga Rp 5.BESAR P.000 Kategori Penjualan bersih Penjualan terhadap pelanggan Penjualan segmen Laba usaha antar Hasil laporan (dalam juta yen) 42.000 Rp 10.987  SDM .000 Rp 5.521 595 6.000 Rp 5.117 41.PRODUSEN PRODUSEN PRODUSEN PRODUSEN AGEN AGEN AGEN P.

perusahaan tersebut menghargai karyawan mengingat SDM sangat penting dan mendapat perhatian tersendiri. Kalau di pabrik. Visi Amerta Otsuka pada dasarnya adalah menjadi perusahaan ‘cerdas’. Amerta Indah Otsuka juga memiliki HR Institute yang memungkinkan karyawan baru memahami filosofi Otsuka. dan pegawai yang berada di kantor pusat mencapai 80 orang sampai 90 orang. @Sertifikat Dan Penghargaan . Salah satu target konsumen utama adalah remaja.  Pabrik Pocari Sweat ada di Sukabumi dan Kejayan.Perusahaan yang sukses dinilai. mengklaim kesuksesan tidak hanya diukur dari materi. Ini adalah program pengiriman karyawan ke Jepang untuk belajar sesuatu. PT Amerta Indah Otsuka mengutamakan jenjang karir SDM yang jelas dan memberikan kesempatan promosi pada SDM internal untuk mengisi jabatan yang lebih tinggi.  Termasuk pegawai yang bekerja di pabrik. Meskipun tidak menampik.  Angka tersebut belum termasuk karyawan outsourcing yang mencapai 200 orang.yaitu :  Jumlah tenaga kerja untuk Pocari Sweat mencapai 800 orang. PT Amerta Indah Otsuka. Tapi dengan persiapan untuk masa yang akan datang. salah satunya. Pocari Sweat juga memanfaatkan tiga jejaring sosial yaitu Facebook. produsen pocari sweat. Kesuksesan perusahaan menurut Sales & Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka. Pasuruan. Twitter dan Foursquare untuk merangkul merekamenjadi konsumen. Dengan mengundang pelajar SMA untuk ikut berpartisipasi di beberapa acara kami. Meskipun begitu. Pocari lebih dikenal untuk segmen pasar usia 25-30 tahunan. Perusahaan tidak bisa sukses tanpa SDM yang berkualitas. Serta perusahaan mendukung pengembangan karir karyawan. Selain itu. keuntungan tetap prioritas. target pasar harus perlebar. dari keuntungan yang diperoleh setiap tahun ataupun peningkatan profit. tersebut memiliki AOTS (Association for Overseas Technician Scholarship). Karyawan outsourcing ditempatkan di pabrik maupun menjadi tenaga sales.” Oleh karena itu.

1st winner in Category Isotonik Drink Kecelakaan Nihil sertifikat Halal Sertifikat OHSAS Sertifikat Badan POM Sertifikat ISO 14001  SWOT Strenght Weakness opportunities Threat .

inovasi produk dari minuman isotonik hanya bersifat incremental sehingga masih terbuka kesempatan untuk pengembangan produk *Carries to entry rendah. sehingga dapat memanfaatn kan jalur distribusi yang telah ada *Konsumen semakin selektif.*Kapasitas produksi yang besar (diatas 100 juta liter per tahun) *Distribution channel yang telah terbangun sejak tahun 1990-an *Transfer knowledge. edukasi konsumen yang telah terbangun sejak tahun 1990-an menciptakan konsumen yang loyal *Sudah memiliki established relationship dengan eventevent olahraga internasional *Keikutsertaan perusahaan dalam aktivitas sosial yang secara tidak *Kurangnya pemahaman produk dari distribution channel. khususnya traditional channel yang umumnya menaruh Pocari Sweat sejajar dengan minuman energi bahkan minuman ringan *Pasar masih dalam tahap growth. dimana akses bahan baku mudah dan relatif murah *Kompetitor baru dari perusahaan yang telah bergerak di bidang makanan&mi numan sebelumnya. sehingga potensinya msih terbuka lebar *Persepsi masyarakat bahwa pocari sweat memiliki kemampuan medis untuk membantu proses penyembuhan *Sejauh ini. mudah untuk melakukan switching bahkan ke .

Amerta Indah Otsuka adalah sebuah pertusahan yang menjadi pelopor untuk minuman Isotonik. Kedua produk ini sukses menguasai pasar. perusahaan ini awalnya mengalami kerugian hingga 400 Milyar untuk memperkenalkan pocari sweat kepada masyarakat dengan usaha yang keras dan pantang menyerah akhirnya perusahaan ini sukses di pasaran.langsung memperkuat citra pocari sweat di masyarakat Indonesia minuman kesehatan lainnya *Isu kesehatan: keamanan jangka panjang bila mengkonsu msi minuman isotonik. terkait isu bahan alami BAB IV PENUTUP  Kesimpulan – PT. . – PT. – Pocari Sweat kini menjadi minuman yang senantiasa mendukung tingkat kesehatan karena minuman ini mengandung ion yang sangat berguna sebagai pengganti cairan tubuh selain produk soyjoy juga sangat baik untuk dikonsumsi. Amerta Indah Otsuka adalah perusahaan yang tidak mengikuti trend pasdar tapi mencoba membuka pasar baru yang luas dan sekarang mengasai pasar dunia untuk minuman kesehatan.

ac.otsuka.id/?content=aboutus_detail&id=5&lang=id&refresh=1 http://swa.co.id/bitstream/123456789/16908/4/Chapter%20II.co.id/2011/06/tenaga-kerja-indonesia-mirip-gaya-barat/ http://rhanu.otsuka. DAFTAR PUSTAKA http://repository. – Persaingan dalam usaha adalah menjadi acuan untuk terus mengalami perkembangan bukan menjadi boomerang. Rekomendasi – – Untuk PT. Bagi pengusaha-pengusaha jangan takut untuk melakukan inovasi-inovasi karena dengan strategi yang kuat produk yang ditawarkan akan sukses di pasaran.jp .pdf http://www. Harus bias memanfaatkan peluang dan kenyakinan yang teguh itu menjadi kunci sukses menjalankan usaha.web.Amerta terus memperluas pasar hingga minuman ini bias digemari di seluruh lapisan masyarakat.co.usu.id/sukses-pocari-sweat-antara-inovasi-dan-strategi-bisnis/ www.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful