NAPZA

XII IPA 2

Oki Oktapiani Amira Laksmi Kartika Kusumadewi Fidhianissa Dewa Ayu Bulan Astrid Nadia Hutama Yoga Muhammad Zaky Georgeous Edo Cendekia Raihan

nail remover. dan ketergantungan. thinner. Morfin Mofrin adalah alkoloida yang merupakan hasil ekstraksi serta isolasi opium dengan zat kimia tertentu untuk penghilang rasa sakit atau hipnoanalgetik bagi pasien penyakit tertentu. Di abad mutakhir ini. morfin. manson house. petidin. ketagihan. dan Zat Adiktif lain) adalah bahan/ zat/ obat yang bila masuk kedalam tubuh manusia akan mempengaruhi tubuh terutama otak/ susunan saraf pusat. Psikotropika dan Zat adiktif. Psikotropika adalah zat atau obat yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku. Pengertian NAPZA NAPZA (Narkotika.1. shabu. Dalam bentuknya yang masih agak sederhana. sehingga menyebabkan gangguan kesehatanfisik. Jenis NAPZA yang disalahgunakan 1. . hilangnya rasa. amfetamin dll 3. Jenis-jenis narkoba semakin banyak semakin canggih. dan dapat menimbulkan ketergantungan. narkoba telah lama dikonsumsi manusia. mungkin sudah setua umur manusia.psikis.Inhalansia (gas yg dihirup) lem. TKW dll) . heroin.minuman beralkohol (whiskey. Selalu saja ada individu dan komunitas pemakai dan pengedar narkoba di suat u negara. meliputi: . termasuk Indonesia. Opiat / Opium Opiat atau opium adalah bubuk yang dihasilkan kangsung oleh tanaman yang bernama poppy / papaver somniferum di mana di dalam bubuk haram tersebut terkandung morfin yang sangat baik untuk menghilangkan rasa sakit dan kodein yang berfungsi sebagai obat antitusif. Zat adiktif lainnya adalah bahan/ zat yg berpengaruh psikoaktif diluar yang disebut narkotika dan psikotropika. 2. Pembahasan a. Pendahuluan NAPZA yang merupakan singkatan dari Narkotika. Semakin lama. bensin b. ekstasi. dan fungsi sosialnya krn trjd kebiasaan. para pemakai narkoba makin meluas di berbagai belahan dunia. Macam macam NAPZA 1. Psikotropika. tampaknya tidak ada negara yang sama sekali terlepas dari problem narkoba. mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri. vodca. Dampak atau efek dari penggunaan morfin yang sifatnya negatif membuat penggunaan morfin diganti dengan obat-obatan lain yang memiliki kegunaan yang sama namun ramah bagi pemakainya. 2. ganja/ kanabis dll 2. Narkotika adalah zat atau obat yang dpt menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran.

Cenderung memberontak b. Identitas diri kabur k. Perilaku yang menyimpang dari aturan atau norma yang ada d. Kokain / Cocaine Hydrochloride Kokain adalah bubuk kristal putih yang didapat dari ekstraksi serta isolasi daun coca (erythoroxylon coca) yang dapat menjadi perangsang pada sambungan syaraf dengan cara / teknik diminum dengan mencampurnya dengan minuman. Heroin Heroin adalah keturunan dari morfin atau opioda semisintatik dengan proses kimiawi yang dapat menimbulkan ketergantungan / kecanduan yang berlipat ganda dibandingkan dengan morfin. Ciri ciri remaja yang mempunyai resiko lebih besar menggunakan NAPZA : a. Mudah kecewa. Kurang percaya diri e. Murung. namun dapat menyebabkan ketergantungan / efek adiksi sehingga peredarannya dibatasi dan diawasi secara ketat. 4. Kemampuan komunikasi yang rendah l.3. misalnya : depresi. 2. agresif dan destruktif f. disuntik ke pembuluh darah. Kurang menghayati iman dan kepercayaan. Opiat sintesis dapat memberi efek seperti heroin. Komunikasi orang tua dan anak kurang baik . opiat buatan ini jarang beredar kalangan non medis. Penyebab penggunaan NAPZA Penyebabnya sangatlah kompleks akibat interaksi berbagai faktor : 1. pendiam g. Merasa bosan dan jenuh h. c. c. petidin dan dektropropoksiven (distalgesic) yang memiliki fungsi sebagai obat penghilang rasa sakit. Keinginan untuk bersenang senang yang berlebihan i. Namun karena pembuatannya sulit. 5. kulit / sub kutan atau pembuluh vena. Metadon berguna untuk menyembuhkan ketagihan pada opium / opiat yang berbentuk serbuk putih. Opiat Sintetik / Sintetis Jenis obat yang berasal dari opiat buatan tersebut seperti metadon. Faktor individual : Kebanyakan dimulai pada saat remaja. Memiliki gangguan jiwa lain. psikologi maupun sosial yang pesat. Heroin dipakai oleh para pecandunya yang bodoh dengan cara menyuntik heroin ke otot. Faktor Lingkungan : Lingkungan Keluarga : a. namun kurang menimbulkan ketagihan / kecanduan. Keinginan untuk mencaoba yang sedang mode j. 6. dihirup dari hidung dengan pipa kecil. pemalu. Putus sekolah m. sebab pada remaja sedang mengalami perubahan biologi. dihisap seperti rokok. dan beragam metode lainnya. cemas. Kodein Kodein adalah sejenis obat batuk yang digunakan oleh dokter.

rasa sakit seluruh tubuh. Sekolah yang kurang disiplin b.b. kejang. Tanda tanda pengguna NAPZA 1. Sekolah yang kurang memberi kesempatan pada siswa untuk mengembangkan diri secara kreatif dan positif d. - - . Lingkungan Sekolah : a. hidung berair. Perubahan Fisik : Pada saat menggunakan NAPZA : jalan sempoyongan. Lemahnya penegak hukum b. Sering berpergian sampai larut malam. Lingkungan Teman Sebaya : a. d. Bila terjadi kelebihan dosis ( Overdosis ) : nafas sesak. kurang bertanggung jawab. sulit dibangunkan pagi hari. malas mandi. sosial dan ekonomi yang kurang mendukung. semakin besar kemungkinan seseorang menjadi penyalahguna NAPZA. Hubungan kurang harmonis c. bekas suntikan pada lengan. Orang tua yang bercerai. begadang. sering membolos. diare. Sekolah terletak dekat tempat hiburan c. Kurangnya kehidupan beragama. acuh e. Pengaruh jangka panjang : penampilan tidak sehat. Kurangnya orang yang menjadi teladan dalam hidupnya g. gigi keropos. Saat sedang ketagihan ( Sakau ) : mata merah. Faktor faktor tersebut diatas memang tidak selalu membuat seseorang kelak menjadi penyalahguna NAPZA. Tekanan atau ancaman dari teman. menguap terus. pemalas. Orang tua otoriter f. Orang tua terlampau sibuk. tidak mengerjakan tugas sekolah. kulit teraba dingin. Situasi politik. bahkan meninggal. denyut jantung dan nadi lambat. apatis ( acuh tak acuh ). - - - 2. Akan tetapi makin banyak faktor faktor diatas. bicara pelo ( cadel ). Adanya murid pengguna NAPZA. agresif. Pola tidur berubah. kawin lagi d. Berteman dengan penyalahguna b. mengantuk di kelas atau tempat kerja. terkadang tidak pulang tanpa ijin. mengantuk. kesadaran menurun. tidak perduli terhadap kesehatan dan kebersihan. Perubahan sikap dan perilaku : Prestasi di sekolah menurun. Lingkungan Masyrakat / Sosial : a.

bermusuhan pencurigaan. Sering bersikap emosional. Sering berbohong. mudah tersinggung. tabs Cara menggunakannya dengan meletakkan LSD pada permukaan lidah dan bereaksi setelah 30-60 menit kemudian dan berakhir setelah 8-12 jam. tertutup dan penuh rahasia. Dimakan/Dihisap/disuntikkan/ditabur diluka GANJA atau kanabis Cara penggunaannya dihisap dengan cara dipadatkan menyerupai rokok atau dengan menggunakan pipa rokok. berlama lama di kamar mandi. Sering mendapat telpon dan didatangi orang yang tidak dikenal oleh anggota keluarga yang lain. KOKAIN Disalahgunakan dengan cara menghirup yaitu membagi setumpuk kokain menjadi beberapa bagian berbaris lurus di atas permukaan kaca dan benda yang mempunyai permukaan datar. mengambil dan menjual barang berharga milik sendiri atau keluarga.- Sering mengurung diri. LSD atau lysergic acid atau acid. Cara penggunaan NAPZA OPIAT atau Opium (candu) Merupakan golongan Narkotika alami yang sering digunakan dengan cara dihisap (inhalasi). ke dalam otot atau pembuluh darah (intravena) ditabur pada luka HEROIN atau Putaw Umumnya digunakan dengan cara disuntik atau dihisap. minta banyak uang dengan berbagai alasan tapi tidak jelas penggunaannya. Kemudian dihirup dengan menggunakan penyedot atau gulungan kertas. menghidar bertemu dengan anggota keluarga yang lain. kasar. Dalam bentuk kristal dibakar dengan menggunakan kertas alumunium foil dan . Cara lain adalah dibakar bersama tembakau yang sering disebut cocopuff. terlibat kekerasan dan sering berurusan dengan polisi. - - - e. Menghirup kokain berisiko luka pada sekitar lubang hidung bagian dalam AMFETAMIN (shabu2) Cara penggunaan dalam bentuk pil diminum. mencuri. trips. pemarah. MORFIN Cara pemakaiannya disuntik di bawah kulit.

cara penggunaannya ditelan f. Dalam bentuk kristal yang dilarutkan dapat juga melalui suntikan ke dalam pembuluh darah (intravena). yang dihisap dalam bentuk rokok.asapnya dihisap melalui hidung. cara penggunaannya Dimakan/disuntikkan -Demero/pethidina bentuknya Pil/cairan tidak berwarna cara penggunaannya Dimakan/disuntikkan -Methadon bentuknya pil. Wine ( Anggur ). disuntik intravena. SEDATIF-HIPNOTIK (Benzodiazepin/BDZ) Cara pemakaian BDZ dapat diminum. dan cara penggunaannya ditelan Ekstasi/inex/I/ kancing dengan bentuk tablet/kapsul dan cara penggunaa nnya ditelanLSD bentuknya kertas dengan cara penggunaannya dihisap Sedativa bentuknya kapsul. NIKOTIN ( Rokok ) Bentuk nikotin yang paling umum adalah Tembakau. kemudian asap yg ditimbulkan dihirup dengan sebuah Bong ( sejenis tabung yg didalamnya berisi air ). Gol B berkadar Alkohol 05 % 20 % seperti Martini. Danmpak yang negatif itu sudah pasti merugikan dan sangat buruk efeknya bagi kesehatan mental dan fisik. Diminum Codein bentuknya pil/cairan jernih. atau dibakar dengan memakai botol kaca yang dirancang khusus (bong). biasanya berwrna putih dan dikomsumsi dgn cara dibakar diatas almunium foil sehingga mengalir dari ujung satu keujung yag lain. Air tesebut berguna sebagai penyaring pada saat asap melewati air itu. Shabu shabu berbentuk kristal. MDMA ( Ecstasy ) MDMA atau lebih dikenal dengan nama XTC. ALKOHOL Minuman keras terbagi dalam tiga Gol ( pasal 3 ayat 1 KEPPRES NO 3 Thn 1997 ttg Pengawasan dan Pengendalian Minuman beralkohol ) : . .Gol A berkadar Alakohol 01 % 05 % seperti Bir. Brendy. dan pipa. diminum INHALANSIA atau SOLVEN zat ini mudah menguap penyalahgunaanya denhan cara dihirup melalui hidung ( inhalasi ). Gol C berkadar Alkohol 20 % 50 % seperti Wisky. Dampak penggunaan NAPZA Narkotika dan obat terlarang serta zat adiktif / psikotropika dapat menyebabkan efek dan dampak negatif bagi pemakainya. Green Sand. cerutu. Tembakau juga dapat digunakan sebagai sedotan dan dikunya ( tembakau tanpa asap ). dan melalui dubur.

Dampak Langsung Narkoba Bagi Kejiwaan / Mental Manusia y Menyebabkan depresi mental. Dampak Tidak Langsung Narkoba Yang Disalahgunakan y Akan banyak uang yang dibutuhkan untuk penyembuhan dan perawatan kesehatan pecandu jika tubuhnya rusak digerogoti zat beracun. C. y Kesempatan belajar hilang dan mungkin dapat dikeluarkan dari sekolah atau perguruan tinggi alias DO / drop out. y Dikucilkan dalam masyarakat dan pergaulan orang baik-baik.Meskipun demikian terkadang beberapa jenis obat masih dipakai dalam dunia kedokteran. kekerasan dan pengrusakan. y Bisa dijebloskan ke dalam tembok derita / penjara yang sangat menyiksa lahir batin. namun semua telah terlambat dan berakhir tanpa bisa berbuat apa apa. . y Tidak dipercaya lagi oleh orang lain karena umumnya pecandu narkoba akan gemar berbohong dan melakukan tindak kriminal. y Keluarga akan malu besar karena punya anggota keluarga yang memakai zat terlarang. Oleh karena itu obat dan narkotik yang disalahgunakan dapat menimbulkan berbagai akibat yang beraneka ragam. TBC. Segala caci-maki dan kutukan akan dilontarkan kepada benda haram tersebut. Hepatitis. Herpes. Dampak Langsung Narkoba Bagi Jasmani / Tubuh Manusia y Gangguan pada jantung y Gangguan pada hemoprosik y Gangguan pada traktur urinarius y Gangguan pada otak y Gangguan pada tulang y Gangguan pada pembuluh darah y Gangguan pada endorin y Gangguan pada kulit y Gangguan pada sistem syaraf y Gangguan pada paru-paru y Gangguan pada sistem pencernaan y Dapat terinfeksi penyakit menular berbahaya seperti HIV AIDS. Terlebih jika sadarnya ketika berada di penjara. Selain itu biasanya tukang candu narkoba akan bersikap anti sosial. dll. y Menyebabkan bunuh diri y Menyebabkan melakukan tindak kejehatan. namun hanya diberikan bagi pasien-pasien tertentu. y Dan banyak dampak lainnya yang merugikan badan manusia. Biasanya setelah seorang pecandu sembuh dan sudah sadar dari mimpi-mimpinya maka ia baru akan menyesali semua perbuatannya yang bodoh dan banyak waktu serta kesempatan yang hilang tanpa disadarinya. y Dosa akan terus bertambah karena lupa akan kewajiban Tuhan serta menjalani kehidupan yang dilarang oleh ajaran agamanya. B. A. y Menyebabkan gangguan jiwa berat / psikotik. bukan untuk dikonsumsi secara umum dan bebas oleh masyarakat.

Salah satu contoh adaptasi biologis dapat dilihat dengan alkohol. dan merupakan istilah lain untuk Gejala Putus Obat. terjadi juga ketergantungan mental. dalam bentuk yang dikenal dengan istilah sugesti . mood. Mungkin akan ada kelebihan suatu jenis enzym dan kurangnya transmisi syaraf tertentu. mood atau emosi penggunanya. berupa munculnya keinginan untuk kembali menggunakan narkoba. terutama dengan obat-obatan yang tergolong dalam kelompok downers. Narkoba dapat mengakibatkan ekstrimnya perasaan. Tiba-tiba saja. Sel-sel tubuh ini menjadi tergantung pada alcohol untuk menjaga keseimbangan baru ini. dapat memunculkan perilaku agresif yang berlebihan dari si pengguna. Saat menggunakan narkoba. DAMPAK MENTAL Selain ketergantungan fisik. Ketergantungan mental ini lebih susah untuk dipulihkan daripada ketergantungan fisik. serta emosi seseorang ikut terpengaruh. Sugesti seringkali menyebabkan terjadinya 'perang' dalam diri seorang pecandu. perasaan. DAMPAK EMOSIONAL Narkoba adalah zat-zat yang mengubah mood seseorang (mood altering substance). sedangkan sugesti adalah ketergantungan mental. akan tetapi semua itu tidak benar. dan seringkali mengakibatkannya melakukan perilaku atau tindakan kekerasan. akan dilakukan secara berlebihan pada masa Gejala Putus Obat (GPO) ini. Terutama bila orang tersebut pada dasarnya memang orang yang emosional dan bertemperamen panas. tubuh mencoba untuk mengembalikan keseimbangan didalamnya. sementara ada bagian lain dalam dirinya yang mencegahnya. Alkohol mengganggu pelepasan dari beberapa transmisi syaraf di otak.Efek depresi bisa ditimbulkan akibat kecaman keluarga. karena di satu sisi ada bagian dirinya yang sangat ingin menggunakan narkoba. bila penggunaan narkoba dihentikan. DAMPAK FISIK Adaptasi biologis tubuh kita terhadap penggunaan narkoba untuk jangka waktu yang lama bisa dibilang cukup ekstensif. Ketergantungan yang dialami secara fisik akan lewat setelah GPO diatasi. Tetapi. ini adalah anggapan yang salah. Sakaw bersifat fisik. Biasanya. Salah satu efek yang diciptakan oleh narkoba adalah perubahan mood. Orang seringkali menganggap bahwa sakaw dan sugesti adalah hal yang sama. Alkohol juga meningkatkan cytocell dan mitokondria yang ada di dalam liver untuk menetralisir zat-zat yang masuk. terutama alkohol dan jenis-jenis narkoba yang termasuk dalam kelompok uppers seperti Shabu-shabu. Jenis-jenis narkoba tertentu. Namun orang normal yang depresi dapat menjadi pemakai narkoba karena mereka berpikir bahwa narkoba dapat mengatasi dan melupakan masalah dirinya. Tubuh kita bahkan dapat berubah begitu banyak hingga sel-sel dan organ-organ tubuh kita menjadi tergantung pada obat itu hanya untuk bisa berfungsi normal. teman dan masyarakat atau kegagalan dalam mencoba berhenti memakai narkoba. hal-hal yang ditekan/tidak dapat dilakukan tubuh saat menggunakan narkoba. Sugesti ini bisa digambarkan sebagai suara-suara yang menggema di dalam kepala seorang pecandu yang menyuruhnya untuk menggunakan narkoba. tetapi setelah itu akan muncul ketergantungan mental. ini akan mengubah semua susunan dan keseimbangan kimia tubuh. . Sugesti ini tidak akan hilang saat tubuh sudah kembali berfungsi secara normal.

setelah itu melakukan intervensi terhadap mereka agar tidak menggunakan NAPZA. apalagi dengan khotbah agama yang selalu didengar bahwa orang -orang yang menggunakan narkoba adalah orang-orang yang berdosa. Ciptakan suasana yang hangat dan bersahabat 3. menjalani aktivitas normal seperti sekolah. 3. kuliah. yang dianggap dapat memahaminya dan tidak akan mengkuliahinya tentang penggunaan narkobanya. sekolah. g. Mengasuh anak dengan baik. Tidak ada hal lain yang lebih penting daripada narkoba. Pencegahan Tersier : merehabilitasi penyalahgunaan NAPZA. Pencegahan NAPZA Upaya pencegahan meliputi 3 hal : 1. Orang tua menjadi contoh yang baik. Narkoba menjadi jauh lebih penting daripada istri. Yang dapat dilakukan di lingkungan keluarga untuk mencegah penyalahgunaan NAPZA : 1. Upaya ini terutama dilakukan untuk mengenali remaja yang mempunyai resiko tinggi untuk menyalahgunakan NAPZA. anak. dan semua hal/aspek lain dalam hidupnya berputar di sekitarnya. Memperkuat kehidupan beragama. . bila sebelumnya ia termasuk rajin beribadah bisa dipastikan ia akan menjauhi kegiatan yang satu ini. suami. Upaya pencegahan ini dilakukan sejak anak berusia dini. agar faktor yang dapat menghabat proses tumbuh kembang anak dapat diatasi dengan baik. yaitu dunia yang tidak ada hubungannya dengan narkoba. 5. Pencegahan Sekunder : mengobati dan intervensi agar tidak lagi menggunakan NAPZA. Narkoba adalah pusat kehidupannya. orangtua. Ia menjauhi keluarga dan teman-teman lamanya. 4. 2.DAMPAK SPIRITUAL Adiksi terhadap narkoba membuat seorang pecandu menjadikan narkoba sebagai prioritas utama didalam kehidupannya. pekerjaan. Kembangkan komunikasi yang baik 6. 2. Narkoba dianggap sebagai sahabat yang selalu setia menemaninya. Pencegahan primer : mengenali remaja resiko tinggi penyalahgunaan NAPZA dan melakukan intervensi. Ia berhenti melakukan aktivitas-aktivitas yang biasa ia lakukan sebelum ia tenggelam dalam penggunaan narkobanya. atau bekerja seperti biasa. Meluangkan waktu untuk kebersamaan. pacar.. dan mencari teman-teman baru yang dianggap sama dengannya. Ia tidak lagi melakukan hobi-hobinya. dan ia menaruh kepentingannya untuk menggunakan narkoba di atas segala-galanya. Ini menyebabkan pecandu seringkali hidup tersolir. ia hidup dalam dunianya sendiri dan mengisolasi dirinya dari dunia luar. dll.

Upaya untuk membina lingkungan sekolah : · Menciptakan suasana lingkungan sekolah yang sehat dengan membina huibungan yang harmonis antara pendidik dan anak didik.Membantu siswa yang telah menyalahgunakan NAPZA untuk bisa menghentikannya.Yang dilakukan di lingkungan sekolah untuk pencegahan penyalahgunaan NAPZA : 1. Memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang penyalahguanaan NAPZA sehingga masyarakat dapat menyadarinya. sehingga masalah yang terjadi di lingkungan dapat diselesaikan secara bersama. 3. Upaya terhadap siswa : · Memberikan pendidikan kepada siswa tentang bahaya dan akibat penyalahgunaan NAPZA. 2. · Menyediakan pilihan kegiatan yang bermakna bagi siswa ( ekstrakurikuler ). Yang dilakukan di lingkungan masyarakat untuk mencegah penyalahguanaan NAPZA: 1. Menumbuhkan perasaan kebersamaan di daerah tempat tinggal. Rehabilitasi pengguna NAPZA Terapi: Tujuan terapi: y Penghentian total y Pengurangan frekuensi & keparahan kekambuhan y Perbaikan fungsi psikologis & adaptasi sosial Macam terapi: y Detoksifikasi Tujuan: mengatasi sindrom putus zat p tubuh bersih dari metabolit . 4. · Meningkatkan kegiatan bimbingan konseling. · Membentuk citra diri yang positif dan mengembangkan ketrampilan yang positif untuk tetap menghidari dari pemakaian NAPZA dan merokok. 2. Melibatkan semua unsur dalam masyarakat dalam melaksanakan pencegahan dan penanggulangan penyalahguanaan NAPZA. 3. · Meningkatkan pengawasan sejak anak itu datang sampai dengan pulang sekolah. · Melibatkan siswa dalam perencanaan pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan NAPZA di sekolah. Upaya untuk mencegah peredaran NAPZA di sekolah : · Razia dengan cara sidak · Melarang orang yang tidak berkepentingan untuk masuk lingkungan sekolah · Melarang siswa ke luar sekolah pada jam pelajaran tanpa ijin guru · Membina kerjasama yang baik dengan berbagai pihak.sama. a. · Mengupayakan kehadiran guru secara teratur di sekolah · Sikap keteladanan guru amat penting · Meningkatkan pengawasan anak sejak masuk sampai pulang sekolah. · Penerapan kehidupan beragama dalam kegiatan sehari hari. Memberikan penyuluhan tentang hukum yang berkaitan dengan NAPZA.

metadon. buprenorfin) p terapi perilaku y Terapi Rehabilitasi Tujuan: p mempunyai motivasi kuat tidak pakai lagi p mampu menolak tawaran p menghilangkan rendah diri & kembali PD p mampu mengelola waktu p memperbaiki perilaku sehari-hari p konsentrasi belajar/bekerja p dapat diterima lingkungan p dapat membawa diri y Terapi Pasca Rawat Tujuan: memperkecil kekambuhan b.y Terapi rumatan Tujuan: p mencegah/mengurangi terjadinya craving terhadap opioid p mencegah relaps p restrukturisasi kepribadian p memperbaiki fungsi psikologi organ Cara: p terapi psikofarmaka (naltrexon. Peraturan pemerintah .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful